Kenapa Semakin Dewasa Kita Semakin Susah Punya Teman?
w9h2OyD38P4 • 2026-01-13
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Kenapa ya makin dewasa? Rasanya kok
teman kita semakin sedikit ya? Waktu gue
bikin video ini, gue kira ini tuh cuma
perasaan yang gue doang gitu yang
ngerasain. Tapi ternyata gue nemu satu
survei yang bilang kalau tujuh dari 10
orang mengaku kalau mereka emang
kesulitan cari teman. Bahkan kalau
dihitung-hitung mereka bisa kehilangan 7
sampai 10 teman dalam 10 tahun terakhir.
Sebenarnya wajar sih karena ya makin
dewasa waktu yang kita lowangin buat
teman juga makin sedikit. Bayangin aja
ya, dalam beberapa dekade rata-rata
orang itu menghabiskan 6,5 jam per
minggu sama teman. Tapi di antara 2014
sampai 2019 [musik]
angkanya itu anjlok cuma jadi 4 jam
doang per minggu. Dan gue yakin angkanya
lebih turun lagi ya sekarang ya, apalagi
pasaca COVID. Pertanyaannya, kenapa sih
teman kita bisa makin dikit? Apakah kita
makin sibuk? Apakah orang-orang jadi
makin sombong? Atau ya jangan-jangan
emang kita sendiri aja yang sebenarnya
udah lupa caranya berteman itu kayak
gimana. Welcome to kelas kehidupan by
1%. Hari ini kita bakal bahas soal
pertemanan. Enjoy.
Kita sering ngira susah ketemuan itu
alasannya karena enggak ada waktu. Tapi
sebenarnya akar masalnya itu adalah
karena kita semakin dewasa, kita itu
mulai lupa cara berteman karena tuntutan
hidup dan terlalu dimanjain sama era
digital. Banyak yang dipelein, tapi
berteman itu sebenarnya butuh skill dan
effort, Guys. Dan semakin dewasa skill
kita buat berteman itu makin tumpul dan
makin cupu. Jadi kita coba bedah satu
persatu, ya. Pertama, manajemen waktu
alias ribet ngatur jadwal. Dulu kalau
mau main sama teman, ya tinggal gas aja
[musik] spontan. Tapi sekarang tiap mau
ketemuan itu rasanya ribet banget. harus
cocokin jadwal. Dan ini wajar juga ya
karena ya kita itu sekarang makin sibuk.
Rata-rata orang Indo itu kerja 41 jam
dalam seminggu. Kadang ada yang sampai
60 jam juga per minggu. Dan sisa
waktunya itu dikit banget belum dipotong
buat istirahat, buat tidur, buat quality
time sama keluarga dan juga sama
pasangan. Akhirnya karena saking
susahnya cari waktu yang pas [musik] di
antara kesibukan itu, rencana main cuma
berakhir jadi wacana abadi di grup chat.
Yang kedua, etika uang alias terlalu
perhitungan. Gara-gara aplikasi Split
Bill atau e-wallet, kita jadi kaku
banget kayak akuntan yang nagih teman
gitu ya sampai ke perak terakhir. Dulu
kan budayanya gantian bayar ya, jadi
lebih nyantai dan ngebangun rasa percaya
di tongkrongan. Dan enggak jarang juga
kita jadi janjian ketemuan lagi sama
teman kita buat traktir balik yang
kemarin mereka sudah traktir kita. Tapi
sekarang bagi sebagian orang notifikasi
split bill yang muncul semenit habis
nongkrong itu bikin pertemanan. Rasanya
kayak transaksi dagang atau transaksi
bisnis. Yang bikin miris lagi, gue juga
baca artikel yang bilang kalau banyak
orang yang rela ngutang demi gengsi
ngimbangin gaya hidup temannya karena
malu dibilang lagi enggak ada budget.
Yang ketiga, manajemen energi alias
sering batalin janji. Teknologi [musik]
bikin kita gampang banget batalin janji
cuma lewat chat tanpa perlu nanggung
rasa bersalah karena enggak ngomong
langsung. Selain itu, notifikasi dan
scrolling sosm seharian sebenarnya udah
nguras energi mental kita duluan.
Akhirnya pas mau ketemuan kita suka
pakai alasan sosial baterai gue udah
habis nih gitu ya. Buat nutupin
kemalasan di beberapa konteks. Ini bisa
jadi engak sopan ya guys. Jangan
kebiasaan jadiin alasan social battery
jadi pembenaran buat rasa malas [musik]
loh. Karena ini bisa bikin orang kecewa
dan juga ngerusak relationship lu sama
teman lu. Atau at least kalau mau
batalin lu jangan hari banget gitu atau
jam sebelum acara ngebatalinnya. Karena
ya kalau kayak gitu literally itu enggak
tahu diri sih sebenarnya. Akhirnya ya
orang jadi malas ngajak lo lagi karena
dianggap enggak bisa pegang omongannya
atau janjinya. Dan yang keempat adalah
masalah leadership, aka gak ada yang
inisiatif. Setiap tongkrongan itu pasti
butuh satu orang yang jadi EO-nya yang
rajin [musik] ngajak ketemuan dan juga
sibuk ngurusin tempat. Masalahnya kenapa
sekarang jarang ada yang inisiatif
duluan buat ngajak nongkrong? Jawabannya
[musik] karena ternyata sosmate kita
ngasih dopamin murah. Kita ngerasa udah
terkoneksi cuma modal like story atau
lihat story teman gitu ya. Komen di
postingan teman. Padahal itu cuma iu
sih. Gara-gara ngerasa udah dekat di
sosmat kita jadi malas buat ketemuan
langsung. Jadi cupunya kita dalam
berteman ini emang respons yang wajar
karena ya zaman berubah cepat banget dan
cenderung bikin kita lebih capek secara
mental. Tapi bukan berarti lu harus
lanjutin siklus ini karena kalau lo
enggak bisa pertahanin teman lo yang
udah ada sekarang, lo susah cari teman
baru lagi. Apalagi pas sudah gede dan
udah masuk dunia kerja yang bikin lo
semakin sibuk.
Rumus pertemanan itu berubah total
seiring bertambahnya umur kita. Pas kita
kecil biasanya lingkaran pertemanan kita
itu dibentuk dari lingkungan. Jadi
secara fisik itu kita emang dekat dan
emang sering ketemu. Misalnya kayak di
sekolah ya, orang yang duduk sebangku
sama gue itu jadi teman. Di rumah juga
ya tetangga satu RT misalnya itu jadi
teman. Atau di kuliah orang yang satu
organisasi itu jadi teman juga. Tapi
makin dewasa, apalagi pas sudah mulai
kerja, rumus ini sebenarnya masih
berlaku, tapi enggak seperti apa yang lu
pikirin. Yes, kita bisa berteman sama
orang kantor. Tapi di banyak kasus
pertemanan di kantor itu penuh sama
kompetisi. Dan pertemanan yang tulus itu
seringki susah dicari di kantor. Ada
beberapa fenomena yang harus lo
waspadai. Pertama, teman tapi musuh.
Misalnya nih, Senin dia tuh bantuin lo
ya buat ngerjain proyek. Salahnya bisa
jadi dia ngegosipin lo di depan bos.
Ngadapin orang kayak gini sih sebenarnya
bakal bikin capek ya. Dan menariknya ada
riset yang bilang kalau punya frenemy
atau teman tapi musuh ya itu lebih
bahaya buat kesehatan lo daripada musuh
beneran. Karena orang-orang kayak gini
tuh bikin tekanan darah lo itu naik
akibat ketidakpastian. Ibaratnya lu
enggak pernah tahu gitu ini tuh orang
bakal beneran teman atau enggak, mau
nyerang kapan, ngikut kapan, itu kan
enggak pernah tahu ya. Makanya ini bikin
darah lu tuh bisa naik gitu. Ibaratnya
tekanan darahnya. Yang kedua adalah
saling sikut. Sekarang itu banyak
perusahaan yang sebenarnya tuh ngelakuin
layof dan kalau logiknya kan ketika ada
di layoff promosi jadi lebih mudah. Tapi
ternyata naik jabatan juga sebenarnya
susah di dunia kerja. Akhirnya teman
dekat di kantor bisa jadi saingan lo
buat ngerebutin satu posisi yang sama.
Enggak jarang juga yang akhirnya bisa
nusuk lo dari belakang. Makanya kalau
baca artikel di internet, banyak yang
saranin untuk gak jadiin teman kantor
itu sahabat lo. Nah, jadi jangan
oversharing masalah pribadi karena ya
itu bisa jadi senjata yang dipakai buat
carang lo nanti. Nah, di saat lo enggak
bisa pertahanin teman lama lo dan kantor
juga bukan opsi yang bagus buat cari
teman, kebanyakan dari kita pasti mikir,
"Ya udah kita tinggal cari teman di luar
kantor aja." Tapi ini juga sebenarnya
enggak segampang itu. Karena pas udah
makin dewasa kita tuh sering ngerasa
aneh kalau harus kenalan sama orang
asing. Kita tuh takut ya dibilang
[musik] SKSD gitu. Kalau misalnya
kenalan sama orang lain dan ini tuh
valid ya. Apalagi kalau di kehidupan
perkotaan yang budayanya emang
individualis banget itu bakal cringe deh
kalau misalnya kita keseringan ngajak
ngobrol orang random karena ya
kemungkinan besar mereka juga malas
sebenarnya buat ngobrol sama orang
asing. Jadi akhirnya itu bakal bikin
cringe.
Oke guys sebelum lanjut gua mau ngasih
tahu info buat lu yang lagi ngerasa
bingung, ngerasa stuck sama hidup
akhir-akhir ini. Entah itu soal karir,
pendidikan, hubungan, keluarga,
pernikahan, atau hal-hal personal
lainnya. Sekarang 1% tuh nyediain
psikotes premium. Di dalam psikotes
premium ada berbagai pilihan tes yang
dirancang buat ngebantu lu lebih paham
siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo
bisa ngambil keputusan hidup lu dengan
lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin
berbagai jenis tes psikologi
profesional. Jadi setiap lu beli lu
bakal dapat beberapa psikotes disatuin
reportnya jadi puluhan halaman untuk
hasil yang akurat dan personal. Lu bisa
baca puluhan halaman ini. Dan yang
paling keren, kalau lu enggak ngerti
atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat
insight lanjutan lewat konsultasi bareng
expert dari 1% langsung berdasarkan
hasil tes lu. Langsung aja kunjungi
1.bio/psicotespremium
buat info [musik] lebih lanjut.
Nah, terus gimana solusinya? Apakah kita
harus pasrah enggak punya teman? ya
enggak jugal lah. [musik] Dan itu punya
teman tuh sebenarnya basic needs ya buat
kita survive. Yang perlu kita pahamin
adalah aturan main yang baru dalam
pertemanan ini. Ada satu sosiolog yang
lu bisa lihat di layar ya tokohnya ini.
Dia tuh bilang pertemanan itu dasarnya
adalah pertukaran modal dan simpelnya
orang mau nih temanan sama kita itu
karena ada value yang kita bawa. Dan di
era modern ada empat modal yang nentuin
lo bisa masuk circle yang mana. Yang
pertama misalnya soal modal uang ya dan
ini soal dompet lo. Karena ya suka
enggak suka uang itu sebenarnya nentuin
di mana tempat kita nongkrong dan sama
siapa kita nongkrong. Yang kedua adalah
modal koneksi. Ini juga soal siapa yang
lo kenal ya, network lo. Lu pernah kerja
sama siapa, lu pernah ada projekan sama
siapa itu juga ngaruh. Yang ketiga
adalah modal selera. Nah, ini soal taste
ya. Apakah lu nonton film yang oke atau
enggak, dengerin musik yang oke atau
enggak, suka seni yang oke atau enggak,
dan seterusnya ya. Dan terakhir adalah
modal wawasan atau knowledge. Nah, di
sini sebenarnya isi kepala sih.
Ibaratnya kan orang tuh kalau nongkrong
biasanya kan suka diskusi-diskusi hal
yang spesifik ya. Nah, itu lu
knowledge-nya tuh nyampe enggak tuh buat
diskusi sama orang-orang itu kan. Nah,
pertemanan yang sehat itu sebenarnya
gabungan dari modal-modal tadi.
Misalnya, lu kalau punya duit dan punya
[musik] taste, lu itu bisa ngumpul sama
orang-orang yang punya
lifestyle-lifestyle tertentu yang memang
cocok sama lu. Atau misalnya lu punya
koneksi plus wawasan. Nah, itu bisa jadi
network yang berkaitan banget dan bisa
ngedukung dalam aspek karir. Misalnya
kan itu jadi ngomongin soal peluang
bisnis atau misalnya ada project-projek
tertentu kan ya yang bisa dilakuin ke
depannya. Atau kalau lu punya taste plus
wawasan plus knowledge itu sebenarnya
bisa jadi soulmate. Dan ini biasanya
yang jadi sahabat sejati karena lu
nyambung ya kalau ngobrol sama orang
itu. Selera humornya juga sama dan bisa
diajak diskusi panjang plus topik yang
berat. Hubungan ini adalah hubungan yang
paling awet dan tahan banting kalau lo
enggak punya duit. Kalau di Indo, lu
bisa lihat ccle anak-anak COC ya
misalnya mereka [musik] of course
pintar-pintar banget cuma kayaknya yang
bikin mereka longless friendship-nya
ibaratnya mereka masih bisa nongkrong ya
setelah acara bubar itu karena selera
mereka atau taste mereka itu sama. Lu
bisa lihat aja ya mereka tuh kadang
punya hobi yang sama dan joks-joks
mereka itu masuk gitu satu sama lain.
Jadi intinya teman sejati itu sebenarnya
adalah orang yang bisa menyeimbangkan
modal-modal ini. Dia yang tetap nyambung
ketika diajak ngobrol tapi juga punya
empati sama kondisi dompet l. At the end
of the day, fenomena makin tua teman
makin dikit itu emang nyata. Tapi bukan
berarti lu harus pasrah sendirian.
Masalah utamanya kita sering kejebak
nostalgia. Kita nunggu keajaiban kayak
pas SD berharap ada yang tiba-tiba
nyamperin terus ngajak main. Tapi itu
enggak bakal kejadian di masa dewasa.
Solusinya cuma satu. Ya, lo emang harus
effort dan pertemanan itu butuh effort.
Mulai asah lagi ya skill pertemanan lo.
Lelakukan jadwal nongkrong itu serius
ya, kek kerjaan. Stop juga kebiasaan.
batalin janji yang dadakan nih buat yang
suka batalin janji dan lu cari orang
yang benar-benar nyambung isi kepalanya
sama lo. Karena tadi ya pertemanan itu
kan banyaknya isinya obrolan. Kalau
obrolannya enggak nyambung ya bakal
susah juga sih. Dunia modern udah sepi.
Jangan bikin makin sempena kita gengsi
dan malas usaha. Kalau lu suka
basan-basan kayak gini, kebetulan juga
kita pernah bikin video yang serupa, ya.
Lu bisa [musik] cek aja video kita yang
ada sebelah kiri atau lu juga bisa
tonton video kita yang ada di sebelah
kanan. Silakan dipilih aja. That's all
for today. Gue Danang dari 1%. Jangan
lupa bahagia dan jangan lupa hidup
seutuhnya. Thanks.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:44 UTC
Categories
Manage