Jatuh Cinta sama ROBOT AI? Sisi Gelap Humanoid yang Jarang Dibahas
dgsJWx4aL9o • 2025-11-14
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Ini adalah robot humanoid Neo dari OneX. My name is Burnch and today we launching Neo, our humanoid for the home. Kalau dilihat sekilas dari demonya, ini robot tuh mantap banget ya. Dia bisa bantu kita ngurusin berbagai kerjaan rumah dari nyapu, ngepel, nyuci piring, nyiram tanaman, bukain pintu segala macam dengan jadwal yang presisi. Dan harusnya sih enggak akan ke-skip ya untuk ngelakuin tugas-tugas itu. Jadi sama kayak di film yang futuristik atau di game-game kayak Detroit gitu loh. Tapi masalahnya setelah menelusuri semua riset, demo apa kata CEO-nya dan apa kata para analis juga, gua menyimpulkan dua hal yang sangat fishy ya. Pertama, robot ini ternyata sangat tidak menarik dari sisi teknologi. Dan yang kedua, kalau lu mau beli, please jangan beli robot ini dulu. Seenggaknya dalam waktu dekat, ya. Kenapa? Karena robot AI ini itu banyak banget masalah dan sisi gelap yang mungkin masih jarang banget dibahas di Indo, yang banyak orang enggak tahu dan kayaknya banyak juga orang-orang yang masih belum aware. Malah gua bisa bilang iklan si Neo ini mungkin adalah penipuan secara halus. Kenapa gua bisa bilang kayak gitu? Welcome to Jurnal Investigasi by 1%. Hari ini kita bakal bahas soal kontroversi di balik peluncuran NE robot AI ini dan perkembangan teknologi AI yang ada di zaman sekarang. Enjoy MKBHD itu bilang kalau cara marketing robot ini tuh bisa dibilang penipuan secara halus. But my issue with this product is the gap between what it's actually capable of today and what they're promising as they take your money today. Kenapa? Karena ternyata 100% tugas kompleks yang lu lihat di YouTube-nya ngurusin laundry, bawa belanjaan segala macam itu memang dilakukan oleh AI tapi bukan artificial intelligence. Jadi jatuhnya AI sama dengan ya anak intern lah ya. Joks-nya sih begitu. Nah, dengan kata lain semua hal yang robot ini lakuin, sekali lagi gua ulangin ini dilakuin sama manusia guys ya. Sama manusia yang ngontrol robotnya dari jarak jauh yang katanya sih expert kalau kata perusahaannya. Jadi, robot ini tuh dikendaliin pakai teknologi teleoperation. Jadi, si expertnya ini bisa ada di mana aja. Bisa ada di India ya, bisa ada di Indonesia, bisa ada di Filipina gitu. Itu ngendaliin robot itu kayak Avatar gitu loh. Dan iklan pembeliannya adalah untuk ngasih mereka konsen. Dan kalau kita lihat dari omongan CEO-nya, dari iklannya, harusnya kalau udah ada orang yang beli robotnya, mereka kemungkinan besar bakal employ orang-orang dari negara lain, especially negara dengan gaji rendah ya, kayak Indonesia, Philipin segala macam buat ngontrol robotnya. Kalau kita lihat dari costnya yaitu sekitar 500 dolar per bulan, sebenarnya bisa dibilang ini tuh robot yang lebih boros daripada lu nyewa pembantu manusia beneran. Kayak mending hire ART gitu kalau di beberapa negara ya. Kenapa? Karena pertama secara costatnya lebih boros. Terus yang kedua dari pengerjaan tugas itu enggak efisien dari segi waktu. Dan yang ketiga dari efektivitas nyuci piring segala macam itu juga bisa jadi enggak efektif. Gua ngambil langsung laporan dari Wall Street Journal yang nyobain demo ini langsung. Dia tuh nyatat data-data yang jelek banget untuk robot ini. Pertama, dia butuh lebih dari 1 menit cuma buat ngambil botol air dari kulkas yang bisa lu ambil dalam waktu 10 detik misalnya atau 5 detik gitu. Terus dia tuh butuh 5 menit buat masukin tiga piring dan gelas ke dalam mesin cuci piring. Itu pun nyucinya pakai mesin cuci piring ya. Kita enggak tahu dia bisa nyuci pakai sponge atau enggak gitu. Di mana kalau orang Indonesia kayaknya belum banyak yang punya diser ya. Dan yang ketiga butuh 2 menit buat ngelipat satu baju, satu sweater. Oke. Kalau manusia yang ngerjain itu enggak nyampai segitu, cuma butuh beberapa detik doang. Satu menit juga kagak nyampe. Ya, dan buat orang Indo, makanya kenapa tadi gua bilang jangan beli dulu, lu better hire ART sih gitu ya. Dengan gaji R,5 juta mungkin ya per bulan atau dengan harga sekitar R00 juta ya mending hre ART dulu aja. Tapi ini cuma salah satu masalah aja gitu ya. Karena ada masalah lain apalagi kalau lu memutuskan untuk beli gitu ya. Kebayang ggak di Indonesia seberapa jelek fitur teleoperation karena wifi kita masih busuk gitu loh ya kan kita main game streaming aja mungkin belum bisa gitu game kayak game-game berat kayak Cyberpunk ya segala macam itu kita tuh belum bisa selancar itu gitu loh di internet yang bagus sekalipun di Jakarta gitu ya gua kan pernah nyoba juga jadi internetnya harus super cepat dan super mahal juga kan nyewa internet yang super cepat tuh mungkin sekitar R1 juta per bulan ya nah itu berapa orang sih yang punya belum lagi itu tadi cuma masalah efektivitas efisiensi ya seberapa efektif seberapa efisien robotnya ini sebenarnya punya masalah yang lebih besar yaitu masalah privacy dan masalah security ya. Jadi keamanan lu tuh enggak terjamin gitu loh. Pertama dia bisa dengar dan lihat semua yang terjadi di rumah lu. Jadi semua barang percakapan bisa ditrak. Terus kebayang enggak kalau robot ini tuh dipakai buat yang enggak-enggak gitu ya? Kayak misalnya robotnya tiba-tiba megang pistol, tiba-tiba nyolong barang, tiba-tiba nge-hack komputer kita di rumah, ngelihat password kita segala macam, tiba-tiba nge-lik atau ada orang yang melakukan hal-hal aneh dengan robot ini. Misalnya robotnya disiksa gitu loh, dipukulin, ya kan? atau robotnya misalnya kita suruh masturbasiin kita gitu. Sor ya gua ngomong agak jorok. Tapi ini adalah masalah-masalah etika yang sebenarnya problematik, Guys. Etika privacy, dan keamanan yang kayak gua masih banyak bertanya sih ya. Makanya kayak kalau lu mau memutuskan untuk beli, mendingan jangan dulu sih. Mendingan lihat orang lain yang beli dulu ya. Kayak Timothy Ronald mungkin atau ada juga ya CEO dari Creative Agency kemarin gua lihat di berita gitu. Jadi mendingan lihat mereka pakainya gimana dulu sih. Nah kan teknologinya jelek. Pertanyaannya adalah kenapa si perusahaan Neo ini tetap maksain untuk nge-launch robotnya? Kenapa mereka enggak nunggu aja gitu sampai AI-nya tuh udah oke gitu loh? Atau misalnya ini enggak usah dibuka ke semua orang, buka dulu aja ke beberapa orang. Jawaban sederhananya pertama karena mereka butuh data private kita. Yang kedua ini jawaban secara makroekonomi. Jawaban kedua adalah bisa jadi kita sedang berada di puncak AI bubble, Guys. Jadi kondisinya tuh mirip-mirip kayak start up bubble dulu. Dan AI ini sebetulnya yang tidak banyak dibicarakan orang ini adalah model bisnis yang sebenarnya enggak menguntungkan dan belum sustainable gitu. Chat GPT segala macam itu tuh masih banyak yang rugi ketika dijalanin. Dan bahkan kalau kita lihat di operasional chat GPT itu lebih dari 700.000 US per hari. Jadi ketika lu bilang tolong terima kasih ke GPT itu juga bakal bikin biayanya jadi lebih mahal. Dan ini juga data lama gitu ya. Enggak tahu kita sekarang 2025 bahkan 2026 2027 datanya mungkin bakal makin mahal. Dan kalau kita lihat dari 100% perusahaan yang menggunakan AI mikirnya bakal bikin lebih efektif, efisien. ternyata 95% itu gagal dalam ngasih return dari segi revenue. Jadi kebanyakan tuh masih rugi. Jadi udah dibeli nih AI-nya udah diimplementasi tapi 95% enggak ngelihat ada keuntungan malah nambah cost doang. Dan kalau kita lihat laporan dari McKinsy ini di bulan Maret sih beberapa bulan lalu itu nunjukin lebih dari 80% organisasi itu belum siap. Dan organisasi ini juga enggak ngelihat dampak revenue yang nyata dari penggunaan generative AI. Dan salah satu pendiri open AI sendiri dan ini kalau lu suka belajar soal AI, lu harusnya udah tahu orang ini Andre Karpati ya. Dia secara blak-blakan bilang AI model saat ini tuh belum nyampai gitu dan hasilnya tuh seringkiali trash gitu loh sampah. Dan Neo adalah contoh sempurna dari apa yang dikatakan oleh Mr. Karpati ini. Karena mereka ngejual produk tuh bukan berdasarkan teknologi apa yang bisa mereka lakuin, tapi berdasarkan janji guys ya. Janji bahwa wah ini bakal keren segala macam. Kok gua ngelihatnya kayak MLM bahkan kayak Ponzi ya. katanya bakal bisa full di 2026, 2027 segala macam. Kita enggak tahu gitu loh ya, teknologinya bisa fully scale itu kapan dan belum lagi kita juga harus melihat pemerintah nih bakal nge-ban apa enggak nih ya. Karena negara-negara kan bakal khawatir sama isu security. Lu kebayang enggak kalau ada 200 robot aja tiba-tiba ngumpul gitu di Jakarta terus bunuh-bunuhin orang gitu kan. Jadi ini tuh kayak menurut gua agak problematik ya gua ngelihatnya. Oke, guys. Sebelum lanjut, gua mau ngasih tahu info buat lu yang lagi ngerasa bingung, ngerasa stuck sama hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal karir, pendidikan, hubungan, keluarga, pernikahan, atau hal-hal personal lainnya, sekarang 1% tuh nyediain psikotes premium. Di dalam psikotes premium ada berbagai pilihan tes yang dirancang buat ngebantu lo lebih paham siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo bisa ngambil keputusan hidup lu dengan lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin berbagai jenis tes psikologi profesional. Jadi setiap lu beli, lu bakal dapat beberapa psikotes disatuin report-nya jadi puluhan halaman untuk hasil yang akurat dan personal. Lu bisa baca puluhan halaman ini. Dan yang paling keren kalau lu enggak ngerti atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight lanjutan lewat konsultasi bareng expert dari 1% langsung berdasarkan hasil tes lu. Langsung aja kunjungi 1.bio/sicotest premium buat info lebih lanjut. Oke, sekali lagi kenapa gua melihat ini problematik? Gua bakal rangkum masalah-masalahnya tuh apa aja. Of course yang pertama privacy. Jadi semua rumah lu bisa disensor meskipun ya ya nanti lu harus ini kok ngasih izin atau misalnya ee nanti di ruangan-ruangan tertentu enggak bisa di-record kok kayak kamar mandi atau apa gitu. Tapi artinya lu ngebayar 20.000 000 atau sekitar 300 400 juta termasuk juga atau biaya subscription-nya sekitar ya 7 sampai R juta itu lu ngebayar robot ini untuk lu jadi kelinci percobaan lu ngebayar untuk nyerahin data paling private lu, data rumah lu untuk kepentingan R&D perusahaan ini yang tanggung jawabnya juga belum jelas gitu loh. Kalau mereka tiba-tiba gimana-gimana gimana gitu. Iya kan? Lu bayar jadinya untuk hak istimewa menjadi kelinci percobaan dan enggak ada jaminannya ibaratnya. Dan kita di Indonesia gitu ya, lu mau lapor ke siapa? Mau ngelapor ke polisi Indonesia atau lapor ke jaksa Indonesia gitu ya? Sulit juga ya kan? Masalahnya robot penyedot debu kayak gini aja nih yang bulat ini datanya aja bisa bocor gitu kan bisa ngebocorin data ada orang lagi telanjang segala macam gitu ya. Nah, gimana si Neo yang jelas-jelas dikontrol oleh manusia beneran yang manusianya aja kita enggak tahu ada di mana. Mungkin orang India gitu yang digaji jauh lebih rendah gitu ya, orang Filipin atau bahkan orang kita sendiri. Itu masalah pertama. Masalah yang kedua, ertnya ini juga enggak terjamin. Ya kan? Yang tadi gua bilang siapa sih sebenarnya yang ngendaliin? kita enggak tahu gitu loh. Dan sangat mungkin ini orang yang diupah sangat rendah gitu loh. Jadi pertanyaan etisnya juga sebenarnya mau enggak sih kita ada orang keliling-keliling di rumah kayak begini 24 per7 gitu loh. Dan yang ketiga adalah ya tinggal nunggu waktu aja sampai robotnya dipakai aneh-aneh. Yang tadi gua bilang robotnya disiksa atau disuruh niksa orang oleh orang sadomasokis gitu ya. Terus dipakai romance atau berhubungan seks atau masturbeating or something terus dimanfaatin orang tertentu buat kejahatan misalnya di hackor anything gitu. Jadi banyak sekali masalahnya. Kesimpulannya adalah jangan kemakan hype sih. Bisa jadi kita memang masih jauh ya dari teknologi robot atau bisa jadi udah dekat banget. Tapi at least kita udah tahulah dengan munculnya produk ini. Oh, nanti bakal ada robot. At least for now 2025 nih kita bisa simpulkan bahwa Neo itu belum siap. Neo itu sangat spekulatif dan Neo ini sangat jauh dari matang ya. Jadi enggak usah terlalu excited dengan teknologinya Neo. Enggak usah terlalu takut atau mungkin enggak usah terlalu senang juga. yang harus kita pikirin sebenarnya sekarang dengan kita tahu teknologi ini udah ada, maksudnya udah dipikirin sampai ke depannya sebetulnya adalah gimana ya kita bisa ngambil keuntungan dari AI bubble ini atau AI boom yang terjadi sekarang. Nah, apa aja yang bisa dilakuin? Pertama karena kita tahu AI ini itu scam. Jadi dalam hal investasi atau trading sebenarnya kita bisa ngelihat sih kalau valuasi perusahaan AI-nya udah terlalu mahal kayak misalnya Nvidia atau Palantir gitu ya. yang kemarin juga baru banget di-short sama Michael Bury. Dan Michael Bury itu kalau lu enggak tahu dia adalah orang yang memprediksi terjadinya resesi di tahun 2007-2008. Salah satu resesi terbesar ya di dunia itu dia yang ngprediksi itu. Dan kemarin dia baru aja nge-short ini pas gua record berarti tanggal 5 November ya sekitar tanggal 3 atau 4 kayaknya mulai muncul berita bahwa dia tuh nge-short Nvidia dan Valantir. Artinya dia betting bahwa perusahaan ini tuh bakal turun gitu loh harga sahamnya. Itu yang pertama. Nah, jadi lu bisa nge-short kalau memang lu ngerasa valuasinya tuh udah terlalu mahal. Lalu, kalau misalnya lu investor juga sebenarnya ada peluang lain yang sangat potensial buat lu explore. Jadi ada report terbaru akhir-akhir ini tuh tentang e limit dari AI. Jadi sebetulnya banyak sekali ya perusahaan AI yang beli chip dari Nvidia. Tapi banyak perusahaan AI ini kayak Microsoft segala macam gitu ya, itu enggak bisa pakai chipnya. Kenapa? Jadi mereka udah beli nih, mereka udah beli wah billions of dollars. Mereka beli dari Nvidia, tapi mereka gak bisa pakai chipnya. Pertanyaannya kenapa? Karena ternyata ada bottleneck atau ada hambatan di data center di energi juga. Jadi secara energi oh belum cukup nih listriknya. Secara data center oh belum cukup nih datanya. Nah, AI itu kan sebenarnya enggak berjalan di atas angin ya. AI itu berjalan di atas fondasi fisik dan fondasinya tuh butuh ya energi dan komoditas ya kan. Data center butuh energi, butuh listrik. Listrik butuh apa? Butuh komoditas. Dan peluang investasi untuk sangat jangka panjang sekali udah jelas. Jadi kalau lu lihat perusahaan batu bara, perusahaan komoditas yang sekarang masih murah, perusahaan penyedia listrik dan kira-kira ini mereka bakal deal sama Microsoft segala macam untuk bikin data center segala macam, lu bisa investasi di sana. Ya, jadi peluang investasinya sangat jelas karena ini tinggal nunggu waktu robot ini bakal masif tapi data centernya kurang. Robot ini tinggal masif eh baterainya kurang, listriknya kurang, komoditasnya kurang, butuh nikel, butuh segala macam, ya kan? Jadi tinggal nunggu waktu mungkin bukan di 2025, mungkin di 2025 bakal turun dulu gitu ya. Karena semua sekarang juga kan saham turun, kripto turun, emas turun, Guys. Mungkin nanti ketika udah bottoming out ya kita bisa ngambil peluang untuk investasi di sana. Karena harusnya enggak jauh dari sekarang perusahaan-perusahaan ini akan mulai mikir, oke, gimana biar gua bisa ngaktifin si chip Nvidia yang udah gua beli triliunan rupiah gitu ya. Gimana cara gua bisa ngaktifin ini? Karena sekarang battlenck-nya adalah di energi dan di komoditas. Terus yang kedua yang harus lu pikirin adalah bukan hanya investasi keuangan karena itu kayak ya udah gitu ya lu invest ya lu bisa tinggalin nanti juga bakal naik. Kalau memang pilihan lu benar, kalau pilihan lu salah ya paling turun gitu kan. Set loss. Yang paling penting adalah investasi diri dan karir. Karena dengan adanya robot kayak gini, harusnya pekerjaan kayak teknisi robot, AI, engineer segala macam gitu ya, VR itu bakal makin banyak. Emang sih pekerjaan lain bakal kehapus kayak misalnya ART gitu ya. Mungkin bakal digantiin sama si Noo beberapa tahun ke depan atau ya pekerjaan-pekerjaan kayak coding gitu ya, itu kemungkinan besar pekerjaan-pekerjaan digital bakal keganti tapi pekerjaan lain juga bakal ada. Ya kan? Lu bisa nyari peluang dari sini. Ada robot pasti butuh teknisi. Robotnya punya baterai, baterainya pasti harus diservis. Ya kan? Sama kayak dulu ketika mobil pertama kali muncul. Dulu pas adanya mobil orang mikir, "Wah, ini kuda bakal punah. Kereta kuda. Wah, gua kerjaan gimana?" Dan bener aja kan kuda digantiin sama mobil. Tapi jangan lupa, adanya mobil bikin banyak pekerjaan dan industri baru itu muncul. Kayak misalnya industri bengkel yang kita lihat perusahaannya udah gede kan sekarang. Astra tuh ya. Bluebird aja kemarin baru buka bengkel, Guys. Ya kan? masih tumbuh sampai sekarang. Udah puluhan tahun sejak mobil, bahkan ratusan tahun kali ya, sejak mobil pertama kali muncul, sekarang bengkel baru booming, Guys. Ya kan? Lu kebayang enggak jadi orang yang pertama bikin bengkel AI gitu loh, bengkel robot. Terus dari mobil juga muncul BBM ya, SPBU mulai banyak buka di mana-mana, pertumbuhannya gila-gilaan di negara maju dan negara berkembang sampai sekarang. Terus jasa cuci mobil gitu ya, terus jualan pair parts under deal gitu. Jadi pastiin aja ketika robotnya datang, lu udah siap dengan ide bisnis lu udah siap juga dengan skill lu yang nanti mungkin bakal kepakai dan orang belum siap gitu. Ketika orang masih belajar, wah gimana caranya bootcamp digital marketing ya, bootcam apalagi bootcampo segala macam, lu udah belajar bootcamp-nya bukan search engine optimization tapi AI search engine optimization. Jadi kesimpulannya adalah sekarang mungkin kita enggak usah terlalu hype, kita enggak usah terlalu takut juga, tapi justru kita sebenarnya bisa siap-siap. yang harus kita khawatirin justru adalah AI Bubble yang mungkin bakal datang dalam waktu dekat. Dan ternyata sekarang udah mulai datang ya, saham sudah mulai turun mungkin akan naik lagi. Tapi kalau misalnya perusahaan terus bikin janji-janji palsu seperti ini gitu ya, kita bisa bilang penipuan halus gitu biar ngeraout duit orang dari seluruh dunia ya kemungkinan besar sahamnya bakal turun sementara bahkan turun jauh. Gua bisa bilang kita harus khawatir dengan itu. Itu pertama. Jadi mulai dari risking dari segi investasi dan yang harus kita khawatirin kedua adalah gimana kita bisa survive nanti di masa depan ketika pekerjaan kita sudah mulai agak relevan dan digantikan dengan pekerjaan yang related sama AI dan robot. By the way, kalau lu pengen nonton lebih banyak soal AI, sebenarnya kita udah sempat bikin video juga sebelumnya. Jadi lu bisa klik video yang ada di sebelah kiri. Lu juga bisa tonton rekomendasi kita yang sebelah kanan ini. Ini bakal worth it. That's all for this video. Sampai jumpa di video selanjutnya. Gua Evan 100%. Well, thanks
Resume
Categories