Sisi Gelap Dunia Crypto: Rungkad 300 TRILIUN dalam 10 Menit?
7tLabRe9Ikg • 2025-10-26
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
10 Oktober adalah tanggal yang sangat
menarik buat investor dan juga trader
crypto. Di satu sisi 10 Oktober ini tuh
adalah hari kesehatan mental sedunia,
World Mental Health Day. Tapi di sisi
lain dalam waktu kurang dari 30 menit
bahkan kurang dari 15 menit terjadi
crash besar di pasar kripto. Lu bayangin
19 miliar dolar Amerika itu setara Rp300
triliun lebih lenyap dalam waktu 15
menit aja. Jadi orang yang lagi trading
dengan posisi leverage itu hampir
semuanya hancur. Dan bukan hanya itu,
800 miliar dolar market cap itu musnah
begitu aja dalam waktu berapa belas
menit [musik] doang. Ini adalah leverage
crash terbesar di dunia crypto sejauh
ini. Dan di tengah badai kehancuran
finansial itu menariknya adalah di
tanggal yang dekat-dekat atau di tanggal
yang sama ada satu cerita yang
sebenarnya bikin merinding karena
seorang crypto entrepreneur asal Ukraine
influencer juga dia ditemukan meninggal
dunia di Lamborghini-nya. Nah, diduga
ini karena rungkat sih ya dan juga dia
tuh katanya kehilangan dana investor
senilai jutaan dolar akibat crash
tersebut yang akhirnya depresinya makin
parah. masalah finansial yang dihadapin
makin parah. Dan ya di luar sana gua
juga yakin ada banyak korbannya yang
kita enggak tahu sih dan kemungkinan
banyak juga korbannya yang juga orang
Indonesia. Nah, fenomena ini akhirnya
bikin gua bertanya-tanya emang dunia
krypto tuh sejahat apa sih? Dan yang
lebih penting seberapa banyak sih yang
rungkat dan seberapa banyak yang sukses
sebenarnya kok malah yang gua lihat itu
kebanyakan cerita-cerita rungkatnya gitu
yang sukses tuh kayak cuma berapa persen
orang. Nah, gimana caranya biar kita
bisa lebih bijak, bisa lebih waras dalam
menghadapi dan berinvestasi di aset yang
satu ini. Well, makanya hari ini kita
bakal bongkar sisi gelap dunia crypto.
Bukan buat nakut-nakutin, tapi biar lu
semua bisa lebih melag ya dan biar lu
semua bisa lebih realistis aja sih.
Enggak pengen [musik] kayak instan gitu
ya. Welcome to Psychology of Finance.
Kita bahas kripto lagi. Oke, stay tune.
Welcome to psychology [musik]
of finance.
Nah, banyak yang bilang kripto itu
adalah inovasi buat masa depan.
decentralize, kebebasan finansial,
revolusi teknologi. Semua hal tersebut
terdengar indah sampai akhirnya ada yang
bundir, sampai akhirnya ada yang
rungkat, sampai akhirnya ada yang gadain
rumah segala macam untuk invest terus
rugi semua. Nah, ada beberapa realita
yang seringkiali tuh dilupain apalagi
sama investor pemula. Realita pertama
adalah seringkiali market itu sebelum
naik biasanya diciptakan untuk rungkat
dulu. Ya, jadi ini kalau misalnya lu
udah main kri bertahun-tahun gitu, lu
pasti udah tahu kalau misalnya ada aja
gitu ketika orang lagi PD-PD-nya ya
dibikin extreme fear dulu, terus habis
extreme fear enggak ada yang berani beli
itu eh tiba-tiba naik dua kali lipat
gitu. Itu kayak udah terjadi dari tahun
ya, 2017, 2020 sampai sekarang juga sama
gitu loh. Dan ini juga sekarang makin
dimain-mainin sama Trump ya. Jadi kayak
ya emang market krypto seperti itu gitu.
Jadi kalau ada yang kaget ya seringkiali
adalah trader atau investor pemula gitu
ya. harusnya kalau kaget terus enggak
berani masuk lagi gitu. Karena biasanya
kalau crypto traders yang beneran kayak,
"Oh, ya memang kripto begini gitu.
Kadang di rakpol, kadang kena
manipulasi" gitu ya, kadang kena bacotan
tarif trum dan segala macam gitu. Nah,
pasar ini tuh memang didesain untuk
ngerungkadin orang biasa gitu loh.
Makanya ada istilah yang kita sebut
dengan wales ya, yang punya modal gede.
Bahkan sekarang juga institusi sudah
masuk. Bahkan ya kalau kita mau lebih
suuzon lagi kemarin kan pas market crash
tanggal 10 Oktober itu kan ada satu
trader yang berhasil untung dan
untungnya itu dalam satu trade aja satu
short di mana dia untung juta dolar
ketika dia pasang posisi sebelum Trump
ngetweet ya kan sebelum crash kejadian
dan waktunya tuh sangat presisi sampai
muncul kecurigaan wah ini mah ada yang
kenal nih sama si Trump nah parahnya
lagi yang kemarin seberapa parah nih ya
10 Oktober itu infrastruktur pasarnya
sendiri tuh kayak lebih memihak Wales
gitu daripada memihak retail gitu kan lu
bayangin pasar lagi unjlok gila-gilaan.
Terus kayak let's say lu kebangun pas
subuh kemarin, which gua kebangun juga.
Gua kayak pas lagi subuh itu kebetulan
gua masih bangun. Terus bayangin lu
panic selling, lu mau jual rugi, tapi
kebetulan lu pakai Binance buat
nyelametin sisa modal lu. Tapi pas lu
buka si Binance, tombol sell-nya ini
enggak bisa diklik tiba-tiba error.
Terus lu udah nge-set loss tapi enggak
ke-rigger karena enggak ada yang order
buy saat itu gitu loh di Binance ya,
actually. Jadi enggak ke-rigger, enggak
bisa diklik. Tapi sementara itu sistem
likuidasi yang otomatis ngejual paksa
semua kolateral lu, semua aset lu itu
tetap jalan. Nah, ini fakta ya yang
terjadi di Binance. Bahkan Binance aja
sampai bagi-bagi duit 800 USDT [musik]
gitu. Untuk apa? Untuk ngasih kompensasi
ke orang-orang yang rungkat. Padahal
yang rungkat ya ada yang rungkat 5.000,
ada yang ngerungkat 1$ 1.000, ada yang
ngerungkat 2.000 segala macam gitu ya.
Jadi kalau lu ada di komunitas krypto,
lu pasti udah ngelihatlah banyak yang
rungkat pada saat 10 Oktober itu. Ini
kesannya kayak udah lama banget gitu ya.
Padahal ini baru satu du mingguan gitu.
Jadi kayak wow gitu ya. E betapa
mudahnya para trader crypto melupakan
kejadian ini gitu. Padahal ini menurut
gua sih kalau el setelah ngelihat
kejadian ini lu mau cabut dari krypto
itu kayak gua sangat mewajarkan gitu ya
atau lu enggak mau pakai leverage lagi
itu kayak wow that's nice gitu. Jadi
emang wajar karena ini kejadian yang
geblak banget sih gitu ya. Apalagi
exchange sudah enggak bisa dipercaya
juga gitu. Ini exchange terbesar ya.
Binance dan Rungkat ya. mereka bagi-bagi
800 USDT. Dan ada beberapa case juga di
mana beberapa kenalan gua gitu ya,
beberapa teman gua mereka enggak rungkat
sebegitunya tapi dapat 800 USDT gitu ya.
That's hah ya. Jadi lupakanlah keadilan
itu di market crypto tidak ada gitu ya.
Krypto itu memang sangat amat merugikan
buat trader pemula. Biasanya sih begitu
dan kalau lu merasa enggak rugi padahal
lu pemula ya berarti lu belum rugi aja
jatuhnya begitu ya. Terus realita yang
kedua adalah ya rugpool ya. Jadi ini
adalah modus yang paling populer di
dunia crypto dan dilakuin oleh hampir
semua orang jahat kali ya. Jadi intinya
adalah biasanya ragball itu kalau ada
developer jahat bikin proyek token baru,
terus habis itu dimarketingin
gila-gilaan, bayar influencer [musik]
segala macam. Kalau ribuan orang atau
ratusan orang udah masuk gitu ya, udah
naruh duitnya, developernya biasanya
ngilang atau ya jual paksa semua supply
token yang dia punya. Nah, kalau udah
dijual paksa ya udah tokennya bakal
turun gitu kan, bakal turun
habis-habisan. Dan kalau di Indonesia
gitu ya, sebenarnya ini ada lucu juga
karena beberapa kasusnya ini dilakuin
oleh orang-orang yang kayak WTF gitu. Lu
mungkin enggak akan duga siapa orangnya,
tapi ingat dulu ada token namanya token
A6 ya kan. E gua enggak akan bilang
siapa yang bikin. Terus habis itu
harganya tuh dari 69 ke 6. Terus ada
juga kasus yang membawa nama ustaz juga
itu juga sama juga ya mirip-mirip gitu
ya. Nah, sebenarnya secara hukum di
Indonesia tuh rakpul bisa dijerat dengan
penipuan gitu ya. Tapi ya penegakan
hukum di Indonesia ya boro-boro
maksudnya kripto itu apalagi zaman dulu
ya itu belum sekuat sekarang. Bahkan
sekarang aja kalau dibilang kuat
sebenarnya enggak juga gitu. Dan yang
beli juga kan sebenarnya orang-orangnya
gitu. Jadi kalau orangnya rugi ya enggak
Dior gitu loh. Enggak. Ini kan bukan NFA
gitu. Jadi not financial advice dan do
your own research. Itu kalau lu ngeklik
suatu hal yang jelek ya itu salah loh
gitu kan ya. That's crypto basically.
Nah, realita ketiga adalah yang lu harus
tahu juga sebenarnya banyak sekali
penipu-penipu di crypto yang masih
berkeliaran gitu. Especially ketika
mereka udah nipu, mereka mau nipu orang
lagi. Dan biasanya mereka-mereka ini
staynya di mana? Ada di satu tempat
namanya adalah Dubai ya. Dan ini udah
sempat dibahas sama Bloomberg juga. Jadi
ada dokumentary dari Bloomberg di mana
ya memang orang-orang itu pada cabut ke
Dubai para penipu-penipu ini. Dan Dubai
sendiri memang secara aktif ya
mempromosikan negaranya, kotanya,
tempatnya gitu ya sebagai pusat
teknologi dan keuangan global. Jadi udah
pajaknya hampir nol, harusnya nol sih ya
dan regulasi yang ramah bisnis juga.
Terus ya pelaku kejahatan yang punya
liquidity yang banyak atau uang yang
banyak biasanya ke sana ya kan. Cyber
crime, ponzi, piramid segala macam gitu
ya biasanya pada cabut ke Dubai. Nah,
kenapa sih pada stay di Dubai? Emang
mereka enggak bisa ditangkap di Dubai?
Well, jawabannya adalah cenderung iya
gitu. Cenderung sulit ditangkap kalau lu
ke Dubai. Karena apa? Karena Dubai itu
enggak punya perjanjian ekstradisi
dengan banyak negara, termasuk US. Jadi,
kalau lu melakukan pelanggaran hukum
misal lu nipu orang di Amerika, terus lu
cabut ke Dubai, terus lu bersembunyi
gitu di Dubai, lu enggak bisa
diekstradisi gitu. Sulit untuk lu
ditangkap. Jadi, ya contoh paling
nyatanya ini yang ada di dokumentari
Bloomberg itu namanya adalah Samle. Dia
pendiri HyperF. Kalau kata Bloomberg dan
juga kata investigator yang dia buat
adalah skema Ponzi yang nelan korban
hampir 2 miliar US Dar gitu. Jadi itu
berapa triliun ya, kali 16.000 aja. Dan
setelah proeknya di Australia tuh runtuh
gitu ya, si Lee ini kabur. Dan setelah 8
bulan gitu ya, udah kayak mengandung ya,
mengandung anak, dia muncul lagi di
Dubai gitu. Dan dengan santainya dia
mempromosikan kembali skema-skema
barunya gitu. Nah, meskipun udah ada red
notice dari Interpol, jadi dia udah
dikejar-kejar gitu di Dubai tuh. Dia
kayak cuma ditahan 60 hari terus
dibebasin lagi gitu. Karena ya sulit
gitu loh, lu mau ngebuktiin sesuatu di
crypto tuh ya tadi kayak yang gua bilang
kan lu beli sesuatu ya lu yang ngeklik
sendiri, lu yang beli sendiri gitu. Lu
mau nyalahin orang ya sulit juga ya kan.
Jadi jangan heran lah kalau di Indonesia
atau di mana pun sampai ke Dubai itu mau
nindak kejahatan kripto tuh memang
lumayan sulit ya. Karena kalau dibilang
penipuan kadang bukan penipuan juga.
Kalau dibilang rakpool juga
kadang-kadang bahkan developernya aja
yang dirakpulin juga ya. Kadang-kadang
developernya juga yang dikadalin sama
influencer misal atau sebaliknya jadi
kayak ya it's a very complex ekosystem
ya basically gitu. Nah, itu adalah
realita investasi dan trading crypto
yang perlu lu tahu.
Nah, terus kenapa sih orang masih aja
berbondong-bondong masuk ke krypto? Udah
jelas krypto ini misalnya kalah sama
emas gitu ya. Tahun ini KMA sudah naik
60-an lebih persementara Bitcoin dan
juga altcoins gitu. E janji bahwa enggak
ada yang janjiin juga sih, tapi banyak
yang mikir 2025 ada alt season gitu ya.
Ternyata enggak ada, Guys. Itu ya,
ternyata sampai sekarang gua bikin video
itu enggak ada gitu. Meskipun mungkin
aja ada ya, tapi kenapa sih orang tuh
udah diphp-in sebegitunya gitu ya pas
perang crash sebegitunya terus juga
dipermainkan oleh omongannya Trump gitu.
kok orang masih mau gitu ya masuk ke
dunia crypto gitu loh ya kan. Nah
ternyata banyak ahli sekarang menganggap
kecanduan trading crypto tuh ternyata
adalah salah satu bentuk dari gambling
disorder. Karena menariknya adalah ya
pasarnya buka 24 jam enggak ada libur,
enggak ada jeda, terus lu juga mungkin
kalau lu pemula, lu baru bangun, lu
pasti lihat HP lihatin Bitcoin lu berapa
gitu ya. Masih mending kalau Bitcoin lah
ya. Kalau farcoin atau memgak jelas gitu
ya, itu kayak makin degdegan lagi gitu
kan. BTC aja udah deg-degan gimana Fcoin
gitu loh ya. Jadi ya begitu gitu ya.
Strukturnya tuh dirancang untuk memicu
perilaku adiktif gitu loh dan jadinya
lingkaran setan lah yang bikin
ketagihan. Nah, selain itu ada juga ya
memang kalau kita lihat media-media gitu
ya, ketika Bitcoin udah tinggi biasa
baru dipromoin gitu kan sama media gitu.
Dan memang itu perilakunya media gitu
ya. seperti itu. Ketika ada yang hype,
mereka akan makin hype. Nah, di sanalah
muncul FOMO, muncullah ikut-ikutan tanpa
lu tahu dalam tokennya tuh ada apa,
projjectnya ini apaan, lu bahkan enggak
tahu narasinya, narasi apa yang lagi
ramai gitu ya atau lu overcfidence gitu
ya. Jadi terlalu percaya diri padahal lu
masih pemula. Leverage-nya tinggi banget
sampai 500x. Terus biasanya enggak
jarang juga ada reveng trading gitu.
Jadi lu udah kalah nge-short ya,
tiba-tiba langsung nge-long tapi tertek
ke bawah gitu setelah lu nge-long gitu.
Jadi menurut gua memang kalau ngomongin
trading krypto tuh lu harus menguasai
mental lu sih ya. Jadi kayaknya teknik
trading tuh enggak sebegitu ngaruhnya
dibandingkan mental gitu. Mentalitas lu
dan psikologi lu ya kan. Dan menariknya
adalah yang jadi korban paling parah
dari semua jebakan psikologis yang tadi
gua bilang itu seringkiali adalah mereka
yang enggak siap. Jadi pertama adalah
orang-orang miskin yang penghasilannya
rendah gitu ya dan juga anak-anak muda
yang baru masuk. Dan mereka-mereka ini
sayangnya ya rela untuk bahkan pinjol
demi beli crypto gitu. Bahkan belinya
meme coins gitu ya. Bukan berarti
mimcoin coin itu jelek guys. Tapi ya
agak ironis aja gitu kalau lu belinya
pakai pinjol gitu loh. Nah terus kita
juga bisa lihat dari data gitu ya Gen
yang sering kali ngejar hype yang pemula
itu tercatat sebagai kelompok investor
dengan keuntungan yang paling rendah.
Jadi mereka ini enggak untung. Mereka
ini cenderung rugi sih.
Oke, guys. Sebelum lanjut, gua mau
ngasih tahu info buat lu yang lagi
ngerasa bingung, ngerasa stuck sama
hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal
karir, pendidikan, hubungan, keluarga,
pernikahan, atau hal-hal personal
lainnya, sekarang 1% tuh nyediain
psikotes premium. Di dalam Psikotes
Premium ada berbagai pilihan tes yang
dirancang buat ngebantu lo lebih paham
siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo
bisa ngambil keputusan hidup lu dengan
lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin
berbagai jenis tes psikologi
profesional. Jadi setiap lu beli, lu
bakal dapat beberapa psikotes disatuin
report-nya jadi puluhan halaman untuk
hasil yang akurat dan personal. Lu bisa
baca puluhan halaman ini. Dan yang
paling keren kalau lu enggak ngerti atau
lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight
lanjutan lewat konsultasi bareng expert
dari 1% langsung berdasarkan hasil tes
lu. Langsung aja kunjungi
1.bio/psicotespremium
buat info lebih lanjut.
[musik]
Nah, terus gimana? Apa pelajaran yang
bisa kita ambil dari kejadian tanggal 10
Oktober pertama? Ya, sebenarnya di akhir
cycle ini sebenarnya harusnya udah dari
Agustus sih atau September lu udah mikir
seperti ini. Tapi kalau lu belum mikir
seperti ini, yang paling penting adalah
sekarang hindari leverage berlebihan.
Kenapa? Karena ya orang rungkap biasanya
karena over leverage. Sementara kalau lu
holding spot doang, lu gak pakai utang
gitu ya, cres kemarin tuh enggak kerasa
gitu loh. Apalagi kalau lu hold Bitcoin
doang kayak itu cuma turun berapa? 10
15% 20%. Jadi kayak ya udah gitu loh
enggak kerasa. Dan kalaupun lu merasa PD
untuk pakai ya jangan pakai cross ya.
Jangan pakai fitur cross margin atau
jangan pakai fitur e yang namanya
unified trading colateral bla bla bla
gitu ya. Intinya jangan pakai fitur yang
seperti itu karena sekalinya lu rungkat
lu margin call ya semua harta lu habis
gitu ya. Jadi gunakan fitur yang
isolated aja yang resikonya tuh terbatas
pada trade yang lu taruh aja gitu bukan
cross. Dan jangan lupa pasang stop loss
of course ya. Dan bahkan yang ironis
adalah even ketika lu udah masang stop
loss sekalipun kalau kemarin lu pakai
Binance kan bisa aja kagak works gitu.
Jadi kayak ya itulah gitu ya yang
terjadi ketika memang kadang kita udah
siap-siap aja bisa tetap. Nah, yang
kedua adalah ubah mindset lu. Jadi,
jangan lupa kalau kripto ini akan ada
terus sampai kapanpun, ya kan ya?
Kecuali kalau rungkat semua gitu, which
is possible. Tapi intinya lu masih punya
banyak waktu gitu, apalagi kalau lu
masih muda. Jadi enggak usah ngejar
untung cepat banget, terus kalau lu
rungkat juga ya jadiin pelajaran gitu.
Karena biasanya memang orang tuh sukses
ya setelah bertahun-tahun trading, bukan
cuma di tahun pertama doang. Terus udah
gitu kaya terus ya udah ee selamanya
bakal kaya gitu kan. Enggak begitu gitu.
Kadang-kadang malah udah kaya pun malah
rungkatnya setelah kaya itu kan. Jadi
kayak berhati-hati aja kalau misalnya lu
udah bisa even lu bisa flipping gitu
dari 100.000 jadi 1 M gitu ya, itu malah
lu harus hati-hati. Karena secara
statistik kalau lu udah di atas the only
way is down, right? Kalau lu di bawah ya
the only way is up gitu. Jadi
statistically lu harus jaga loss
tersebut gitu kalau lu udah menang
banyak gitu. Jadi hati-hati jadi sabar
aja pasar lagi panik dan merah darah ya
kadang-kadang waktunya beli gitu kan.
Nah ketika pasar lagi euforia lagi greit
gitu ya jangan beli gitu. itu hal simpel
yang bisa lu lakuin ya kalau lu adalah
pemula. Dan ketiga yang paling krusial
adalah ya kelola psikologi dan edukasi
diri lu sendiri gitu. Jadi pahami
konsep-konsep yang tadi ya risk
management segala macam. Terus kenali
tanda-tanda kecanduan, kenali
tanda-tanda anxiety gitu ya. Itu kayak
akan ngebantu lu untuk oh ini kayaknya
bukan trading style gua. Gua juga kadang
kalau udah bangun tidur terus ngelihatin
coins gitu ya itu kayak gua kadang
refleksi diri ini normal enggak sih gua
kayak begini gitu. Harusnya kan gua udah
enggak ngelihatin ya kan. Kalau udah
punya trading plan gitu, kenapa harus
dilihatin terus ya kan? Terus ya jangan
lupa do your own research [musik] gitu.
Jangan pernah bikin keputusan finansial
karena ikut-ikutan doang. J lu harus
tahu apa yang lu beli gitu. Masa lu beli
laptop, lu beli iPhone gitu ya, lu riset
sampai berminggu-minggu gitu. Ini lu
beli meme coins lu enggak riset dulu
gitu isinya apa, siapa yang bikin gitu
kan. Sesimpel itu aja gua yakin banyak
yang enggak melakukan ya kan. Jadi
jangan lupa untuk melakukan anggap beli
token, beli saham, beli apapun itu
seperti beli laptop gitu yang lu
lihatin, lu banding-bandingin yang mana
yang paling bagus. Asus, Lenovold,
MacBook gitu kan. Jadi kayak harus
seperti itu kalau investasi. Ya mungkin
itu sekian dari gua. Buat lu yang mau
bahasan lebih detail soal judi gitu ya.
Karena dulu kita sempat bahas soal judi,
lebih cek video kita yang ini. Dan buat
lu yang mau paham lebih jauh kenapa
cowok-cowok itu masuk ke crypto banyak
banget gitu ya yang FOMO, lu bisa cek
video kita yang ini. That's all for
today. Gue F 1%. Well, thanks
[musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:57:00 UTC
Categories
Manage