File TXT tidak ditemukan.
File TXT tidak ditemukan.
Transcript
jjNhM_NzN-s • Kita Semua Salah Paham Soal Trauma | Membedah Luka Masa Lalu
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0778_jjNhM_NzN-s.txt
Kind: captions
Language: id
Pernah gak sih lu punya teman atau
mungkin pasangan yang setiap kali dia
bikin salah, misalnya ngomong kasar,
misalnya ngilang tiba-tiba ngegosting,
atau tiba-tiba cancel sesuatu ngelanggar
janji, alasannya selalu mentok di satu
kalimat. Sorry ya, gua emang begini
orangnya karena gua dulu trauma. Di satu
sisi otak lu langsung bilang, "Wah, gua
harus ngertiin dia nih. Dia nih orang
yang punya gangguan mental dan punya
trauma luka batin yang berat." Beberapa
orang akan merespon seperti itu. Kita
pengin jadi orang yang supportif, yang
penuh empati. Tapi di sisi lain kadang
hati kecil kita tuh mungkin teriak gitu,
anjir nih kok orang banyak excuse ya
gitu sampai selingkuh, sampai segala
macam. Kok gua malah jadi dimanfaatin ya
nih mama nih orang? Jadi di mana sih
batasannya kapan sebuah alasan itu
menjadi valid seperti misalnya alasan
trauma dan kapan dia berubah menjadi
sebuah pembenaran, sebuah justifikasi
atas perilaku yang buruk atau toksik.
Gimana kalau gua bilang kalau ternyata
kartu trauma di zaman sekarang itu
digunakan oleh beberapa orang sebagai
alasan, sebagai tameng untuk lari dari
tanggung jawab. Welcome to kelas
kehidupan by 1%. Kita bakal deep dive
soal trauma.
Oke, Guys. Sebelum lanjut, gua mau
ngasih tahu info buat lu yang lagi
ngerasa bingung, ngerasa stuck sama
hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal
karir, pendidikan, hubungan, keluarga,
pernikahan, atau hal-hal personal
lainnya, sekarang 1% tuh nyediain
psikotes premium. Di dalam Psikotes
Premium ada berbagai pilihan tes yang
dirancang buat ngebantu lo lebih paham
siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo
bisa ngambil keputusan hidup lu dengan
lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin
berbagai jenis tes psikologi
profesional. Jadi setiap lu beli lu
bakal dapat beberapa psikotes disatuin
reportnya jadi puluhan halaman untuk
hasil yang akurat dan personal. Lu bisa
baca puluhan halaman ini. Dan yang
paling keren, kalau lu enggak ngerti
atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat
insight lanjutan lewat konsultasi bareng
expert dari 1% langsung berdasarkan
hasil tes lu. Langsung aja kunjungi
1.bio/psicotespremium
buat info lebih lanjut.
Dalam psikologi trauma itu sebenarnya
bukan kejadiannya, bukan kecelakaannya,
bukan bentakannya gitu. Jadi bukan
kejadian saat lu dikhianati,
diselingkuhin, dan lain-lain. Trauma itu
adalah respons.
Jadi respons tubuh dan otak kita
terhadap kejadian yang melampaui
kapasitas kita untuk menanganinya. Nah,
trauma tuh jadi bisa dibilang sebagai
luka gitu loh ya. Jadi kejadiannya
terjadi, lu ketusuk terus lu luka. Nah,
sayangnya lukanya ini enggak sembuh
dalam waktu singkat. Luka ini tertinggal
dalam jangka panjang dalam sistem saraf
flu yang biasanya dibuktikan oleh reaksi
tubuh dan otak dalam jangka panjang. Gua
ulangi sekali lagi dalam jangka panjang.
Jadi kalau kita merasakan yang namanya
trauma, tubuh dan otak kita biasanya
akan merespon dengan banyak hal. Nah,
respon ini lu bisa lihat di berbagai
layar dari soal jantung ya, gampang
kaget, susah tidur, mimpi buruk, dan
lain-lain. Intinya ada banyak kategori
dan kriteria ketika lu mengalami yang
namanya trauma dalam tanda kutip.
Nah, trauma ini itu beda sama kejadian
traumatis ya. Jadi, kejadian traumatis
itu bisa terjadi sama semua orang. Lu
pasti akan mengalami kejadian traumatis
seenggaknya sekali dalam hidup lu. Ya,
misalnya ketika orang tua lu meninggal
gitu, itu kejadian traumatis. Jadi,
kejadian traumatis itu adalah
peristiwanya. Jadi, kejadiannya ini
adalah faktor eksternal. Trauma itu
lukanya, kejadiannya itu faktor
eksternalnya. Hal yang mungkin bikin lu
trauma. Contohnya momen saat lu dibentak
depan umum gitu ya, saat lu mengalami
kecelakaan, pas lu diselingkuhin,
dikhianatin gitu ya. Itu adalah kejadian
traumatis. Nah, sementara trauma itu
adalah lukanya yang tertinggal dalam
diri lu dalam jangka panjang. Jadi,
trauma gua ulangi sekali lagi adalah
respon sistem saraf lu, cara otak lu,
tubuh lu yang akhirnya berubah karena
dirigger oleh peristiwa tersebut. Jadi,
ini yang terjadi dalam diri lu.
Menariknya, menariknya ya, Guys, enggak
semua kejadian traumatis itu bisa
menyebabkan trauma pada semua orang.
Misalnya ya, misalnya mungkin teman lu
ada yang orang tuanya meninggal, ya udah
hahi aja gitu, normal-normal aja gitu
kan. ya udah gitu, itu kejadian
traumatis tapi tidak bikin trauma gitu
kan. Contohnya di case gua sendiri
banyak yang gak tahu gitu ya. Gua tuh
dulu pas jadi ketua BEM di Fakultas
Psikologi ya, gua sama teman-teman BEM
gua yang puluhan orang itu sempat kena
tsunami di Anyer yang ee mungkin kalau
lu tahu ini tuh tsunami yang kena ke 17
juga ya. Ini tuh kejadian traumatis gitu
ya. Kena tsunami gitu, villa yang kita
sewa sampai pecah gitu ya. Terus banyak
orang yang meninggal gitu kan. Ada teman
gua yang sempat mau ke bawaah ombak. Ada
juga teman gua yang luka-luka e luka
berat sampai ya berdarah-darah lah gitu.
Tapi apakah gua trauma setelah itu? Ya
tidak gitu ya. Sampai sekarang gua masih
normal-normal aja. Ada sih beberapa
teman gua yang akhirnya nunjukin gejala
trauma bahkan setelah bertahun-tahun
yang masih kemimpian segala macam. Tapi
pertanyaannya apakah gua merasakan emosi
buruk juga gitu? Karena kan pas kita
balik kita ada yang nangis gitu ya. Gua
juga salah satunya. Terus juga pas gua
kena tsunami gua panik gitu ya. gimana
cara gua mimpin nih anak-anak biar bisa
selamat gitu. Untung enggak ada yang
meninggal gitu kan. Apakah gua merasakan
emosi-emosi buruk itu saat hari H dan
beberapa hari setelahnya? Ya iya gitu.
Tapi apakah itu trauma? Gua bisa bilang
kayaknya bukan sih. Karena ini jatuhnya
cuma emosi yang wajar aja ya. Siapa sih
yang enggak panik gitu pas kena tsunami?
Ya kan? Kenapa sih itu enggak bisa
dibilang trauma gitu ketika gua kena
tsunami terus gua nangis terus gua
normal sekarang gitu ya. Karena luka di
diri gua itu enggak sebegitunya. luka di
diri gue langsung sembuh dalam beberapa
hari gitu gak sampai beberapa bulan atau
beberapa tahun karena trauma itu
biasanya jangka panjang ya kan. Yang
terjadi pada gua adalah respons emosi
normal aja gitu. Contoh lainnya adalah
misal lu baru diputusin setelah pacaran
bertahun-tahun. Misal ada cewek ada
cowok ya si cewek contohnya misal
nangis-nangis mulu setelah mutusin
cowoknya tapi 2 minggu kemudian setelah
nangis udah normal lagi. Apakah ini
trauma? Ya bisa jadi bukan karena ya itu
respons emosi yang normal gitu. Kalau
putus ya wajarnya nangis gitu kan. Nah,
sementara si cowok yang diputusin
ternyata pas putus kelihatannya biasa
aja. Dia enggak nangis ya dan gak
kelihatan sedih juga. Tapi setelah
relationship terakhir dia diputusin, ini
bikin dia takut buat berhubungan lagi
sama orang lain. Nah, jadi ada lukanya
tuh kan. Si cowoknya juga masih sering
mimpi buruk, terus e sering banget
enggak bisa tidur setelah berbulan-bulan
dan mimpi buruknya tuh tentang kejadian
ketika diputusin. Apakah ini trauma?
Mungkin bisa jadi. Ini termasuk
ciri-ciri trauma. Gua gak bisa bilang
trauma karena gua gak bisa mendiagnosis
gitu kan. Tapi ini bisa dibilang salah
satu ciri-cirinya karena setelah
kejadian putus itu ternyata masih
menyisakan luka di tubuh dan di otak si
cowok dia sampai enggak bisa tidur, dia
mimpi buruk segala macam ya kan. Jadi
kalau kita simpulin kejadian traumatis
itu adalah pisau ya. Dan pisau ini bisa
tumpul bisa juga tajam. Ada orang yang
kena pisau tumpul langsung luka banget.
Ada juga orang yang harus pisaunya tajam
banget baru akhirnya merasakan yang
namanya luka jangka panjang. Nah, setiap
orang saat mengalami kejadian traumatis
pasti merasakan yang namanya emosi. Nah,
emosi ini adalah sakit yang dirasakan
saat itu juga saat kena tusuk si pisau
itu. Nah, kalau trauma, trauma itu
adalah luka yang enggak kunjung sembuh
setelah sekian lama. Jadi, lu bisa
bedain ya antara kejadian traumatis,
emosi, dan trauma. Jadi, hati-hati sama
gua enggak tahu ya influencer atau
apapun di luar sana yang dikit-dikit
ngomong gua trauma nih. Gitu kan atau ya
orang-orang siapapun itu ya. hati-hati
dengan itu karena itu miskonsepsi
sebenarnya.
Nah, kenapa trauma suka dijadiin alasan?
Nah, yang perlu digaris bawahi adalah
penting banget buat kita untuk paham
kenapa sih orang bisa punya luka dari
masa lalu. Tapi jangan lupa, luka masa
lalu ini tidak bisa menjustifikasi
perilaku buruk yang dilakuin ke orang
lain. Nah, di sinilah kita harus bedain
antara validasi dan juga justifikasi.
Validasi itu sehat. Ini adalah ketika lu
mengakui lu punya kecenderungan tertentu
karena pengalaman masa lalu. Jadi,
pengalaman masa lalu memang membentuk
perilaku lu saat ini. Contohnya ketika
kita paham kalau kejadian traumatis di
hubungan kita sebelumnya itu bikin kita
bisa jadi susah percaya sama orang. Nah,
ini adalah penjelasan, ini adalah
validasi yang memang mungkin benar gitu
ya. Basically ada masalah terus lu lihat
penyebabnya divalidasi gitu. It's ok
gitu kan. Tapi ada juga yang namanya
justifikasi. Nah, yang ini itu masalah
karena ini adalah saat orang pakai
trauma sebagai alasan final yang tidak
bisa diganggu gugat untuk melakukan
perilaku yang toksik biasanya yang
menyakiti orang lain. Contohnya, "Ya
wajar dong gua selingkuh gitu karena gua
pernah diselingkuhin dulu. Itu trauma
gua dulu segala macam gitu." Nah, ini
bukan jadi penjelasan lagi. Ini adalah
pembenaran. Ibaratnya punya luka di kaki
terus lu jalan pincang itu ya valid,
oke-oke aja. Tapi lu punya luka, bukan
lu izin untuk nendang orang gitu ya,
untuk lu ngusir orang dari tempat duduk
gitu kan. Enggak begitu gitu ya
konsepnya. Nah, yang jadi pertanyaan
adalah kenapa banyak orang di sekitar
kita yang ngejadiin trauma sebagai
alasan?
Nah, jawabannya kalau menurut gua itu
ada tiga hal. Pertama adalah inflasi
istilah psikologi. Jadi, sekarang
kata-kata kayak depresi, trauma,
trigger, toxic, NPD, itu udah jadi
bahasa sehari-hari gitu. Di satu sisi
ini ya mungkin bagus buat awareness,
tapi di sisi lain jadi makin banyak self
diagnose. Dan ini tuh sering bikin salah
paham juga. Bahkan banyak yang pakai
tapi kagak ngerti maksudnya tuh apa.
Coba kalau gua tanya definisi NPD ke lu
apa, lu mungkin enggak bakal tahu gitu
ya. Salah potong poni dibilang gua
trauma. Enggak suka lihat mantan gitu ya
jalan sama pacar baru misalnya. Wah gua
depresi. Terus ada orang lupa, genuinely
lupa dibilang gas lighting gitu. ada
orang speak up tentang suatu isu gitu ya
dibilang psikopat NPD gitu. Kenapa ini
terjadi? Ya karena ini penjelasan yang
mudah gitu dan validasi dari pakai kata
yang kedengarannya berat tanpa harus
ngerasain beban psikologis yang sebenar
ya tanpa harus ngerti juga. Nah, yang
kedua adalah sosm tuh sekarang memang
udah kebanyakan drama gitu ya. Algoritma
tuh sekarang makin mendorong kita ke
yang drama-drama. Kalau konten
datar-datar aja itu kagak akan masuk
algoritma. Tapi konten yang memancing
emosi biasanya memang bakal masuk FYP.
Apalagi memancing emosi kemarahan ya,
memancing emosi relatable gitu kan. Coba
aja lu perhatiin kalau ada orang posting
ngeluh tentang kerjaan gitu ya, protes
ke atasan, ng-spill gosip-gosip buruk di
kerjaan itu tuh rame guys. Ini konten
yang bakal masuk FYP. Pola ini yang
akhirnya bikin kita terbiasa sama drama
dengan kita sebagai korban. Jadi kita
udah terbiasa nih, "Oh, gua korban. Ada
banyak juga orang lain yang korban
juga." Ya kan? Kita jadi menormalisasi
bahwa kita adalah korban. Yang mana
sebenarnya enggak selalu kayak gitu
juga. Nah, yang ketiga adalah ya ini
balik lagi ke tanggung jawab. Sebenarnya
orang menjustifikasi trauma untuk
menghindari tanggung jawab. Ngaku salah,
minta maaf, berkomitmen untuk berubah.
Itu kata-kata yang sulit diucapkan di
Indonesia kayaknya yang penuh dengan ego
gitu. Dan dengan kita bilang ini tuh
salah trauma gua gitu. Ini adalah sebuah
jalan keluar yang sangat elegan gitu
buat ego kita gitu. Tanggung jawabnya.
Jadi pindah ke si trauma ini basically
mengalihkan tanggung jawab ke hal lain.
Nah, terus gimana sih solusinya? Well,
kalau ternyata ada teman kita atau orang
lain yang melakukan ini menjustifikasi
perilakunya karena trauma yang perlu
dilakukan simpel. Bikin boundaries atau
batasan jangan sampai kejebak sama
alasan-alasan yang bikin orang ini bisa
berperilaku buruk. Nah, kalau yang
melakukan justifikasi ini diri sendiri
ini buat lu yang nonton ini mungkin agak
berat tapi kuncinya adalah refleksi
secara jujur. Sadari kalau pengalaman
buruk di masa lalu itu tidak
mendefinisikan atau mengatur kita dan
perilaku kita sekarang. Dan kejadian di
masa lalu itu gak bikin lu jadi bebas
ngelakuin apapun. Kalau lu belum bisa
berdamai, mungkin sekarang waktunya buat
minta maaf ke diri sendiri dan berdamai
sama diri sendiri atas kesalahan yang
pernah lu lakuin dulu dan juga luka yang
sempat lu terima mungkin di masa lalu.
Trauma tuh memang bisa jadi validasi,
bisa jadi penjelasan yang make sense
gitu, tapi trauma bukan justifikasi
perilaku. Dan sadly memang sembuh dari
trauma itu proses yang mungkin panjang
dan mungkin berat juga. Dan ironisnya di
bagian terpenting dari penyembuhan itu
sebenarnya adalah pengambilan kembali
tanggung jawab. Tanggung jawab atas
hidup kita gitu. Atas perilaku kita di
masa kini. Bukan malah menyalahkan masa
lalu atau menyerahkannya pada ya
kejadian yang sudah pernah terjadi
sebelumnya. Oke, mungkin itu sedikit
penjelasan gua tentang trauma gua. I 1%.
Well, thanks
[Musik]