File TXT tidak ditemukan.
Transcript
BvIRo2o5vzo • Dunia Ini Keras Buat Orang Miskin dan Bodoh: FOKUS KERJA
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0772_BvIRo2o5vzo.txt
Kind: captions Language: id Jadi, ada satu nasihat brutal yang sering banget kita dengar di tongkrongan atau bahkan dari orang tua kita sendiri, yaitu adalah udah gak usah banyak gaya, mikirin yang aneh-aneh, mikirin filsafat, mikirin ekonomi, politik, lu itu masih miskin, fokus aja kerja untuk cari duit. Nasihat ini bahkan bukan hanya datang dari berbagai macam influencer keuangan, tapi juga dari influencer dan edukator yang belajar soal filsafat. Di mana banyak narasi yang bilang kalau jurusan filsafat tuh enggak penting dan percuma. Apalagi ketika enggak dikaitkan dengan ilmu-ilmu lain seperti misalnya jurusan STEM. Kalimat kayak gitu sebenarnya kedengarannya jahat. Seolah-olah orang miskin itu dilarang buat berpikir. Tapi pernah enggak sih kita berhenti sejenak dan bertanya, kenapa nasihat ini itu bisa muncul? Apakah jangan-jangan ada benarnya ya? Bahwa kita mendingan fokus kerja aja. Well, di video kemarin 1% sempat ngebahas soal argumen kontra terhadap statement tersebut. Nah, di video kali ini gua pengen nyoba untuk ngomong terkait argumen proya. Kenapa statement yang tadi bahwa ketika kita masih miskin dan bodoh ya memang gak usah berfilsafat. Gua bakal ngomongin soal argumen yang mendukung statement tersebut. Selamat datang di segmen Psychology of Finance yang sedikit digabungkan dengan segmen belajar filsafat. Hari ini kita bakal bedah kenapa lu lebih baik fokus kerja kalau lu masih miskin dan bodoh dan kenapa argumen tersebut dalam beberapa kasus itu works. Apalagi untuk bertahan hidup di Indonesia. Tonton video ini sampai habis dan jangan lupa like dan subscribe. Welcome to psychology of finance. Oke, Guys. Sebelum lanjut, gua mau ngasih tahu info buat lu yang lagi ngerasa bingung, ngerasa stuck sama hidup akhir ini. Entah itu soal karir, pendidikan, hubungan, keluarga, pernikahan, atau hal-hal personal lainnya, sekarang 1% tuh nyediain psikotes premium. Di dalam psikotes premium ada berbagai pilihan tes yang dirancang buat ngebantu lo lebih paham siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo bisa ngambil keputusan hidup lu dengan lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin berbagai jenis tes psikologi profesional. Jadi, setiap lu beli, lu bakal dapat beberapa psikotes disatuin reportnya jadi puluhan halaman untuk hasil yang akurat dan personal. Lu bisa baca puluhan halaman ini. Dan yang paling keren kalau lu enggak ngerti atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight lanjutan lewat konsultasi bareng expert dari 1% langsung berdasarkan hasil tes lu. Langsung aja kunjungi 1.bio/psicotespremium buat info lebih lanjut. Oke, biar gampang kita bakal bedah sebenarnya alasan utama kenapa lu harus fokus kerja daripada berfilsafat, berpolitik, berdiskusi, dan lain-lain. Oke, alasan pertama adalah kurikulum kehidupan itu sulit untuk dilompati. Jadi kalau lu menganggap kehidupan itu sebagai mungkin sesuatu yang mengalir gitu ya atau sebagai anak tangga gitu. Nah, kalau 1% menganggap kehidupan itu sebagai sebuah kurikulum gitu loh. Jadi kayak tangga atau bahkan piramida ya. Jadi di 1% kita tuh udah buat kurikulum kehidupan atau life skills kurikulum ini sejak tahun 2017. Dari berbagai macam riset yang sudah kita lakuin, kita akhirnya bikin kurikulum ini. Nah, contoh di kurikulum 1% kita diajarin bahwa ada fundamental yang harus dikuasai dulu sebelum lu naik kelas. Contoh, el harusnya belajar soal cash flow dulu. misal level 1 lalu mungkin punya karir atau bisnis yang oke itu di level 3 sebelum akhirnya pendapatan lu cukup untuk jadi investor yang pasif. Ini di level 4. Jadi sebelum lu mau ngasai level yang atas misal level 2 3 4 ada baiknya lu mau nguasai level 1 dulu. Karena kalau lu belum mau ngasai level 1 ke level 2 terus lu loncat ke level 3 level 4 biasanya nanti bakal gagal. Termasuk sama juga dengan konteks lain. Lu misal belajar soal etics dan manner di level 1 sebelum lu bisa punya teman dan pasangan yang baik yang enggak toxic. Jadi, lu harus sopan dulu kalau lu pengin punya teman dan pasangan yang enggak toxic. Bahkan ini juga harus dilakuin sebelum lu bisa mendidik anak dengan baik di level 4. Ya, gimana lu bisa punya anak kalau lu enggak punya istri? Gimana lu bisa punya istri atau suami kalau lu kelakuannya buruk? Make sense kan? Logikanya sederhana gitu. Lu enggak akan bisa fokus belajar tentang makna persahabatan kalau otak lu pusing mikirin cara bayar kontrakan besok. Lu enggak bakalan fokus ngebahas soal politik kalau lu enggak punya duit. lu enggak bakalan fokus berfilsafat ngomongin eksistensi hidup kalau lu enggak bisa makan hari ini. Jadi, fondasi ini itu ibarat syarat kelulusan gitu ya, yang mana lu harus penuhi dulu. Nah, di sini argumennya sangat mendukung statement di mana ya lu kalau belum survive ya enggak usah banyak berfilsafat gitu kan. Lu kalau belum pintar-pintar banget ya belajar dulu. Jadi semua pelajaran dan aspek-aspek lain dalam hidup biasanya akan terasa seperti distraksi buat orang yang belum survive. Jadi kurikulum untuk survive kayak di level 1 lalu dilanjut ke safety supaya lu punya safety net di level 2. Ini kayaknya wajib sih buat orang-orang Indonesia karena banyak orang Indonesia yang tidak lulus di level 1 dan 2 ini banyak bolong-bolongnya dan kalau lu mau nyoba ng-eskip ya akan sulit untuk mencapai level selanjutnya. Bahkan orang kaya sekalipun banyak yang bolong-bolong. Mungkin lu ingat kasus Mario Dandi ya, anak dari terdakwa koruptor yang bernama Rafael Alun. Hidup beliau Rafael Alun dan Mario Dandi sebenarnya udah enak banget gitu. banyak duit gitu ya, korupsi enak gitu kan anaknya sampai dikasih Rubicon gitu. Tapi karena si Rafael Alun ini kayaknya skip ngajarin heti stand manner ke anaknya di level 1 bolong ya kan skip ngajarin safety juga mungkin ke istrinya biar enggak flexing gitu ya segala macam jadinya ada bolong lagi gitu ya ketika dia skip akhirnya apa Bapak Rafael Alun ini kebawa-bawa di kasus Mario Dandi sampai keseret ke penjara ya kan jadi di sini make sense enggak sih nah anyway buat yang penasaran sama kurikulum 1% lu bisa cek artikel di blog kita termasuk ada juga si kotes gratis soal life skills curriculum lu bisa googling aja entar tapi beresin dulu videoonya Ini ya saran gua. Terus alasan yang kedua kenapa statement fokus kerja itu benar adalah karena energi kita atau baterai kita itu terbatas. Anggap energi lu sehar itu ada 100%. Sama kayak baterai smartphone yang lu pegang sekarang. Buat orang yang berjuang secara finansial ketika lu kerja mungkin 80 sampai 90% energi di baterai lu itu habis ya buat kerja, buat perjalanan PP gitu ya dari kantor ke rumah. Terus lu mungkin stres ya mikirin utang, tagihan, biaya hidup. Belum lagi ada masalah eksternal gitu yang enggak bisa lu kontrol kayak pertemanan, orang tua, atasan sampai dengan pasangan yang mungkin ada yang toxic ya, ada yang bermasalah sama lu dan lain-lain. Nah, kalau 90% energi lu udah kepakai untuk cari duit, terus sisa baterai lu tinggal 10%, ya energi segitu mana bisa sih dipakai buat berfilsafat gitu. Kalau lu energinya memang enggak banyak, ya kan? Apalagi habis dimarah-marahin atasan di kantor, apalagi habis ada masalah sama teman ya mungkin udah minus duluan gitu baterainya. Kalaupun lu mau berfilsafat, misal lu ngobrol sama AI buat proses buku-buku berat, itu ibaratkan ya lu maksa gitu loh, buka aplikasi yang butuh baterai gede gitu loh. Dan kalau dipaksa ya bakal nge-hang lah. Jadi enggak heran ya banyak yang secara finansial akhirnya terjebak dalam siklus di mana lu jadinya enggak ngapa-ngapain karena kebanyakan berfilsafat, ya kan? Lu kerja tapi kerjanya begitu-begitu aja, gaji kan naik-naik, skill juga enggak naik-naik, terus lu terdistraksi, lu kehilangan fokus. Akhirnya apa? Akhirnya lama-lama kualitas hidup lu makin buruk, lu juga enggak ngasih dampak ke sesama, gitu. Jadi kayak ngapain berfilsafat, ya kan? Nah, alasan yang ketiga adalah ya ini yang paling simpel dari semua alasan yang tadi adalah filsafat enggak bisa dipakai buat bayar cicilan dan biaya hidup. Ini bagian yang paling brutal tapi paling jujur juga gitu. Di dunia nyata masalah konkrit ya butuh solusi konkrit juga. Kayak misalnya lu punya anak, anak lu butuh susu, jawabannya ya duit. buat tempat tinggal lu harus bayar sewa kosan ya jawabannya duit lagi. Motor lu mogok tiba-tiba ya jawabannya butuh duit lagi. Kita hidup di sistem ekonomi yang berlandaskan kapitalisme. Di mana duit, uang atau kapital adalah hal utama buat survive sekaligus juga untuk drive atau untuk berkembang di dalam hidup. Fokus kerja lembur atau cari side hassle itu ya langsung kerasa jadi pendapatan lebih. Sementara kalau lu berfilsafat, lu baca buku ya mungkin lu jadi lebih pintar memberikan pencerahan. Tapi pencerahan itu enggak diterima kalau lu mau beli air atau makanan di Indomaret gitu loh. Ke warung aja enggak diterima gitu. Lu mau ypping apa buat dapat makanan gitu kan. Nah, hal yang menarik adalah filsafat yang tersebar di masalah tua sekarang justru adalah filsafat yang berfokus pada ketenangan mental sementara aja. Nah, contoh yang paling relate buat kita semua adalah filosofi stoik. Ya kan? Ini udah pernah gua bahas kenapa philosofi stoicism buat banyak orang mungkin adalah filosofi yang cukup poser gitu. Jadi kayak bukan kayak ini tuh bukan berfilsafat gitu. Lu tuh cuma candu coping stress doang gitu loh. Ya kan? Jadi banyak yang pelajari sih stoicism ini dan banyak yang bilang juga filsafat stoik itu adalah jawaban gitu untuk semua masalah dalam hidup. Which is true ya kan? Benar. Katanya ini filsafat yang bisa membantu kita buat menghadapi kesulitan. Alasannya sederhana karena stoicism ngajarin kita buat fokus. fokus aja sama hal yang bisa kita kontrol, ya kan? Sikap kita, usaha kita, reaksi kita, dan menerima apa yang enggak bisa kita kontrol. Jadi kalau bos lu marah-marah ya udahlah bodo amat gitu kan. Ekonomi negara lagi enggak jelas gitu, banyak demonstrasi. Terus kemarin ada orang yang mungkin meninggal gitu, korban demo. Ya bodo amat aja bisa aja seperti itu kan sebenarnya. E dianggap stoicism itu mengajarkan ya coping mechanism yang ya udah cuma jadi candu kita untuk kita merasa tenang gitu. Padahal sebenarnya keadaan di luar sana ternyata wah tidak adil dan harusnya diubah, tapi kita menerima aja keadaannya karena kita ya stoik gitu ya kan banyak yang menganggap seperti itulah meskipun enggak semua. Of course ibaratnya ya perahu kita bocor karena ada yang sengaja ngelubangin perahu kita. Nah, stoicism itu ngajarin kita cara nambah lubang dengan sangat efisien biar enggak tenggelam. Tapi kalau kita cuma sibuk menambal bolong-bolongnya, kita jadi lupa bertanya kadang-kadang siapa sih yang ngelubangin perahu kita gitu. Dan kita kadang lupa untuk melawan orang itu. Terlalu banyak menerima bisa membuat kita pasif terhadap penindasan yang terjadi. Nah, ini adalah jebakan stoicism. Again, ini enggak semua orang seperti ini, tapi ya ada beberapa yang seperti ini ya. Ini adalah skill penting dan sangat relate dengan mental health, tapi ya jangan sampai kejebak aja sama candu obat penenang tersebut. Nah, tapi kalau lu udah melihat filsafat bukan sebagai candu, nah di sinilah filsafat bisa jadi penting. Nah, lu bisa menggunakan filsafat sebetulnya bukan hanya sebagai obat tenang, tapi sebagai alat untuk menganalisis dunia. Nah, di sinilah filsafat jenis lain masuk. Di sini filsafat bukan hanya sebagai coping mechanism, bukan hanya bertanya gimana ya gua bisa survive gitu, gimana gua bisa tenang, tapi filsafat jenis seperti ini bertanya, "Kenapa sih sistem ini bikin saya susah survive-nya?" nya kenapa sih ee hal yang terjadi di dunia seperti ini? Apa yang harus saya lakuin? Nah, filsafat-filsafat seperti ini itu yang melahirkan kesadaran lebih. Nah, ini yang bisa jadi bagus nih buat tambahan ilmu ya kan? Jadi bukan cuma sebagai koping meskipun koping juga enggak salah. Nah, kita bisa ngelihat hal ini tuh tercermin di ya mungkin beberapa orang ya di aksi demonstrasi kemarin gitu yang sempat viral banget. Kalau kita lihat ya akhirnya jadi banyak orang yang lebih kritis gitu ya. Kayak kenapa sih gaji DPR gede banget gitu kan. Kenapa UMR gue kok enggak bisa bayar biaya hidup? Apakah keadaan seperti ini tuh adil gitu ya. Gimana sih cara buat mengubah kondisi ini? Apakah tuntutan gua udah benar apa belum gitu kan. Jadi banyak banget orang yang akhirnya jadi lebih kritis gitu kan dalam melihat hoa gitu. Ini ibu-ibu pink tuh hoa atau enggak sih gitu kan. Ini misalnya tuntutan kalau pakai warna-warna kayak gini tuh bagus enggak sih gitu. Nah ini kan sebenarnya pertanyaan filsafat gitu ya yang bisa merefleksi diri sendiri, bisa merefleksi gerakannya, bisa merefleksi keadaan Indonesia gitu kan. Nah filsafat kayak gini ini berguna supaya kita bisa merenung. Tapi bukan cuma untuk merenung atau mendengarkan video-video edukasi kayak gini gitu kan. Bahkan ini bisa ngedorong kita untuk lebih aware bahkan untuk gerak gitu dalam konteks kondisi dunia. Bahkan filsafat kayak gini juga berguna di konteks-konteks lain kayak misalnya investasi. Nah, kalau misalnya lu suka investasi lu mungkin tahu gitu ya e tentang artikel ini. Jadi ada artikel legendaris yang menggunakan filsafat juga sebagai salah satu alat buat menjelaskan sebenarnya gimana kita harus investasi. Namanya adalah the allegory of the Hawk and Serpent. Jadi artikelnya itu bagus banget menurut gua karena bisa membedah kegiatan finansial kayak investasi tapi pakai pisau filsafat yang bisa relate dengan masyarakat luas dan memang materinya juga oke juga. Apalagi di kondisi sekarang di mana kita sedang menghadapi krisis ya. Ya mungkin sekarang kita sudah ada di resesi atau kita mau menghadapi resesi. Makanya dari kemarin kan emas naik. Kita juga sudah bahas di dua video sebelumnya kenapa emas naik. Jadi filsafat itu sebenarnya bisa dipakai juga buat hal-hal yang mungkin lu enggak expect gitu ya. Contoh investasi. Siapa sih yang bakal expect kalau ilmu kayak gini, Serpent and the Hawk yang sering ada di ya bahasan agama atau filsafat itu bisa dipakai juga ternyata buat finance ternyata bisa juga. Jadi lu harus membuka diri sih bahwa filsafat ini sebenarnya memang penting juga ya dalam beberapa konteks. So, pertanyaannya adalah kita balik lagi nih ke awal. Apakah orang yang masih miskin atau bodoh tidak perlu berfilsafat? Ya jawabannya adalah mungkin iya sih kalau misalnya masih susah untuk survive apalagi bare minimum aja lu enggak dapat di era kapitalisme kayak sekarang. Kalau gaji lu dibawa UMR, kalau misalnya lu hidupnya masih kualitas hidupnya kurang, lu kayak ketika berfilsafat atau baca buku malah terasa kayak distraksi, ya mungkin sebaiknya lu fokus kerja dulu sih. Meskipun apalagi kalau yang dimaksud berfilsafat menurut lu adalah melamun pasrah tanpa tindakan. Jadi nasihat untuk fokus kerja itu bisa jadi ada benarnya karena ini adalah pengingat akan prioritas untuk membangun fondasi. Jadi ya kalau bisa fokuslah di level 1 dulu atau level 2 dulu lah tanpa banyak bolong-bolongnya. Karena tadi kan orang kaya aja bisa jatuh kalau misalnya bolong-bolong. Pasang fondasi ya di finansial, relationship, etics, dan manners, dan lain-lain. Niscaya nanti lu bakal bisa belajar filsafat dengan lebih baik. Filsafat praktis kayak stoik juga enggak salah ya buat dipelajari karena ini bisa jadi ya coping mechanism supaya lu enggak stres. Tapi pada akhirnya filsafat-filsafat lain juga berguna. filsafat eksistensialisme, filsafat ekonomi, filsafat politik, bahkan ilmu filsafat murni itu sendiri itu adalah pisau analisis yang bisa ngebuat kita bertanya hal-hal lain yang sebenarnya lebih penting. Pada akhirnya tujuannya tuh bukan untuk berhenti berpikir, tapi justru memastikan pikiran kita tuh benar prioritasnya. Yang mana nih yang harus diprioritasin? Nah, itu tergantung diri lu sendiri. Karena gua enggak bisa ngatur sih. Apalagi gua ngatur-ngatur yang miskin enggak boleh mikir gitu. Yaitu namanya gua elitis. So, menurut lu gimana? Apakah filsafat itu gak cocok buat orang yang masih miskin atau masih bodoh atau justru filsafat tuh bisa memperkuat perjalanan mereka gitu menuju kekayaan, kebaikan, atau bahkan pergerakan. Taruh pendapat lo di comment section dan as always gua 1%. Well, thanks [Musik]