Transcript
-naBkyToU3g • The Psychology Behind Successful LAZY and DILIGENT People
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0771_-naBkyToU3g.txt
Kind: captions Language: id Kenapa ya di dunia ini ada orang yang rajin dan ada orang yang malas? Sadar enggak sadar, selama ini itu kita sering banget ya ngasih label ke orang lain. Ada orang yang semangat banget dan niat gitu kalau kerja. Itu disebut sebagai si paling rajin atau ambis. Ada juga orang yang kagak terlalu ngikutin standar sosial. Misalnya orang itu tuh kagak gawe kantoran atau 9 to5 disebut sebagai pemalas. Gimana kalau gue bilang rasa malas atau rajin yang lo rasain itu tuh sebagian besar udah tertulis di otak dan DNA lu sejak lahir. Dan ibaratnya Tuhan tuh memang sudah menciptakan lu seperti itu gitu. Hari ini kita bakal bongkar ya sains di balik kenapa ada orang yang rajin dan malas. Dan gue jamin setelah ini lo akan berhenti menyalahkan diri lo sendiri. Welcome to kelas kehidupan by 1%. Enjoy. Oke, guys. Sebelum lanjut, gua mau ngasih tahu info buat lu yang lagi ngerasa bingung, ngerasa stuck sama hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal karir, pendidikan, hubungan, keluarga, pernikahan, atau hal-hal personal lainnya, sekarang 1% tuh nyediain psikotes premium. Di dalam Psikotes Premium ada berbagai pilihan tes yang dirancang buat ngebantu lo lebih paham siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo bisa ngambil keputusan hidup lu dengan lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin berbagai jenis tes psikologi profesional. Jadi, setiap lu beli, lu bakal dapat beberapa psikotes disatuin reportnya jadi puluhan halaman untuk hasil yang akurat dan personal. Lu bisa baca puluhan halaman ini. Dan yang paling keren kalau lu enggak ngerti atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight lanjutan lewat konsultasi bareng expert dari 1% langsung berdasarkan hasil tes lu. Langsung aja kunjungi 1.bio/psicotespremium buat info lebih lanjut. Pertama kita coba samain definisi dulu ya. Dalam psikologi, kepribadian manusia itu sebenarnya kompleks banget. Dan buat metainnya, para psikolog itu udah nyiptain semacam model yang paling diakui dan divalidasi secara ilmiah untuk saat ini. Namanya adalah The Big Five Personality Traits atau sering juga disebut sebagai Ocean. Ocean ini adalah singkatan dari lima dimensi atau aspek utama dari kepribadian kita ya. Dan ini di layar udah ditunjukin deskripsi singkatnya. Lu bisa coba pause dulu ya videonya buat baca deskripsi singkat dari Ocean. Basically, setiap orang itu punya kelima sifat ini tapi dengan kadar atau level dan tingkatan yang beda-beda. Dan kombinasi inilah yang akhirnya ngebentuk pribadian unik kita. Dan hari ini kita bakal coba fokus ngebahas satu dimensi atau aspek yang paling bertanggung jawab atas fenomena rajin dan malas, yaitu huruf Consentusness. Secara mendasar, consciousness adalah sifat kepribadian yang ngegambarin kecenderungan seseorang buat jadi teratur, bertanggung jawab, bisa diandalkan, dan juga berorientasi pada tujuan. Consintiousness ini sebenarnya nentuinya apakah lo itu akan jadi orang yang rajin atau kagak rajin. Dan skornya itu ngasih lihat ke kita apakah diri lo itu disiplin, terarah dalam hidup atau enggak. Dan sifat ini juga terdiri dari beberapa dimensi ya atau aspek detailnya yang berbeda-beda. Misalnya ada disiplin diri atau kemampuan ya buat tetap fokus dan menolak distraksi bahkan saat tugasnya tuh lagi boring banget gitu buat lu kerjain. Yang kedua itu adalah keteraturan, suka dengan hal-hal yang terstruktur, rapi, dan juga jadwal yang jelas. Yang ketiga adalah rasa kewajiban atau dutifulness. Punya rasa tanggung jawab moral yang kuat atau selalu serius nepatin janji. Yang keempat adalah dorongan berprestasi, punya ambisi tinggi, dan keinginan kuat untuk mencapai target-target yang menantang. Ya. Dan yang kelima, yang terakhir adalah kehati-hatian atau deliberation. Kecenderungan kita buat berpikir matang sebelum bertindak dan mempertimbangkan konsekuensinya. Orang dengan consentiousness yang tinggi adalah mereka yang kita sebut sebagai rajin. Mereka itu orang-orang yang cenderung terorganisir, disiplin, punya orientasi tujuan yang jelas, dan juga bisa diandalkan. Mereka itu suka banget ya buat bikin rencana dan ngejalanin rencananya itu dengan sangat detail. Di sisi lain, orang dengan skor consentiousness rendah adalah mereka yang sering dicap pemalas. Perilaku mereka itu cenderung lebih spontan, lebih impulsif, kagak suka sesuatu yang teratur atau kaku. Yang mengakibatkan mereka itu sebenarnya lebih rentan ya buat nunda-nunda pekerjaan. Poin penting yang harus kita bawahi ya dari penjelasan conscientiousness ini adalah conscientiousness tinggi itu tuh kagak selalu baik atau sukses dan consentiousness rendah itu tuh kagak selalu buruk atau gagal. Kenapa? Karena ya sebenarnya konsentrisness tinggi atau rendah itu tuh lebih ke masalah approach terhadap hidup aja sih. Orang yang rajin menggunakan strategi perencanaan untuk mengoptimalkan hasil dan ngurangi resiko ya. Sementara orang yang lebih santai menggunakan strategi adaptasi mereka lebih siap merespon perubahan atau situasi yang kagak terduga karena ya mereka itu kagak terlalu terikat ya sama rencana awal. Keduanya punya kelebihan dan punya kekurangannya masing-masing. Nah, yang jadi pertanyaannya adalah apa aja faktor-faktor yang akhirnya tuh bikin kita punya konsentrisness tinggi atau rendah? Nah, ini kita bakal bahas di section berikutnya ya. Berdasarkan beberapa sumber dan riset yang udah gue baca sebelumnya, setidaknya ada tiga faktor utama yang nentuin apakah kita bakal punya conscientisness yang tinggi atau rendah. Yang pertama adalah struktur otak. Ada satu bagian yang krusial untuk perencanaan, fokus, dan kontrol diri ya di otak kita. Namanya adalah prefrontal cortex. Ada satu penelitian yang nunjukin kalau orang yang volume atau ketebalan otak bagian prefrontal kortteeksnya ini lebih tinggi dibandingkan orang kebanyakan, itu tuh cenderung punya conscientusness yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang pada umumnya. Yang kedua, terlalu overthinking sama effort dibandingkan hasil. Maksudnya gini, misalnya lu mau mencapai sesuatu dalam hidup, seringkiali kita tuh terlalu fokus ya atau overthinking sama betapa susahnya proses mencapai tujuan itu. Sampai lupa reward yang bakal kita dapetin yang bikin kita pengin ngcapai itu in the first place. Contohnya nih, buat lo yang sekarang badannya tuh belum terlalu proporsional atau perut lo buncit gitu ya, lu akhirnya kagak mulai-mulai buat olahraga sama dia karena ya lo terlalu overthink ribetnya gym, lari pagi atau ya ngatur pola makan since itu kudu mil dan seterusnya. lo lupa sama reward yang bakal lo dapetin. Badan lebih ideal, perut kagak buncit, lebih sehat, lebih fresh, kagak gampang capek, dan seterusnya. Itu faktor yang kedua. Yang ketiga adalah faktor genetika. Dibanding kedua faktor yang sudah kita bahas sebelumnya, sebenarnya genetika atau gen adalah data yang paling kuat. Gue mau cerita tentang penelitian sekelompok ilmuwan yang ngumpulin data dari ribuan pasang anak kembar di dunia. Kembar identik yang berbagi 100% gen yang sama dan juga kembar yang hanya berbagi 50% gen sama seperti kayak kakak adik biasa gitu. Studi ini menunjukkan kalau sekitar 41 sampai 44% perbedaan sifat consigness kita itu tuh berkaitan sama faktor genetik kita. Artinya hampir setengah dari kecenderungan alami kita buat jadi rajin atau malas itu tuh diwariskan secara biologis oleh orang tua kita. Sisanya yang ngaruh adalah pengalaman unik atau yang berbeda yang dialami setiap individu. Misalnya nih, kalau ada orang tua yang pilih kasih misalnya yang satu itu lembut, yang satu kasar, itu tuh bakal berpengaruh juga ke kepribadiannya. Bahkan kemarin sempat ramai ya, ada isu penjarahan rumah salah satu anggota DPR yang ditemukan kalau ternyata di rumah itu tuh sama sekali kagak ada buku, cuy. Secara enggak langsung mungkin ini juga ngaruh ya ke level conscientisness-nya. Meskipun rajin, bisa jadi ya pengetahuannya enggak seluas orang yang suka baca buku. Sampai di sini mungkin lo bertanya-tanya gitu. Jadi kalau emang struktur otak gue begini, mindset gue begitu, dan gen gue itu udah dari sananya begitu, terus gue bisa apa? pasrah aja gitu, takdir, jadi pemalas. Anggap aja tes conscientusness lo itu kecil. Terus berarti lo itu divonis ya, jadi malas seumur hidup dan enggak bakal sukses. Nah, kalau lo berpikir seperti itu, lo salah besar. Justru dengan tahu gimana personality lo sekarang, lo jadi bisa tahu bidang yang tepat buat lo. Baik dalam karir maupun kehidupan. Misalnya nih di aspek karir, orang dengan konsentin business rendah seringkiali itu punya keunggulan unik. Mereka itu kagak terjebak sama planning yang berlebihan. Mereka itu lebih adaptif ya di lingkungan yang kacau dalam tanda kutip atau penuh perubahan yang justru orang super terencana itu tuh bakal stres. Mereka itu bisa langsung bergerak cepat ya untuk memanfaatkan peluang yang muncul di depan mata. Artinya apa? Lu mungkin enggak akan cocok di kerjaan yang butuh perencanaan detail jangka panjang, ketelitian ekstrem, dan juga rutinitas yang menonton kayak jadi akuntan, editor, atau mungkin peneliti. Ya, lu bakal tersiksa sih kalau ngerjain yang kayak gitu. Tapi lo itu bakal jadi luar biasa hebat di profesi yang dinamis, butuh improvisasi atau misalnya banyak hal yang enggak terduga. Misalnya lo kerja jadi sales yang haruset ya atau kerja jadi event organizer ya yang harus siap sama perubahan mendadak atau misalnya kayak seniman atau ya basically pekerjaan apapun sih yang berkaitan sama industri kreatif yang menuntut kemampuan beradaptasi dengan cepat. Nah, di situlah spontanitas lo jadi kekuatan. Nah, terus kalau di aspek kehidupan sosial, orang dengan C yang rendah itu tuh seringki dianggap lebih easy going, lebih santai, dan juga kagak kaku. Mereka tuh kagak terlalu musingin jadwal yang detail, ya. Jadi lebih gampang diajak kumpul atau nongkrong dadakan. Hasilnya orang yang kayak gini itu tuh seringkiali punya network yang lebih luas dan beragam. Gua yakin lo pasti punya teman yang kelihatannya tuh paling santai atau malas ya, tapi koneksinya itu ada di mana-mana. Dan gak jarang orang-orang pemalas ini sering dapat project atau pekerjaan yang bagus ya dari obrolan santai di Warkop atau coffee shop. Dan ini adalah sebuah skill yang seringkiali dimiliki secara alami oleh mereka yang kagak terlalu terikat dengan jadwal dan agenda yang kaku. Dan gua punya teman ya, sebut saja si A. Dia itu basically sekarang kondisinya nganggur. E mungkin juga rajin, tidak terlalu rajin. Tapi yang akhirnya dia rajin itu adalah nongkrong, hang out sama orang-orang, dan basically ngobrol-ngobrol santai aja gitu. Nah, dari situ ya meskipun dia nganggur, dia selalu aja ada project, selalu aja ada kerjaan dan bisa dapat income terus gitu. Nah, buat lo yang mungkin masih kagak terlalu kebayang gimana level C lo sekarang di 1% itu kebetulan ada si kotes kepribadian ya yang bisa lo coba. Potes ini seharga kopi Rp60.000 tapi hasilnya itu lengkap banget. Tes ini bukan cuma sekedar tes buat ngasih label lo itu rajin atau malas ya. Tes ini itu bakal ngasih lo semacam analisis kepribadian. Gua bakal lihat dengan jelas skor-skor spesifik dari sifat conscientiousness lo. Bahkan di sini juga tesnya ocean ya, full. Seberapa tinggi level disiplin lo? Seberapa parah tingkat keteraturan l, sampai setinggi apa dorongan berprestasi yang lo punya. Jadi hasilnya tuh bisa spesifik banget dan loin insight yang kayak anjir, pantesan gua itu banyak mimpi tapi eksekusinya berantakan. Karena ya ternyata skor keteraturannya tuh jengkok banget. Lo bukan cuma bakal dapetin info soal level conscientusness L, tapi juga ocean lengkap, test IQ sampai ke attachment style yang mana di sini total ada belasan tes ya yang bakal lu dapat hasilnya dan ini bisa lu manfaatin buat sales development lu dan lu analisis juga sebenarnya tuh kepribadian lo sekarang tuh kayak gimana. Buat lo yang tertarik langsung aja ya ke website saten.net atau klik link yang ada di description box atau pin komen ya udah gue taruh di sana link pendaftarannya. At the end of the day lo itu sebenarnya bukan orang yang malas. Lo juga bukan orang aneh yang terlalu rajin. Lo itu cuma manusia biasa ya dengan segudang hal unik dari kombinasi otak lo, zat kimia di otak lo, dan warisan gen yang kompleks. Yang penting sekarang adalah loin keunikan itu biar lu jadi sukses. Lu kagak harus jadi orang yang selalu bangun pagi tiap hari. Timoty Ronald aja bisa ya bangun siang dan kagak nge-gym dan bisa kaya. Raditia juga bisa ya introvert tapi sukses. Atau ya Ade Rai juga bisa nge-gym tapi tetap pintar dan sukses juga. Yang penting sekarang lu embrace setiap uninikan dalam diri lu. That's all for now. Jangan lupa bahagia, jangan lupa hidup seutuhnya. T [Musik]