Semua Bisa Punya Ide, tapi Cuma 5% yang Berhasil. Kenapa?
Rd6l_xGUj0Q • 2025-08-07
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Semua orang di dunia tuh bisa punya ide. Gua yakin lu juga udah punya banyak ide yang tahun kemarin pengen dilaksanain. Entah itu ide bisnis, bikin konten, nulis buku, project bareng teman, dan lain-lain. Ide ini mungkin bikin lu mikir kalau ini dijalanin pasti bakal keren banget. Tapi coba jujur deh sama diri lu sendiri. Dari semua ide itu, berapa sih yang beneran lu jalanin? Dan kalau ada yang lu jalanin, seberapa sukses sih ide itu setelah lu jalanin? Sekarang tuh gampang banget ya buat dapat inspirasi. Scroll dikit di TikTok atau YouTube. Ada aja ide baru. Ada influencer yang bilang, "Wah, ide ini bisa bikin bisnis lu jadi R juta, R juta." Atau ya lu tinggal brandsom sama AI juga ya. AI nanti bakal ngasih tahu, oh ide bisnis ini yang bisa bikin R juta per bulan. Masalahnya setelah lu scrolling dan segala macam, ide doang tuh enggak cukup kan. Faktanya hampir semua orang pernah punya ide besar, tapi cuma sebagian kecil yang benar-benar eksekusi. Dan dari sebagian kecil itu cuma sebagian kecil lagi yang eksekusi itu bisa sukses. Ya, kita bisa lihat statistiknya ya di dunia startup atau ya bisnis FnB deh 90% perusahaan tuh gagal di tahun pertama dan yang bisa bertahan sampai tahun kelima itu cuma ya berapa puluh persen dan syukur ya 1% sampai sekarang masih bisa bertahan ya. Karena so far kita sih masih konsisten untuk eksekusi dengan baik. Hopefully ya, semoga kita enggak hancur. Pertanyaannya, kenapa sih cuma segelintir orang yang berhasil? Apa yang bikin mereka tuh beda dari yang lain? Dan gimana caranya biar kita bisa jadi orang yang sukses mengeksekusi project dan ide kita? Nah, itu yang gua bakal bahas sekarang. Welcome to kelas kehidupan by 1%. Tonton video ini sampai habis karena ini bakal ngebantu lu untuk eksekusi ide lu. [Musik] Lu mungkin punya ide yang semangat banget gitu ya. Lu pas pertama kali kepikiran lu langsung catat. Eh, tapi makin hari makin dilupain catatannya, makin banyak, tapi lu enggak eksekusi. Entah itu karena lu ngerasa belum siap, lu ngerasa terlalu sibuk, atau udah malas duluan. Nah, ini tuh sebenarnya bukan salah lu ya, karena ya udah gitu enggak ada yang pernah ngajarin gimana cara ngejalanin ide yang lu punya sampai jadi kenyataan. Dan kita harus akui kalau tanpa eksekusi ide itu enggak ada harganya sebenarnya karena semua orang bisa punya ide. Jadi, ini tuh bukan cuma soal idenya, tapi soal sistem eksekusinya. sistem kerja yang enggak jelas. Sebenarnya lu enggak punya struktur, enggak ada tahapan apa yang bakal dilakuin setelah punya ide ini. Makanya banyak orang yang stuck di fase, "Oh, gua pengen ini, gua pengen itu," tapi enggak pernah jalan. Pasti ada aja satu teman lu yang bilang, "Gua pengen buka bisnis, gua pengen buka agensi, gua pengen resign segala macam, tapi ya lu lihat orangnya masih di situ-situ aja, ya kan?" Maka hal yang pertama harus lu perhatikan adalah lu punya sistem atau enggak? Itu yang pertama. Dan yang kedua, lu mesti analisis cara eksekusinya gimana. Nah, ini gua bakal bahas di chapter 2. Nah, gimana cara keluar dari fase pengin ini itu tapi enggak ngapa-ngapain? Well, jawabannya adalah ya mengeksekusi. Nah, untuk mengeksekusi kita bisa belajar dari eksekutor kelas dunia yang mereka bukan cuma kerja keras tapi juga kerja cerdas. Dan ini adalah ciri-ciri dari eksekutor kelas dunia. Lu gak perlu ya jadi eksekutor kelas dunia, tapi at least lu bisa belajari sedikit. Jadi kayak at least lu mengeksekusi lah nanti. Yang pertama, mereka tuh pintar dan mereka juga adalah eksert di bidangnya. Dan bukan cuma ekspert di bidangnya, mereka juga ekspert generalis. Jadi eksekutor kelas dunia ini itu tuh bukan cuma jago di satu bidang aja, tapi mereka punya pemahaman yang luas. Contoh pertama Steve Jobs. Dia sebenarnya bukan programmer, dia juga bukan best engineer di Apple gitu. Tapi dia pertama dia jago leadership ya kan. dia punya Steve Wazniak. Nah, si Steve Wazniak ini engineernya. Terus yang kedua, Steve Jobs juga paham desain ya. Dia belajar termasuk ke mata kuliah bikin font tuh kayak gimana, sferif dan lain-lain gitu ya. Dia juga paham soal psikologi orang yang pakai. Dia juga paham soal marketing, dia juga paham soal dunia teknologi. Semua itu digabungin jadi satu. Itu kan jadi ekspert generalis ya. Nah, karena dia tahu itu, dia bisa mengeksekusi. Nah, pertanyaannya sekarang, lu ekspert generalis bukan? Nah, kalau bukan ya berarti sekarang waktunya belajar. Bidang apa sih yang mau lu kuasai? Ide apa yang udah ada? Nah, lu cek tuh bidang apa yang kira-kira bisa ngebantu lu untuk mengeksekusi. Jangan-jangan lu enggak eksekusi selama ini. Itu karena lu belum pintar aja, lu belum cukup belajar. Jadi, ya memang harus belajar dulu. Dan itu juga yang dilakuin Steve Jobs yang sebelumnya ya, sebelum dia bikin Apple kan dia berkelana dulu ke mana. Dia juga masuk ke mata kuliah yang sebenarnya mungkin orang nganggap enggak penting kan mata kuliah font gitu, soal tipografi dan berbagai hal lainnya ya. Sampai temenan sama Steve Wniard dia bikin di garasi itu juga sambil belajar terus gitu kan sampai akhirnya jadi expert generalis. Ya udah tuh akhirnya Apple bisa sukses bikin komputer pertamanya. Yang kedua bukan cuma soal jadi expert ya. Ya, mereka juga ada di timing yang tepat. Bahkan banyak yang bilang itu lebih penting ya daripada jadi expert. Ya ada benarnya sih tapi timing ini apalagi kalau lu expert itu bisa bikin lu sukses dalam waktu sekejap. Dan ini gua ngerasain sih ya karena waktu dulu kan di 2019 1% tuh pertama dibikin di tahun tersebut. Nah, waktu itu itu belum ada tuh YouTube yang ngomongin soal psikologi gitu ya, yang ngomongin soal self development. Kita yang mulai pertama waktu itu ya. Salah satu yang pertama lah. Mungkin ada juga yang lain kan. Tapi ya karena gua lulusan psikologi, gua juga pernah berorganisasi gitu ya dulu. Jadi gua ketika mulai pertama tuh sangat mudah. Tapi yang bikin 1% gede itu adalah di tahun 2020 ketika semua COVID terus semuanya stres. Akhirnya apa? Mereka nonton 1%. Akhirnya kita dalam 1 tahun aja itu udah nyampai 1 juta subscribers pertama. Ya sebenarnya dalam beapa bulan itu sampai 100.000 R000 baru sejuta. Tapi di tahun 2019-2018 pertama kali gua mulai pas masih sendirian itu ya tumbuhnya lama sampai belasan ribu subscribers aja butuh 2 tahun kayaknya gua lupa. Tapi intinya ya itu timing tuh penting. Jadi timing gua itu di 2020 gitu ya. Nah kita bisa lihat contoh lain juga. Contohnya adalah Netflix. Netflix itu timing-nya juga tepat gitu ya. Dan mereka juga enggak langsung masuk ke layanan streaming enggak kayak sekarang gitu ya. Jadi, lu bayangin Netflix itu dulu tuh rental DVD lewat pos dan ya pada tahun mereka jadi rental DVD ya memang belum saatnya untuk masuk ke streaming. Karena apa? Karena internet masih lambat. Nah, tapi ketika mereka ngelihat oh koneksi internet sudah mulai cepat nih, mereka mulai beralih ke streaming. Apakah di sana udah mulai laku? Enggak juga. Tapi setelah beberapa tahunnya kan saingan mereka terbesar tuh adalah blockbuster. Terus internetnya infrastruktur udah siap di US. Nah, di sanalah mereka langsung menyusul blockbuster dan ya kompetitornya hilang tuh akhirnya Netflix jadi yang nomor satu di dunia ya. Ya, sampai sekarang mungkin ya kita bisa lihat. Ada juga contoh lain yaitu Airbnb gitu ya. Airbnb itu kalau lu tahu dia tuh lahir saat krisis finansial di tahun 2008. Nah, di tahun 2008 itu kan harga rumah hancur-hancuran di US sampai ya ke seluruh dunia juga sampai hancur tuh bank segala macam. Nah, di tahun 2008 itu kan banyak orang yang kehilangan pekerjaan ya, dipecat segala macam. Nah, tapi banyak orang yang punya rumah dan butuh uang tambahan untuk bayar KPR-nya lah ibaratnya dan juga ya untuk bayar kehidupannya. Karena waktu itu kan resesi gitu ya, resesi parah. Dan di sisi lain ya dunia travel, dunia turis juga tetap berjalan gitu pada saat itu. Nah, di sini tapi kan turis kalau disuruh ping hotel, hotel tuh mahal. Jadi mereka tuh butuh akomodasi murah di saat krisis finansial ini. Ya udah karena Airbnb punya aplikasinya gitu kan saat itu mereka dibuat di tahun 2008 itu pas banget orang butuh duit terus si penyewa hotel ini butuh hotel yang lebih murah. Akhirnya pakai apa? Pakai Airbnb. Timing-nya tuh tepat banget. Enggak kebayang ya kalau Airbnb muncul di tahun 2006 misalnya atau telat gitu munculnya ya mungkin e beda lah ceritanya enggak kayak Scarlet. Jadi yang kedua tuh timing. Yang ketiga biasanya eksekutor yang keren itu pakai tools yang oke. Nah tools ini bukan cuma tools teknologi ya, tapi juga adalah tools mental. Jadi ya kalau tools mental sebenarnya contoh yang paling bagus tuh menurut gua adalah Elon Mask. Elon Mask ini bisa dibilang agak gila menurut orang gitu ya. Tapi sebenarnya dia tuh cara mikirnya beda aja. Dia tuh pakai yang namanya first principles thinking. Jadi dia tuh membedah masalah sampai ke akarnya. Jadi misalnya masalahnya adalah oke gua pengen bikin roket tapi roket mahal. Dia enggak bertanya oke gimana cara bikin roket lebih murah gitu. Jadi nanyanya tuh bukan kayak gitu tapi lebih ke dasarnya. Oke. Ee gua tahu gua mau buat roket terus mahal gua harus tanya dulu roket tuh terbuat dari apa, terus habis itu juga materialnya didapetin dari mana? Bisa enggak sih gua buat sendiri gitu. Nah, ini adalah tools berpikir yang membuat dia bisa berinovasi jadi terkesannya radikal gitu. Nah, padahal dia tuh sebenarnya punya mental models atau tools mental gitu ya yang berbeda dari banyak orang pada zamannya ya. Pada tahun 2000-an lah mungkin ya pas dia pertama kali mulai SpaceX sampai akhirnya ya sekarang roketnya bisa ke atas ke bawah gitu ya. Jadi udah naik turun lagi naik turun lagi. Lumayan inovatif sih ya kalau kita bisa lihat. Nah lu bisa tiru ini juga. Nah terus tools teknologi. Nah jangan lupa ya contohlah ya sekarang kita lihat perusahaan paling gede di dunia gitu ya. Salah satunya adalah Amazon. Amazon ini sekarang yang paling pertama pakai robot buat dig gudang ya kan udah pada dipecat-pecatin tuh orang-orang. Nah, pas di awal Amazon juga yang pertama kali pakai website guys. Ini pas.com boom ya. Jadi pas pertama kali ada perusahaan-perusahaan.com sampai jadi bubble tuh kan dulu namanya Docom Bubble. Banyak perusahaan-perusahaan yang tumbang. Nah, si Amazon ini enggak karena dia ya eksekusinya bagus. dia pertama kali pakai ya amazon.com dan karena eksekusinya pakai tools teknologi yang ada pada saat itu yang baru di tahun 2000 tuh kan ya dia bisa melesat lebih cepat dan ngalahin semua toko-toko visit yang waktu itu telat beradaptasi. Nah, lu kalau zaman sekarang ini jadi lebih relevan lagi dengan muncul tools baru kan ada banyak AI lah, tools time management lah, tools mungkin buat bisnis dan lain-lain gitu. Coba lu pikirin teman kuliah lu gitu ya atau teman kerja lu yang jauh lebih jago daripada lu. Gua yakin salah satunya dia lebih jago daripada lu. Bukan karena dia lebih pintar, tapi karena dia jago pakai tools. Kemungkinan besar mereka tuh bukan kerjanya lebih cepat gitu, tapi lebih pintar pakai tools aja lu mungkin kuliah gitu ya. Ketika lu masih baca puluhan jurnal buat skripsi, teman lu yang skripsinya lebih cepat itu udah pakai AI untuk ngerangkum poin-poin utamanya. Ketika teman lu yang jago bisnis mungkin bisa ada di banyak sekali meeting tapi tetap produktif kerjanya. Mungkin dia pakai tools calender gitu yang lu enggak tahu gitu ya. Mungkin lu sosmate manager gitu sekarang ketika lu pusing bikin misalnya 10 caption gitu ya. Mungkin dia udah pakai otomasi pakai tools lain gitu yang lu enggak tahu juga. Jadi mereka tuh punya unfair advantage karena mereka mengadopsi tools-tools tertentu yang lu enggak tahu. Padahal sebenarnya ini tinggal dicari di Google. Nah, itu juga gua gua sempat beberapa kali ngisi ya seminar lah ya, webinar di beberapa kampus juga gua kaget gitu karena banyak mahasiswa yang sekarang sebenarnya akses informasi lebih mudah gitu ya. Tapi karena kebanyakan informasi mereka jadinya enggak pakai tools-tools yang bagus yang sekarang sebenarnya udah ada, gratis lagi. Dan ini sayang banget. Nah, di bisnis yang lebih dulu adopsi teknologi itu biasanya yang bakal lebih siap tumbuh. Kalau nunggu skalanya gede dulu baru pakai software, biaya dan effortnya tuh bisa jauh lebih gede, bahkan bisa jadi hambatan baru. Nah, makanya kalau menurut gua lu bisa mulai dari awal dengan software yang fleksibel dan scalable. Jadi nanti bisa digedein dan tools ini tuh bisa kita adjust sesuai dengan kebutuhan tanpa harus bayar ekstra. Software kayak gini salah satunya ada di ODU. Nah, caranya gimana? Kita bakal bahas lebih praktikal di next chapter. Nah, jadi tadi ada tiga ya. Untuk jadi eksekutor yang keren, lu mesti jadi expert ya. lu harus belajar dan ini butuh waktu of course. Yang kedua, lu juga harus tepat timing-nya. Lu juga harus punya intuisi bisnis yang kuat kalau lu mau bikin bisnis atau intuisi lah yang kuat. Terus yang ketiga, lu juga harus pakai tools yang tepat, baik itu tools mental maupun tools fisik. Oke, yang ketiga gua bakal bahas lebih praktikal gimana caranya biar punya unfair advantage. Oke, untuk punya unfair advantage lu sebenarnya enggak harus jadi Elon Mask. Jelaslah lu bisa mulai dikit-dikit skala kecil aja gitu. Pertama nih ya yang bisa lu lakuin ketika punya ide jangan cuma dicatat doang ya. dicatat sih benar, tapi paksa diri lu buat dikerjain. Minimal ya lu analisis lebih lanjut lah idenya. Lu jawab tiga pertanyaan ini dalam 5 menit. Nih pertanyaan pertama, masalah siapa sih yang gua akan selesaiin? Jadi lu fokus pada masalahnya dulu. Ada enggak nih problemnya? Karena kan banyak bisnis yang gagal nih. Tadi yang gua bilang 90% saraf gagal. Itu kebanyakan gagal karena dia tidak nge-solve problem yang jelas. Ya, jadi lu harus tekanin dulu ini masalah apa sih? Masalah siapa sih yang gua selesaiin. Beneran ada enggak sih masalahnya? Nah, pertanyaan yang kedua yang bisa lu jawab adalah siapa sih orang pertama yang bakal gua ajak ngomong untuk riset? Ya, jadi lu bisa tulis tuh namanya siapa, ini user kayak gimana, ini namanya user persona, ya dalam marketing gitu. Ini tuh ya jatuhnya target market lu. Nah, yang ketiga apa sih langkah terjelek dan termudah yang bisa gua lakuin dalam 24 jam? Ini yang biasa dilakuin sama Elon juga, Elon Mask tiga hal ini selama puluhan tahun ya, Guys. Gitu. Jadi dia bisa eksekusi dengan lebih baik daripada orang lain. Itu hal pertama yang bisa lu lakuin. Yang kedua, fokus sama satu hal kecil dalam satu waktu. Nah, jadi ya fokus aja apa satu tindakan kecil yang bisa lu lakuin yang kalau lu lakuin ini bakal bikin action selanjutnya tuh jadi lebih mudah. Ya misalnya contoh lu ada ide bikin podcast yang bisa lu lakuin kan bukan beli mic mahal. Gua yakin banyak dari lu mungkin kayak gitu ya. Oh, gua pengen beli tools ini, ini, ini, nih. Enggak. Lu lakuin satu hal kecil dalam satu waktu yang sebenarnya itu simpel aja. Ya, contohnya misal lu langsung rekam aja pakai HP gitu, lu langsung rekam podcastnya pakai HP dan besok di-publish gitu kan. Itu simpel banget gitu ya. Nah, lu bisa melakukan hal kayak gitu terus habis itu lu improve nanti besoknya ya rekamnya misal sama teman lu, besok lagi lu rekamnya pakai tulus yang lebih baik. Jadi kayak satu hal at the time yang bisa bikin lu punya hasil dan lu improve itu jadi lebih baik. Jadi enggak usah mau perfect gitu. Jadi, fokus harian lu tuh cuma satu sebenarnya. Lu jatuhin satu domino. Jadi, biar domino lain tuh bisa ngikut jatuh karena lu udah terlanjur nyemplung. Biar lu ada efek domino yang mantap dieksekusi. Nah, yang ketiga yang lu bisa lakuin adalah pakai sistem dan teknologi yang jelas. Jadi bikin sistem lu jadi rapi pakai tools terkini, pakai teknologi. Dan tadi gua bilang zaman sekarang tuh tools sudah banyak dan enggak lagi cuma dipakai oleh perusahaan gede. Sekarang tuh tools biasanya dipakai sama ya mahasiswa aja bisa makai gitu loh. El yang orang biasa medioker itu bisa makai tools yang sekarang ada di dunia. Kalau dulu kan tahun 2000-an gitu ya, cuma perusahaan gede yang makai. Sekarang tuh lu bisa makai. Nah, ini salah satu tools yang mungkin bisa gua rekomendasikan buat lu, buat lu yang para pebisnis pemula atau yang baru mulai itu adalah ODU. ODU ini apa sih? Ya, ODU ini adalah platform bisnis modern yang ngegabungin semua yang lu butuhin di satu tempat. Jadi, ini tuh bukan cuma aplikasi biasa doang, tapi ini aplikasi terintegrasi menurut gua ya. Ini yang paling integratif sih. Karena si ini tuh bisa lu praktikin langsung di ODU tanpa capek pindah-pindah platform. Contoh, lu punya ide baru, lu bisa langsung tuh pakai fitur project management-nya si Odu, ya. Jadi, itu dulu hari ini apa, besok apa, lusa apa, terus kalian bisa bagi-bagi juga tugasnya sama teman atau partner bisnis lu bisa pakai Odu. Terus misal lu mau validasi ide lu gitu ya, terus pengin bikin website di ODU bisa pakai fitur website dan e-commerce itu bisa sekalian juga pengin jualan apa bisa langsung ada lu pengen pakai fitur accounting ini ada juga langsung di sini. Jadi, satu website, satu aplikasi si O2 ini bisa semua eh bisa dibilang hampir semua kebutuhan bisnis tuh bisa. Jadi karena semuanya terhubung, lu gak perlu pindah-pindah platform gitu ya. Jadi lu bisa fokus ke eksekusi, lu bisa fokus ke growth. Nah, ini lu bisa coba gratis untuk nyobain salah satu aplikasinya di ODU atau bisa konsultasi gratis juga ke pakar dari Odun-nya juga. Mereka juga lagi banyak event ya. Gua juga kemarin sempat ikut salah satu yang di Bandung. Jadi mereka lagi ekspansi di besar-besaran di Indonesia. Jadi kalau lu mau ikut atau sekalian juga pengin mengaplikasikan ODU, gua menyarankan untuk lu ikut event tersebut. Tapi yang jelas sekarang tuh lu udah enggak terbatas tools. Bahkan tools tuh banyak yang gratis. Salah satunya si Odu ini. Nah, jadi siapa nih yang sekarang sampai sekarang gitu ya udah punya ide tapi enggak pernah dieksekusi dan udah dieksekusi gagal mulu. Nah, coba lu kasih tahu keluhan lu, kendala lu di komen ya. Siapa tahu nanti orang-orang lain yang baca atau gua sendiri atau tim dari 1% yang baca nanti bisa nolongin lu. Oke, siapa tahu karena 1% mungkin termasuk company yang ternyata bisa bertahan lebih dari 5 tahun, Guys. Gitu ya. Oke, semoga ini membantu. Gua di 1%. Well, thanks guys. [Musik]
Resume
Categories