File TXT tidak ditemukan.
Attachment Style: Mengapa Kita Sering SALAH Pilih Pasangan Hidup
KbzwXNXEZgg • 2025-07-31
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Pernah enggak sih lu suka sama seseorang awalnya kelihatan cocok terus lu nyambung sampai akhirnya jadian atau ya minimal HTS-an lah atau kalau bahasa Genzi FWB-an? Hubungan lu mungkin kerasa oke di awal meski dengan berbagai konflik ya tapi kok makin lama makin ngerasa enggak sehat lu. Makin lama makin capek, makin ragu sama diri sendiri dan keputusan lu. Tapi tetap aja lu susah lepas dari orang tersebut. Bahkan setelah putus pun lu mikir, "Oke, habis ini gua bakal nyari orang yang berbeda." Tapi entah kenapa lu malah suka lagi, suka lagi sama orang yang mirip padahal sama-sama toxic. Miripnya pun mirip banget lagi dari fisik, sifat, cara perlakuan, bahkan cara nyakitin dan mutusin lu juga mirip atau nge-ghosting lu lah ya. Dan ketika lu lihat pola ini, mungkin lu mulai nanya, "Kok gua sering salah pilih pasangan ya? Kok ini terjadi terus-terusan ya? Kok mending jomblo ya? Kok meskipun gua berhubungan sama orang, kok ini malah rasanya ratusan kali lebih stres daripada ketika gua sendiri. Dan buat lu yang masih jomblo ngenes sampai sekarang, dari kecil mungkin ya, mungkin lu juga sebel sama teman lu yang kejadiannya seperti ini terus-terusan dan curhatnya ke el terus-terusan dengan masalah yang sama. Lu udah ngingetin terus-menerus, tapi tetap aja nih orang batu kagak bisa dikasih saran, akhirnya ya kejebak lagi di hubungan toxic terus-menerus. Beberapa orang bakal mikir, "Ini tuh soal takdir." Ya, kalau lu jelek, lu bakal mengundang orang lain yang jelek juga. Beberapa orang lain mikir, "Ya, ini karena enggak diajarin aja skills-nya. Karena kalau lu udah belajar soal cinta, soal relationship, misal lu udah nontonin video 1% mungkin bisa jadi hasilnya beda." Well, itu semua benar. Tapi di video kali ini gua mau ngejelasin pendapat yang berbeda di mana sebetulnya kesalahan berulang ini bisa jadi tanda kalau lu lagi ngulang pola dari masa lalu. Jadi, gua mau bertanya ke lu gitu atau mau mengajukan pertanyaan lah ya buat semua. Gimana kalau sebenarnya ada bagian dari lu yang terbiasa bahkan merasa nyaman sama ketoksikan-ketoksikan yang bikin lu tertarik sama orang lain ternyata. Jadi meskipun orang ini lu udah tahu red flag, tapi justru lu merasa nyaman dengan red flag tersebut. Jadi kadang kita tuh jatuh cinta bukan karena orang itu tuh baik dalam tanda kutip, tapi karena dia tuh mengulang pola lama yang sama seperti luka kita yang lama yang sebenarnya belum kita sadari dan itu berulang-ulang. Dan lu harus tahu kalau pola kayak gini tuh enggak kebentuk dalam waktu 1 malam, 1 minggu gitu. Ini tuh adalah hasil dari pengalaman bertahun-tahun, terutama dari masa kecil yang kadang kita enggak ingat polanya seperti gimana. Nah, kita bakal ngejelasin satu konsep yang menarik tersebut di video kali ini dan kita bakal ngebedah bareng kenapa sih kita sering kali terjebak di pola tersebut dan gimana caranya buat pelan-pelan keluar dari lingkaran yang sama. Biar lu enggak mikir mendingan jomblo dan biar lu enggak ngerasa stres di hubungan dan enggak stay di hubungan meskipun pada akhirnya ya cerai dan up. Welcome to dating series. Ini gua udah lama ya enggak bikin video ini. Jadi gua harap lu tonton sampai habis karena menurut gua ini konsep penting banget dipelajari oleh para Genzi Genzi termasuk Gen Alpha juga. Welcome yang baru datang. Kita bakal bahas soal dating series. Oke, stay tune dan tonton sampai habis. I love you. Oke, guys. Sebelum lanjut, gua mau ngasih tahu info buat lu yang lagi ngerasa bingung, ngerasa stuck sama hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal karir, pendidikan, hubungan, keluarga, pernikahan, atau hal-hal personal lainnya. Sekarang 1% tuh nyediain psikotes premium. Di dalam Psikotes Premium ada berbagai pilihan tes yang dirancang buat ngebantu lo lebih paham siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo bisa ngambil keputusan hidup lu dengan lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin berbagai jenis tes psikolog profesional. Jadi, setiap lu beli, lu bakal dapat beberapa psikotes disatuin report-nya jadi puluhan halaman untuk hasil yang akurat dan personal. Lu bisa baca puluhan halaman ini. Dan yang paling keren, kalau lu enggak ngerti atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight lanjutan lewat konsultasi bareng expert dari 1% langsung berdasarkan hasil tes lu. Langsung aja kunjungi 1.bio/psicotespremium buat info lebih lanjut. Kadang kita mikir, kita tertarik tuh sama orang karena dia punya something, punya sesuatu lah. Entah itu dari karismanya, dari cara ngomongnya, dari perhatian, dari gantengnya, dari cakepnya gitu ya. Tapi di balik semua itu ada hal lain yang seringkiali kita enggak sadari. Kita tuh bukan cuma tertarik sama orang yang menarik dalam tanda kutip. Jadi, kita enggak hanya suka sama Justin Bieber gitu, tapi kita juga suka sama orang yang kerasa familiar. Jadi bukan cuma orang yang menarik, tapi justru familiar juga. Misalnya gini, lu tumbuh di keluarga yang secara emosional tuh sangat dingin. Misalnya, lu enggak pernah tahu rasanya disayang sama orang, lu enggak pernah dipeluk, lu enggak bisa ngobrol soal emosi lu di rumah. Dan misalnya di rumah tuh sama keluarga ya, satu-satunya cara buat dapat perhatian adalah dengan jadi misal anak baik dalam tanda kutip. Nah, di masa kecil itu jadi pola untuk bertahan hidup versi lu ya kan? Jadi itu kayak strategi yang udah lu lakuin selama bertahun-tahun sejak kecil. Nah, ketika dewasa strategi tersebut itu berubah jadi pola yang berulang terus-terusan. Akhirnya lu mungkin jadi tertarik sama pasangan yang cuek misalnya. Karena tanpa sadar lu udah terbiasa sama dinamika, ya gua harus jadi anak baik dulu biar dianggap sama keluarga. Lu jadi. Mengulang pola tersebut ketika dewasa saat lu mulai masuk ke fase hubungan romantis. ya. Dan akhirnya ya lu jadi ngejar validasi dari orang yang mungkin dalam tanda kutip susah ngasih perhatian ya cuek lah karena rasanya familiar banget gitu sama kayak rasa yang lu rasain ketika lu masih di keluarga saat kecil. Padahal sebenarnya lu dari kecil enggak suka diperlakukan kayak gitu. Lu sebenarnya deep down dalam hati lu. Lu suka ya orang perhatian sama lu. Tapi setiap kali ada orang yang perhatian seperti itu, lu malah kabur. Karena apa? Karena rasanya enggak familiar. karena ini bukan cinta yang biasa gua dapat dari kecil gitu loh. Nah, di sini mungkin lu jadi relate kali ya karena ya kadang orang yang baik gitu kita tuh suka tolak karena dia enggak berasa familiar. Jadi otak lu tuh udah ngeburu ngecap bahwa ya yang namanya cinta tuh yang kayak begini. Karena apa? Karena udah jadi pola. Nah, di sinilah pentingnya lu sadar sama pola tersebut. Karena sebelum lu sadar mungkin lu enggak akan pernah bisa memilih pasangan yang lebih baik. Lu harus ngerti dulu kenapa lu selalu tertarik sama orang yang sebenarnya enggak baik-baik amat buat lu dan lu juga sadar gitu. Tapi kenapa lu selalu suka? Nah, pola-pola ini biasanya berakar dari gaya emosional yang terbentuk sejak kecil atau dalam psikologi ini dikenal dengan istilah attachment style. Nah, attachment style ini mungkin lu udah tahu, mungkin ada juga yang belum tahu. Tapi di chapter selanjutnya kita bakal bahas lebih dalam apa aja jenis attachment style. Lu tuh yang mana dan gimana attachment style ini bisa ngaruh ke cara lu dalam berhubungan. attachment style itu sebenarnya kayak blueprint lah ya dari gimana cara kita bisa dekat sama orang. Nah, blueprint atau cetakan ini itu ngebentuk kita dari interaksi kita pertama sama orang tua sama ya pengasuh atau siapapun yang ngurus kita waktu kecil dan ini berpola sampai dewasa. Contohnya kalau dari kecil lu merasa aman, lu merasa dicintai, lu merasa didengerin, besar kemungkinan lu adalah orang yang akan percaya bahwa hubungan itu bisa sehat dan lu akan nyari orang yang ya sesuai familiar seperti itu juga. Tapi kalau lu tumbuh di lingkungan yang penuh ketidakpastian, lu diabaikan oleh orang tua lu, lu broken home, lu dimarahin tanpa alasan, maka cara lu ngebangun hubungan pun bisa jadi ya ada toxic-txicnya lah. Nah, ada empat jenis attachment style. Pertama adalah secure attachment. Nah, ini sebenarnya yang paling sehat dan untuk ngukur attachment style ini sebenarnya lu bisa ukur di 1% ya di 1%.net bisa googling aja POAS attachment style 1% ini gratis dan bisa langsung lu kerjain online gitu ya. Ini tuh ada empat hasil. Pertama tuh secure attachment. Ini pola yang paling sehat. Nah, orang dengan pola secure attachment itu biasanya dia nyaman jadi diri sendiri dan biasanya gampang dekat sama orang lain. Tapi mereka enggak takut ditinggal sama orang dan enggak takut untuk mengekspresikan emosi juga. Jadi mereka tuh tipe-tipe orang yang secure ini ya, yang bisa bilang enggak sama orang, terus bisa sayang juga sama orang dan enggak takut ditinggalin termasuk enggak takut ninggalin juga kalau memang udah enggak cocok. Jadi ini secure attachment ini yang paling oke. Itu yang pertama. Yang kedua adalah anxious attachment. Nah, ini tuh ditandai dengan biasanya lu ngerasa takut ditinggalin. Jadi ngerasa anxious lah. Cenderung overthinking, suka mungkin cenderung posesif ya. butuh kepastian terus-terusan, butuh dekat terus-terusan dan mungkin ada perasaan kalau gua enggak jaga nih orang, nih orang bakal selingkuh, bakal pergi. Jadinya ya entah dia terlalu bergantung sama orang lain atau jadi cenderung posesif. Nah, di sanalah memang toxicnya. Nah, si anxious ini toxicnya adalah ya mereka akan kejar terus kayak toxicnya tuh mungkin kalau sama yang avoiden gitu ya. Dan mereka mungkin akan attract orang yang avoiden juga karena yang avoiden biasanya mereka yang dikejar terus mereka yang cabut gitu. Jadi si anxious ini ya lumayan wombo comombo ya kalau misalnya digabungin sama yang avoiden. Nah, ini yang avoid tuh yang ketiga. Ini kebalikannya dari anxious ya. Jadi orang dengan avoiden itu cenderung ngejaga jarak. Jadi ada benteng lah untuk membuka diri gitu. Biasanya tuh cuek, enggak responsif, sulit kebuka. Karena dari kecil mereka enggak pernah paham soal itu. Ya enggak bisalah membuka diri sama orang tuh enggak bisa. Jadi lebih nyaman sendirian atau kalaupun punya pasangan ya enggak terlalu dekat-dekat amat gitu. Nah, ini biasanya tipe orang yang bakal cabut. kalau ya ada orang yang care sama dia. Jadi kayak dia gak nyaman gitu, enggak terbiasa, gak familiar. Nah, ini kalau digabungin sama anes ini jadi wombo comombo. Jadi kayak yang satu ngejar, yang satu cabut gitu terus berulang gitu ya. Nah, ada juga yang paling kompleks gitu ya. Ini kombinasi yang paling kompleks. Yang keempat adalah fearful avoid. Jadi ini disorganized. Jadi di satu sisi mereka tuh pengin dekat terus, pengin mengontrol. Di sisi lain mereka juga takut ditolak, takut disakiti, takut kehilangan kontrol juga. Akhirnya ya mereka ini ketika lagi stres dalam hubungan, ketika lagi menjalani hubungan itu kayak roller coaster banget. Kadang manis banget, kadang dingin banget, kadang ngejauh, kadang ngedekat. Dan mungkin lu akan bingung sama orang seperti ini, tapi percayalah mereka juga bingung sama diri mereka sendiri gitu. Mungkin ini lu juga kayak gini gitu ya, lu juga bingung gitu. Lu enggak ngerti kenapa lu bersikap seperti ini. Dan ya namanya juga disorganize ya, kagak teratur aja polanya gitu. Nah, keempat pola ini enggak cuma ngaruh ke cara kita pacaran, tapi juga cara kita melihat diri sendiri, cara kita menghadapi konflik gitu ya, dan lain-lain. Jadi, lu bakal ngelihat pola yang sama di kerjaan. Misalnya yang avoid ya, mungkin kalau ah enggak cocok ya cabut aja dari kerjaannya gitu. Kalau anxious mungkin ya kerjaan akan dipertahankan terus dan lain-lain lah. Nah, tapi attachment style ini bukan pola yang fix ya. Jadi ini tuh bisa berubah kalau misalnya kita belajar. Nah, tapi ya memang lu harus tahu dulu lu yang mana, lu harus sadar dulu yang mana. Sebenarnya cara paling baik untuk ngelihat pola ini ya dari psikolog ya. Kadang psikolog juga nanti bakal analisis lewat psikotes atau lewat cara lain. Tapi kalau cara paling simpel, enggak selalu baik ya yang simpel itu lu ya ke 1% aja ngerjain POTES attachment style yang gratis dan belum tentu benar juga. Kenapa? Karena ya lagi-lagi kan lu bisa aja ngisi ngisinya enggak benar dan lain-lain gitu ya. Nah, tapi menyadari pola doang enggak cukup. Lu harus tahu gimana caranya keluar dari pola ini. Nah, ini yang bakal kita pelajari di chapter selanjutnya. Oke, jadi pertanyaan selanjutnya adalah gua udah tahu pola gua apa? Gua udah tahu toxic gua di mana? Gua udah tahu redflek gua di mana? Terus sekarang apa yang bisa gua lakuin? Bisa berubah enggak sih gua? Well, jawabannya adalah bisa. Tapi tentu enggak instan karena pola ini udah terbentuk dari pengalaman belasan atau puluhan tahun. Jadi enggak bisa langsung hilang dalam semalam. Tapi kabar baiknya adalah ya at least dengan lu nonton video ini lu udah sadar dan ya at least sadar aja udah bagus gitu ya. Karena banyak orang yang sampai umur sampai mati aja meninggal kagak sadar gitu ya. Jadi ya good job lah dengan ada di video ini ya. Lu bisa nonton sampai saat ini udah bagus. Nah, jadi ada beberapa langkah. Langkah pertama adalah lu harus sadari pemicunya. Pola ini sebenarnya memang enggak relate ke semua hubungan lu. Mungkin di pertemanan tertentu lu bisa secure, di pertemanan lain lu bisa avoid misal. Tapi lu bisa mulai perhatiin, lu bisa petain hubungan lu gitu ya. Lu tuh kapan sih ngerasa anxious? Kapan ngerasa avoided? Kapan lu cenderung overthinking? Kapan lu cenderung cabut gitu. Terus e lu bisa cari tahu juga di situasi kayak apa sih lu mulai takut ditinggalin? Kapan lu mulai ngejauh terus tipe orang kayak gimana sih yang bikin lu jadi suka sama orang tersebut padahal toxic gitu ya. Lu bisa listing hal tersebut ya, lu tulis di GDX gitu ya atau di Microsoft Word di Notepad lu gitu akan sangat membantu harusnya. Kadang jawabannya enggak langsung ketemu gitu ya. Dan tadi ya menurut gua cara terbaik sih dengan konseling tapi ya at least dengan lu kalau lu enggak punya duit gitu kan banyak tuh yang suka ngeluh alah lu marketing konseling bla bla bla gitu ya udah lu tulis aja lu ngobrol sama atau apa gitu ya kan banyak solusinya gitu tapi tetap menurut gua cara terbaik sih dengan konseling gitu tapi at least lu bisa mulai dari cara paling simpel ya nyatat di notepad atau ngobrol sama AI juga udah ok lah ya itu yang pertama yang kedua lu harus belajar ngebangun kepercayaan sama diri sendiri gitu jadi ya Meskipun lu jomblo menahun, meskipun lu kayak dapat pasangan yang toxic mulu gitu, lu harus sadar kalau itu tuh bisa berubah gitu. Jadi, lu harus percaya bahwa lu layak dapat yang lebih baik, gitu. Karena kalau lu enggak percaya, lu bakal settle for less gitu, ya. Jadi, ya udahlah yang penting ada yang mau sama gua. Padahal kan sebenarnya masih banyak gitu ikan di laut, masih banyak cowok atau cewek yang mungkin lebih baik gitu ya. meskipun tentu PR-nya di lu adalah lu harus ngebangun percaya diri itu juga dengan ya realita diri lu yang lebih baik gitu ya. Misal yang laki-laki gitu ya, lu masih mau kondo ya lu mungkin mulai kerja dari sekarang. Jadi biar bisa ngebangun kepercayaan diri lu sama diri lu sendiri. Biar lu punya duit ya. Biar lu mungkin jadi lebih ganteng gitu. E lu mulai dress up ya buat yang cewek mungkin bisa ya belajar make up mungkin bisa kerja juga ya bisa jadi lebih baiklah gitu. Lu bisa tonton video 1% yang lain ya. Kita kan banyak video self development yang seperti itu, tapi beneran praktikin biar apa? Biar lu bisa ngebangun kepercayaan diri dengan diri lu sendiri. Jangan settle for less gitu ya. Dan yang terakhir sebenarnya lu bisa juga kelilingi diri lu dengan ya lingkungan yang mendukung gitu. Jangan kelilingi diri lu dengan orang yang mungkin anas semua, avoid semua. Hindari teman-teman yang suka selingkuh, kerjanya gosip doang segala macam lah. Dan salah satu cara yang menurut gua paling simpel adalah ya dengan lu misal join komunitas kayak di membership 1% contoh Good Life membership gitu ya. Karena di sana kan ada teman-teman members yang lain, ada juga live coach, psikolog yang bisa lu diskusi di sana di grupnya dan ya lu juga bisa akses psikotes-sikotes kita yang premium dengan gratis kalau lu join membership ini gitu ya. Nah, lu bisa coba dari sana. cara paling simpel. Kalau yang cara lain yang enggak simpel ya lu bisa join komunitas lain gitu ya yang nanti lu masuk ke sana lewat rekrutmen gitu ya. Lu bisa join volunteer kayak dulu juga gua sempat voluntir gitu ya di misal salah satu komunitas mengajar gitu ya. Nah, lu bisa join ke komunitas seperti itu yang obrolannya tuh produktif gitu, enggak cuma yang toxic-tokic doang gitu loh. Nah, lu bisa join yang seperti itu karena lu butuh orang-orang yang enggak toxic untuk sadar bahwa yang lu lakuin tuh toxic sekarang, gitu. Jadi, kayak gitu ya. Dan lu enggak harus misalnya join itu atau lu harus punya menjalankan semua cara ini semuanya besok gitu atau hari ini semuanya lu kerjain. Enggak perlu. Yang penting adalah setiap langkah kecil lu bisa lakuin buat kenaliin diri lu sendiri. Itu aja udah termasuk bagus itu. Karena yang tadi gua bilang banyak orang yang sampai umur 80 kagak sadar bahwa dia toxic gitu dan akhirnya nurunin ketoksikan itu ke anak-anaknya, anak cucunya. Ya. Ya, at least video ini bisa jadi langkah pertama. Nah, kalau lu ngerasa relate sama video ini, e ya silakan gitu ya. Lu bisa lakuin langkah lain tadi kerjain psikotesnya ya terus juga analisis diri dan coba ya kembangin diri dari berbagai aspek sedikit demi sedikit. Akhir kata semoga video ini bisa ngebantu ya. F is 100%. Well, thanks [Musik]
Resume
Categories