Transcript
XgzmMtZabN0 • Kalau Lo Udah Kaya, JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0760_XgzmMtZabN0.txt
Kind: captions
Language: id
Coba deh lu bayangin suatu hari lu
bangun tidur, tiba-tiba lu punya uang R
miliar di rekening lu. Entah lu
tiba-tiba dapat warisan, bisnis lu
meledak, atau lu menang lotre. Kayaknya
seru ya. Tapi gimana kalau ternyata
setelah lu bilang ke satu orang terdekat
lu bahwa lu punya 100 miliar, lu
tiba-tiba dirampok sama orang tersebut.
Entah itu teman lu sendiri tiba-tiba
ngemanfaatin lu, tiba-tiba lu jadi boros
sampai harta lu habis. Tiba-tiba banyak
orang yang ngedekatin lu, tapi ternyata
mereka enggak tulus, cuman mau harta lu
doang. Tiba-tiba orang tua dan semua
keluarga juga akhirnya jadi bergantung
ke lu dan mereka enggak mau kerja
gara-gara lu bilang hal tersebut. Dan
guys, ini bukan cuma mitos, ini bukan
cuma drama sinetron, ini berdasarkan
data. Dan ini seringkiali terjadi di
orang yang kaya mendadak. Kalau besonda,
70% pemenang lotre di dunia itu bangkrut
dalam beberapa tahun aja. Dan bahkan
enggak cuma bangkrut, lebih ngeri lagi.
Banyak yang dibunuh, banyak yang ditipu,
banyak yang ditinggal keluarga. Bahkan
ada yang lebih milih hidup miskin
daripada harus punya banyak duit lagi.
Dan lu tahu kenapa? Ini karena mereka
ngelanggar satu aturan emas yang dijaga
ketat sama orang kaya beneran. Orang
kaya beneran itu yang tidak mau
identitasnya diketahui. Dan peraturannya
tuh simpel, yaitu kalau lu kaya, lu
jangan bilang siapa-siapa. Welcome to
Psycho Finance. Di video kali ini gua
bakal bahas tentang bahaya dari flexing
dan pamer kekayaan.
[Musik]
Welcome toychology finance.
Oke, Guys. Sebelum lanjut, gua mau
ngasih tahu info buat lu yang lagi
ngerasa bingung, ngerasa stuck sama
hidup akhir ini. Entah itu soal karir,
pendidikan, hubungan, keluarga,
pernikahan, atau hal-hal personal
lainnya, sekarang 1% tuh nyediain
psikotes premium. Di dalam psikotes
premium ada berbagai pilihan tes yang
dirancang buat ngebantu lu lebih paham
siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo
bisa ngambil keputusan hidup lu dengan
lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin
berbagai jenis tes psikologi
profesional. Jadi, setiap lu beli, lu
bakal dapat beberapa psikotes disatuin
reportnya jadi puluhan halaman untuk
hasil yang akurat dan personal. Lu bisa
baca puluhan halaman ini. Dan yang
paling keren kalau lu enggak ngerti atau
lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight
lanjutan lewat konsultasi bareng expert
dari 1% langsung berdasarkan hasil tes
lu. Langsung aja kunjungi
1.bio/psicotespremium
buat info lebih lanjut.
Jadi ada orang namanya adalah Michael
Carol di tahun 2002 dia berumur 19
tahun. Dia tuh tukang sampah di Inggris.
Sampai akhirnya dia menang lotre miliar
lebih. Uang segitu gede, gede banget
lah. Dan bukannya dimasukin deposito
gitu ya, bukannya beli Bitcoin ya, belum
ada sih Bitcoin. Dia malah bilang, "Gua
bakal hambur-hamburin nih uang." ya. Dan
dia beneran ngelakuin itu. Dia tiap hari
beli narkoba ya, beli cocain, bayar
puluhan juta per hari. Terus dia nyewa
ribuan PSK, mobil mewah juga dia beli
bukan buat gegan, tapi buat dia hancurin
satu-satu di sirkuit yang dia bangun di
halaman rumahnya. Hasilnya apa? Dia
masuk penjara. Dua kali dia ditinggal
sama istri dan anak dan dua kali dia
udah mencoba untuk bunuh diri dan
akhirnya apa? Akhirnya balik lagi jadi
tukang sampah. Dalam wawancaranya dia
tuh bilang kalau hidupnya jauh lebih
bahagia sebelum dia jadi kaya dan punya
banyak uang. Jadi satu pelajaran penting
sebenarnya buat manusia ya, cara paling
gampang buat menghancurkan manusia
adalah kasih aja uang yang banyak. Kalau
manusia itu tidak wise maka dia tidak
akan bisa mengontrol hartanya dan bakal
hancur aja hidupnya. Dan itu bukan cuma
satu kasus. Ada juga orang lain yang
menang 40 juta dolar 3 tahun kemudian
dibunuh. dikubur di bawah beton sama
teman yang nipu dia. Ada juga orang lain
baru menang lotre belum sempat nyairin
uang udah mati diracun pakai sianida.
Ada juga orang lain dibunuh rekan kerja
yang marah karena enggak dibagi duitnya.
Dan ini bukan cuma soal lotre doang,
Guys. Banyak juga yang kejebak sama
lifestyle gitu. Ada banyak atlet yang
punya triliunan. Akhirnya apa? Bangkrut
masuk penjara. Mike Tyson pun dapat 5
triliun dari tinju. Akhirnya apa?
akhirnya habis juga karena lifestyle dan
drama yang dia bikin. Jadi kita selalu
lihatlah orang yang flexing, pamer
kekayaan segala macam itu biasanya
enggak berakhir baik sih. Dan semua
kisah ini juga nunjukin satu hal gitu
ya. Selain cara menghancurkan manusia
adalah dengan ngasih dia banyak uang
yaitu adalah kekayaan yang datangnya
cepat seringki pergi lebih cepat.
Apalagi kalau kita flexing, kalau kita
gembar-gembor kekayaan tersebut. Jujur
gua sendiri juga merasakan popularitas
dan persepsi orang bahwa kita kaya itu
justru malah bikin gua kurang nyaman.
Dulu gua tuh sering banget nunjukin muka
di 1%. Sekarang udah enggak pernah.
Kenapa? Karena enggak nyaman. Kadang ada
aja orang yang ngenalin gitu ya. Mau
nongkrong enggak bisa sebebas itu.
Kadang diajak foto tiba-tiba. Kalau ke
mana-mana enggak bisa pakai outfit yang
gembel gitu. Ke mall tuh harus hati-hati
gitu ya. mau mesan Grab misalnya mungkin
kalau gua terkenal gitu lebih terkenal
dari zaman dulu ya yang sering nunjukin
muka ya bisa jadi gua hati-hati gitu
karena takut ditarget kan takut dirampok
gitu loh malesin banget padahal 1%
sendiri apakah gua kaya ya enggak juga
apakah gua famous dulu enggak juga
enggak sefamous itu karena memang konten
kita 90% faceless enggak ada mukanya
tapi adik aja yang ngenalin gitu ya dari
dulu sampai sekarang sekarang sih udah
jarang alhamdulillah ya ke mana-mana
dulu gua enggak bisa setenang sekarang
sih dan Orang-orang juga seringki
mempersepsikan orang yang punya YouTube
dengan subscribers besar jutaan itu kaya
gitu. Padahal enggak juga sebenarnya
gitu ya. Bahkan sedihnya adalah ketika
lu dipandang sebagai orang kaya dan
populer adalah seringkiali orang tuh
melihat lu bukan lagi sebagai manusia
dalam tanda kutip tapi justru
orang-orang bahkan teman terdekat lu itu
bakal melihat lu sebagai ATM berjalan.
Yes. Lu bukan lagi dipandang manusia
oleh sekitar lu, tapi lu adalah ATM.
Saat orang tahu lu kaya, mereka bakal
ngelihat lu berbeda. 180 derajat. Lu
bukan lagi hanya sekedar teman, lu bukan
lagi hanya sekedar saudara, bukan lagi
hanya sekedar pasangan, tapi lu adalah
mesin ATM. Kebanyakan orang mungkin akan
datang, apalagi orang Indonesia ya,
bukan buat silaturahmi dalam tandah
kutip, tapi buat nyari solusi keuangan.
Dan kalau lu nolak lagi di Indonesia
sering banget ya dibilang pelit. Kalau
lu kasih mereka balik lagi dan lagi dan
lagi jadinya manja. Dan itu belum
ngebahas hal lain yang bisa muncul gitu
ya. Yaitu adalah ini bisa memercik rasa
yang namanya iri hati. Bahkan lu enggak
usah pamer lu makan di restoran terus lu
insta story gitu ya. Teman lu mungkin
langsung ngerasa wah udah enggak selevel
lagi nih. Lu pergi ke luar negeri lu
insta story. Teman lu mungkin udah
ngerasa kayak wah udah kaya banget nih
lu kalau mau traktir teman lu. Mungkin
teman lu yang mungkin enggak sekaya lu
yang miskin gitu ya. mungkin bakal
canggung lu enggak traktir mereka
mungkin bakal bilang, "Oh, pelit banget
sih." Ya, mungkin kebanyakan seperti itu
ya di Indonesia gitu. Relasi yang
tadinya dibangun karena orang tuh suka
sama diri lu gitu ya, berubah jadi soal
benefit gitu. Jadi, hubungan tuh mungkin
akan terasa lebih transaksional. Jadi,
mungkin kalau lu udah kaya lu mungkin
akan merasa gitu dia ini orang temenan
sama gue karena gua populer bukannya
karena gua kaya bukannya atau karena gua
bisa bantu sesuatu bukannya gitu. Nah,
that's why memang cara terbaik untuk
hidup di zaman sekarang sebenarnya
adalah jangan pamer sih gitu. Kalau kaya
ya mending diam, enggak usah
bermewah-mewah gitu, santui aja. Bahkan
kalau bisa lu pura-pura miskin aja gitu.
Karena apa? Karena konsep pura-pura
miskin atau kalau bahasa kerennya adalah
stealth wealth atau konsep hidden
billionaire ini adalah tools yang sangat
berguna buat lu untuk nyari hubungan
yang lebih tulus untuk lu hidup bisa
lebih nyaman, lebih santui, dan
menghindari orang-orang yang oportunis.
Dan flexing juga bukan cuma soal
oportunis ya. Ya, sebenarnya kalau lu
kaya, lu mungkin akan berteman dengan
orang yang cenderung selevel sama lu
gitu. Minimal dari segi intelektual.
Syukurlah kalau lu bisa menemukan teman
seperti itu. Dan gua jujur menemukan
juga sih banyak teman yang seperti itu
yang enggak melihat kita sebagai ATM.
Tapi flexing itu bahayanya bukan cuma
itu, bukan cuma dari teman-teman, dari
keluarga yang akhirnya mungkin nanti
jadi ngarap dalam tanda kutip gitu ya.
Bukan soal itu doang. Jadi flexing itu
bahaya karena pertama itu Nora. Jadi
orang mungkin bakal iri, bakal memandang
lu negatif, tapi juga di sana lu bakal
ngasih sinyal. Ibaratnya ke predator
lah. Eh, gua punya nih gitu ya, daging
segar gitu. Makan gua dong, makan gua
dong. Itu kayak lu ngasih sinyal ke
hiu-hiu di luar sana untuk merampok el.
Jadi bukan cuma gengsi, bukan cuma
karena nora doang, tapi nyawa lu juga
bisa kena. Lu bisa kena perampokan,
penculikan, penipuan digital sampai ke
pembunuhan.
Terus gimana dong caranya biar kita bisa
kaya terus selamat dari kekayaan
tersebut? Karena tadi kan rumusnya
adalah cara ngancurin hidup orang ya
kasih duit aja yang banyak nanti juga
hancur gitu. Caranya adalah dengan
konsep stealth wealth. Jadi kalau udah
kaya diam-diam aja ya. Jadilah seperti
kapal selam bukan kapal pesiar apalagi
kapal Titanic yang akhirnya tenggelam
juga. Enggak usah jadi mainstream jadi
side aja. Memang sih kita gak terlalu
kelihatan di permukaan orang gak
mengenal kita. Tapi ya sebenarnya lu
lebih powerful dari kapal pesiar yang
kelihatan mewah tapi banyak yang
nyerang. Banyak bajak laut yang narget.
Tapi kalau lu jadi kapal selam ya enggak
ada yang narget lu karena enggak ada
yang bisa ngelihat lu. Orang juga enggak
tahu lu seberapa kayak lu kan. Dan lu
juga akan terhindar ya dari berbagai
macam barang-barang yang pertama norak.
Yang kedua adalah barang tersebut juga
enggak guna-guna amat gitu. Jadi ada
istilah namanya tuh quiet luxury gitu
ya. Jadi gak ada logo gede, tapi
kualitasnya tuh buat yang ngerti itu
bagus. Lu mungkin beli sweater yang
kelihatannya biasa aja, tapi sebenarnya
harganya mahal gitu ya. Misal harganya
ya orang mungkin mikir berapa R juta R
juta, tapi ternyata lu belinya yang
harganya Rp50 juta gitu. Dan tujuannya
tuh bukan buat pamer, tapi memang itu ya
lasting pieces aja. Itu baju yang enggak
bakal lekang oleh waktu ya, yang bisa
diturunin ke anak-anak lu gitu. Jadi itu
contoh quiet luxury gitu. Bason research
juga ini terbukti gitu ya. Kalau tas-tas
mahal gitu ya dan lain-lain ya tentunya
yang enggak Nora ya kalau bisa. Karena
kalau Nora lagi-lagi lu bakal dirampok
ya. Jadi pilih hal yang tahu-tahu aja
gitu. Ini tuh mahal bisa dijual kembali
gitu ya. Dan ya faktanya memang itu bisa
ngebangun kekayaan lu juga. Dan
sebenarnya jadi miskin juga enggak salah
ya guys ya. Indonesia juga sebenarnya
punya beberapa contoh keren kan. Contoh
Muhammad Hatta yang mungkin udah tahu
kisahnya gitu ya. Wapres hidupnya super
sederhana. Founding fathers of Indonesia
gitu ya. Ada juga Pak Sutami, Menteri
Proyek Raksasa, tapi rumahnya ya bocor.
Listriknya juga pernah dicabut ya. Kalau
kita lihat dari film-film ada Peter
Parker. Miskin banget sih. Tapi bisa
jadi superhero yang bisa nyelametin
dunia gitu. Dan jadi enggak kaya juga
sebenarnya enggak. Bukan berarti lu
hidupnya enggak honorable ya. Justru
orang-orang ini kan honorable gitu.
Kalau ada yang mau debat ini orang
karena miskin terus mereka enggak
ngasilin impact ya menurut gua lu
menilai hidup dari angka doang sedih
banget sih gitu ya. lu menilai Muhammad
Hatta gitu misalnya, nilainya lebih
rendah daripada lu yang lebih kaya gitu.
Menurut gua itu cara pikir yang rendahan
sih, karena nama-nama mereka ini bisa
dikenang dalam sejarah. Dan orang-orang
ini harusnya ngerti ya kenapa mereka
enggak ngejar kekayaan. Karena kekayaan
sejati sebenarnya bukan cuma soal duit
di rekening, bukan cuma soal angka gitu,
bukan cuma soal penampilan juga, tapi
soal value lu gitu. Karena sebenarnya
kalau lu belajar dikit soal kapitalisme
gitu ya, lu bakal sadar kalau sistem ini
tuh bakal bubble ini bubble yang bentar
lagi bakal hancur gitu loh di
kapitalisme ini ya. Ini tuh bubel yang
sedikit lagi bakal hancur. Utang tuh
udah terlalu banyak gitu dicetak di
dunia ini gitu. Ya lu lihat aja utangnya
US gitu kan. Jadi kalau suatu hari lu
dapat rezeki gede ya datang ke lu,
jangan lupa terapin tiga hal ini.
Pertama kalau lu tiba-tiba dapat warisan
segala macam, lu diam dulu 6 sampai 12
bulan. Jangan ngapa-ngapain. Lu simpan
uangnya minimal di deposito. Kalau lu
lebih pintar dikit mungkin ke reksa dana
pasar uang, mungkin kalau lu udah lebih
jago dikit soal investasi atau trading,
ya berapa persen lu taruh crypto, taruh
emas ya secara balance gitu. Jadi kalau
lu dapat duit, simpan aja duitnya.
Enggak usah resign langsung, enggak usah
langsung beli mobil, beli rumah. kasih
waktu buat otak lu untuk adaptasi. Terus
yang kedua, kalau lu udah jadi orang
kaya, lu harus belajar bilang tidak,
belajar bilang enggak. Kalau masih
miskin, ya tentu sebaliknya, ya.
Banyakin bilang iya. Say yes to
everything, say yes to every
opportunity. Jangan kebalik kayak Genzi
zaman sekarang ya. Kebanyakan Genzy itu
kebalik. Pas masih miskin banyak bilang
enggak. Pas dapat duit dikit gitu ya,
dapat berapa juta dikit gitu banyak
bilang iya. Jadi kebalik gitu. Ee pas
kaya dikit bilang iya, pas miskin banyak
bilang enggak enggak mau gua gitu.
Akhirnya apa ya? Konser. Iya. healing.
Iya, tapi akhirnya boncos gitu. Jadi,
itu tips yang kedua. Tips yang ketiga
adalah pelajari bahwa yang berharga dari
punya uang banyak sebenarnya bukan soal
uangnya doang, tapi lebih ke waktu. Di
waktu tuh seringkiali lebih berharga sih
daripada uang. Jadi, gaji lu mungkin
boleh gede, tapi kalau lu enggak punya
waktu, ya enggak bisa dinikmatin juga,
kan. Jadi, ada baiknya sadari bahwa
waktu itu berharga dan ketika lu punya
uang, lu bisa membeli waktu lebih banyak
untuk hal yang lebih penting daripada
uang itu sendiri. So, e itu pesan aja
karena suatu hari gua yakin salah satu
dari subscriber 1% gua yakin lu akan
mencapai mungkin 1200 500 juta pertama
akan mencapai R miliar pertama lu. Itu
artinya lu udah masuk ke zona orang kaya
ya 10% teratas di Indonesia at least.
Dan ingat aja value manusia itu bukan
soal seberapa besar uang yang lu punya.
Tapi seberapa oke sih lu menghidupi
hidup lu, seberapa bahagia lu, seberapa
berimpact ke el gitu. Karena di dunia
yang sekarang semua orang teriak untuk
show off, kadang kekuatan paling besar
adalah kemampuan buat diam. Jadi,
stealth wealth is the real super power
di zaman di mana sekarang semua orang
flexing. Oke, so semoga video ini
ngebantu. Gua Evan 1%. Well, thanks
[Musik]