Transcript
D8KlVReeX-0 • Mahasiswa: Organisasi Buang Waktu! Mending Magang?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0757_D8KlVReeX-0.txt
Kind: captions
Language: id
Aktif organisasi pas jadi mahasiswa itu
buang-buang waktu. Sekarang mungkin lo
sering dengar quotes dan omongan yang
kayak tadi. Aktif organisasi itu udah
dirasa enggak penting sekarang karena
ternyata dampaknya tuh enggak sebagus
yang diharapkan oleh orang-orang. Dan
untuk ngecek ini sebenarnya simpel. Coba
aja lu riset dikit, lu cek ketua atau
wakil ketua BEM lu, ketua wakil ketua
himpunan lu 1 sampai 10 tahun ke
belakang. Bahkan lu bisa juga cek Mapres
yang aktif di organisasi di kampus.
Berapa banyak sih dari mereka yang bisa
kerja di tempat bagus, bisa banyak duit,
bisa sukses. Harusnya sih gua bisa
bilang enggak banyak. Banyak yang
akhirnya malah melempem ketika habis
lulus. Sekarang pun kita bisa lihat ya,
pemerintah juga nge-push banget biar
makin banyak mahasiswa bukan masuk
organisasi tapi justru untuk ikut
magang. Terutama lewat program-program
kayak magang merdeka atau sekarang
namanya adalah magang berdampak. Tapi
faktanya banyak juga ya mahasiswa yang
enggak ikut organisasi, ikut magang sana
sini. Udah magang 3 sampai empat kali
sebelum lulus. Bahkan ada yang udah 78
kali magang. Tapi kok mereka yang magang
ini juga enggak sukses juga ya setelah
lulus. Enggak heran banyak sertifikat
magang cuma jadi bahan flexing di Linkin
doang. dan udah berhenti di sana. Buat
lo yang mahasiswa akhirnya
bertanya-tanya, "Jadi mending gua magang
atau mending organisasi atau mending gua
ngapain gitu." Nah, barusan gua baru aja
bahas tentang hal-hal negatif dari
magang dan ikut organisasi. Tapi tentu
ada hal positifnya juga dong dan
opportunity cost dari keduanya supaya lu
bisa tahu lu harus milih yang mana.
Welcome to Career Advice. Ini adalah
segmen baru dari 1% khusus buat lu yang
baru lulus SMA, mahasiswa atau fres
grade. Stay tune, tonton video ini
sampai habis.
[Musik]
Oke, Guys. Sebelum lanjut, gua mau
ngasih tahu info buat lu yang lagi
ngerasa bingung, ngerasa stuck sama
hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal
karir, pendidikan, hubungan, keluarga,
pernikahan, atau hal-hal personal
lainnya, sekarang 1% tuh nyediain
psikotes premium. Di dalam psikotes
premium ada berbagai pilihan tes yang
dirancang buat ngebantu lu lebih paham
siapa sih diri lo sebenarnya. supaya lu
bisa ngambil keputusan hidup lu dengan
lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin
berbagai jenis tes psikologi
profesional. Jadi, setiap lu beli, lu
bakal dapat beberapa psikotes disatuin
reportnya jadi puluhan halaman untuk
hasil yang akurat dan personal. Lu bisa
baca puluhan halaman ini. Dan yang
paling keren, kalau lu enggak ngerti
atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat
insight lanjutan lewat konsultasi bareng
expert dari 1% langsung berdasarkan
hasil tes lu. Langsung aja kunjungi
1.bio/psicotespremium
buat info lebih lanjut.
Pertama-tama lu harus paham dulu
perbedaan dasar antara magang dan
organisasi. Magang itu adalah ajang
belir resik bisa dibilang. Sebelum masuk
dunia kerja, lu enggak cuma pakai teori,
tapi lu langsung nyelesaiin masalah
nyata di perusahaan. Lu diajarin cara
kerja profesional, ada mentor yang
mungkin ngebimbing lu, kadang dapat gaji
dan pasti dapat relasi. Intinya magang
itu mengasah hard skill lu dan ngasih lu
gambaran dunia kerja tuh kayak gimana.
Dan ini jelas sangat berbeda dengan
ketika lu diorganisasi. Tapi magang juga
enggak bisa asal magang. Ada juga magang
yang enggak nambahin skill karena enggak
dikasih tugas, enggak dikasih belajar,
dan enggak dapat project yang berdampak.
Nah, itu barusan plus minus magang.
Kalau organisasi, organisasi itu instead
of hard skill sebenarnya dia lebih ke
ngembangin soft skill, ngembangin
komunikasi, ngembangin leadership, time
management, dan juga networking.
Terutama networking sih ya. Karena gini,
lu kalau masuk organisasi ada
kemungkinan besar lu masuk ke kumpulan
minimal ya 30, 40, 50 orang. Dan kita
enggak pernah tahu ya teman kita di
organisasi itu bisa jadi apa, bakal jadi
orang penting apa enggak, bakal bisnis
di mana dan lain-lain. Baru kita tahunya
tuh biasanya 5 sampai 10 tahun ke depan.
Di mana 5 sampai 10 tahun itu kita bisa
masuk project itu karena teman di
organisasi tersebut. Jadi menurut gua
organisasi itu ya lebih ke soft skill,
lebih ke networking. Minusnya apa?
minusnya ya biasanya enggak digaji
enggak dapat duit malah biasanya lu
ngeluarin duit dan mungkin enggak
terlalu ngasah hard skills dibanding
sama magang. Terus kita harus milih yang
mana? Nah, di sini sebenarnya kita bisa
mulai cek data.
Kalau kita cek dari data dari program
magang berdampak 2025 ini versi baru
dari magang merdeka ya. Magang berdampak
itu bilang kalau 16,52%
peserta dari magangnya itu langsung
dapat job. Artinya hampir dua dari 10
orang itu bisa dapat langsung koneksi ya
ke pekerjaan tetap. Bahkan kalau secara
global angkanya tuh bisa lebih tinggi.
Jadi kalau dari angka dari NISE ini
riset dari lembaga di luar negeri itu
sekitar 50% populasi kerja itu biasanya
dapat kerja full time karena mereka udah
magang. Studi yang lain juga bilang
kalau 52,3% kesiapan kerja mahasiswa itu
biasanya datang dari pengalaman magang.
Nah, makanya kalau lu mau masuk
industri, lu mau jadi pekerja, lu kudu
mulai dari magang. Mungkin banyak yang
ngeluh ya, minusnya adalah ya tapi
magang dibayarnya kecil atau kena
pressure kayak karyawan full time. Well,
benar. Tapi kalau menurut gua, sekali
lagi gua ulang, justru lu harus nyari
magang yang banyak pressure-nya. Karena
semakin banyak pressure, semakin banyak
resiko, semakin banyak lu salah, lu bisa
belajar banyak. Bahkan kalau kita lihat
salah satu contoh Warren Buffett ya,
Warren Buffett ini kalau lu enggak tahu
dia itu punya uang ribuan triliun. Dulu
Warren Buffett itu maksa buat magang
sama Benjamin Graham. Ini Benjamin
Graham itu investor legendaris yang
bikin buku di Intelligent Investor. Dan
si Ben Graham juga pada masanya juga
bilang, "Bahkan harusnya si bocah Warren
Buffett ini bayar kalau mau magang sama
gua." Karena ilmunya tuh banyak banget.
Dan mungkin ya mungkin kalau si Warren
Buffet enggak magang sama nih orang,
bisa jadi Warren Buffett itu enggak
punya harta ribuan triliun seperti
sekarang. Jadi magang itu memang very
impactful kalau misalnya lu magang di
tempat yang tepat. Jadi sekali lagi
kuncinya adalah magang di tempat yang
tepat. Lu harus belajar. Jangan cuma
fotokopi, jangan cuma bikinin kopi,
jangan makan gaji buta karena impactnya
tuh gede banget. Nah, terus gimana
dengan organisasi? Well, banyak yang
ngeremehin karena enggak digaji cuma
buang-buang waktu bahkan katanya jadi EO
enggak jelas dan lain-lain. Tapi gini,
riset gabungan dari Harvard, Stanford,
dan Carnegi bilang kalau 85% kesuksesan
karir itu sebenarnya ditentuin dari soft
skill, hard skill itu cuma 15%. Studi
lain juga nunjukin kalau pengalaman
organisasi itu gede banget pengaruhnya
ke kesiapan kerja dibanding sama magang.
Jadi ada riset yang nunjukin kalau lu
berorganisasi pengaruhnya ke kesiapan
kerjanya adalah 43,8%
dibandingkan 20,5%. Ini kalau magang.
Belum lagi soal networking ini yang tadi
gua bilang pada akhirnya orang yang
organisasi itu bakal punya banyak dalam
tanda kutip orang dalam. Ordal. Enggak
kerasa dalam 2 sampai 5 tahun. Tapi gua
yakin buat lu yang mungkin umur 30, umur
35, 40. Coba komen buat lu yang ngerasa
diuntungkan dari ikut organisasi, ikut
volunteir dan lain-lain. Karena di umur
30 sampai 40-an mungkin teman-teman lu
ketika organisasi yang dulu bego-bego
nih sekarang udah ada di posisi besar di
banyak company. Yang dulu mungkin
IPK-nya dua, IPK-nya satu, bisa jadi
sekarang jadi wakil presiden. I kan
mungkin lu akan dipilih untuk project
karena ya mereka kenal aja dengan lu
atau malah jadi kompetitor besar
bareng-bareng. Nah, ini sama kayak kasus
Nadim Makarim. Jadi, Nadim Makarim itu
fun fact-nya adalah dia kan bikin Gojek.
Nah, ternyata dia tuh S2 bareng dan
temenan katanya sih temenan baik sama
founder Grab di Harvard di tahun 2011.
Ini hasil dari apa? Ya tentu dari
networking-nya. Pada akhirnya menurut
gua lu enggak harus milih salah satu sih
ya. Lu bisa pilih dua-duanya. Tapi gini,
pernah magang atau pernah ikut
organisasi itu tuh cuma status. Yang
penting adalah kontribusi lu di magang
di organisasi itu ngapain? Lu belajar
apa, lu punya network sama siapa? Pas
nongkrong lu bahas hal yang berguna apa
enggak? Dan apakah semua hal yang lu
pelajari, yang lu dapatin di magang dan
organisasi bisa enggak nih dijadiin
bekel lo di masa depan? Karena ya yang
satu ngasah leadership, soft skill,
komunikasi, dan lain-lain. Magang juga
ngasih lu batu loncatan buat direkrut
ya, buat hard skills-nya yang bisa lu
terapin langsung. Jadi balik lagi kalau
lu ikut salah satu atau keduanya, please
coba untuk all out. Please coba untuk
punya tujuan yang jelas. Karena ikut
doang itu enggak cukup. sama seperti
yang gua bilang di intro video tadi.
So, bisa enggak sih jalanin keduanya
bareng? Well, kalau menurut gua bisa,
tapi lu kudu punya time management yang
rapi, harus punya komitmen yang kuat,
dan lu harus punya mental baja. Gua
kenapa bisa ngomong kayak gini? Karena
gua pernah ngelakuin kedua hal tersebut.
Dulu gua tuh ikut organisasi 3 tahun.
Kebetulan di BM fakultas. Gua ikut
berbagai macam kepanitiaan juga. Sampai
di tahun 2018 gua tuh sempat jadi ketua
BEM atau mungkin di beberapa kampus
namanya Presiden Mahasiswa di Psikologi
UI. Terus di saat yang sama dari tahun
2015 sampai gua lulus, gua juga rajin
ikut magang. Gua magang di berbagai
perusahaan e education technology.
Pertama dari Ruang Guru, terus habis itu
Zenius. Gua juga magang sempat di
Mamikos. Jadi gua magang di banyak
tempat di mana tiga-tiganya ini gua
magang itu jadi fondasi buat gua
ngebangun ya company gua sendiri gitu
ya. Dan dulu karena gua malas kuliah
lama-lama juga, makanya gua ngejar biar
gua bisa lulus 3,5 tahun dan ee ya
syukurlah ya bisa tercapai. Posibel
enggak sih untuk dilakuin? Ya posibel
gitu ya. Dan ini juga sebenarnya
compounding ya. Jadi gua enggak bisa
bilang instan karena dulu gua juga
sebelum bikin companies gua juga kerja
dulu di beberapa startup setelah lulus
sambil bikin 1%. Jadi menurut gua
bisa-bisa aja dilakuin perlahan-lahan
nanti enggak kerasa lu tiba-tiba punya
company sendiri atau lu udah jadi
manajer dan lain-lain. Nah, jadi game
plan-nya adalah kalau lu adalah anak SMA
sekarang atau lu udah mahasiswa, lu bisa
fokus ke organisasi buat jadi part-time
saat kuliah. Jadi kuliah tuh jangan cuma
jadi kupu-kupu sih menurut gua. Lu harus
ngelakuin sesuatu. Salah satu yang bisa
lu lakuin adalah organisasi. Pas jadi
mahasiswa itu memang networking enak
banget gitu ya. Karena lu semua
sama-sama miskin, lu semua sama-sama
masih bodoh, lu semua sama-sama masih
enggak tahu mau ngapain. Tapi lu
berteman sama semua orang, lu kenalan
sama semua orang, bikin jaringan, kerja
tim, ya. Lu kalau udah nemu teman yang
oke, yang jago, ya lu berteman terus
karena itu bakal jadi buat upgrade soft
skills. Nah, kalau libur kuliah nih nih
banyak juga nih libur kuliah banyak yang
gabut. Nah, untuk magang menurut gua
bisa dilakuin pas libur kuliah. Lu
siap-siap tapi untuk kirim CV itu
sebelum libur kuliah gitu. Itu yang gua
lakuin dulu juga. Jadi libur kuliah tuh
dipersiapkan, jangan gabut, mending lu
target gitu ya lu mau magang di company
apa. Hitung-hitung siapa tahu kan dapat
duit, dapat pengalaman juga. Tapi gimana
kalau lu ngerasa wah organisasi atau
magang bukan buat gua? Ya, yang penting
sebenarnya jangan gabut karena ada
banyak jalan lain. Lu bisa ikut lomba
gitu kan, lu bisa mulai bisnis sendiri,
lu bisa bangun personal branding, lu
bisa bangun personal project atau lu
tekuni skill tertentu sampai lu jago
biar jadi ciri khas lu. Gua punya teman,
teman gua ini fokus di fotografi sejak
kuliah. Kupu-kupu sih orangnya, tapi
akhirnya bisa bikin agensi marketing
yang oke. Terus gua juga ada teman yang
dari dulu udah bikin bisnis ya, sekarang
juga bisnisnya makin besar meskipun dulu
sering gagal. Pada akhirnya apapun
jalannya selama lu serius, selama
strateginya bagus, sebenarnya bakal
sukses-sukses aja pada waktunya. Yang
jelas memang enggak ada jalur paling
sempurna sih menurut gua. Yang ada
adalah cuma strategi yang paling cocok
buat kondisi lu dan lu sebenarnya enggak
harus tahu semua dari dulu gitu ya. Itu
nanti bakal ada ups and downs-nya
sendiri. Nah, buat lu sekarang mungkin
lu adalah fresh grade dan lu ngerasa lu
belum ngapa-ngapain. Lu adalah
mahasiswa, lu adalah anak SMA, lu
ngerasa belum ngapa-ngapain. It's ok.
Karena gua dulu juga ikut organisasi.
itu baru pas kuliah. Dulu tuh gua pas
SMA kerjaan gua cuma nongkrong,
nongkrong, ngerokok gitu ya. E balik ke
rumah udah malam gitu main Dota dan
lain-lain. Tapi salah satu hal dulu yang
ngubah gua itu sebenarnya adalah ketika
gua lihat hasil psikotes gua sih pas di
kelas 3 SMA gitu. Jadi gua ngelihat oh
ternyata gua bisa oke di leadership, lu
bisa oke di seni dulu hasil gua. Nah,
buat lu yang bingung, lu belum
ngapa-ngapain juga, saran gua juga ini
bisa jadi hal yang lu lakuin, yang gua
rekomendasiin adalah untuk ikut
psikotes. Jadi, psikotes tuh ada di
mana-mana gitu ya. Tapi lu juga bisa
ngerjain psikotes dari 1% ada yang
gratis, ada yang berbayar. Kalau yang
premium gua saranin lu beli yang minat
bakat atau kepribadian gitu. Karena ini
harganya juga affordable buat mahasiswa.
Siapa tahu jangan-jangan selama ini lu
punya potensi tapi lu enggak sadar, lu
enggak memanfaatkan potensi itu. Jadi,
meskipun itu gambaran doang dari
psikotes belum tentu benar juga kan.
Tapi seenggaknya lu jadi tahu, oh ke
depannya gua kayaknya ada di bidang ini,
ini, ini. Nah, dari sana lu bisa
nge-snipe opportunity untuk ke magang
atau organisasi yang selaras dengan
hasil psikot eksklusi. Hopefully video
ini bisa ngebantu ya, terutama untuk
teman-teman mahasiswa ya. Kalau misalnya
lu ada pertanyaan, lu bisa ke comment
section aja karena kemungkinan besar gua
akan jawabin semua ya gua atau tim gua
lah ya bakal jawabin semua. E akhir kata
gua 1% well thanks
[Musik]