File TXT tidak ditemukan.
Transcript
vByxYKUkzOs • Kenapa Anak Populer Malah Gagal setelah Dewasa?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0756_vByxYKUkzOs.txt
Kind: captions Language: id Lu sadar enggak sih ada banyak tipe orang yang dulunya tuh culun, dulunya kutu buku enggak dianggap di sekolah? Kok banyak ya yang pas udah gede masuk kuliah udah kerja mereka malah jadi glow up makin ganteng makin cakep. Mereka punya karir yang keren, punya gaji gede, bahkan jadi bisnismen yang sukses. Anehnya orang-orang yang dulu terkenal, populer jadi pusat perhatian di sekolah malah banyak yang enggak sesukses mereka atau lebih buruk mereka itu gagal dalam kehidupan. Sering banget gua lihat anak-anak populer ini karena kenekalan mereka saat remaja malah jadi masuk penjara, malah jadi gak punya duit. Sering banget minta-minta uang, pinjam duit, dan kena banyak masalah pas udah gede. Makanya di sini gua pengen coba ngajak lu lihat. Coba lu ingat-ingat deh teman lu SMA atau kuliah yang dulu itu nerd, culun banget, tapi kok sekarang sukses. Coba bandingin sama dia versi yang dulu. Yang dulunya cupu, kalem, enggak hits itu kayak gimana? dan yang dulunya populer itu apakah sekarang sukses atau enggak? Karena mungkin selama ini kita salah menilai. Jangan-jangan yang dulu dibilang aneh justru bibit unggul. Justru adalah bibit-bibit sukses. Dan yang dulunya populer jangan-jangan cuma menang di zaman dulu doang. Jangan-jangan cuma menang di sekolah doang. Tapi di dunia nyata eh malah kalah. Kita bakal bahas fenomena ini. Welcome to kelas kehidupan by 1%. Stay tune. Tonton video ini sampai habis. [Musik] Oke, Guys. Sebelum lanjut, gua mau ngasih tahu info buat lu yang lagi ngerasa bingung, ngerasa stuck sama hidup akhir-akhir ini. Entah itu soal karir, pendidikan, hubungan, keluarga, pernikahan, atau hal-hal personal lainnya, sekarang 1% tuh nyediain psikotes premium. Di dalam Psikotes Premium ada berbagai pilihan tes yang dirancang buat ngebantu lo lebih paham siapa sih diri lo sebenarnya supaya lo bisa ngambil keputusan hidup lu dengan lebih baik. Psikotes ini tuh ngegabungin berbagai jenis tes psikologi profesional. Jadi setiap lu beli lu bakal dapat beberapa psikotes disatuin reportnya jadi puluhan halaman untuk hasil yang akurat dan personal. Lu bisa baca puluhan halaman ini. Dan yang paling keren, kalau lu enggak ngerti atau lu ada pertanyaan, lu bisa dapat insight lanjutan lewat konsultasi bareng expert dari 1% langsung berdasarkan hasil tes lu. Langsung aja kunjungi 1.bio/psicotespremium buat info lebih lanjut. Semakin lu fokus belajar, semakin lu fokus sama diri lu sendiri, semakin lu fokus sama kegiatan lu sendiri, semakin lu dibilang culun di sekolah, semakin lu dijauhin, semakin lu enggak punya banyak teman dan lu susah dapat pacar juga. Dan ini kebalik sama anak yang populer ya. Semakin mereka nakal, semakin mereka nge-bully orang, semakin mereka ngelabrak, semakin mereka gosipin orang, kok mereka malah semakin banyak dapat teman dan banyak orang yang pengen temenan sama mereka. Pola ini seringkiali keulang di sekolah dan kampus. Nah, yang gua sebut tadi di awal itu adalah orang yang disebut dengan nerd atau anak culun. Mereka ini identik sama orang yang mungkin bisa dibilang agak minter ya, agak pintar tapi enggak lues secara sosial. Jadi enggak punya banyak teman mereka. mungkin bisa jadi pintar di akademik, punya minat yang nich atau beda ya, dan enggak ngerti cara ikut tongkrongan yang populer. Sebenarnya kita bisa banget lihat ini dari kasus Elon Musk ya, yang ibunya sendiri tuh bilang kalau dia tuh anak nerd yang hidupnya tuh sulit sekali saat masih kecil dan bahkan dia sampai bilang juga ibunya Elon Mas ya bilang bahwa Elon Mas tuh enggak ngerti betapa sulitnya hidup dia saat masih kecil. Nah, menariknya kita juga bisa lihat pola ner atau keculunan yang sama di founder-founder startup tech lain yang akhirnya jadi sukses ya kayak Mark Zeb, kayak Bill Gates dan lain-lain. Dan uniknya pola ini tuh bukan cuma ada di startup founders ya atau di tech founders yang cenderung tentu foundernya adalah e wibu atau techners dan lain-lain gitu ya. Kok kayaknya ini terjadi juga di banyak orang lain. Ini gua ngelihat salah satu postingan bertahun-tahun lalu postingannya Arif Muhammad. Ada komen dari Jejo, ada komen dari banyak influencers juga yang setuju kalau anak yang populer zaman SMA gedenya tuh enggak jadi apa-apa gitu. Bahkan si Jejo ini bilang, "Kebanyakan yang bully gua pas SMA sekarang malah minta kerjaan ke gua." Nah, pertanyaannya kok bisa sih orang-orang ini tuh populer di sekolah tapi gagal di dunia nyata? Oke, kita lihat masalahnya ya. Masalahnya ternyata memang ada di strata sosial yang unik yang terjadi hanya di sekolah. Dunia sekolah itu sebenarnya memang lebih ngasih panggung ke orang yang cakep, orang yang stylish, orang yang rame, orang yang mungkin suka bully orang yang agresif, yang dominan, dan yang beken di organisasi. Tapi buat orang yang pintar atau punya prinsip sendiri atau punya kesibukan sendiri, itu mereka enggak akan masuk ke strata sosial unik ini di sekolah. Karena semakin lu minter, semakin lu sibuk sendiri, semakin kecil kemungkinan lu akan jadi anak hits, anak is populer, dan lain-lain. Jadi memang sistem sosial di sekolah itu tidak menganggap kecerdasan itu sebagai hal yang penting. Justru malah di Indonesia ya semakin lu banyak baca buku, semakin lu cerdas kayak ih rajin banget gitu kan. Jadi ada stigma tersendiriah terhadap orang yang ambi, terhadap orang yang cerdas apalagi di bidang yang beda gitu. Nah, menariknya adalah gini. Sebetulnya kalau lu populer di sekolah itu sebenarnya bukan berarti lu disukai sama banyak orang, tapi justru memang lu populer aja, lu seakan-akan disukai oleh banyak orang. Karena popularitas itu berbeda dengan likeability ya. Jadi popularitas itu status sosial. Kalau likeability atau disukai oleh orang itu adalah kualitas hubungan. Nah, uniknya based on research ya. Ini gua bilang anak-anak populer ini justru kebanyakan malah banyak yang gak suka. Banyak yang benci, banyak yang iri, banyak yang dengki, banyak juga yang temenan sama mereka. Mungkin yang temenan sama mereka banyak ya, tapi kebanyakan bukan karena temenan beneran, tapi justru cuma mau pansos doang alias panjat sosial. Makanya gak heran ada study e ini study dilakuin 10 tahun dari University of Virginia itu nemuin kalau remaja yang fokus ngejar popularitas ngejar biar mereka populer di sekolah itu punya resiko lebih tinggi untuk kena anxiety disorder dan depression pas umur 25 setelah lulus. Kenapa? Karena mereka lebih punya banyak musuh dan mereka memang punya banyak teman tapi kebanyakan temannya tuh fake. Jadi enggak akan stay long term dibandingin orang-orang biasa dan orang-orang culun. yang mungkin temannya sedikit tapi punya teman yang berkualitas. Jadi, kuncinya sebenarnya di pertemanan yang berkualitas. Jadi, enggak semua sebenarnya orang populer ini gagal. Tapi biasanya yang gagal itu yang tidak punya teman yang berkualitas. Karena untuk orang-orang biasa yang pertemanannya biasa aja tapi berkualitas gitu ya, lu mungkin punya teman 3 sampai 5 tapi lu self development terus gitu ya dari sana justru mereka akan tumbuh ini based on research ya yang tadi tumbuh dengan selfworth yang lebih tinggi dan mental health yang lebih sehat. Jadi wajar kalau banyak yang dulunya hits itu sekarang justru burn out. Banyak yang dulunya populer sekarang justru jadi stres karena ternyata popularity itu capek dan enggak selalu bikin bahagia ketika udah dewasa. Jadi, sekali lagi penting untuk diingat ggak semua orang yang populer itu gagal. Tapi justru orang yang populer cuma karena status popularitas mereka doang, tapi mereka enggak disukai sama orang. Jadi banyak orang yang enggak suka. Itu yang enggak akan gagal, gitu. Jadi, anak yang populer karena baik hati, karena ramah, bisa bergaul dengan banyak orang. Jadi, banyak orang yang teman mereka tuh tulus gitu ya, likability-nya tinggi. Justru cenderung memiliki keterampilan sosial yang bikin mereka tuh sukses di kemudian hari. Dan memang ini dibuktikan juga oleh riset gitu ya. Mereka yang populer punya banyak teman yang tulus di sekolah itu cenderung punya gaji lebih tinggi di kerjaan daripada yang populer tapi enggak disukai. Nah, kita bakal explore di chapter selanjutnya alasan-alasan kenapa orang-orang populer ini gagal. Jadi, sebenarnya ada banyak alasan lain yang bikin anak populer ini gagal based on research ya. Ini gua bakal bahas di chapter selanjutnya. Oke, jadi ada beberapa alasan kenapa anak eksis itu gagal. Yang pertama adalah gini, hal yang bikin orang-orang populer di sekolah itu enggak works nyata. Karena si anak populer ini fokus ke hal yang salah. Nah, apa sih yang anak populer ini tuh fokusin pas di sekolah? Nah, biasanya popularitas itu diraih dengan cara-cara yang enggak produktif. Contohnya ya ini kalau lu nonton film Min Girls di mana di film itu tuh nyeritain bahwa ada cewek populer yang suka nge-bully orang. Nah, teknik yang dia pakai untuk menjadi populer adalah menggunakan gosip nge-bully orang, ngata-ngatain orang, ngelabrak orang. Intinya melakukan segala cara intimidasi sosial untuk mempertahankan status. Nah, teknik kayak gini iya sih bikin mereka jadi raja atau ratu di sekolah. Tapi ini adalah taktik yang sangat buruk di lingkungan kerja, di lingkungan profesional, atau di lingkup bisnis. Contohlah di kantor. Kalau lu jadi orang yang kayak si Min Girls ini, ini enggak bakal bikin lu dihormati. Justru ngebuat lu dijauhin, ngebuat lu dilaporin ke atasan, dianggap enggak dewasa, dan enggak bisa kerja sama dalam tim. Jadi, ya lu enggak bakal survive kalau di kehidupan nyata setelah sekolah. Nah, ada juga strategi lain yang difokusin sama orang populer ini. Mereka jadi populer itu cuma fokus sama luarnya doang gitu. Cuma fokus sama casing-nya doang. Jadi, cuma fokus sama gaya sama fashion sama penampilan. Nah, gaya fashion dan penampilan itu memang penting ya di dunia nyata. Tapi ya kita lihat sekarang banyak juga loh orang-orang yang dulunya culun tapi pas sudah ngantor mereka jadi pada cakep ya kan? Jadi pada bisa make up, pada skincare-an gitu potongan rambutnya jadi lebih bagus. Jadi, ini sebenarnya adalah skill yang gak penting-mening banget karena bisa dipelajari dalam waktu cepat. Jadi, 1 minggu sampai 1 bulan juga bisa orang belajar untuk jadi lebih cakep. Tinggal belajar aja. Nah, orang-orang populer ketika sekolah itu punya ketergantungan berlebihan pada strategi ini. Jadi, mereka-mereka semua ini fokus ke penampilan fisik, fokus ke barang-barang bermerek, ke fashion-fashion yang sebenarnya ketika di dunia kerja ya semua orang juga bisa ngelakuin gitu ya kan. Justru yang ngebedain lu adalah oke lu cakep tapi lu punya skill apa enggak gitu. Jadi yang lebih penting justru adalah kompetensi etos kerja gitu ya. Dan keahlian nyata itu jauh lebih dihargai di real world dibandingkan di sekolah. Jadi ya wajar aja kalau si orang populer ini gagal. Itu yang pertama. Jadi mereka fokus ke hal yang salah. Yang kedua, apa yang bikin mereka gagala adalah status lu saat sekolah itu enggak relevan sebenarnya buat kesuksesan. Jadi gini, lu mungkin adalah prom queen di sekolah, lu mungkin adalah ketua basket gitu ya, anak basket di sekolah gitu. Tapi enggak ada yang peduli el dulu ngapain pas sekolah. Dan hierarki sosial SMA ini langsung runtuh ketika lulus dan jadi enggak relevan. Karena kalau lu udah lulus, ya orang bakal fokus lu mau ke kampus mana kan gitu. Atau kalau lu udah lulus kuliah gitu ya, misal sekolah ini anggap kuliah, ya orang bakal fokus nyari kerja, fokus sendiri-sendiri aja gitu. Jadi gak ada yang peduli lu jadi populer karena apa dulu pas ngampus. Jadi semuanya runtuh. Nah, mereka-mereka ini yang populer mereka keluar ke lautan lah. Ibaratnya jadi ikan besar di kolam mereka dicemplungin ke lautan yang jauh lebih luas di mana mereka cuma ikan kecil biasa. Nah, di sinilah terjadi sindrome yang namanya small fish di bigon atau ikan kecil yang ada di kolam yang besar. Jadi, lu bakal kehilangan status semua sebagai pusat perhatian. Yang awalnya lu hanya ada di kolam kecil, lu masuk ke kolam besar ya lu jadi ikan kecil. Nah, ini bisa jadi pukulan psikologis yang sangat berat gitu ya yang akhirnya bikin mereka-mereka yang populer ini jadi enggak perform ketika masuk ke kolam yang lebih besar. Mereka lebih ee mengenang masa-masa lalu di SMA, di kuliah gitu ya, di SMP ketika mereka jadi raja lah dalam tanda kutip di masa tersebut. Tapi ya dunia enggak kayak gitu ya. Jadi memang harus adaptasi terus. Yang ketiga adalah nah ini puncak kejayaan yang terlalu dini itu sebenarnya bisa jadi resiko. Jadi ini based on research oleh namanya Profesor Joseph Olen dari Virginia University juga sama. Jadi perilaku keren dalam tanda kutip yang difokusin sama anak-anak populer ini di masa remaja. Contohnya ya nge-bully orang, fokus ke gaya dan fashion, pacaran sana sini banyak teman gitu ya. Itu justru jadi prediktor masalah di masa dewasa mereka. Jadi kesuksesan ini memang keren pas sekolah, tapi ini bisa bikin mereka sulit beradaptasi. Mereka tuh terlalu terbiasa mendapatkan apa yang mereka mau dengan sangat mudah karena status mereka. Jadi mau pacaran ya gampang karena eksis gitu ya. Sama-sama anak eksis. Tapi ketika dihadapin pada kesulitan dan kegagalan di dunia nyata dan ini bagian normal kan dari pendewasaan gitu. Lu enggak punya duit gitu kan pas sudah lulus kampus gitu lu e mungkin butuh apply apply saf yang banyak. Nah, si anak-anak populer ini seringkiali itu gagap gitu loh. Jadi, mereka gak punya mekanisme yang baik untuk mengatasi ini karena mereka gak pernah benar-benar ngelatih itu sejak dari sekolah. Jadi, bukan hanya mereka tuh sulit move on dari status mereka pas jadi ikan besar gitu sebagai raja atau ratu saat SMA, mereka juga sulit ngebangun identitas baru yang jauh lebih matang, jauh lebih relevan sama kehidupan dewasanya mereka. Nah, yang keempat juga ini juga based on research ya. Jadi menariknya adalah orang-orang yang populer saat SMA itu kan seringkiali ya ngelakuin kenakalan remaja gitu. Kalau dalam kasus gua pas SMA gua sering banget gitu ngelihat si anak-anak populer ini entah ya mereka having seks ee di sekolah lah gitu ya di atau di mana gitu ya. Ada-ada aja gosipnya gitu atau mereka misalnya pakai obat-obatan terlarang narkoba gitu ya. Nah, gua punya teman dekat ya, teman dekat gua dulu pas SMA yang sekarang ada dua orang itu. Salah satunya meninggal karena overdosis, salah satunya meninggal karena tabrakan gitu. Karena yang satu memang sering ngebut-ngebut di jalan. Nah, yang satu memang gua tahu bahwa si orang ini yang populer ini udah pakai ya narkoba. Narkoboy lah dia dari pas zaman sekolah. Dan memang ini based on research terbukti bahwa orang-orang yang dulu populer gitu ya, yang populer di sekolah itu cenderung melakukan kenakalan remaja yang lebih ekstrem daripada orang-orang yang culun atau orang-orang biasa. Kenapa? Karena mereka pengin mempertahankan status populer mereka gitu sama orang-orang di luar sana ketika dunia udah berjalan. Dan ini enggak based on research sih, tapi gua sering juga lihat ya orang-orang populer ini jadi malah MBA gitu ya, married by accident, punya anak di luar nikah, segala macam lah. Jadi kayak itu juga ternyata dibuktikan oleh riset gitu yang tadi. Tapi kalau yang MBA gua enggak tahu ya, gua belum baca risetnya tapi gua seringkiali ngelihat hal tersebut. Nah, yang kelima adalah si orang-orang populer ini kurang mengembangkan diri. Nah, di sinilah mereka kalah sama si orang culun. Jadi, anak-anak kepopuler ini menghabiskan waktu dan energi mereka untuk menjaga status sosial yang sebenarnya mereka tuh bisa pakai buat ngerjain hal yang lain. Jadi, fokus mereka tuh cuma pada hierarki sosial, cuma pada status gitu, bukan pada misal lu hobinya adalah apa, main gitar atau apa misalnya gitu. Nah, mereka tuh lebih fokus ke ya gaya-gayaan doang gitu daripada belajar, daripada ngebangun hobi, ngebangun portofolio atau ngebangun persahabatan yang mendalam. Bahkan mereka tuh enggak fokus ke sana. Mereka fokus ke oke gimana cara biar gue jadi eksis. Akibatnya apa? akibatnya ya akhirnya mereka lulus dengan portofolio yang enggak ada sama sekali gitu. Jadi enggak ada keterampilan hidupnya sedikit gitu ya. Jadi enggak terlalu solid dan keterampilan secara karirnya juga kurang solid dibandingkan teman-temannya yang lain yang culun gitu loh. Nah siun ini di sini menang gitu karena mereka lebih fokus sama hobi, sama passion, sama kerjaan mereka yang cukup unik lah bisa dibilang ya. Samalah kayak di tahun 1990-an mungkin ya atau sebelum tahun 2000 nih kan. Bill Gates gimana dia bisa jadi kaya gitu ya. Karena dia fokus ngoding pas ngampus. Elon Musk gitu ya, Mark Zuckerberg. Mereka sama-sama semuanya fokus ke komputer gitu ketika di sekolah daripada ya fokus jadi anak yang populer. Jadi populer kids yang fokus pada status ini ya seringkiali gagal karena strategi yang bikin mereka sukses di ekosistem sekolah yang very artificial gitu ya itu justru menjadi bumerang dan jadi menghambat kesusahan mereka di dunia dewasa yang jauh lebih kompleks. Jadi mereka tuh enggak belajar cara kerja keras, ngatasin kegagalan, ngebangun hubungan karena yang mereka punya jubah popularitas itu yang melindungi mereka semua dulu. Ketika jubah itu dilepas, ketika orang sudah enggak peduli gitu ya, pas sudah lulus ya mereka jadi telanjang ibaratnya gitu dan enggak siap akhirnya ya gagal. Nah, sekarang pertanyaannya adalah kenapa yang culun itu malah jadi sukses? Nah, karena yang culun ini simpel ya, waktu semua orang tuh sibuk ngejar validasi, si culun ini malah melakukan sibuk sendiri gitu ngejar mistery di hal yang mereka suka. Mereka tuh enggak peduli atau mungkin enggak bisalah jadi populer. Mungkin peduli lah ya. Mungkin mereka semua pengin jadi populer tapi enggak bisa aja gitu. Jadi mereka lebih peduli sama hal lain. Jadi mereka peduli sama progres, mereka fokus konsisten sama hal yang mereka suka. Jadi mereka enggak tergantung sama pengakuan dari luar. Akhirnya ini yang mengasah skill orang-orang culun ini. Jadi ada satu quotes yang menurut gua bagus banget dari PG ya Paul Graham itu dia bilang kalau nursity is a full time job ya. Jadi si orang-orang culun ini enggak enggak nyadar gitu kalau jadi populer itu sebenarnya adalah full time job ya untuk dandan tiap hari gitu ya ke ke sekolah ke kampus untuk mungkin nge-bully orang gitu di kampus biar jadi populer ngelabrak orang itu tuh capek gitu. Sementara si culun-culun ini they are busy trying to make great things kalau kata PG ya. Dan ini juga diperkuat ya statement ini. Quotes ini sama penelitian yang nunjukin kalau anak-anak yang mengalami penolakan sosial alias anak-anak culo nerd yang enggak punya teman ini itu seringkiali justru punya motivasi internal yang kuat karena mereka udah terlatih, mereka sering ditolak gitu. Mereka belajar tumbuh tanpa harus disorot sejak kecil. Akhirnya apa? Akhirnya ya jadi sukses ya kayak cerita Bill Gates gitu ya dan lain-lain gitu. Atau kalau di Indonesia mungkin kayak William Tanu gitu ya yang punya talk gitu. Ketika orang lain mungkin fokus ke apa keren-kerenan dia jaga warnet cuy sambil belajar bikin website gitu kan. Jadi deep work lah hasilnya apa ya tokpad sekarang gitu. Mereka semua yang sukses ini enggak sibuk main game sosial ya. Mereka bangun sistem sendiri buat menang di game of life. Kesimpulannya adalah ya sekolah tuh bukan dunia nyata. Dia bukan cerminan bahwa kita akan sukses apa enggak. TG juga bilang kalau school is not life. Bahkan sekarang banyak orang tua Genzy. Salsonnya mungkin termasuk gua yang enggak mau nyekolahin anak di sekolah negeri. Jujur ya, gua enggak mau kalau anak gua tuh dibully. Gua enggak mau kalau anak gua tuh kayak pergaulannya enggak jelas gitu. Jadi bahkan gua lebih prefer homeschooling atau sekolah alam aja sekalian gitu ya. Kenapa? Karena ya sekolah apalagi sekolah negeri gitu yang banyak pembully-pembully itu menurut gua kayak enggak penting aja gitu. Dan riset juga nunjukin ya kalau homeschooling tuh justru lebih superior kayaknya di zaman sekarang di mana banyak overflowing informasi gitu. Jadi orang tua juga bisa lebih ngontrol gitu ya informasi dan segala macam hal yang terjadi di rumah. Dan ini juga gua enggak nyalahin ya. Makanya kenapa banyak orang mengkritik sistem pendidikan yang ada sekarang atau sekolah yang ada saat ini. Simpel ya. Karena banyak dari kita keluar dari sekolah itu bukan ngebangun skill, tapi justru ngebangun luka dan trauma. Karena kita di sekolah malah dibully, kita jadi ngerasa enggak cukup, kita jadi ngerasa butuh untuk jadi populer, ngerasa enggak layak, ya ngerasa sebagai manusia yang tertinggal dari anak-anak populer ini. Belum lagi kalau apalagi di sekolah negeri ya, gua ngomong berdasarkan dulu gua sekolah ya, ini bertahun-tahun lalu gitu. Gua ngerasa dulu tuh pas gua sekolah guru-guru gua ggak jelas ya. Kadang tiba-tiba enggak masuk kelas, sering ngajar enggak benar. Jadi udahlah jadi womboombo gitu. Akhirnya keluarlah statement dari beberapa orangnya bahwa pendidikan, bahwa sekolah itu scam. Ya, enggak bisa disalahin juga ya karena enggak semua orang dapat experience bagus di sekolah. Meskipun gua tetap merasa kuliah tuh penting ya, organisasi dan lain-lain tuh penting, tapi ya enggak untuk ngejar is sih. Mending ngejar nyari ilmu, mending ngejar nyari soft skills, pengalaman, hard skills. Jadi enggak bisa disalahin juga kalau ada orang yang mengkritik sistem pendidikan. Termasuk gua juga dari dulu gitu ya, karena enggak semua orang dapat experience yang bagus di sekolah sih. So, that's it kali ya. Jadi, gimana menurut lu? Ada yang ngerasain hal yang sama atau enggak? Atau malah justru pengalaman lu beda? Karena ada juga ya cerita-cerita lain justru ketika anak-anak nakal dan populer ini justru malah sukses gitu. So, please ya tuangkan cerita lu mungkin di kolom komentar biar kita bisa discuss kalau lu punya anak nih, lu mau naruh anak lu di mana gitu, di sekolah apa lu mau anak lu tuh punya sifat yang kayak gimana dan lain-lain gitu ya. Jadi biar kita bisa jadi bahan diskusi yang objektif gitu. Dan buat para parents juga, karena kemarin juga gua ngelihat banyak milenials yang udah punya anak yang udah cukup gede, termasuk juga generasi X ada yang udah 40 50 tahun masih komen di 1%. W buat kalian ya, e win itu please bisa komen juga apa yang terjadi dengan anak-anak lu gitu ya. Apakah dibully, apakah anak lu jadi oke setelah dari sekolah atau malah sekolah itu sebenarnya enggak pening-pening hamat gitu. Coba taruh di kolom komentar. Ya, akhir kata gua dari 1%. Semoga video ini bisa ngebantu menelaah fenomena sosial yang terjadi sekarang. Thanks. [Musik]