Kind: captions Language: id Coba jawab pertanyaan ini dengan jujur. Kapan sih terakhir kali lu belajar lewat buku dan menamatkan sebuah buku tersebut? Bukan cuma lu beli buku, bukan cuma lu baca beberapa puluh halaman di buku tersebut, dan bukan cuma Insta Story doang buku di kafe gitu ya, tapi benar-benar lu tuntas baca buku dari awal sampai akhir. Kalau jawabannya adalah bertahun-tahun lalu dan lu enggak pernah baca buku lagi sekarang-sekarang, jangan khawatir karena ini normal. Karena banyak banget orang di tahun 2025 itu memang udah gak baca buku lagi. Pertanyaannya adalah kenapa? Apakah karena kita jadi lebih bodoh sebagai manusia, attention span kita makin rendah gara-gara kebanyakan nonton TikTok, podcast, video YouTube kayak gini? Atau apakah karena buku tuh jadi pilihan yang udah enggak praktikal, udah jadi lebih jelek buat belajar di zaman sekarang? Apakah sebenarnya ada cara lain yang lebih efektif dan efisien selain membaca buku? Di video kali ini gua bakal ngebedah tentang cara biar kita bisa belajar 100 kali lipat lebih cepat lebih baik dari orang biasa dan bukan lewat buku. Welcome to kelas kehidupan by 1%. Jangan lupa tonton video ini sampai habis. Semoga lu bisa belajar lebih cepat dari orang biasa setelah nonton video ini. [Musik] Coba lihat angka di depan layar ini. Menurut data terbaru, itu adalah waktu yang dihabiskan rata-rata oleh orang Indonesia di depan layar every day setiap hari. Itu hampir sama dengan jatah tidur ideal kita. Bahkan kita mungkin tidur enggak sampai 8 jam ya. Nah, waktu sebanyak itu kita tukar untuk apa? untuk nonton platform kayak TikTok, Reels, Short. Kebanyakan setiap video 15 detik, 1 menit itu kayak permen, kayak dopamin instan gitu buat otak lo. Itu tuh lucu, ngagetin, seru, bisa lu share ke teman-teman lu lagi, lagi, dan lagi. Sayangnya di zaman sekarang ini bikin otak kita tuh jadi knowledge junky. Apapun informasinya ya yang lu scroll, lu jadi pecandu informasi. Dan seringkiali informasi ini tuh enggak kita keep di otak kita. masuk kuping kiri, keluar kuping kanan. Akibatnya ya toleransi kita terhadap segala sesuatu yang butuh proses. Contohnya kayak baca buku ya itu jadi enggak bisa gitu kita memproses itu. Kesabaran kita ya anjlok. Karena baca buku itu beda dengan scrolling TikTok. Belajar yang benar itu seringkiali melelahkan. Ya, kayak makan-makanan sehat lah. Butuh waktu gitu buat dimasak. Sama kayak nge-gym, lu perlu otw dulu, lu perlu effort di setiap gerakannya. Yang seringkiali ini tuh bikin malas. Dan buat otak kita semua. sayangnya ya yang udah kecanduan digital fast food kayak tadi belajar apalagi baca buku itu rasanya kayak siksaan kita enggak terbiasa menungguh kita enggak terbiasa memproses. Tapi gua bisa bilang ini enggak salah bukan salah lu kok. Ini memang perkembangan teknologi. Karena sekarang memang ada cara lain untuk belajar di era modern ini yang super duper jauh lebih cepat, lebih efektif, lebih efisien daripada scrolling doang atau baca buku doang. Apa itu? Nah, lanjut ya. Banyak orang yang ketika belajar itu jadi pembelajar pasif. Mereka mengkonsumsi banyak sekali informasi. Baca buku satu, baca buku dua, nonton podcast satu, nonton podcast du. Tamat sih baca bukunya gitu. Masalahnya kok ada ya orang yang kayak gini yang baca buku tiap hari, nonton podcast segala macam tiap hari. Kok udah berbulan-bulan, udah bertahun-tahun, kok hidupnya gitu-gitu aja gitu. Kok enggak ada yang bisa orang ini tuh tunjukin sebagai hasilnya? Kok enggak berubah gitu, masih di sana-sana aja. Nah, jawabannya adalah ini adalah jebakan. Jebakan belajar pakai cara tradisional, yaitu hanya dengan menerima informasi saja. Dengan kata lain, lu jadi pembelajar pasif. Masalnya adalah gini, setiap kayak lu baca buku, nonton video edukasi kayak 1% ini gitu ya, atau dengerin podcast, otak lu mungkin ngerasa happy dan dikasih dopamin. Lu akhirnya jadi merasa produktif. Lu merasa selangkah lebih maju. Tapi ini cuma ilusi dan seringkiali ilmunya juga menguap dengan sangat cepat. Mungkin gak bakal lu praktekin juga. Bahkan gak sampai praktik mungkin lu udah lupa apa yang gua omongin di menit pertama tadi kan. Iya sih, lu mungkin baca buku 300 halaman, 500 halaman, tapi yakin lu ingat 500 halamannya tuh isinya apa aja. Malah mungkin saat lu baca buku di halaman ke-100 kadang lu lupa kan apa yang lu baca di halaman 0 sampai 10, 0 sampai 50. Masalah utamanya adalah kenapa sih? Ya karena lu belajar tanpa tujuan yang mendalam. Lu belajar mungkin karena tuntutan sosial doang, karena lu butuh IPK tinggi, karena biar dapat kerja, biar kelihatan pintar, biar CV bagus, dan segala alasan lainnya yang enggak ada tujuannya gitu. Enggak ada tujuan yang jelas. Akibatnya belajar itu ketika lu coba belajar beneran itu terasa kayak PR yang membosankan banget gitu. Enggak ada gairahnya, enggak ada kenikmatannya, progresnya tuh lambat banget. Akhirnya lu stick tu ya udah baca buku, bacanya lama gitu kan. nonton podcast terus besoknya udah lupa lu jadi kolektor informasi yang enggak pernah menghasilkan apa-apa. Nah, terus cara belajar yang efektif tuh gimana? Nah, ini filosofinya ya. Filosofi utama nih yang membedakan orang yang belajarnya ngebut sama yang enggak belajar itu adalah mereka yang belajarnya ngebut itu biasanya mereka punya arah yang jelas. Jadi kalau lu belajar enggak ada tujuannya lu cuma lihat FYP di YouTube gitu ya, di YouTube home susu lihat video 1% nih gitu. Itu tuh lu mungkin pintar, lu mungkin kayak merasa belajar tapi belajar tanpa tujuan itu kayak lu punya mobil Ferrari nih. Cepat sih, tapi lu enggak tahu mau ke mana. Iya, mobilnya kencang. Iya, otak lu pintar. Lu bisa menyerap informasi dengan cepat, dengan banyak gitu. Tapi lu cuma muter-muter doang di sekitaran komplek. Kenapa? Karena lu enggak beneran berprogres, cuy. Nah, langkah pertama yang paling fundamental makanya nih untuk belajar adalah membuat tujuan. Nah, makanya lu bisa coba jawab pertanyaan ini. Bisa lu pause, bisa lu catat sih sebenarnya karena ini kuncinya ya. Lu pengin jadi orang yang seperti apa ke depannya? Nah, itu ya itu jawab dulu. Coba bayangin kehidupan ideal lu di masa depan itu kayak gimana. Jawabannya bisa beda-beda. Ada yang mungkin pengin jadi astronot, ada yang mungkin pengin ahli bidang psikologi jadi psikolog gitu ada yang pengin jadi pebisnis. Nah, tujuan ini tuh penting karena ini berfungsi sebagai filter. Karena gini, kita tuh di dunia yang ada banyak sekali informasi, banyak sekali tempat kita belajar gitu. Lu buka home YouTube, ada yang ngajarin soal krypto, ada yang ngajarin soal AI, ada yang ngajarin soal psikologi gitu kan. Ada buku-buku baru, video tutorial, programming gitu dan lain-lain. Tapi lu bisa tanya ke diri lu sendiri. Yang lu konsumsi ini mendekatkan lu ke tujuan lu atau enggak? Yang lu konsumsi ini beneran bakal lu praktekin apa enggak? Kalau jawabannya enggak, mungkin harus diabaikan aja. Karena langkah pertama ini penting untuk ngurangin distraksi. Karena di dunia yang penuh dengan distraksi, tugas kita adalah memfilter informasi. Jadi, kita tuh bukan hidup di zaman dulu ya yang mungkin baca buku tuh udah oke banget gitu. Sekarang tuh enggak. Justru nge-filter adalah hal yang oke. Nah, kalau lu udah punya tujuan, ini juga yang membedakan orang yang belajarnya 100x sama yang enggak belajar ya. Lu ubah tujuan ini jadi sebuah project. Project itu apa? Project itu adalah cara memecah tujuan lu. Jadi, langkah-langkah kecil yang bisa dikerjakan setiap hari. Nah, di sinilah kunci belajar 100X ya. Lu fokus sama apa yang bisa lu lakuin di depan mata lu. Fokus pada behavior lu yang bisa lu lakuin hari ini. Nah, secara otomatis itu bakal bikin lu nyari pengetahuan yang relevan. Bukan cuma baca-baca buku, bukan cuma nonton-nonton YouTube, tapi lebih terarah dan terstruktur. Nah, di chapter 4 kita bakal bahas cara yang teknisnya. Terus teknisnya gimana? Well, di era modern ini kita udah enggak perlu lagi baca buku 300 halaman 500 halaman. Kenapa? Simpel, karena enggak efisien. Ada cara lebih cerdas, lebih efektif untuk belajar dan lebih cepat juga. Bukan berarti baca buku jadi enggak penting karena baca buku ada di step ini. Tapi baca buku itu hanya salah satu cara aja, salah satu teknik aja. Gua bakal kasih tahu cara gua belajar dengan lebih cepat. 100X. Dan ini juga yang gua lihat dilakuin oleh banyak orang lain di luar sana yang hidupnya juga 100x. Contoh, anggap lu sudah punya tujuan. Misalnya tujuannya adalah lu pengen setahun lagi gitu ya. Misal lu kerja di bidang AI dengan gaji puluhan juta per bulan di tahun depan. Apakah solusinya adalah misal lu baca buku tentang AI kan enggak ya kan? Enggak cuma baca buku dong ya kan. kita bisa langsung fokus ke project, lagi-lagi fokus project, fokus ke perilaku. Nah, ini dinamakan sebagai project based learning dan ini jauh lebih efektif dan efisien daripada lu cuma jadi pembelajar pasif. Kayak yang gua bilang di chapter sebelumnya, gimana sih cara kita untuk fokus project based learning? Sekarang kita udah punya AI. Langkah pertama kita bisa tanya AI. Apa sih project yang bisa kita lakuin hari ini untuk mencapai tujuan tersebut? Mungkin gua bisa ngasih promnya ke lu gitu ya. Nanti mungkin gua bisa ngasih prom-nya ke lu. Tapi ya sebenarnya lu bikin prom juga bisa tanya AI. Bikinin prom dong untuk gua mencapai tujuan gua belajar 100x dan lain-lain. Itu nanti AI bakal ngasih tahu caranya. Pertama itu lu bisa tanya AI apa project yang bisa lu lakuin hari ini untuk mencapai tujuan tersebut. Yang kedua, let's say lu udah dapat project dari AI hari ini untuk membuat aplikasi AI sederhana di komputer. Simply karena lu masih beginner lah. Jadi AI nyuruh lu untuk bikin aplikasi yang sederhana aja. Nah, apa yang bisa lu lakuin? Langkah ketiganya adalah coba langsung bikin. Jadi di sini kita enggak baca buku kan, kita enggak nonton YouTube, kita enggak apa dulu, kita coba langsung bikin. Nah, kalau misalnya kita bingung apa yang bisa kita lakuin? Ya, kita bisa cari inspirasi. Ini langkah keempat, cari inspirasi. Cari inspirasi dari mana? Nah, di sinilah sosmate bisa jadi alat belajar yang berguna. Kan bisa dari googling, bisa nonton video YouTube, bisa podcast, TikTok, dan lain-lain. Di TikTok kan gampang gitu. Lu nyari project AI sederhana juga udah ada ratusan kreator yang udah bikin. Itu bisa jadi alat inspirasi. Tapi ingat dibatasin 10 sampai 15 menit aja lu buka sosm. Jadi buka sosmate tuh bukan scrolling-srolling enggak jelas tapi untuk cari inspirasi aja. Nomor lima, setelah dapat inspirasi kita bisa lanjut apa? Lanjut implementasi. Nah, untuk fase implementasi kita pakai cara yang smart ya kan. Oke, kita dapat inspirasi dari TikTok, tapi kan kita pengin caranya tuh fundamentalnya bagus. Nah, di sinilah lu bisa baca buku. Lu udah tahu project apa yang pasti lu buat, lu udah dapat inspirasi, lu udah nyoba juga, tapi lu pengin nyobanya dengan benar. Nah, di sinilah buku itu penting ya. Makanya buku-buku itu memang disaranin adalah untuk mengasah fundamental sebenarnya untuk cari tahu buku apa yang oke, apa yang bisa dilakuin. Ya, lu bisa tanya AI, lu bisa cari inspirasi lagi di sosm gitu ya. coba lihat di YouTube gitu, kira-kira buku apa yang direkomendasikan oleh expert di project yang lu mau kerjain supaya lu bisa jadi ekspert dalam waktu cepat. Nah, anggap luudah dapat bukunya. Lu kan tinggal beli ya, ada Kindle, ada juga Library, ada juga SHub dan lain-lain lah ya, yang mana lu bisa akses buku ini dari mana aja lah di zaman sekarang ya kan. Mau legal, mau ilegal gitu. Yang jelas ketika baca buku itu ya lu pengen fokus ke fundamentalnya biar lu ngerjain project itu dengan benar. Nah, ketika baca buku jangan dibaca semua. Lu skimming aja apalagi bukunya nonfiksi jangan dibaca semua. Ambil prinsip-prinsip yang penting. Bahkan buku ini bisa lu masukin ke AI lu summarize. Tapi gua enggak menyarankan itu. Tetap lu baca. Tapi bacanya skiming. Jadi lu baca yang penting-penting sesuai dengan project lu sekarang. Dan jangan lupa batasin waktu untuk skimming sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam. Karena di sini kita adalah project based learning. Kita mau 100X, kita enggak mau lama gitu. Kalau udah skiming, langkah ketujuh adalah lu bisa catat pertanyaan-pertanyaan di kepala lu terhadap buku tersebut. Catatnya di mana? Banyak. Ada tools namanya notebook LM. Itu oke banget menurut gua. Notebook LM juga bisa lu kasih bukunya ya. Bisa lu kasih source di dalamnya. Jadi udah enggak ada alasan sih gitu ya mau nyatat di mana enggak tahu Bang. Udah ada nih notebook LM ya. Lu bisa pakai itu. Lu bisa pakai Notepad biasa, lu bisa pakai Google Docs, lu bisa pakai Microsoft Word atau apapun itu ya lu catat pertanyaan-pertanyaannya. Nah, trik gua biasanya kalau gua baru baca buku, apalagi buku nonfiksi itu gua yakin penulisnya pasti pernah bikin podcast ya. Apalagi kalau bukunya bagus udah pasti ada di podcast. Nah, apa yang lu lakuin untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu? Lu nonton podcastnya. Kenapa? Karena orang lain mungkin juga dan kemungkinan besar punya pertanyaan yang sama dengan lu dan penulisnya biasanya akan ngejawab di podcast tersebut. Karena kita kan mau belajar lebih efisien. Ya ngapain baca bukunya kalau lu bisa dengar langsung penulisnya? ya kan? Supaya kita bisa paham garis besar fundamentalnya gitu. Dan di podcast juga kan enggak jarang ya, enggak jarang di podcast itu malah lebih banyak informasinya gitu ya. Gua sering banget ngelihat kayak misalnya contohlah buku terbaru Yuval Noa Harari gitu ya atau yang populer banget Sapiens gitu atau misalnya siapa Henry Manampiring ya filosofi teras. Gua yakin lebih banyak insight yang dia kasih di podcast dibandingkan di bukunya. Bahkan kadang ada perkataan-perkataan di bukunya yang direvisi oleh penulis tersebut di podcast itu ya. Jadi misalnya penulisnya di buku bilang apa? Di podcast dia revisi. Nah, menurut gua itu gold m-nya itu adalah kayak tambang emasnya tuh podcast tuh di sana sebenarnya. Jadi nonton podcast tuh enggak buang-buang waktu, Guys. Kenapa? Karena kita udah punya tujuan. Dan jangan lupa ya pakai batasan waktu untuk nonton podcastnya. Batasilah jadi 30 menit sampai dengan 1 jam. Dan nonton podcast di YouTube juga speed-nya bisa di-upkan, bisa jadi 1 setengah kali atau dua kali biar lebih efisien. Lu juga jadi lebih terlatih untuk dengerin ya. Buat lu yang gak jago bahasa Inggris, lu bisa lebih ngelatih bahasa Inggris lu dengan bikin 2x cuy ya. Lebih efisien, lebih efektif. Ini untuk belajar 100X. Kalau enggak ada podcastnya gimana, Van? Ya, lu bisa taruh bukunya ke a tadi notebook LM, Gemini dan lain-lain. Chat GPT gitu. Langkah kesembil, setelah lu paham fundamentalnya, setelah pertanyaan lu terjawab, lu bisa lanjut lagi ke fase implementasi project. Jangan lupa untuk langsung dilakuin karena definisi project adalah sesuatu yang bisa lu kerjain hari ini. Kalau mentok gimana? Ya, lu bisa ulang dari step awal, dari cara inspirasi sampai ke step. Nah, kalau cara belajar lo kayak gini, siklusnya itu jadi jelas, jadi cepat banget. Lu coba bikin suatu, cara inspirasi, belajar fundamental, bikin pertanyaan, cari jawaban, terapin, ulang lagi dari awal. Ini adalah cara belajar 100 kali lebih cepat. Tapi ada satu lagi yang belum gua bilang tentang cara belajar 100 kali lebih cepat dan ini penting banget di chapter terakhir. Langkah terakhir ini penting banget karena supaya ilmu bisa nempel di otak lu itu bukan dengan hanya project based learning. Project based learning itu proven. Tapi ada satu lagi yaitu adalah dengan ngajarin ilmu lu ke orang lain. Dan ini terbukti secara saintifik ya. Ketika lu bisa ngajarin orang tentang ilmu yang lu kuasai maka itu akan membantu lu lebih menguasai ilmu tersebut. Ini kayak quotes dari Richard Fainman lah. If you cannot explain it to a sixy old, you don't understand it yourself. Artinya adalah lu baru benar-benar ngerti sesuatu kalau lu bisa ngejelasin ke orang secara sederhana. Jadi orang ngerti lu jelasin secara sederhana. Caranya gimana? Ya banyak ya. Simpel sebenarnya. Pertama join komunitas terus share yang lu pelajari di komitas tersebut. Kalau project lu adalah tentang AI join komunitas AI. Lu adalah mahasiswa mungkin lu bisa join komunitas 1% gitu kan yang sama-sama orangnya pengen self development. Yang kedua, lu bisa apa? Tulis di medsos. Sekalian apa? Sekaligan bangun portofolio, kalian personal branding, ceritain perjalanan proyek lu. Misal, lu pengen jadi investor yang oke, investor saham, lu bisa share ini hari kelima gua belajar investasi. Akhirnya gua paham bedanya saham blue chip segala macam. Ya kan? Lu bisa tulis di media sosial sekalian bangun portofolio, bisa Linkin, bisa Instagram, bisa apapun. Yang ketiga, lu bisa jelasin apa yang lu pelajari ke teman dekat lu atau ke mentor. Mentor tuh maksudnya gimana? Mentor tuh bisa orang random aja, orang jago, random yang ada di internet. Misal lu projjectnya tentang AI, lu bisa tanya ke karyawan open AI gitu ya. Misal atau karyawan mana pun itu yang juga tentang AI bisa di Indonesia juga banyak kan. Ada Indonesia AI, ada The Futurist Jenzy. Lu bisa tanya gua punya project ini, gimana feedback lu? Of course dengan opening yang lebih halus lah, bukan kayak tadi. Tapi ya lu bisa cari inspirasi kan, cara networking gimana gitu dengan cara yang tadi persis, ya kan? Jadi menariknya juga semakin lu berbagi informasi yang mana ini bermanfaat buat orang di sosm semakin lu dipaksa menyusun ulang informasi di kepala lu. Jadi informasi di kepala lu tuh jadi lebih rapi. Nah, di sinilah proses belajar 100x. Jadi project based learning lu ngajarin ke orang dan itu lu lakuin tiap hari. Makanya satu hari satu konten, satu hari satu project. Itu menurut gua belajar 100X. Dan itu yang gua lakuin juga dari gua umur 20-an gitu ya. Dari bahkan gua umur 17-an gitu ya. Waktu dulu pas gua pertama kali SBMPTn atau OTBK, akhirnya gua bisa masuk UI itu gua belajar tiap hari. Jadi kayak trajektory karir gua tuh sebenarnya dibangun ketika gua waktu itu ya pas belajar UTBK itu akhirnya gua jadi terlatih belajar tiap hari di UI. Gua akhirnya 2015 gua enggak pernah ikut organisasi. Gua jadi ketua angkatan tahun 2015. 2016 17 18 gua masuk BEM sampai jadi presiden mahasiswa atau ketua BEM. 2018 gua langsung bikin 1%. sempat kerja juga di beberapa Edutch Company sampai sekarang gua masih sampai sekarang belajar tiap hari, Guys. Gitu ya. Sampai gua udah punya sekarang berapa belas brand gitu ya di beberapa bidang berbeda gitu misalnya. Tapi sama-sama di media ya. Misal Evan Travel Guide gua ada, terus ada juga Psychology of Finance, ada juga player 2 gitu ya. salah satu media yang gua ikut serta juga ngebangunnya dan banyak lagi. Jadi kalau lu belajar tiap hari kayak gini terus lu tiap hari benar-benar mendedikasikan waktu lu, ya jangan heran kalau lu nanti bisa jadi orang yang 100 kali lebih baik daripada setahun sebelumnya gitu atau beberapa tahun sebelumnya gitu. Jadi kalau lu lihat misalnya Evan 1% gitu ya sebenarnya enggak juga. Gua ada beberapa project juga yang sebenarnya rahasianya adalah dari ini gua belajar 100 kali lebih cepat mungkin dari orang biasa gitu. Sampai ketika gua ketemu teman gitu ya, sampai gua ketika ketemu teman itu gua ngelihat oh ada juga ya teman-teman gua yang ternyata stuck. Dan ya of course kita di sini lu nonton video ini. Of course kita enggak mau dong jadi orang yang stuck. Yang stuck itu enggak salah sebenarnya kan tiap orang punya jalan hidup beda-beda. Tapi gua yakin lu yang nonton video ini mungkin lu mau hidup lu tuh enggak stuck. Oh, lu, mungkin lu punya ambisi, mungkin lu punya masalah, mungkin lu punya tujuan yang lu pengin capai, masalah yang lu pengin selesaiin gitu kan. Orang yang pengin lu banggakan, orang tua lu mungkin atau pasangan lu ya. Semoga video ini bisa ngebantu. Jadi, kuncinya sebenarnya tadi dan please start dari satu project kecil hari ini dan please jadi lebih baik seenggaknya 1% setiap harinya. Itu kenapa nama kita 1% ya karena kita pengin jadi lebih baiklah seenggaknya 1% setiap harinya. Akhir gua event dari 1%. Thanks. Semoga video ini bisa ngebantu. [Musik]