Transcript
ZQWb5kEVfLU • Konsep GILA untuk Menemukan Tujuan Hidup
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0749_ZQWb5kEVfLU.txt
Kind: captions
Language: id
are on
[Musik]
gila adalah satu kata yang sering kita
dengar buat mendefinisikan orang yang
beda, orang yang nyeleneh, atau orang
yang dianggap aneh. Sayangnya banyak
yang enggak sadar bahwa dunia ini tuh
bisa terus maju ya karena diubah oleh
orang-orang yang cukup gila. Kenapa?
Karena orang yang gila ini mereka enggak
cuma ngikut arus dan main aman.
Mereka-mereka yang gila ini adalah
mereka yang berani mikir out of the box,
berani ambil resiko, berani punya mimpi
setinggi langit meskipun semua orang
bilang itu mustahil. Nah, kegilaan yang
produktif inilah yang bakal kita bedah
di video ini. Bukan gila yang negatif,
tapi kali ini gua bakal ngebahas gila
yang positif, gila yang produktif dan
menghasilkan outcome yang maksimal. Di
video kali ini gua menyebutnya konsep
gila. G i A. Dan ini bukan sembarang
gila. Gila, ini adalah sebuah akronim,
sebuah framework yang mungkin bisa jadi
kunci buat lu menemukan tujuan hidup dan
meraih apa yang selama ini cuma jadi
angan-angan lu. Jujur gua yakin banyak
dari lu yang sekarang ngerasa stuck kan
dalam hidup. Tapi gua yakin lu stuck
bukan karena malas, karena lu masih
nonton video-video self development,
terus masih kerja juga. Lu stuck bukan
karena lu enggak pintar, karena kalau lu
ngobrol nyambung-nyambung aja. Lu juga
mungkin udah sarjana. Disuruh mikir juga
mungkin lu nyambung. Tapi seringkiali lu
stuck dalam hidup lu ya mungkin karena
lu kurang gila, kurang punya sistem,
kurang punya framework dan mungkin bukan
self improvement lu yang salah. Mungkin
lu yang memang kurang gila aja. Sekali
lagi that's why tonton video ini sampai
habis dan selamat datang di kelas
kehidupan. Bye. 1%.
[Musik]
Banyak banget orang di luar sana yang
sibuknya minta ampun, kerja keras
banting tulang. Tapi pas ditanya, "Lu
ngejar apa sih sebenarnya?" Jawabannya
seringkiali ngambang. "Ya, gua biar
sukses, biar gua kaya, lu melewatkan
banyak hal. Masalahnya sukses itu
maksudnya kayak gimana?" Menurut lu kaya
itu maksudnya kayak gimana? Punya 1 M
kah? Punya R juta kah? Nah, jadi pertama
G ya dalam gila itu singkatan dari goal
setting. Goal setting ini tujuan dan ini
enggak semua orang udah nge-set dan ini
juga beda sama mimpi atau angan-angan.
Tujuan itu adalah sesuatu yang spesifik
yang bisa lu kejar dalam time frame
tertentu. Tujuan itu bukan cuma gua mau
punya uang banyak, tapi lebih ke misal
gua mau punya dana darurat dengan jumlah
R30 juta dalam 1 tahun. Itu baru tujuan.
Nah, dengan lu punya tujuan yang ada
angka dan waktu spesifiknya, lu
sebenarnya udah lebih baik daripada 50%
orang di luar sana yang enggak punya
tujuan, yang hidupnya begitu begitu aja.
Nah, sekarang pertanyaannya nih, lu bisa
jawab di komen ya, lu udah punya tujuan
apa belum?
Nah, sekarang cara biar nyampai ke
tujuan lu sebenarnya ada di aspek yang
kedua yaitu I dalam gila ya itu adalah
invest mindfully. Anggap tujuan lu
adalah yang tadi, lu pengin punya
tabungan dana darurat sejum R30 juta
dalam setahun. Caranya gimana? ya lu
invest dan investasi itu bukan hanya
finansial atau uang, tapi resources.
Invest mindfully. Jenis resources tuh
ada banyak ya. Ya, ada yang resource-nya
uang, mungkin ada yang udah punya R
miliar di sini. Karena lu mungkin enggak
punya uang, tapi lu punya yang lain. Lu
punya waktu, lu punya tenaga. Anggap
sekarang belum punya uang sama kayak 90%
orang Indonesia lain yang gajinya di
bawah 1 digit, yang tabungannya di bawah
R juta. Gaji rata-rata orang Indonesia
tuh adalah 2,5 juta per bulan. Kalau mau
nabung sampai R juta per bulan, lu butuh
nabung sampai 30 bulan dengan asumsi lu
hidup R,5 juta dan lu nabung R juta per
bulan. Kelamaan enggak? Kelamaan. Enggak
masuk akal kalau lu mau menginvestasikan
uang lu karena dari nabung aja butuh
waktu 30 bulan atau 2,5 tahun. Tapi kan
kita pengin nyampai R3 juta dalam waktu
1 tahun, apa yang bisa dilakuin? Ya
invest waktu, invest tenaga dong.
Pertanyaannya sekarang, waktu dan tenaga
lu udah efektif belum untuk mencapai R30
juta dalam setahun? Harusnya sih belum
ya. Apalagi kalau gaji lu masih
rata-rata orang Indonesia 2,5 juta.
Dengan kita tadi udah nge-set tujuan,
kita tinggal mikir apa nih yang bisa
kita invest. Nah, coba buat lu nih yang
pengin juga punya goals keuangan, gua
pengen lu jawab juga di komen. Kira-kira
dengan kasus yang ini lu pengen nabung
R30 juta setahun, gimana sih caranya
untuk dapetin tabungan sekitar 2,5 juta
per bulan dalam waktu 12 bulan? Kalau lu
masih bingung caranya gimana, ya berarti
lu kurang belajar. Nah, that's why kita
lanjut ke section selanjutnya yaitu
adalah L. Learn continuous.
Dunia tuh sekarang berubah cepat banget.
Every way you look on the expo floor,
there's an AI solution to this or an AI
solution to that. But the big question
is, what will all of this AI make to the
games that we play? Skill yang dulu oke,
sekarang bisa langsung enggak relevan
karena teknologi yang berkembang. Dan
bukan cuma teknologi, tren juga berubah,
cara kerja juga berubah. Contohlah 1%
gitu ya. Dulu di tahun 2020-2021 views
kita bisa sampai 300.000, R juta dan
lain-lain. Sekarang ya udah banyak
kreator yang bisa pakai teknologi yang
sama. yang bisa bikin cerita yang sama,
yang bisa pakai AI, akhirnya apa? Views
kita J nurun kan. Dan ini berlaku bukan
cuma buat bisnis seperti 1%. El juga
harus terus berkembang, enggak bisa gitu
stuck di tempat yang sama. Ya kebayang
ya kalau dari 2020 sampai sekarang kita
bahas mental health terus mungkin lu
bosan gitu, mungkin lu udah enggak ada
di sini nonton video kita. Kalau lu
ngerasa bahwa tren bisnis berubah, tren
pekerjaan berubah, itu berarti lu harus
belajar. Tapi gua yakin banyak orang
termasuk lu pasti udah ngerasa overwelm
duluan karena banyak informasi, terlalu
cepat perkembangan teknologi, susah
bahkan untuk milih yang mana yang harus
dipelajari atau udah nyoba belajar tapi
kagak bisa belajar. Akhirnya apa?
Akhirnya enggak belajar karena udah
overwelm duluan. Masalahnya kalau lu
berhenti belajar artinya lu berhenti
berkembang. Nah, tapi balik lagi ke
problem tadi. Gimana cara dapetin uang
2,5 juta per bulan? Ya banyak ya yang
bisa kita pelajari. Kita bisa belajar
lebih keras di posisi pekerjaan
sekarang. Kalau misalnya kita ngerasa
posisi kita aman dari AI, ya terusin aja
pakai AI dalam workflow lu. Lu juga bisa
switch karir, pindah ke industri yang
lebih menjanjikan. Udah pasti tuh dapat
2,5 juta per bulan ekstra. Tapi butuh
apa? Butuh hak. Bisa juga kayak
orang-orang di luar sana sekarang ya,
belajar trading, investasi. Tapi
resikonya apa? Risikonya ya boncos duit
lu yang udah sedikit jadi nol gitu. Nah,
kira-kira untuk dapetin duit tambahan
belajar apa sih yang paling efektif
sekarang dan yang mana yang bakal oke
secara long term? lu bisa tanya ke diri
sendiri dan lu bisa jawab juga sih di
komen. Gua pengin tahu nih kira-kira apa
sih yang harus orang pelajari gitu biar
gaji mereka tuh naik gitu biar mereka
bisa mencapai tujuannya.
Nah, terakhir yaitu adalah A. A itu
singkatan dari boldly atau berani ambil
tindakan nyata. Nah, aksi nyata itu
gimana sebenarnya? Ya, tanpa aksi nyata
semua rencana cuma jadi angan-angan. Ya,
buat lo yang masih merintis jangan lupa
G I L. A-nya adalah aksi. Kalau lu
bingung misalnya gua aksi apa, ya banyak
ya. Ini gua contohin. Kalau lu pengin
naik gaji biar bisa nabung sampai R30
juta dalam setahun, lu bisa. Pertama nih
kondisi satu ya, lu bisa belajar politik
kantor. Jangan-jangan selama ini lu di
kantor cuma iya-ya doang gitu kan.
Jangan-jangan selama ini lu di kantor lu
enggak pernah dalam tanda kutip pamer
kerjaan, lu enggak pernah ngebantu teman
lu gitu ya di kantor. Jangan lupa
kualiti kantor itu penting. Biar lu
lebih dinotice sama bos, biar lu lebih
disukai sama teman-teman lu. Itu bakal
bikin lu lebih cepat naik gaji. Kalau
enggak naik-naik gaji bisa mungkin
pindah. Ya, belajar skill baru. Mungkin
di industri yang kerjaan yang sama.
Misal lu kerja di bidang psikologi, lu
mungkin bisa kayak gua. Gua sekarang
sudah punya gelar CRP, Certified, HR
profesional yang bikin gua ya mungkin
lebih dihargai lah jadi trainer, jadi
konsultan. Mungkin kalau 1% hancur gua
masih bisa ya kerja di tempat lain jadi
HR. Jadi gitu. Itu juga sebagai bahan lu
untuk ke depannya. Bisa juga ternyata
gaji lu udah banyak tapi lu enggak
pernah bisa nabung. Ya berarti belajar
apa? Belajar money management. Setiap
punya gaji lu langsung tabungin. Coba
lebih hemat mulai dikit-dikit investasi
bisa juga. Ternyata kerjaan lu sekarang
adalah kerjaan sunset. Ya, kalau udah
bakal sunset artinya bakal kesaingin
sama banyak orang, bakal keubah sama AI
atau malah berpotensi kena PHK. Enggak
ada solusi lain selain belajar hal baru
biar bisa jual skill lu di market
karang. Intinya aksi itu adalah lakuin
apapun yang relevan terhadap goals lu.
Lu udah tahu harus belajar apa, ya udah
langsung pelajari, langsung bertindak.
Dan berani bertindak bukan berarti
nekad, bukan berarti misalnya lu mau
belajar trading gitu, tiba-tiba lu nekad
pakai leverage, tiba-tiba resign tanpa
persiapan. Nah, itu namanya nekad.
Keberanian itu penting, tapi bukan
berarti nekad. Ya, lagi-lagi G I A tadi
ya. Setting goals dulu, investasikan
resource lu, belajar tentang hal
tersebut dan ya beneran praktekin.
Di video kali ini kita udah belajar soal
mindset gila. Gua yakin banyak dari lu
yang udah kepikiran gitu, "Oh, gini
caranya gua dapat R juta per bulan, gini
gua caranya dapat R juta per tahun dan
lain-lain." Pesan gua, kalau lu udah
nerapin mindset ini, jangan lupa satu
hal penting, fondasi finansial. Setiap
orang punya tujuan masing-masing. Buat
beli rumah, buat modal usaha, buat
pendidikan anak, buat pensiun, atau buat
siap sesimpel hadapi kondisi darurat.
Buat pemula yang gua yakin banyak viewer
1% tuh masih pemula. Semua ini bisa
dimulai dengan investasi. Gua pribadi
mulai investasi di tahun 2019. Dan of
course investasi itu ada masa ketika
naik dan ada masa ketika turun. Buat
para pemula, lu bisa mulai dari reksa
dana. Reksa dana itu ada beberapa jenis.
Ada pasar uang, ada obligasi, ada saham.
Untuk reksa dana pasar uang dan
pendapatan tetap ini masih jadi salah
satu porto terbesar gua ya sekitar 40
sampai 50% dari portofolio utama gua
sebagai dana liquid buat nembak
investment saat harga lagi pada turun.
Buat reksa dana saham jujur aja ya tahun
kemarin atau tahun 2024 sebenarnya
adalah tahun yang lumayan naik turun
buat saham Indonesia atau IASG. Tapi
menurut gua pribadi, kalau lu beli
reksadena saham di saat market crash
kemarin ya di akhir bulan Maret,
menariknya ya karena harga saham
Indonesia ini udah terlalu murah dalam 2
sampai 3 bulan aja. Kalau misalnya lu
invest di reksa dana saham kemarin, lu
berpotensi punya return sekitar 15
sampai 20%. Lu bisa lihat ya, ini salah
satu contoh reksa dana ya dari cipta
dana aset management. Darip.000 harganya
itu bisa naik sampai ke hampir 17 rib
yaitu sekitar ya hampir 20%. Ciptaadana
aset managemen ini adalah salah satu
yang bisa lu pilih dalam memilih reksad
dana. Mereka punya pengalaman lebih dari
30 tahun sejak tahun 1991. Mereka
profesional, transparan, dan diawasi
langsung oleh OJK. Lu juga bisa pilih
berbagai reksadana yang sesuai sama
tujuan dan kemampuan lu, kayak pasar,
uang, obligasi, atau saham. Dan Cipta
Dana ini juga tersedia di berbagai
aplikasi atau paling enak sih memang di
website-nya langsung, jadi biayanya
lebih murah. Buat lo yang mau investasi
reaksadana itu bisa langsung daftar di
website ciptaana Aset Management.
Caranya lu bisa scan barcode ini dan
tinggal ikutin aja step by step-nya. Ini
udah gampang banget meski lu pemula. Dan
jangan lupa ya investasi itu bukan cuma
soal return tapi juga soal ketenangan
ya. That's why seperti yang tadi gua
bilang, gua taruh sebagian besar
investment gua itu di Reksadana,
terutama pasar uang dan obligasi.
Terutama pas suku bunga kemarin naik.
Tapi kan sekarang suku bunga sudah mulai
turun. Menurut gua ini adalah saatnya
beli reel saham lagi atau ya alternatif
investment lain yang lebih high risk.
Karena liquidity tentu meningkat ke
pasar dan ini jadi peluang juga buat
kita semua untuk ngelihat potensi
kenaikan aset investasi. Buat lo yang
berminat investasi, lu bisa coba daftar
di Ciptaadana Aset Management lewat
barcode ini. Mungkin sekian ya dari gua.
E semoga mindsetnya bisa diterapin.
Semoga lu juga bisa nabung, bisa invest
buat mencapai tujuan lu ke depannya. Dan
akhir kata, gua Fendi 1%. Well, thanks
[Musik]