Transcript
ZqDKZ21IAFI • Mengenal Apa Itu GENERASI ALPHA: Peluang dan Tantangan
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0744_ZqDKZ21IAFI.txt
Kind: captions
Language: id
Usia 17 tuh adalah usia dengan penuh
teka-teki. Kita mulai ngerasa pengin
tahu banyak hal. Apa arti hidup, apa
tujuan hidup. Kita mulai rebel, berontak
sama orang tua, berontak sama agama,
mempertanyakan Tuhan. Kita juga mungkin
akan mulai ngerasain rasa sakit baru ya,
rasa kecewa, drama percintaan yang baru,
drama pertemanan yang baru. Menariknya
untuk generasi Alfa, mereka tuh berusia
17 tahun tepat di masa perubahan
teknologi yang sangat signifikan. Jadi
usia 17 di tahun 2027 nanti buat
generasi hal itu bukan cuma dapat KTP,
bukan cuma jadi label dewasa doang gitu
di mata negara, tapi juga 2027 itu akan
jadi penanda bahwa realita dunia tuh
sudah berubah dengan sangat amat cepat.
Makanya 2027 ini unik soalnya Gen Alpha
ini bukan hanya mulai hidup sendiri,
mulai ke dunia kuliah, mulai masuk ke
dunia kerja, tapi 2027 ini menurut
banyak para ahli ya itu bakal jadi
pertama waktu kelahiran AGI atau
Artificial General Intelligence alias
kalau lu belum tahu itu adalah robot
yang sangat amat menyerupai manusia yang
seharusnya sudah ngambil sekitar 20%
pekerjaan manusia. Yang kedua adalah
akan ada dan sudah ada sebenarnya
revolusi finansial di mana blockchain
bakal jadi mainstream dan Bitcoin. Kalau
lu punya satu Bitcoin aja itu bisa bikin
lu bebas secara finansial. Dan karena
banyaknya perubahan teknologi, gua rasa
gua perlu bikin video ini. Video ini
adalah pesan dari gua Genz awalnya yang
harusnya nanti udah kepala tiga di tahun
2027 untuk generasi Alpha yang mungkin
sekarang masih umur 15 tahun. Semoga
nanti ketika lu umur 17 tahun 202 lu
bakal nonton video ini dan ya kita bisa
look back bareng-bareng. Buat lo yang
Genzy dan milenial yang nonton ya semoga
video ini juga bisa jadi bahan pelajaran
ya. Siapa tahu ada hal yang bisa
dievaluasi dari hidup lu. Gua bakal
ngebahas perkembangan teknologi. Gimana
itu ngaruh ke cara manusia terutama anak
muda melihat arti kehidupan dan gimana
cara supaya lu, terutama yang generasi
alpha itu bisa siap buat ke depannya.
Welcome to kelas kehidupan.
[Musik]
Gua yakin banyak dari lu yang milenial
atau Genzy pasti pernah ngelihat anak
yang seperti di video barusan. Buat
generasi alfa, mungkin lu adalah anak
tersebut. Bye bye.
[Musik]
Janganlah ibu ngomong. Ana sudah mau
jawab malahan ibu ngomong hilang
jawabannya.
Masalahnya gini, generasi alpha itu
tumbuh besar dengan iPad, smartphone.
Dan kita bisa lihat sekarang Gen Alpha
itu based on data ya, based on laporan
dari para guru-guru. Dan ini datanya
sacientific, bisa teman-teman cek ya.
Pertama, banyak Gen Alpha yang kesulitan
sama skill basic. Hal-hal yang basic
yang bisa dikerjain sama Genzi sama
milenial kagak bisa dikerjain Gen Alfa.
Pertama, enggak bisa baca dan nulis.
Kedua, enggak bisa ngitung. Ketiga,
banyak dari mereka punya tangan tapi
otot tangannya kurang terlatih buat
nulis secara fisik. Dan yang keempat,
mereka-mereka ini Genh tidak bisa fokus
attention span-nya rendah. Dan ini jujur
gua bisa bilang iya ya, karena gua
beberapa kali ngisi acara di UNIF, ngisi
acara di SMA. Well, it's totally
different daripada ketika gua pas dulu
SMA maupun mahasiswa. Yang kedua, banyak
dari Gen Alpha ini yang kemampuan mikir
kritis dan kemampuan berinteraksi
sosialnya sangat kurang. Kita bisa lihat
dari tes pisah yang terus berkurang dan
kita bisa lihat juga dari tes bahasa dan
kemampuan mikir kritisnya ini Gen Alpha
cenderung lebih rendah. Yang ketiga,
interaksi sosial. Ya, ini jadi tantangan
banget buat Gen Alpha. Kenapa? Karena
banyak Gen Alpha bergaul di dunia maya.
Lebih banyak sibuk sama sosm, lebih
banyak sibuk sama HP. Akhirnya apa?
Banyak Gen Alpha yang kurang empati,
kurang peka, enggak bisa baca ekspresi
wajah orang. Dan banyak juga Gen Alpha
yang kalau ngobrolnya ya itu ngikutin
cara orang ngobrol di internet termasuk
istilah-istilah brain rrod ya, CBD,
mewing dan lain-lain. Cara komunikasi
udah berubah drastis. Yang keempat kita
bisa lihat Gen Alpha juga gampang
ngambek, gampang tantrum. Apalagi kalau
hal yang dia lagi sibuk misalnya
gadgetnya diambil dia bisa tantrum, bisa
marah banget. Anger management-nya
mungkin bisa dibilang lebih kurang ya,
semua serba instan. Jadi banyak yang
kurang bisa sabar kalau di realita atau
di dunia nyata. Dan rata-rata kalau ada
masalah ngapain menghindar, cabut pasif
agresif atau malah hilang aja gitu sih.
Akhirnya jangan heran kalau banyak Genzi
termasuk Gen Alpha yang masalah
kesehatan mentalnya itu naik terus.
Pertanyaannya sekarang ini siapa yang
salah? Apakah karena kemajuan teknologi?
Apakah karena parenting yang buruk dari
para milenial dan Gen? Well, bisa jadi
semuanya. Bahkan kalau kita lihat ya,
Steve Jobs sendiri inovator ya, yang
bikin iPad pertama kali. Apa dia bilang?
Katanya dia bakal ngelarang anaknya
sendiri pakai gadget itu karena dia tahu
bahwa gadget itu tuh adiktif. Tapi bukan
berarti lu sebagai gen Alpha, lu punya
masa depan yang suram banget ya. Karena
teknologi itu kayak pisau bermata dua.
Di satu sisi bisa jadi ancaman, tapi
bisa jadi peluang besar yang bisa bikin
lo kaya, lo sukses kalau lo tahu cara
pakainya dengan benar. Di chapter
berikutnya kita bakal bahas gimana cara
lu bisa manfaatin teknologi buat hal
positif dan siap ngadapin tantangan
sebagai orang yang sudah punya KTP sudah
usia 17
tahun. Gua perlu state lebih keras ya.
2027 itu bakal beda. Usia 17 memang fase
transisi yang besar tapi bakal lebih
besar lagi karena di tahun 2027 ini lu
harus sadar ya dunia yang bakal lo injak
pas mulai nyemplung ke dunia kuliah dan
kerja itu bakal beda jauh. Mungkin 180
derajat berbeda sama dunia yang dialamin
oleh Gen sama bokap-nyokap lu. Apalagi
memang bakalan sama polanya ya. Lu bakal
mulai nge-cos, lu bakal mulai kuliah, lu
bakal mulai magang, lu bakal mulai
kerja. Tapi di sini jangan lupa, ada
banyak hal yang terjadi di dunia.
Pertama, dunia bakal makin diobrak-abrik
sama robot dan ai. Persaingan di dunia
kerja bakal makin gila banget.
Skill-skill yang dulu jadi andelan kayak
misalnya ngitung cepat pakai sempoa atau
ngafalin saabrek materi udah enggak
relevan, udah enggak laku lagi. Kenapa?
Karena AGI bisa ngelakuin itu semua jauh
lebih cepat, jauh lebih akurat.
Pekerjaan impian lu mungkin akan hilang
dalam beberapa tahun ke depan dan lu
harus sadar itu. Apalagi kalau dari
kecil lu udah kebiasaan dapat informasi
instan dari Google ya atau tugas sekolah
dibantuin AI. Kemampuan lu buat mikir
kritis beneran, mecahin masalah di
perusahaan dan ngeluarin ide-ide yang
original itu bisa jadi tumpul. Padahal
justru skill ini yang bakal bisa jadi
senjata utama lu buat bersaing sama
orang lain atau malah berkolaborasi
dengan AGI atau robot ini. Lu enggak
bisa cuma jadi penonton atau pengguna
teknologi doang tanpa harus mikir. Lu
harus jadi pemikir, lu harus jadi
kreator, lu harus kreatif. Yang kedua,
medsos. Komunitas online dan identitas
digital itu bakal makin penting ke
depannya. Dunia maya sudah jadi rumah
kedua buat lu, buat Paragen Alpha. Tapi
jangan bayangin rumah kedua yang cuma
buat update status atau pamer foto
liburan. Ini lebih dari itu. Metsos itu
bakal ngebentuk cara kita ngelihat
dunia. Algoritma di dalamnya itu bakal
ngubah cara kita berinteraksi. Bahkan
bakal ngubah cara kita ngebangun
identitas diri kita. Kenapa? Karena
algoritma MSOS itu pintar banget ngasih
lu konten yang lu suka. Kedengarannya
memang enak. Lu suka nge-like video
seksi yang masuk video seksi lagi. Lu
suka nge-like konten finansial yang
masuk konten finansial lagi. Tapi lu
jadi kayak hidup dalam gelembung. Cuma
dengar suara-suara yang sependapat sama
lu. Ini bisa jadi bikin pikiran lu
sempit, lu susah nerima perbedaan, dan
gampang banget kemakan hoa jadi gampang
terombang-ambing oleh opini orang.
Contoh, Indonesia gelap. Emang beneran
gelap? Atau ada agenda terentu di sana?
Atau memang beneran gelap ya? Gimana sih
sebenarnya kondisi politik dan ekonomi
Indonesia? Itu contoh satu. Contoh lain,
kabur aja dulu. Positif atau negatif ke
luar negeri itu benar enggak sih hidup
di luar negeri tuh enak atau malah
enggak enak? Benar enggak sih gaji itu
bisa besar di luar negeri? Gimana sih
persaingan di sana? Well, respons lu di
kedua isu ini itu akan sangat bergantung
dengan apa? Dengan apa yang muncul di
FYP lu. Tapi kalau FYP lo jelek, lu cuma
ngikut FYP doang. Cuma condong ke satu
sisi aja tanpa ngelihat sisi yang lain
sampai mungkin ke bawah-bawa marah-marah
dan FOMO. Ya, jadinya gampang bangetlah
digerakin sama entitas-entitas eksternal
ya untuk ikut marah-marah juga atau
untuk ikut ngedukung hal yang sebenarnya
enggak. Oke. Yang ketiga, cara lu
ngelihat duit itu bakal sangat amat
berbeda dengan generasi sebelumnya.
Sekarang teknologi blockchain dan aset
crypto kayak Bitcoin misalnya, itu yang
banyak dibahas adalah tentang investasi.
Gimana cara investasi di sana, gimana
caranya cepat kaya, gimana tahun depan
gua bisa doubling income. Tapi detail
teknologi di belakangnya itu jarang
sekali dibahas. Itu enggak viral, jarang
dibahas. Simply karena apa? Karena
banyak orang lebih tertarik sama mindset
instan. Ini enggak salah ya untuk
belajar investasi dan lain-lain, tapi lu
harus tahu lebih dalam. Ini tuh revolusi
yang jauh lebih deep daripada hanya
sekedar aset investasi aja gitu. cara
kita transaksi, konsep ownership,
semuanya bakal berubah di tahun 2027.
Ya, harusnya itu jadi permulaan. Wah,
kita harus sudah tahu tentang hal ini,
tentang desentralisasi, tentang di mana
nanti finansial bakal lebih transparan,
enggak melulu bergantung sama bank
konvensional atau bahkan aturan negara
tertentu pun tidak bisa mengatur flow
uang yang masuk ke blockchain. Pesan gua
buat lu yang sekarang udah masuk ke
dunia crypto, jangan lupa lu butuh
pemahaman yang kuat. Lu enggak bisa
ikut-ikutan tren, enggak bisa kalau lu
enggak ngerti dasar-dasar ilmu
finansial. Dan kalau lu enggak ngerti
risiko dan bahayanya, aset-aset digital
kayak gini yang memang sekarang belum
diregulasi banget, memang peluangnya
besar, tapi belajarnya jangan lupa,
butuh waktu. Please jangan FOMO, learn
the basics. Intinya, realita hidup
sekarang itu bakal jauh lebih kompleks
dibandingkan generasi sebelumnya. Masih
banyak lagi tekanan sosial yang makin
beragam ke depannya. Kita bakal
ngomongin soal perubahan dunia digital
yang bergerak sangat cepat. Di satu sisi
memang ada tantangan, tapi juga ada
harapan dan peluang yang besar. Kalau
dengan lu dengar ini lu udah kewalahan,
it's oke kok. Wajar karena memang
teknologi ini berjalan sangat amat
cepat. Terus pertanyaannya adalah harus
gimana? Apa sih yang bisa kita lakuin di
umur 17 buat nyiapin masa
depan? Yang bisa kita lakuin sebenarnya
adalah simpel. Siapin tujuan hidup kita.
Generasi Alfa punya cara pandang yang
berbeda soal tujuan hidup. Syukurnya
mereka-mereka ini generasi alfa itu
enggak cuma mikir soal materi atau
kesuksesan finansial saja ya, tapi mulai
nyari makna yang lebih dalam dan lebih
luas. Dan menurut gua ini bagus karena
hidup itu bukan cuma soal duit, bukan
cuma soal cuan. Gen Alpha itu kalau kita
lihat dari riset mereka peduli dengan
banyak hal. Kayak misalnya pertama
passion, kedua relationship, ketiga
komunitas, keempat isu sosial, kelima
teknologi yang jadi temannya mereka dari
kecil. Sayangnya peduli doang itu enggak
cukup. Di era kapitalisme seperti
sekarang kita tetap perlu ngasah skill
kita juga. Biar lu bisa siap di usia 17
ini sampai dewasa. Apapun yang terjadi
di dunia biar improve lu jadi lebih
mantap. Nah, kalau gua jadi umur 17
tahun lagi, apa sih yang bakal gua
lakuin? Pertama, gua bakal ngelakuin hal
yang sama seperti yang gua lakuin dulu,
yaitu gua bakal belajar cara nulis. Gua
bakal belajar cara mencatat sesuatu
dengan benar. Nulis tuh bisa tentang apa
aja. Apa yang lu rasain, apa yang bikin
lu senang, apa yang bikin lu khawatir,
apa yang bikin lu sedih? Supaya apa?
Supaya lu bisa mengenali diri lu. Karena
umur 17, apa yang harus dilakuin? Ya
kenali diri lu ada potensi di mana. Gua
sendiri mulai nulis sejak usia 15 tahun
ya. Mulai dari pertama gua bikin blog
dulu, terus kedua gua banyak ikut lomba
nulis juga. Pas gua pertama masuk UI,
gua juga nulis juga bahkan perjalanan
gua masuk UI. Gua juga nulis kajian pas
gua ada di organisasi kampus. Sampai
akhirnya gua berhenti melakukan itu
semua. Sekarang gua nulis script di
YouTube yang akhirnya bikin gua dapat
banyak hal juga dari sini. Gara-gara
nulis, gua bisa evaluasi pemikiran gua,
tujuan hidup gua yang of course terus
berubah. AI memang ada buat ngebantu
kita nulis, tapi tetap kita kudu belajar
nulis. Kita belajar logik ya. Buat
mengasah logik, mengasah critical
thinking, dan buat bahan evaluasi juga
ya buat ke depannya. Jadi nulis itu
penting banget menurut gua meskipun
sudah ada ya yang bisa ngebantu lu
nulis. Kedua, jangan lupa belajar
ngobrol dan berteman. Entah itu lu sama
teman dekat, sama keluarga, sama mentor.
Sharing ngobrol itu penting banget.
Mereka bisa ngasih perspektif baru.
Teman-teman lu ini bukan sekedar tempat
curhat. Teman itu penting karena di
generasi sekarang udah makin banyak
orang ngasa kesepian, enggak punya
teman, depresi. Generasi alfa katanya
sih oke ya ngebangun pertemanan digital,
tapi ya kita lihat makin banyak sekarang
orang jomblo, orang kesepian
bertahun-tahun. Jadi, pas lu ngampus
atau pas lu kerja, jangan lupa berteman,
jangan lupa ngobrol. Karena ketika AI
sudah mengambil semua pekerjaan manusia,
manusia mau ngapain lagi selain ngobrol
ya, selain aktivitas sama orang terdekat
ya kan? Atau ya minimal lu ngobrol sama
AI, ngobrolnya benar. Jadi jangan lupa
belajar ngobrol dan berteman. Yang
ketiga, jangan cuma fokus ke hal-hal
yang besar, fokus juga ke hal-hal yang
kecil. Kadang kita tuh ngerasa overwelm
gitu sama dunia karena kita mikirin hal
besar terus. Coba deh, mungkin sesekali
belajar bersyukur. Nikmati momen kecil
yang sederhana. Dengerin lagu favorit,
jangan santai, ngopi bareng teman. Iya,
kita tahu rumah makin mahal, kita tahu
inflasi, kita tahu Indonesia gelap. Tapi
bukan berarti semua hal-hal besar itu
jadi bikin lu harus ikutan stres juga.
Santui aja, nikmati momen. Enggak ada
salahnya luangin waktu 30 menit lah
sampai sejam buat enjoy life itu.
Syukuri apa yang ada karena hidup
ngapain gitu kalau buat stres doang ya
kan. Nah, yang keempat ini yang
terakhir. Kita harus belajar adaptasi
dengan perubahan teknologi dan perubahan
dunia yang makin cepat. di 2027 nanti
bisa jadi orang enggak akan sadar
seberapa cepat perkembangan semua
teknologi. Bisa jadi ada teknologi baru
juga. Nah, ketika orang lain sudah
gemeteran ya, ketika orang lain bilang,
"Oh, enggak, gua enggak percaya udah
cabut duluan." Lu harus jadi orang
pertama yang bisa dan jago di teknologi
baru itu. 1% masih ada sampai sekarang
setelah bertahun-tahun. Itu ada karena
apa? Karena kita terus berinovasi.
Minimal ya, minimal sebagai orang di 17
tahun kalau gua balik lagi, minimal lu
harus join komunitas yang fokus ke
teknologi terbaru atau yang fokus buat
ningkatin kualitas diri. Contohnya apa?
Banyak ya. Salah satu brand yang gua
punya ada The Futuris Genzi, ada di
Instagram. Ada juga komoditas 1% gitu ya
kalau di luar kampus. Di dalam kampus
join BEM atau enggak ya tergantung
kira-kira BEM itu bisa jadi bagus apa
enggak buat lu. Kenapa? Karena dengan
join komunitas lu bisa punya berbagai
kegiatan, baik itu online maupun
offline. Lu bisa jadi kepaksa juga
ngebahas hal-hal baru gitu ya. Makanya
jadi buat lu yang tertarik, lu bisa join
kalau 1%.
Hidup di usia 17 tahun memang akan penuh
teka-teki. Lu sekarang lagi ada di
persimpangan antara nanti lu mencapai
mimpi lu atau lu stuck di realita
sekarang. Lu enggak berkembanglah antara
harapan dan rasa ragu. Tapi ingat,
enggak apa-apa kok. Bingung dan ngerasa
campur aduk itu enggak apa-apa. Itu
justru bagian dari proses lu untuk
pendewasaan. Arti hidup itu enggak cuma
dapetin semua yang lu mau, enggak cuma
dapetin uang yang banyak, tapi juga
gimana lu bisa nikmatin perjalanannya
gitu. Belajar dari kegagalan dan terus
nyari makna yang pas. Yang paling
penting kalau saran gua sih mungkin ya
mulai jangan jalan sendiri. Cari
orang-orang yang dengan minat yang sama
yang bisa support lu supaya perjalanan
lu mungkin enggak seberat itu. Ingat,
umur 17-an itu masa eksplorasi dan
eksplorasi itu proses. Dan yang namanya
proses itu memang tidak linear, bisa
naik turun. Jadi enggak perlu stres
kalau misalnya lu belum jadi orang
sukses dalam tanda kutip. Dan kalau lu
pengin punya circle yang ngerti struggle
lu, yang bisa jadi tempat ngobrol,
tempat belajar bareng, lu bisa coba
gabung ke komunitas 1%. Siapa tahu bisa
dapat project dari sana seperti yang
dilakukan oleh puluhan orang lain yang
sudah lolos seleksi. Akhir rata gua Evan
1% dan buat para generasi Alpha yang
mendengar semangat. Buat teman-teman
Genzi dan milenial yang seumuran dengan
gua ya semangat juga kita bakal melewati
ya revolusi ya untuk menjadi dunia baru
di tahun 2027. Oke gue Evan 100%. Well,
thanks
[Musik]