Salah Gak Sih Hidup di Zona Nyaman?
hkmTnuwE2NM • 2025-05-31
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Di video sebelumnya pas gua ngejelasin
tentang mindset bersyukur, ada yang
komen kayak gini, "Sekarang gua udah
ngerasa cukup, udah bersyukur dengan
kondisi yang ada. Eh, malah gua dicap
hidup di zona nyaman." Ada yang pernah
kayak gitu enggak? Lu udah ngerasa
tenang nih sama kerjaan lu sekarang.
Gaji lu cukup, waktu lu fleksibel, lu
enggak stres, lu enggak drama? Tapi
entah kenapa, ada aja orang-orang di
luar sana di sekitar lu termasuk
influencer-influencer malah bilang, "Lu
jangan terlalu nyaman dong. keluar di
zona nyaman lah. Ini kan dunia lagi
rusak. Gak boleh lu pakai mindset
bersyukur. Emang rakyat Konoha lu tuh
miskin. Lu harusnya kerja. Nah, yang
jadi masalah adalah salahnya gimana
coba? Dengan orang punya mindset
bersyukur. Punya mindset bahwa hidup tuh
sekarang udah cukup dan enggak butuh
lebih lagi. Punya mindset bahwa ada hal
yang bisa dikontrol dan enggak dan kita
fokus ke yang bisa dikontrol aja gitu.
Di satu sisi kita hidup tuh sebenarnya
kan buat nyari ketenangan dan rasa
cukup. Tapi ya enggak salah juga ya, di
luar sana memang selalu ada narasi kayak
kalau lu diam di tempat lu bakal
ketinggalan. Benar apa benar? Nah,
pertanyaan 1 juta dolarnya adalah jadi
zona nyaman itu beneran bahaya atau
enggak? Atau malah cuma cap sosial doang
dari eksternal yang sebenarnya enggak
relevan sama sekali dan enggak usah
didengerin? Nah, menarik nih. Gua bakal
bahas ini dari awal. Welcome to kelas
kehidupan by 1%.
[Musik]
Oke, jadi gini, zona nyaman itu
sebenarnya bukan tempat fisik, tapi bisa
dibilang kondisi mental. Zona nyaman tuh
adalah fase di mana lu ngerasa aman, lu
ngerasa hidup lu lagi stabil, lu ngerasa
enggak perlu mikir keras buat adaptasi.
Semua udah familiar, udah kebaca.
Contoh, lu kerja di tempat yang sama
udah 3 tahun, udah ngerti ritmenya, udah
gak ada tantangan baru, udah gak ada
stres yang baru yang bisa bikin lu
enggak tidur. Intinya hidup lu tuh kalau
di zona nyaman, lu tinggal jalani aja
day to day-nya. Di titik ini mungkin
banyak orang ngomong, "Eh, kok lu diam
di situ-situ aja? Lu harus growth dong,
coba hal baru." Nah, padahal apakah itu
harus dilakuin? Ya, enggak juga. Zona
nyaman tuh enggak selalu buruk. Justru
banyak banget keputusan hidup dan
pelajaran hidup yang ada yang kita bisa
pelajari karena kita ada di zona nyaman.
Kenapa? Karena di zona nyaman kita punya
ruang buat mikir, kita punya ruang buat
santui, kita punya ruang buat ngumpulin
tenaga, kita punya ruang buat nyusun
strategi buat langkah selanjutnya. Yang
sering jadi masalah dari zona nyaman itu
sebenarnya bukan zona nyamannya. Tapi
saat apa? Nah, ini kita lanjut di part
2. Kapan zona nyaman jadi masalah? Zona
nyaman bakal jadi masalah ketika dua hal
ini terjadi atau minimal satu deh dari
hal ini. Pertama, apakah kita stuck atau
enggak? Misal nih ya, anggap lu mau
cabut dari zona nyaman ini, lu bisa apa
enggak. Kalau jawabannya adalah enggak
bisa, ya berarti zona nyamannya udah
bikin kita terpenjara atau malah justru
kita denil gitu. Bilangnya ini zona
nyaman padahal malah enggak ada di
penjara. dinyaman-nyamanin aja padahal
sebenarnya enggak nyaman gitu. Itu yang
pertama. Jadi zona nyaman tapi ternyata
ya bukan zona nyaman, itu mah penjara.
Yang kedua ketika di zona nyaman ini lu
ada desire enggak? Ada tujuan enggak ada
keinginan enggak yang belum tercapai?
Nah, jawabannya kalau misalnya ada ya
jangan-jangan selama ini kita bukan ada
di zona nyaman, justru ada di zona
menunda atau zona prokrastinasi. zona
nyaman itu akan oke. Kalau misalnya nih
ya zona yang sekarang zona nyaman lu itu
adalah target lu sebelumnya. Contoh gua
punya tujuan gua pengen masuk UI, gua
pengen masuk ITB, terus tiba-tiba tahun
depan gua masuk ITB atau sekarang gua
udah masuk ITB. Apakah setelah masuk ITB
gua boleh santai sebentar gitu? Ya
boleh-boleh aja lah. Nikmatin dulu hidup
gitu kan. Bersyukur dulu ya kan. Liburan
dulu mungkin merayakan dulu. Misal gua
punya target nih, gua pengin punya gaji
R10 juta per bulan. Terus tahun ini atau
sekarang gua dapat R juta per bulan.
Literally right now gua dapat R juta per
bulan. Boleh gak gua santai dulu di zona
nyaman dulu R juta ini nikmatin dulu
gitu? Ya boleh-boleh aja gitu ya. Enggak
harus gitu. Hidup lu harus selalu ngejar
sesuatu gitu. Boleh kok istirahat dulu
di zona nyaman dulu. Tapi kalau sekarang
lu ada di zona nyaman, lu udah lama di
sini dan itu bukan sesuatu yang lu
kejar. Justru lu ada impian yang
sebenarnya selalu lu tunda-tunda. Ya,
berarti ini bukan zona nyaman, tapi zona
menunda. Jadi, kesimpulan dari dua
indikator tadi adalah zona nyaman itu
akan jadi masalah bukan karena ketika
kita ngerasa cukup, tapi karena kita
mulai stuck kita diil dan kita enggak
sadar. Malah mungkin banyak dari lu
jangan-jangan ya baru sadar setelah gua
tanya hal tadi. Baru sadar ternyata lu
tuh stuck. Baru sadar ternyata lu tuh
enggak pernah mencapai tujuan lu. Ti aja
di situ terus. Nah, ini ada beberapa
indikator lainnya yang bisa lu cek juga.
Pertama, lu ngerasa hidup datar. Terus
lu ngerasa keseharian lu tuh ngerusak
badan lu, ngerusak mental lu, gitu.
Setiap hari itu lu selalu dipenuhi hal
yang negatif. Jangan-jangan bukan zona
nyaman. Yang kedua, lu punya mimpi atau
tujuan, tapi lu selalu bilang, "Nanti
aja deh, belum waktunya." Nunda-nunda
terus. Mungkin bukan zona nyaman, tapi
lu menunda. Yang ketiga, lu sering cari
alasan kayak, "Ya, gua mah emang
orangnya begini." Padahal dalam hati
nih, ya, dalam hati kecil lu penginnya
lebih. Cuma lu ngerasa gak bisa ya
mungkin denial gitu ya. Jadi masalahnya
tuh bukan dirasa cukup gitu tapi dirasa
denial dan menunda. Akhirnya kita
diam-diam nih ya menunda melakukan hal
yang seberapa penting. Dan ini ini yang
toxicnya zona nyaman ya. Makin lama lu
tinggal di zona nyaman, makin susah buat
keluar karena otak kita ya makin lama
makin terbiasa gitu. Oh gua udah aman di
sini gitu ya. Gua udah in relationship
sama ni orang udah 5 tahun gitu. Padahal
tiap hari toxic gitu kan. Lu udah di
kantor ini misal 5 tahun gitu. Jadi
padahal lu ngerasa worthless gitu, tapi
karena lu udah terbiasa main aman,
akhirnya lu stay aja di sana. Nah, itu
mah udah toxic. Nah, terus harus
ngapain? Lanjut chapter
3. Kabar baiknya keluar dari zona nyaman
itu enggak berarti lu harus jadi stres.
Enggak berarti lu harus ninggalin semua
hal terus kerja, kerja, kerja tiap hari,
gitu. Enggak juga kok. Yang lu butuhin
sebenarnya adalah progres kecil yang
konsisten. Kalau bisa besar lebih bagus,
tapi sebenarnya yang kita butuh progres
kecil aja. Karena progres kecil ini
compounding, Guys. Compounding itu
artinya apa? Itu bakal kecicil terus.
Kalau lu lakuin tiap hari progres kecil,
ini bisa jadi besar. Contoh, tiap hari
lu hitung berapa lama lu main HP. Anggap
tiap hari 60 menit lu scrolling TikTok
yang enggak penting ya. Anggap lu
dengerin gosip-gosip enggak jelas gitu
ya. Yang sebenar lu enggak kerja di
sosial media agency, lu enggak punya
personal branding, terus lu pengin
dengerin akun gosip. Kan enggak penting.
Kalau dikali 365 hari, 60 menit itu
setahun jadi berapa menit? Jadi 22.000
menit. Bayangin kalau scrolling itu lu
ganti jadi nonton video 1% misalnya atau
nonton apapun lah ya yang lebih
bermanfaat daripada dengerin gosip.
Mungkin mindset lu udah jadi beda
dibandingkan lu cuma ya scrolling-soll
yang enggak penting gitu. Itu 60 menit.
30 menit aja nih ya lu ganti nih
scrolling-soll yang tadi. Jadi lu baca
buku, lu riset, lu mungkin belajar hal
baru ya. Belajar pakai AI. Kalau dikali
365 hari jadi berapa menit? 11.000
menit. Lu bayangin 11.000 menit tiap
tahun lu baca buku, lu riset mindset lu
apa enggak? Mantap. Ya kan? Bayangin hal
kecil ini, apapun itu lu bisa lakuin
tiap hari. Lu lakuin itu selama 10
tahun. Ya mungkin lu udah jadi orang
kaya nanti 10 tahun ke depan ya. Dan itu
cuma ngambil waktu 30 menit doang sehari
ya atau sejam lah sehari. Minimal 1% aja
lebih baik setiap harinya. Itu lu bakal
lebih oke dari 90% orang di dunia
harusnya. Nah, gua ada strategi yang
bisa lu lakuin. Pertama, kalau lu udah
ngerasa stuck di zona nyaman, reframe
zona nyaman. Jadi, jangan nganggap zona
nyaman itu selalu buruk, ya. Enggak
selalu buruk. Lagi-lagi zona nyaman itu
bisa jadi tempat istirahat. Buat lu yang
sudah nyampai tujuan tertentu, anggap
aja itu sebagai basecamp sebelum naik
gunung. Jadi hidup itu enggak enggak
perlu 100% stres terus dan enggak bisa
juga kayaknya 100% sukses gitu. Lu nanti
bakal kebebanin, cuy. Ya kan? Bakal
mungkin burn out nanti namanya ya. Kalau
dari sudut pandang psikologi. Kadang ada
aja beberapa hari, beberapa minggu,
beberapa bulan di mana lu enggak apa-apa
istirahat dulu gitu. Santui dulu,
ngerjain hal lain dulu selain kerjaan
utama. Ini gua kasih contoh ya, orang
paling kaya di dunia gitu ya. Menurut
gua harusnya tuh Steve Jobs gitu. Tapi
kenapa dia gak jadi orang paling kaya di
dunia? Karena dia sebenarnya gak mau
kaya juga. Dia kan innovator ya. Steve
Jobs ini meskipun sukses, dia innovator
terbaik di dunia gitu ya. Menginspirasi
banyak sekali orang. Dia kan pernah 7
bulan berkelana jadi hipi ke India gitu.
Ngapain ya? Kan mungkin orang mikir
enggak penting gitu atau dia pernah juga
kan cerita ee dia pernah ikut kelas yang
sebenarnya enggak penting tipografi gitu
ya. Sebenarnya itu kan mode santuinya
kan mode zona nyamannya gitu. Jadi kayak
dia ekspor hal baru tapi kayak enggak
terlalu serius juga. Ya udah dia enggak
ngapa-ngapain nih baratnya. Nah itu zona
nyaman sebenarnya. Nah, itu bisa lu
reframe zona nyaman itu sebagai ya
basecamp sebagai lu ngelakuin hal yang
sebenarnya enggak penting-penting amat
ya saat itu. Tapi kebayang enggak kalau
Steve Jobs enggak pernah ke India tuh 7
bulan? Kebayang enggak kalau Steve Jobs
enggak pernah ikut kelas tipografi yang
dulu orang-orang nganggap enggak
penting? Mungkin MacBook enggak akan ada
sampai sekarang dan mungkin MacBook ya
enggak bakal sebagus sekarang desainnya
ya kan? Habis sukses di Apple Steve Jobs
juga sempat dipecat di tahun 1985 dan
itu adalah fase di mana dia wah
marah-marah mulu kan dulu enggak stabil
lah kalau lu baca biografinya gitu. Nah,
sejak tahun 1985 apa yang dilakuin? Dia
mode rehat dulu ya. Mode zona nyaman
dulu. Dari mode marah-marah ke mode
kreator lagi. Dia balik lagi dari nol
bikin next, bikin Pixar. Banyak yang
enggak jelas gitu ya yang dia bikin
sebenarnya. Tapi next dan Pixar ini
apakah bikin dia jadi sukses dalam
semalam gitu dalam setahun, 2 tahun?
Enggak juga ya. Kagak. Dia enggak bikin
itu semua dalam setahun, 2 tahun. Dia
bikin itu dalam 12 tahun. Sukses di
beberapa hal gitu ya. Terus dia balik
lagi jadi CEO Apple tuh di tahun 1997.
Jadi waktu rehatnya sejak dia sukses di
Apple itu 12 tahun, Guys. Sampai
akhirnya pas balik lagi dia jadi orang
yang lebih mantap dari sebelumnya. Jadi
orang yang lebih dewasa, marah-marahnya
lebih ke kontrol, inovasinya lebih bagus
ya kan. Dan dia enggak nge-hire orang
seperti dulu gitu ya yang akhirnya mecat
dia gitu. Dia kan nge-hire seingat gua
marketingnya Coca-Cola gitu yang
akhirnya mecat dia juga. Namanya John
Scaliy kalau enggak salah. Jadi zona
nyaman itu bisa jadi tempat istirahat,
tempat evaluasi, tempat siapin tenaga,
tempat brandsom, tempat lu melakukan
hal-hal yang mungkin lu kira enggak
penting tapi positif gitu ya. Ya, dalam
hal ini ingat harus positif sebelum
nanti naik ke tantangan baru, sebelum
nanti jadi orang dewasa baru gitu ya.
Zona nyaman tuh bukan buat ditinggal
terus, tapi untuk lu kelola. Oke,
sekarang lu lagi ada di zona apa nih?
Oke, zona nyaman. Mau sampai kapan? Gitu
kan. Dan ngerasa cukup itu enggak salah.
Bersyukur itu enggak salah menurut gua
ya. Selama ya lu punya plan gitu, lu
punya dorongan untuk tumbuh. Jadi
bersyukur dan ambis itu menurut gua
harusnya hal yang tidak bisa dipisahkan
gitu ya atau hal yang gak bisa jadi
berlawanan juga gitu ya. Orang bisa aja
ambis dan suka bersyukur. Yang kedua ya
yang bisa lu lakuin adalah coba zona
belajar bukan zona panik. Jadi keluar
dari zona nyaman bukan berarti lu masuk
ke zona panik atau zona stres. Tujuan lu
adalah masuk ke zona belajar. Ini contoh
kecilnya ya. Lu ikut ya webinar topik
baru gitu ya. Topik random juga enggak
apa-apa gitu. Siapa tahu dapat inspirasi
gitu kan. Lu ngobrol sama orang di luar
circle lu. Lu coba skill baru baca buku
baru. Jadi zona belajar tuh enggak harus
terlalu stressful. ya mungkin nanti pas
belajar akan ngerasa kayak oh gua gak
bisa segala macam lu bakal stres. Tapi
ini bukan zona panik gitu. Di mana zona
panik itu adalah ketika lu kayak stres
banget sampai enggak bisa perform gitu
ya. Enggak gitu jugaitu yang ketiga
saran gua adalah ini terutama buat
mahasiswa gabung komunitas atau
organisasi yang sevisi dengan lu ya.
Kadang yang lu butuh ya, apalagi Gen
Alpha nih yang sudah terbiasa di dunia
maya gitu kan, yang lu butuh kadang
bukan motivasi internal. Karena gua
paham bahwa banyak orang yang lebih
semangat tuh kalau bareng-bareng sama
orang. Ada lingkungannya, ada support
system yang nyemangatin. Makanya penting
banget support system itu. Ya lu
kebayang enggak orang enggak punya
support system dia atau dimaki-maki
terus sama orang atau kayak
teman-temannya kebiasaannya buruk, dia
bakal jadi buruk juga pada akhir.
Contohnya ya di 1% kita punya komunitas
namanya komunitas 1%. Komunitasnya tuh
buat saling dukung, saling tumbuh
bareng. Ya, kebetulan komunitas
mahasiswa nih. Kemarin juga kita buka
komunitas 1% ini di Jogja ya, di area
baru. Sebelumnya kita buka di Jakarta
sama Bandung gitu. Kita rutin bikin
event, kita rutin bikin projects gitu
ya. Kita ada juga yang masuk jadi
internship gitu ya, ada juga yang jadi
karyawan gitu. Nah, komunitas atau
organisasi kayak gini menurut gua bisa
lu cari. Enggak harus lu join komunitas
1%. Enggak juga ada banyak ya ribuan
komunitas lain di luar sana yang online,
yang offline. Tapi coba join komunitas
seperti ini biar lu bisa update sama
hal-hal yang lu suka atau sama
berita-berita baru lah. Ya, ini contoh
aja. Kalau di komentar 1% kan lu ngobrol
sama teman yang lain, lu bisa dapat
project, lu bisa diajarin pakai AI. Next
mungkin kita bakal buka lah di Surabaya
sama Bali. Buat lu yang tertarik ya
nanti bisa cek ya website kita bisa cek
juga komen atau link di deskripsi.
Kesimpulannya adalah zona nyaman itu
bukan musuh ya, Guys. Tapi kalau el
stuck dan denial, lu pakai zona nyaman
buat alasan dan menunda. Ya,
jangan-jangan ini jadi lu kehilangan
momen terbaik lu buat berkembang.
Akhirnya apa? Akhirnya nyesel. Udah tua,
nyesel. Kenapa gua enggak ngelakuin ini
dari dulu? Ingat ya, lu enggak harus
jadi orang paling kaya di dunia, enggak
harus jadi orang paling jago. Enggak
harus juga enggak bersyukur gitu. Harus
ambisius setiap hari. Enggak juga. Tapi
penting banget untuk punya curiosity,
rasa ingin tahu, keinginan buat upgrade
diri. sesuai dengan pace lu
masing-masing. Minimal lu jadi lebih
baik seenggaknya 1% setiap harinya. Nah,
itu adalah filosofi kita. Akhir kata ya,
semoga video ini bisa ngebantu. Gua F
100%. Well, thanks guys.
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:50 UTC
Categories
Manage