Transcript
_l-PurSChO0 • Kerja di Luar Negeri: Gaji Tinggi Gak Selalu Baik?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0736__l-PurSChO0.txt
Kind: captions
Language: id
Gaji gede, pengalaman baru, dan hidup
lebih nyaman. Mungkin itu yang ada di
pikiran kebanyakan orang saat ingin
kerja di luar negeri. Ada benarnya sih,
tapi udah pasti semuanya tuh enggak
semanis itu. Karena kalau semuanya
semanis itu ya semuanya udah ke luar
negeri, ya kan? Kalau segampang itu ya
kenapa enggak banyak orang yang ke luar
negeri? Udah pasti ada sisi gelap kalau
hidup di luar negeri yang seringkiali
kagak kelihatan dari luar yang
seringkiali enggak dibilangin sama
influencer-influencer di luar sana. Dan
buat lu yang memutuskan untuk kabur aja
dulu, tonton video ini sampai habis.
Welcome to abroad series.
[Musik]
Tagar kabur aja dulu. Saat ini sedang
jadi tren. Jepang dikabarkan makin
melirik tenaga kerja asing setelah
terjadinya penurunan tajam populasi.
[Musik]
kayak datang Jepang jam sekitar jam 0.00
malam baru nyampai apartemen itu udah
langsung besoknya harus kerja jam 5.00
pagi. Itu udah salah satu cter shock jam
kerja mungkin ya yang terlalu over kayak
si malam dari jam 5.00 sampai jam .
pagi, besoknya baru pulang. Jadi mungkin
kayak working hours-nya yang lumayan
cukup berat sih. Beda budaya, makanan,
cara ngomong, aturan hidup, keyakinan,
dan banyak lagi. Semua ini adalah
culture shock dan ini bisa bikin kita
bingung dan ngerasa terasingkan. Ada 10
aspek dari culture shock yang bisa lu
baca di layar. Dari 10 itu minimal aja
udah pasti ada enam aspek yang pasti El
alami, yang pasti semua pekerja dari
Indonesia tuh alami. Dan enggak jarang
ini tuh bikin kita jadi kesepian dan
homesik. Bahkan ada teman gua yang
sempat bilang gini, "Segede-gedenya gaji
di luar negeri, kita gak bakal bisa
diterima dalam tanda kutip di sana
sebagai bagian dari mereka." Emang suatu
saat orang Indonesia itu harus
pulang. Kalau homesik pasti ya kayaknya
itu 2 minggu awal pas di Jepang itu
langsung ngerasa homesik karena mungkin
emang aku orangnya dekat sama keluarga.
Jadi itu juga salah satu faktor
mengatasinya ya kalau aku pribadi
nyibukin diri sih karena sekarang udah
ada target mau kejar level up level
bahasa ke N3 terus juga mau ambil coba
eh SSW lain perhotelan. Jadi disibukin
diri sama belajar aja sih kayak tiap
malam belajar belajar ikut kelas Sabtu
Minggu. Faktanya di negara sendiri aja
apalagi di kota-kota besar ya, selain
karena culture shock, banyak pekerja tuh
ngerasa kesepian. Yaah, lihat aja orang
Jakarta ya pada individualis semua.
Jalannya cepat-cepat ya kan makannya
sendiri-sendiri. Dan ada riset yang
menarik dari HBR ke 1000 pekerja
profesional di berbagai perusahaan.
Hasilnya adalah ada 25% orang yang
sangat kesepian. Jadi 25% pekerja atau
kesepian. 38%-nya itu lumayan kesepian.
Artinya 63% atau mayoritas orang itu
memang udah ngerasa kesepian di kerjaan.
Dan ini ini tuh bukan orang yang
merantau gitu loh yang diriset. Ini
orang yang ya udah kerja biasa aja. 1000
orang tuh kerja biasa aja. 63% merasa
kesepian ya apalagi di luar negeri. Iya
kan?
Kalau gaji bersih yang kita terima
setelah potongan itu sekitar 16 mau ke
17 ya, sekitar segitu untuk gaji
bersihnya yang perikanan itu belum
termasuk lembur dan eh shift malam ada
istilahnya yaking. Kalau misalkan ee ada
yaking tanpa lembur itu biasanya bisa
dapat 20. Nah, itu udah termasuk sama
potongan ya. Nah, potongannya ada apa
aja? potongannya itu aku kurang lebih
sekitar 5,5 juta. Ee pajak, uang
pensiun, dan uang tempat tinggal itu
sudah termasuk di 5,5 juta. Em kalau
untuk pengeluaran sendiri karena aku
perusahaanku lumayan cukup baik ya,
kayak ada beberapa subsidi, contohnya
subsidi listrik, gas, air, Wii itu
biasanya kalau kita bayar biasa itu
sekitar 1,5 tergantung penggunaan ya,
tapi di subsidi. Jadi, aku cuma bayar
per bulan Rp800.000
sama uang apartemen ini R1 juta per
bulan. Jadi aku sat 1 bulan tuh ngabisin
R1,8 juta. Untuk makan kebutuhan pokok
mungkin sekitar 2 sampai R3 juta
ditambah R1 juta untuk ya refreshing ya
kalau mau beli barang atau enggak top up
game. Dan gaji besar tuh memang
menggiurkan banget. Tapi setelah
dipotong pajak dan biaya hidup belum
tentu kita tuh bisa nabung banyak. Tetap
harus hemat-hemat juga. Sebenarnya di
banyak negara kayak Jepang, Malaysia,
Singapura, Australia, Jerman gitu ya.
Kalau lu gak bermewah-mewah karena
kebetulan gini ratio mereka tuh lumayan
rendah. Kalau lu gak tahu Genie ratio,
silakan tonton playlist e abroad series
kita ya. Tapi intinya karena hidup di
mereka itu di negara orang tuh lebih
setara. Jadi gaji tuh enggak
timpang-timpang banget lah antara kuli
bangunan sama orang kantoran tuh enggak
timpang gitu ya. Itu lu masih bisa
nabung sebenarnya. Lu mau kerja apap pun
masih bisa nabung. Sayangnya hidup di
negara orang sekarang bisa jadi kurang
nyaman karena memang banyak banget
sentimen negatif terhadap imigran baru
terutama terhadap muslim. Nah, kenapa
gue spesifik bilang muslim? Karena 90%
orang Indonesia kan muslim ya kan? Jadi
ya lu harus terima aja kalau ada orang
yang bakar-bakar Quran, kalau ada orang
yang menghakimi lu atas pakaian lu atau
atas agama lu sih.
Kalau rasisme sih selama kerja enggak
ada ya. Karena sekarang mungkin beberapa
perusahaan udah takut untuk dilaporin.
Ada beberapa kasus ee yang tadi tuh yang
kerjaan tuh enggak enak karena
dibeda-bedain ya kayak kerjaan tuh makin
berat dan lain-lain itu kita langsung
lapor ke pihak TSK atau enggak Kumi-nya.
Dan dari Kumi aku sendiri untungnya
supportif ya langsung kayak tegur
perusahaannya. Terus dari perusahaannya
juga tiba-tiba kalang kabut karena ee
dengar DAS-Desus kalau orang Indonesia
pada mau keluar dari perusahaan gitu
kan. Mereka juga kalau enggak ada
karyawan kan enggak bakal berjalan gitu
kan. Faktanya kita tahu ya 47% muslim di
Eropa itu mengalami yang namanya
diskriminasi. Yang ini tuh naik dari 39%
di tahun 2016. Jadi menurut gua sih ini
akan terus naik rightwing presiden atau
rightwing politics di luar negeri yang
memang udah menyerukan ini yang nyuruh
migran-migran dari luar negeri kayak
ibaratnya di Jerman gitu ya, di UK
banyak orang yang mulai nyuruh nih
orang-orang muslim itu untuk cabut lagi
ke negaranya. balik sana lu gitu ya ke
negara lu. Meskipun seringkiali yang
mereka teriakin itu adalah sudah warga
negara sana guys. Itu yang harus kalian
lalui. Ya, belum lagi ada resiko-resiko
lain. Kayak misalnya lu tinggal di
Jepang ada bencana alam, Amerika Serikat
ada badai, ada kebakaran hutan kan
kemarin. Terus juga ada perubahan
kebijakan imigrasi. Kalau misalnya
presiden kayak Trump gitu misalnya yang
let's say dia tiba-tiba bikin kebijakan,
"Ya udah lu hirnya orang Amerika aja
gitu kan. Itu kan akan mengancam ya
pekerja-pekerja asing di US meskipun ya
kita sendiri tahulah ya. mereka tuh
kekurangan penduduk sebenarnya. Jadi
mereka tetap butuh yang namanya migran
dan ini kesempatan kita. Tapi ya tetap
ini punya tantangan
tersendiri. Pada akhirnya based on data
ya, based on tadi juga testimoni dari
berbagai macam orang. Kerja di luar
negeri itu bukan buat semua orang. Kalau
lu tipe yang gampang nyerah, kalau lu
tipe orang yang enggak kuat mental,
kalau lu punya tanggung jawab fisik
besar di rumah, misalnya lu harus ngwat
keluarga secara fisik. Kerja di luar
negeri bukan pilihan terbaik, bukan buat
semua orang. Sekali lagi, tapi santai
ya, masih ada opsi lain buat lo untuk
tetap berkembang dan sukses tanpa harus
ninggalin Indonesia. Kayak gua misalnya,
gua sendiri gua enggak bakal ninggalin
Indonesia sebenarnya. Ya enggak tahu sih
ya, sekarang sih belum kepikiran banget.
Kalaupun gua ninggalin Indonesia, gua
yakin gua bakal balik lagi gitu ya.
kecuali Indonesia tiba-tiba gua enggak
paham tuh ada kebijakan atau apa. Cuman
El itu bisa sukses tanpa harus ninggalin
Indonesia. Ini opsi-opsinya. Pertama, lu
kerja di Indonesia tapi kerja yang
benar. Karena gini, selama lu update
sama perkembangan teknologi, kerja di
Indonesia tuh masih bisa jadi opsi yang
oke. Tapi tantangan besarnya sebenarnya
lebih ke persaingan aja, ya kan?
Persaingannya ketat, kerjanya susah,
gajinya lebih rendah. Nah, makanya lu
harus cari bidang yang persaingannya
rendah tapi gajinya tinggi. Sebenarnya
itu sesimpel itu. Kalau lu mau survive,
lu harus bisa pakai teknologi yang bikin
kerjaan lu jadi lebih efisien. Di setiap
perusahaan tuh selalu ada lima tipe
karyawan ya. Dan tipe satu dan 2 ini
kebanyakan ada di Indonesia. Menariknya
tipe 1 dan 2 ini adalah tipe-tipe yang
gajinya kecil, udah pasti. Pertama, tipe
yang useless. Orang yang udah dikasih
tahu, ya udah dikasih tahu detailnya
shop, kerjaannya tetap salah. Di
Indonesia banyak enggak orang kayak
gini? Banyak. Yang kedua, tas monkey.
Jadi, kayak lu bisa sih ngerjain tugas,
tapi lu harus dikasih tahu apa tugasnya,
di mana tugasnya, kapan harus dilakuin,
gitu ya. Nah, ini tas monkey. Nah, ini
gua lihat banyak banget di Indonesia
sebenarnya orang-orang yang seperti ini.
Apalagi kita tahu ya lulusan S1 di
Indonesia itu enggak sebanyak itu ya
kan? Jadi nomor 1 DU ini banyak banget
di Indonesia. Gajinya kecil-kecil di
bawah UMR udah pasti ya. Karena lu
sering salah kalau lu nomor satu. Kalau
lu yang kedua, lu bikin repot atasan lu.
Nah, untuk gaji lu jadi lebih gede,
sebenarnya lu minimal harus di nomor
tiga. Tapi nomor tiga pun ya orang-orang
SCBD ya, kita tahulah seberat gajinya
enggak sebesar itu juga ya kan. Yang
ketiga tuh problem solver. Ini mereka
yang udah dikasih tahu apa yang harus
dilakuin. Ya udah mereka bisa nyari
caranya sendiri. Mereka udah paham. Yang
keempat, sistem stinker. Dikasih tahu
masalahnya apa. Mereka bisa bikin sistem
buat nyelesainnya biar masalahnya enggak
baik lagi. Yang kelima adalah superstar.
mereka ini yang bisa identifikasi
problemnya apa dan bisa nyelesaiinnya
dengan cara yang terbaik. Sayangnya ya
tadi dari pengalaman gua sebagai CEO
selama 67 tahun ke belakang gua lihat
juga CEO-so lain, perusahaan-perusahaan
dan pekerja-pekerja juga kenalan-kenalan
gua banyak orang Indo itu masih di level
1 dan 2. Padahal kalau lu mau hidup enak
ya harus di level yang 4 dan 5 lah. Lu
bakal jadi aset berharga buat
perusahaan. Lu mau risan pasti ditawarin
gaji lebih atau bahkan lu bisa bikin
bisnis sendiri. Yang gua sebal juga sama
orang-orang Indonesia itu mereka malas
gitu buat belajar tools. Udah dikasih
tools misalnya, udah dikasih tools chat,
chatnya tetap di WA itu banyak banget.
Udah dikasih apa kagak mau belajar,
akhirnya enggak kepakai. Nah, makanya
untuk efektivitas dan efisiensi buat lu
yang pekerja, buat lu yang pebisnis, lu
harus pakai teknologi terbaru yang bisa
ngedukung itu. Sekarang kan banyak
teknologi kayak AI, banyak tuh yang
ngatain ya 1% pakai AI dikatain ya. ada
CRM, ada CMS, ada LMS dan lain-lain.
Kalau lu bahkan belum tahu
singkatan-singkatan yang tadi gua sebut
AI CRM, CMS, LMS itu singkatan basic
sebenarnya. Itu tandanya lu harus
belajar sama platform-platform terkini.
Lu harus belajar sama
teknologi-teknologi zaman sekarang.
Singkatan-singkatannya eh CEO lah,
apalah. Salah satunya yang bisa lu
pelajari ya platform yang gua pakai
juga. Contoh yang gua pakai adalah ODU.
Odu ini adalah modern bisnis software
yang lengkap. Ini tuh gampang banget
digunain, sangat murah karena harganya
Rp100.000-an aja. dan sangat
terintegrasi. Ini bisa buat apapun.
Sesimpel dengan lu tahu ODU ini, itu
sebenarnya lu udah berapa langkah di
depan orang Indonesia lagi. Ou ini tuh
adalah aplikasi yang mudah lu kelola,
yang memudahkan lu untuk mengelola
urusan kantor bahkan urusan bisnis. Nah,
kebetulan si Odu ini lagi ekspansi
gede-gedean diik dia lagi oprek
konsultan, lagi marketing besar-besaran,
lagi bikin banyak event. Gua pribadi
udah ikut sebenarnya salah satu eh
eventnya gitu ya. Untuk fiturnya ada apa
aja ya? Banyak banget sebenarnya tapi
gua contohin yang paling simpel itu
adalah fitur website. Contohnya lu misal
mau bikin site hassle, lu bisa tuh bikin
website di ODU. Ini gratis pula juga
udah dilengkapi fitur e-commerce. Jadi
siap dan gampang kalau lu mau jualan,
kalau lu mau bikin digital produk bisa
connect juga ke sistem pergundangan
bahkan ke Shopee sekalian. Jadi kalau lu
mau atur keluar masuk barang sesimpel
klik-klik doang itu bisa dihodu. Hodo
itu gak cuma nyediain fitur website-nya
doang, tapi fitur bisnis juga dari
finance ya, sales, human resource,
marketing, dan banyak lagi fitur
lainnya. Personally, gua pribadi suka
sama fitur ODU gitu ya, karena kita bisa
coba-coba dulu gratis. Jadi enak banget
buat lu yang baru mulai sendirian dari
nol sampai nanti ada limit pemakaian.
Nah, kalau udah limit juga sebenarnya
bayarnya sesuai pemakaian kita aja.
Murah kok, cuma Rp100.000-an aja per
bulan. Dan ini harganya cuma setara du
sampai 3 gelas kopi di coffee shop di
ibu kota. Bahkan cuma satu gelas malah
di beberapa coffee shop ya. Satu atau
dua gelas lah. Tapi dengan lu bayar ini
lu bisa pakai fitur level enterprise
setara level korporasi besar.
Pertanyaannya berapa banyak dari lu yang
tahu platform kayak gini? Enggak usah
odu yang setara dah kayak gini. Gua
yakin banyak dari lu yang enggak pakai.
Even AI yang gratis aja mungkin banyak
dari lu yang enggak pakai ya kan? Nah
kalau lu memang mau kerja di Indonesia
asal lu naik level dan lu ngerti cara
mainnya lu paham tools-nya ya. Ada yang
cara mainnya jadi influencer, ada yang
jadi konsultan, ada yang jadi pebisnis.
Tolsnya sih sebenarnya sama-sama aja
pakainya aplikasi yang sama kayak ODU,
cuma fitur di dalamnya itu beda-beda.
Nah, itu yang memang harus lu pelajari
tergantung lu cara mainnya kayak gimana.
Yang paling penting kalau lu jadi
karyawan, lu harus ya belajar. Jangan
cuma jadi tas monkey. Belajar problem
solving, belajar sistem thinking. Itu
kunci buat tetap cuan meski lu enggak
kerja di luar negeri. Karena siapa tahu
kan nanti lu bisa dapat opportunity
untuk misal lu kerja di Indo tapi remote
ya kan gajinya pakai dolar. Lu kerja di
Indo, santai-santai di Bali gitu ya,
UMR-nya rendah, tapi lu sebenarnya
gajinya gaji Jakarta. Itu kan sebenarnya
adalah hal yang diimpikan banyak orang.
Bisa enggak kejadian? Ya bisa. Apakah
banyak orang yang seperti ini? Enggak
banyak sebenarnya. Kalau sekarang pas
COVID mungkin banyak, sekarang sih udah
enggak. Kenapa udah enggak? Ya karena
orang tidak punya skill yang seoke itu.
Makanya jadinya ya kepaksa sama
perusahaan ya kan. ee atau kepaksa sama
keadaan dan lain-lain. Jujur ya menurut
gua beberapa wilayah di Indonesia masih
nyaman buat ditinggalin. Bahkan lu bisa
tinggal di desa, lu bisa jualan digital
produk selama ada koneksi internet mah
aman-aman aja ya kan? Bahkan lu bisa
beli starling anjir ya starling R00.000
tuh kalau enggak salah per bulan udah
dapat internet gitu kan mau ditinggal di
hutan sekalipun.
Jadi kesimpulannya kerja di luar negeri
itu pilihan yang bagus buat upgrade
skill, buat nabung duit, buat ngelihat
dunia perspektif yang lebih luas. Gua
sangat pro untuk lo kerja ke luar
negeri. Tapi kalau lu memang enggak bisa
atau lu memang enggak mau, ya bukan
berarti lu enggak bisa sukses juga,
bukan berarti lu jadi bodoh juga. Enggak
juga. Intinya mah mau di manap pun lu
kerja yang penting lu terus beradaptasi,
lu terus berkembang. Dan buat lu yang
pengin kerja lebih efisien, kelola
bisnis dengan lebih rapi, atau sekedar
explore teknologi zaman sekarang tuh
kayak gimana yang bisa ngebantu kerjaan
lu, cobain OD aja dengan gratis ya. Lu
bisa klik link di description box buat
akses free trial-nya atau ngobrol
langsung sama pakar odnya. Kalau mau
cari tahu seputar luar negeri itu kita
udah bikin playlist videonya yang
banyak, lu bisa cek akun eh SP kolektif
lainnya juga di Instagram. Contohnya
kayak transfer wawasan itu ngebahas
banyak cara buat ke luar negeri. Bisa
follow juga Advance Travel Guide itu
buat ngebahas soal kehidupan di luar
negeri dan juga traveling ke luar
negeri. So, gimana? Jadi, siapa nih yang
mau ke luar negeri dan siapa yang
memutuskan untuk stay di Indonesia?
Boleh komen alasannya.
[Musik]