Transcript
s94Bwx5UX5w • Kenapa Orang Miskin Sulit Dihormati dan Dihargai?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0735_s94Bwx5UX5w.txt
Kind: captions Language: id kita semua pasti pengin dihargain kayaknya gak ada satu orang pun yang senang kalau terus-terusan dianggap remeh atau gak dipandang serius dan Gua yakin lu juga udah ngerti pentingnya buat saling menghargai orang gitu baik itu orang lain maupun diri sendiri Tapi kadang secara enggak sadar justru sikap dan kebiasaan kita sendiri yang bikin orang lain tuh enggak bisa ngelihat kita dengan respect gitu loh dan gua pribadi juga pernah ada di fase itu ngerasa kayak kok kayaknya enggak ada yang benar-benar respect sama gua gitu teman-teman kagak nganggap serius ya bawahan di organisasi juga kagak nganggap serius juga kelompok di kuliah kagak nganggap serius tapi pas gua ngelihat ke belakang gua sadar ada satu hal penting emang gua ngasih alasan apa buat mereka respek sama gua gitu mulai dari cara gua bersikap cara gua ngomong berperilaku cara gua bawa diri semuanya nunjukin kalau saat itu dulu ya gua sendiri tuh Ya belum punya hal untuk direspect aja sih dan itu kayaknya adalah akar dari semuanya kalau lu enggak bisa respect sama diri lu sendiri kalau lu enggak bisa berperilaku dengan baik ya Jangan heran kalau orang lain juga mungkin enggak akan respect sama lu that's why semoga video kali ini bisa ngebantu dulu ya saran gua lu tonton video ini sampai habis biar nanti ya kita bisa lebih dihormati lebih dihargai dan enggak dianggap sppeles karena jujur itu ya menyakitkan ya selamat datang di kelas kehidupan by [Musik] 1% apa sih hal yang bikin kita tuh Enggak direspek ya Pertama semua hal diiain karena enggak enak yes ya Lu selalu ada kapanpun orang lain Butuh lu tengah malam ditelepon lu angkat disuruh ini itu lu langsung jalan mungkin di kepala lu itu tuh tandanya adalah lu adalah orang yang bisa diandalkan padahal kenyataannya banyak yang jadinya manfaatin ini orang malah lihat lu tuh kayak enggak punya baounderis gitu kita juga malah ngasih sinyal ke orang lain bahwa ya waktu kita tuh enggak ada harganya bahwa kita tuh enggak pernah sibuk kita enggak ada kesibukan lain dan sering kali tuh kita lakuin ini karena kita takut nolak ya sedihnya tuh jadi bukan karena lu merasa lu adalah orang yang baik enggak tapi justru lu melakukan ini deep down karena lu takut nolak karena lu takut dijauhin karena lu takut gak punya teman karena lu takut performa lu di kerjaan dibilang jelek padahal takut ini ya enggak sehatlah Kalau terus-terusan ya justru kalau lu Terus kayak gini yang datang ke hidup lu malah orang-orang yang cuma pengen manfaatin El jadi deep down lagi-lagi ya gua bilang sering kali orang people pleaser tuh bukan baik gitu loh tapi justru takut jadi kalau lu bilang bahwa ya gua orangnya baik seringki malah karena takut gitu ya tadi Takut dianggap gak cukup takut ditolak makanya mungkin Mulai sekarang lu harus belajar untuk bilang yang namanya enggak yang kedua terlalu banyak [Musik] ngeluh nah ini ya Ini buat orang yang vibesnya negatif ya curhat tuh sebenarnya wajar Semua orang tuh pasti pernah ngerasa sedih ngerasa capek butuh tempat buat cerita tapi kalau Lu terlalu sering update kesedihan update keluhan atau drama hidup lu itu bisa bikin orang tuh mulai mikir lah ini hidup dia tuahh Isinya ngeluh mulu gitu dan bukannya bikin orang Simpati malah bisa jadi orang makin ngejauh karena mereka ngerasa bahwa lu tuh penuh drama enggak bisa handle hidup sendiri vibes-nya negatif gitu loh dan ini bukan berarti lu enggak boleh marah lu enggak boleh nangis Enggak boleh ngeluh gitu ya Enggak boleh ngerasa hancur gitu enggak juga emosi itu tuh wajar untuk dirasain wajar untuk lu kayak Ekspresikan sebenarnya tapi jangan keseringan Jangan berlarut-larut gitu ya Belajar buat ngelola emosi itu dengan cara yang sehat Jadi kalau misalnya ada sesuatu misalnya lu mau ngeluh gitu ya ya ngeluhlah dengan cara yang mungkin enggak ngeganggu orang ya bukan dipendam ya bukan dipendam tapi cari cara yang tenang cara yang jelas cara yang dewasa gitu jadi biar enggak terkesan sering marah-marah untuk nyampein perasaan lu karena kenyataannya cara lu ngeluh cara lu ngadepin rasa sakit itu adalah gambaran bahwa ya itu seberapa sehat coping mechanisme El Ya kan dan kalau lu keseringan ya berarti coping mechanism lu kan ngeluh ke orang nah jangan sampai ngeluh ke orang itu itu malah bikin orang jadi ngeluh-keluh yang ketiga mandang rendah diri sendiri jadi kagak PD gitu loh lu mungkin pernah udah capai sesuatu yang keren lu punya kemampuan tapi ini tiap ada opportunity lu ditawarin eh malah enggak Ped banyak orang yang enggak PD itu enggak ngambil opportunity takut dibilang sombong ya takut dikatain orang ketika mereka ya jujur soal pencapaian atau soal kekuatan mereka atau soal skill mereka gitu tapi justru kalau lu Terus nutupin power lu sendiri ya atau skill lu sendiri orang enggak bakal lihat lu sebagai seorang yang ya layak untuk direspek akhirnya opportunity-nya malah enggak datang lagi Gua yakin banyak dari lu yang pernah kayak gini sih Nah ini ini ironisnya ini adalah kelemahan orang indo secara umum makanya kita kalah sama negara tangga kalah sama orang orang jauh di sana sama orang India orang Cina yang Kalau dari segi skill mungkin bisa diadu sama orang Indonesia tapi kita aja enggak berani speak up dan kita enggak pdean kita enggak bisa asertif ibarat dan menariknya kadang lu enggak perlu ngomong banyak jadi lu enggak perlu untuk jadi bosful lah ibaratnya apa kayak sombong gitu loh lu enggak perlu kok untuk jadi kayak gitu untuk jadi PD tuh sesimpel dari nonverbal dulu aja Kayak misalnya cara lo berdiri cara Lu jalan ya energi yang lu bawa ke ruangan itu sebenarnya udah ngasih sinyal dari sana aja bahwa lu tuh PD tapi kalau body language lu masih kurang gitu kan Terus juga enggak enakan segala rupa gitu itu ya bakal ngasih sinyal bahwa lu tuh enggak PD dan menariknya adalah lu enggak perlu nunggu jadi versi paling perfect dari diri lu ya buat jadi PD mulai aja dengan stop ngomong Jelek tentang diri sendiri stop mikir diri sendiri itu kureng gitu ya dan boleh bersikap rendah hati gitu ya kayak bahwa di atas langit masih ada langit lagi tapi jangan sampai lu jadi merendahkan diril lu sendiri yang keempat enggak kerawat secara [Musik] fisik jadi yang keempat ini memang menyedihkan sih sebenarnya ya istilahnya gini sih memang penampilan tuh bukan segalanya tapi segalanya dimulai dari penampilan ya kan percaya atau enggak orang yang kelihatan sehat terapi kerawat secara otomatis tu lebih gampang dihargai dan kayak pakai baju yang proper itu tuh penting banget gitu Kalau misalnya lu mau lebih direspek jujur beda gitu ketika gua pakai kaos sama gua pakai kemeja ke mall atau ke apartemen gitu misalnya gua kayak sering kali lebih dibukain pintu gitu kan atau pintu dalam tanda kutip ya ketika gua lebih rapi gitu l bukan karena kita ikut-ikutan standar kecantikan atau misalnya body shaming gitu bukan tapi karena penampilan fisik tuh ya enggak bisa dibeli sih menurut gue ya karena ini Bukan soal kaya atau miskin senya karena banyak orang kaya juga yang Nora kan kita kita sudah tahulah banyak orang kaya yang EE dalam tandah kutip OKB tapi Nora gitu yang baju-bajunya tuh kagak nyambung gitu ya banyak pernak-pernik warna-warni enggak jelas gitu itu kan sebenarnya orang kaya juga bisa seperti itu jadi bukan soal Masalah lu kaya atau miskin tapi lebih ke ini effort Lu untuk kayak selfc gitu ke diri lu ya olah harga rutin makan yang benar tidur cukup mandi gitu kan berpakaian layak gitu Itu sebenarnya ya bentuk selfr kalau menurut gua ya dan energi positif ini tuh bisa kelihatan orang yang bugar orang yang rapi orang yang bersih Biasanya bawa Vibe yang lebih positif juga dan yang kelima ini yang paling menyedihkan lagi adalah lu enggak bakal direspect ketika lu [Musik] miskin mungkin ini enggak enak didengar ya tapi ini ya realita yang enggak bisa kita tutupin banyak orang yang baru dianggap serius tuh kalau udah sukses kalau udah kaya di lingkungan kita sadar atau enggak sadar penghasilan tuh sering banget jadi ukuran seberapa layaknya seorang tuh bisa dihargain ya kan bahkan kalau sekarang nih ini kan gua record di bulan puasa kalau lebaran Lu pasti bisa ngelihat yang mana yang lebih direspek yang mana keluarga yang tidak direspek yang mana keluarga yang mungkin mohon maaf misalnya jadi cuma malah jadi kayak asisten rumah tangganya sekeluarga besar gitu loh karena dia enggak sukses dan ironisnya adalah ya memang di dunia kapitalis seperti ini orang kaya cenderung dapat perhatian lebih Ya dibilang keren dibilang visioner dibilang sukses dibang inspiratif gitu sementara yang pas-pasan ya harus kerja berkali-kali lipat harus menukarkan waktunya dengan uang gitu kan opininya dianggap biasa aja meskipun Sebenarnya dia lebih ngerti gitu loh Nah kenapa bisa gitu ya karena ya kekayaan itu mungkin diiden kan sama kerja keras sama skill kontribusi atau kecerdasan ya kan tapi masalahnya Enggak semua orang kaya tuh kan beneran baik dan Enggak semua orang biasa-biasa aja tuh malas atau enggak kompeten ya kita tahulah sebenarnya banyak orang pintar yang memilih untuk miskin atau kayak enggak peduli sama kekayaan gitu kan jadi bukan berarti lu harus jadi crazy Rich gitu tapi justru Ini masalah mindset aja sih gitu ya gimana caranya biar enggak diinjak-injek gimana caranya biar lu bisa cukup dengan diri sendiri dan memang itu butuh uang nah caranya gimana kalau untuk jadi independen jadi mapan ya pertama adalah lu kerja lu punya kerjaan dulu ya kan lu kerja lu kerja yang benar gitu ya enggak perlu kerja yang aneh-aneh sebenarnya ya kerja kerja biasa aja gitu gaji UMR juga oke terus setelah kerja lu tabung uangnya ya kan Setelah nabung apa lu punya dana darurat kan Nah ketika lu punya dana darurat lu bakal lebih pede Harusnya lu enggak bakal takut-takut dipecat ya lu bakal punya yang namanya dalam tand kutib view money lah gitu jadi kayak lu bahkan bisa mecat bos lu gitu karena lu punya dana darurat sebenarnya kan gitu ya bisa kita balik logikanya kalau kita punya dana darurat kita bisa memecat bos kita kita ba bisa nyari Bos lain Jadi kita lebih bebas habis darurat apa untuk mempertahankan dan meningkatkan kekayaan ya investasi investasi ada low risk medium risk ada high risk ya kan Nah untuk melipat gandakan kekayaan itu dari mana ya selain dari investasi yang waktunya mungkin cenderung lama ada juga opsi trading ya kan menariknya sekarang itu trading menurut gua menarik banget karena trading itu adalah Hedge fund sih maksudnya Hedge fun tu kayak gimana Jadi ibaratnya ketika orang lagi miskin gitu ya Yang mana sekarang-sekarang nih tahun 2024 2025 Kita kan sudah ngelihat polanya lu bisa jadi kaya sendiri kalau lu jago trading Jadi saran gua mumpung di masa krisis nih ya tapi please pakai uang dingin ya jangan pakai uang panas Jangan percaya robot trading segala rupa gitu ya jangan mau nitipin dana lu di orang please ya karena itu namanya penipuan Lu harus cari platform trading forex yang aman yang udah diawasi bapepti dan OJK yang mudah yang terpercaya gitu dan e salah satu yang bisa gua rekomendasiin itu adalah valburi ya karena pengalamannya lebih dari 30 tahun Kantornya sudahudah ada di mana-mana juga juga terus mau belajar tuh gampang gitu karena ya kemarin juga kita bikin webinar kan dan si valbur ini juga itu dia ada kayak kelas online-nya gitu ada akun demo juga dengan dana virtual Jadi lu bisa belajar-belajar tuh di sono ini udah dilengkapin sama chart sama berita market sama trading tools untuk ngemudahin eksekusi transaksi ada sinyal-sinyal akurat juga yang bisa ngebantu lu mengambil keputusan trading dengan lebih PD dan kalau dari deposit Withdrawal juga cepat cs-nya juga 24 jam tapi please sekali lagi pakai uang dingin ya dan yang paling penting adalah perhatiin platformnya jangan asal daftar investasi dan trading bukan untuk semua orang bukan untuk orang yang malas belajar makanya Buat yang mau masuk ke pasar modal Forex dan lain-lain gua saran belajar dulu gitu ya jadi ya balik lagi ke topik dihargain gitu ya enggak dihargain tuh rasanya nyesek Tapi sebelum lu nyalahin orang lain coba Ngaca dulu gitu ya kadang ya jangan-jangan itu salah kita gitu kita enggak ngasih izin buat orang lain untuk ngrespect kita malah kita memberikan mereka full authority untuk mereka remehkan kita gitu ya terlalu sering ngalah terlalu banyak ngeluh enggak PD enggak ngerawat diri dan enggak peruli sama kondisi finansial lu sendiri ya inilah yang bikin kita tidak direspek oleh orang Akhir kata gua EV 1% well thanks [Musik]