Transcript
agJ1M4eGJc0 • Mengapa Kelas Menengah-Bawah Doyan Ngutang, Flexing, dan Maksa Belanja saat Mudik?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0733_agJ1M4eGJc0.txt
Kind: captions
Language: id
ketika lu ngedengar kata lebaran Apa sih
yang pertama kali muncul di pikiran lu
kalau dengar kata lebaran yang pertama
kali muncul adalah silaturahmi sih Di
mana aku bisa ketemu lagi sama
saudara-saudara aku om tante dan juga ya
ketup aja sih sama keluarga untuk saya
sih e kumpul-kumpul keluarga gitu Kak
itu yang berasa banget sih hari lebaran
itu kayak kita bisa berkumpul dengan
keluarga dengan teman-teman yang mungkin
tadinya jauh ituu karena kerja atau
kuliah di hari lebaran itu kita bisa
ngumpul bareng dan bercerita bareng gitu
Kak hal yang pertama kali aku pikirin
ketika mendengar kata lebaran adalah
tentang kebersamaan sih tentunya karena
em di keluarga aku pribadi kalau
misalnya ada lebaranuh itu tuh jadi
ajang untuk keluarga besar tuh kumpul
event itu dari yang jauh ataupun dari
yang dekat itu tuh e jadi ajangnya untuk
kumpul gitu ya karena kebetulan keluarga
aku kan Bisa dibilang terpecah-pecah
gitu ada yang di luar kota ada yang di
sana Di mari gitu jadi jarang banget
untuk kumpul dan lebaran jadi salah satu
momennya untuk kumpul sih Gua pengin
tahu berapa banyak sih dari lu yang
merasa lebaran tuh positif maupun
negatif karena gua yakin banyak banget
dari kita-kita apalagi anak muda yang
genzy yang mikir lebaran itu ya negatif
momen Toxic ya paling ini sih
menceritakan tentang pengalamannya dan
juga tentang pencapaiannya aja gitu Pak
terkadang kita itu merasa minder kayak
gitu sih ini ada satu momen yang
menurutku sik banget dan kadang bikin
aku jadi malas buat kumpul bersama
keluarga besar itu adalah ketika ada
saudara jauh ataupun saudara yang
cukup enggak terlalu dekat keakrabannya
yang tiba-tiba nanya kayak kamu sekarang
kelas berapa atau kamu sekarang semester
berapa nanti ke depannya e karir kamu
mau kayak gimana dan lain-lain atau
sesimpel kayak kamu sekarang sudah punya
pacar atau belum Terus ketika aku jawab
dengan belum atau hal lainnya itu malah
kayak disudutin Kok belum sih dan lain
lain atau nyari dan lain-lain Nah itu
tuh menurut aku sebuah hal yang Toxic ya
dan agak mengganggu juga sih untuk jadi
catch up sama keluarga ini bukan berarti
kayak apa ya kayak Ya udah kita saling
bertukar kabar atau apa tapi ini tuh
jadi momen juga buat mereka jadi
sekaligus momen buat membandingkan dan
juga flexing sih menurut aku misal kayak
Oh sekarang anak tante udah di a b c d e
FG gitu Terus habis gitu kamu gimana
Terus habis itu e ditanya-tanya lah soal
privasy kayak kapan nikah Terus kapan
naik jabatan atau misalnya Kakak aku
yang udah nikah dan udah punya anak
Kapan anak keduanya Git jadi kayak itu
sih momen toxicnya ya Atau ekstremnya
udah kagak mau lagi tuh mudik karena
udah kebanyakan negatifnya dibandingkan
positifnya jujur gua pernah begitu
sampai bertahun-tahun gua kagak pernah
mudik karena mager cuy cuman kalau
sekarang gua mudik lagi karena gua udah
tahu solusinya tuh apa makanya di video
kali ini gua bakal bahas tiga kebiasaan
toxik orang Indonesia pas lebaran dan
Sebenarnya apa yang bisa kita lakuin
Welcome to kelas kehidupan by
[Musik]
1%. gue yakin lo pernah dengar kasus
kayak gini jadi banyak banget
perantau-perantau dari daerah dari
daerah tuh jauh banget ya dari
pulau-pulau Terus sekarang tuh mereka
tinggal di Jakarta perantau-perantau ini
pas mudik mereka itu nyewa mobil sampai
dengan 1 sampai 2 minggu buat dibawa ke
kampung-kampung di luar pulau Kok bisa
gitu Ngapain ke luar pulau lu nyewa
mobil nah Sebenarnya ya masuk akal
karena tujuannya bukan untuk operasional
mudik atau bawa barang aja ya mendingan
naik pesawat lah sebenarnya kalau lu
pengen cepat kalau lu pengen instan atau
malah barangnya lu kargoin aja tujuannya
bukan untuk operasional justru tujuannya
adalah biar dianggap kaya biar dianggap
sukses makanya sewa mobil jadi make
sense karena lu bisa pura-pura ini mobil
gua kok gua baru beli di Jakarta uniknya
bukan cuma penyewaan mobil yang naik
drastis saat masa lebaran tapi juga sewa
iPhone ya yang harganya sampai 90 sampai
r00.000an per hari Katanya sih orang
nyewa ya justifikasinya Biar hasil foto
atau video pas lebaran tuh jadi bagus
tapi apa iya well kalau video mungkin
iya l ya karena gua juga ngerekam di
evance Travel guide ya pakai iPhone
iPhone 13 Tapi sekarang kalau masalah
foto video brand-brand Android juga
banyak kok yang enggak kalah bagus yang
harganya R juta R jutaan gitu malah
lebih bagus dari iPhone lagi-lagi ya
tujuannya kita udah tahulah ya Buat apa
Buat flexing karena iPhone itu adalah
barang mewah barang mahal ya kan Tapi
jujur ya jujur gua masih respect sih ke
orang yang sewa karena mereka mikir Oh
gua enggak bakal pakai ini ketika balik
ke Jakarta jadi itu masih lebih mending
karena jujur banyak banget genzy dan
milenial yang baru kerja di jakarta pas
pulang kampung sengaja tiba-tiba pakai
tas mahal tas branded iPhone ya kan
bahkan sampai beli mobil cuy apalagi
kalau lu adalah orang kampung gitu yang
merantau ke Jakarta No offense Bukan
berarti gua merendahkan orang kampung
tapi gini kalau menurut salah satu
sosiolog di UI ketika lu Merantau nih
dari kampung gitu ya secara langsung
maupun tidak langsung akan tumbuh
Harapan di ccle orang-orang kampung di
sana bahwa lo itu ya orang sukses karena
lu udah merantau jauh gitu malah enggak
usah jauh ke pulau-pulau yang di luar
pulau Jawa ya gua sendiri punya teman
yang tinggal di puncak ya Di Puncak
terus ya dia merantau ke Jakarta itu
juga sama aja mindsetnya kayak gitu
memang ini adalah efek urbanisasi jadi
ya lu bisa lihat ya kutipan ini ketika
kita melakukan proses urbanisasi Maka
akan muncul harapan lu adalah sosok yang
sukses kalau kita enggak bisa memenuhi
harapan itu ya apa yang terjadi ya kita
jadinya nyewa atau kita jadinya maksa
makanya ini banyak juga orang yang
pinjol segala rupa karena sebenarnya
tuntutan sosial memang harus kayak gitu
dan juga ya ya ini kan perkataan
orang-orang nih ya Karena orang kan
bakal bilang kalau kamu Merantau masih
gini-gini aja Ngapain kamu Merantau gitu
terus ada juga yang bilang karena dia
akan merasa malu gitu jika pulang ke
kampung dalam keadaan belum sukses ya
jadi memang pura-pura kaya itu tuntutan
sebenarnya Dan kalau kita lihat di
negara lain ini dari salah satu guru
besar antropologi di UGM ya di Afrika
begitu di Amerika Selatan juga begitu
dan jadinya ini adalah fenomena yang
sebenarnya terjadi di semua negara yang
mirip kayak Indonesia alias di
negara-negara yang kesenjangan
ekonominya tuh lumayan tinggi ya kita
tahulah gen ratio orang Indonesia dan
kita tahu gaji rata-rata orang Indonesia
kan enggak besar tapi sebenarnya worthed
enggak sih misal kita sampai maksa beli
mobil buat mudik gitu ya berapa sih
memang gaji minimum buat beli mobil nah
ini kalau buat lu yang lagi kayak Lagi
mikir mau beli mobil atau lu lagi
ngerasa kayak Aduh gua kepressure nih
karena mudik nah kebetulan kita lagi
bikin program gratis lagi-lagi gratis ya
bareng blue Academy topiknya adalah
ngomongin soal memudik prioritas
finansial dan juga beli mobil baru ini
kalau lu yang tertarik silakan daftar di
link ya Ee ini linknya udah gua taruh di
deskripsi kita lanjut ke kebiasaan Toxic
ya kebiasaan Toxic 2 adalah flexing anak
ya ngumpul sama saudara-saudara
sebenarnya sering kali santui sih ya
Menurut gua banyak banget saudara yang
santui gitu kalaupun ada pertanyaan
Sensitif atau kayak ada cerita yang
sensitif ya sering kali ya buat
basa-basi aja karena emang kayak update
kehidupan aja gitu tapi enggak jarang ya
Ada aja nih satu dua atau tiga
spesies om-om dan tante-tante yang
flexing anak gitu loh yang memang
tujuannya cerita tuh buat flexing
Kelihatan banget pertama Oh anak tante
udah S2 di luar negeri Oh yang kedua Oh
anak tante gajinya du digit bisa beli
rumah sendiri yang ketiga anak Om udah
nikah nih dan udah punya anak baru punya
anak statement kayak gini ya ini
sebenarnya kan kagak penting kalau
enggak ditanya gitu loh I kan bodo amat
anjir gitu kan Apalagi ini tuh kan bakal
jadi tekanan ya buat kita-kita yang
diceritain apalagi kalau kita memang
pengen kayak gitu gitu kalau kita pengin
S2 kalau kita pengin punya mobil kalau
kita pengin punya anak gitu loh lebaran
yang jadinya harusnya tuh jadi ajang
silaturahmi akhirnya malah jadi ajang
flexing membanding-bandingkan Harta Ya
kan nunjukin tas mahal dan lain
sebagainya di kebiasaan pertama dan juga
flexing anak ini di ya kebiasaan Toxic
yang kedua udah gitu dibandinginnya
dengan cara yang enggak sensitif pula
atau sambil nyindir nah menurut gua yang
bikin makin bete adalah Kalau saudara
tuh udah pamer tapi sebenarnya ini
saudara kita ini secara objektif ya
ngomongin berbagai aspek kehidupannya
sebenarnya kagak ada yang lebih baik
dari kita misalnya ada saudara pamer
punya anak kayak Iya nih baru punya anak
kamu kapan padahal duit ngurus anak lu
tuh masih minjam ke gua gitu kan
misalnya gitu itu ironisnya banyak
sekali Terus lu ngapain pamer cuy kalau
lu masih minjam duit ke orang yang lebih
muda dari lu dan memilih menunda punya
anak gitu jadi niatnya Flexi tapi
nyatanya malah lu nyusahin orang
nyusahin gua juga itu yang
menyebalkan Nah ada kebiasaan toksik
yang ketiga ini adalah nanya-nanya
pertanyaan yang sensitif atau
nanya-nanya pertanyaan yang sebenarnya
Enggak penting nah ini tuh yang bikin
suasana lebaran jadi enggak nyaman ya
gini ya Ini gua gua bilang ke lu yang
masih bingung pertama Ya ini kebiasaan
toksik nanya-nanya tuh Soal fisik ini
paling menyebalkan sebenarnya karena
fisik itu kita sendiri udah sadar
Sebenarnya ya Misalnya kita lagi
nongkrong-nongkrong lah ya Di ruang tamu
contoh tiba-tiba ada saudara yang
nyeletuk eh lu gendutan ya gitu udah
gitu diulti lagi dengan eh kok lu
jerawatan sih gitu padahal kan
Pertanyaan kayak gini kita udah tahu
anjing gitu kan kita udah tahu kita
jerawatan kita gemuk gitu ya bahkan
mungkin kita juga sudah usaha kita sudah
olahraga ya kan udah skincarean udah
perawatan cuman memang mungkin genetik
aja mungkin ada faktor ya yang kagak
bisa kita kontrol aja jadinya kagak
kelihatan nih hasilnya Nah inilah yang
namanya body shaming gitu Jadi bukan
berarti gendut itu enggak apa-apa gitu
ya gua juga enggak setuju dengan e sjw
di luar sana yang membahas itu kayak
body positivity itu sebenarnya ya datang
dari lu usaha lu olahraga gitu kan tapi
ya jangan nanya-nanya hal sensitif kayak
gini juga atau jangan jangan dibahas di
di lebaran lah gitu kan kan bikin
vibesnya jadi negatif gitu apalagi kita
tahu genzy itu ya mungkin ya mungkin
lebih sensitif gitu kan mungkin udah
banyak dikatain juga secara online gitu
kan belum lagi yang kedua nih Ya nanya
soal nikah atau nanya punya anak
pertanyaan ini sebenarnya menurut gua
cenderung lebih Netral daripada yang
fisik karena yang fisik tuh menurut gua
gak sopan Kalau yang ini ya mungkin
masih mending lah ya tapi bakal bikin
sakit hati banget kalau misalnya
orangnya ya pertama baru putus baru
diselingkuhin atau misalnya kagak punya
duit gitu ya tapi sebenarnya pengin
nikah jadi kepressure gitu loh apalagi
nanya kapan punya anak ini menurut gua
paling nyebelin karena gua udah nikah
gua belum punya anak gua pribadi
sebenarnya paling bete ditanya Hal ini
karena lu tahu enggak sih misalnya gua
itu berusaha untuk punya anak apa enggak
atau lu tahu enggak sih gua misalnya
baru divonis Mandul gitu ya ini eh
hypoetical situation aja siapa tahu kan
Gua sebenarnya udah berusaha gua udah
misalnya let's say gua udah ke Pineng ke
mana Ke Singapura untuk bayi tabung gitu
terus misalnya gua divonis e mandul atau
kayak istri gua ternyata enggak bisa
melahirkan karena apa physical issues or
something itu kan bikin sakit hati cuy
Jadi saran gua buat lu yang belum ngerti
kenapa pertanyaan-pertanyaan kayak gini
tuh bikin orang sensitif sakit hati itu
gua jelasin karena Siapa tahu ini
orangnya tuh udah berusaha ini orangnya
lagi ada sakit mental ini orangnya lagi
ada sakit fisik mungkin sudah sampai ke
luar negeri sampai divonis dokter gitu
kan tapi lu tetap nanya yang begituan
kan kurang ajar Sebenarnya ya kan kan
kagak sopan gitu dan yang ketiga ini
yang ketiga ini ya bisa jadi ini juga
sensitif karena ini orang lagi berjuang
gitu kan ketika lu udah terlalu lama
kuliah anggapannya gitu ya lu udah lebih
dari 4 tahun mungkin kalau S1 dan
ditanya Kapan lulus gitu ya dan saat lu
udah lulus tapi lu belum dapat kerjaan
lu dinasehatin gitu Padahal lu enggak
nanya Anjir Din ngiatin a b dan c yang
sebenarnya enggak solutif bahkan enggak
relate sama sekali Nah ini please ya
jadi sekali lagi buat yang nonton video
mending hindari pertanyaan Soal fisik
soal nikah soal punya anak soal kuliah
soal Kapan lulus soal Kapan kerja ya
kita semua sudah tahu dan kita sedang
berusaha juga ya kalau misalnya tentang
topik-topik ini please cari waktu yang
tepat kalau bisa Maksudnya jangan pas
lagi mudik karena mudik tuh waktunya
maaf-maafan gitu jangan malah bikin
musuh gitu
ya Nah gua ada beberapa tips sebenarnya
yang bisa dilakuin buat kita yang sebel
tadi buat kita yang sudahah malas mudik
yang pertama tipsnya adalah hindari
ngobrol hindari nongkrong lebih dari 1
menit dengan orang yang menyebalkan saat
mudik solusinya sederhana banget kalau
misalnya ada orang yang udah tiap tahun
nyebelin Ya kan Kita udah tahuah ya
orang-orangnya Kagak usah diajak ngobrol
lama udah lu salam gitu ya lu salam Eh
gimana kabarnya gini gini gini eh sor ya
gua kamar mandi dulu gitu J kayak gitu
lu bisa kamar mandi lu bisa pura-pura ee
apa bantu-bantu masak dan lain
sebagainya Kalau waktu salat lu bisa at
gitu kan jadi cukup salaman basa-basi 1
menit cabut lagi aja karena yang ngobrol
sama orang yang nyebelin pertama bakal
bikin bete gitu ya kedua memperbesar
Dosa lu juga Karena lu jadi sebbel sama
nih orang Padahal dia mungkin niatnya
basa-basi Mungkin dia goblok aja gitu
kan jadi kayak cabut aja lu masih punya
banyak pilihan aktivitas daripada lu
harus ngobrol sama orang yang nyebelin
gitu yang kedua ya Belajar bikin pesetan
atau pengalihan isu saat ngobrol jadi
kalau memang lu terpaksa ngobrol lebih
dari 1 menit sama orang yang seperti ini
mending lu bikin template aja kayak dari
sekarang maksud gua ya Kayak misalnya
adalah kapan nikah ya doain aja ya Eh
kue Ini apaan ya Kok enak gitu eh baju
lu baru tuh gitu jadi kayak lu langsung
apa pertama lu bikin template gitu X
gitu ya ya doain aja gitu ya ini x
tambah y gitu y itu adalah pengalihan
isu gitu ya lu bisa Puji dia gitu kan
kayak Eh ini bajunya lu bagus banget
beli di mana Ini kue apaan enak banget
gitu lu beli di mana gitu J kayak yang
kayak gitu-gitu itu sebenarnya ya bisa
disesuaikan ya X dan y-nya tuh apa tapi
kalau gua ya itu ya yang ketiga nah ini
juga Ini penting ini secara mindset lu
belajar nerima diri sendiri dan pilihan
hidup lu Tiap orang tuh kan udah usaha
udah punya pilihan punya hasil sendiri
kalau kita masih gagal ya mungkin memang
belum kelihatan aja hasilnya gitu ya gua
sendiri juga sama dulu tuh pas sebelum
tahun 2020 gitu ya gua kan baru bikin 1%
kalau ketemu orang yang nyebelin Ya gua
Mungkin dibilang ya 1% tuh enggak jelas
gitu mungkin mungkin disuruh e apply ke
Man lah apply ke mana gitu nah pas 1% ah
lumayan gede baru tuh orang-orang yang
dulu kayak ngata-ngatain jadi lebih
respectek gitu kenapa ya pada akhirnya
kita harus nerima aja kalau orang tuh
ngelihat hasilnya bukan prosesnya gitu
nah tapi kita sebagai manusia sebagai
diri sendiri ya harus ngelihat prosesnya
gitu ya dibandingkan hasilnya karena
kalau usaha terus ya nanti akan ada
hasilnya juga kok baik langsung maupun
enggak langsung kadang-kadang pilihan
hidup kita juga beda gitu ya dengan
pilihan hidup orang biasanya misalnya
kita milih jadi Child free gitu Ya kita
harus nerima aja bahwa orang Indonesia
tuh mungkin belum cukup terbiasa gitu
dengan pilihan kayak gitu ya memang
harus dibacotin aja mungkin kita harus
terbiasa dibacotin dan Ya udah kalau
kita enggak suka dibacotin kita jauhin
orang yang bacotin itu menurut gua sih
sesimpel itu ya yang keempat ini yang
paling penting sebenarnya adalah kalau
lu tadi perantau ya yang terpaksa untuk
Ibaratnya flexing dalam tandah kutip
gitu ya atau kita terbebani buat menuhin
standar yang mungkin enggak realistis
buat kita sekarang punya baju baru
ngasih THR sewa mobil segala rupa gitu
kan jadi kayak Apalagi kita juga udah
tahu aktivitas di pegadaian dan pinjol
tuh naik banget di momen lebaran buat
gua sih ini Enggak wajib ya gitu apalagi
kalau lu ada prioritas lain jadi buat
finansial please ya please lu pikirin
yang matang ya Sekali lagi kita lagi ada
program gratis di bulan maret ini yang
ngomongin soal mudik judulnya tuh mudik
tanpa beban bijak menentukan prioritas
finansial nah cocok banget kan terus
perlu enggak sih beli mobil baru gitu
perlu enggak sih beli HP baru dan
lain-lain lu mendingan ikut kelas ini
aja eh langsung daftar di
blue.id/pendaftaran Blue Academy blue
Academy itu adalah kolaborasi kita yang
udah berbelasan kali kayaknya sama dari
1% dan blue dan blue Academy ini juga
udah sempat dapat Award Kalau enggak
salah namanya tuh financial literacy
program of the year jadi kayak ini dari
sustainable marketing seingat gua jadi
ini program memang bagus banget sih udah
dapat Award kita juga udah jalanin ini
terus dan setiap bulan udah pasti ada
ribuan pendaftar so e cek desripsi dan
PIN komen dan yang paling oke juga
apalagi kalau lu punya rekening blue ya
lu bisa Dapat reward dan cashback dengan
lu nabung mau ikut programnya gitu ya
jadi jangan sampai ketinggalan dan ini
gratis ya enggak ada kewajiban apapun lu
tinggal taruh aja apa rekening blue Lu
nama lu di formulirnya dan Ya udah nanti
lu bisa ikut terakhir e dari gue sih ya
buat lu yang mudik please pikirin
berbagai macam hal jangan bikin
keputusan short term yang negatif dan ya
Good luck menghadapi orang-orang
menyebalkan saat mudik ya ya sekarang lu
udah tahu tips dan triknya kayak gimana
kan gua EV 1% well
[Musik]
thanks foreign
[Musik]