File TXT tidak ditemukan.
Transcript
sKJGtfO7IMY • Harga Rumah Makin 'Gila': 2025 Mending Sewa atau Beli KPR?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0721_sKJGtfO7IMY.txt
Kind: captions Language: id Lu pernah kepikiran enggak sih sebagai Genzi yang mungkin sudah bekerja atau belum bekerja nih ya mungkin banyak yang masih pengangguran bisa enggak Lu beli rumah yang harganya miliaran meskipun gaji lu tuh cuma satu digit nah jawabannya adalah bisa [Musik] ya dan lirik barusan itu adalah lirik dari official soundtrack film H set yang baru gua tonton yang nyeritain soal kaluna cewek sandwich Generation gajinya single digit doang R juta doang dia berhasil ngumpulin duit r330 juta dan akhirnya DP dan beli rumah guys tapi masalahnya adalah hidupnya tuh super frugal menyedihkan banget ya selalu ngalah Ke keluarga enggak beli kopi kekinian tiap hari masak buat keluarga tiap hari bawa bekel ke kantor enggak langganan aplikasi premium apapun di tiap nonton YouTube dan spotify itu udah lu bakal kena ha gitu kan dan kerja sampingan tiap weekend ironisnya meskipun sudah ada duitnya nih tetap aja sebagai middle class atau bahkan middle lower class ada aja plot Twist yang bikin si kaluna ini susah buat beli rumah that's why ini video nih buat lu para genzy-genzy yang baru punya gaji du digit atau bahkan gajinya single digit tapi punya mimpi buat beli rumah gua bakal bahas sedikit lebih teknis tambah juga dengan opini-opini gua dan data-data yang gua kumpulin Sebagai pertimbangan lu untuk beli rumah Jadi lu bisa pantengin video ini sampai habis untuk lu yang mau merencanakan dan mempertimbangkan apakah harus sewa beli KPR atau bahkan beli rumah cash Welcome to psychology of Finance gua bakal bahas tentang beli rumah Welcome to psychology of Finance jadi bisa dibilang Sekarang tuh harga rumah sudah tidak wajar guys ya di hampir semua daerah di Indonesia median harga rumah tuh naik dari tahun ke tahun bahkan di salah satu daerah di Jakarta Jakbar ya range paling tinggi kenaikan harga rumah tuh bisa sampai 40% guys dibanding tahun sebelumnya jadi dari Rp800 juta bisa naik jadi 1,2 m [Tepuk tangan] gila dan saking gilanya harga rumah untuk beli rumah lu harus ngumpulin duit gaji lu sampai kurang lebih 20 tahun lu bisa lihat ya Ini riset dari Feb UI di Medan Surabaya Batam Makassar Jakarta itu lu harus ngumpulin 20 kari rata-rata pendapatan tahunan alias ya Kalau gaji rata-rata misal R juta Gitu ya per bulan atau r0 juta per tahun Berarti harga rumah tuh 20 kali dari r0 juta itu alias 1,2 m ya benar ya Kalau gaji rata-ratanya sekitar 5 sampai 6 juta dan ingat ini Gaji full ya Jadi lu belum makan guys lu belum makan lu belum biayain orang tua ya Bi sandwich Generation belum biaya nikah belum beli mobil gaji lu semua lu pakai 20 tahun 100% baru bisa beli rumah Terus sekarang pajak juga bakal naik dan akan ada lagi potongan tapera yang mana tapera ini bisa jadi tidak dinikmati oleh lu yang nyicil tapra juga jadi tidak dinikmati oleh kaum middle class jatuhnya ya patungannya buat kaum yang membutuhkan atau kaum kelas bawah jadi sedih banget sih sebenarnya ya kalau lu jadi kaum middle class sekarang tinggal di kota besar kayak Jakarta Medan Surabaya Batam Makassar ini udah kurang lebih menyedihkan nah pertanyaannya Kenapa sih harga rumah tuh mahal banget ya Ini udah jelas ya pertama adalah populasi tingginya permintaan makin banyak populasi makin banyak demand Ya udah jelas basic teori ekonomi lah suly tanah segitu-gitu aja suly orang banyak tapi tanah yang diemand orang ya pasti di kota-kota besar populasi kita besar jumlah rumahnya sedikit lahannya terpusat di kota-kota besar ya bakal mahal udah jelas mau di pinggiran ya bakal murah bisa aja dapat Rp100 juta Rp juta juga ada tapi berangkat ke kantor PP bisa 4 sampai 5 jam kayak cewek di fyp tiktok ini Git definisi ngantor nyeberangin Laut Cina Belanda Tokyo POV working mom rumah di Bekasi kantor di PIK 2 yang harus melewati Galaxi guys perbedaan galaxyi dari Bekasi ke PX Nah itu alasan pertama alasan kedua Kenapa harga rumah naik terus ya adalah inflasi ya sebenarnya mungkin 5 bulan terakhir ya terjadi deflasi berturut-turut tapi menariknya rumah itu tidak terdeflasi ya tidak terdeflasi kalau kata Mendagri sebenarnya Mendagri bilang deflasi itu cuma terjadi di sektor tertentu aja tapi dia enggak bilang rumah gitu jadi rumah bisa jadi tetap mahal ya tetap bakal naik dan kalau kita lihat bahan bangunan buat bangun properti ya kayak kos-kosan gitu-gitu itu masih naik sih harganya dibanding tahun 2023 jadi bisa dibilang ya rumah kagak turun sih harga ya terus yang ketiga perkembangan infrastruktur yang besar ya dari Pak Jokowi dan kawan-kawan gitu itu bikin harga properti juga jadi naik karena ya makin strategis ada MRT ada lrt dan segala rupa dan ini yang paling penting yang terakhir menurut gua ya pembelian rumah sebagai aset investasi Nah jadi yang beli rumah itu bukan genzi-genzi menengah doang bukan genj menengah dan genzi-genzi miskin tapi mereka juga Harus bersaing dengan orang kaya antar generasi boomers mau beli rumah milenial mau beli rumah yang mungkin Niat beli rumahnya tuh buat anaknya lah buat disewain dulu lah bukan buat ditinggalin tapi buat investasi Makanya jangan heran rumah makin mahal tapi kok ini ada Komplek yang sepi gitu Gua sering banget lihat komplek-komplek elite yang sepi ya yang enggak ada orang tinggal di sana Jadi itu adalah alasan kenapa harga rumah mahal so pertanyaan besarnya adalah mending sewa atau beli KPR pertama ya Lu harus Sadar dulu tentang harga beli rumah harga rumah itu mahal tapi bisa jadi lebih mahal lagi karena ada juga banyak biaya-biaya tambahan contohnya nih gua sebut satu-satu lu bisa sambil lihat layar ya biaya akad 7 sampai 10% biaya bunga KPR ini buat yang KPR ya yang akad juga biaya PPH ini sebenarnya buat penjual kadang-kadang tapi penjual nulis di kontrak pembeli yang nanggung 2,5% biaya Hagen kalau memang lu pakai hgen buat nyari 2,5% biaya asuransi biaya balik nama ini biaya balik nama nih yang paling bikin BT ya karena Nah ada cek sertifikat ada biaya balik nama 2% kalau lu pakai jasa bphtb 5% PPN 10% AJB 1% pnbp 1/1000 kalau rumahnya luas lebih dari berapa ratus meter itu ada ya jatuhnya barang mewah gitu ya ppnbm ba-baya ini itu tuh bisa naikin harga rumah sampai 10 sampai 20%. jadi jangan kaget kalau lu beli rumah nih harganya r200 juta bisa jadi di akhir tuh biayanya nambah jadi R sampai r0 juta buat ngalangin penjual negara Notaris dan lain-lain ya jadi jangan kaget lu beli rumah 1 M bayarnya nambah R r200 juta belum lagi ada beban lain setelah lu punya rumahnya Lu harus bayar pbb-nya Lu harus bayar maintenance-nya dan lain-lain tapi di balik itu semua lu akan ngerasa Ya of course lebih stabil ah punya rumah sendiri dan of course harga tanah dan rumah masih akan terus naik e gua sih yakin selama populasi kita naik akan selalu naik jadi ini beda banget ya kayak mobil misalnya HP yang nilainya tuh habis lu beli langsung Nurun tanah dan rumah itu justru bisa jadi bakal naik di sisi lain sewa rumah juga ya of course bisa jadi fleksibel ya Kan biaya sewa juga bisa jadi lebih murah daripada KPR dan tadi ya biaya balik nama dan lain-lain cuman lu jadinya enggak punya aset terus kenaikan harga sewa juga naik terus dan kondisi enggak terduga lainnya lah kayak misalnya pemilik yang enggak mau perpanjang dan lain-lain kalau gua pribadi opini gua pribadi Apakah Beli rumah atau sewa atau KPR gitu ya opini gua pribadi udah jelas kalau lu punya duit dan lu belum punya rumah lu beli rumah sekarang Nah kenapa alasannya adalah pertama dalam 5 sampai 10 tahun ke depan ini gua juga bisa jadi prediksi gua salah tapi akan ada banyak pekerjaan yang menurut gua bakal hilang karena perkembangan Ai dan lain-lain Jadi kalau pendapatan lu sekarang tuh masih stabil per bulan itu most likely ya akan semakin langka sih jadi karyawan tetap tuh bakal jadi makin langka dan sekarang udah kelihatan trennya bisa jadi sekarang memang adalah waktu waktu ya terakhir banget nih kita punya pendapatan stabil dan bisa jadi karyawan tetap atau bahkan bisa jadi pebisnis akui aja L sekarang geig ekonomi ituh bakal makin menjamur orang tuh makin lama bakal makin punya dua sampai tig pekerjaan yang gajinya di bawah UMR jadi jangan heran kalau ada orang yang dia kerja jadi copywritter digaji R juta terus dia kerja jadi e model dapat R3 juta terus dia kerja juga jadi content Creator digaji sejuta jadi orang tuh bakal kayak gitu ke depannya mengingat ya Banyak hal yang udah digantikan Sama ai sih jadi karyawan karyawan-karyawan tuh menurut gua bakal makin generalis bahkan bisa tergantikan sepenuhnya jadi labor atau tenaga kerja itu bakal jadi worthless sih menurut gua bakal diganti oleh Capital so banyak tenaga kerja termasuk lu semua nih yang enggak bakal ada artinya di masa depan ya samalah kayak sekarang buruh pabrik udah banyak diganti oleh robot kan tapi sekarang bukan hanya buruh pabrik yang diganti oleh robot tapi semua pekerja diganti oleh Ai ya itu prediksi gua doang sih jadi kalau lu punya duit nih sekarang lu punya duit Kayak kaluna lu punya 300 r00 juta lu sikat tuh langsung cari rumah lu sikat rumahnya Kenapa karena dengan punya rumah lu jadi punya Capital fisik ya apalagi kalau lu enggak enggak berniat bikin bisnis or something gitu ya menurut gua sih atau lu enggak niat mau trading lah misalnya mau investasi gitu udahlah rumah aja gitu ya selama lu masih bisa kerja sekarang masih bisa ya cash bertahap atau nyicil menurut gua sih rumah worth it ya kedua kondisi ekonomi makin sulit diprediksi ya dan kalau lu enggak beli rumah enggak berkomitmen sekarang bisa jadi masa depan ya udah tuh banyak yang akhirnya ya ngeganggu El akhirnya Enggak jadi-jadi tuh beli rumah gitu ya terutama buat kelas menengah apalagi demand tuh terus meningkat so kalau punya duit ya langsung aja beli rumah gua yakin banyak orang yang kayak bingung gitu kok lu ngedorong banget orang beli rumah gitu apa ini promosi KPR atau apa kagak Cuy Gua kagak promosiin KPR kalau bisa cas bertahap Ya silakan kalau bisa cash keras ya lebih bagus mungkin bakal banyak yang aneh karena di video sebelumnya gua S bilang ke tiap barang tuh jangan beli mobil lah jangan beli hp Beli mobil tuh bodoh misalnya gitu eh well rumah tuh beda sih gitu ya karena rumah tuh pertama rumah tuh ada aspek sentimentalnya kedua tanah harganya cenderung naik dan yang ketiga tanah tuh sangat bisa diwariskan ke generasi selanjutnya yang keempat juga adalah tanah dan rumah itu ya tempat privasy lu gitu Ini adalah hal yang kalau kata kaluna gitu ya hal yang emang gua miliki gitu benar-benar gua doang yang punya gitu loh Nah itu sih menurut gua jadi rumah tuh banyak aspek-aspek lain yang sebenarnya jadi bikin gua lumayan Pro sih kalau ada orang bilang Beli rumah jangan ya beli sih kalau lu ada duitnya nah terus kapan kita bisa tahu punya duit dan enggaknya ini bakal dibahas di kelas gratis ya yang 1% adain bareng blue Academy kita udah berbulan-bulan bahkan belasan bulan bikin kelas gratis bareng blue di Blue Academy hampir 2 tahun dengan total Biasanya sih ada sekitar ya 1.000 sampai 4.000 peserta setiap kali kelas jadi Udah ada puluhan ribu orang yang hadir harusnya dan kelas blue Academy ini juga sudah sempat dapat Award guys jadi Thank you buat teman-teman yang sudah ikut so buat yang belum pernah join silakan bisa join buat ngomongin soal rumah ini karena kita bakal bahas Lebih Detail lu bisa langsung aja cek pendaftarannya di link ini atau ada juga di description box dan ini gratis ya Jadi kalau nanti ada yang minta bayar gitu ada yang nipu-nipu bukan ya gratis cuy ya gratis Jadi silakan langsung aja e klik link di deskripsi Oke gua EV 1% well thanks [Musik]