Transcript
HkJQOGbY3cw • Nonton Youtube Bikin Kita Jadi Mager.
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0708_HkJQOGbY3cw.txt
Kind: captions Language: id Nah gua Yakin lu semua nih pasti lu semua yang datang ke sini adalah orang-orang yang sering banget nonton YouTube Ya jelaslah orang lu datang ke video ini untuk nonton YouTube gitu kan bukan cuma video kayak gini Yang basically ini style-nya kan style edukasi ya Ada juga kan ada style yang tutorial Vlog mungkin storytelling termasuk juga kayak 1% ini tapi pernah enggak sih lu mikir bahwa Anjir gua kebanyakan nih nonton video YouTube gitu ya gua kok jadi ngerasa lebih malal gitu sebenarnya ini juga bukan cuma perasaan lu jangan-jangan tapi memang faktanya seperti itu karena dari riset-riset yang gua lihat ternyata misalnya nih Lu nonton YouTube minimal sejam sehari itu bisa ngurangin produktivitas lu bahkan sampai 40%. dan orang yang lebih sering nonton YouTube ternyata dari riset yang gua temuin itu jauh lebih punya kecenderungan buat mengalami depresi dan kecemasan bukan cuma YouTube ya tapi juga sosial media lah apalagi tuh sosial media terutama ama yang paling Toxic sih kalau gua lihat dari riset ya YouTube tuh paling enggak Toxic sebenarnya yang lebih Toxic tuh Instagram Twitter nah banyak yang ngerasa kayak gini setelah mereka bingch watch sosmet nah yang jadi pertanyaan adalah gimana nih biar kita bisa nyelesaiin masalah ini Nah makanya Selamat datang di segmen kelas kehidupan di mana gua bakal ngebahas berbagai macam masalah kehidupan berbagai macam ya realita kehidupan gitu ya supaya nanti kita bisa belajar bareng semoga lu bisa dapat manfaat dari video [Musik] ini di era digital ini ya kita semua pasti udah ya lebih dari sejam lah kayaknya ya ngabisin waktu buat sosmate YouTube dan lain sebagainya oh gitu dan ini udah banyak banget risetnya yang mana orang itu ketagihan gitu ya termasuk gua pribadi juga yang mana Ini bahkan sudah terintegrasi dengan pekerjaan gua gitu Jadi kalau gua enggak buka sosmet ya Udah up tuh dan menariknya adalah ternyata Kenapa sih orang misalnya nonton YouTube emang salah gitu ya sebenarnya bisa dibilang sekarang itu orang banyak nonton YouTube orang banyak nonton sosmed basically ya mereka dapat info informasi kan yang mana informasi itu belum tentu negatif dong ada positifnya juga Ya banyaklah positifnya tapi kita udah mulai ngelihat banyak bukti bahwa ya ternyata perilaku nonton sosmed nonton YouTube ini itu negatif apalagi kalau gua lihat dari riset Ternyata banyak dari mereka yang kecanduan ini biasanya itu adalah orang yang memang sudah negatif juga dalam hidupnya [Musik] no G ya jadi kayak Misalnya gini nih kalau misalnya El orangnya aktif di luar gitu ya organisasi olahraga dan lain sebagainya lu mungkin enggak akan ketagihan sosmate karena Emang hidup lu udah Happy dari sononya tapi kalau lu adalah orang yang up lu adalah orang yang no la no life no girlfriend ya No Boyfriend Terus mungkin ya pokoknya hidup lu Begitulah Ya ansos dan lain sebagainya ternyata itu akan lebih mudah cuy buat lu semua untuk tagihan main sosmed dan main YouTube dan ini jatuhnya adalah pelarian gitu atau kalau bahasa psikologisnya kayak mekanisme coping mekanisme coping stres yang sangat bisa memprediksi ketagihan sosmed gitu jadi ternyata orang tuh nonton sosmed nonton YouTube Bukan karena malas lah bukan karena kurang disiplin bisa jadi karena emang ya hidupnya lagi buruk atau mungkin hidupnya memang sudah buruk dari dulu gitu ya mohon maaf kalau ada yang tersinggung ya akhirnya nyari pelarian dong dan menurut gua dan menurut chat GPT juga yang bikin scrip ini perilaku ini bisa disamain sama konsumsi alkohol sebenarnya alkohol kan ya orang-orang zaman dulu sampai sekarang sih orang minum alkohol buat apa sih ya buat kalau lagi galau stres ya minumlah untuk melupain masalah untuk happy-happy dan lain sebagainya ya untuk melarikan diri dari kenyataan Ternyata banyak yang menggunakan teknologi sebagai pelarian dari emosi negatif yang akhirnya bikin kita adcted lah sama layar ini apalagi layar ini kan mengas hasilkan berbagai macam ya stimulus positif lah dan ini ngaruh juga ke kalau kita makin Kompleks lagi bagian otak namanya anterior insula nih jadi ini anterior insula ini adalah bagian gua bukan expert B jadi kalau salah tolong koreksi tapi anterior insula ini adalah bagian otak yang sangat terlibat dengan kesadaran dengan wawasan El dan ini sangat bisa ketagihan ini akan ngaruh ke bagian otak ini yang mana ini akan ngaruh juga ke ketagihannya nanti jadinya kita enggak sadar aja bahwa ya kita pengen terus-menerus pakai sosm nah tapi ya memang ya konsekuensi jangka panjang main sosmed atau YouTube tuh masih masih bisa diperdebatkan lah gitu pasti kayak wah salah lu bang positif dan lain sebagai harusnya tuh Positif sosmet itu gua aja positif bisa ngasihin duit dan lain sebagainya ya gua juga Bambang gitu ya makanya gua juga enggak kontra banget sebagai catatan pribadi bahkan gua nonton YouTube tuh sekitar sampai 5 jam per hari gua Instagram itu sekitar e 1 jam Twitter itu gua bisa 2 sampai 3 jam lah berarti gua ngapain aja seharian kerjanya kapan ya basically itulah kerjaan gua gitu ya riset dan lain sebagainya ya gua taruh di sana Nah menariknya adalah karena gua ngerasa mungkin ya sosmate itu gua udah jenuh juga nah gua akhirnya jadi pelariannya ke yang lain sih kalau gua sekarang tuh lagi main banyak main cyber Pang banyak main DOTA ya gua pelariannya jadinya ke game online nah pertanyaannya adalah Kenapa sih bisa kayak gini gitu kenapa sih hidup bisa se-fuck up ini padahal zaman dulu orang kayaknya enggak pakai sosmat juga aman-aman aja gitu ngirim surat ke orang yang jauh misalnya di Kalimantan di Papua baru dibalas 3 bulan 6 bulan lagi juga atau bahkan enggak dibalas karena suratnya enggak nyampe juga santai-santai aja gitu zaman dulu kok sekarang orang enggak dibalas 5 menit aja udah marah enggak dibalas seminggu marah gitu nah ini bakal gua jelasin di Part selanjutnya yang mana harus lu tonton kayaknya karena ini penting banget biar lu enggak dieksploitasi sama perusahaan perusahaan besar sosmed ini di zaman yang serba digital ada salah satu komoditas baru yang muncul guys komoditas baru ini adalah kalau gua sebut yaitu adalah attention perhatian kita Nah kalau lu lihat ke belakang banyak orang-orang kaya di dunia itu bisnis ya orang yang pebisnis itu bisa jadi kaya Biasanya karena mereka mengeksploitasi sesuatu misalnya ya Arab gitu lu lihatbisnis Arab kitasnya apa minyak ya kan kita bisa lihat orang terkaya di Indonesia misalnya ya sebut siapapun lah pasti mereka punya properti yang banyak berarti eksploitasi apa tanah ada juga eksploitasi apa batu bara dan lain sebagainya eksploitasi ini bukan hal yang buruk ya guys gitu karena basically itu tuh sumber daya dieksploitasi jadi lebih baik terus habis itu dijual kan nah yang menarik adalah sekarang tuh muncul komoditas baru namanya tuh attention attention tuh apa sih ya attention tuh kita perhatian kita kepada layar itu adalah komodit ternyata termasuk juga data kita itu adalah komoditas baru yang sekarang dieksploitasi oleh para leader-leader si zakerberg ini gitu ya contohnya zakerberg si Elon musk itu dia mengeksploitasi data kita sama attention kita [Musik] goah Apakah fair untuk dieksploitasi ya enggak ada peraturan yang ngelarang sih ya Jadi menurut gua sih fair-fir aja dan kita juga konsen kita enggak dipaksa gitu loh untuk main sosm gitu kayak ayo main smit kita kan enggak dipaksa kayak gitu ya kayak kita e willing aja gitu untuk e ngasih data kita ngasih attention kita gitu so ya fair enough lah itu enggak salah tapi yang jadi menarik adalah bisnis di era modern ini termasuk bahkan 1% juga gitu ya kita kan berlomba-lomba untuk mendapatkan sebagian besar dari attention El semua semakin besar attention yang lu taruh ke kita yang El semakin banyak lu nonton 1% semakin gede red card kita untuk disponsorin semakin tinggi Adsense kita kita juga ya jadi ya udah sekarang semua orang berlomba menciptakan konten yang menarik termasuk si Zuckerberg si Elon ya menciptakan aplikasi yang sangat adiktif gitu ya dan termasuk juga iklan yang dirancang khusus untuk menarik perhatian kita supaya kita jadi lebih konsumtif nah ini menurut gua dampaknya itu gede banget dan ini adalah tantangan terbesar Dar generasi muda menurut gua itu adalah ya makanya genzy genzy up karena kalau dibandingin sama Boomer ya genzy itu itu up cuy kebayang enggak Kalau Boomer tuh dulu ya mau makan ya tinggal makan aja sekarang kita mau makan lihat dulu tiktok ya kan kita mau traveling ya lihat dulu Rekomendasi ke mana ke mana ke mana ke mana Tension kita tuh jadi makin makin terbagi-bagi antara platform sosmed tiktok Iya YouTube Iya dan lain sebagainya ya jangan heranlah gitu kan banyak anak generasi muda merasa kehilangan arah pertama mereka terjebak dalam gaya Hidup glamor karena nonton sosmed Ngelihat orang Oh gaya-gaya banget nih gua mesti ke tempat kopi ini juga ngelihat orang kayak instan dari judi online gitu terus juga banyak dari mereka yang akhirnya kesulitan ngatur keuangan jadi kalau ada orang yang bilang genz tuh generasi manja Wah cuy itu mungkin bener gitu ya Tapi menurut gua sangat bisa dijustifikasi oleh ya pengaruh dunia online ini gitu loh jadi kayak ya gua setuju bahwa Genzi itu mungkin jauh lebih manja jauh lebih problematik jauh lebih up tapi gua juga yakin sih kalau si para boomer-boomer yang protes uh Genji Kenapa sih zaman sekarang kayak gitu kalau hidup di zaman sekarang dengan tiktok shop dengan keranjang kuning dengan berbagai iklan dengan semua orang berlombang minta atensi termasuk juga atensinya dikeruk habis-habisan bakal stres juga cuy ya kan Makanya ada istilah baru kan Strawberry Generation yang udah pernah gua bahas di video sebelumnya generasi yang lembek gitu loh kayak stroberi cuy mental tempe mudah rusak mudah buyar gitu ya kayak tahu gitu l seringkali ya terlalu sibuk dengan dunia digital hingga tidak memiliki waktu karena attention lu dikeruk terus nih sama idol-idol lah sama apalah yang mana lewat platform sosmate juga termasuk gua Mungkin oleh gua juga lu jadi nonton video Ini ngabisin waktu 20 30 menit ya akhirnya banyak yang terlalu sibuk dengan dunia digital jadi enggak punya waktu untuk Merenung memikirkan masa depan atau bahkan mencuci piring atau Wah lu mungkin ngedengerin video ini sambil main mobile Legends sambil makan Wah lu banyak multitaskingnya akhirnya hidup lu jadi up gitu ya enggak heran ya Meskipun media media sosial juga ngasih banyak manfaat ya tapi gua gak Mau ngomongin manfaatnya dulu di sini media sosial juga bisa jadi Toxic banget gitu ya tadi pertama self comparison lu jadi banding-bandingin sama orang ngomong-ngomong soal self comparison gua jadi ingat dari salah satu prinsip dari salah satu parfum lokal nah ini gua dapat nih parfum dari febron frx dan ini nama parfumnya adalah bregas dan yang menarik adalah Sebenarnya bukan hanya parfumnya ya nanti gua review dikit juga tapi juga prinsipnya jadi ini tuh parfum punya prinsip namanya Bejo ya alias be just Ordinary nah ngomongin soal self comparison itu kan adalah ketika kita ngebanding-bandingin diri kita sama orang lain Nah si bregas ini ini adalah parfum yang cocok buat lu yang bisa dibilang mungkin ya udahlah hidup Mah ngapain banding-bandingin diri sama orang lain gitu ya udah hidup mah kerja aja gitu kan kerja aja kalau misalnya lu mau mau istirahat ya udah istirahat kalau misalnya lu mau posting sosm ya udah posting sosm kalau misalnya lu mau kalau misalnya lu mau nonton Youtube ya udah nonton YouTube gitu J kayak basically ini parfum yang menggambarkan prinsip Bejo itu ya Bees Ordinary dan ini menurut gua si parfum bregas ini dengan prinsipnya ini sangat amat mantap pertama Kenapa mantap karena ini sebenarnya gua beli parfum yang lain sih yang ini ya dari faon FX juga ini packagingnya Mantap banget kalau kita coba banting-banting gak akan kebanting Terus yang kedua selain packaging yang mantap adalah packaging keduanya yaitu ini ini mewah banget dan kita bisa lihat di sini yang bikin unik sebetulnya adalah kalau gua tebak si ya adalah kayu manisnya sama rasa rokoknya jadi kalau kalau luyum ini tu rasa gitu Ini tuh ada aroma-aroma yang laki banget dan bukan laki yang kayak Alpha male gitu ya kalau gua lihat sih ini lebih ke Sigma Mel sih Jadi dibandingkan yang e laki-laki yang pemimpin atau apa gitu Ini tuh lebih ke yang Ya udah hidup tuh simpel aja gitu ya hidup tuh simpel aja dan dari wanginya Emang kerasa nyer di awal mungkin karena top notes-nya adalah lemon ya J kayak segar nyereng gitu eh ada rasa tehnya juga karena ini black tea dan habis itu kerasa nih mulai kerasa manis kayu-kayu manisnya dan kalau lu perhatiin kalau lu pakai parfum ini ini tuh ada wangi-wangi rokoknya gitu tobako ya jadi tembakau dan ini sangat amat mly menurut gua meskipun ada yang lebih mly lagi ya yang lebih mly lagi menurut gua yang ini nih Beh Johan Malik yang jelas kalau ngomongin soal prinsip Hidup E gua sih mungkin paling cocok sama yang ini ya Eh kalau mau lebih Manly bisa pakai ini juga yang Juan Malik dan ini yang e bisa dibilang lebih sedikit lebih manis tapi tetap mly juga ini juga kayaknya ada tembakaunya deh So ngomong-ngomong soal Bejo ya tadi Intinya kalau kita hidup ya engak usah banyak banding-bandingin diri lah ya pelajaran yang bisa kita ambil adalah kalau lu adalah orang-orang yang sebenar santui ya kalau gawe Ya udah gawe aja gitu kan kalau misalnya capek ya udah santu aja Istirahat kalau misalnya pengin nongkrong Ya udah nongkrong aja menurut gua ini paling cocok sih dan ini sangat mewah dengan harga rp300.000an yang lainnya juga bahkan harganya di 10000.000an silakan dibeli guys dan thank you banget buat fabr and frx ya ya yang udah ngasih ee parfum ini gua bakal pakai yang ini sih gitu ya Jadi silakan punyalah prinsip hidup dan Hiduplah dengan standar hidup lu sendiri gitu jangan sampai nanti lu bisa terpengaruh oleh orang gitu ya dan lain sebagainya udahlah hidup mah gitu gitu aja lah gitu ya namanya hidup Ya udah santui aja kalau kerja ya kerja kalau lagi hassle ya hassle gitu ya tapi kalau lagi mau istirahat ya istirahat aja sini juga ada tulisannya nih bregas by fabrant FX adalah parfum yang ditujukan untuk pria dengan sosok pekerja Hustler tapi bukan berarti lupa untuk enjoy ya E dan ini bisa jadi mood booster bisa jadi e refreshing e gua pribadi juga karena ini dikasih ke guanya tuh 2 hari yang lalu ya jadi gua sempat pas lagi gawe juga aduh kayaknya butuh refreshment gitu ya Jadi pas gua rehat baca buku semprot-semprot dikit ini bisa jadi penyemangat buat kerja GU dan H mantap banget sih ya oke hidup sesuai standar lu sendiri be just Ordinary oke basically Ya makanya Setelah gua tahu berbagai macam hal ini gua pun akhirnya jadi ambil tindakan Cuy Gua dari dua bulan lalu gua off sosm gua beneran off sosm dan gua ngerasa Wow jadi lebih tenang ya hidup gua meskipun enggak tenang juga sih karena gua masih main DOTA yang mana Toxic juga sih tapi basically gua akhirnya nyoba tuh off sosm gitu ya dan ternyata Wow gila dan gua punya beberapa tips buat lu semua dari pengalaman gua off sosm termasuk pengalaman gue juga dalam mengeruk atensi lu semua selama 56 tahun ke belakang dari tahun 2017 Sekarang sudah hampir 2024 e gua udah 5 sampai 6 tahun yang mana itu termasuk cukup lama karena rata-rata bisnis kan gagal sebelum tahun kelima gua mau ngasih tips dan trik ini buat lu semua dalam menghadapi era digital terutama buat lu yang Genzi nih dan milenial sih lu coba tontonnya nah What should we do ada beberapa langkah yang bisa kita ambil ini tips dan trik dari gua pertama ini udah jelas banget yang paling pertama paling basic jangan lupa follow orang atau brand yang positif jadi 1% misalnya ya Min kita enggak selalu positif ya guys anggap aja 80% konten kita tuh positif lah Kagak kagak buruklah dampaknya buat Ya udah lu subscribe lu Nyalin loncengnya promo juga sekalian tapi serius maksud gua ketika lu menganggap sebuah akun itu positif ya lu follow jangan enggak di-follow dan akun yang negatif ya lu blok simpel kan jadi kayak Ya udah follow orang atau brand yang positif yang enggak positif yang enggak ngebantu hidup lu yang bikin lu self comparison yang bikin lu self comparison yang Toxic dan sebagainya Itu Blok aja gitu kan termasuk 1% juga kalau misalnya lu ngerasa enggak produktif ya unsubscribe aja gitu loh ya kan jadi itu advice gua yang pertama yang kedua hindari konten negatif nah ini hindari konten negatif ini yang tadi gua bilang kalau ada orang Toxic dan lain sebagainya ya dihide aja gitu termasuk bahkan teman-teman lu juga kalau misalnya memang lu capek gitu ngelihat teman-teman lu dan sebagainya udah lu bisa langsung mute atau block yang ketiga nah yang ketiga ini menurut gua ini lumayan unik dan ini gua lakuin dari 4 tahun lalu selalu bikin beberapa akun kalau misalnya lu punya cososmat jadi misalnya lu ada YouTube nih lu bikin beberapa akun Nah gua juga punya beberapa akun Kayak misalnya gua ada akun yang khusus buat nonton update soal game ada akun yang khusus buat nonton update soal HP dan e teag teknologi gitu ya tag ada akun yang khusus buat self development dan filsafat g Itu kenapa harus kayak gitu karena kita sekarang kalau misalnya kita enggak milah-milah algoritma kita bisa aja nih misalnya pakai satu akun doang Kita niatnya mau nonton Korea gitu tiba-tiba ada iklan lain iklan only fans misalnya lu akhirnya jadi nonton only fans jadi nonton g loh gara-gara algoritma lu tuh sangat macam-macam akhirnya lu bisa jadi keedistrake aja ketika lu ngebuka sosmnya jadi hati-hati sih kalau lu punya satu akun saran gua satu akun itu lu diactivate aja lu pakai akun lain ya Jadi lu bikin akun lain yang memang khusus sesuai kategorinya karena itu akan mempermudah lu untuk menganalisis algoritma sosm lu dan juga akan ngebantu lu untuk yang ngebedah sih Apakah Lu selalu terdistraksi atau enggak nah terus yang terakhir ini saran gua sih lu refleksi Coba lu main swm tu buat apa sih gitu kalau gua pribadi sih Gua udah jelas gua main Twitter buat apa buat sekarang sih buat update soal Ai gitu ya karena banyak update Ai itu di x.com Terus yang kedua gua main Instagram buat apa sih ya biasanya buat jujur banyak yang e ngajak gua jadi pembicara pembicara webinar seminar atau apa itu ng-dm lewat Instagram jadi gua kayak enggak make sense aja kalau gua ggak reply gitu menariknya adalah setelah 2 bulan kemarin ada beberapa kerjaan yang gua lewatin Waduh gua kehilangan e banyak pekerjaan gitu ya n jadi hati-hati tuh yang kayak gitu apa kalau misalnya main sosm itu bisa bikin luit di bicuan ya main aja gitu jadi e jangan lupa refleksi lu main sosm buat apa gua juga sekarang kan punya beberapa bel.000 followers Kayaknya gue kayaknya 10.000 apa 11.000 gitu sebenarnya bisa gua utilas kan buat jadi lebih baik dan dan mungkin akan gua utilas Jadi silakan kalau mau Follow ya Ivan di Evan atau e add transfer wawasan juga gua lagi bikin akun baru By the way itu sih refleksi Kenapa lu harus pakai sosmate Kenapa lu harus main sosmate kenapa lu harus algoritmanya seperti ini apakah algoritma gua udah bener atau enggak Apakah Gua sering keedistrike atau enggak karena pertanyaan-pertanyaan itu jawaban-jawabannya itu bakal bisa nentuin Lu harus off atau enggak Lu harus delete sosm-nya atau enggak atau bahkan Lu harus unfollow atau unsubscribe atau enggak setelah memahami langkah-langkah angk yang bisa diambil terus gimana ya udah silakan lu putuskan lu mau ngapain nih dengan sosm lu mau ngapain dengan YouTube nih Apa lu masih mau kebanyakan nonton apa lu udah ngecek belum activity di iPhone lu ya gitu E itu gimana tuh penggunaan sosmet berapa Jam lu sehari Apakah itu yang lu mau selama puluhan tahun ke depan kalau misalnya enggak mungkin sekarang waktunya untuk mengurangi atau lebih mengkurasi Akhir kata gua FN 1% jangan lupa follow dan subscribe well thanks [Musik]