Transcript
GpB9RmTVSRM • 40% Masyarakat Indonesia Hidup Dalam Kemiskinan, Kok Bisa?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0705_GpB9RmTVSRM.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
Indonesia adalah negara yang kaya akan
budaya dan sumber daya alam tapi apakah
orang-orangnya kaya raya di dalamnya
Apakah orang-orangnya pintar-pintar
sukses-sukses ya jawabannya tentu
mayoritas udah jelas enggak karena
kebanyakan orang yang ada di Indonesia
adalah kalangan menengah ke bawah dengan
mungkin IQ yang cenderung rata-ratanya
rendah dan berbagai kekurangan lainnya
nah menariknya udah berbagai macam
kekurangan itu tuh ada di Indonesia ada
isu bahwa bank dunia dengan perhitungan
baru mereka terhadap kemiskinan ekstrem
ternyata dengan perhitungan baru itu 40%
masyarakat Indonesia itu masih tergolong
miskin bahkan bule-bule di luar negeri
itu kaget gitu ketika ngedengar gaji
bulanannya orang Indonesia
and padahal itu baru Gaji rata-rata
belum gaji yang ada yang sejuta lah ada
yang r00.000 ada yang 2 juta sampai
mereka bilang are they ok are you OK
gitu kan Nah tapi apa sih yang
sebenarnya terjadi gitu Kenapa angka ini
bisa begitu tinggi dan yang lebih
penting apa yang bisa kita lakuin
sebagai individu dan masyarakat untuk
ngadapin situasi ini Selamat datang di
psychology of Finance di mana gua bakal
bahas perilaku psikologi dari berbagai
macam masalah finansial kali ini kita
bakal ngebahas soal kemiskinan di
Indonesia dan apa yang bisa kita lakuin
stay
tune Welcome to psychology of
[Musik]
Finance buat lu yang penasaran standar
baru WHO tentang kemiskinan itu segini
Jadi garis kemiskinan ekstrem di
Indonesia itu tuh ditetapkan sekarang
tuh us 2
15 atau sekitar
32.745 per hari simpelnya gini orang
dengan pengeluaran us 2 per hari atau
r3.000 nih ya itu berarti dia termasuk
kategori miskin itu batasnya Nah jadi
buat El nih yang sebulan El ngabisin
r900.000 doang ya sendiri ya tanpa lu
didanai sama orang tua dan sebagainya ya
artinya adalah lu miskin misk
B berarti kalau lu adalah orang Jogja lu
hidup sendiri anggap gaji R juta nih ya
Lu buat hidup karena lu gak dapatlah UMR
misalnya for some Reason Terus lu
ngeluarin r00.000 per bulan artinya Lu
udah tergolong miskin menariknya dari
perhitungan itu ternyata sekitar 40%
masyarakat Indonesia itu kini tergolong
miskin dan ini hampir setengah populasi
kita nah dar perhitan ini dan
spendinges Sebenarnya ya bisa-bisa hidup
aja gitu ya karena gua aja pas mahasiswa
e dulu tuh uang jajan gua ya cuma
Rp900.000 juga 1,5 juta lah sama
kos-kosan gitu itu udah mepet miskin
Padahal gua kuliah kan gitu banyak yang
syok terutama bule banyak bule yang
mikir bahwa gaji Indo tuh minimal R juta
lah atau R juta Gitu sampai bahkan R5
juta per bulan padahal kenyataannya ya
gajinya jauh dari itu bahkan cuma ya 1 2
3 jutaan mungkin ada yang mikir ini
aman-aman aja Which is true ya yang tadi
gua bilang ya selama kita bisa beli
makan di wartek beli gorengan rokok
kos-kosan ya 300 r00.000an ya amanlah
gitu Bodo amatlah sama standar Who masih
bisa hidup gitu kan gua juga awalnya
mikir gitu ya tadi gua bilang mahasiswa
jajan Gua sebenarnya Cuma
r00.000 dan itu ya gua biasa aja hidup
dan kuliah di UI dan itu pun udah
termasuk sama beasiswa tuh segituan tapi
hidup kan kan bukan cuma soal makan ya
kan kalau standar rupiah kita gini-gini
terus hidup tuh bukan cuma makan minum
yang bahaya dari standar kemiskinan ini
adalah ketika kita ngebandingin sama
luar negeri jadi gini bayangin gini ya
Hidup kan enggak cuma makan minum sekali
lagi gua ingetin ya hidup tuh Enggak
cuma makan dan minum ada barang-barang
lain kita butuh HP butuh laptop butuh
magic jar butuh apa ya mesin kopi kali
dan lain sebagainya lah pokoknya hal-hal
yang kita butuhin Selain makan dan minum
di wartek gitu yang diproduksi dan
dikonsumsi oleh orang Indonesia juga
kalau barang-barang kayak iPhone laptop
dan lain sebagainya Itu dapatnya kan
dari luar negeri dari Apple lah dari
Samsung lah dan lain sebagainya kalau
misalnya UMR dan buying power kita
dibiarin kayak gini gini aja
kesejahteraan kita bakal tergerus dan
sekarang sebenarnya udah sangat tergerus
menurut gua kayak bayangin dibanding
negara tetangga misalnya ya untuk beli
iPhone atau laptop lu misalnya kerja di
Australia atau Singapura Lu cukup kerja
seminggu lu bisa langsung beli laptop
atau iPhone bahkan kurang dari
seminggu seminggu tuh bisa beli iPhone
Pro Max lah yang terbaru gitu karena
gaji karena gaji di sana sebagai office
boy aja atau misalnya tukang cuci piring
gitu ya itu bisa sampai 40 sampai 60
jutaan meskipun ya Nanti dipotong pajak
dan lain sebagainya tapi seminggu lu
bisa dapat iPhone ya kan sementara di
Indonesia Lu harus kerja 4 bulan dulu
baru bisa kebeli iPhone Pro Max ya itu
pun dengan hitungan gaji UMR Jakarta dan
El puasa enggak makan sebulan ya kan
jadi R juta* 4 tuh R juta terus lu gak
makan baru bisa beli iPhone lagi-lagi
pada akhirnya Indonesia meskipun ya kita
bisa aja ngeyel gitu ya kita bisa aja
gak ngaruh gitu bahkan Ibu srilya ini
juga bilang ya nanti miskin semua dan
lain sebagainya Which is true ya ada
benarnya kalau misalnya kita bilang
kayak gitu lagi-lagi kita ya harus
ngikut standar World Bank dan kita harus
mulai ningkatin perekonomian kita ini PR
sih buat pemerintah dan gua tahu
pemerintah juga sudah berusaha keras
buat ini Tapi menurut gua kita juga
enggak boleh cuma nunggu pemerintah
doang harus ada take action-nya nah
mumpung ini tahun 2024 gua bakal ngasih
beberapa tips dan pengalaman dalam
mengelola finansial biar 2024 ini jadi
lembaran barulah buat lu untuk ngatur
Finance Gimana caranya Survive dengan
kondisi rupiah seperti ini kondisi
negara seperti ini dan dengan 40% rakyat
kita divonis miskin oleh Salah satu
lembaga
dunia Nah jadi 2024 harus ngapain Oke
gua bakal e ngomongin soal finansial dan
mental ya pertama ini dari segi mental
sih lu harus sadar diri dulu sih Dan
kalau memang lu miskin ya terima aja
bahwa memang lu miskin jadi kita harus
bisa menilai situasi keuangan kita saat
ini itu kayak gimana coba deh tanya ke
diri kita sendiri Berapa penghasilan
kita Berapa pengeluaran kita
jangan-jangan terlalu frugal atau
jangan-jangan terlalu boros sampai engak
bisa nabung ya Jadi lu harus tanya ke
diri lu sendiri kalau memang lu ngerasa
lu miskin dalam tanda kutip ya Gua yakin
yang nonton sih enggak ada yang miskin
ya menurut WHO tapi kalau lu ngerasa lu
miskin gitu ya itu penting banget untuk
sekarang mulai evaluasi diri mulai
nentuin Lu harus ngapain di tahun 2024
Oke anggap ada yang ngerasa Aduh
penghasilan gua masih rendah F
pengeluaran gua juga gila banget gitu ya
terlalu tinggi atau terlalu rendah nah
ningkatin pendapatan ini adalah tips
yang kedua ini adalah kunci terutama
buat Genzi Lu harus entah Gimana caranya
lu cari cara buat ningkatin potensi
penghasilan lu entah lu pelajari
keterampilan baru belajar bahasa Inggris
lah Belajar bahasa Mandarin investasi
atau apapun Gimana caranya lu bisa
ningkatin pendapatan lu gu karena ya Ini
udah banyak sebenarnya trade-nya di
Twitter lah Di mana Kan ada yang kerja
di luar negeri ada juga yang e nyari
beasiswa ada juga yang Wah banyaklah dan
kayaknya hampir semua juga udah gua coba
lakuin ya kayak beasiswa dagang jualan
sampai sekarang ya menemukan yang cocok
di 1% tapi ningkatin pendapatan tuh
kunci utama ya sebelum nanti kita
mikirin soal investasi jangka panjang
dan ningkatin pendapatan juga penting
kan buat dana darurat lah buat nanti
tiba-tiba bayarin apalah jangan sampai
gaji sama pengeluaran Itu 100% maksudnya
kayak semua gaji dipakai ke pengeluaran
gitu gak bisa nabung kalau kayak
gitu yang ketiga ya jangan lupa untuk
kurangi utang sebenarnya utang tu gak
masalah ya gua juga sempat bahas di
video sebelumnya bahwa semua orang
berhutang Ya tapi kalau hutangnya bukan
buat hal yang produktif kalau hutangnya
bukan buat hal yang menghasilkan lagi
itu mendingan segera dibayar jangan
ditambah lagi hindari numpuk terutama
kalau udah di atas batas rasio normal ya
kalau menurut gua rasio Normal itu ya 10
sampai 30% lah menurut gua sih kalau
buat anak muda ya batasin 30 lah atau
bahkan sampai 50% enggak masalah tapi
yang penting lu pakai utang itu untuk
produktivitas gitu ya E Karena tanpa
utang mungkin kita enggak akan bisa
upgrade PC lah upgrade apa gitu ya tapi
jangan lupa itu dipakai lagi buat bisnis
atau kerja nah terutama utang yang
enggak boleh ya ini ada hutang yang
enggak boleh adalah hutang dengan bunga
tinggi Kayak misalnya dari pinjol ya
terutama pinjol yang tidak resmi yang
bunganya bisa gila-gilaan terus
bisa-bisanya nanti ya kalau di berita
sih Gua ngelihat bahkan foto lu
bisa disebarin yang fake gitu ya ke
teman-teman kantor teman-teman kantor
diteleponin dan lain sebagainya Wah itu
udah Toxic banget udah enggak resmi
ngeganggu hidup juga mendingan yang
resmi-resmi aja kalau misalnya mau
ngutang KPR masih Ok lah ya KPR masih
oke e mobil kalau memang butuh banget ya
masih oke meskipun gua agak kontra gitu
ya dan utang utang buat ee apa beli
laptop dan sebagainya Nah itu gua oke
banget sih kalau buat yang kayak gitu
karena lu bisa upgrade ya upgrade diri
dan upgrade pekerjaanitu sih lu bisa
tonton video gue yang lain sih ya buat
ngomongin soal utang keempat penting
banget buat nabung atau investasi lebih
banyak selagi masih muda dan belum ada
tanggungan Kenapa penting buat investasi
lebih banyak ini selalu gua ulang-ulang
enggak pernah gua ubah dari dulu selagi
masih muda e lu pegang Liquid Liquid
cash ya itu dikit aja gitu Kenapa karena
disaranin 80 sampai 90% tuh diinvest i
semua mengingat lu masih muda apalagi
belum ada tanggungan tuh lu bisa hidup
ya lebih frugal pertama lebih miskin ya
memiskinkan diri dan yang kedua kalau
investasi lu naik atau turun e ibaratnya
gitulah kalau misalnya resiko terbesar
terjadi itu kalau lu masih muda umur
20-an tuh aman gitu loh e mengingat ya
lu masih muda Jadi lu bisa cari lagi
duitnya beda kalau misalnya ee orang UD
Udah umur 50 60 gitu itu disarankan
Memang Yang medium to low risk ya karena
bentar lagi pensiun gitu jangan main
yang e atau investasi atau trading yang
tiba tiba miskin enggak bisa pensiun
Padahal uangnya Udah dikumpulin puluhan
tahun ya kan jadi kalau masih muda enak
ya lu bisa ngambil resiko lebih tinggi
lu juga bisa dapat gain lebih tinggi
dengan e resiko kalau hilang duitnya itu
lebih
rendah kelima nah kelima ini menurut gua
kayaknya jarang diomongin sama
berbagai ya edukasi finansial di luar
sana itu adalah jangan lupa Soal
kesehatan mental tingkat stres dan
profil Riko jadi Emang sih tadi gua
bilang ya Lu harus invest Lu harus
trading gitu coba miskinkan diri gitu ya
lagi muda gitu jangan spending yang gak
penting Coba ambil resiko tapi jangan
lupa juga pikir-pikir juga ketikaambil
resiko investasi kalau misalnya ngambil
resiko Terus lu stres Ya kan Ya udah
mungkin profil resikonya Bukan di sana
pilih investasi yang aman dan enggak
ngeganggu mental health kalau memang lu
belum sangguplah ngelola resikonya
apalagi financial influencer mah enggak
bakal bisa diminta ganti gitu termasuk
gua juga gitu Gua juga enggak bakal bisa
diminta ganti Misalnya gua nyaranin
sesuatu gitu enggak bakal lah ee jadi
kayak jangan lupa pikirin mental health
lu tingkat stres lu dan juga gu profil
resiko lu kalau gua pribadi ya gua
pribadi sih mendingan hidup cukup tapi
gak stres daripada gua naruh duit gua di
hal yang gua gak tahu terus gua fomo
gitu ya berharap bahwa ini naik naik
naik ya Daripada gua stres tiap malam
mendingan gua hidup cukup aja gitu
Lagian di dunia nyari apa sih gitu kan
di dunia kita nyari apa sih Jadi kalau
memang belum sanggup ya mulai
dikit-dikit gak masalah menurut gua ya
kalau masih muda justru ini selalu gua
bilang
juga im yang high R daripada yang medium
atau low gitu ya selalu nyob untuk ke
sana tapi kalau memang ngeganggu mental
health lu belum sanggup ngelola
resikonya lu jadi stres sakit kepala dan
sebagainya mungkin mendingan yang low
aja dulu atau medium rja dulu atau yang
high 10% deh atau 20% aja dulu belum
lagi stresa bisaaruh ke banyak terutama
KJA jangan sudah duit di enggak perform
gara-gara stres investasi yang masih
dikit pula Wah gitu kan contoh nih ya
contoh lu misal pengen invest atau
trading lah di crypto gitu crypto itu
kan sebenarnya lumayan volatil ya kalau
ngomongin high Ris Sebenarnya sekarang
kayaknya crypto e udah mulai bergeser
nih dari yang very high risk jadi ya
high risk doang lah menurut gua udah
mulai ya lumayan kelihatan lah
Sebenarnya sekarang untuk jadi aset
investasi terutama Bitcoin ya buat gua
pribadi nah anggap lu pengen terjun di
crirypto nih ya kan sekarang lagi rame
nih lagi lagi mulai naik lagi ya
dibandingkan tahun lalu sih buat lu yang
udah belajar soal cripto anggap lu
trading gitu terus lu ngerasa stres
Anjir naik turun naik turun dan lain
sebagainya mantengin nilai yang naik
turun harian anggap lu ggak mau ribet
nih mantengin investasi lu plus lu juga
mungkin let's say duitnya masih dikit
yang diinvest ke sana gitu ya nah
kebetulan ada satu aplikasi nah
aplikasinya adalah pintu ini cocok
menurut gua fitur barunya buat orang
yang gampang stres atau duitnya masih
terbatas tapi yang udah yakin sama tesis
investasinya fitur apa itu namanya
adalah fitur auto DCA Nah ya auto DCA
adalah lu bisa atur pembelian crypto lu
secara rutin misalnya tiap jam tiap hari
minggu atau bulan semua bisa diatur
sesuai dengan keinginan lu ya jadi
investasi Lu lebih struktur dan udah gak
perlu mikirin timing market lagi ya
sebenarnya debatable ya Apakah kita bisa
timing the market atau enggak tapi DCA
ini sebenarnya bisa bikin kita lebih
santui karena selama pertama selama
narasi kryptonya memang kita percaya dan
kedua kalau kita mau memperendah resiko
karena jatuhnya DCA tuh dicicil lah ya
jatuhnya dicicil atau nabung gitu dalam
tanda kutip itu lebih baik pakai DCA
kalau misalnya memang lu mau memperkecil
res
gak perlu takut Kapan harus beli apa gua
beli di harga yang salah gitu ya
mengingat ini buat orang yang suka
takut-takut lu kagak perlu ngecek
terus-terusan dan jadi anious jadi
selama itu kryptonya masih sesuai nih
narasinya dengan tesis lu e sesuai
dengan angkanya juga ya sebenarnya bisa
lanjut nabung kan bisa dibiarin aja tapi
kalau misalnya udah gak sesuai itu kan
bisa ditarik juga itu yang pertama yang
kedua buat orang yang gak suka ribet top
up jadi misalnya pengen gaji bulanannya
Ya udah deh gua 10% atau bahkan 90% gitu
ya ke crirypto gitu nah ini buat yang
enggak suka ribet top up itu oke buat
yang dana investmennya terbatas juga ini
Oke sih gitu lu bisa ngatur ya udah
segini doang per bulan biar enggak jadi
fomo biar tetap Ikutin juga sih ya token
atau crirypto yang memang lu sedang
pengen nabung di sana terus yang ketiga
buat lu yang udah percaya sama token
tertentu atau k misalnya kalau gua
pribadi biasanya gua dipakai buat yang
gede Kayak misalnya Bitcoin atau
etherium gitu Kalau gua sih lebih baik
memang pakai auto DCA mengingat gua
sendiri bukan yang all in crypto banget
tapi memang tetap coba ngikutin
narasinya guu mengingat profil resiko
gua tadi daripada mental gua e apa
namanya keganggu gitu mendingan gua ya
DCA aja alias dicicil gitu ya dicicil
dikit-dikit e meskipun memang kalau
kritik orang tuh ya DCA itu katanya
bikin memperendah reward gitu ya benar
sih karena memang ini untuk minimize
resiko buat orang yang ya gak mau ribet
dan memprioritaskan mental health lah
daripada misalnya mantengin terus seap
hari Nah ini buat para pekerja-pekerja
buat
entrepreneur yang lebih ke bisnis kayak
gua gitu itu cocok sebenarnya yang kayak
gini kenapa karena ya udah tinggal
dibiarin aja Dan kalau narasinya
tiba-tiba engak sesuai ya tinggal
tinggal tarik aja
gitu nah cara pakai auto DCA di pintu
adalah masuk ke fitur auto dca-nya Terus
lu bisa pilih Bitcoin atau aset crypto
lainnya Terus lu bisa Set nominal Terus
lu bisa schedule pembeliannya Bisa tiap
jam ya tiap hari mingguan atau bulanan
lu confirm terus kayak Ya udah lu
pantengin Sesuka lu aja kalau gua
pribadi sih ya udah tinggal tiap minggu
atau tiap bulan sih gu enggak usah
terlalu cepat dan cara ngecek
schedule-nya adalah masuk ke your
schedules Nah di sini lu bisa lihat
jadwal auto DCA lu di sini
terus Selain itu ada dua opsi juga auto
dca-nya bisa jadi selamanya terus bisa
juga berdasarkan tanggal Kayak misalnya
lu pengen Oh gua pengen e nyicil sampai
tanggal segini deh dcanya sampai tanggal
e 2024 Desember misalnya ya udah jadi
bisa otomatis gitu ya berhentinya Nah
kalau misalnya lu tertarik lu bisa
langsung ke ee pintu ya di link berikut
atau cek link di deskripsi aja dan ya
Kurang lebih begitu ya apa yang bisa lu
lakuin di tengah ekonomi yang memang
Sekarang kita di vonis Miss Queen gua
sih ngelihat Indonesia bakal maju ya
gitu apalagi ngelihat perkembangan Kota
Jakarta yang sangat pesat perkembangan
berbagai kota besar lain kayak Surabaya
Bandung juga ee di mana ekonominya udah
mulai tumbuh gua lumayan yakin sih
Indonesia bakal bisa maju tinggal
generasi mudanya aja nih gitu ya mau
main judi online Apakah mau investasi
yang enggak jelas atau pinjol gitu ya
atau justru mau kerja berbisnis ngasihin
sesuatu terus duitnya diinvestasiin di
investasi yang benar jadi bisa kaya ya
gitu oke mungkin Sekian dari gua gua EV
1% well
thanks