HARGA RUMAH TINGGI: Sulitnya Beli Rumah Cash (non-KPR)
usQlDW0WSBU • 2023-10-12
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
genzy itu bisa dibilang mungkin enggak
akan pernah bisa beli rumah seumur
hidupnya gua ngerti banget sih beli
properti di Indonesia itu bisa dibilang
harganya lumayan mahal Ditambah lagi
dengan gaji genzy yang pas-pasan dan ya
susah nabung lah dan akhirnya ini pun
bikin ya banyak influencer yang gua
lihat beberapa videonya bilang bahwa Oh
sewa ternyata lebih untung daripada beli
rumah Which makes sense gitu ya gua juga
selain gua beli rumah sekarang juga gua
tinggal di rumah sewa sebetulnya dan
harga Rah di Indonesia tuh saking gak
make sensnya itu bisa segede gini sih
JAdi misal nih rumah di Pondok Indah itu
kan harganya tuh 60 juta per me cuy
corre me if wrong lah itu kan berarti
kalau kita pengin punya rumah 100 me
Kita kan harus punya 6 miliar dan
Bayangin nih ya sebagai genzi-genzi
dengan gaji UMR Jakarta yang R juta itu
untuk mencapai 6 miliar itu itu Lu butuh
12 bulan untuk melunaskan semua
cicilannya dan itu Punak kan gitu ya lu
enggak makan cuy gitu ya kan mending
rakit PC gitu kan Makanya banyak orang
yang bilang kayak gitu
sekarang Tapi sebenarnya ya buat orang
yang gue termasuk Pro nih beli rumah dan
gue juga tadi bilang kan gua juga
sekarang lagi beli rumah sebenarnya
Genzi itu bisa beli rumah dengan modal
finansial yang baik terutama dengan
caranya nabung dengan baik Nah makanya
kali ini gua bakal ngejelasin Gimana
caranya Genzi bisa beli rumah dengan
pengaturan finansial yang Oke selamat
datang di psychology of Finance di mana
kita bakal sharing tentang
masalah-masalah psikologi Dari
aspek-aspek finance Supaya apa supaya lu
bisa menyelesaikan berbagai macam
masalah finansial dalam hidup lu dengan
lebih
[Musik]
baik Coba pertama-tama gua mau nanya ke
lu semua lu sebagai gensi nih ya
tabungan lu tuh ada berapa sih kalau
kata survei ini sangat membagongkan
banget ya rata-rata Orang Indonesia itu
cuma punya tabungan 2,5 juta dan ini
sebenarnya cukup ironis ya padahal kalau
lu mau punya dana darurat aja yang cukup
itu tuh kan minimal 3 bulan gaji ya atau
3 bulan pengeluaran yang artinya ya
mungkin sekitar 12 sampai R juta lah ya
bahkan lebih ideal lagi harusnya 6 kali
bahkan 12 kali pengeluaran bulanan kalau
lu punya anak dan istri gitu loh tapi
kita sama-sama tahulah kalau pengeluaran
Genzi itu sebetulnya ya banyak ya
Meskipun banyak juga sih yang kayak
kurang penting lah beli kopi Rp80.000
harus beli tiket konser healing juga ke
Bali chvespa matic gitu kan atau lu
sesimpel ya ng-vape gitu ya jajan Liquid
dan lain sebagainya Nah karena kalau lu
enggak bisa ngelangkapin itu ya gimana
lu bisa masuk ke skena kan gitu
konsultasi skena konsultasi skena Mas
mau konsultasi skena gitu kan belum lagi
kalau lu udah nge-vap lu masih ngerokok
juga gitu kan lu jadi tambahan duit
belum partti-party belum lagi sekarang
juga Genzi bukan hanya dihantui oleh
masalah finansial tapi juga masalah
kesehatan mental karena kita kan
sekarang makin aware belum Lagi Dunia
makin ribetlah hidup akhirnya ya kita
bisa memaklumi lah kalau misalnya banyak
Genzi itu akhirnya jadi healing terus
gitu dan banyak juga yang akhirnya Pergi
ke psikolog yang kita tahulah psikolog
juga sebetulnya enggak bisa dibilang
murah banget ya gitu jadi ya udah orang
akhirnya banyak yang enggak ngetreat
masalah mentalnya milih buat nkrong
milih buat healing akhirnya enggak
beres-beres Masalahnya gimana mau nabung
tuh pertanyaannya ya kan nah padahal nah
padahal nih ya ironisnya adalah sekarang
tuh kita hidup di zaman internet guys di
mana literasi keuangan tuh sebetulnya
Gampang sekali untuk diakses tapi banyak
aja sebenarnya yang belum aware atau
memang belum pernah nonton konten-konten
finansial kayak di segmen psychologio of
Finance
ini menariknya adalah cara pertama yang
biasanya nya jenzy lakukan untuk bisa
beli rumah atau Beli jajanan lah gitu ya
itu adalah slot guys judi online gitu
Itu bukan cara Beneran ya guys gu Cara
yang pertama itu cara beneran yang
pertama sebetulnya ini adalah tips yang
pertama yang menurut gua penting supaya
lu bisa membeli rumah adalah lu mesti
tahu nih trik-trik tentang uang yang
enggak pernah mungkin diajarin di
sekolah salah satunya adalah yang
namanya leverage Nah leverage itu apa
sih leverage itu adalah menggunakan
kredit atau pinjaman untuk membesarkan
aset lu misal lu punya duit rp00 juta
beli rumah jangan saran gua sih jangan
kenapa Jangan nah biasanya kan Geni
langsung DP rumah DP mobil danin
sebagainya jangan dulu cuy apa yang
harus lu lakuin contohnya misal lu
investasiin tuh di reks dana R jutanya
lalu Lu ngapain nah lu bisa apply kredit
tapi kreditnya harus di bawah batas
normal misalnya batas normalnya 30% lah
Dari aset ya 30% dari R juta berarti R
juta lu bisa ngajuin tuh terus kredit
itu jadi apa itu namanya adalah leverage
karena kredit itu bisa digunakan untuk
membeli aset yang lu mau nah duit R juta
itu lu pakai apa lu Cicil tuh misalnya
Vespa matic lah apah gitu kan Nah jadi
dengan uang R juta lu bisa apply tuh
kredit ke bank-bank misalnya ke blueby
BCA gitu ya Sambil investasin juga
direka dananya di sana terus Ya udah
jangan dipakai semua dulu lu bikin itu
jadi berkali-kali lipat lebih gede dulu
Nah di sinilah lu menggunakan leverage
karena lu utang lu pakai tuh utang atau
kredit lu pakai buat beli barang yang lu
mau nah tapi jangan lupa batasan utang
asetnya itu itu 30% nah menariknya utang
Tuh kan ada bunga kredit tuh kan ada
bunga tapi kan reksada juga ada
keuntungan guys nah jangan lupa tuh jadi
R jutanya tetap lu invest R juta yang lu
kredit itu lu beliin yang lain Lu
cicilah sesuatu gitu kan dengan duit R3
juta itu terus kan ada bunganya nih
untuk nyicil atau untuk balikin duitnya
nah bunganya lu bayar pakai interest
rate dari reks dana atau misalnya lu
bayar pakai keuntungan investasi lu Cuan
gak tuh jadi kredit ini enggak
menghabiskan duit lu justru kredit ini
malah memantapkan lagi duit lu duit lu
Jadi utuh buat bunga tuh gak kegerus
gitu ya bedal dengan lu kalau misalnya
punya duit R juta pinjol R juta udah
gila sih itu ya apalagi pinjolnya
ternyata enggak resmi juga W gila sih lu
bisa dikejar-kejar bahkan video-video di
HP Lu bisa kesebar lah terus e orang tua
lu mungkin diteror nanti sama e Dep
collector yang kurang bertanggung jawab
gitu ya itu yang enggak resmi biasa
kayak gitu tuh yang biasanya oleh
genzi-genzi yang tidak punya literasi
keuangan Makanya jangan lupa leverage ya
Nah yang kedua nah ini menurut gua
penting juga jangan lupa untuk track
spending lu nah ini yang gua suka dari
bank digital nah bank digital itu bukan
cuma banyak diskonnya ini juga bisa
mempermudah lu bank digital itu untuk
mengelola keuangan gu karena apa Karena
kalau lu bayar pakai ini itu langsung
kecat catat langsung ada tuh ee apa
statistik dan lain sebagainya Nah ini
bisa memudahkan lu untuk ya
ngatur-ngatur duit lu mau ke mana Jadi
pas gajian nah saran gua lu taruh tuh
atur dengan baik nah ini tips yang
ketiga Sebenarnya ya Jangan lupa Sebelum
spending jangan lupa atur duit tabungan
nabung itu di awal jangan di akhir ya
maksudnya di awal gimana Jadi pas gajian
langsung taruh ke savings account
langsung taruh di reksa dana langsung
taruh di deposito atau di Manap pun itu
ya itu bakal makin Mantap tuh jadi duit
lu enggak akan keluar karena hal enggak
jelas karena udah ya udah udah lu
investasiin terus jangan lupa lakuin
semua ini secara rutin sisihkan
investment lu penghasilan sebulan terus
sisihkan seikan persen untuk invest dan
jangan lupa terus dengan lu naik gaji
tingkatin saving rate lu saving rate lu
lu tingkatin terus sampai akhirnya nanti
saving rate lu gaji lu Rp100 juta saving
rate lu Rp0 juta Karena pengeluarannya
tetap segitu gitu ya dan dengan aset
yang menggunung ini nanti bisa jadi
sampai 1 M ya guys Amin ya sampai 1 M 3
M 5 m 6 m bahkan 10 m ya gitu apa yang
harus lu lakuin bisa tuh lu beli rumah
kredit rugi enggak nanti beli rumah
kagak kenapa karena dengan investmen
segitu itu bunganya bisa lu bayar dari
return investasi empat pelajaran tadi
itu bisa ngasih lu ternyata Ya udah itu
lu bisa beli rumah tuh ternyata of
course engak ada yang instan ya semuanya
tentu harus pakai usaha kita bukan main
ilmu hitam Guys kita bukan main ee apa
judi dan lain sebagainya yang instan
gitu semua nya pasti butuh
usaha so rahasia belajar Finance dengan
cepat apa Nah saran gua lu ikut kayak
semacam ya bootcamp dalam tandah kutip
lah atau pembelajaran yang terstruktur
salah satunya adalah blue Academy yang
tadi udah gua spill nah di Blue Academy
ini bakalan ada financial education dan
literacy program gitu ya Ini adalah
program untuk ningkatin pengetahuan
untuk ngaplikasiin pemahaman tentang
konsep dan resiko keterampilan juga
supaya lu bisa bikin keputusan yang
efektif dalam konteks finansial supaya
lu bisa makin Sejahtera nah buat lu yang
pengen join kelas ini lu tuh bisa dapat
program ini selama sebulan cukup dengan
harga Rp350.000 aja jadi ini harga
kelasnya tuh Rp350.000 dalam sebulan
tapi nah ini spesial buat sobat blue
alias buat teman-teman yang sudah
mendaftar di Blue guys itu jadinya free
Jadi kalau lu misalnya belum Daftar blue
itu lu harus daftar blue Oke syarat dan
ketentuan berlaku silakan cek di di
description box Oke dan ini menurut gua
ini worth it banget ya silakan
teman-teman ikut aja apalagi yang udah
jadi sobat blue alias sudah punya
akunnya jadi kayak lu bakal diajarin nih
konsep-konsep penting tentang dunia
keuangan yang menarik banget mulai dari
strategi Gimana caranya ngoptimalin
keuangan tips dan trik buat maksimalin
potensi keuangan lu dan yang pasti
program ini itu enggak cuma sekedar
teori doang tapi nanti bakal ada
penerapan langsung ya Kayak misalnya lu
nabung ada challenge-nya dan nanti kalau
lu ngikutin challenge-nya dengan baik
ada macam-macam reward-nya kayak
misalnya voucher belanja merchandise
sampai bahkan ada kartu Flash Special
Edition dari blue yang menurut gua oke
banget nih gitu ya jadi menurut gua ini
program recommended banget Jadi silakan
diikuti aja oke nah Ini program Ini
bakal berjalan kurang lebih setahun dan
nanti 1% bakal kolaborasi ya sama blue
Academy so Ya silakan ya langsung daftar
aja di Link yang sudah gua taruh di
bawah ini ya dan buat teman-teman yang
mau nyoba nabung dan lain sebagainya ya
Gua yakin lu pasti sering lah ya pas
nonton bioskop dan lain sebagainya lihat
iklan fitur-fiturnya blue itu langsung
download aja saran gua karena ini
aplikasi yang cocok banget buat anak
muda buat Geni milenial banyak banget
fiturnya bisa buka rekening cuma pakai
video call engak perlu ke cabang bisa
program auto saving buat yang gajiannya
belum bisa dikontrol gitu ya Bisa
patungan nabung bareng teman-teman promo
menarik banyak banget Gua juga sering
pakai gua pakai buat nonton bioskop By
the way guys intinya dengan blue kita
bisa nabung dan kelola duit dengan lebih
baik gitu ya cek informasi selengkapnya
di PIN komen dan di deskripsi E dan
semoga video ini bisa jadi pelajaran
berharga Buat lu lagi-lagi gua f% well
thanks
y
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:45 UTC
Categories
Manage