Transcript
kpiNi424LdU • Cara Investasi Orang Kaya (Konglomerat)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0690_kpiNi424LdU.txt
Kind: captions Language: id Siapa sih yang tidak pengen jadi seorang konglomerat ya Siapa yang tidak pengen menjadi kaya 7 turunan ya kita semua pasti pengen kaya punya tanah banyak gitu ya punya kos-kosan 5000 pintu dan bisa pergi kemana saja bisa beli apa saja tanpa harus mikirin duit realitanya gitu ya Meskipun banyak yang percaya bahwa kita bisa berubah karena mindset Nah ini lagi-lagi apa betul mindset sayangnya ya Banyak orang yang akan tetap miskin sampai akhir hayatnya gitu karena ya pertama mindsetnya susah diubah dan yang kedua mereka tidak belajar literasi keuangan nah banyak yang orang sering Miss itu adalah Gimana nih cara orang kaya ini menginvestasikan uang supaya bisa bertambah terus Memangnya seperti apa sih mereka-mereka ini terutama konglomerat ini berinvestasi Selamat datang di cycloge Finance di mana kita bakal bahas tentang aspek psikologis dari perilaku finansial supaya elu semua perilaku finansialnya bisa makin oke dan stay tune sampai habis karena gua bakal ngebahas banyak banget instrumen investasi gua bakal bahas lumayan lengkap di video kali ini beda dengan video-video gua sebelumnya jadi stay tune please ya sampai habis Biar lo belajar instrumen investasinya tuh ada apa aja yang Oke dan Gimana cara investasinya Oke stay tune dan please tonton sampai habis ya [Musik] Oke pertama kita semua harus tahu bahwa tidak semua orang itu punya privilege yang sama guys jadi ada yang lahir dari keluarga konglomerat dan karena punya banyak uang akhirnya ya bisa invest dengan ya lebih banyak modal dan dengan hairis dan yang kita semua tahu prinsip finansial yang dari dulu sampai sekarang tetep ada adalah Yaris adalah air itu Jadi gimana sih para konglo ini berinvestasi well Kalau ngomongin soal konglo kita berbicara soal uhnw di mana Kalau misalnya kita lihat dari tingkatannya mungkin tingkatan lo adalah di paling bawah terus nanti ada naik ke atas naik ke atas ada h&w high Network individuals terus habis itu di atasnya adalah para konglo-konglo alias 10 h&w ya Uh itu gimana sih cara investmentnya pertama kita perlu tahu dulu preview mereka adalah case guys ya jadi banyak banget ini yang menyimpan case sangat banyak Ya lu ketika lu pinter investasi dan lo punya duit banyak lu tinggal invest aja di sesuatu yang naik Kayak misalnya ketika covid yang bakal naik adalah apa ya rumah sakit dong yang kedua ini juga biasanya suka invest di bisnis ya terutama di yang namanya adalah saham nah biasanya para ya orang terkaya di dunia yang tercatat ya guys yang tercatat kalau yang tidak tercatat misalnya seperti Pablo Escobar dan sebagainya mungkin beda investmentnya diforce itu kalau lu lihat itu kebanyakan rata-rata mereka tuh lebih dari 20% tuh buat saham jadi saham ini sangat direkomendasikan dan biasanya juga sahamnya macam-macam ya bukan hanya dari satu negara tapi juga dari berbagai macam negara yang ketiga gitu ya yang ketiga juga kena biasanya konglo-konglo ini mereka kan suka spending-nya tuh ya mungkin agak random ya dibandingkan orang-orang normal kayak misalnya yang mereka suka ikut lelang karya seni lah mereka beli jamnya jam Rolex lah patek Philips lah dan lain sebagainya gitu mereka tuh hobinya di barang-barang mahal yang menariknya adalah barang-barang mahal ini juga ternyata itu bisa jadi alat investasi nah Biasanya kalau ini itu biasanya invest di properti guys wong lo juga menariknya adalah mereka banyak invest di hal-hal yang high race juga nah karena mereka sudah kaya mereka kan tinggal ya sudah titipkan duitnya ke yang namanya yang investment manager manager inve nanti dapat duit fee sekaligus juga dapat persentase ketika naik Nah itu adalah investasi para-para konglot nah menariknya konglo ini juga bisa jadi diuntungkan ketika ada yang namanya insider info Gua pernah nonton salah satu video tentang Kenapa sih para politikus itu bisa kayak banget ya bisa jadi karena invest saham obligasi or something dengan inside info Gila ya lu bayangin berapa persen itu bisa Cuan nah sekarang itu adalah investasi ala komlo nah masalahnya kita kan orang biasa gitu ya gua sendiri adalah orang biasa guys di sini dan kalau orang biasa terus gimana brand investasinya well ya kalau orang biasa ya biasanya berinvestasi mereka ya pakai namanya analisa gitu ya jadi kita sendiri sebagai orang biasa Biasanya kita lebih hati-hati terhadap Resiko yang mana Wajar dong jadi invest-nya banyak di akses yang lebih aman jangan lupa duitnya banyak juga nih orang-orang biasa yang kayak juga dari investasi yang hiris nah tapi yang jelas kita perlu belajar yang namanya literasi keuangan sebagai orang biasa gitu makanya setelah ini gua bakal kasih tahu apa yang harus diperhatikan dan Aset investasi apa yang memang bisa lu perhatikan juga ya sebagai investor baru atau in vestor biasa lah dan tanda kutip investor baru gitu ya ini problematika yang sering terjadi adalah dua tadi sih ya kalau yang pertama kan tadi ke bawah Hype terus hangus yang kedua adalah lu nggak ngambil resiko atau lu nggak ngambil investasi yang high Ris misalnya padahal masih muda masih sehat duit masih banyak dan sebagainya makanya sebagai investor muda sebagai investor baru ini buat temen-temen ya yang ada di channel ini ada beberapa hal yang menurut gua harus lo perhatikan pertama ya jangan lupa perhatikan rasio keuangan Emang investor muda lebih enak taruhnya di hairis karena kita bisa nahan volatilitas alias bisa nahan naik turunnya instrumen investasi tapi jangan lupa jangan lupa Lu butuh dana darurat juga lo butuh tabungan Lu butuh ya berbagai macam pengeluaran lain investasi skill dan lain sebagainya Nah itu jangan lupa tuh yang kedua lu juga harus paham instrumen investasi pelajari baik-baik siap instrumen beserta dengan resikonya jangan asal masuk kalau bisa sih belajar dulu pakai uang yang benar-benar dingin yang misalnya lu spend kayak Ya udah sejuta dulu aja gitu kan misalnya di aplikasi tertentu Udah ya lu coba dulu sejuta lu coba dulu 2 juta 5 juta gitu saya tabungan lu 50 juta lu Taro itu 10% di sana yang ketiga manajemen emosi manajemen emosi Ini penting banget jadi atur emosi saat investasi Jangan mudah panik ketika harga turun karena harga turun belum tentu fundamentalnya juga turun Justru malah kadang-kadang lebih bagus lu invest lagi ketika harga turun atau ketika harga naik jangan buru-buru jual atau jangan buru-buru senang ya santai aja gitu kan dengan memperhatikan tiga hal ini investasi lo bakal jauh lebih aman dan menguntungkan Oke sebagai investor muda sebagai investor baru nih ya Genji milenial ini lu semua lu perlu paham bahwa ada beberapa instrumen investasi pertama emas Nah emas emas ini menurut gua cocok buat investor pemula buat siapapun sih sebenarnya Karena harganya seluruh stabil minim resiko dan cocok untuk tujuan investasi jangka pendek maupun panjang yang kedua ya yang masih resikonya relatif rendah meskipun enggak selalu rendah adalah Reksadana kenapa gua bilang gak selalu rendah karena Reksadana banyak tipenya guys ya tapi reksadana itu ya ibaratnya ya relatif rendah lah dibandingkan yang lain karena ini dikelola oleh Manager investasi profesional Jadi lu nggak perlu repot analisis atau apapun ya lu tinggal bahkan Kalau saran gua untuk beberapa Reksadana tertentu lu kayak bahkan udah enggak perlu lihat sih udah enggak perlu lihat udah langsung top up otomatis aja gitu tiap bulan Ya udah lu berapa juta tuh langsung taruh aja ke Reksadana pilihan nah itu yang resikonya cenderung relatif rendah nah sekarang yang kedua adalah investasi di instrumen yang resiko menengah hingga tinggi yang menengah hingga tinggi itu adalah saham ya Ini udah jelas Kenapa saham karena saham itu lumayan agak naik turun guys polaritasnya lumayan tinggi tapi saham itu menurut gua ini cocok banget untuk investor muda yang udah jago dalam ya menganalisis keuangan perusahaan sekaligus yang pengen belajar juga kenapa karena saham biasanya memang akan cenderung terus naik dalam jangka waktu panjang ya kecuali Ya tentu saham-saham tertentu Ya enggaklah dan investasi saham ini menurut gua oke banget karena lu bisa dapat bukan hanya kayak epitel game tapi juga lu bisa dapat dividen kalau misalnya harga sahamnya naik dan yang terakhir adalah crypto Nah ini crypto mungkin adalah salah satu bisa dibilang instrumen investasi yang resikonya cukup tinggi ini cocok banget buat orang yang ya sudah belajar dan juga pakai uang dingin di sini gitu dan potensi upside-nya gede banget apalagi ketika cryptocurrency ini nanti bakal dipakai sama banyak banget orang tapi memang kekurangannya adalah ya banyak banget ya tripto yang bisa naik dalam sekejap dan turunnya juga bisa sekejap gitu yang sama kayak Bitcoin sekarang juga lagi Nurun kalau buat lo yang Oh gua masih bingung Bang dan lain sebagainya lu bisa belajar-belajar dulu karena cukup full time pertanyaan terakhirnya adalah Jadi lu Mending invest Di mana guys gitu ya karena sekarang banyak banget platform investasi tapi kalau saran gua Kalau lo pengen aplikasi investasi yang semuanya ada itu lo bisa invest di peluang guys platform yang menurut gua salah satu yang sangat lengkap instrumennya mulai dari emas Reksadana saham us crypto Dan ini juga sudah diawasi oleh OJK oleh bappepti ya untuk masing-masing instrumennya jadi menurut gua bisa dibilang aman bukan seperti aplikasi investasi yang orang-orangnya pada dipenjara berapa tahun lalu gitu ya guys ini bisa dibilang relatif aman dan untuk masing-masing instrumen ini juga aman ya produk reksadana yang tersedia peluang itu dikelola oleh manajer investasi dan disimpan di bangku sosial jadi bukan disimpan di peluangnya yang kedua ya aset emas dan saham gitu yang dibeli oleh peluang Itu disimpan dengan aman karena udah sesuai sama yang undang-undang lagi-lagi karena sudah diawasi sama OJK sama mba Peppy gitu dan ini diawasi oleh lembaga kliring berjangka Indonesia gitu ya jadi ya lu jangan khawatir duit lo tiba-tiba di bawah kabur gitu ya saham Us gimana saham us yang dibeli lewat peluang aman juga ya karena ini juga lewat Jakarta future exchange dan ini udah diawasi juga oleh lembaga kliring berjangka Indonesia crypto gimana kripto juga sama itu juga lewat layanan kustodian dari firebox jadi dipisah di segregasi penuh ini udah ada kayak pihak ketiganya lagi gitu yang independen yang nyimpen aset nasabah dan kalau misalnya lu masih bingung fun ini banyak banget instrumen investasinya lu bisa nonton peluang Akademi biar lu bisa belajar dulu sebelum terjun investasi Nah itu dia ya cara investor konglomerat konglo-kong lu tadi di awal dan juga investor biasa benar-benar investasi dan itu juga adalah penjelasan dari berbagai macam instrumen yang menurut gua Lu harus pelajari semua gitu Silakan pelajari dulu aja instrumen investasinya pahami resikonya dan mulai dari resiko yang rendah ya kalau memang lu masih belajar dan jangan lupa investasi uang lo di tempat yang aman ya yang aman bukan karena homo bukan karena iseng gitu Silakan ya kalau misalnya perlu bisa juga sih diskusiin dulu sama orang tua lu gitu ya kalau misalnya lu memang masih Duitnya dari Mami Papi gitu ya baru 17 tahun misalnya atau konsultan keuangan bisa 100% juga ada by the 100%.net kita ada financial planner sebelum memutuskan investasi apa yang tepat buat dulu sekian video dari gua semoga bermanfaat gue Advance 1% well next