Kind: captions Language: id ini adalah pertanyaan 1 juta dolar guys gitu ya Bisa enggak sih kita itu jomblo sampai tua tapi tetap bahagia meskipun kita sampai meninggal kita jomblo Menurut lo gimana gue yakin banyak sih ya orang-orang di zaman sekarang yang mulai kepikiran sama hal kayak gini Kayak apalagi jomblo dari lahir gitu udah pasti lu mungkin sekarang tuh overthinking tapi di sini gua pengen coba ngejawab pertanyaan itu ya Apakah Jomblo itu bisa bahagia selamanya Selamat datang di segmen dating series di mana kita bakal mengupas banyak hal tentang relationship dari dating tentunya dengan berbagai macam perspektif terutama persektif psikologi stay tune sampai habis biar lu tahu tentang Jawaban dari pertanyaan 1 juta dolar [Musik] tadi buat lu yang jomblo dari lahir ee gua enggak bisa bilang bahwa Gua ngerti 100% perasaan lu semua tapi ee dengan banyaknya teman gua yang jomblo ngenes gitu ya gua juga bisa dibilang ngerti sih dengan ee banyak perasaan lu semua gitu ya yang lu jomblo dari lahir gu contoh ya teman gua ada namanya si a Dah nih ya si a ini orangnya tuh introvert banget dia lebih suka main game nonton anime ya tipikal wibu-wibu nolab gitu lah ya ya gitu no offense buat teman-teman karena gua juga wibu gitu ya orangnya itu lebih suka diam di kamar tanpa disadari sekarang dia udah ya umurnya udah 25 26 27 juga ada bahkan teman gua ya E dan sampai sekarang dia masih jomblo belum pernah Pacaran itu wajar banget ggak sih Ya karena ya lu bisa dibilang Dam tanda kutip ansos lah kan dan lama-lama si teman gua ini yang memang ya kerjaanya main game gitu-gitu mulai kepikiran Aduh gua apakah gua bakal jomblo selamanya ya Ada enggak sih yang mau nikah sama gua dan pokoknya berbagai pertanyaan-pertanyaan Jomblo Ngenes Nah gua sendiri jujur ya kalau dibilang Apakah Lu lebih baik jomblo atau punya pasangan gue sebagai lulusan psikologi yang gua mempelajari berbagai macam teori gitu guys Itu sudah pasti gua akan mengendorse ya mendingan punya pasangan cuy gitu Kenapa karena pertama ada yang namanya psikologi perkembangan dan ya gen kita belum berubahlah dari 10.000 tahun yang lalu lah dan kita pasti ngelihat Sor itu Say ya Misalnya ngelihat cewek atau cowok cakep ya pasti kita ada hasratlah di dalam diri kita untuk bereproduksi kan guys gitu ya itu satu gitu namanya genetik namanya Psikologi Perkembangan itu belum berubah sampai sekarang gitu ya dan ternyata kalau kita lihat dari riset terpanjang di umat manusia gitu ya tentang happiness Eh kalau lu sempat lihat tedx tetx bukan tedx e yang ngomongin orang tuh yang happy yang kayak gimana itu penelitinya bilang profesornya bilang bahwa but over and over over these 75 Years our study has shown that the people who faired the best were the people who leaned into relationships with family with friends with community tapi in tapi dengan kita bisa ngelihat ya perkembangan Ai semakin canggih Udah ada robot seks dan lain sebagainya gitu ya terus kondisi teman-teman gua juga yang jomblo dari lahir yang gua lihat kayak Aduh udah ngbumble udah ke mana-mana tapi susah gua gua pun akhirnya mulai berpikiran sebaliknya gua mulai melihat bahwa ada opsi nih bahwa orang-orang kayak gini itu ternyata bisa jomblo dan bahagia jadi gua mulai ngelihat hidup jomblo ini sebagai salah satu opsi yang cukup menarik Kita lihat di part 2 ya e jadi gini kalau misalnya lu lahir di tanggal lahir yang sama kayak gua gitu ya di tahun 90-an Lu pasti pernah dengar jokes kayak gini lah kalau misalnya E ketemu guru atau dosen yang galak dan ini sebenarnya jahat banget si joknya jadi kalau ada dosen atau guru suka marah-marah pasti sering digosipin Ah itu mah paling dosennya stres gara-gara perawan tua atau enggak punya suami enggak punya anak gitu itu e salah satu hal yang menurut gua cukup menyedihkan sih karena kayak gua juga sampai sekarang kan belum punya anak dan gua belum nyoba sih untuk punya anak tapi gua takut Sebenarnya gua takut bahwa gua ggak bisa untuk punya anak dan ada benarnya kalau lu enggak bisa punya anak Sampai usia yang sangat tua atau lu enggak punya pasangan lu mungkin bakal atau gua mungkin ya gua sebagai orang gua mungkin akan jauh lebih grampi gua belum lihat risetnya tapi ada pol l yang kita lihat atau stereotype yang masyarakat bisa lihat dan terjadinya seperti itu kalau ada riset yang M buuktikan sebaliknya boleh sih coba taruh di comment section tapi ternyata sekarang kita bisa ngelihat ternyata banyak orang yang tidak seperti itu enggak punya anak tapi ya udah biasa aja enggak punya pasangan juga ya udah biasa aja gitu bahkan ada orang yang suka gonta ganti pasangan juga ya udah biasa aja banyak juga yang akhirnya memilih alternatif lain seperti akhirnya punya kucing ya punya anjing gitu punya peliharaan terus biasa aja G tasf juga yang chat free banget kan gua lihat happy-happy aja gitu gua engak tahu sih ya belakangnya kayak gimana dan gua kayak Kalau orang bisa nyaman-nyaman aja ya udah gitu kan Ya udah let people live their Life lah Kita enggak usah banyak protes gitu kan dan kita juga ngelihat tren ini di negara-negara maju gitu Jepang China yang sekarang kesusul sama India kan sebagai penduduk terbesar di dunia itu populasinya berkurang guys karena apa Karena orang lebih milih kerja gitu dan e jujur gua juga Sekarang gua udah nikah tapi gua lebih memilih menikmati pekerjaan Gua lebih memilih traveling Gua lebih memilih untuk spend duit di hal-hal yang lain daripada gua punya anak Padahal kalau dibilang gua mampu atau enggak punya anak gua masih belum PD tapi kayaknya sih mampu dibandingkan banyak orang di Indonesia ya kalau gua boleh berpendapat Nah jadi ya kita bisa Lihatlah di berbagai negara yang maju orang lebih milik kerja karena dan kualitas hidup juga meningkatkan gerakan CH free juga makin marak dan di-endorse oleh banyak influencer dan sekarang memang banyak sih yang depresi ya gitu apalagi di China juga ada istilah kalau lu udah umur 35 berarti hidup lu udah berakhir karena lu pertama susah nyari kerja lu susah nyari pasangan lu enggak punya duit lu up lu depresi sekali lagi pertanyaannya adalah Can we be happy Nah gua bakal bahas di part 3 sebenarnya gini kalau kita lihat hidup kesepian tuh depresi depresif atau enggak sih kayak toksic atau enggak sih hidup sendiri itu bahaya atau enggak sih gitu Sebetulnya kita bisa ngelihat angka kesepian dan depresi itu meningkat dan kita justru ngelihat ini juga di orang yang berpasangan guys Jadi kesepian tuu meningkat bukan hanya di orang yang tidak punya pasangan tapi juga yang punya pasangan jadi ternyata ini bukan masalah kuantitas bukan masalah lu punya pasangan berapa bukan masalah lu punya pasangan atau tidak tapi justru Ini masalah kualitas guys Jadi bisa enggak jomblo tapi tetap bahagia bisa yang penting lu punya banyak hubungan yang berkualitas meskipun itu bukan e Romansa sekarang tuh banyak faktor-faktor lain yang ternyata berpengaruh pada depresi dan kesepian gitu ya Ini gua sebutin nih Kayak misalnya financial stability pekerjaannya fulfilling atau enggak punya teman enggak sering nongkrong enggak punya aktivitas sosial enggak jadi meskipun single kalau misalnya lu punya berbagai hal tadi ya lu kayak Leonardo de caprio deh gitu lu single tapi kayak lu bisa nge-date sama siapa aja lu bisa pilih gitu lu bisa ngapa-ngapain aja gitu Kayaknya biasa-biasa aja sih gitu resiko depresi tetap lebih rendah daripada yang e enggak punya duit enggak punya Wah enggak punya semua hal yang gua sebutin tadi Jadi intinya bukan masalah lu punya pasangan atau enggak tapi justru lebih ke kualitas hidup lu kedua Apakah memang benar orang single bisa bahagia well lagi-lagi jawabannya enggak Hitam Putih lagi ada banyak orang single di luar sana yang bisa menikmati kesendirian Bahkan mereka yang mungkin ternyata butuh sendiri karena Wow udah lama banget di Toxic relationship dan lain sebagainya jadi basically kontekstual sih ternyata kebagian orang orang itu ditentukan oleh dua hal dua hal itu apa pertama adalah penerimaan diri gitu Jadi lu bisa menerima diri lu sendiri apa adanya dan juga harga diri alias selfesem gitu jadi selama lu PD selama lu bisa menerima diri lu selama lu enggak galau nih ya bahwa lu jomblo lu galau itu seharusnya aman lu bisa tetap happy sih gu kalau lu bisa mempertahankan kondisi itu sampai lu tua nanti sampai lu meninggal nanti so intinya kebahagiaan tuh relatif buat semua orang tapi lagi-lagi gua punya tips sih buat lu yang memang anggapannya lu adalah Jomblo Ngenes gitu jomblo yang beneran jomblo dari lahir beneran yang kayak ngarep Aduh gua pengen nikah dan lain sebagainya Nah gua punya tips buat lu sekarang ya upgrade diri Cuy Gua punya teman yang jomblo terus itu menurut gua simpel Alasannya karena dia gak mau dan malas upgrade diri gitu ke mana-mana malas terus e disuruh nyoba hal baru ah engak mau gitu mendingan gua main game aja ee disuruh nyoba apa susah gitu Ya mendingan di kamar aja gitu kan Nah itu menurut gua adalah hal yang menghambat sih orang-orang untuk ya punya pasangan gitu gimana mau punya pasangan kalau lu diajak ngobrol tentang Barbie openheimer aja lu hahaho gitu kan susah gitu loh jadi Ya udah fokus aja kembangin diri hidup tuh ya memang kompetitif sih ya hidup tuh bisa dibilang kompetisi tapi di lain sisi juga e sebenarnya ini bukan kompetisi ini Justru lebih ke Gimana caranya lu an rasa malas lu bisa melawan ya diri lu sendiri yang selalu ada di zona nyaman itu manfaatinlah waktu luang lu ya traveling lah ke tempat yang lu pengen kunjungi foto-foto coba ikut volunteer meskipun lu gak kenal sama siapapun coba ikut intern di tempat yang lu gak nyaman coba Wah ambil kelas online ambil webinar coba ikut coaching gitu ya itu kayak literally banyak banget hal yang bisa lu lakuin biar lu bisa berkembang intinya pakah waktu luang Lu buat self development jangan cuma diam di kamar jangan ngobrolin tuh hal yang orang-orang tuh kagak ngarti gitu loh tips yang kedua saran gua sih lu mendingan tetap cari-cari guys tetap cari-cari pasangan Tapi santai aja maksudnya gimana Lu kalau enggak punya tinder lu tetap pakai tinder lu daftar dan pakai Kenapa karena siapa tahu ada yang nge-swipe El Coba luangin dah waktu setengah jam sehari biar lu bisa belajar gitu kira-kira profile apa yang cocok kira-kira bio Lu harus di-improve di mananya nya kira-kira foto lu kayak gimana sekali-kalah santai-santai aja kalau ada orang ngjak nge-date gitu ya misalnya lu pengin nonton lu ajak cewek atau cowok k gitu ya karena dengan lu terbiasa nih dengan perempuan dengan laki-laki e dengan lu terbiasa Ngobrol lu jadi lebih santui dan dengan Lu lebih santui lu bakal kelihatan jauh lebih pde itu bedalah dengan orang yang dikit-dikit ngarep dikit-dikit kayak em ngasih segalanya gitu kan dikit-dikit ngasih hadiah dan lain sebagainya Wah itu mah terlalu nidi guys Gua tuh kemarin ngobrol juga sih sama teman gua gitu ya Ee Kita tuh sempat ngobrolin saat bikin scrip ini sebenarnya lebih baik punya pasangan tapi Toxic atau lebih baik jomblo tapi Happy dan jawabannya adalah lebih baik jomblo tapi happy Gitu ya Jadi ya syukuri aja sih kalau memang lu jomblo terus lu baru keluar dari Toxic relationship atau lu kayak Ternyata enggak jadi gitu pacaran sama orang yang suka selingkuh atau enggak sopan atau apalah gitu itu kayaknya patut lu syukuri juga sih keadaan lu sekarang dan yang terakhir ini penting banget karena setiap manusia butuh koneksi Jangan lupa untuk tetap punya teman Please jangan nolab banget lah minimal teman online dah gitu Ya intinya sih menurut gua e penting banget untuk gabung komunitas di video ini sponsornya adalah siapa ini ada komunitas 1% gitu ya Jadi saran gua sih buat lu yang nolab salah satu cara paling gampang untuk ya dapetin pacar dapetin teman dapetin segala hal termasuk passion sih itu adalah dengan ikut komunitas dan Kalau lu suka dengan video-video 1% saran gua lu ikut komunitas 1% gitu makanya kayak lu Isi form ini ya yang ada di link di sini E atau di deskripsi lu tinggal klik lu langsung join tuh nah ini kita e Lagi coba ngetes ada enggak nih yang tertarik untuk join komunitas 1% jawabannya pasti ada sih ya karena masih jalan sampai sekarang dan kalau bo jujur komunitas 1% ini selama ini masih jalan itu enggak delete sama 1% gitu ya jadi ini adalah pure keinginan dari para anak-anaknya ya dan Kalau boleh jujur setelah 3 tahun dari tahun 2020 komentar 1% ini jalan terus Akhirnya gua sempat mikir Anjir ini udah ribuan followers udah ratusan member udah berbatch-batch bahkan sampai batch gua gak tahu tapi yang jelas e ini udah batch-nya udah banyak banget Dan akhirnya kita memutuskan untuk Oke 1% bakal nerusin komunitas 1% diurus oleh e tim 1% dan ini sejak e pas gua nge-record video Ini kita lagi ngurusin pembentukan Yayasan untuk komunitas 1% jadi buat lu yang nolab yang jomblo yang ambis yang apapunlah pokoknya yang ada keinginan untuk berkarya lebih lanjut silakan ke komental 1% isi formulirnya sekarang lewat interaksi sosial kayak gini tu lu bisa dapat banyak dukungan ya kita juga sempat nge-post ya tentang hiki komori Jangan hiki komori coba cari kegiatan salah satunya adalah dengan ikut komunitas 1% gratis bahkan kita lagi nyari-nyari sponsor sekarang itu ee dan kita juga udah nyiapin budget buat teman-teman dari komunas 1% udah pasti lu kalau ke sini lu dapat free products Semoga kita cepat-cepat dapat sponsor atau brand yang mau Deal sama kita nih untuk bikin komuntitas 1% biar teman-teman nanti siapa tahu kan masuk dapat produk yang bermanfaat buat kuliah buat berkarya so gitu ya penjelasan gua di video ini Ya intinya lu bisa aja tetap single dan bahagia tapi jangan nolab bangetlah jadi tetaplah single tetaplah bahagia kalau misalnya memang lu e nyaman dengan itu tapi jangan lupa juga tetap cari-cari Kesempatan Dalam kesempitan gitu Ya siapa tahu jodoh lu ternyata ada di depan mata lu tapi ternyata lu tidak pernah melihat dia gitu ya John Sena dong ya Oke ya gua fan 100% well thanks