Transcript
sPbADTfwzwQ • GURU DI INDONESIA GAK DIHARGAI! Ini Alasannya...
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0676_sPbADTfwzwQ.txt
Kind: captions
Language: id
[Musik]
Apakah kompetensi guru memang di bawah
rata-rata Kenapa guru-guru di Indonesia
digaji dengan sangat murah
karena nggak punya kompetensi Kenapa
nggak punya kompetensi karena gak
dilatih untuk memiliki kompetensi
kompetensi pedagogik itu gak pernah
dibahas sama sekali kalau ada seorang
pilot jadi guru bisa nggak bisa Bisa
nggak guru jadi pilot gak bisa karena
apa Karena pilot memiliki kompetensi
guru tidak Oke selamat datang di segmen
jurnal investigasi dimana gua bakal
menginspirasi fenomena sosial yang ramai
di media sosial ya secara mendalam
supaya lo bisa mendapatkan pelajaran
penting dari isu-isu sosial dan fenomena
tersebut di video kali ini kita bakal
diskusi tentang guru Kenapa mereka
Gajinya sangat rendah dan Kenapa mereka
sangat tidak dihargai meskipun
sebenarnya pekerjaannya sangat mulia
station di video kali ini Biar lo bisa
dapat keseluruhan insightnya oke
[Musik]
Oke simple ya simple question kenapa sih
gaji guru itu rendah apalagi kalau
dibandingin sama artis influencer gitu
yang menurut kita kerjanya kayak nggak
penting bahkan kadang-kadang handphone
itu cuma joget-joget doang cuma
joget-joget doang foto-foto doang eh kok
bisa dapat duit sementara guru kan
adalah pekerjaan yang mulia pekerjaan
yang sangat sosial sangat bersahajalah
tapi kenapa gaji mereka bisa di bawah
UMR gitu ya bisa sangat di bawah
sementara
influencer-influencer yang joget-joget
itu bisa mendapatkan puluhan juta bahkan
ratusan juta setiap bulannya gue coba
kasih bahan diskusi ya Sebenarnya gua
udah tahu sih kenapa gaji guru tuh
rendah menurut gua gaji guru itu rendah
sebenarnya simpel kita pakai konsep
supply dan demand nah supply dan demand
gua alami sekali lagi ya supply dan
demand lu mungkin pernah ngelihat kurva
kayak gini nih pas di sekolah yang
ngegambarin bahwa supply dan demand ini
akan ngaruh harga barang semakin tinggi
supplynya Kayak misalnya semakin tinggi
suplai kacang goreng gitu ya semakin
murah Karena kan ngapain harganya mahal
tapi semakin rendah supplynya Kayak
misalnya emas atau apapun lah yang
terbatas semakin mahal ya tas LV lah Mas
dan lain sebagainya yang terbatas Tuh
mahal Nah kalau ngomongin tentang supply
dan demand guru yang digaji rendah itu
basic lihat karena apa simple karena
supplynya kebanyakan gitu kan dan
demandnya gitu ya demandnya itu biasa
aja gitu kan supplynya Kebanyakan karena
apa Guru itu banyak banget cuy Nanti gua
ngomongin ya tentang jumlah guru di
Indonesia ada berapa tapi ada jutaan dan
semua orang juga bisa jadi guru kayak Ya
udah siapa yang mau jadi guru ya lu bisa
tapi enggak semua orang kan bisa jadi
influencer jadi dokter dan lain
sebagainya makanya ya Beberapa pekerjaan
yang orang itu jarang yang bisa Biasanya
gajinya gede tapi yang semua orang bisa
ke sana barrier to entry-nya rendah
supply-nya akhirnya biasanya kebanyakan
jadinya gajinya rendah juga itu bahkan
ya kalau ngomongin demand juga main guru
tuh sebenarnya kan ya orang pasti akan
sekolah nggak sih Tapi kalau kita
pikirin tentang sekolah mungkin kalau
tidak dipaksa oleh pemerintah kayaknya
makin dikit deh orang yang sekolah kalau
nggak ada program gitu 9 tahun 12 tahun
Sekolah kayaknya makin dikit deh orang
yang sekolah karena kalau kita lihat
orang yang lulus dari SD masuk ke SMP
itu berkurang nggak 100% yang dari lulus
SMP masuk SMA itu berkurang enggak 100%
tentu ini sangat berbeda ya di dunia
influencer influencer yang menurut kita
mungkin enggak penting gitu ya artis dan
lain sebagainya pekerjaan-pekerjaan yang
sering banget dihina gitu ya karena
kayak Wah Anjir lu tidak mendidik dan
lain sebagainya itu berbeda jauh guru
dengan mereka Kenapa karena artis
trimmer game influencer dan lain
sebagainya itu supply-nya sedikit ya kan
tapi yang nonton itu banyak tiap hari
demandnya banyak bahkan selalu naik
karena kan anak-anak daripada sekolah
Mendingan nonton YouTube dong nonton
tiktok dong ya kan next gak jadi meski
sih influencer ini kerjaannya misal cuma
joget-joget selama di men untuk orang
ngeliat yang joget-joget yang
seksi-seksi itu tinggi selama
masyarakatnya seperti itu di zaman
kapitalisme sekarang kan suplai dan iman
ya Selama demandnya masih tinggi ya
pasti akan ada orang yang orang-orang
seksi joget-joget yang mungkin kita
ngelihatnya kayak Anjir Kagak jelas nih
orang joget-joget doang tapi Selama
masih ada demandnya itu akan terus ada
dan itu akan digaji dengan sangat besar
di endorse dengan sangat mantap gitu ya
Bahkan enggak usah joget-joget orang
yang mandi lumpur juga
mandi lumpur Selama masih banyak orang
yang nonton Masih banyak orang yang
nge-gift masih banyak orang yang berani
bayarnya gua bayar 10.000 lu keramas
dong pakai lumpur itu pasti orang ada
yang mau karena apa Karena supplynya
dikit dan demennya banyak jadi mau apa
hal yang konyol gitu ya only fans atau
malah dulu kan orang enggak kepikiran ya
untuk jadi streamer game dan lain
sebagainya hal-hal yang menurut lu
mungkin konyol tapi ternyata di mana
tinggi yaitu bakal gajinya gede lebih
gede daripada guru gitu ya berapa orang
Apa sih yang mau mandi lumpur ya paling
puluhan atau ratusan Berapa banyak orang
yang bisa jadi influencer yang seksi dan
jago joget PD gitu puluhan atau ratusan
ribuan lah mungkin ya Dan ini juga bukan
hanya masalah Supply ya kayak ada juga
kok banyak pekerjaan yang supplynya ya
okelah gitu tapi harganya tetap mahal
nah ini kita ngomongin masalah
kualifikasi dan sertifikasi kualifikasi
dan sertifikasi gimana dari influencer
yang joget-joget fan nah influencer yang
joget-joget meskipun dia tidak punya
sertifikasi yang resmi tidak ada gitu ya
kayak sertifight influencer profesional
itu tidak ada gitu biasanya mereka tetap
punya kualifikasi yang mantap ya Mantap
dalam tanda kutip ya di mana Kalau lo
nggak punya kualifikasi itu lu mungkin
enggak akan bisa jadi influencer
contohnya apa Misal ya ini Sorry kalau
gua agak jas mental Sorry kalau gua agak
eh apa keras gitu ya tapi emang beneran
gini yang biasanya influencer adalah
biasanya harus cakep ya harus cakep
harus lucu harus fashionable atau bahkan
pakai baju seksi untuk market-market
tertentu harus jago joget harus pede
harus jago ngomong banyak loh orang yang
mau nyoba ya Jadi influencer tapi gagal
karena nggak punya kualifikasi tadi atau
mungkin punya kualifikasi tadi tapi
mereka nggak tahu tentang Seo tentang
marketing tentang gimana bikin red card
dan lain sebagainya akhirnya apa
terkenalnya bentar doang nggak sustain
ya kan Jadi lu coba lihat ya kalau kita
lihat dari skill set yang tadi kan ada
banyak yang privilege ya ada yang harus
cakep yang harus seksi dan lain
sebagainya gitu itu kan enggak Semua
orang bisa kayak gitu akhirnya
supply-nya jadi rendah dan orang yang
memang followersnya banyak sampai jutaan
itu memang orangnya udah perfect di
semuanya kalau lu lihat dan itu susah
untuk jadi orang yang perfect seperti
itu streamer game gitu ya kayak Winda
basa udara misalnya itu dan kawan-kawan
lah dan lain-lainnya itu juga sama
banyak yang nge-hina streamer karena Oh
enggak bermanfaat ngomong kasar dan lain
sebagainya gitu Padahal untuk jadi
streamer lo tuh harus lucu lu harus jago
ngejoks Lu harus asik pas main game Lu
harus ngerti YouTube Lu harus ngerti
editing si Oh gitu lu harus ngerti lu
harus punya punya laptop yang canggih lo
harus Oh banyak sih dan itu skill-skill
yang nggak Semua orang bisa pegang ya
kalau semua orang bisa pegang ya Semua
orang bakal jadi itu nggak sih dan
gajinya Winda basudara maupun
orang-orang kaya gua Mungkin so cold
influencer dalam tanda kutip itu rendah
kita nggak punya sertifikasi emang tapi
kan kita tersertifikasi oleh algoritma
Fuse Lights komennya YouTube jadi kita
basic itu sertifight di sini sebagai
influencer lo enggak bisa nge-judge gitu
Kalau misalnya gaji kita tinggi sekali
endorse kita misalnya dapat puluhan juta
dapat ratusan juta bahkan ya enggak bisa
karena ya kenapa lu mau nge-judge
seperti itu padahal lu aja nggak bisa
untuk jadi seperti kita ya kan Make
sense dong gitu ya enggak kayak guru
banyak yang bisa jadi guru banyak yang
bisa jadi eee apa ikut CPNS honorer dan
lain sebagainya meskipun enggak kompeten
kualitas benar Enggak ini statement yang
cukup keras dan kontroversial sih Tapi
menurut lu gimana enggak
Oke jadi guru itu emang over supply sih
ya Menurut gua suplainya banyak dan juga
kalau masalah kualifikasi kualifikasinya
juga rendah impactnya juga mungkin
rendah juga di tahun ajaran 2022 dan
2023 ada 3,37 juta guru di Indonesia
artinya walaupun guru adalah profesi
yang kompleks ya banyak tetep aja banyak
orang yang bisa jadi guru karena udah
ada jutaan terlepas dari kompetensinya
ya gitu di Indonesia mungkin bahkan
bertahun-tahun lalu Sekarang kan udah
ada PPG dan lain sebagainya Semua orang
bisa jadi guru yang penting memenuhi
persyaratan yang penting ikut CPNS Ya
udah lu bisa jadi guru Bahkan dalam
sekolah gua gitu ya di pengalaman gue
dulu lu nggak perlu bisa ngajar untuk
jadi guru lu bahkan enggak perlu ngajar
bahkan kadang ada dosen atau guru yang
kagak datang tuh enggak perlu bimbingan
serius-serius banget ya Enggak sih
dosen-dosen sekarang tuh kan cuma kayak
bimbingan susah dan lain sebagainya lu
enggak perlu cuy menghormati murid lu
atau mahasiswa lu lu bisa jadi guru atau
dosen makanya gajinya rendah mau lo jago
apa gimana juga gajinya bisa aja rendah
kalau lu tetap ada di industri itu
karena supplynya kebanyakan gitu loh dan
ya lu Lu pasti yang Genji dan milenial
sudah ngerasain loh ya itu pasti ada ya
Itu dosen yang Ribet lah susah bimbingan
kagak bisa ngajar gitu ya terus juga
guru ya enggak jelas kan jadi profesi
guru menurut gua objektif speaking itu
enggak susah untuk orang bisa jadi guru
karena banyak Semua orang bisa jadi guru
di Indonesia dan kalau guru kayak gitu
males Enggak sih kita bayar guru mahal
males Enggak sih kita bayar guru eee ya
UMR gitu misalnya kayaknya sih males dan
pertanyaannya gini Ada enggak sih guru
yang dibayar mahal jawabannya adalah ada
ya Kayak misalnya guru Gembul misalnya
ini atau profesional Kasali itu Gita
Wiryawan Salman Khan gitu ya yang bikin
karena akademik guru-guru yang keren
ternyata ada tapi kalau kita lihat
guru-guru yang dibayar mahal ini
biasanya mereka ngapain mereka
menggunakan teknologi lain mereka
biasanya memanfaatkan knowledge di luar
dari bidang keilmuannya nulis buku atau
bahkan jadi influencer ya Jadi youtuber
yang akhirnya mereka di rewardlah dengan
gaji yang lebih layak daripada guru-guru
kebanyakan pantas enggak mereka dibayar
mahal bisa jadi iya kan yang dibayar
murah kalau kita lihat-lihat justru
adalah guru yang tidak memanfaatkan
teknologi yang memutuskan mungkin untuk
ada di untuk menjadi supply nih di
industri ini yang memang mereka tahu
gajinya murah Apakah salah gurunya
enggak salah sih itu mah keputusan
masing-masing ya tapi kita enggak bisa
ya memungkiri realita kalau lu Stay di
industri yang feeling di industri yang
memang sudah over supply itu mungkin
bakal dibayar murah gitu ya Ya sama lah
kayak kayak Diver gitu di Indonesia
banyak rg-ever dibayarnya berapa ya
murah
di bawah UMR Jakarta Kalau lo jadi kayak
giver di suatu rumah gitu Tapi kalau lu
jadi kayak giver di Jepang yang memang
lagi under supply tapi di mainnya banyak
karena banyak orang tua di sana atau di
Australia lu akan jadi orang dengan Gaji
tertinggi dibandingkan banyak orang di
sana simpel ya semoga aja ya
pembelajaran ini bisa ngebantu lu sih
dalam memilih jurusan atau apa kalau lo
pengen Gajinya banyak gitu ya tapi ingat
aja di semua profesi pasti ada orang
yang gajinya besar jadi ya kita enggak
bisa bilang lah guru semuanya miskin
enggak gitu ya Bahkan gua bisa bilang
kalau gua adalah guru juga dalam tanda
kutip atau influencer itu adalah guru
dalam tanda kutip ya Meskipun enggak
semuanya bagus gitu termasuk gua juga
enggak semua yang gua katakan bagus tapi
kenapa gua bisa bilang Gua adalah guru
dalam tanda kutip karena kerjaan kita
mirip-mirip ya kan gua mesti reset dulu
terus gua di sini mungkin bacot gitu ya
atau dalam tanda kutip ngajarin meskipun
gua enggak mikir ini ngajarin gitu ya
terus ya nulis dan lain sebagainya terus
juga gua nge-replay komen kan basically
itu adalah kayak yang mirip kayak
pekerjaan guru lah tanpa ujian tapi gua
kebetulan ada di YouTube yang mana
suppliernya Memang secara algoritma
Sedikit nih yang bisa naik gitu loh dan
Meskipun banyak orang yang mau nggak
Semua orang bisa jadi atau bisa
ngebangun channel YouTube dengan
subscriber yang sebesar yang gua buat
dan kalau lu bilang jadi kayak gua itu
gampang nggak juga gitu ya Lo harus jago
bikin ini gua Gua list ya gua harus jago
bikin tamnel ngerti Seo bikin title bisa
editing Mungkin lu harus bisa leadership
manage team manage Partnership gitu ya
jadi jangan anggap ya jadi influencer
atau guru dalam tanda kutip di internet
itu mudah gitu karena kalau mudah ya
mungkin orang kayak gua ini banyak dan
influencer ya mungkin gajinya digaji
kecil seperti industri lain yang sudah
over supply dan ini berlaku di bidang
lain ya gua juga melihat bahwa ternyata
bukan cuma guru saja yang over supply lu
tahu enggak banyak profesi lain juga
yang over supply Kayak misalnya dokter
perawat dokter umum tuh sekarang
dibayarnya kalau 10 20 tahun lalu itu
mantap banget sekarang dibayarnya bahkan
bisa dibawa UMR ini gila sih kalau kita
lihat dari perspektif tahun 2000-an ya
Di mana semua orang pengen jadi guru dan
semua orang tua pengen anaknya jadi guru
tapi kalau dipikir-pikir sekarang ya Max
sense over suplai kok di Pulau Jawa
Enggak banyak guru yang mau ke Papua ke
mana ke mana dan kalaupun ke Papua dan
ini sebagainya gitu ke daerah-daerah 3t
ya Yang mana Memang sekarang kok akan
diwajibkan untuk ke sana ya tetep aja
ternyata karena suplainya sudah over
supply jadi dibayarnya juga enggak
sebesar itu ya Memang sedih
Oke kalau ngomongin soal guru sebenarnya
kita bisa bilang lah kualitas guru di
Indonesia rendah objective list speaking
Kenapa karena ya kalau kita lihat
rata-rata kompetensi guru di Indonesia
tuh ada di angka 50,64 ini adalah
nilainya dari 100 dapatnya cuma 50 dan
KKM nya pun rendah sebenarnya standar
miniwell itu rendah yaitu 55 poin
kualitas pengajar-mengajar memang enggak
bisa sih dilihat dari nilai doang tapi
di sini kita bisa dapat gambaran lah
bahwa ya guru-guru di Indonesia ada
rata-ratanya masih rendah nilainya gitu
terus gimana solusinya gitu ya solusinya
gimana well gua ada beberapa solusi lama
guru ini harus dianggap sebagai
pekerjaan profesional Jangan dianggap
sebagai pekerjaan sosial atau apapun
Kenapa karena ya tanggung jawabnya ini
Ini udah berat banget sih ini udah udah
kayak Ya udah orang bisa aja ketemu guru
yang jelek atau ketemu guru yang enggak
oke atau bahkan guru yang oke aja kan
bisa sekali dua kali salah dan bikin
anaknya itu jadi enggak mau belajar iya
kan
Oke kita harus bikin lembaga profesi
atau atau apapun itu ya yang bisa
ngetreat guru ini sebagai pekerjaan
profesional yang butuh sertifikasi yang
butuh pengalaman bertahun-tahun dan lain
sebagainya kita butuh seleksi guru yang
lebih mantap lagi Makanya ini Yang kedua
juga di sekolah negeri terutama untuk
jadi PNS nih ya kita harus rubah
rekrutmen guru sih ya proses perekrutan
guru harusnya terpisah dari perekrutan
ASN pada umumnya yang mana benar-benar
dibikin spesial sih karena basically
standar kompetensi ASN dan guru itu beda
jadi kayak bener-bener harus dikasih
Banyak sih banyak perbedaan dan harus
dan harus bisa menyaring Apakah guru itu
passion mengajar atau enggak atau cuma
pengen jadi PNS doang gitu ya Bahkan
seleksinya itu ya harus lebih dalam lagi
sih Terus prosesnya juga kalau dari yang
gua dapet ya ini datanya tolong koreksi
kalau salah ternyata proses perekrutan
guru sebagai ASN itu didasarkan pada
lokasi anggaran dari APBN Jadi kalau
anggarannya ada ya udah bukan kebutuhan
jumlah guru di lapangan yang artinya
sekolah mungkin meskipun guru sekarang
udah banyak sekolah mungkin nggak akan
pernah bisa nutup kekurangan guru dan
akhirnya gaji guru pun ya rendah juga
Karena kan nggak ada regulasinya juga
jadi bukan hanya ngomongin supply dan
demand kita Mau ngomongin peningkatan
kualitas ngomongin regulasi juga ya
mungkin harus ada UMR untuk guru gua
nggak tahu gitu ya tapi gurunya juga Ya
intinya harus bagus harus dibayar dengan
layak dan guru honorer pun ya bisa jadi
ya bisa jadi perekrutannya cenderung
dijalankan secara informal secara
terburu-buru dan mungkin kurang
memperhatikan kompetensi pendidikan
akhirnya apa ya jangan heran kalau
secara informal mungkin ya mungkin aja
di beberapa tempat akan ada yang orang
direkrut guru karena kenal karena orang
dalam dan lain sebagainya gitu yang
seringkali yang mungkin kalau dibilang
orang dalam berkualitas ya ada tapi bisa
jadi enggak terlalu berkualitas kalau
tidak didasarkan pada performa ya kan
dan Sebenarnya sekarang sudah ada
beberapa sertifikasi yang menurut gua
bagus misalnya PPG ya pendidikan profesi
guru atau PKB pengembangan keprofesian
berkelanjutan nah tapi sayangnya memang
ini juga jadi polemik di kalangan
akademisi karena Katanya sih ini cuma
ngulang materi perkuliahan yang basicly
Ya calon guru kan udah kuliah di S1
pendidikan ngapain diulang lagi katanya
sih begitu ya Gua kagak tahu gua Kagak
ngeliat ini secara langsung tapi banyak
yang mengkritik seperti solusi terakhir
menurut gua yang ketiga adalah kita
harus bikin pengembangan kompetensi yang
sesuai dengan perkembangan zaman nah ini
juga alasan kenapa Eh gua akhirnya
concert banget makanya di berbagai macam
video thumbnail dan sebagainya gua pakai
Ai karena apa Karena sekarang
perkembangannya sangat mantap sampai
kayak ya gua harus ngikutin cuy kalau
enggak ngikutin gua bakal ketinggalan By
the way lu tahu enggak di Hongkong
sekarang entah SD atau SMP mereka tuh
ada disuruh belajar Ai di Jepang juga
sama bahkan di Jepang mereka bikin
regulasi bahwa berhak untuk belajar dari
berbagai source kurikulum ya ini masuk
ke anak-anak SD mereka dilatih dari
sekarang
misal kita baru lihat ini dari kapan
dari bulan Februari ya nggak sih chat
GPT bulan Februari sekarang udah maju
lagi Makanya jangan sampai nih
pendidikan kita masih pakai sistem
hafalan dan ini gue sangat mengapresiasi
sih dengan adanya utbksnbt dan
sebagainya yang udah pakai higher
thinking skill gitu gue sangat apresiasi
jadi kita tuh belajar bukan untuk ujian
gitu loh Ya jadi belajar ya belajar gitu
Ujian tuh butuh penalaran yang lebih
mantap lagi gitu ya jadi jangan sampai
kita Belajar menghafal ujian terus habis
itu lupa ya Jadi menurut gue itu kuno
banget lah apalagi sekarang udah ada
enggak sih
Nah sekarang sih Gua pengen ngasih
solusi buat kita semua gitu ya buat lo
terutama nih yang bukan termasuk guru
Saran gue simple lu belajar belajar gitu
ya banyak guru atau bukan guru gitu ya
karena ini bisa terjadi di semua profesi
supply dan demand ini bisa terjadi di
semua profesi dan semua profesi pasti
ada gaji yang besar ada gaji yang kecil
ya kan gimana biar Gaji kita bisa besar
ya kita harus belajar terus punya
kompetitif advantage di pasar kerja ya
entah itu belajar otodidak belajar
sendiri atau belajar dengan guru yang
Oke Yang jelas belajar itu bukan hanya
pelajaran di sekolah aja lu juga harus
belajar pelajaran-pelajaran yang di luar
sekolah karena apa hidup itu kan bukan
hanya tentang akademik ya kan hidup itu
juga tentang percintaan tentang hobi ya
kan tentang kerja tentang etik dan
manner gitu kan tentang Gimana caranya
produktif nah makanya gua sangat
menyarankan lu untuk ikut webinar live
skills ya webinar Life skills ini adalah
kolaborasi dari Life skills HD ya sama
satu untuk kita bikin Life school ya
sekolah kehidupan dalam bentuk webinar
yang mana tiap minggunya tuh bakal ada
materi-materi yang sangat mantap gitu ya
udah pasti ini diajarin sama mentor yang
berkualitas ya biasanya sarjana
Psikologi dan juga tersertifikasi juga
untuk ngebahas hal penting dalam
kehidupan yang memang tidak diajarkan di
sekolah gua prihatin banget sih sama
orang yang misalnya nih yang enggak
belajar tentang percintaan nggak tahu
gimana caranya PDKT akhirnya jomblo
sampai umur tua gitu terus menyesali
kejombloannya gitu gua gua sangat ini
sangat prihatin sih dengan kondisi kayak
gitu atau kayak orang yang Burnout punya
gangguan mental orang yang enggak bisa
produktif gitu ya ngantuk terus dan lain
sebagainya terus juga orang yang enggak
ngerti gitu kenapa gua Miskin terus gitu
ya saran gua lu belajar sih di Line
skills kadang kita punya life skill
kurikulum silakan ikut webinarnya lu
bisa Klik Link yang ada di deskripsi
buat daftar dan buat guru-guru juga ini
buat Eh teman-teman guru atau mungkin
buat kepala sekolah Siapa tahu eee dari
lo yang nontonnya adalah kepala sekolah
atau wakasek atau
ataupun gue juga mau ngabarin bahwa Life
skills dan satu persen itu nyediain juga
in house training dan speaking buat
sekolah-sekolah kita udah ngisi training
di puluhan bahkan ratusan sekolah dia
mulai dari sekolah negeri swasta bahkan
sampai pesantren yang mana beberapa
bulan lalu juga gua sempat personally
ngisi di pesantren ya di beberapa daerah
Bekasi Solo buat lu semua yang memang
merupakan guru atau apapun yang
sekiranya butuh nih untuk nge-training
anak didik atau mungkin nge-training
guru kita siap buat kontribusi di sana
ya Jadi silakan eee cek aja informasinya
di link enggak ada di deskripsi ya guys
all for now gue Advan s10% well thanks