Transcript
WdGcpSoYKEQ • Jadi Orang Kaya Itu TIDAK SELALU Tentang Uang.
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0668_WdGcpSoYKEQ.txt
Kind: captions
Language: id
kalau misalnya lo masih berpikir bahwa
orang kaya itu adalah orang yang punya
banyak aset lu nggak salah tapi lu Nggak
bener juga kalau lu masih berpikiran
bahwa orang kaya itu adalah orang yang
punya banyak aset dan tidak punya hutang
nggak juga kenapa Karena kalau lu punya
banyak aset tapi lu dimusuhin lu nggak
punya temen dan lain sebagainya ya lu
nggak kaya juga bisa dibilang karena
banyak juga kok orang kaya yang
melakukan percobaan bunuh diri nah
faktanya gini 76% masyarakat Indonesia
itu enggak bikin uang tuh buat yang
namanya Lifestyle yang tidak mereka
dessert dibandingkan untuk kebutuhan
yang esensial atau untuk upgrade
kualitas hidup yang benar-benar penting
bahkan mayoritas orang Indonesia itu
belum paham Apa itu investasi nah
fenomena Ini akhirnya bikin gua
bertanya-tanya kok masih banyak orang
yang lebih pengen kelihatan kayak
dibandingkan jadi orang kayak Beneran
kok masih banyak orang yang udah kaya
tapi kok depresi apa yang salah nah kita
bakal bahas di segmen kali ini ya saya
kalau Geo Finance di mana kita akan
ngebahas aspek psikologi dari masalah
finansial supaya lo punya mindset yang
tepat untuk ngambil keputusan finansial
setiap harinya dan tentunya eee gua
bakal ngebahas ini pakai kurikulum Life
skills dari satu persen oke stay tune
sampai habis Biar lo bisa dapat
keseluruhan desainnya Oke enjoy
Kalau ngelihat dari kurikulum life skill
satu persen kaya itu bukan cuma soal
uang Lo nggak pernah kan Lihat orang
kaya dari lotre Ya iyalah karena orang
yang kaya dari lotre kalau mindsetnya
masih miskin ya bakal miskin lagi itu
sama juga kayak ya petani-petani di
Tuban ya yang jual tanah dan lain
sebagainya Akhirnya beli apa beli mobil
beli rumah dan lain sebagainya tapi
duitnya habis lagi lu mungkin pernah
lihat ya berita-berita kayak gini jadi
kayak bukan cuma soal uang kayak itu
kalau menurut kurikulum Life skills
adalah ketika lo udah nyampe di level 3
dan level 3 ini udah setengah lulus atau
lu udah lulus bahkan lu udah nyampe
level 4 itu menurut kita itu kayak
karena apa Karena pertama lu udah bisa
Survive semua kebutuhan dasar Lo udah
terpenuhi lu udah punya relationship
yang oke juga lu punya Epic dan minor
yang oke juga Jadi lu enggak akan
bermasalah dalam hidup yang kedua lu
udah punya proteksi yang Oke Kayak lu
punya dana darurat atau punya asuransi
lu punyain investasi liquid yang bisa
diambil kapan aja kalau ada Up dan
lain sebagainya gitu dan lu juga nggak
aneh-aneh dalam dunia digital sehingga
lo nggak bisa di cancel sama siapapun
gitu karena Emang hidup lu udah oke
banget nah terus yang ketiga nah yang
ketiga ini sebenarnya banyak aspeknya
tapi lu kaya ketika lu udah Happy
healthy dan productive kalau lu sehat
kalau lu bahagia kalau lu bisa produktif
dengan apapun itu kesibukan lu itu
berarti lu Udah kaya Nah baru Mungkin lu
bisa aja udah di level 4 lu punya
literasi finansial yang Oke lu tinggal
manage asset lo mungkin punya anak atau
lu mengedukasi orang tuh udah kayak
banget cuy gitu karena lu udah ngasih
manfaat ke orang lain nih ibaratnya
bukan cuma mikirin diri sendiri bukan
cuma mikirin keluarga gitu Tapi lu juga
udah ngasih impact ke anak lu atau ke
sekitar lu jadi kayak itu bukan cuma
punya uang harus 1m 10m nggak juga gitu
bahkan ya Bahkan lu bisa aja jadi office
boy atau penghasilan dengan gaji rendah
misalnya di us website yang dianggap
rendah lah di sini ya tanpa ngoreal saya
hormat pada office boy misalnya lu bisa
aja jadi OB gitu di us lu nabung lu
pindah ke Indonesia lu jadi kaya jadi
kaya miskin tuh sebenernya bisa aja
tergantung tempat lu kerja tergantung ya
lu bisa aja kan kerja UEFA di Australia
gitu terus lu tinggal di Jogja itu kan
beda dan kaya di zaman sekarang ya
dengan keadaan sekarang itu pasti beda
lah dengan kayak 20 tahun lagi ketika
misalnya kayak di film ekstrapolitions
ya ketika climate sains sudah parah
Siapa yang kaya yang kaya yang punya
rumah di dataran tinggi karena mereka
kagak kena panas gitu jadi kayak miskin
tuh relatif lah Sebenarnya ya dan
kayaknya tuh bukan cuma tentang barang
mewah terus gimana biar jadi orang kaya
Beneran bukan jadi orang kaya baru yang
norak bukan jadi kayak orang yang
kelihatan kayak aja Nah kita bahas di
section selanjutnya
nah salah satu aspek penting dari orang
kaya adalah tentang literasi finansial
yang solid at least formal Lu butuh
literasi finansial untuk jadi kaya jadi
bisa dibilang ya kalau orang gak punya
duit banget nggak bisa dibilang kaya
meskipun gue bilang nggak Semua orang
punya duit itu kayaknya semoga lu paham
dengan logikanya tapi ini tuh masuk ke
aspek di level 3 intermediate personal
Finance kalau level 1 itu kan basic
Finance Ya cuma kayak slow budgeting
saving yang penting enggak ngutang lebih
dari 50% gitu udah kelar intermediate
personal Finance itu udah nyampe ke
Pemahaman konsep tools strategi keuangan
dan lain sebagainya gitu bahkan lo harus
udah bisa baca laporan keuangan gitu ya
Biar apa Biar nanti lu ketika invest
Kagak salah ya Jadi hal penting dalam
Intermedia personal Finance atau
personal Finance yang sedikit Advance
gitu ya itu adalah ngomongin strategi
investasi dan literasi keuangan yang
lumayanlah Nah strategi investasi yang
biasanya digunakan oleh orang kaya gitu
ya itu sebenarnya ya kalau lu lihat
orang terkaya di dunia tuh mereka
belinya apa sih ya mereka belinya
khasiatnya macam-macam dong ya kan ada
yang properti ada juga yang bisnis
maksudnya saham tapi bisnis sendiri ada
juga yang saham orang Ya maksudnya
bisnis dalam bentuk pembelian saham ada
juga orang kaya yang belinya obligasi
Reksadana dan lain sebagainya yang laris
lah Nah jadi kalau lu lihat orang-orang
kaya ini biasanya melakukan yang namanya
diversifikasi Artinya mereka pasti
macem-macem asetnya nih menyesuaikan
dengan profil resiko Tujuan finansial
dan juga pengertian mereka terhadap
sesuatu aset Semua orang punya konteks
dan situasi dan kondisi yang berbeda
gitu Ya enggak semua orang kaya cocok
dan mau all in di instrumen yang hairis
buat lu yang masih muda nih Gua cuma mau
bilang aja tapi bisa jadi profil resiko
lo harus dinaikin ketika lu masih muda
tapi ini beda ya mudahnya kalau lu masih
muda lu hidup udah sedikit enak lah
sekarang terus juga mungkin nggak ada
tanggungan ya nggak ada tanggungan hesin
orang tua sama anak aman lah itu kan nah
kalau Gua boleh ngasih Insight atau
pengalaman gua mengalami bahwa kalau lu
masih muda lebih baik lu hairis kenapa
karena ketika lu masih muda bisa jadi lo
akan mengalami yang namanya hair tone
dan kalaupun sebuah aset itu volatil
volatilitasnya tinggi naik turun mulu
gitu ya Kayak crypto misalnya itu
sebenarnya sangat bisa dijadikan opsi
untuk diversifikasi buat lu yang event
profil resikonya rendah lu coba tonton
ya video-video satu persen sebelumnya
kita pasti ngomongin profesi resiko dan
kita pasti bilang selalu konsisten
selalu masih muda Lu pasti butuh yang
lebih iris meskipun yang laris juga
dibutuhkan nah salah satu yang biasanya
dilakuin dan tanda kutip ya investasi
atau menabung di aset hiris adalah beli
crypto Nah beli crypto maksudnya gimana
Fan Nah crypto itu kan rasa yang bisa
dibilang lumayan high race Kenapa karena
volatilitasnya cukup tinggi meskipun
kita enggak bisa memungkiri bahwa ini
aset juga potensial gitu ya Nah kita
bisa menjadi incrypto ini sebagai
alternatif nabung misalnya ya lu mungkin
tahulah cerita soal dulu 10.000 crypto
gitu kalau nggak salah dibeliin 2 pizza
kebayang nggak kalau orang itu
ngestaking Bitcoin gitu ya dari zaman
Gue lupa tahun 2008 2010 gitu nah ada
salah satu teknik di crypto yang namanya
adalah steking atau stake and Betty ya
kalau di nanovas stage and BT itu ketika
kita menyimpan crypto di akun yang
digunakan untuk speaking selama periode
tertentu Nah kalau misalnya lu masih
bingung nah steking adalah salah satu
cara Nah untuk lo yang masih muda nih
untuk masuk ke yang hairis of course
nanti persentase dari seluruh asetnya
Tergantung elu gitu ya gua sendiri misal
10 sampai 15% crypto sebenarnya itu
karena Ya bisa dibilang Gua lebih ngerti
aset yang lain jadi lebih banyak yang
lain nah sisanya memang ada di saham ya
sahamnya macam-macam kalau gua misalnya
saham us ya saham Indo dan lain
sebagainya nah buat lo yang pengen
investasi di saham us atau crypto jadi
Indonesia yang relatif aman gua
merekomendasikan lo buat nyoba salah
satu aplikasi yaitu nanoface ya kita
udah berapa kali juga ya bahas nanofase
adalah aplikasi investasi saham us dan
crypto yang bisa ngasih lo kemudahan
buat investasi dengan aplikasi ini aja
satu doang lu bisa invest di 2000 lebih
pilihan saham us dan Aset kripto dan lu
bisa invest di company kayak Google
netflix spotify modalnya cuma 5000 doang
nah kalau lu mau dapat cashback lu
tonton video ini sampai habis karena
enggak bakalan Gue bakal ngasih kode
referal yang bisa ngasih cashback ke lu
semua oke
nah lanjut ya kita ngomongin soal
kekayaan lagi tadi kita ngomongin soal
investasi selanjutnya kita ngomongin
soal Gimana cara orang kaya merencanakan
hidup Salah satu hal yang ngebedain
orang kaya dan miskin bukan cuma masalah
investasi tapi juga soal Life planning
nah biasanya kalau orang kaya Lo harus
mikirin gimana kehidupan lo itu sampai 5
10 apa 20 tahun ke depan biasanya bahkan
dan bukan cuma masalah duit ya gue tadi
bilang sama juga kayak lu Misalnya tahu
Oh di sini bakal tenggelam nih Jakarta
lu pindah ke Kalimantan di sini bakal
banyak gempa oke Lo langsung bangun
rumah Anti gempa sesimpel kayak gitu aja
sebenarnya udah menandakan bahwa mindset
lu beda Itu sama juga clima change
soalnya di sini udah mulai panas Gue
tinggalnya di daerah dataran tinggi Dah
Nah ini sebenarnya ada banget di
kurikulum level 23 dan 4 tapi biasanya
kalau lu udah aman secara finansial dan
lain sebagainya lu tinggal milih nih di
level 3 Lu mau fokusin kemana level 4 lu
mau fokusin ke mana Jadi to be healthy
Happy dan productive gitu ya dan to have
Legacy ya Freedom and Legacy itu
sebenarnya kayak gitu pemikiran orang
kaya tuh lebih ke sana itu paham mereka
Paham prioritas mereka tuh apa sekarang
Dan mereka juga paham bahwa mungkin ada
orang yang prioritasnya pertamanan
mining Fu relationship nikah gitu terus
Ya udah asetnya misal cuma ya berapa
ratus juta misalnya itu juga udah kaya
kalau menurut gua ada juga yang memang
prioritasnya bukan meaning for
relationship LED saya personal growt dan
karir Jadi dia kerja bagai kuda tapi
enjoy meskipun tiap hari lembur gitu ya
enggak apa-apa juga itu bagus gitu ya
selama lo enggak kena mental enggak
burnhold gitu ya sama lo produktif lu
Happy lu sehat itu enggak salah
prioritas kayak gitu jadi makanya gua
juga selalu bilang gitu Jangan sampai
kita berpikiran biner ketika orang lain
fokusnya investasi Wah kalian semua
harus jadi kaya juga ketika orang lain
fokusnya kerja Wah kalian semua harus
kerja juga saya itu baru salah tuh
karena enggak Semua orang punya fokus
yang sama Nah itulah mindset orang kaya
sebenarnya Jadi mungkin orang kaya itu
adalah lu gitu ya sekarang atau mungkin
lo ternyata adalah orang miskin meskipun
kayak dan banyak duit ya jadi jangan
lupa tuh pikirin Di mana lu mau planning
Di mana lu mau invest
ya pada akhirnya dari tadi gua bilang ya
kayak nggak hanya sekedar uang kayak
nggak hanya sekedar barang mewah kayak
nggak hanya sekedar mindset dan lain
sebagainya tapi based on life planning
dan gimana lu investasi waktu tenaga dan
Aset duit gitu ya untuk lo mencapai
kehidupan yang lu mau ya sama lah kayak
di live ke sekurikulum ini dan terakhir
gue juga mau bilang jangan lupa juga
untuk memilih asset investasi yang tepat
untuk menimbang-nimbang Bagaimana cara
investasi yang baik untuk menggunakan
aplikasi yang simpel dan aman contohnya
adalah di nanofase ini udah dapat
lisensi dari bab pepti sertifikasi iso
dan k a n nah lovers juga sudah
terdaftar dalam program perlindungan
resiko cyber Crime lewat asuransi
Sinarmas jadi keamanan data kita bisa
dibilang terjamin nah ini gua bakal
kasih referal ya buat lo yang tertarik
untuk download aplikasi nanoface buat
invest di sana lu Coba klik Link yang
ada di description box terus habis itu
jangan lupa pakai kode referal di bawah
ini syt nv861 nah buat dapat bonus
40.000 gratis Akhir kata gua evaluasi 1%
well thanks
[Musik]