Mengapa Negara Maju "Susah" Berkembang Biak?
W1Q4yffYbOA • 2023-05-07
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id negara dengan total penduduk sekitar 1,4 miliar menyatakan bahwa mereka mengalami pengurangan pertumbuhan populasi dan ini pertumbuhan yang terendah sejak 60 tahun terakhir dan bukan cuma di Cina aja ini terjadi juga di banyak negara maju nah pertanyaannya Kenapa sih banyak negara yang mengalami penurunan jumlah penduduk Kok bisa orang enggak mau punya anak dan Emangnya Ini masalah ya bukannya semakin sedikit penduduk justru semakin baik well Selamat datang di segmen kelas kehidupan gimana kita bakal sharing tentang ilmu-ilmu penting yang belum diajarin di sekolah supaya lo bisa nyelesain berbagai masalah kehidupan dan menjalani hidup dengan lebih baik berdasarkan kurikulum Life skills dari satu persen dan live skills id di video kali ini gua bakal ngebahas Kenapa banyak orang di negara maju itu kok tidak mau punya anak gitu ya dan gua juga bakal bahas beberapa hal yang bisa lo pertimbangkan sebelum lo punya anak so stay tune sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan inside-nya [Musik] ada satu indeks yang bisa ngukur kestabilan pertumbuhan populasi di sebuah negara itu adalah fertility rate fertility rate adalah rata-rata jumlah anak yang dilahirin di suatu negara kalau angkanya misal 3 nih berarti satu perempuan itu melahirkan 3 anak nah angka ideal adalah 2,1 anak per perempuan jadi satu keluarga atau satu perempuan tuh udah dua anak aja yang jadi masalah adalah sekarang banyak negara maju yang fertility ratenya itu di bawah rata-rata Amerika Serikat China Jerman Jepang dan beberapa negara maju lainnya tuh bahkan di bawah 1,4 tapi kok bisa ini tuh rendah gitu di negara-negara terutama negara maju nah salah satu penyebab kenapa negara maju Susah punya anak adalah simpel Sebenarnya gua berhipotesis bahwa ini adalah hasil dari urbanisasi dan perkembangan di perkotaan banyak orang pengen pindah ke perkotaan tentunya ya sama kayak di Indonesia banyak yang mudik gitu kan ketika lebaran hartinya adalah banyak yang merantau Kenapa orang pengen pindah ya karena teknologinya lebih canggih pekerjaan lebih banyak gaji lebih gede gitu ya lebih prospek lah intinya kalau lu pindah ke kota-kota besar tapi jangan lupa gitu ya kota besar bukan tanpa konsekuensi ketika lu hidup di kota besar lu juga harus menerima konsekuensi bahwa hidup itu lebih mahal Jakarta saja termasuk salah satu kota paling mahal di dunia belum lagi kota-kota besar di negara maju kayak Jepang misalnya Tokyo Kyoto dan lain sebagainya dan selain banyak orang yang akhirnya susah buat punya anak dan enggak mau juga punya anak kita udah mikir gitu orang kota tuh mikir resikonya ketinggian nih kalau mau punya anak nanti kita harus bayar susu bayar popok harus ngurus waktunya nggak bisa sambil kerja dan lain sebagainya bahkan itu anda punya anak kita juga perlu ngomong sebelum punya anak lu kan perlu nyiapin banyak ya untuk ngelahirin di rumah sakit yang Oke di Jakarta gitu itu tuh Lu butuh puluhan juta 50 juta kalau nggak di cover BPJS belum lagi di kota juga udah banyak banget ya perempuan ya yang memang sudah lebih teredukasi dan punya pilihan jalan hidup yang lain selain jadi ibu rumah tangga aja jadi ya mixer kan daripada jadi ibu rumah tangga mendingan si cewek ini S2 dulu S3 dulu Jago dulu dalam urusan karir jadi konsultan jadi banyak pilihan untuk semua orang termasuk perempuan juga bagus enggak Ya bisa dibilang bagus ya Tapi konsekuensinya adalah penurunan angka kelahiran ya tidak bisa dipungkiri cari duit di kota besar sambil happy-happy sambil nongkrong tiap minggu itu asik sih Ya apalagi buat anak-anak muda gitu kalau lu nikah di umur 20-an terus langsung punya anak tuh kayak mungkin lama-kelamaan bakal aneh sih ya budaya yang seperti itu tapi bukan tanpa alasan tentunya yang jadi pertanyaan sekarang adalah Memang kenapa kalau ada penurunan jumlah kelahiran Emang problem bukannya bagus ya gitu misalnya orang-orang populasinya berkurang kagak ada polusi dan lain sebagainya gitu nah buat spoiler dulu sebelum ke bagian lain penurunan populasi bisa jadi masalah stay tune di bahasan Selanjutnya ya ada tiga alasan kenapa penurunan populasi bisa jadi masalah pertama penurunan populasi bisa menghambat pertumbuhan ekonomi jadi gini bayangin kalau populasi di suatu negara tuh cuma dikit yang awalnya 300 juta jadi 100 juta ya sedikit juga lah orang yang mau beli rumah orang yang mau beli daging Orang yang mudik orang yang beli barang beli jasa nah ini berpotensi jadi lingkaran setan anggap aja gua punya company yang biasanya konselingnya tuh 50 orang misalnya tiba-tiba Seiring berjalannya waktu jadi cuma 25 orang doang ya bakal terjadi krisis dong Ya kan karena ya gua harus mencatat orang karena gua nggak bisa ngegaji orang di bawah gua dan karena terjadi krisis orang-orang Jadi enggak berani punya anak Artinya mereka Jadi ya enggak usah belanja buat anaknya karena mereka juga nggak punya cukup uang Resesi gitu dan udah populasi menurun aktivitas ekonomi menurun juga Resesi dan jadinya ya makin dikit lagi orang yang membeli barang dan jasa gitu jadinya ya syukur-syukur kita nggak mengalami stagflasi presisi aja udah ribet gitu apalagi nanti udah Resesi inflasi bulawah ya itu alasan pertama masalah ekonomi yang kedua berkurangnya populasi terutama populasi anak muda ini tuh bakal nurunin produktivitas dari negara dan juga bakalan nurunin tingkat kehamanan kalau misalnya lebih banyak orang tua atau pensiunan lo kebayang nggak apa yang akan terjadi ibaratnya di Indonesia nih lebih banyak orang yang umurnya 50 60 akan ada banyak penyakit nggak kayak misalnya obesitas diabetes akan makin banyak keamanan tuh bukan cuma keamanan Nanti banyak maling gitu ya tapi juga keamanan sosial gitu kesehatan itu tuh baru di level individu dan keluarga aja di level industry kalau misalnya orang udah tua-tua semua ya mereka kerjanya mungkin nggak bakal sesat sesat set anak-anak muda gitu ya terus juga di keamanan negara juga ya Siapa yang mau jadi tentara dari segi produktivitas dari segi keamanan menurun nah yang ketiga dengan populasi semakin sedikit untuk orang-orang jenius juga makin sedikit jadi orang jenius lahir tuh Makin kecil Chance ibaratnya gini kalau orang jenius tuh lahir dari 1000 bakal muncul 10 gitu ya kalau cuma 100 bakal muncul satu loh ya kan kalau orang jenius itu sedikit di Indonesia Apalagi orang jeniusnya ini kayak ada di Indonesia nih tapi cabut karena krisis ekonomi di Indonesia makin up enggak sih itu kan jadi kalau enggak ada keturunan ya gitu gitu akan lebih sedikit kreatifitas inovasi orang jenius yang lahir gitu dan dengan adanya Resesi ya orang-orang juga bakal cabut enggak sih yang mendingan gua ke negara lain yang lebih normal gitu ya kan nah jadi kurang lebih seperti itu bakal susah hidup kita in the Lawrence kalau misalnya ada penurunan jumlah populasi makanya ya Lu lihat sendiri di negara-negara maju bahkan orang tuh kalau punya anak disubsidi dikasih duit cuy gitu nah tapi ini juga jadi Dilema ya gak bisa dipungkiri punya anak itu Kalau dari segi makro gitu ya akan bagus gitu loh populasi banyak tuh bagus tapi kita juga gak bisa memungkiri bahwa banyak juga orang-orang tolol orang-orang goblok gitu ya yang punya anak tapi belum siap meskipun gua nggak bisa nyalahin mereka juga gitu karena ya mungkin mereka kurang teredukasi atau gimana pada akhirnya ya Dilema juga ya pada akhirnya tergantung konteks kalau secara makro Emang merugikan tapi secara mikro punya anak tapi kagak mikir juga merugikan pada akhirnya Ya semua orang balik lagi ke value masing-masing tapi gini sih kalau menurut gua kapan kita harus punya anak ya jelas jawabannya adalah ketika kita sudah mampu kalau memang lu nggak mampu ya jangan punya anak itu justru bagus kalau udah mampu malah bisa ngasih Kebahagiaan juga ke luh Dan ini juga kan sebenarnya adalah insting Survival manusia untuk berkembang biak di beberapa agama bahkan di sunnahkan kan Jadi Pahala gitu punya anak itu kalau mampu nah kapan bisa tahu orang tuh mampu atau enggak nah ini pertanyaan yang menarik gue udah siapin jawabannya berdasarkan kurikulum Life skills satu persen kalau menurut kurikulum yang gua dan tim bikin Parenting itu adalah sesuatu yang sangat mulia Parenting adalah bukan hanya Mulia tapi juga berat sebenarnya makanya kita masukin tuh di level 4 jadi ibaratnya gini Lu kalau mau punya anak kalau menurut satu persen gitu ya lu tuh harus pertama lu bisa Survive dulu terus kedua lu juga harus punya dana darurat dan management resiko terus level 3-nya juga lu udah lulus Harusnya lu punya kerjaan yang Oke dan lain sebagainya baru punya anak saking sakral yang menurut kita untuk punya anak dan kita juga tentu prihatin gitu sama orang Indonesia yang punya duit kagak gitu ya punya dana darurat kagak udah punya anak problematika problematik jujur ya Meskipun enggak bisa nyalahin lagi-lagi gitu ya eee tentu ada berbagai macam faktor tapi kita sangat menyayangkan lah Makanya kita naruh di level 4 ketika lo udah mampu udah level tiganya lulus baru penting gua kasih tahu nih kapan lu harus punya anak ya ini ada beberapa saran buat lo pertama sebelum lo punya anak pastikan lu memiliki high income Kenapa high income Ya karena ya Lu butuh beli susu butuh beli popok butuh beli tes kesehatan belum lagi biaya pendidikan ya Mulai dari tksd SMP nutrisinya juga harus hoki kan makanannya Harus makan sayur susu dan lain sebagainya gitu nah jadi orang tuh menurut gua harus saling income dulu high income tool beda-beda ya di tiap daerah mungkin satu digit di Jogja gitu ya udah cukup punya anak nah orang dengan high income ini biasanya ada di level 3 karena pertama mereka udah bisa Survive cash soalnya positif yang kedua karirnya juga oke punya semua di atas dan lo udah punya meaning for relationship ini level 3 ya dengan istri atau suami loh ini adalah salah satu tanda yang cukup strong bahwa lu udah siap banget punya anak ya dari segi keuangan ini strong banget berarti lu kayaknya udah harus punya anak nih Nah tapi yang kedua jangan lupa high income aja tuh nggak cukup lu juga harus nyiapin asset buat anak aset itu apa aja pertama jangan tanpa dana pendidikan yang kedua jangan lupa ada dana tumbuh kembang kan harus ngerawat anak ya kan Terus yang ketiga jangan lupa juga sebelum lo punya anak lo harus nyiapin dana persalinan jadi jangan lupa juga bukan cuma income yang gede tapi huangnya juga harus punya gede lu pikirin sebelum lahiran setelah lahiran untuk tumbuh kembangnya dan juga Setelah dia udah mulai dewasa udah 67 tahun ya harus udah sekolah dong semuanya itu perlu disiapin nah yang ketiga tadi kan gua ngomongin soal duit duit duit gitu duit aja juga enggak cukup jangan lupa lu juga harus punya mental health yang Oke harus punya mental health and columnness harus bisa kalem harus bisa intelligent gitu secara emosional banyak loh ibu yang setelah melahirkan mereka terkena baby blues depresi habis ngelahirin dan jadi stress banget suaminya nggak siap ibunya enggak siap apa yang terjadi berantem enggak jarang loh orang cerai setelah punya anak ya banyak belum lagi Kalau single parent juga enggak dapat kasih sayang yang ya kan terus nggak bisa bagi tugas juga capek nanti sebagai orang tua jadi tiga hal ini nih ini harus Lu siapin Kalau lo mau punya anak Nah makanya ini bisa dicegah dengan lo belajar banyak ya soal psikologi dan ilmu kehidupan minimal lu tonton deh video-video satu persen syukur-syukur lu bisa ikut webinar gitu ya kita ada banyak nih di SP kolektif Ya Grupnya Yang menaungi satu persen ada di satu persen lo bisa belajar webinar live skills Life planning ada juga the high Play lo bisa belajar Marriage ya lu bisa follow juga nih Instagramnya ada juga mental health training.id lu bisa belajar untuk jadi pendengar yang baik untuk kuat mental juga kalau udah belajar udah punya semua yang tadi gua sebut lu udah siap banget sih buat jadi orang tua dan punya anak jangan lupa ini juga beneficial pertama lu enggak bakal dibacotin gitu kan ketika lebaran kapan punya anak gue sampai sekarang masih dibacotin terus yang kedua juga lu bakal lebih gampang masuk ke circle orang yang udah punya anak lu juga selain bisa fokus ke diri sendiri lu bisa fokus bikin Legacy bisa Happy bareng keluarga bisa Jangan bareng anak dan keempat juga lu nggak akan merasa kesepian ketika lu udah punya anak dan semua yang gua sebut tadi itu proven by research meskipun gua menghormati tentu orang yang charge free tapi kalau lo punya anak ya gue juga mendorong lo punya anak toh di kurikulum gua juga gua tulis level 4 Parenting henting haters kalau udah mampu punya anak dan kalaupun ada yang selfie juga ya jangan dibacotin mulu gitu Emang lu pikir kalau orang chat free dibacotin dia bakal punya anak ya kan jadi enggak usah dibacotin juga orang yang sehat free ya mungkin memang pilihan mereka bukan ke sana dan ini Oke sudah sesuai menurut gua dan satu persen daripada menekankan pentingnya punya anak gitu ya kita lebih memilih untuk menguatkan edukasi ini tentang ilmu kehidupan karena hidup kan bukan hanya masalah punya anak doang kan gitu intinya punya anak itu berkaitan soal Legacy bukan tuntutan masyarakat meskipun tentu negara akan punya banyak masalah yaitu masalah pemerintah adalah suatu keputusan terbesar jadi jangan lupa dipikirin dan kalau dari gua sih ya Gua akan mengulang hal yang tadi gua udah sebutin Jangan lupa belajar ya dari webinar satu persen dari webinar the heing play dari basic mental health training itu mungkin kalau ada juga kantor yang mau ngundang kita nih ya ngundang beberapa company kita untuk pembicara dari kita itu bisa lu silahkan kontak aja Wa di bawah gitu ya dan jangan lupa juga follow instagram deing play gitu ya sister company dari satu persen sama di naungan SP kolektif mereka sering ngadain webinar primarys yang bisa ngebantu lo nih Buat yang mau nikah untuk nyiapin diri gitu Ya silakan lah ya lu juga kalau mau konseling misalnya lu udah hamil nih atau mau hamil Lu mau konseling pasangan lo mau konseling individu itu pasti akan ngebantu lu untuk lebih siap nanti ya jadi silahkan juga website kita di satu persen.net dan ya jangan lupa ikut webinar konseling dan lain sebagainya ya lu bisa pakai kode diskon di bawah ini tahun 2023 ya And Dash all for now silahkan diisi Cut aja kalau mau pakai diskonnya Akhir kata gua Evan dari satu persen well thanks [Musik]
Resume
Categories