Kind: captions Language: id gua punya satu pertanyaan buat lo sebenernya kesehatan mental itu penting gak sih well gue yakin lu pasti pernah mendengar berbagai macam perdebatan lah ya tentang kesehatan mental di satu sisi si paling kesehatan mental si paling mental heal tuh ngerasa kesehatan mental itu penting banget ada juga yang ngerasa bahwa kesehatan mental tuh nggak penting-pening banget nah sebagai channel yang sering ngebasi sok-setan mental fenomena Ini akhirnya bikin gua berpikir gitu ya Apa iya kita harus mentingin kesehatan mental atau sebenarnya kesehatan mental tuh Enggak penting-pening banget well di video kali ini gua bakal ngebahas hal yang kontradiktif gua mau berargumen bahwa sebenarnya memang kesehatan mental tuh Enggak penting-pening banget so Selamat datang di segmen kelas kehidupan di mana gua bakal sharing tentang ilmu-ilmu penting yang belum diajarin di sekolah supaya lo bisa menyelesaikan berbagai masalah kehidupan dan menjalani hidup dengan lebih baik stay tune terus sampai akhir Biar lo bisa dapat keseluruhan insidenya [Musik] di dunia ini tuh kan tadi udah gua bilang ya ada dua kelompok pertama sih paling mental health dan yang kedua adalah si paling anti mental health ya Jadi pertama kan si paling mental health mungkin orang-orang kayak gini tuh mikir bahwa ya stress dikit itu adalah masalah mental health dan mereka juga bisa jadi berpikir bahwa kesehatan mental itu artinya hidup tanpa masalah hidup tanpa stress kalau ada masalah dikit Aduh gua enggak kuat nih gitu ya kesehatan mental gua lagi enggak oke mereka itu cenderung menghindari masalah dan mengandalkan healing ya healing dalam tanda kutip sebagai tameng gitu buat healing self reward with untuk tidak berusaha lebih keras itu adalah si paling mental health si paling anti mental health juga ada mereka yang kayak mesin enggak pernah berhenti bekerja dan berusaha keras menghadapi tekanan menjadi laki-laki dalam tanda kutip ya sampai dibilang kalau oleh sjw itu ya Toxic maskulinity lah orang kayak gini tuh ya akhirnya memang ya gua ketinggalan ya Burnout brout juga nah kalau lo termasuk yang mana kalau disuruh milih salah satu ya lu bisa komen di komen section biar kita sharing tapi intinya dua kelompok ini biner banget sih dan keduanya juga ada benarnya jadi nggak ada yang bener atau salah bisa dibilang semuanya ada plus minus tergantung orangnya Terus di mana problemnya gitu nah Gua ngelihat ada banyak nih problemnya Salah satu cara terbaik buat ningkatin kualitas hidup sebenarnya adalah dengan ngebangun World Life Balance yang Oke dengan cara ya lu nggak hanya fokus ke kerjaan tapi juga banyak hal lain pengatur waktu antara kerja istirahat aktivitas sosial dan lainnya itu bakal bikin kita lebih oke mental health-nya Ya intinya kita bakal terhindar lah mungkin dari burnhead kalau misalnya lu adalah orang yang jago mengatur waktu itu adalah orang yang produktif flu adalah orang yang intelligent sebenarnya lu nggak perlu terlalu fokus sama mental Kenapa karena ya hidung lu udah terjaga loh mungkin udah sering olahraga lu mungkin udah sering nongkrong belum mungkin kerjanya juga sesuai passion ya kesehatan mental lo bakal terjaga dengan sendirinya tapi jangan lupa nggak selamanya lu akan bisa produktif Gak selamanya lo akan hidup tanpa masalah pasti lu akan menerima banyak rintangan bahkan sukses dulu akan dapat banyak haters juga dan sesuai gua mau lu terapin mindset dan kurikulum di kelas kehidupan ini biar lu bisa belajar pertama apa hal lain yang harus lo pedulikan selain mentok health sebenarnya kita udah bikin level-levelnya dan ini adalah level 1 level 1 kita namakan sebagai level Survival ini level yang menurut gua wajib kalau orang gak lulus level ini lu bisa Jadi kemungkinan besar akan lebih rentan kena mental pertama Finance Lu harus punya basic cashflow yang oke oh Finance penting ternyata orang yang gak sehat mental itu adalah cenderung orang memang yang tidak punya duit Jadi lu harus memastikan pemasukan Lu lebih tinggi daripada pengeluaran lu makanya kita juga bahas ya kalau jawab Finance buku juga kan ada yang bilang psikologi of money yang bagus Kenapa karena psikologi kesehatan mental dan keuangan tuh saling berhubungan pertama itu kedua basic intelligence dan efektif thinking bayangin kalau lu goblok gitu kalau lu Tiap hari mengkonsumsi hal-hal yang enggak bermanfaat lu enggak akan bisa berpikir efektif lu enggak akan bisa jadi pintar dan kalau lu enggak pinter juga ya lu akan susah kerja lu akan susah dapat duit biar for lu akan lebih mudah karena mental yang ketiga Lo harus punya basic infrastruktur makanya kita selalu bilang preview-nya itu penting banyak orang yang udah punya basic infrastruktur yang baik yang akhirnya bisa kerja dengan baik yang akhirnya bisa dikerjakan tuh produktif banget makanya lu harus punya Smartphone laptop internet yang Oke kenapa harus bagus karena sekarang lu wajib punya itu kan buat bisa kerja yang oke yang keempat lu wajib punya basic relationship lu wajib punya temen yang tidak Toxic atau etlist keluarga deh yang bisa lu kalau up lu bisa balik tuh ke keluarga lu lu bisa cerita tentang masa lalu minimal itu kebayang nggak kalau lu nggak punya temen nggak punya keluarga punya siapapun gitu ya lu bakal stress juga kelima Lu harus paham attics manner dan fashion yang sesuai sama standar Di mana lo berpijak kalau lu enggak paham etika kalau enggak paham fashion Ya banyaklah yang viral karena fashion ya tapi intinya level 1 survive itu Coba lu lihat mana mental health-nya yang tadi ada enggak ada kan Nah ini ada alasan kenapa kita sebenarnya harusnya Bodo Amat aja sama mental tapi yang membangunkan adalah kelima hal tadi yang ada di aspek servive semuanya berhubungan sama mentor nah enggak sekarang maksud gua untuk enggak terlalu peduli sama mental health jadi aspek kehidupan tuh penting banget nanti bakal ngaruh komentar buat orang yang bilang Bodo Amat aja sama mental ya berarti mungkin mereka udah jago ngatur hidup atau yang kedua ya mereka di Nail aja lu lihat aja biasanya orang yang bilang enggak usah sama mental health header mental health mereka oke atau yang kedua Mereka banyak musuh nggak punya temen terus kayak Dinaya aja gitu jadi level 1 ini basic banget dan lo harus kuasai ada juga level 2 level 2 ini adalah ngomongin soal manajemen resiko yang pertama Lu harus punya darah darurat lagi-lagi Finance tapi di sini ngomongnya soal proteksi ya biar kalau ada apa-apa lu enggak kena mental yang kedua punya asuransi atau BPJS supaya kalau sewaktu-waktu sakit lu enggak perlu ngeluarin duit gede biar enggak kena mental juga lu juga bisa lebih ngerasa Hamen karena kalau enggak ngerasa aman juga kan cemas kena mental juga ketiga make sure kesehatan fisik lohaman Kenapa karena kalau fisik kalau enggak Haman lu kurang tidur dan lain sebagainya bakal cenderung kena mental juga Makanya kalau lu ke psikolog atau siapa pasti ditanya tidurnya Gimana makannya gimana bisa satu persen juga pasti setiap sebelum lo konseling sebelum lu mentoring pasti kita selalu ngasih psikotes salah satunya adalah psikotes tidur juga keempat jaga juga data-data digital lo jaga juga kelakuan lo dilihat digital karena itu bisa menghasilkan resiko digital kalau cancel juga lu kena mentalnya banyak orang Indonesia yang sampai level 2 ini itu belum lulus dua-duanya jadi jangan heran kalau banyak orang Indonesia yang kena mental banyak juga yang udah kena mental di Nail lagi kalau udah level 1 dan 2 lu bisa naik level 3 lu nanti bisa lihat sendiri lah di kurikulum satu persen ya atau nanti bisa ikut webinar life skill tujuan gua buat ngebangun satu persen ini sebenarnya simpel semua warga Indonesia bisa sampai ke level 2 udah tujuan gua itu aja realistis aja kenapa Nyampe level 2 karena sebenarnya kalau udah level tiga lu enggak perlu menuhin semua aspeknya Lu cukup pilih salah satu di level 3 juga enggak apa-apa kayak misalnya meaning for relationship atau milih karir kan banyak tuh orang yang kayak gitu yang enggak nikah sampai tua tapi happy-happy aja ya mungkin salah satu duanya udah oke terus tinggal dia milih kalau bisa semuanya Gimana fan-nya bagus gua bakal nampilin gambarnya atau list-nya di layar ini silakan lu refleksikan aspek kehidupan mana Di level 3 yang benar-benar lu pengin nah sampai sini ketika gua ngebahas dari tadi ada mental health Enggak kan kecuali di level 3 ada tuh comes Selain itu sebenarnya enggak ada itu yang ngomongin mental health secara spesifik Jadi sebenarnya yang bisa kita simpulkan di sini adalah menjaga mental health itu sebenarnya adalah menjaga gaya hidup aja menjaga pola hidup aja itu yang pertama yang kedua kita bisa lihat juga bahwa semua aspek kehidupan bisa ngaruh ke mental health itu sendiri nah yang problematika adalah ketika orang beneran hunting sama mental health dan yang problematik juga adalah ketika orang itu pedulinya sama mental health aja tapi enggak peduli sama finansial sama yang lain enggak realistis gitu jadi hidup itu bukan berarti lu harus terbebas dari masalah mental health sepenuhnya atau lo harus terbebas dari semua masalah enggak juga hidup tuh pasti ada masalah atau hidup itu bukan berarti menderita terus ya enggak perlu mental hatinya juga toh ada juga kok orang yang punya World Balance Oke tapi ngerasa nggak bahagia so mental itu penting atau enggak penting Enggak penting ya jadi mental header itu tidak penting guys penting itu adalah ya lu memenuhi kurikulum ini level 1 dan 2 minimal jadi di part sebelumnya kita udah menyimpulkan bahwa mental health tuh nggak penting-penting banget tapi gini ada pengecualian kita jangan sampai jadi ekstrim juga guys hidup kita juga harus mentingin mental health sebenarnya Kenapa karena kalau enggak ketika lu stress ketika lu depresi Mungkin lu nggak akan bisa mengidentifikasi itu Iya memang kalau lu mulai sekarang dari nol Kalau masih di level 1 masih nyari duit ya mungkin nggak usah terlalu fokus ke mental health maksudnya gini kalau lu cashflow belum positif lu banyak masalah dalam hidup lu ya Lu Kelarin masalah itu dulu Ini pertanyaan sering banget nih di webinar live planning gua ngedenger Bang gua milih pekerjaan yang fokus ke passion atau ke duit ya Tergantung Sebenernya kalau lu masih kayak flow-nya minus ya lu pilih pekerjaan apapun lah yang bisa ngeselin duit karena kalau enggak tidak realistis tapi ada pengecualian lagi kalau lu udah masuk level 2 atau 3 lu udah punya darah darurat lu punya previllage ya lu bisa milih pekerjaan apa yang lu suka ya berarti lu jangan diem-diem aja dong kalau ngerasa kesehatan kalau Keganggu ya karena lo punya privilege untuk memperhatikan kesehatan mental dengan lebih dalam tapi intinya gini banyak dari lu yang gue Yakin lu udah masuk level 2 level 3 lu mungkin udah punya dana darurat asuransi lu udah oke hidup Ya kalau lu udah oke hidupnya lu juga nggak rentan dari stress saran gua lu nggak diam-diam aja ketika ngerasa kesalahan mental lo ke ganggu buat lo yang level 1 juga belum lulus sama juga sebenernya jangan lupa mikirin mental health karena kalau mental atau keganggu lu mungkin enggak akan bisa nyari duit juga kan jadi tips dari gua cara paling gampang untuk peduli sama mental health dan peduli sama produktivitas lo adalah dengan mendengarkan tubuh dan pikiran lo ketika lo ngerasa capek atau stress jangan langsung bilang pertama gua nggak kuat kesehatan mental gua lagi Oke jangan langsung bilang gitu yang kedua jangan juga langsung bilang gue bisa gue bisa itu Toxic positivity cuy jangan terlalu cepat ngambil kesimpulan coba buat huware coba buat mengakui dulu bahwa Oh oke gua punya masalah gua lagi nggak baik-baik aja apa yang harus gua lakuin lu bisa coba tuh anali Oh iya gua harus tidur lebih lama karena gua begadang mulu Oh iya gua bisa makan makanan yang bergizi biar otak gue sehat Oh iya gua bisa ngehindarin teman-teman Toxic itu sebenarnya sesimpel itu Cuy ya kalau misalnya dia ngelakuin sesuatu udah dua minggu nah baru konsultasi ya batasnya tuh dua minggu kalau menurut gua Sehatnya tuh kalau 2 minggu lu udah ada depresi terus ngerasanya ya Jangan terlalu cepat ngambil kesimpulan Aduh saya sambil mental harus healing Jangan gitu dulu ya Evan masih dulu of course di di beberapa konteks Ya memang Ya kalau udah kecapean ya harusnya istirahat sih ya enggak ada salahnya kok ngambil day of cuti tidur atau mungkin dengerin musik tapi jangan berlarut-larut ingat harus ada evaluasi biar lu enggak terlalu cepat ngambil kesimpulan yang biner antara anti banget sama mental health Terus lu gaskeun terus padahal bentar lagi Burnout atau lo menyerah dan manja gitu ya jangan kayak gitu gitu ya Jadi lu harus bisa evaluasi ya evaluasi gejalanya banyak gejalanya ya ketika lu udah mulai keganggu mentalnya susah konsentrasi gampang marah emosian gak ada semangat ya jadi jangan lupa evaluasi Jangan menilai terlalu cepat gitu dan kalaupun lu menganggap Aduh Kayaknya gua depresi itu nggak apa-apa sebenernya tapi habis itu ngapain Habis itu langsung ke psikolog biar bisa dapet diagnosis yang tepat biar bisa dapat terapi yang tepat Siapa tahu lu ternyata butuh cbt atau bahkan nanti tiba-tiba dirujuk ke psikiater ternyata butuh obat karena udah Apa pengaruh sistem saraf dan lain sebagai itu mungkin banget bahkan untuk masalah yang sepele yang mungkin dianggap sepele ya untuk psikolog kecanduan pornografi [Musik] banyak yang merasa seperti itu Dan mungkin masalahnya supaya nggak gitu ya sebenarnya Buat beberapa orang cuma nonton porno doang cuma masturbasi doang Which is true at some point tapi kalau misalnya lu keganggu enggak ada salahnya buat konsultasi gua enggak bilang masturbasi atau pornografi itu benar-benar atau salah ya Tergantung lagi-lagi tergantung lo sendiri Tapi kalau lu udah ngerasa terganggu itu berarti tanda bahwa mental health lu udah mulai kena Ya intinya kesehatan mental adalah hal yang sebenarnya nggak perlu Terlalu diperdebatkan guys nggak perlu diperdebatkan dalam konteks mentor satu ada mentor satu tidak ada mental health adalah hx atau tidak udahlah gak usah terlalu banyak debat Lu lihat aja pola hidup lu karena mental heal tuh penting udah jelas itu tapi ingat yang bikin mental hal penting bukan mental headnya itu sendiri tapi adalah pola hidup kita yang harus kita evaluasi kalau pola hidup kita udah bener kita masih kena mental berarti yaitu memang kena mental Berarti lu perlu konsultasi gitu ya jadi jangan ragu lah untuk konsultasi ke profesional kalau misalnya lo bingung nih gua kasih sourcess-nya lu bisa coba Konsultasi sama mentor atau psikolog satu persen yang sudah jelas tentunya kita bakal jadi pendengar yang baik dan membantu ngasih rekomendasi solusi kita kasih worksheet juga kita tes juga lewat tes psikologi ya lewat accessmen kita kasih lu personal letter treatment lu butuhnya apa nih lu bisa lihat di layar personel treatment-nya worksheet-nya dan lain sebagai kita juga ngasih worksheet gratis nih buat lu yang kayak penasaran works itu isinya apa kita kasih nih worksheet gratis dan jangan lupa untuk lihat kurikulum Line skills dari satu persen ya kalau misalnya lu penasaran dengan kurikulum lebih lanjut lo juga bisa ikut webinar live kurikulum kita ngadain setiap bulan rutin semuanya udah gua taruh di description box ada juga berbagai tes online gratis yang bisa lu manfaatin untuk ngecek kesehatan mental lo dan soal forno Akhir kata gua Advance 1% well thanks