Transcript
y2PppaBoPbA • Mengapa Orang Pintar (bisa) Gagal & Tidak Bahagia?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0651_y2PppaBoPbA.txt
Kind: captions
Language: id
dari kita kecil sampai sekarang orang
tua keluarga dan masyarakat seringkali
menuntut dan menghargai orang yang bisa
masuk ke jajaran orang sukses orang yang
terbaik semakin sukses dan besar nilai
kita di sekolah di kampus semakin besar
Gaji kita di kerjaan semakin besar pula
apresiasi dan kompensasi yang kita bisa
terima tapi di sisi lain kita juga
sering banget dikasih lihat
contoh-contoh orang yang sebenarnya
jenius banget di akademik atau kerjaan
tapi kehidupan personalnya cenderung
up kalau di Naruto Mungkin kita
bisa lihat di Sasuke ya Sasuke itu
jenius pinter ketika diakademi tapi
hidupnya penuh dengan kebencian teman
juga enggak punya kecuali Naruto gitu ya
Atau mungkin bahkan lu punya temen yang
seperti ini juga temen lu mungkin pintar
nilainya bagus tapi kok hidupnya B aja
Atau mungkin malah justru hidupnya
up atau teman kampus lo mungkin kan
pasti kampus suka diskusi suka
berfilsafat logikanya masuk pin terbaru
argumen tapi kok pas keluar kampus Kagak
jelas hidupnya yang jadi pertanyaan
adalah
Kok bisa sih orang-orang Ini tuh kayak
gitu Kalau misalnya pintar aja enggak
cukup apa sih yang harus kita lakuin
buat bisa Survive dan sukses di
kehidupan well di video kali ini gua
bakal ngebahas beberapa konsep yang bisa
ngebantu loh buat memahami gimana dunia
bisa bekerja seperti itu dan Emang apa
sih mindset yang tepat yang bisa
dilakuin biar lu tuh pinter tapi enggak
fake up gitu hidup ya biar lu bisa
Survive biar lu bisa sukses beneran di
kehidupan stay tune sampai habis Biar lo
bisa dapat keseluruhan inside-nya
[Musik]
sebelum kita bahas lebih lanjut kita
mungkin perlu definisikan dulu sukses
itu apa sih sukses itu kan subjektif
banget ya makanya gua mau mendefinisikan
sukses itu seperti bagaimana orang
Indonesia mempersepsikan sukses sukses
itu sebenarnya simpel guys Ya tapi kalau
menurut gua simpelnya itu maksudnya Ya
lu tinggal lihat kurikulum satu persen
kurikulum Life skills-nya kita lu cek
level 1 2 3 kalau lu udah level 3
Berarti lu udah sukses ibaratnya ya lu
udah Happy Terus lu healthy terus lu
productive kalau pakai bahasa awam
mungkin bisa didefinisikan dengan tiga
poin ini ya Pertama lu mungkin udah
punya prestasi dan rekognisi jadi kayak
lu udah mencapai sesuatu yang merupakan
live planning elu ya terus kayak lu udah
mendapat rekognisi misalnya lu dapat
penghargaan atau apapun lah Nah itu
berarti lu bisa dibilang sukses tapi
kalau orang cuma punya prestasi dan
recognisi doang enggak bisa dibilang
sukses dong menurut orang Indonesia
makanya ada poin 2 poin 2 adalah stabil
finansial Nah kalau orang Indonesia
biasanya identik dengan rumah kos-kosan
dan mobil ya Nah cuman Intinya kalau
mobil finansial itu ya lu punya
penghasilan yang Okelah ibaratnya ya
cukup sih untuk menghidupi lurus lu juga
nggak ada hutang ya Bahkan lu mungkin
udah punya financial Freedom poin ketiga
ya happy sih kalau misalnya lu udah
punya prestasi dan rekomisi udah stabil
finansial tapi lu nggak punya pasangan
temen tapi lo misalnya nggak bagus di
agama atau spiritualitasnya ya lu enggak
bisa dibilang sukses kan nah kita kan
udah tahu nih definisi sukses Seperti
apa berarti kita udah tahu dong definisi
gagal itu apa ya gagal itu ketika lu
belum mencapai 3 poin tadi atau
ibaratnya ya lu belum lulus level 1 2
dan 3 sih tapi kita fokus ke kalau
bicara tentang ini ada enggak sih Orang
yang pintar terus enggak sukses di level
1 2 3 kurikulum Life skills atau enggak
memenuhi standar yang barusan gue bilang
ya banyak banyak kasus di mana ada orang
pintar itu enggak sukses lewat level 1 2
3 bahkan ada juga yang berakhir nafas
gitu punya gangguan mental akhirnya
melakukan percobaan bunuh diri dan
banyak juga orang yang pintar nih terus
sukses gitu ya di bidang yang dia tekuni
dan pas dilihat-lihat mungkin bisa juga
temen lu atau lu sendiri gitu ya lu tuh
pinter tapi di aspek kehidupan yang lain
Lu gagal gitu entah itu misalnya lu
nggak punya pasangan jomblo dari lahir
atau mungkin lu nggak punya temen atau
sahabat atau hidup miskin bahkan sampai
meninggal bisa jadi lu kayak gitu banyak
juga loh orang-orang jenius ya yang
karyanya itu baru dikenal setelah
meninggal Frederick Niche misalnya kalau
pelukis mungkin Van gold ya kenapa sih
bisa seperti ini Padahal kan lu pinter
gitu kok lu enggak Happy kok lu enggak
kaya kok enggak sesuai definisi sukses
realita padahal lu pinter ini kita bahas
di section Selanjutnya ya
Gue pernah baca ya satu artikel dari
Harvard bisnis review yang ngejelasin
seringkali orang pinter tuh Gagal bukan
karena faktor eksternal tapi justru
faktor internal Kenapa karena kan mereka
pinter ya tapi ternyata di internal
mereka tuh ada masalah artinya yang jadi
penyebab kegagalan mereka sendiri adalah
diri sendiri apa aja sih aspeknya ketika
orang pintar itu mensabotase
kebahagiaannya sendiri atau mensabotase
kesuksesannya sendiri well pertama orang
pintar itu seringkali meremehkan skill
lain di luar keahliannya nggak jago
negosiasi atau dosen yang nggak bisa
ngajar mungkin mereka pintar ya ya
Komunikasi itu adalah skill set
tersendiri ngajar juga skill saya
tersendiri Jadi bukan berarti ketika lu
pinter fisika lu bisa ngajarin fisika
belum tentu juga ketika lo pintar
berbisnis lu jago komunikasi belum tentu
juga ilon Mas aja sampai sekarang kalau
dari cara ngomong kan mungkin nggak
sekeren orang-orang yang jago public
speaking 'kan nah ini adalah jebakan
yang seringkali datang ke orang yang
pintar jadi Mereka cenderung fokus
banget buat mengasah kepintarannya di
suatu bidang tapi ngehindarin sesuatu
yang bukan jadi keahliannya ya jadi
kayak expert aja tapi nggak generalis
mungkin ya lalu bisa nonton lah video
EXO generalis di yang sebelumnya ya yang
udah gua jelasin yang kedua nah ini juga
menarik ada data yang bilang bahwa orang
pintar itu cenderung susah diajak
kerjasama kayak orang pinter tuh susah
kerja sama sama banyak siswa yang kurang
pintar itu makanya si orang pintar ini
jadi ngandelin diri sendiri dibandingkan
orang lain tapi kita tahu lah kalau
berbisnis berorganisasi ya enggak bisa
lu kalau sendiri doang lu mesti
ngandelin orang lain Yang ketiga orang
pintar itu sangat pede ya self team-nya
itu adalah kepintarannya itu sendiri
saking pedenya mereka juga bukan hanya
enggak nyaman kerjasama orang yang lebih
bodoh daripada mereka atau orang yang
medioker mereka juga enggak nyaman kerja
sama orang yang lebih pintar dari mereka
karena mereka ngerasa self esteemnya tuh
Terinjak gitu sama orang yang lebih
pinter mudah tersinggung gitu ibaratnya
baperan padahal bisa Jadi sebenarnya ya
biasa aja jadinya frustrasi gitu
kerjasama sama orang yang enggak
berkualitas tapi susah juga kerjanya
sama orang yang lebih pintar ya udah
akhirnya ya kerja sendiri lagi gitu
Padahal ya kerja sendiri belum tentu
sukses ya yang keempat orang pinter juga
gampang banget bosen Nah jadi pinter dan
eksplorasi ini adalah dua hal yang
berbeda tapi kalau ada orang pinter yang
juga terbuka dengan eksplorasi terbuka
dengan hal baru biasanya lebih kreatif
ya tapi lebih gampang bosen akhirnya
kerjaan-kerjaan yang harusnya bisa lebih
disiplin bisa dilakuin secara rutin dan
itu menunjang kesuksesan itu kagak
dilakuin karena nggak bisa
mempertahankan level motivasi yang sama
ketika mereka lagi seru-serunya di awal
jadi orang pintar Juga bermasalah dengan
motivasi ya guys nah yang kelima orang
pintar itu kebanyakan mikir kebanyakan
ngelamun jadi kayak kan orang pintar itu
otaknya oke ya harusnya ya akhirnya
mereka jadi suka berpikir yang mendalam
yang kritis yang radikal ya tapi
orang-orang pintar ini yang seringkali
nganggap kalau solusi permasalahan
adalah Ya udah dipikirin aja Bahkan
dalam beberapa kasus udah tahu solusinya
tapi ya Kagak action karena kebanyakan
mikir atau terlalu sibuk mikir dan
sebetulnya orang pintar ini bukan hanya
tidak sukses dalam hal karir atau bisnis
atau apapun itu tapi juga orang pintar
ini ternyata tidak bahagia juga jadi
susah untuk bagi gua bakal bahas si
section selanjutnya
[Musik]
Oke di section ini mungkin bakal singkat
ya tapi intinya gini deh kesuksesan dan
kecerdasan itu nggak selalu menjamin
kebahagiaan gua ulang lagi kesuksesan
dan kecerdasan tidak selalu menjamin
kebahagiaan apalagi kalau lu pinter
terus ekspektasi lu tinggi banget sampai
lu mungkin jadi nggak paham Gimana
caranya lu bisa puas dengan hidup lo
yang sekarang yang mungkin hidup lu
sekarang tuh udah jauh lebih oke
daripada Kebanyakan orang di luar sana
orang pinter itu bakal ngerasa puas
kalau berhasil mencapai sesuatu yang
tinggi ini yang ekspresinya tinggi ya
kebanyakan dari orang pintar yang
ekspektasinya tinggi itu bakal mikir
kalau ekspirasi mereka itu realistis
tapi padahal gak juga Dan ini juga
akhirnya bikin mereka jadi perfeksionis
ngejar kesempurnaan padahal ya mustahil
ya ngejar kesempurnaan dan idealisme
orang-orang pintar ini juga enggak
selalu diterima loh oleh masyarakat
pertanyaannya lu merasa seperti itu
nggak kalau lu merasa seperti itu lu
nonton sampai habis ya karena gua bakal
ngesolusi gimana biar lulus semua yang
merasa pintar atau yang beneran pintar
ya itu bisa bahagia
Gimana cara orang pintar bisa bahagia
well pertama-tama kita menganggap bahwa
Bahagia itu hasil dari Kesuksesan kita
terobsesi sama berbagai macam pencapaian
atau mungkin ekspektasi kita dan ketika
kita nggak mencapai itu Ya udah kita
jadi nggak happy atau kita juga
seringkali melupakan hal-hal yang di
luar ekspektasi Kesuksesan kita kayak
misalnya punya pasangan punya temen
hubungan baik dengan orang tua kita tuh
seringkali lupa jadi ada dua poin ya
pertama ekspektasi ketinggian yang kedua
lupa bahwa hidup itu bukan cuma soal
kesuksesan dalam tanda kutip atau
kesuksesan di bidang tersebut banyak loh
bidang lain dan ini wajar sebenarnya
Kenapa karena kita enggak pernah
diajarin di sekolah cuy Makanya nama
channel ini juga satu persen Indonesia
Live School makanya kita pengen ngajarin
ini nih pengen sharing ini nih kurikulum
Life skills ini ke lu semua biar kita
bisa sama-sama sharing tentang makna
hidup buat kita masing-masing Nah
makanya saran gua coba lu analisis diri
lu lewat aspek-aspek kehidupan yang ada
di kurikulum life skill satu perse mulai
dari apakah lu udah bisa Survive atau
belum Terus yang kedua lu udah bisa
memproteksi dan memanage resiko lu belum
Terus yang ketiga fokus kita di video
ini ya udah punya meaning for
relationship belum Lu ada hobi nggak
mental health lu gimana physical help lu
gimana gimana spiritualitas lu hubungan
lu dengan Tuhan atau agama karir lu
gimana etik dan manner gimana level 1
dan ada darurat punya atau enggak Kalau
tiba-tiba sakit lu bisa Oke Enggak
enggak mesti ngejar semuanya memang
apalagi di level 3 ya lu bisa milih
enggak semua orang kok butuh
relationship ya sama kayak ya ada orang
yang car free ada juga yang enggak ya
kan ada juga orang yang punya agama ada
juga yang tidak gitu Ya itu terserah lu
lah gitu maksudnya itu masalah personal
Lah iya kan lu bisa ngejar satu dan udah
puas dengan itu aja pilih aja yang
sesuai dengan keinginan lo eh selama
enggak ngerugiin orang lain sama enggak
eh ngeganggu orang lain ya enggak segan
aja ya Enggak sih kejar hal-hal yang
memang lu pikir lu butuh kejar aja kalau
enggak butuh yang enggak usah dikejar
tapi jangan dinilai jangan ah gua mah
enggak butuh padahal asli nya enggak
bisa tuh punya temen punya pasangan
hati-hati itu dengan Dina itu bisa jadi
dalam beberapa kasus ya perlu ke
psikolog Nah yang kedua jangan lupa
manage ekspektasi Jadilah orang yang
optimis tapi realistis juga jadi kayak
set target yang memang tidak terlalu
tinggi tidak terlalu rendah dan di
realistic ke baris jadi kayak kalau
enggak tercapai Ya udah kalau tercapai
ya syukur
[Musik]
gue yakin ya Semua orang berhak buat
dapat kesempatannya ngembangin potensi
terbaiknya termasuk orang yang tidak
terlalu pintar juga ya Tergantung
privilesu lah kalau pinter atau enggak
ya tapi yang jelas kalau lo ngerasa lu
mau improve diri lu merasa keganggu
dengan diri lo sekarang Lo pengen Diru
lebih baik dalam semua aspek gua
menyarankan lu untuk ikut webinar Life
skills mulai dari live introduction
personal Finance sama light lining 3 itu
wajib menurut gua terus habis itu lo
bisa ikut webinar-binar yang lain ada
banyak tergantung masa lalu apa Dan
kalau lu ngerasa kayak Wah gua udah
ngerasa keganggu fan dan lain sebagainya
saran gua lu konsultasi aja ke mentor
atau psikolog gitu karena jujur orang
yang butuh ke psikolog atau butuh
konsultasi ke mentor satu persen itu
biasanya adalah orang yang justru yang
dinail orang-orang yang kayak ah gua mah
enggak butuh butuhnya duit orang-orang
yang sering ngatain kayak gitu Tuh itu
biasanya Justru orang yang paling butuh
konsultasi orang yang masih di Nail ya
lu tahu lah ya stage of grif itu kan
pertamanya Dina ya memang butuh proses
sih ya untuk keluar dari denial itu Tapi
kalau lu ngerasa 70 ada masalah dan lo
punya duit sedikitlah 100.000 150 Gue
saranin lu konsultasi aja sih kali
seumur hidup dah kalau nggak
berkali-kali Ya siapa tahu bisa ngebantu
kalau misalnya lo ngerasa nggak ada
masalah pengen upgrade Nah berarti
webinar pilihan yang tepat atau kalau lu
nggak mau beli produk kita gitu ya nggak
mau support satu persen ya enggak
masalah GTA atau belum bisa support kita
beli produk kita gitu ya enggak apa-apa
juga sih lu bisa nonton video satu
persen terus secara gratis dan sebagai
ucapan terima kasih buat lu juga karena
kita kan pengin lu semua berkembang ya
gua juga selalu ngasih resource gratis
ya seperti worksheet ini lu bisa cek di
link di deskripsi buat lo semua yang
ngatain layanan satu persen enggak guna
atau apa bro udah ratusan ribu orang
yang ikut dan kebanyakan testimoninya
puas dan merasa bahwa layanannya
bermanfaat dan setiap kali lu daftar
layanannya satu persen lu telah membantu
juga kita untuk ke publish video ini
secara gratis Akhir kata gua evangelis
satu persen well gua mau saya Thanks
buat lu semua yang sudah support ya
sorry Thanks
[Musik]