Transcript
yYoR1TV_B4I • Kerja di Luar Negeri Lebih Enak Daripada di Indonesia!
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0650_yYoR1TV_B4I.txt
Kind: captions
Language: id
tinggal dan kerja di luar negeri bisa
jadi sesuatu yang oke banget kalau
menurut orang-orang Indonesia apalagi
kalau kita ngomongin dalam hal gaji cuy
tukang cuci piring di Australia office
boy itu gajinya bisa sampai 50 juta
Rupiah per bulan dan ini pun gua ketika
melihat red Twitternya sangat-sangat
merasa bahwa sangat membagongkan sekali
gitu ya Elu yang di sini kerja di bawah
10 juta dan udah oke banget di sana Rp50
juta untuk part time tukang cuci piring
ada juga influencer yang bilang kalau
pendapatan kotor driver online di luar
negeri itu bisa sampai 2 juta per hari
30 berarti 60 juta dong per hari kalau
kerja tiap hari dan itu pun di luar
negeri masih banyak driver ojol yang
protes bahwa gaji mereka tuh rendah
fenomena Ini akhirnya bikin gua
bertanya-tanya sebenarnya tinggal di
luar negeri itu worth it enggak sih dan
kalaupun iya emang gimana ya caranya
biar kita bisa tinggal di luar negeri
atau setidaknya dibayar pakai dollar ya
dollar walaupun itu sih Ya Tonton video
ini sampai habis Biar lo bisa dapat
keseluruhan inside-nya
[Musik]
Nah gua bakal bahas tentang bedanya
kerja di Indonesia sama di luar negeri
Emang keuntungan Apa sih yang ditawarin
kerja di luar negeri dibandingin kerja
di Indonesia Ya jelas banyak sih tadi
aja dari hal gaji itu sangat amat
membagongkan gaji pegawai yang oke di
sini bisa 10 kali lipat Padahal di sana
kerjaannya ya masih kerja kasar udah
berapa kali lipat lebih gede gitu ya
tapi bukan cuma masalah gaji ada juga
kondisi Ketenagakerjaan lain yang
sebenarnya Mungkin bisa kita lihat lebih
positif daripada di Indonesia meskipun
di Indonesia bukan berarti negatif ya
pasti ada plus minus tapi di sini gua
bakal coba ngebandingin antara Indonesia
dengan salah satu negara yang mungkin
cukup dekat yaitu Australia Kenapa
Australia ya karena ini mungkin enggak
terlalu jauh gitu ya Pertama Dan Yang
Kedua mereka juga banyak banget
didatengin sama mahasiswa Indonesia dan
yang ketiga ya mereka punya kebijakan
Tenaga Kerja dan perlindungan pekerja
yang bisa kita jadiin benchmark pertama
work Life Balance pemerintah Australia
itu mendorong pekerjanya buat punya work
Life Balance yang Oke makanya rata-rata
orang Australia itu kerjanya adalah 38
jam per minggu artinya ya 7,5 jam
perhari sebenarnya normal sih tapi nanti
gua kasih tahu data di Indonesia ya Nah
Australia juga punya jatah cuti yang
relatif tinggi kalau di kita tuh kan 12
hari sementara di mereka tuh 4 Minggu
per tahun artinya lo bisa cuti lebih
dari sebulan tapi masih dibayar sama
perusahaannya belum lagi ditambah izin
sakit tuh 10 hari dan 10 hari juga hari
libur gitu ya Tergantung daerah tempat
kerja loh kalau di Indonesia memang mau
Ketenagakerjaan itu bilang ya 40 jam per
minggu jadi basic banget sih 8 jam per
hari kan tapi nyatanya 14% pekerja
Indonesia itu bisa bekerja sampai 60 jam
per minggu belum lagi yang enggak ke-1
Indonesia tuh salah satu negara paling
kerja keras lah di dunia sebenarnya
jatuh cutinya juga cuma 12 hari itu pun
kalau lu udah kerja minimal setahun dulu
kalau belum setahun ya Enggak boleh cuti
meskipun hukum kita ya of course lebih
friendly lah daripada negara lain kayak
ada proteksi JKT BPJS Tapi jujur kerja
di luar negeri itu bisa jadi nawarin
benefit yang lumayan Oke apalagi misal
Lo nggak pernah pakai BPJS gitu ya terus
lu juga mungkin nggak di PHK dan lain
sebagainya kalau lu punya skill yang Oke
lebih baik kerja di luar negeri ini gua
enggak bilang Indonesia jelek ya tapi
untuk beberapa orang bisa jadi leverage
di luar negeri lebih bagus yang kedua
budaya kerja dan transparansi kalau lu
lihat di Indonesia itu budaya kerjanya
lebih hierarkis lebih formal dan
aturannya lebih kaku of course itu
enggak berlaku ya di dunia startup di
dunia tek tapi dunia attack berapa
persen sih di Indo gitu ya mayoritas
Indonesia itu masih UMKM atau ya
korporasi atau pemerintahan juga nah
budaya ini bisa kita lihat juga kalau
rapat perusahaan ya biasanya lebih
formal lebih terstruktur bahkan kalau lu
lihat di hotel itu pasti pendapatan
utama mereka adalah dari meeting juga
dan akhir tahun pasti selalu penuh sama
meetingnya tapi udah bukan rasio umum
lah ya kalau ngomongin soal meeting yang
lebih formal kalau di Australia atau di
negara barat ya budaya kerjanya lebih
transparan lebih setara lebih egaliter
dan enggak terlalu mentingin hierarki
Jadi lu bisa berkolaborasi dan
komunikasi dengan lebih santai ya lu
terbuka kalau lagi ada rapat-rapat
perusahaan lu bisa wah salah nih pak
enggak boleh kayak gitu atau misalnya ya
lu bisa ngeprotes atasan lu sih jadi ya
expect aja ketika Lo kerja di luar
negeri lu bisa nego gaji lu bisa kerja
terus di feedback secara langsung secara
asertif secara lugas dibandingkan dengan
Indonesia yang mungkin cenderung enggak
enakan ketiga nah ini ngomongin gaji UMR
Indonesia tuh enggak ada yang lebih dari
5 juta 5 juta paling tinggi tapi
sebenarnya kalau kita lihat gaji
rata-rata orang Indonesia dibandingin
sama negara lain angkanya itu
menyediakan banget sebenarnya apalagi
kalau lu kerja di tempat kayak Jogja
gitu yang umr-nya rendah juga sedih juga
bayangin ya lu kerja UMR 5 juta atau 2
juta dan bahkan gaji rata-rata Indonesia
tuh sekitar rp2,9 juta guys tapi lu
harus beli iPhone yang lebih mahal
daripada orang USB iPhone Jadi kalau lu
kerja di us atau di Australia atau di
manapun gitu ya aduh tuh bisa beli
iPhone dengan lebih murah biasanya ya
kalau di us karena memang lebih murah
kan di sana di sini kita harus lebih
mahal coy buat dapetin barang-barang
yang harganya sama kayak misalnya motor
mobil langganan software iPhone tentunya
dengan gaji Indonesia makanya
orang-orang banyak yang bilang enakan lu
dibayar pakai dollar tinggal di
Jogjakarta iya nggak sih gua ulangi lagi
ya rata-rata gaji pekerja Indonesia itu
2,9 juta sementara di Australia
rata-rata gaji pekerjanya itu diangkat
7.500 USD alias 113 juta perbulan lu
bisa beli 10 iPhone lu bisa beli 5
iPhone Pro terbaru yang speknya paling
gede di Indonesia Lu harus ngumpulin 4
kali gaji dulu mau beli iPhone bayangnya
Itu tuh yang full time kalau misalnya
kita kerja part time misalnya sambil
jadi Mahasiswa upahnya juga masih gede
300.000 per jam Rp300.000 * 8 berapa ya
2,4 juta 2,4 juta per hari dikali 20 itu
dapat Rp20 juta per bulan atau barang
sampai 50 jutaan itu yang paling rendah
loh ini ya itu rata-rata lah dan yang
paling penting sebenarnya adalah ya
jangan sampai lu kerja di luar negeri
tapi lu enggak tahu gitu skill apa yang
harus lo kuasai apa aja yang harus lo
siapin Gimana caranya hidup di negara
orang nah ini gua bakal bahas di section
selanjutnya
jadi skill apa yang diperlukan untuk
kerja di luar negeri guys well ada
beberapa hal yang bisa lo perhatiin
sebelumnya gua mau disclaimer Kalau
ngomongin kerja ya sama-sama aja sih di
luar negeri sama Indonesia tapi kalau di
luar negeri Jangan lupa lu bukan warga
sana Jadi Ada banyak hal ekstra yang
mesti lo perhatiin yang mungkin bakal
mengagetkan lu gitu karena loh kok
seperti ini sistemnya gitu nah kita coba
lihat dari kurikulum satu persen oke
level 1 kurikulum satu persen itu
mengajarkan untuk Survive ya ini life
skills paling penting untuk Survive
untuk Survive Lu butuh apa pertama Lu
butuh duit kalau kerja di luar negeri
duit ini lebih penting lagi karena
pertama lu bakal ditolak kalau lu enggak
punya duit untung masuk ke negara
tertentu Kayak misalnya Jepang Australia
dan berbagai negara yang mengharuskan
adanya deposit tabungan ya Jadi lu mesti
punya tabungan yang super besar
sebenarnya biasanya ya 50 juta 100 juta
Rp150.000 itu Lu butuh untuk ke luar
negeri Apalagi kalau tidak ada yang
mensponsori ya Selain itu lu juga butuh
duit untuk bayar-bayar persyaratan
administrasi yang enggak bisa dibilang
murah kayak visa pesawat ke sana dan
yang jelas lu Butuh duit juga kan buat
makan di sana buat nyewa rumah atau
kosan pokoknya penting banget sih untuk
nabung dulu sebelum lu ke luar negeri ya
mau lu diendorse atau enggak kecuali ya
memang lu dapat beasiswa lpdp atau apa
itu pun menurut gua mesti harus
siap-siap gitu ya Jadi yang pertama Lu
butuh duit yang kedua Lu butuh attack
manner dan fashion nah ini penting
banget Dan ini juga ada webinar ya di
satu persennya penting banget untuk tahu
Epic yang ada di negara orang lain biar
lu pertama enggak dianggap aneh tentunya
dan yang kedua Biar lo enggak sulit
hidup gitu jangan sampai lu sulit hidup
karena lu enggak resah tentang budayanya
di negara dan kota yang lu 7 fashion
juga jadi penting banget bukan cuma
ngomongin stylish atau enggak tapi
karena Lu harus siapkan dengan berbagai
cuaca jangan sampai lu pakai hoodie tapi
di sana panas atau lu pakai hot pants
tapi di sana lagi musim dingin itu kan
kayak konyol gitu kan Nah jadi siap-siap
dengan berbagai macam budaya etika
manner gitu ya Gimana cara salamnya
Gimana cara mesen makan sampai ke
fashionnya juga nah itu adalah dua aspek
dari kurikulum life skill 1% untuk
Survive Terus yang kedua adalah proteksi
nah ini manajemen resiko kalau di
Indonesia itu bagusnya adalah ada BPJS
Iya nggak sih lu kalau sakit lu bahkan
gak punya BPJS pun lu bisa bikin on the
spotnya nggak sih kalau lu punya BPJS
apapun lu bakal didanai kan sama negara
kok di luar negeri kagak gitu ya Nah ini
mungkin lemahnya luar negeri ya Jadi lu
bahkan mesti siapin asuransi bahkan
beberapa negara ada yang wajibin lu
untuk pakai asuransi jadi jangan lupa
asuransi terutama asuransi kesehatan
biar lu nanti gampang mau ke rumah sakit
apalagi di us apa-apa bayar cuy bisa
sampai puluhan juta ya bahkan ratusan
juta yang kedua lagi-lagi duit ya jangan
lupa siapin dana darurat karena penting
banget jangan sampai lu udah beli
asuransi kagak punya dana darurat
tiba-tiba harus bayar akses wah ribet
apalagi di luar negeri gitu terus lu
lagi sakit lagi tipes misalnya monelpon
orang di luar negeri mungkin enggak ada
tipe sekali ya enggak ada tapi bayangin
deh lu tiba-tiba tipes asuransi lo akses
mau nelpon keluarga udah terlanjur sakit
keluarga gak punya duit juga kebayang
nggak ribetnya itu ya jadi penting untuk
dana darurat yang ketiga siapin
kesehatan fisik dan mental guys
kesehatan fisik dan mental di luar
negeri itu penting banget udah banyak
banget kasusnya orang-orang Indonesia
terutama ya stress di luar negeri nama
makanan karena pergaulan dan lain
sebagainya itu ya jadi jangan lupa
siapin mental pertama yang kedua siapin
fisik Jangan lupa untuk olahraga yang
rutin makan yang benar dan lain
sebagainya yang ketiga ada juga skill
yang menurut gua penting banget buat di
luar negeri tapi kebetulan belum ada di
kurikulum life skill satu persen Apa itu
simpel sih dan lu juga pasti udah tahu
lah yang harus siapin ini yaitu
komunikasi dan bahasa cuy nah ini
menurut gua penting banget makanya gua
mau bahas ini lebih spesifik lagi aspek
bahasa ini jujur ya secara langsung dan
enggak langsung itu ngaruh banget ke
mental loh sebagai pekerja di luar
negeri Kenapa ini penting banget karena
pertama dari riset kalau kita baca riset
banyak banget imigran alias orang yang
gawai di luar negeri yang akhirnya
ngerasa stres berat karena nggak fasih
sama bahasanya yang ngerasa dikucilin
yang ngerasa dibully pekerja imigran kan
sebenarnya udah kehilangan bahasa dan
budaya sehari-hari ya kita udah nggak
bisa pakai Bahasa Indonesia di sana
terus kita juga udah jauh dari keluarga
lingkungan kerja sepenuhnya baru belum
lagi ada bahasa-bahasa Slank yang kita
kagak tahu mungkin apalagi kalau kita
enggak fasih kalau kita kagak fasih
bahasa juga kehidupan personal kita bisa
jadi enggak stabil itu dan enggak save
juga ketika kerja di luar negeri susah
lu mau komunikasi sama siapapun bahkan
ya kalau ngomongin bahasa dari data
layanan konsultasi satu persen WNI dari
luar negeri itu proporsi di satu
persennya bisa sampai 5 sampai 7% dari
proporsi total orang yang konsul dan
orang yang konsul satu persen dari
ribuan guys totalnya ya limbah sampai 7%
dari luar negeri gitu ya jadi banyak
yang merasa dan keluhannya rata-rata
mirip yaitu kesepian social isolation
kesepian merasa terasingkan dan lain
sebagainya yang salah satu faktornya
adalah bahasa kita udah melayani
Konsultasi sama TKI TKW belum lagi juga
mahasiswa itu banyak yang isunya seperti
itu sama mirip-mirip kesepian
terasingkan penguasaan bahasa dan kalau
kita lihat dari riset yang lain misalnya
buat negara lain ini tuh berlaku buat
banyak negara yang Bahkan udah banyak
gitu Kayak misalnya orang China Filipin
atau Meksiko yang kebetulan kerja di us
kan banyak nih 3 negara ini itu tuh
Mereka banyak yang stress banyak yang
ngerasa terisolasi secara sosial karena
kagak tahu dan kagak menguasai bahasa
Inggris Padahal mereka udah lama kerja
di sana so buat lo yang udah di luar
negeri atau mungkin buat lo yang mau ke
luar negeri penguasaan bahasa itu
penting banget jangan lupa belajar yang
kedua ini gua masih ngomongin soal
Bahasa nih kalau lu enggak fasih bahasa
asing lu tuh bakal lebih rentan buat
yang kena konflik dikomunikasi dan kerja
banyak yang akhirnya mengalami konflik
sama pekerjaan karena masalah bahasa dan
ini bukan ngomongin invasi enggaknya
doang maksudnya bukan ngomongin lu
ngerti atau kagak tapi ngomongin masalah
pronunciation juga alias masalah gimana
lu menyampaikan komunikasinya itu atau
misal lu nggak ngerti bahasa Slank orang
sana gitu jadi ketika orang ngejokes lu
sendirian kagak ketawa atau misalnya
untuk ngerti sarkasme yang sebenarnya
sulit kan gitu kalau nggak ngerti ya
jadi makin ribet juga kalau kita cuma
bisa simpel komunikasi Jadi lu banyak
yang harus dilatih Ya nggak sih Bukan
cuma lo ngerti bisa baca bisa tulis tapi
lu juga harus bisa speak the language
yang mana data nunjukin kalau kemampuan
English speaking orang Indonesia tuh
masih cukup rendah dibandingkan reading
atau listeningnya dan Ini masalahnya
bukan cuma masalah ngerti karena ada
masalah percaya diri ada masalah gimana
lu ngomongnya ya Enggak sih dan Ya udah
akhirnya kita kalah tuh sama orang-orang
India sama orang-orang yang lebih vokal
lebih pede pronunciation-nya lebih oke
padahal sebenarnya kalau di atas kertas
kan banyak ya yang sebenarnya ngejek-in
ya Ini no offense gitu ya banyak yang
sebenarnya ngejekin ada singless gitu ya
Singapore English ada juga English
ala-ala Hindia yang sebenarnya mungkin
rada sulit gitu buat kita dengar ya tapi
mereka kok bisa menang daripada kita itu
ada masalah PD terus juga udah terbiasa
masalah vokal jadi ngomongin soal bahasa
Inggris tuh bukan cuma ngomongin soal lo
ngerti atau enggak atau perlu bagus atau
enggak tapi gimana nanti lu ngomongnya
lu bisa ngerti slang jokes atau dan lain
sebagainya dan lu bisa PD ini sebenarnya
seminar Mungkin lu bisalah gitu ya lu
bisa bayar minimum tapi lu harus bisa
banyak hal yang lain tadi syukurnya nah
ini syukurnya juga bahasa Inggris itu
buat beberapa orang ya memang susah tapi
masih mending lah karena pertama enggak
ada bahasa halus atau kasar ya Kayak
misalnya di bahasa Sunda bahasa Jepang
gitu ya kan beda ngomong sama orang tua
sama anak muda terus enggak bedain
donasi beda arti kayak Bahasa Mandarin
gitu kan dan syukurnya kita juga udah
belajar gitu ya dari SD jadi wajiblah
buat lu benar-benar untuk menguasai
bahasa Inggris belum lagi ya tuntutan
pekerjaan Indonesia juga Kebanyakan yang
butuh bahasa Inggris enggak perlu kerja
di luar doang nah terus gimana solusinya
gua bakal ngasih tahu gimana cara biar
lu bisa pede Gimana cara lu biar bisa
jago Gimana cara lu biar bisa belajar
langsung instan sekarang juga dalam
waktu cepat
Oke tadi gua udah bilang ya bahwa untuk
bisa berkomunikasi dengan orang bukan
hanya lu ngerti bahasanya jadi pertama
of course ada dua hal ya yang mesti lo
kuasai pertama adalah bahasanya dan
kedua adalah konteksnya Oke pertama
menguasai bahasa asing itu butuh
kepedean butuh pronunciation butuh
conversation orang Indonesia mungkin
udah jago dalam baca banyak yang udah
jago tapi dalam speaking listening belum
tentu jago Salah satu cara paling
efektif buat ngelatih conversation
speaking dan pronunciation cara nyebut
kata atau kalimat itu adalah dengan
latihan ngobrol bahasa Inggris tapi
masalahnya untuk latihan ngobrol mahal
kan biasanya pertama mahal kalau kita
hire orang untuk pertama yang kedua
malas ketemu orang gue sendiri jujur
kalau di satu persen kita banyaklah
training learning dan development tapi
gua pribadi juga mager kadang-kadang
kalau misalnya kagak praktis untuk
belajar bahasa Inggris that's why
Menurut gua kalau lu mau cepet mau
instan mau jago gua menyarankan platform
terbaik buat ngelatih conversation dan
pronunciation itu adalah Elsa L1 adalah
aplikasi belajar bahasa Inggris yang
pakai teknologi Ai dan speech
recognition jadi ini cocok banget buat
lo yang sekarang lagi persiapan buat
belajar bahasa Inggris dan punya
keinginan buat kerja atau belajar di
luar negeri Kenapa karena pertama ini
udah ada bisnis English dari Oxford
business Di mana lo bisa belajar
kalimat-kalimat yang lebih Advance
daripada kalimat yang biasa jadi mulai
dari level profesional starter
intermediate sampai Advance jadi buat lo
yang ngerasa Udah pinter lu Ketika pakai
aplikasi ini lu bakal ngerasa kayak gua
enggak spinter itu pertama dan yang
kedua lu bakal tahu gimana cara
pronunciation banyak hal ya ini bisa
free trail By the way ya dan gua belum
selesai ngomong semua pembelajaran dlsa
itu udah dilengkapi Sama ai yang bisa
menganalisis cara ngomong elu alias
pronunciation dulu Jadi kalau ada
pelafalan yang salah misalnya lidah lu
salah itu nanti dia bakal tahu cuy lidah
lu jangan ke atas maksudnya Ida elu gini
terus lu misal ketika ngomong coba
dibuka lagi mulutnya itu bisa kedetek
cuy sama suara lu jadi jangan sampai
lalu bikin turn off HR luar negeri
karena salah bahkan h dalam negeri aja
bisa turun loh gitu nah terus Elsa ini
bentuknya kan aplikasi Nah jadi lu bisa
belajar di mana aja tanpa mager dan
mereka juga udah nyediain 3000 lebih
modul pembelajaran dan lebih dari 40
topik yang bisa ngebantu lo buat belajar
bahasa Inggris kalau tertarik lo bisa
langsung download dan ada free trialnya
juga Jadi lu klik link deskripsi kita
udah kerjasama sama Elsa khusus buat
penonton satu persen lu bisa dapat free
trial selama 7 hari cuy Nah itu
ngomongin soal Bahasa sekarang gua mau
ngulangin lagi soal yang tadi hal-hal
yang perlu lo siapin jangan lupa juga lu
mesti nyiapin banyak hal kan so pertama
saran gua lu cari video-video negara
yang pengen lo tuju misalnya ya lu
pengen ke Australi Ya carilah
video-video yang membahas soal Australia
dan lu juga bisa jawab berbagai macam
pertanyaan ini lu bisa pause ya setelah
ini gua bakal ngasih list pertanyaan
buat lo siap-siap ke luar negeri
lain nggak buat nyiapin diri lo buat ke
luar negeri Nah kalau misalnya lu ada lu
bisa coba untuk ya taruh pendapat lo di
komen section fitur free buat sharing
pengalaman ya Gua suka banget soalnya
ketika bahas video luar negeri biasa
banyak banget pengalaman orang-orang
yang udah kerja di luar negeri gitu ya
semoga aja buat lu yang nge-share
pengalaman ini bisa jadi pembelajaran
buat yang lain
kerja di luar negeri memang ada
prosponsnya gitu ya di video ini gua
lebih banyak membahas pro-nya jangan
lupa tapi yang negatifnya juga disiapin
jangan lupa pertimbangkan segala
resikonya jangan lupa siap-siap lah
intinya ya Dan kalau misalnya udah siap
ya udah gaskeun aja dan yang paling
penting jangan lupa cari info tentang
negara yang pengen lo tujuh sambil
belajar juga ngelancarin bahasa Inggris
Biar nanti nggak Hahaha Ya ketika di
luar saran gua sih lu bisa maksimalin
aplikasi Elsa speak ini aplikasi yang
sudah gua rekomendasikan berkali-kali
untuk lo yang pengin lancar ngomong
bahasa Inggris lu download aja di Google
atau di Appstore dan lu juga bisa Klik
link di deskripsi buat dapetin free
trail dan dapetin diskon spesial juga
sih dan kita juga sudah ada grup
komunitas bahasa Inggris akan ada free
event ke depannya bahkan Semoga aja lu
nonton video ini enggak telat ya tapi
kalau udah telat ya udah masuk
komunitasnya aja free trial-nya masih
ada kok Oke Akhir kata gua Evan di satu
persen well thanks
[Musik]