Transcript
Ce73KD2WB_U • Berhenti Berpikir Gagal Cuma Karena Malas.
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0649_Ce73KD2WB_U.txt
Kind: captions Language: id kerja keras sama dengan berhasil dan malah sama dengan gagal narasi ini sebenarnya udah ada sejak dulu banget dan narasi ini mindset ini itu membentuk perspektif yang kuat di masyarakat bahwa kerja keras adalah faktor utama yang menentukan kesuksesan seseorang tapi fenomena Ini akhirnya bikin gua bertanya-tanya Apakah benar mereka yang miskin dan gagal itu hasilnya adalah karena kurang kerja keras atau justru ada faktor lain yang bahkan sekarang memberi dampak ke lu yang mungkin sekarang males mulu dan akhirnya bikin lo jadi gagal dan susah bangkit untuk mengubah hidup well station di video ini sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan inside-nya kita semua perlu paham ya kalau sekarang kita tuh hidup di era kapitalisme di mana sukses atau enggaknya hidup lo ditentukan dari seberapa banyak kapital atau aset yang lo punya tentu aset itu nggak selalu tentang uang bisa juga intelegensi bisa juga soal manner bisa juga soal fashion banyak juga aset dalam bentuk lain dalam sistem kapitalisme banyak masalah yang bisa terjadi salah satu yang paling sering adalah masalah kesenjangan ekonomi hanya lu bisa lihat di kurikulum satu persen juga bentuknya segitiga lebih banyak orang yang miskin ketimbang orang kaya dan orang kaya itu cenderung lebih banyak di level 4 mereka tuh punya akses Kebanyakan yang berkualitas sedangkan orang miskin jangankan akses berkualitas untuk level 1 aja untuk Survive dan dapat akses buat sekolah yang oke aja udah Beruntung banget kenapa bisa kayak gitu ya karena semuanya hampir semua butuh duit dan Aset nah permasalahan ini akhirnya bikin kompetisi kalau menurut orang-orang ya Ini tuh jadi kagak adil orang kaya akan selalu lebih diuntungkan daripada orang miskin yang akhirnya bikin peluang orang miskin buat menang jadi sangat kecil kecuali kalau memang orang miskin itu terberkahi dengan heterogensi terberkahi dengan keberuntungan tapi ya kita tahu lah enggak semua orang diberkahi oleh kedua hal itu Dan supaya jangan heran kalau dibayar kasus orang kaya itu lebih sering menang lebih mudah dapat kerjaan lebih sering damai dan lebih pintar bahkan terkadang lebih tengil juga karena ya ibaratnya orang kaya lebih punya power buat mengendalikan hidupnya kondisi ini pun akhirnya menciptakan masalah baru buat orang miskin karena ya mereka udah keseringan gagal udah keseringan Kalah karena hal di luar kendali Mereka banyak orang miskin yang mengalami masalah psikologis yang akhirnya disebut sebagai gangguan mental kalau udah parah banget atau kalau yang belum separah itu tapi udah enggak mau usaha namanya adalah mental pasrah nah fenomena ini sebenarnya disebut oleh salah satu ilmuwan Psikologi itu namanya adalah learn up plus alias lu belajar untuk lu kagak ngelakuin apa-apa Belajar kagak ngelakuin apa-apa karena ngerasa enggak punya terkendali atas masalah yang lagi mereka hadapi Padahal kalau sebenarnya take action tuh bisa selesai tapi nggak ngelakuin apa-apa aja Nah ini bisa terjadi karena beberapa hal tapi yang utama adalah ya karena udah terlalu sering kalah dan gagal karena faktor di luar kendali akhirnya mereka jadi mikir kayak gini sekeras apapun mereka berusaha mereka tetap gak bisa mengendalikan kondisi itu udah ngelamar kerja sana-sini tapi enggak dapat-dapat udah berusaha jualan sana-sini kagak laku dan berusaha PDKT ke sana kemari masih jomblo aja gitu ya gagal memang wajar gagal memang harus gagal memang ya sebuah fenomena yang normal tapi kalau keseringan ya bisa jadi penyebab dari mental pasrah juga dan akhirnya ya kita semua yang punya mental pasrah itu punya berbagai problem lu bisa pause dulu nih buat baca perlu gue bilangin ya kalau lu udah merasakan dampak ini berarti lu mesti nonton ini sampai habis gimana sekarang Menurut lo Apakah miskin dan gagal itu lebih disebabkan oleh struktur atau masalah mental atau masalah apa Nah kita coba bahas solusinya di section selanjutnya gue yakin banyak diantara kita yang harusnya kagak punya akses seluas akses yang dimiliki oleh orang kaya yang sesimpel gini lah Nggak bisa sekolah kuliah dengan gampang harus pakai beasiswa harus Ngumpulin duit dulu nggak bisa nyicil mobil nggak bisa beli rumah nggak bisa sekolah di tempat yang bagus memang kita nggak punya akses itu tapi untungnya kapitalisme juga punya kelebihan ada argumen kebalikan dari kapitalisme memang kapitalisme menghasilkan kesenjangan tapi kalau lo sekarang bisa nonton video ini sebenarnya video ini adalah hasil dari capitalisme juga dan hasil dari capitalisme adalah lu sekarang bisa punya akses Apa itu ini adalah akses smartphone dan internet dan juga ada YouTube juga jadi mau belajar skill baru tinggal browsing mau bikin essay nanya pertanyaan apapun sekarang udah ada chattivity event buat invest misalnya lu investasi ke luar negeri misalnya saham United States saham us lu tuh sekarang udah enggak perlu ngelakuin cara yang lebih baik lagi lu bisa download aplikasi di mana lu bisa pilih berbagai ribuan aset dari saham sampai crypto tanpa biaya transaksi ini kan dampak yang keren banget ya dari perubahan teknologi dan informasi kayak bayangin Lu cuma modal 5000 doang lu bisa invest di saham us dengan aplikasi yang sangat mudah dipakai nggak ribet simple daftarnya gampang banget ini cocok sih buat lo yang masih pemula misalnya untuk investasi Nah jadi kalau ngomongin akses itu sekarang tinggal Gimana cara kita maksimalin akses-akses yang kita punya itu yang pertama yang kedua kita ngomongin soal negara sekarang negara lagi banyak kontroversi lah ya tetapi soal pajak soal pegawainya dan lain sebagainya tapi kalau kita ngambil Sisi positifnya sebenarnya negara itu sudah menyediakan banyak ya Misalnya BPJS Ada BLT ada dana BOS ada Indonesia Pintar ada edisi lpdp dan lain sebagainya tapi dengan berbagai macam akses pertama tadi yang kedua dengan berbagai macam proteksi yang sudah diberikan pemerintah juga yang hidup kita bakal gitu-gitu aja sih kalau kita misalnya hanya mengandalkan bantuan pemerintah terus enggak ngapa-ngapain ya Bisa aja juga kan kalau pemerintah mengandung gitu kan Terus pemerintah nggak mau ngasih bantuan karena faktor krisis ekonomi gitu kan tapi intinya gini intinya adalah kalau misalnya lu nggak berdiri sendiri Lu nggak coba ngelakuin sesuatu gitu ya itu tuh bakal lebih susah untuk upgrade diri dan juga untuk mencapai level di mana lu tuh udah financial Freedom dan lain sebagainya that's why kita minimalisir deh ya Meskipun boleh tapi minimalisir menggantungkan nasib hidup ke bantuan eksternal ibaratnya kita yang Miss queen-mis Queen ini ini juga harus perlu berdiri sendiri di atas kaki sendiri dan bisa nyelesain masalah sendiri yang jadi pertanyaan gimana caranya gua bakal ngasih tahu road map-nya nih yang bisa lo lakuin Salah satu cara yang paling penting menurut gua untuk lo Survive di sistem kapitalisme itu adalah literasi finansial Jadi Lo harus punya kemampuan literasi finansial kemampuan Mengatur keuangan pribadi secara efektif dari budgeting dari berhemat coba investasi coba nabung utang rasionya dibenerin dan lain sebagainya Ini semua adalah literasi finansial yang baik tanpa literasi finansial lu mungkin bakal kesulitan buat ngatur semua aset dan uang banyak juga kan kasus-kasus orang yang kena scam pinjol ilegal kejebak hutang sampai Gali Lobang Tutup Lobang ya kalau misalnya lo bingung mau mulai dari mana kita udah ada kurikulumnya ya life skill sekurikulum ini adalah acuan untuk lu bisa Survive di dunia zaman sekarang ini udah kita reset sama enam tahun ke belakang dan ya memang bisa jadi bakal berubah juga sih Ya tapi ini bisa jadi step by step yang utama buat lo kalau lo bingung mau naikin level kehidupan dari mana karena di sini konsepnya adalah Lu lebih baik lulus level sebelumnya dulu karena kalau ke skip bisa bahaya kita coba ya buat lo yang pengen sambil baca bisa pause aja ya karena ini mungkin bacanya lebih banyak daripada biasanya Oke level 1 Survive level 1 itu ngomongin kebutuhan dasar yang wajib lopenuhi dari sandang pangan papan ya basic personal Finance jadi cash Lu harus positif basic relationship harus punya support system intelegensi dan efektif thinking lo nonton satu persen buat melatih logical thinking terus manner citizenship dan Passion nah ini penting ini lu semua kudu make sure Kenapa karena sebelum move level 2 ya lu ibaratnya harus perfect baru habis itu ngomongin level 2 ya Gimana cara memastikan bahwa semua aset yang udah lu kumpulin sebelumnya itu bisa aman misalnya lu bisa mikirin tuh proteksi secara finansial Oh bikin dana darurat bayar bpjs-nya ya kalau belum punya BPJS dan itu juga bisa mulai nabung dana darurat nah itu yang kedua ngomongin soal proteksi kalau level 1 dan level 12 aman lu bisa lanjut ke level 3 eh di sini Sebenarnya hidup udah mulai handmade nih lu tinggal live planning aja lu tinggal mikir kira-kira prioritas kemana dari banyak aspek ini nah di level 3 ini memang tidak perlu semua lo fokusin Kenapa karena ya waktu kita terbatas kan Capital kita terbatas coba fokusin aja ke hal-hal yang memang benar-benar lu pengen fokusin contohnya ya yang menurut gue cukup penting adalah personal Finance ya kan tadi literasi finansial Kalau kayak selalu udah sehat dana darurat lu udah oke lu bisa set untuk nyoba investasi Biar apa Biar duit lu enggak kegerutu inflasi itu satu dan yang kedua biar lu bisa melipatgandakan uang lo bisa mulai nih set financial goals pertimbangkan teknik investasi yang lebih Advance yang sekarang mungkin lu udah invest di Reksadana udah invest di saham Indo Coba diversifikasi deh asetnya ke aset-aset lain dibayar tempat Enggak cuma satu aja bahkan beda negara nah ini biar kita bisa investasi lebih agresif tapi lebih punya manajemen resiko yang Oke bakal lebih Solid sebenarnya kalau lu bisa investasi jadi berbagai negara lain contohnya us selain karena potensi high return contohnya ya Microsoft kemarin baru akuisisi cat GPT dan lain sebagainya Itu bisa lo perhati lu bisa berspekulasi dan lihat juga laporan keuangannya supaya lo bisa lebih siap dalam menghadapi krisis ekonomi global Kenapa karena dolar us itu adalah mata uang yang terkuat di dunia at least sampai sekarang dan bursa saham miuis juga punya potensi rebound yang Oke jadi bisa dibilang ini pasar saham yang udah sangat mateng lah kalau lu mau diversifikasi dibandingkan yang lain Nah kalau misalnya lu mau invest di sound us lu bisa banget coba aplikasi nanoface nanoface ini udah dapat lisensi dari bab Epic sertifikasi iso dan KN dan novel juga sudah terdaftar dalam program perlindungan resiko cyber Crime dari asuransi Sinarmas jadi santuy keamanan data lu juga lebih terjamin nah lu kalau misalnya udah lulus level 3 lu bisa masuk ke level 4 nih di mana lu sekarang udah mulai enjoying live gitu ya udah enjoy lah itu lah udah udah gaji gede investasi Oke Mungkin lo udah hampir selesai nih ngumpulin dana pensiun lalu bisa buka Legacy dalam bentuk bisnis dan creating himpact ke masyarakat itu tadi adalah step-step yang bisa lu lakuin ya pertama lu fokus ke hal yang memang ada di kendali lu yang minimalisnya lu untuk bergantung pada hibah donasi dan lain sebagainya dan bangun dari level 1 sampai level 4 Jadi kurang lebih seperti itu ya Gimana menurut lu kira-kira lu punya pendapat lain atau enggak nah sampein cerita Lu di kolom komentar Oke so Dari video ini Kita bisa belajar ya bahwa banyak faktor lain yang menjadi penyebab kenapa kita males kenapa kita miskin Kenapa kita gagal terus dan akhirnya ngaruh ke mental kita juga tapi Ya seenggaknya dengan belajar banyak dari video-video satu persen Kita bisa belajar kalau kegagalan itu bukan sepenuhnya salah lu dan bukan sepenuhnya salah orang juga tapi adalah kompleksitas yang terjadi tapi yang penting adalah dari lu fokus aja lah ngendaliin apa yang bisa lo kendaliin daripada pusing mikirin hal-hal di luar kendali atau banyak protes atau banyak ngeluh dan kita belajar ya literasi finansial belajar Kurikulum satu persen dan belajar diversifikasi investasi dengan baik salah satunya yang tadi gua bilang lu bisa download aplikasi nanoface di Google Play atau App Store klik Link yang ada di bio Akhir kata gua Advan di satu persen well thanks [Musik]