Mengapa Orang Culun Lebih Sukses dari Orang Eksis?
MNH2xz8GPv4 • 2023-03-02
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id orang-orang ini yang dulunya culun sekarang mereka bisa menguasai dunia Lo semua pasti pernah pakai lah ya Facebook IG Google Paypal atau bahkan Lu pernah memimpikan punya mobil Tesla dan setiap kali gua ngeliat orang-orang ini founder founder ini di internet orang-orang culun ini kan kaya ya sekarang terus yang gua pertanyakan adalah orang-orang yang dulunya populer orang-orang yang dulunya eksis di sekolah itu mereka ke mana sih dan akhirnya dari pertanyaan itu gua pun coba kan ngelihat teman-teman gua yang eksis dulunya yang sekarang ya umurnya mungkin udah 30-an atau ya hampir 30-an Lah ternyata nasib mereka sekarang ya biasa-biasa saja sih tapi menariknya gitu ya ketika gua lihat dari lingkungan gua orang-orang yang dulunya culun dulunya kayak dianggap Kagak jelas terus mungkin jarang bergaul jarang berinteraksi ya Sekarang malah udah jadi Manager udah bikin saraf sendiri atau mereka udah beneran ngerjain sesuatu yang memang mereka passion net dari dulu dan gaji mereka juga ketika gua tanya lumayan sih pertanyaannya adalah Kenapa sih ini bisa terjadi apakah iya gitu di dunia nyata itu orang culun Justru lebih sukses lebih punya banyak skill dan punya peluang lebih tinggi daripada orang lain apakah iya orang culun itu punya peluang sukses yang lebih besar dibandingkan orang yang eksis nah ini bahasan yang menarik so Selamat datang ya di satu persen stay tune sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan Inside [Musik] Kenapa sih orang yang dulunya culun itu bisa sukses well pertanyaan sebelumnya ini ternyata jawabannya sederhana basically ya karena orang culun itu cenderung punya lebih banyak skill cenderung lebih mendalami skill itu dan akhirnya lebih jago di skill-skill tersebut dibandingkan orang yang eksis atau populer ketika gua mengingat orang-orang culun gua langsung ke inget sama SpongeBob itu orangnya culun jelas lah ya tapi dia punya kelebihan lain ya dia pertama baik dua peri yang dia juga kerja sesuai dengan passion tapi di sisi lain Jangan lupa si SpongeBob ini juga punya banyak skill bukan cuma ahli masa Krabby Patty Dia juga kreatif dia bikin inovasi kan Krabby Path yang berwarna meskipun dicelek-jelekin sama orang-orang SpongeBob juga ahli karate dan masih banyak lagi skill-skill SpongeBob yang mungkin butuh satu video full buat ngejelasin semuanya intinya SpongeBob itu adalah karakter yang culun tapi ya banyak skill termasuk skill yang Enggak penting gitu ya seperti menangkap ubur-ubur itu yang orang-orang culun di dunia nyata tuh mirip sama kayak Ponds Apakah orang culun punya banyak skill jawabannya ya Iya orang culun tuh kerjaannya apa sih pas di SMA pas di SMP atau pas di kuliah well kalau kita lihat stereotipe-nya orang culun atau nert itu kan biasanya adalah orang-orang yang punya pengetahuan yang tinggi dan biasanya passionate banget gitu sama subjek atau hobi yang spesifik entah itu misalnya science fiction fantasi atau ya wibu yang beneran akut gitu atau gamer-gamer yang di kamar mulu dan kalau kita lihat ketika di kampus mereka tuh dicirikan dengan fashion dan kebiasaan yang juga mirip biasanya mereka pakai kacamata pasti ya celana gombrang tas laptop Asus sendal gunung gitu kan suka nonton anime atau suka main game jarang bergaul kalau enggak penting-penting banget gitu ya mager gitu kalau ke party-party [Musik] Nah itu adalah ciri-ciri orang nerd bukan hanya ciri-ciri itu ternyata based on research orang yang nerd juga punya ciri-ciri Di mana mereka tuh biasanya pinter pinter di matematika desain yang kedua biasanya orang ngerti itu ya karena mereka mendalami gitu Ya saking mendalami itu ya mereka memang punya rasa penasaran yang tinggi jadi eksplorasi terus ke hal-hal yang dia suka kalau lu ngobrol sama Ibu misalnya ibunya itu suka One Piece gitu atau suka Naruto dia bakal tahu sampai jurus-jurus ya sampai tahu misalnya jurus kuchiuse no jutsu itu tahu mereka tuh teories yang ketiga passion net orang yang ngerti itu sangat sudah tahu Sepertinya passionnya itu apa dan mereka rela menghabiskan berjam-jam per hari buat belajar hal yang mereka suka dan orang nerd juga detail gitu ya memperhatikan hal-hal sampai ke detailnya bahkan kalau di game tuh sampai komplit lah gamenya gitu kan Nah tapi ada juga ciri-ciri yang lain yaitu mereka tuh introvert lebih suka ngabisin waktu sendiri daripada kumpul sama orang meskipun ada juga sih not-not yang berkomunitas kayak si SpongeBob Nah ciri-ciri ini ternyata bikin Si culun ini jauh lebih sukses daripada si eksis Kenapa simpel sebenarnya karena mereka jago mereka udah mengasah passion mereka dari kecil mereka punya skill yang banyak otaknya juga sudah diasah dari kecil mereka juga mungkin iq-nya lebih tinggi gitu ya makanya mereka-mereka ini meski pas di sekolah dianggap sebagai orang aneh orang kagak jelas yang tidak bergaul tapi setelah mereka ngampus atau setelah mereka lulus lu coba lihat deh teman-teman culun lu zaman dulu biasanya sekarang jadi lebih ganteng cuy jadi lebih sukses jadi lebih cakep jadi cantik juga daripada orang-orang yang eksis Oh bisa sih kayak gini nah kita coba bahas di section selanjutnya [Musik] Mungkin banyak dari lu yang bilang kagak ah bang orang yang eksis juga ada kok yang sukses well ya ada pasti karena kalau ngomongin perilaku manusia ya pasti ada variasi tapi secara rata-rata secara korelasional paling eksis si paling populer Ini tuh biasanya kalah sama orang yang culun Sekarang kita coba bahas daksi eksis ini orang yang kayak gimana sih biasanya well biasanya orang yang eksis itu kan pertama dia Confident ya mereka pede mereka punya tingkat kepedean yang mungkin lebih tinggi daripada orang-orang biasa kepedeannya ini juga yang bikin mereka jadi lebih karismatik daripada si culun ketika di kampus atau di sekolah social skill biasanya mereka jago ngobrol biasanya mereka juga suka ngobrol sama orang lain terus mereka juga yang ketiga punya skill leadership yang tinggi biasanya juga sering ditunjuk buat jadi leader atau dimintai pendapat terus orang yang eksis juga biasanya well dress itu mereka biasanya jago dalam fashion gitu ya berpenampilan menarik good looking dan mungkin udah cakep juga mereka jago buat ngedandanin dirinya sendiri mereka juga adalah orang yang ya cenderung outgoing cenderung extrovert bukan nongkrong sama banyak orang dan Kebi kebiasaan inilah yang bikin mereka merajai kampus Mereka merajai sekolah tuh karena kebiasaan-kebiasaannya tapi ada tapinya nih sayangnya kalau lu perhatiin kelebihan-kelebihan ini tuh rata-rata soft skill paling hard skillnya ya fashion gitu ya Dan dan gitu kan rambut dikeriting-keriting dan bisa dibilang ya orang-orang eksis ini lebih peduli sama personal branding daripada hard skill atau passion yang mereka punya kalaupun mereka passion-nya mereka passion-nya di dandan Mungkin pas dulu yang cowok bawa pomade gitu ya Yang cewek pakai lipstik terus pakai bedak dan lain sebagainya mereka fokus ke hal-hal yang bikin mereka pede tapi mereka tuh kalah sama si culun ketika masuk ke dunia nyata ketika keluar dari sekolah kenapa pertama mereka enggak fokus ke passion mereka dan mereka enggak fokus ke hard skill juga apa coba skill yang dimiliki oleh orang eksis hard skill ya Selain jago dandan sama jago ngomong ya mungkin ada gitu tapi bisa jadi enggak sejago itu dibandingkan si culun yang udah tahu banyak hal sudah belajar banyak hal dari SMA SMP sampai kuliah sementara itu ya si culun juga dari kecil udah tahu juga mereka mau fokus yang mana mereka lebih suka ngapain dan ketika dewasa saat mereka memang harus dandan ketika Si culun ini misalnya Terpaksa nih Aduh gua harus interview Ya udah kan si culun akhirnya tinggal belajar dandan aja tinggal belajar cara pakai pomade belajar potong rambut belajar Skin Care make up-an akhirnya si culon ini yang dulunya memang Fokusnya ke passion dan hard skill Mereka pun jadi cakep juga pada akhirnya ketika umur 20-30-an sementara Apa yang dilakukan si eksis ya si eksis mungkin jadinya Kagak jelas gitu kan karena kagak tahu kan passionnya apa kagak fokus juga art skill-nya apa Universitas atau jurusan mana mau masuk ke mana kagak tahu mau kerja apa juga mungkin kagak tahu kalau ditanya punya skill atau enggak ya punya sih tapi mungkin enggak penting-penting banget Ternyata di dunia nyata ya Ini buat si eksis yang ekstrim banget gitu ya yang kagak punya skill beneran di dunia kerja ya Enggak kepakai nah terus apa yang membuat si choulun ini spesial nah ini gua coba ngelihat dari referensi riset gua coba ngelihat dari dokter Mitch Prince time dia adalah peneliti yang fokus meneliti serba-serbi popularitas dan aspek psikologi di Bali istilahnya the cychology of popularity Doctor print Shine itu bilang apa sih Dia bilang kalau secara garis besar ada dua hal yang bikin orang jadi populer di sekolah pertama social status dan yang kedua sosial prive atau kita bisa sebut dengan status dan intelegensi lain biasanya dua ini yang bikin orang jadi populer entah lu status sosialnya tinggi cakep lo jago ngobrol guys sebagainya atau lu pinter intelegensi nah status adalah tipe popularitas yang ditandai dengan kondisi siswa yang hirarkinya di atas baratnya sih paling alfamel lah si geng-geng yang Wah kalau cewek-cewek itu yang eksis lah geng-geng eksis Pasti Lu pernah tau lah yang seperti ini ya yang kerjaannya paling ya nongkrong gosip grooming mungkin Jeng motor dan sebagainya gitu ya pokoknya tetap saya tetap keren Dah Nah si dokter periksain ini menemukan kalau siswa itu cuma bergantung sama status sosialnya aja mereka bakal cenderung kesulitan buat nanti ketika dewasa dunia kerja maupun Bahkan dalam ngebangun relationship sama orang yang mana nanti ini bakal bikin Si eksis jadi nggak pede ketika udah masuk ke dunia nyata ke dunia profesional ya memang sih gitu ya dulu siswa-siswi ini harus bisa merawat badan muka rambut penampilan gitu ya fashionnya Oke dan lain sebagainya biar menarik ketika Lagi nongkrong dan ngobrol sama orang lain sayangnya ini tuh ternyata nggak penting-penting banget cuy itu ketika di kerjaan atau karir nanti karena di kerjaan atau karir ya yang dipentinginkan bukan cuma penampilan doang penampilan penting tapi kan lebih mudah dipelajari ketika lo udah dewasa Maksudnya enggak perlu dari kecil Kalau di dunia profesional biasanya apalagi zaman sekarang ya zaman startup udah santuy gitu ya gue sendiri pas recording ini juga gua pakai Color Run gitu lagi webinar juga kadang-kadang kalau orang yang lebih dihargai adalah sertifikasi skill intelegensi dibandingkan penampilan apalagi kalau gua di dunia saraf ya gua udah bertahun-tahun gitu dan sebelum gua bikin saraf ini juga kan gua udah pernah di beberapa saraf lain yang memang seperti itu yang lebih penting daripada penampilan kecuali Lubis deh kecuali lu Partnership gitu ya kecuali lu Taylor intelegensi lu yang lebih penting skill yang lebih pentingin industri daripada goo booking atau enggak meskipun good looking juga ngebantu ya nah jadi inilah yang bikin orang-orang yang eksis yang hanya memanfaatkan status sosialnya doang ketika di sekolah untuk naik ke hierarki yang tinggi gitu ya itu kalah sama orang-orang yang culut yang punya level intelegensi tinggi yang punya skill tinggi juga gitu meskipun kayak orang culun ini juga dibenci juga ya karena kejeniusannya jadi memang dia eksis sebagai orang culun tapi dibenci juga ya itulah yang bikin orang culun ini rentan dibully jarang ditemenin dan lain sebagainya dan karena sterol tapi juga ah culun lu gitu ya menurut banget gitu kagak asik gitu kan orang-orang tipe ini jadi enggak sepopuler orang yang punya stat tapi hikmahnya adalah Meskipun mereka enggak keren ketika di sekolah mereka punya Chance untuk lebih sukses di dunia nyata di dunia pekerjaan karena mereka lebih dihargai dan bisa diandalkan di level akademisi dan profesional Kenapa bisa gitu ya karena simpel yang tadi gue bilang mereka sibuk belajar Mereka sibuk mengekspor hal-hal yang mereka suka mereka enggak terlalu mentingin status sosial yang enggak penting-penting banget Dan inilah yang bikin orang-orang culun tumbuh dengan skill set yang unik yang bisa menunjang pekerjaan atau karir mereka di masa depan tapi gua di sini bukan berarti bilang ya social status tuh nggak penting-pening banget nggak juga justru bayangin kalau lo bisa populer di satu sisi sosial status lo oke terus di sisi lain lu juga pinter lu juga punya skill kebayang nggak lu bakal sesukses apa ya lu udah tau lah mungkin kalau gua sebut nama-namanya di sini gua jadi tunjukin fotonya aja udah banyak lah contohnya meski mungkin ini dikit ya persentasenya udah cakep sukses pinter udah banyak kan gitu ya meski ada faktor privilege juga kadang-kadang gitu ya tapi kita bisa lihat lah di orang-orang ini bahwa Bisa aja lu eksis Iya lu pinter Iya lu sukses Iya jadi populer itu sebenarnya enggak salah tapi akan lebih bagus kalau lu pinter juga kalau lu punya skill juga Jadi lu juga enggak salah tapi akan lebih bagus tentunya kalau lu tetap bisa bergaul tetap bisa menikmati masa sekolah lu [Musik] mungkin ada dari lo yang penasaran gua sih culun bukan Bang tapi dibilang Eksis juga kagak berarti gua Apaan dong well ini sebenarnya disebut sebagai ya orang yang medioker aja sih Gitu ya medioker Tuh intinya yang di tengah-tengah alias ya di kanan kagak di kiri juga kagak intinya siswa yang sebenarnya biasa-biasa aja dari segi prestasi akademik dan dari segi ke eksisan juga ya udah gitu nggak terlalu menonjol juga nah kalau kata dokter print time menjadi media oke itu ternyata terjadi seringkali karena mereka tuh ditolak karena mereka enggak terlalu bisa diandelin dalam tugas kelompok enggak terlalu pinter juga dan ketika mereka lari ke kelompok-kelompok orang eksis itu juga ya udah juga enggak Eksis juga enggak jadi status sosial yang tinggi juga jadi akhirnya Ya udah di tengah-tengah itu biasa-biasa dan cenderung biasanya sering ikut-ikutan aja sih sama geng-geng siswa yang lebih punya status sosial Nah ada beberapa faktor yang bikin siswa terpaksa jadi media dan mungkin gua salah satunya yang pertama enggak ada motivasi belajar ini gua Rasain banget jujur ya makanya gua juga ngebangun kan satu persen Indonesia level kenapa karena gua merasa pelajaran di sekolah tuh dulu nggak penting dia pun ya sebenarnya penting-penting juga sih tapi dulu gua enggak ngelihat gitu value dari pendidikan pentingnya belajar ya ngapain Gua belajar gitu gua mikirnya kayak gitu dan akhirnya Ya udah gua jadi males-malasan ranking gua jadi ya biasa-biasa aja bahkan cenderung jelek terus ya udah menurut gua belajar itu enggak terlalu penting alasan kedua adalah kesulitan belajar Nah ini biasanya adalah orang yang karena misalnya ada Edge di ada diseleksi ya atau kondisi-kondisi yang ngeganggu tapi enggak di-read gitu ya ini banyak banget sih sebenarnya di Indonesia di Amerika itu sebenarnya banyak banget cuman istilah kayak gini Pasti jarang banget lu denger kan ketika sekolah ya karena wireless tentang kesehatan mental enggak sebesar itu terus yang ketiga lingkungan keluarga yang kurang harmonis gua Kebetulan juga adalah anak broken home ya Meskipun gua sih enggak bisa bilang bahwa keluarga gua enggak harmonis tapi gua ya hasil dari perceraian dan ya mungkin ini jadi ngaruh juga sih ke motivasi Gua sekolah dan belajar terus yang keempat itu karena bullying ini bullying juga bisa merusak hangat yang menjadi korban bullying gitu ya itu mereka akan mengalami masalah kesehatan fisik dan mental yang akhirnya bakal ngaruh ke performa akademik maupun performa sosial juga ya udah jadi rahasia umum lah ya ini bakal jadi trauma gitu seumur hidup bahkan ya Sekarang banyak lah kasusnya yang gue juga prihatin sih gua pribadi termasuk orang yang tadi gua bilang jadi kayak ya gua ranking 20-an untungnya gua kagak ada masalah di bullying terus lingkungan di rumah juga ya biasa-biasa aja sih sebenarnya meskipun cerai gitu ya orang tua gua dan gua juga enggak punya masalah kesalahan belajar yang gua Rasain dulu jadi masalah gua hanyalah enggak ada motivasi sampai akhirnya ini semua berubah di kelas 3 SMA akhirnya karena orang-orang udah punya kampus tujuan jurusan tujuan akhirnya waktu itu gua coba ikut beberapa bimbel online maupun offline dan akhirnya itu mengubah motivasi belajar gua gitu yang awalnya Gua enggak suka belajar jadi gua menemukan makna dalam belajar dan eee surprisingly ya Di semester terakhir gua sekolah gua yang awalnya ranking 20-an itu melesat jadi ee ranking 1 ikhlas UN gua juga eh salah satu yang tertinggi gitu ya di jurusan IPS dan gua jadi di salah satu dari lima orang yang lulus SBMPTN ke UI bayangin di sekolah gua yang lulus cuma 5 orang doang jadi bukan cuma diri gue yang medioker sekolah gua juga ya medioker juga sih nggak bagus-bagus banget tapi jujur perubahan di motivasi doang ternyata itu mengubah diri gua sampai bisa masuk PTN yang gua maaf dan bahkan saking medioker-nya gua gua enggak pernah dulu ikut organisasi ya pas SMA SMP tapi ketika gua udah dapat motivasi tuh Setelah gua lulus SBMPTN organisasi gua di kuliah itu melesat banget pengalamannya gitu bahkan gua sempat jadi ketua BM di fakultas dan jadi koordinator Badan Nasional di waktu itu lembaga psikologi Indonesia gitu ya lmpi Nah menarik ya gitu jadi gua juga sekalian refleksi sih dari ngerjain script ini so apa nih yang bisa kita pelajari dari fenomena ini well kita semua perlu paham ya kalau semua orang itu pasti punya insecurity-nya itu event orang-orang yang super sukses sekalipun ya kalau lu lihat wawancara Mauli Ayunda wawancara ya siapapun ya tokoh yang ada di Indonesia pasti mereka akan cerita soal insecurity dan insecurity ini bisa terjadi karena berbagai macam hal nah pahitnya yang harus kita terima di dunia sekarang adalah sekolah itu justru bisa jadi pemicu tumbuhnya insecurity karena mereka harus ngebandingin diri mereka sama siswa lain lu juga mungkin pernah mengalami ya siswa kurang mampu insecure sama siswa yang kaya yang ucel insecure sama good looking yang enggak pinter insecure sama yang pinter dan lain sebagainya ya sebenarnya mau lucu Nun mau eksis melalui mediaker pada akhirnya semuanya punya insecurity masing-masing kan orang eksis mungkin akhirnya ngejar dan nunjukin status sosial ya karena bisa jadi mereka enggak ada kelebihan lain selain itu kayak kurang pede aja gitu Lagian sih sama performa akademik orang culun bisa jadi emang kagak jago di mendalami status sosial itu akhirnya mereka fokus belajar hal-hal yang mereka suka dan ngejar prestasi yang mungkin menurut orang aneh terus orang Medio akhirnya jadi biasa aja dan gak menonjol ya bisa jadi karena mereka takut di judge mungkin dibully mungkin ikut-ikutan atau ya sesimpel nggak ada motivasi belajar jadi pada akhirnya semua orang juga punya kelebihan dan kekurangan nah tapi yang jelas kalau lo punya kekurangan dan lu sekarang udah nonton ini Lu sadar bahwa lu ada kekurangan jangan sampai ini dibiarin karena kalau dibiarin lu nggak akan berkembang dong sampai nanti Misalnya humor 20-an 30-an 40-an bahkan dan ingat yang namanya krisis seperti ini tuh bakal berlanjut guys ketika mahasiswa lu mungkin akan mengalami court Life Crisis ketika umur 40 lu mungkin akan mengalami midd live Crisis Jadi jangan sampai Masalah lu pas remaja itu dibiarin begitu aja kalau lu ngerasa minder insecure atau bingung Lu mau bawa hidup lu ke mana lu tonton sampai habis nih gua bakal ngasih tahu So apa yang harus lu lakuin pertama kalau based on research dan menurut gua pribadi yang terpenting adalah save knowledge Kenali diri lu dengan mendalam Identifikasi apa yang jadi kelebihan dan kekurangan lu lu bahkan catet tuh gua udah nyediain nih worksheet gratis lu bisa lihat tuh ya di link di deskripsi Terus kalau lu ngerasa ada yang kurang atau ngerasa ada yang lebih lu improve kelebihan dan improve juga kekurangan belajar skill-skill baru yang bisa ngebantu lo di akademik atau pekerjaan BTW yang ngomong-ngomong tentang sejak tahun 2021 udah ngeluarin buku gitu dan ini jadi top best seller sempat di toppad lu bisa akses ya cari aja buku satu persen self knowledge yang kedua sadari bahwa manusia itu enggak ada yang sempurna Jadi kurangnya membanding-bandingkan diri sama orang lain kalau ada yang lebih eksis Ya udah gitu Kalau ada yang lebih jago ya Ya udah gitu ya sadari bahwa setiap orang punya kelebihan dan kekurangan Lu lihat aja ke kelebihan dan kekurangan diri lu sendiri dibandingkan self comparis well save comparison memang wajar tapi kalau kebanyakan kelebihan bisa jadi nanti ngaruhnya negatif yang ketiga coba cari tujuan hidup lu lakuin live planning sejak kecil jujur hidup gua berubah ketika gua melakukan planning untuk Gimana caranya lulus SBMPTN atau sekarang namanya utbk kan ada baiknya Coba lu set tujuan dan plan dengan baik biar bisa tercapai dan ningkatin lo supaya nanti hidup lu bisa berubah nah By the way ngomong-ngomong tentang live planning kita juga udah ada webinarnya rutin tiap bulan webinar live streaming lu bisa cek di 100%. Nah kalau tiga cara tadi lu udah coba tapi masih belum berhasil lu ngerasa hidup lu udah berminggu-minggu gitu-gitu aja berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun saran gua lu coba pertimbangkan konsultasi ke profesional kalau di satu persen lu bisa ke mentor atau psikolog kita kenapa karena selain mereka bakal jadi pendengar gua cerita lu gitu mereka juga nggak akan nge-judge dan bakal ngebantu lo dengan ngasih rekomendasi solusi yang cocok buat lu lakuin pergi ke profesional juga bisa jadi pelepasan emosi yang baik ya daripada lu mah box ngerokok ketika lu stress judi Gitu ya atau masturbasi ngelakuin hal yang mungkin belum tentu bisa berhasil Juga misalnya healing-eling travelling Ke mana ke Bali gitu ya enggak ada yang salah sih dengan traveling dan healing ya sebenarnya Tapi kalau misalnya lu udah ngelakuin itu semua dan enggak works dan ngeluarin duit banyak ngapa-ngapain ada baiknya saran gua coba ke profesional aja ke lulusan psikologi biar masalahnya bisa kelar Siapa tahu lu butuh terapi gitu kan misalnya lu butuh cbt butuh terapi apa gitu nah ini nanti bisa jadi jalan mungkin jalan keluar untuk hidup supaya enggak stuck di sana sana aja gitu ya supaya kecemasan bisa hilangin security lu bisa hilang satu hal yang gua pelajari dari fenomena ini adalah ya Pertama semua tingkah laku kita pasti akan ada ganjarannya jadi ya kalau kita mau jadi eksis ya mungkin kita bakal jago di dandan jago di fashion tapi mungkin kurang jago di hards gitu kalau kita jadi culun dan pinter tapi nggak bergaul ya kita bakal jago di bidang yang kita kuasai tapi ya mungkin bakal dianggap aneh sama orang lain karena tidak bergaul pada akhirnya ya apa yang lu tanam itulah yang akan lu tua yang kedua gua mulai menyadari semakin gua dewasa bermain di ranah power bermain di ranah status sosial ternyata enggak penting-pening iya sih lu bisa jadi alfamil gitu ya paling keren sih paling eksis si paling Wah paling semua lah gitu tapi apa gunanya kalau lu enggak Happy kalau lu enggak ada kalau lu ternyata ngelakuin itu cuma atas insecure doang atas karena low Flag sih buat lupa dan akhirnya itu yang gua terapin sampai sekarang gimana caranya kalaupun nanti misalnya gua udah punya duit nih udah punya sesuatu Gimana caranya kita untuk tetap humble dan santuy dan enggak usah lah main-main power games atau status games gitu ya terlalu berambisi untuk jadi yang terbaik sampai menghalalkan segala cara ya ngapain ini jadi eksis banget di kampus paling eksis ngapain sih jadi paling kaya gitu Ya udah gitu kan bodo amat sih nggak sepenting itu enggak sih Pada akhirnya ya status dan Power ini akan diterima gitu kalau kita pantas bukan suatu hal yang mesti kita kejar juga yang ketiga yang gua pelajari adalah hasil itu ternyata penting gitu ya tapi ternyata harus diiringi dengan santuy juga ya dengan PD juga kalau si culun kagak pede ya enggak ngurus fashion terus-terusan bau bawang gitu kan Ya mungkin di usia dewasa juga bakal tetap dijauhin juga gitu Sama juga dengan si eksis boleh sih pede sejak kecil tapi kalau lu enggak hasef enggak punya skill ya bakal susah Nah asal dan pede ini harus diiringi juga dengan kesan biar kita Enggak stres dan enggak banding-bandingin diri sama orang itu sih yang gue pelajari ya di video kali ini ngomong-ngomong soal upgrade diri kalau misalnya lu mau improve di level individu lu bisa coba tuh untuk nyoba webinar kelas online dan kalau lu pengen yang lebih private bisa juga daftar Konsultasi sama mentor atau konseling sama psikolog tapi kalau improvement yang Lo pengen itu lebih bersifat tim atau organisasi bareng teman-teman lu misalnya OSIS BM lu punya acara pengin ngembangin orang lain juga misalnya kita punya layanan yang namanya adalah in house training dan speaking in gadgement yang mana si colok mentor dan termasuk gua juga sih udah diundang oleh ratusan sekolah organisasi ampe nih ya untuk Sharing tentang soft skill untuk Sharing
Resume
Categories