Kind: captions Language: id uang uang dan uang adalah hal yang semua orang butuh dan semua orang mau sampai mereka rela untuk melakukan banyak hal bahkan beberapa orang rela untuk melakukan apapun demi mendapatkan uang saking canggihnya uang itu bisa merangsang pusat kebahagiaan atau dopamin di otak kita yang mana respon otak kita saat kita mendapatkan uang itu mirip-mirip kayak kita lagi makan makanan terenak sedunia dan juga having sex tapi di sisi lain kita juga sering lihat kasus-kasus orang kaya atau artis-artis atau orang terkenal yang enggak puas dan enggak bahagia sama kehidupannya padahal dia udah punya duit yang banyak bahkan di film-film kita sering digambarin bahwa uang itu tidak menggambarkan kebahagiaan dan orang kaya enggak selalu bahagia fenomena Ini akhirnya bikin gua bertanya-tanya sebenarnya uang itu bisa bikin kita bahagia enggak sih kalaupun bisa kenapa Akhirnya ada yang menderita karena hubungannya dengan uang well Selamat datang di segmen saya kalau Joe Finance kali ini gua bakal ngebahas hubungan antara manusia dan uang gua juga bakal ngebahas Gimana cara uang bekerja so stay tune sampai akhir buat dapat keseluruhan inside-nya kalau misalnya gua ditanya Apakah uang bisa menjamin kebahagiaan gua bakal bilang Iya sih tapi bisa juga nggak sebenernya kita coba breakdown alasannya ya pertama uang nggak bisa menjamin kebahagiaan Karena kebahagiaan yang dikasih uang itu cenderung sementara dan nggak menjamin kepuasan dalam jangka panjang bahkan ada riset juga yang ngejelasin kalau orang yang lebih menghargai uang daripada tujuan hidup atau value hidup gitu ya itu ditemukan lebih tidak bahagia dibandingkan orang yang enggak terlalu mentingin uang dibandingin sama tujuan hidupnya tapi di sisi lain uang juga bisa jadi sumber kebahagiaan karena ya erat banget kaitannya sama welding kita gitu kita kan bisa beli makanan kita bisa beli minuman kita bisa tidur di tempat yang enak karena duit bukan berarti orang kurang mampu enggak bisa bahagia tapi kalau kita enggak punya cukup uang buat hidup sehari-hari ya bisa jadi kita emang perlu mentingin duit dulu karena bakal struggle banget sih Gitu ya sekarang apa-apa butuh duit susah hidup kalau enggak ada duit yang seperti itu loh aduh Jadi sebenarnya dalam batas tertentu Kita tuh butuh uang buat menjamin kebahagiaan artinya pendapatan kita perbulan at least cukuplah gitu Kalau misalnya udah melewati batas ini ya udah uang itu berlaku untuk biar lu tidak menderita sebenarnya kalau menurut gua ya dibandingkan uang itu berlaku untuk bikin lo bahagia Apakah orang yang tidak menderita pasti bahagia ya belum tentu juga kan itu mungkin ngejawab Kenapa banyak orang-orang kaya yang juga enggak Happy dengan hidupnya dan orang-orang yang enggak Happy Padahal dia punya duit ya bisa jadi juga mereka enggak punya tujuan enggak punya makna hidup gitu ya jadinya Ya udah mungkin ngejar uang terus meskipun udah banyak atau kayak enggak bisa menikmati uangnya karena enggak ada value yang ditekankan nah gimana sih buat mencegah relationship yang kurang baik sama uang dan gimana biar kita tuh punya value atau punya tujuan hidup biar kita bisa menikmati uang yang kita cari gitu nah ini gua bakal bahas di section selanjutnya Oke jadi gini ada beberapa alasan yang bisa bikin Hubungan lo sama uang tuh jadi Toxic atau ibaratnya jadi kayak negatif gitu dampaknya Nah gua mencatat alasan-alasan ini itu basiona research dan lo bisa cek risetnya di description box kalau misalnya lo ada tambahan juga boleh komen ya pertama bisa jadi alasan kenapa duit itu bikin lo sengsara karena Emang duit lo memang kurang cuy jadi gini seringkali ya memang masalahnya itu dijumlah uangnya aja yang gak banyak kayak lu udah berhemat segimanapun ya mungkin enggak akan pernah cukup kalau misalnya gaji lu misalnya dibawa UMR atau gaji lo UMR tapi ternyata kebutuhan lo lebih dari UMR bayangin lu punya gaji 4,5 juta atau 5 juta Gitu ya UMR Jakarta nih Lu harus menghidupi istri dan dua anak yang tinggal di Jakarta wah itu mungkin rada ngepas ya apalagi kalau nanti ada yang sakit harus servis motor dan lain sebagainya jadi ambyar nah kalau memang uangnya tidak ada Ya gampang sih ya Yang bisa dilakuin adalah ya entah elu minimalisir pengeluarannya budgeting lu bisa atur tuh dengan lebih detail dan Ca Semua pengeluaran lo karena terkadang yang bikin duit lu kagak cukup ya seringkali karena Emang elunya aja kebutuhannya dan lifestylenya lebih daripada duit ya yang kedua kalau memang nggak bisa nih diturunin kebutuhannya nah silakan ya bisa ikut side Hazel buka warung di rumah jualan apalah gitu ya di depan rumah atau mungkin lu juga bisa partai dan lain sebagainya Project freelance bahkan bisa juga ikut volunteer sambil dibayar gitu bisa seperti itu bisa juga pindah kerjaan upgrade skill Biar lo bisa naik kelas gitu dari kerjaan yang sekarang yang mungkin gajinya bisa jadi enggak secukup itu itu pertama bisa jadi duitnya memang kurang yang kedua jebakan mindset ngerasa cukup mungkin bisa dibilang bersyukur hidup sederhana gitu Iya sih enggak ada yang salah gitu ya dengan bersyukur dengan hidup sederhana dengan cukup tapi kalau lo malah mengabaikan masalah finansial lo dan keluarga lu ya dengan kedok ah Ya udah segini juga cukup tapi ternyata lu dinail gitu ya dan lu enggak ada usaha ya masalahnya bisa jadi kagak akan selesai-selesai jadi konteksnya diperbaiki sih Ya bersyukur bukan berarti lu nggak Hustle Hustle juga bukan berarti lu lupa bersyukur atau lu tidak enjoy dengan keadaan saat ini jadi harus bisa dibalansa nah yang ketiga terlalu sibuk nyalahin keadaan nah ini biasanya berlaku buat orang yang pengen hidupnya berubah penghasilannya nambah tapi stack gitu Kenapa stuck karena kayak ya dia ngerasa bahwa ya gua kagak bisa kaya cuy keadaannya udah kayak gini terus misalnya kebanyakan ngeluh dan lain sebagainya gitu nah sebenarnya enggak ada yang salah sih dengan mengeluh kalau konteksnya Ya memang Ya udah lu ngeluh tuh sebatas untuk pengeluaran emosi mayoritas dunia sekarang menerapkan sistem kapitalisme yang artinya adalah lu ditentukan naik derajat atau turun derajat adalah berdasarkan Capital berdasarkan apa aset yang lu punya asetnya tuh banyak ya ada uang ada relasi itu agensi dan lain sebagainya gitu simpelnya kalau misalnya kita pengen hidup kita berubah ya dalam konteks ini kuncinya kita perlu meningkatkan aset paling utama ya tingkatan penghasilan tingkatin skill dan lain sebagainya gimana caranya ya kita perlu menambah aset lain ya kita nggak bisa dong untuk nyala-nyalahin keadaan doang itu kan kita mesti juga usaha untuk ngelakuin sesuatu supaya nanti berbagai macam hal ya kayak di kurikulum satu persen ini ya Mulai dari cash flow sampai proteksi dan ada darurat sampai juga passion dalam pekerjaan itu bisa diaktif dikit-dikit dari level 1 2 3 bahkan sampai 4 sampai lu udah pensiunan gitu banyak cara buat upgrade live banyak cara buat upgrade diri ya lu bisa nonton YouTube buka rekening bank ya baca buku ke perpustakaan olahraga dan banyaklah Cara untuk upgrade live Nah makanya di section selanjutnya gua bakal ngasih tahu cara lo untuk upgrade live harus mulai dari mana sih [Musik] percaya bahwa upgrade live itu nggak harus selalu dari uang aja ya Well of course uang itu bisa jadi salah satu tujuan utama Tapi tadi gua bilang kan untuk mendapatkan uang lo juga harus training Up skilling dan lain sebagainya intinya lu upgrade live sih dari mindset dari relationship bahkan gitu ya biar sama-sama maju kalau berdasarkan kurikulum satu persen yang pertama dan wajib banget kita lakuin adalah identifikasi kondisi dan masalah Coba lu lihat gitu ya Ini gua coba ambil kurikulum satu persen level 1 itu basically ngomongin soal Gimana cara lo bisa Survive Nah ada beberapa pertanyaan yang bisa lu cek coba lu jawab pertanyaan ini gua udah taruh ini perlu pause dulu aja lu jawab semua pertanyaan ini lu udah oke belum Kalau dari kelima aspek tadi ada yang belum aman Bisa jadi lu perlu fokus buat nanana ini dulu kenapa Karena gini susah untuk lu naik ke level 2 dan level 3 susah buat lu untuk misalnya nabung dana darurat itu kan level dua tuh dana darurat di proteksi atau misalnya lu daftar asuransi gitu ya atau misalnya lu investasi bahkan itu sudah level 3 gitu kan susah buat lu untuk menentukan itu kalau cancel lu enggak seimbang kalau kebutuhan lo belum terpenuhi dari makan sandang pangan papan gitu ya dan lain sebagainya dan Coba lihat Kok bisa terjadi misalnya ternyata makan lo enggak benar karena duitnya habis buat beli-beli Entertainment gitu yang sebenarnya Enggak penting-pening banget saat ini ya bukan berarti beli Entertainment itu salah tapi saat ini misalnya lu malah beli Entertainment lu malah misalnya beli banyak hal yang enggak bermanfaat daripada beli makan Nah itu berarti bisa bikin hidup lu jadi ambil so kalau level 1 lu belum Solid semuanya gua menyarankan lu buat Enggak dulu yang melakukan hal-hal yang beresiko tinggi karena ini bisa berpotensi membahayakan gaya hidup ya Dan supaya kalau level 1 udah aman ya kayak slow sudah bagus ini Mouse likely lu kan udah oke nih ya makanya lu bisa nonton YouTube bisa ngerti apa yang gua omongin gitu kan Gua yakin lu semua di sini lumayan pintar anggap aja level 1 lu udah lulus gitu semuanya udah oke hal kedua yang bisa aku lakuin adalah siapin level 2 dari kurikulum satu persen atau di sini gua sebutnya proteksi manajemen resiko yang baik nah lu bisa nabung dana darurat jangan lupa dibayar ya biar nanti jadi lebih siap kalau misalnya level 1 dan 2 sudah aman cashflow proteksi udah aman lu bisa masuk ke level 3 di sini gimana caranya biar lu bisa Happy healthy dan productive lu bisa fokus sebenarnya enggak harus semua tapi bisa ke beberapa aspek yang lu pilih untuk lu upgrade live ada live planning gitu ya Ada healthy Lifestyle ada mental health ada juga personal Finance sambil belajar investasi ada juga entertainment di sini ya kalau misalnya lu udah punya dana darurat udah punya casual yang oke Ya silakan gitu beli-beli berbagai macam Entertainment atau game gitu gua pribadi juga main game kan jadi di level 3 pilih lah yang paling bermakna buat lo yang enggak usah fokus di hal yang misalnya saya mau beli ini untuk flexing Yang ngikut-ngitan penasaran gua Mungkin dikurangi yang kayak gitu-gitu kenapa Karena di sini adalah cara lu untuk jadi happy Dan kalau lu ngikut-ngikut dan lain sebagainya ya mungkin enggak akan sepi ketika lu punya prinsip dan lo punya tujuan hidup baik lagi ke eh dia part pertama gua jangan lupa untuk punya value Hidup kan sekarang banyak ya yang beli barang terbaru biar bisa masuk circle tertentu beli baju branded biar dikatain keren padahal mah orang bisa jadi bodo amat juga ataupun bisa jadi malah berbalik gitu menganggap lu adalah orang yang norak Dan ini juga bisa bikin kayak slow gak sehat kalau misalnya memang duitnya belum ada nah jadi solusi pertama tadi analisis level 1 2 3 kalau udah level 3 syukur kalau masih level 2 ya kumpulin dana darurat dan proteksi Oh masih level 1 ya lu masih ningkatin income banget that's why sesuai dengan masalah lu lu bisa Set financial goals dulu untuk misalnya dalam beberapa tahun ke depan lu pengen nikah lu pengen beli rumah atau lu pengen beli mobil lu bisa coba nih nabung misalnya nih lu nabung dengan sistem multi rekening di Line bank jadi di sini tuh ada fitur yang bisa buka sampai 8 rekening berbeda Nah ini bisa lu pakai buat bagi-bagi pengeluaran lu jadi kayak misalnya financial goals lu adalah di rumah ya prioritaskan rekening rumahnya Tapi jangan lupa juga yang lain ya kayak buat misalnya yang satu buat transaksi sehari-hari rekening 2 buat dana darurat sambil ngumpulin dikit-dikit gitu rekening 3 buat hobi Entertainment rekening 4 buat nikah rekening 5 buat beli rumah dan lain sebagainya nah banyak riset yang bilang kalau Lu nabung di beberapa rekening Itu tuh bisa ningkatin efektivitas menabung lo karena lo bisa lebih mudah ngelakuin budgeting dan tracking cashflow Nah ini banyak banget kejadian teman-teman gua yang rekeningnya cuman satu gitu Dan akhirnya ambyar dan Selain itu saran gua juga lu bisa coba buat nabung di Bank yang bebas dari biaya bulanan karena lumayan cuy tiba-tiba ngurang berapa persen gitu ya Meskipun dikit-dikit misalnya lu buka 8 rekening di bank yang berbeda gitu semuanya kena biaya bulanan misalnya 10.000 udah kali 80.000 per bulan yang lumayan yaitu seharga mungkin 8 nasi pecel gitu bahkan kalau setahun udah sejuta belum lagi kalau lu harus transfer antar bank yang ada biayanya Wah ini pasti biaya bulanannya lebih mahal lagi nah jadi usahain Cari Bang yang ngasih benefit gratis biaya Bu dan gratis biaya transfer antar bank itu dan kebetulan semuanya ada di Line bank ya mereka ada aplikasinya Jadi lu bisa cek lu bisa daftar juga di sana gitu lu bisa cek transaksi sehari-hari dengan lebih gampang lewat aplikasi lu bisa juga langsung download di Google Play dan Appstore atau klik Link yang ada di deskripsi nah sembari ngebangun level 3 tadi kan kita udah nyampe level 3 ya lu mulai cicil-cicil tuh level 4 yang harusnya dilakukan dari sekarang menurut gua lu kalau umur 20-an lu mulai dari sekarang lu bakal enggak Rugi gitu Ya intinya level 4 itu gimana lu bisa mencapai financial Freedom Nah di sini adalah ngomongin dana pensiun cuy dan di sini juga lu bisa mempertimbangkan untuk mulai dari investasi yang low risk kalau lu baru mulai investasi seperti misalnya deposito dan emas Nah di lain bank ini lu bisa mulai untuk deposito mulai dari 1 juta aja gitu buat akunnya juga praktis lewat aplikasi Jadi lu kalau baru mulai investasi lu bisa coba mulai dari deposito dulu gitu nanti lu bisa coba-coba yang lain saham enggak bisa dana dan sebagainya ya atau kalau lu mau nyobain lebih agresif ya Kalau saran gua ini juga sesuai dengan prinsip pos satu persen bisa coba untuk sedikit demi sedikit bangun bisnis Nah kalau lo bingung modalnya gimana lu bisa coba ngajuin pinjaman ke Line bank lewat fitur KTA mereka dan kebetulan di Line bank ini prosesnya mudah bebas biaya admin pengajuannya cepet limitnya maksimal 300 juta bahkan ini juga bisa sebagai dana darurat ya kalau Lu butuh duitnya urgent lu bisa coba fitur quick credit sebagai alternatif dana darurat jadi banyak hal yang bisa lo explore gitu yang bisa lu upgrade dalam kehidupan dari ngelihat lu tuh ada di fase mana dan dengan menggunakan tools yang tepat seperti Line bag Jadi gimana Menurut lo sekarang lo udah nyampe di level berapa ya silakan lu ceritain aja kalau misalnya lu berkenan biar nanti orang-orang juga bisa belajar uang memang bukan segalanya tapi ya segalanya memang butuh uang jadi uang itu penting jadi penting ya buat kita punya pemain yang baik soal uang soal mindset soal cara ngaturnya uangnya itu bisa dibilang nggak baik nggak buruk menurut gua uang itu adalah tools jadi baik dan buruknya ditentukan dari siapa yang menggunakannya di tangan yang tepat uang bisa jadi sumber kebahagiaan di tangan yang tidak tepat uang bisa jadi sumber masalah silakan pakai tools yang memang oke buat lu seperti Line bank dan jangan lupa juga untuk evaluasi diri dan upgrade live terus dengan kurikulum satu persen supaya lo bisa mencapai level tertinggi dari hidup lu silahkan ngebangun relationship yang Oke dengan uang that's all for now Akhir kata gua Evanes 10% well thanks [Musik]