Cara Menghilangkan Rasa Malas
IcIjkXS4iFY • 2023-01-03
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id Gua yakin lu pasti pernah punya temen yang pinter tapi mager banget gitu orangnya ini sering banget ditunjukin di dunia fiksi Kayak misalnya kalau lu nonton Naruto lo pasti tahu yang namanya Shikamaru gitu yang sebenarnya iq-nya gede banget tinggi banget tapi dia mageran banget termasuk juga dengan Sherlock Holmes yang iq-nya tinggi tapi dia juga aneh dan dia juga mager Nah kalau di dunia nyata kita juga udah punya contoh orang sukses yang memang beneran mager salah satu contohnya adalah Albert Einstein yang mana Kalau lu enggak tahu Ahsan itu sebenarnya hidupnya mager banget cuy dari kecil sampai dia kuliah dia tuh adalah mahasiswa dan murid yang kagak jelas hidupnya udah nilainya jelek Dia kagak nurut sama gurunya kagak ngerjain PR sering skip kelas dan ketika lulus pun dia kagak dapat kerja kayak mungkin kalau lu jadi profesornya si Einstein Mungkin lu juga bakal bilang kayak ini murid enggak jelas sih kagak bakal sukses dan itu juga yang dibilang oleh gurunya Einstein tapi faktanya ya dia bisa menciptakan beberapa teori penemuan yang bisa mengubah cara bisa memandang dunia Nah dari Beberapa fenomena ini gua Jadi bertanya-tanya sebenarnya ada nggak sih orang yang seperti ini dan apakah benar bahwa orang malas itu cenderung pintar dan bahwa orang pintar itu rata-rata males gitu dan mager Selamat datang di segmen satu Inside kali ini gua bakal ngebahas soal pintar dan malas tonton videonya sampai habis supaya lo bisa dapat keseluruhan insidenya [Musik] Oke sebelum Gua lebih lanjut gua mau ngedefinisikan dulu malas itu apa sih gua bakal pakai salah satu teori psikologi yaitu adalah tes Big Five personality di The Big Five personality ini ada satu aspek namanya adalah consent test Nah orang malas itu adalah orang yang punya konsensus rendah Jadi orang yang punya tingkat konsensus tinggi itu akan cenderung orang yang terorganisir rapi bertanggung jawab berpikir ke depan terus juga dia adalah orang yang gigih dan berorientasi pada hasil atau tujuan Nah jadi semakin tinggi konsentrisnya semakin rajin ngeluh dan semakin ini rendah semakin elu adalah orang yang mageran tapi ini bukan baik atau buruk ya karena plus minus cuy kalau misalnya orang terlalu konsensus Mungkin orangnya terlalu kaku kagak bisa bercanda tapi kalau orang yang mager yang konsensusnya rendah itu bisa jadi orang yang easy going Child dan lain sebagainya gitu jadi jangan dianggap ini sebagai spektrum baik atau buruk dan By the way kalau misalnya lu mau tes psikotesnya ini ada di satu persen tapi ini psikotes yang termasuk berbayar dan memang dipaketkan dengan konsultasi di satu persen jadi silahkan kalau mau ngecek lu tes dan nanti di konsultasikan dengan profesional oke nah kira-kira dari ciri-ciri tadi yang gua sebutin lu tuh termasuk yang konsensusnya tinggi atau rendah Nah gua pengen menjelaskan lebih lanjut tentang sifat malas ini ya dalam tanda kutip malas itu bisa dibilang adalah sebuah situasi di mana kita tuh sebenarnya bisa mampu melakukan sesuatu tapi kita enggak ngelakuin gitu karena apa Karena kita males nah males juga bisa diartikan sebagai perilaku menunda-nunda gitu ya atau properasi jadi malas itu bisa digambarkan dengan dua perilaku tersebut nah tapi ternyata kedua aspek males ini ini adalah aspek yang mungkin bisa kita bilang buruk sering dilakukan oleh orang yang pintar nah pertanyaannya adalah kok bisa kayak gitu [Musik] Oke jadi Apakah benar orang pintar itu cenderung malas dan apakah malas adalah karakteristik orang pintar jawabannya adalah bisa jadi Inggris buat study program gitu selama 3 bulan sering ikut penelitian pernah ikut lomba internasional [Musik] jadi sangat amat tugas gampang tapi aku lupa spesifikasi untuk membuktikan Apakah benar orang yang pinter itu adalah orang yang cenderung mager Nah jadi bayangin ada dua kelompok ya jadi kelompok pertama adalah kelompok orang yang suka mikir suka tantangan suka tugas yang kompleks nah tapi ada juga kelompok yang kedua orang-orang yang gak suka mikir orang-orang yang suka hal-hal yang simpel-simpel aja yang pasti-pasti aja nah kedua kelompok ini setelah dibagi keduanya dikasih Sebuah alat pengukur yang bisa mengukur aktivitas mereka masing-masing sekarang di kelompok 1 yang kita bisa kategorikan sebagai kategori orang pintar ketika diukur oleh jam tangan yang mengukur keaktifan itu mereka tuh tidak seaktif orang-orang Yang kenapa gitu ya ternyata simpelnya adalah orang yang pinter cenderung memang lebih malas bergerak terutama dalam aktivitas fisik mereka lebih suka mikir lebih suka pekerjaan yang menggunakan otak daripada menggunakan otot dan biasanya orang yang pintar itu cenderung akan bergerak ketika Memang mereka merasa bahwa Oh ini penting nih buat gua gerak dan selama mereka tidak menganggap bahwa hal itu penting atau menantang mereka enggak akan gerak cuy nah ini juga menimbulkan pertanyaan kalau misalnya orang pintar cenderung mager Apakah orang enggak pinter cenderung rajin jawabannya adalah bisa jadi nah ini menarik dan akhirnya gua coba telisik ternyata memang sifat-sifat rajin itu dimiliki oleh orang-orang yang mungkin iq-nya enggak sebesar itu Dan mungkin ini ada kaitannya juga dengan Survival ya karena kayak ya mungkin kalau orang pinter mereka enggak perlu effort lebih untuk mereka bisa Survive dan orang-orang yang iq-nya mungkin lebih rendah yang mereka tentunya butuh yang namanya kerja keras supaya bisa Survive di dunia yang mungkin cukup keras ini tapi mungkin jadi banyak yang mikir gitu Oh gua males berarti gua pinter Apakah benar kalau lu orangnya males maka lu adalah orang yang cenderung lebih pinter dan mungkin akan cenderung jadi lebih sukses daripada orang-orang di luar sana jawabannya adalah ternyata enggak ketika lu males sebelum tentu lu tuh pinter tapi ketika lu pinter maka lu akan cenderung males kalau kita ngomongin soal males Semua orang pasti pernah males Enggak sih Nah tapi kenapa ya ada orang yang malas-malasan terus itu apa sih faktor yang bikin orang itu males ini bakal gua bahas di Season selanjutnya nah pertanyaannya Kenapa sih ada orang yang males terus bahkan bisa sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun orang-orang seperti ini memang ada Siapakah orang itu nah ternyata orang itu adalah orang-orang yang punya gejala depresi sebenarnya yang paling marah tuh ini si memang tugas karena aku jadi tipenya ngerasa low energy cadangan rasa kayak emosinya nggak stabil gitu jadinya adalah besokannya capek Yang besok ada capek besok ada capek besok yang paling banyak di aku terus paling ganggu sih Nah Sebelum gua bahas lebih lanjut tentang depresi biar video ini tidak jadi Miss Leading pertama gua mau disclaimer bisa jadi gua salah atau nanti 5 tahun kemudian ketika Lu lihat video ini bisa jadi reset sudah berkembang dan gua bisa jadi salah di part ini gua bakal ngebahas banyak tentang gejala depresi dan gangguan depresi itu sendiri dan depresi adalah sebuah gangguan mental yang tentu berbeda gitu ya dengan tidak semangat berbeda juga dengan rasa sedih ya so kalau nanti ketika gua menjelaskan tentang depresi mengira-ngira menduga-duga bahwa lo depresi saran gua ya lo bisa langsung ke profesional Kenapa karena yang berhak mendiagnosis Apakah lu depresi atau tidak adalah profesional di satu persen Dotnet ada layanannya di yang lain juga ada layanannya ya lu bisa ke sana daftarnya gampang nanti tinggal ke 1%. aja langsung klik daftar Oke gua lanjut ya ngomong-ngomong soal gejala depresi atau gangguan depresi pertama-tama kita masih ngebedain dulu antara gejala dan gangguan kalau gejala-gejala tuh ya yang lo Rasain gitu Kayak misalnya batuk-batuk Tuh kan enggak jalan tapi sakitnya kan bisa banyak kalau batuk kan ada covid ada TBC brownhitis kalau ngomong soal gejala depresi ada tiga gejala yang bisa kita identifikasi pertama adalah gejala kehilangan minat sama banyak hal jadi lu yang biasanya suka kopi tiba-tiba enggak suka kopi suka baca tiba-tiba enggak suka baca yang kedua lu ngerasa enggak punya energi buat ngelakuin apa-apa gejala yang ketiga kita kehilangan konsentrasi hampir setiap hari dan 3 gejala ini juga Biasanya masuk ke dalam assessment psikotes misalnya teh sehat mental deh di satu persen.net Kenapa karena ini akan berkorelasi dengan rasa malas elu karena orang yang punya gangguan dalam kesehatan mental biasanya memang tak akan jadi orang yang pemalas nah diagnosisnya tapi lagi-lagi bisa apa aja bisa depresi bisa gangguan-gangguan lain nah buat elu yang merasa malasnya tuh terus-menerus yang misalnya lebih dari 2 bulan atau bahkan bertahun-tahun gitu ya Lu ngelihat misalnya nih orang kok pantes atau gua kok kayak enggak punya energi Nah bisa Jadi elu telah masuk ke dalam siklus gejala depresi juga jadi kalau dari riset yang gua baca siklusnya tuh kayak gini pertama kita mengalami gejala depresi yang tadi ya dan karena kita mengalami gejala depresi ini kita jadi ngerasa enggak punya energi enggak punya motivasi buat ngapa-ngapain kita akhirnya mengabaikan banyak tanggung jawab kita bahkan mengabaikan hal-hal yang esensial Kayak misalnya makan dan karena kita mengabaikan berbagai macam hal kita akhirnya merasa bersalah atau mungkin kita jadi dimarahin sama atasan kita atau sama teman kerja kita dan akhirnya kita jadi makin parah inilah yang akan Lu rasakan sih lingkaran setan ini jadi Bukannya lu males itu menghasilkan sebuah breakru gitu ya seperti Newton misalnya yang lagi overthinking lagi males-malesan Eh tiba-tiba ada apel jatuh menghasilkan sebuah teori yang kita rasakan malah ternyata adalah gangguan mental ya Meskipun gua tadi bercanda gitu ya tapi di sini gua tidak bercanda Ya silakan ya kalau lu dan menduga-duga bahwa lo ada gejala seperti itu saran gua konsultasi ke profesional ya Selesaiin dulu sendiri lah mungkin kalau enggak terlalu parah gitu ya tapi kalau udah dalam fase tertentu Lebih Dari 2 minggu lebih dari 2 bulan silahkan ke profesional so gimana solusinya untuk mengatasi perilaku-perilaku buruk supaya kita tidak sampai ke tahap gangguan yang parah bener-bener harus masak ayo makan dikit walaupun dikit jalan keluar karena kalau di kamar Itu kan aku kayak benar-benar harus jalan keluar kemana aja gitu jalan kaki muter-muter apa kayak gitu yang penting Nah kalau dalam ilmu psikologi ada salah satu teknik yang namanya adalah behel activation kalau misalnya lu semager-magernya elu lu tetap lakuin aja cuy Apa yang akan terjadi Otak lu nantinya akan memberikan stimulus yang akan menghasilkan siklus baru di mana yang awalnya lu merasakan gejala depresi tapi ketika lu udah punya routinitas yang memang lu Strike banget dan lu lakuin lu mencoba moto siklusnya dan akhirnya lu merasa jadi orang yang lebih berharga daripada sebelumnya lu merasa jadi orang yang berhasil lo merasa jadi orang yang positif nah di sana akan muncul rasa positif dan bangga yang akhirnya akan memutus si siklus lingkaran setan Itu tadi nah activation ini sebenarnya cuma salah satu cara yang bisa lo lakuin dari berbagai macam cara jadi gua saranin lu untuk belajar terus untuk tonton video-video self development yang ada di satu persen maupun juga video-video mental health dan lain sebagainya supaya lu nanti bisa bangkit cuy bahkan video paling viral kita aja adalah video melawan rasa malas so abis ini silahkan lu tonton oke Well of the day ya memang rasa malas itu adalah perasaan yang dialami oleh semua orang dan malas itu bukan berarti lu pinter tapi justru malah situ malah akan menghasilkan siklus yang mungkin buruk so Ayolah kita bareng-bareng melawan rasa malas untuk elu yang udah nonton videonya sampai habis Gua juga ngasih hadiah ke lu gua memberikan lu worksheet ini gratis untuk melawan ebiet-habit buruk silakan lo bisa print lu bisa isi buat lu yang merasa bahwa lu hidupnya lagi terpuruk buat lu yang merasa lagi stress dan lain sebagainya Lalu ada cerita ke temen belum merasa puas saran gua ya mungkin lu bisa coba cerita ke profesional terutama buat lo yang belum pernah cerita kayak silakan kalau misalnya tertarik gitu ya dan gua mendoakan lu semoga kita tidak terjebak dalam siklus lingkaran setan perilaku buruk Oke Akhir kata semoga video ini bisa membantu well enggak efektif [Musik]
Resume
Categories