Transcript
e6xoKZKBAyM • Terlalu Baik: Kenapa Orang Baik Susah Sukses? | Satu Insight Episode 38
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0613_e6xoKZKBAyM.txt
Kind: captions
Language: id
Padahal selama ini ibu yang kerja untuk
kita pak alah kamu tuh anak kecil nggak
usah ikut campur
orang baik itu hampir selalu menderita
kita bisa lihat ya ibu-ibu sinetron
menderita superhero menderita ada cowok
baik di friend zone dan Mungkin lo juga
nah masalahnya adalah kalau misalnya di
dunia film kan biasanya kebaikan itu tuh
berakhir dengan Happy endingnya mau
nanti di tengah-tengah ada kejahatan Ada
apa biasanya berakhir baik tapi kalau di
dunia nyata Apakah itu juga sama dengan
realita gitu bahwa kebaikan selalu
berakhir baik ya enggak Malah seringkali
orang jahat yang menang iya nggak sih
tapi yang jadi pertanyaannya adalah
Apakah kita harus top jadi orang baik
dan sebetulnya memang apa sih solusinya
dan bener nggak sih bahwa orang baik itu
selalu menderita Nah lo tonton video ini
sampai habis Biar lo bisa dapat
keseluruhan insightnya
[Musik]
Hal pertama yang perlu kita tanyakan
adalah emang orang baik itu yang kayak
gimana nah Kita samain dulu ya
definisinya biar nanti lebih jelas
Menurut lo orang baik tuh yang kayak
gimana nah lo bisa bales di komen
section ya pause dulu aja Menurut lo
orang baik tuh yang kayak gimana kita
bisa bilang bahwa kebaikan itu adalah
tindakan yang ya bermanfaat lah ya yang
baik yang biasanya memang ditujukan
kepada orang lain dan ini erat sekali
kaitannya dengan yang namanya
compression compression tuh apa
competition adalah ketika elu merasakan
nih penderitaan orang lain gitu ya ini
orang menderita nih di depan elu terus
kayak pas lo ngeliat mereka lu tuh
pengen nolong gitu dan Lo beneran nolong
juga dan lu menolong tuh Untuk
meringankan beban mereka Nah kalau
ngomongin soal orang baik sebetulnya
orang baik itu punya satu ciri khas yang
sama kalau ngomongin soal psikologi juga
ya Jadi ada satu ciri yang menarik yang
mirip di semua orang baik mereka
orang-orang baik itu biasanya punya
karakter yang tinggi Nah agrebless itu
adalah salah satu dari lima aspek
kepribadian ya dalam tes yang namanya
Big Five atau sering juga disebut
sebagai test Ocean Nah kalau selalu
konseling atau mentoring di satu persen
biasanya lu dapet nih tes Ini biar nanti
si psikolog atau mentornya itu tahu Oh
kepribadian lo kayak gini nah orang baik
itu sebetulnya hampir cenderung selalu
punya Griya Balance yang tinggi nah
terus agreebels itu ciri-cirinya seperti
apa Nah gua bakal sebut satu-satu ya
pertama orang yang agriabelnya tinggi
itu punya trust yang tinggi kepada orang
lain biasanya gampang percaya Mereka
cenderung percaya bahwa semua orang tuh
baik semua orang enggak jahat gitu
positif lah Nah yang kedua ada juga ee
jujur dan tidak manipulatif Jadi mereka
yang baik akhirnya berasa cukup tinggi
itu memang seringkali jujur gitu ya
jadinya ini bikin mereka disukai oleh
banyak orang mereka juga menganggap
bahwa hubungan pertemanan gitu ya atau
hubungan keluarga atau Ya intinya
hubungan sama orang lain itu lumayan
penting gitu Jadi lebih penting hubungan
daripada lu sukses gitu mendingan lu
berhubungan dengan baik daripada lu
kayak misalnya nah terus yang ketiga
juga orang baik itu biasanya suka
melakukan hal baik ya udah jelas lah ya
nah ini kalau dalam istilah psikologi
namanya altruise mereka tuh suka
menolong dan berbagi kepada orang lain
Jadi suka melakukan perilaku-perilaku
altristik nah yang keempat adalah orang
baik itu patuh mereka itu biasanya suka
menghindari konflik dan mereka juga
nggak suka bikin masalah nggak suka
berkompetisi nggak suka ngejatuhin orang
lebih sukanya ya berkolaborasi bekerja
sama terus ada juga yang kelima orang
baik itu cenderung memang rendah hati
mereka ya tidak peduli mungkin dengan
flexing Ya udah gitu kan flexing
prestasi enggak perlu flexing jabatan
enggak perlu flexing kekayaan ngapain
gitu dan mereka juga menganggap kalau
banyak orang lain itu yang memang lebih
hebat dari mereka nah yang terakhir
adalah biasanya orang baik itu perhatian
gitu jadi care sama orang sering banget
mudah kasihan sama orang dan ya mereka
enggak suka lah Ngelihat orang lain tuh
tertindas atau berada di posisi yang
lemah kalau lo perhatiin kayaknya dunia
bakal indah banget ya kalau misalnya
Semua orang tuh punya agrebless yang
tinggi atau semua orang tuh baik tapi
sayangnya memang dunia tidak seidel yang
kita pikirin kebaikan itu tidak selalu
berbalas kebaikan dan walaupun kita
berbuat baik belum tentu orang lain juga
akan melakukan hal yang sama kepada kita
ya sedihnya begitu ya mungkin ini juga
sering denger cerita atau nonton film di
mana ya orang baik dikhianati sama orang
lain bahkan akhir-akhir ini juga sangat
banyak kasus perselingkuhan KDRT dari
yang kayak ini kok istrinya cantik dan
baik tapi kok selingkuh gitu dan di
section selanjutnya kita bakal ngebahas
sebenernya Apakah jadi orang baik itu
worth it atau enggak gua kasih spoiler
ya jawabannya bisa jadi nggak
jadi orang baik itu tidak selamanya
menguntungkan ada banyak situasi dan
kondisi seperti yang gua Contohkan tadi
di mana orang baik itu akhirnya malah
Justru lebih menderita daripada orang
yang tidak baik nah menariknya Memang
secara statistik juga orang yang
grebesnya tinggi dan ya ini kita bisa
definisikan sebagai orang yang baik itu
cenderung lebih miskin daripada orang
yang benar-benar saya rendah Kenapa sih
gitu Kenapa bisa kayak gitu Kenapa orang
yang Malah grebesnya rendah yang keras
kepala yang enggak suka kooperatif itu
adalah orang yang jauh lebih sukses nah
ini ada beberapa alasannya yang pertama
kebaikan itu seringkali jadi candu buat
kita jadi kalau ngomongin soal kebaikan
seringkali kita tuh sebenarnya Berbuat
baik itu bukan karena orang lain bukan
karena kita ikhlas berbuat baik tapi
justru seringkali kita berbuat baik
sebagai manusia itu karena memang kita
suka berbuat baik Justru karena kita
pengen diri kita Feel Good Jadi bukan
buat tulus ngebantu mereka tapi
seringkali juga buat ya memang karena
kita udah kecanduan aja karena kita udah
sering Oh gua ngasih deh 2000 Perak gitu
misalnya ke pengemis ke siapa bukan
untuk pengemis dulu untuk diri kita biar
kita merasa lebih baik juga yang kedua
orang baik itu biasanya mementingkan
hubungan di atas segalanya Nah masih
nyambung sama poin sebelumnya gitu ya
hubungan dengan orang lain tuh dirasa
penting banget menurut orang baik jadi
buat menjaga hubungan mereka seringkali
jadi ya orang yang berkorban jadi orang
yang pasif jadi people pleaser ini bikin
mereka Jadi menyepelekan hal-hal yang
bikin mereka jadi sukses seperti karir
seperti ee performa management yang baik
dan lain sebagainya gitu dan biasanya
juga orang baik cenderung tidak terlalu
ngatur keuangan mereka nah yang ketiga
ini juga berhubungan sama yang ke-1 dan
ke-2 ya semakin sering lo baik semakin
besar resiko kebaikan lo akan
dimanfaatkan oleh orang lain ya Beberapa
orang cuma pengen ngambil keuntungan sih
dari elu dan ya kalau misalnya lu enggak
bisa membatasi kebaikan itu ini kan
saling berhubungan yang ketiga hal tadi
Ya udah lu candu terus tuh enggak
terlalu pentingin hal lain selain
kebaikan dan yang ketiga juga lu
dimanfaatin Ya udah lupa up gitu makanya
jadi baik itu enggak selalu baik
sebetulnya ya Dan ini jadi memunculkan
pertanyaan lagi apakah menjadi baik itu
bukan pilihan yang tepat kalau di sini
gua masih nggak setuju sih ya kalau
misalnya kita berhenti jadi baik mungkin
kita perlu sedikit lebih pintar dalam
mengatur kebaikan kita kita bahas di
section Selanjutnya ya
kita gitu ya di masa lalu kebaikan itu
malah justru bisa jadi katalis katalis
itu artinya bisa Jadi alat perubah diri
lu menjadi sangat baik jadi menariknya
adalah ada sebuah riset yang menemukan
bahwa kalau lu dibully kalau Lu pernah
punya pengalaman yang buruk di masa lalu
kalau misalnya lu berubah jadi lebih
baik itu tuh growtnya bakal lebih mantap
daripada orang yang gak pernah merasakan
stress sama sekali jadi ini adalah
saatnya buat lo untuk menjadikan
penderitaan lu di masa lalu atau dimasak
ini itu untuk jadi kekuatan Nah inilah
yang namanya post traumatic growth
Selain itu kebaikan juga punya banyak
benefit Ya ini gua sebutin aja kebaikan
tuh bisa jadi sumber kebahagiaan Ya of
course baik itu menyenangkan Dan ini
juga bisa meningkatkan rasa pede lu yang
kedua yang ketiga juga berbuat baik juga
bisa membuat branding lu jadi baik juga
sama orang lain Jadi orang lain juga
akan cenderung berbuat baik juga kepada
lu dan yang keempat bahkan berbuat baik
juga bisa mengurangi resiko kematian
lebih awal gitu tapi lagi-lagi ini gua
ulangi sekali lagi berbuat baik harus
Smart nah pertanyaannya Gimana caranya
cara yang smart untuk melakukan kebaikan
nah ini bakal gua bahas di section
selanjutnya
ada beberapa cara sebetulnya untuk jadi
orang baik yang Smartnya kita bahas cara
pertama cara pertama adalah sebuah
konsep yang namanya adalah efektif
altruisem Apa itu efektif altrism
artinya lo nolong orang secara efektif
Ide ini gua ambil dari salah satu
penulis buku gitu ya namanya Peter
singer memang Berbuat baik itu bagus
dunia itu butuh orang baik Betul tapi
bakalan lebih oke kalau perbuatan baik
yang lo lakuin itu benar-benar berdampak
baik buat dunia contoh lu punya konsen
lu pengen memberantas kemiskinan Lo
pengen membantu orang-orang miskin jadi
kaya apa cara terbaiknya untuk itu
Apakah dengan lo ngasih duit ke
anak-anak jalanan atau apakah Lu ngasih
donasi gitu ke sebuah lembaga yang
kemarin ternyata juga ada salah satu
lembaga yang banyak kontroversinya gitu
Apakah itu mungkin enggak juga berarti
apa dong cara yang terbaik nanti kita
bahas tentang cara baik yang baik cara
baik yang buruk dan cara buruk yang
ternyata baik yang kedua adalah satu
mindset yang kita sebut sebagai positif
Sam game positive some game adalah
sebuah situasi sebuah kolaborasi ya
antara kedua belah pihak mungkin di mana
semua pihak tuh bisa menang atau semua
waktu dua-duanya menang jadi nggak ada
yang dirugikan tidak hanya salah satu
yang diuntungkan jadi semuanya menang
nah ini namanya adalah positif Sam game
Ini juga masih lo perhatiin kalau
misalnya lu jadi orang baik terus
tiba-tiba orang yang lu balikin itu nipu
lu apa yang mesti lo cabut itu yang
masih lo lakuin Kenapa karena itu tidak
positif some game karena lu jadi rugi
ketika berbuat baik ke dia yang ketiga
dan ini sebenarnya yang paling gua
enggak preferensikan tapi ya Ini buat lo
yang egois Ya udahlah ya namanya adalah
egoistik all trourism ada juga kok ya
orang yang berbuat baik karena pengin di
branding baik karena pengen dianggap
baik sama orang tapi menurut gua ini
enggak apa-apa sih meskipun ini yang
paling tidak Gue sarankan dan berbuat
baik itu tetaplah berbuat baik meskipun
niatnya buruk ya kelemahannya adalah lu
tidak adil sejak dalam pikiran sih
ibaratnya Kayak lu jadi Ustadz tapi lu
jadi ustad biar lu dipuji orang gitu
tapi yang terakhir adalah Gimana cara
kita bisa tahu hal yang kita lakukan itu
sudah baik atau belum karena yang tadi
gue bilang hal baik tidak terlalu baik
dan hal buruk dan selalu buruk
gua ulangi lagi ya sesuatu yang kita
anggap baik itu tidak selalu baik gua
ambil contoh yang tadi gitu kemiskinan
Menurut lo dengan lo ngasih uang ke anak
jalanan yang ngamen yang minta-minta itu
akan ngesos kemiskinan mereka nggak
jawabannya adalah nggak atau misalnya
Apakah dengan pemerintah selalu
memberikan bantuan tunai itu apakah akan
ngesoft kemiskinan ya enggak jawabannya
gitu di beberapa konteks mungkin bisa
tapi banyak riset yang sudah menunjukkan
bahwa itu nggak bisa ngesolve kemiskinan
Justru malah ini bikin orang miskinnya
itu yang memang Dapat bantuan malah jadi
dampak buruk buat mereka selain mereka
jadi lebih ngarep sama duit ada juga nih
riset yang menarik justru pemberian
bantuan langsung tunai itu malah
meningkatkan kecenderungan si orang
kelas menengah ke bawah ini yang
mendapatkan bantuan itu lebih banyak
punya anak Kenapa karena semakin banyak
lo punya anak semakin banyak anak yang
bisa lu kasih ke pemerintah untuk kayak
ini gua punya anak nih bantu gua dong
jadi Justru dengan lo berbuat baik
dengan pemerintah berbuat baik ini
ngasih duit yang banyak nih ke orang
miskin Justru malah sih orang miskinnya
ngelunjak dan malah jadi melakukan hal
yang short terbang banget Padahal
faktanya beranak lagi nggak bikin duit
lo makin banyak secara longtrong lu
malah ya cenderung makin banyak biayanya
biaya susu biaya popok dan lain
sebagainya yang itu mungkin tidak
dipikirkan sebegitunya oleh orang yang
pengen kita bantu dan buat kita yang
pengen ngebantu juga seakan-akan kita
kayak Oh kita udah berbuat hal baik nih
dengan kita ngasih duit padahal enggak
jadi hal yang baik itu tidak selalu baik
ada juga misal contoh kasus lain Kayak
misalnya lu sebagai orang tua gitu ya lu
ngemanjain anak lu ngebeliin anak lu
apapun yang dia mau gitu saat itu juga
ini Baik enggak ya mungkin kelihatannya
baik gitu Dan mungkin orang tua yang
seperti ini itu punya pengalaman gitu ya
ketika dia masih kecil pengin minta
sesuatu enggak dapat dan akhirnya ya
biasanya orang yang udah kaya gitu itu
ngasih ke anaknya tuh dimanjain semuanya
apakah ini hal yang baik enggak juga
justru anak yang tidak dilatih untuk
menunggu atas keinginannya itu malah
jadi cenderung lebih manja lebih punya
mindset instan lebih enggak mau kerja
keras dan akhirnya ya di sinilah ya
masalah orang kaya pengen mewariskan
kekayaannya ke bawah-bawah lagi pengen
mewariskan bisnis dan lain sebagainya
tapi anaknya enggak bisa kerja keras
karena dimanja gitu Jadi hal baik tidak
selalu baik terus yang kayak gimana nih
contoh hal buruk yang bisa jadi baik ya
contoh simple aja yang baru-baru ini
dilakukan yaitu pencabutan subsidi BBM
pencabutan subsidi BBM itu baik atau
buruk sih ya bisa diperdebatkan of
course subsidi kalau tepat sasaran Ya
baik tapi kalau misalnya subsidi ini
nggak dipikirin sama pemerintah dan
dilakukan terus-menerus meskipun kondisi
negara lagi [ __ ] up apa yang terjadi
antara bangkrut eh seri langka nanti
makanya gua bisa dibilang ya gua memang
ada ketidaksetujuan dan persetujuan juga
tapi mungkin di kondisi seperti sekarang
ya bisa jadi mencabut subsidi BBM adalah
hal yang tepat meskipun itu sakit cuy
contoh lain juga kayak misal lu pengen
nolak sesuatu tapi enggak Lu tolak lu
pengen nolak gebetan gitu tapi enggak Lu
tolak ketika lu nolak sesuatu atau nolak
gebetan mungkin kesannya buruk gitu
kesannya Lu jahat lu nolak orang
mentah-mentah sori ya gua enggak suka
sama lu gitu justru buat orang itu malah
bisa jadi baik daripada dia di friend
zoni daripada dia digantungin ya kan
mendingan lu tolak mentah-mentah aja
kadang-kadang komunikasi yang jujur
banget seperti itu dilihat sebagai hal
yang buruk padahal bisa jadi baik ya
orang yang ngebet kita tapi kita enggak
suka bisa cepat move on dan ya kita bisa
cepat keluar dari permasalahan sama
orang tersebut dengan kita ngomong jujur
atau Kita nolak Nah coba kira-kira
Menurut lo ada contoh lain nggak hal
yang baik tapi ternyata buruk atau hal
yang buruk tapi ternyata baik Nah ini
bisa kita bahas di kolom komentar ya
of the day well sebenarnya baik atau
buruk itu ya relatif hal yang baik buat
gue belum tentu baik buat lo dan juga
sebaliknya dan kalau lo senang Melakukan
kebaikan Ya silakan melakukan itu
terus-menerus sih Kenapa karena ini akan
menguntungkan loh yang penting tadi
prinsip postnya yang gua memang masih
anut sampai sekarang adalah positif sama
game ya gua ketika ketemu orang baru ya
gua bakal baik kalau misalnya mereka
Toxic Ya udah gua mungkin akan stop
kebaikan itu Nah itu adalah cara baik
yang mungkin menurut gua adalah cara
yang smart dan juga melakukan kebaikan
bukan berdasarkan ini kelihatannya baik
tapi beneran memang efektif meskipun
memang ini kelihatan Seperti hal buruk
ya memang kalau lu bisa baik buat orang
lain di hidup yang sementara ini Ya
jadilah orang baik ya terakhir satu lagi
buat lo yang memang sudah menonton video
ini sampai habis Gua mau ngasih lo
sebuah hadiah nah ini juga adalah cara
kita untuk melakukan hal baik adalah
dengan kita memberikan worksheet gratis
dan juga konten gratis yang berkualitas
tentunya ee silakan di akses saja di
deskripsi Siapa tahu worksheet ini bisa
ngebantu lu untuk lu berkembang menjadi
lebih baik eee dan siapa tahu juga
dengan kebaikan yang kita kasih ini ya
bisa menguntungkan kita juga enggak ada
yang bercanda ya meskipun serius juga
tapi semoga ya dengan lo merasa ke bantu
seperti ini dan lain sebagainya ya lu
bisa share lah video-video kita ya
seminimal mungkin ke teman-teman lo lo
bisa like lo bisa komen biar nanti
video-video yang mengedukasi dengan baik
itu bisa tersebar seperti yang mungkin
semoga saja video ini buat lo yang
ngerasa nggak enakan ngerasa susah
komunikasi sama orang ngerasa Lu terlalu
baik atau bahkan ada orang yang bilang
kamu terlalu baik buat aku mungkin lu
Saran gue ikut mentoring aja atau ikut
konseling di satu persen biar masalah lo
bisa kelar atau kita juga bakal bikin
yang namanya webinar komunikasi asertif
dalam waktu dekat ini bakal berulang
tapi semoga ketika lo nonton video ini
berdarah masih ada ini banyak banget di
request sama orang Jadi silakan ikut
gitu ya webinar komunikasi asertif
silakan daftar link-nya ada di deskripsi
Oke Akhir kata semoga video ini
bermanfaat gue Evan dari satu persen
well
thanks