Kind: captions Language: id 200 juta Kenapa sih banyak orang beli barang branded yang harganya bisa jadi jutaan atau bahkan miliaran karena kayak kalau misalnya murah tapi bagus Kenapa harus beli yang mahal ya kan nah di segmen psikolog Finance kali ini kita bakal ngebahas tentang Kenapa sih orang beli barang branded penting enggak sih beli barang branded nah itu yang bakal kita bahas si segmen kali ini so station sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan inside-nya oke [Musik] sebelum masuk ke pembahasan gua mau eksperimen sedikit yang kecil-kecilan gitu ya gua akan menampilkan foto dari 4 orang yang berbeda Nah gua mau minta bantuan lo untuk lo menilai seberapa kompeten orang yang kerja dari fotonya dari skala 1 sampai 9 ya Nah semakin tinggi angkanya misalnya lo ngasih angka 9 nih ke foto orang X maka orang itu semakin kompeten Oke Coba sekarang lo komen nilai yang lo kasih Nah ada yang a b c dan d coba pause dulu terus lu kasih skor buat masing-masing orang kira-kira seberapa kompeten orang-orang ini [Musik] nah simulasi yang barusan gua kasih itu adalah replika dari salah satu penelitian yang menarik yang dilakukan di Amerika nah hasilnya kalau lo menilai si nomor C ini Paling kompeten Nah inilah penilaian yang memang kurang lebih juga dinilai sama orang-orang nah hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa manusia itu memang punya kecenderungan buat nge-judge orang dan bahkan cuma berdasarkan sama hal yang dia pakai makanya di sinilah muncul ya istilah keadilan sosial itu hanyalah bagi rakyat yang good looking yang tidak good looking ya tidak akan dapat keadilan sosial Ya intinya si orang C ini kan dia pakai jas sama dasi terus juga dia mungkin pakai baju yang cenderung lebih mahal daripada yang lain Lebih Rapi juga ya udah gitu karena tidak ada data-data lain ya udah kita berasumsi kalau si orang C ini lebih kompeten daripada orang-orang lainnya dan penelitian ini ini adalah salah satu alasan pertama Kenapa orang beli barang branded dan Kenapa orang beli barang mahal yang pertama alasan pertama ya biar kelihatan kompeten biar kelihatan sukses biar kelihatan pinter biar kelihatan gaul biar kelihatan kayak Oh gua mannernya Oke nih alasan kedua adalah masalah Persepsi manusia atau kita itu cenderung mempersepsikan bahwa harga barang yang lebih mahal terutama 2 sampai 3x4 lebih mahal daripada barang biasanya itu cenderung punya kualitas yang jauh lebih tinggi menurut persepsi otak kita dan akhirnya kita juga berpersi bahwa kebahagiaan yang kita bakal dapat juga bakal meningkat sampai dua sampai tiga kali lipat bahkan kalau harganya juga 2 sampai 3 kali lipat lebih tinggi meskipun kalau misalnya ngomongin soal kebahagiaan hmm kayaknya bisa dipertanyakan juga sih dan sebenarnya benar enggak sih barang yang lebih mahal itu akan membuat kita lebih bahagia nah alasan ketiga Ya tentu saja gitu buat fleksing gitu ya buat pamer untuk pamer sesuatu karena lu kayak merasa bangga gitu dengan barang-barang itu itu dengan iPhone dengan harga di atas sejuta 2 juta Gitu ya dan menariknya Memang barang branded ini dianggap bisa ngasih tahu ke orang lain bahwa lo adalah orang kaya bahwa lo adalah orang yang punya duit bahwa lo adalah orang yang berkuasa yang mana akhirnya sebetulnya ya Perasaan terhadap diri lu tuh jadi makin Oke jadi lo makin pede ini positifnya ya dan barang branded juga bisa jadi alasan lo buat feed in yang bisa ngebuktiin bahwa Oh gua Ada nih di kelas sosial tertentu gua masuk nih sama geng ini gua pakai iPhone nih enggak pakai Android gitu kan Ya kita juga udah sering bahas lah ya di podcast maupun juga di video sebelumnya ngomongin soal circle itu memang tiap circle itu punya karakteristik yang berbeda-beda Nah ada juga alasan yang keempat yaitu alasan yang berdasarkan pada seni atau spiritualitas nah ini biasanya memang cenderung dilakukan oleh orang yang kayak banget biasanya kayak misalnya lu beli barang mahal karena lu suka aja gitu karena lu merasa bahwa ada faktor seni di dalamnya meskipun kalau misalnya orang-orang biasa ngelihat kayak gitu Ngapain lu beli barang terus dilabelin Supreme gitu terus kayak jadi mahal gitu ngapain gitu kan Nah memang yang seperti itulah yang dijual lebih mahal tapi kalau gua sendiri Gua sebenarnya sekarang juga udah mulai belajar dan udah mulai sedikit ngerti bahwa ya memang barang-barang seperti itu bervalius seni juga contohnya misalnya kayak Mark Zuckerberg gitu Ini orang yang mungkin kita enggak tahu bajunya mahal karena bajunya ya warna abu terus gitu ya tapi sebetulnya lu tahu enggak Lu coba tebak deh harga bajunya dia berapa Kalau gua kasih spoiler harga bajunya tuh sekitar 6 sampai 7 jutaan Nah sekarang kita move ke misalnya kayak ngewes gitu nah Kanye West ini punya kalung yang harganya tuh 4 miliar dia juga punya cincin piramid yang harganya juga Sama juga gitu ya dua-duanya punya bentuk khas kultur Mesir kuno yang kayaknya k-nya itu memang terobsesi memang suka memang kayaknya dia melihat ada aspek spiritualitas dan seni di sana buat kita memang enggak masuk akal tapi kalau lu udah dengar podcast satu persen yang di sini yang kayak apa bedanya barang mahal barang murah 100 juta dan 1 juta Apa bedanya padahal bahannya sama itu nanti lu bakal ngerti sih alasan kelima juga ada Jadi biasanya juga dikaitkan sama alasan keempat barang-barang yang cenderungnya nih cenderung memang mahal cenderung berkualitas alasan kelima ini adalah alasan investasi jadi daripada beli barang yang murah mendingan beli yang mahal sekalian dan nanti bisa dijual lagi nah biasanya memang barang-barang yang nyeni itu cenderung seperti itu ya dan barang-barang yang cukup berkualitas secara branding Kayak misalnya Rolex itu kan kalau dijual lagi bahkan bisa jauh lebih mahal atau tas ermes semoga penyebutan gua enggak salah itu juga value-nya bisa dibilang cukup naik dan semua alasan-alasan tadi itu sebenarnya bisa digabung jadi orang itu Enggak cuma beli barang mahal karena satu alasan aja tapi bisa jadi karena semuanya juga kadang-kadang misalnya ada orang juga yang bilang oh misalnya beli Vespa beli apa gitu yang antik gitu Oh gua pengen invest padahal sebenarnya pengen pamer itu juga ada gitu jadi ya sudahlah tapi itu alasan masing-masing orang lah ya yang penting kita tahu alasannya apa biar kita lebih mengerti tentang dunia gitu kalau lo pribadi sebenarnya pernah beli barang branded enggak nah kalau misalnya lu udah pernah beli kira-kira gimana Menurut lo [Musik] nah menariknya adalah kalau lu perhatiin barang-barang branded ini bukan hanya dibeli oleh orang kaya saja tapi juga dibeli oleh kelas menengah dan juga oleh orang miskin dan kadang-kadang keputusan mereka gitu ya untuk membeli barang-barang branded ini tuh nggak masuk akal Kayak misalnya kredit beli motor padahal cicilannya itu setara 30 sampai 50% gajinya itu masih wajar sih tapi ya engap juga buat biaya sekolah anak aja misalnya padahal masih susah buat makan aja masih ribet tapi misalnya hp-nya iPhone terus motornya di atas 40 juta terus misalnya beli mobil padahal rumah aja masih ngontrak ya sebenarnya Enggak apa-apa sih cuman kalau maksa ya ini bisa jadi kita mungkin jadi bertanya-tanya gitu kenapa sih orang yang cenderung miskin malah cenderung maksa gitu dan cenderung membuat keputusan yang aneh juga ya saya Hara finansial Kenapa uangnya enggak ditabung aja kenapa enggak di invest kenapa enggak punya dana darurat kalau misalnya berdasarkan rumus ya berdasarkan kurikulum satu persen juga nah tapi sebelum lo nge-judge orang miskin itu misalnya jelek jelek bodoh dan lain sebagainya kita harus lihat dulu ya kita harus bisa berempati dengan kondisi orang miskin atau menengah ke bawah menjadi orang miskin itu sebetulnya bukan sekedar kondisi di mana Elu gak punya duit kemiskinan juga bisa jadi kondisi dimana lo setiap hari ya dihadapkan dengan stress dihadapkan dengan kecemasan lu tuh setiap hari dihadapkan dengan ketidakpastian besok mau makan apa bulan depan bakal gimana utang bakal lunas atau tidak dan berbagai macam tekanan lainnya dan bukan cuma internal pressure-nya kayak tadi kan ya pressure dalam kehidupan pribadi tapi juga eksternal Kayak lu tuh sampah masyarakat gitu loh kalau misalnya di kasarin ya kayak gitu kurang lebih yang dilihat orang dianggap orang yang malas dianggap kurang berusaha dianggap Goblok gitu kan disalahin juga kalau enggak bisa sukses dan Apalagi kita mau mendekati pemilihan umum kadang-kadang ya sering banget dijanjiin buat Oh lu Sejahtera gitu dikasih duit Padahal nanti mungkin bisa jadi enggak Sejahtera juga kalau dikasih duit kan ya Emang susah gitu ya jadi kelompok masyarakat menengah ke bawah Yang kemarin juga gua udah share statistiknya bahwa kekayaan orang yang memang ada di 60% terbawah itu nggak naik incomenya gitu ya sejak tahun 1970 jadi kayak ini cukup mengerikan yang terjadi di Amerika Serikat gua nggak tahu di Indonesia karena belum nemu datanya tapi kayak kesenjangan sosial ini Real nah that's why balik lagi ke bareng branded ya orang miskin juga Butuh hiburan orang miskin juga butuh untuk diakui orang miskin juga butuh yang namanya validasi bukan cuma orang kaya atau middle gitu ya Jadi butuh merasa dihormati juga butuh punya value juga di masyarakat so apa yang dilakuin salah satunya adalah beli barang mahal barang mahal tuh bisa jadi sedikit hiburan di atas kesengsaraan mereka gitu dan di atas penderitaan mereka tukang enggak suka Ya memang ini bisa ngasih solusi sementara untuk hidup lu menjadi lebih baik lu bisa jadi lebih pede lu bisa jadi lebih punya pride dengan diri lu dan lain sebagainya gitu nah menariknya adalah ini sangat berbeda dengan orang kaya orang kelas bawah tuh cukup beda dengan orang kelas atas nah orang yang kaya itu barang brand itu bukan jadi sarana untuk meningkatkan status gitu ya karena mereka memang udah mampu aja dan mereka juga tidak sengsara itu jadi kayak kebutuhannya udah beda makanya orang-orang kaya yang udah kaya dari sononya itu jarang beli barang-barang atau fashion yang logonya tuh gede justru beli barang yang logo-logo nya gede Kayak misalnya ada balenciaga dan lain sebagainya meskipun ada juga ya orang kaya yang dari sononya beli yang barang logonya gede tapi itu tuh Justru lebih sering dilakukan oleh okabe gitu orang kaya baru yang memang cenderung enggak kayak juga bisa dibilang kalau dibilang crazy Rich tuh enggak gitu ya kayak sih punya penghasilan gede tapi enggak bisa dibilang crazy Rich Kenapa gitu fenomena sosial yang terjadi karena memang orang yang middle yang baru naik ke atas Misalnya KB itu yang Mereka cenderung lebih butuh pengakuan karena mereka enggak dapat itu kan sementara orang kaya mereka udah dapetin semuanya gitu dari lahir bahkan masyarakat saja memuja-meja orang kayak kalau lu lihat kalau ada orang kaya oh silakan boleh makan dulu enggak gitu dan sebagainya gitu ya makanya bahkan di beberapa circle LV Loui futong gitu ya itu seringkali diledekin sebagai brand buat orang yang Miss Queen gitu buat orang yang gak punya tapi pengen kelihatan kaya dan biasanya kalau misalnya orang udah Old Money dan memang udah kelas atas dari sononya Kayak misalnya Royal family gitu biasanya memang cenderung pakai designer brand ya Meskipun memang kadang-kadang ada logonya kalau di beberapa artis biasanya juga karena endorse ya Cinta Laura aja pernah bilang dia tuh enggak suka beli barang mahal tapi menarik sih biasanya kelihatan lebih elegan lebih Fit lebih kece lah kayaknya dibandingkan sama Oka bokb flexing yang ada di Indonesia gitu ya Tapi bisa yang ngebedain lah base-nya seberapa Oke meskipun kalau mau nge-judge Space ya gua juga enggak bisa sih Gua juga baju gua berapa coba tebak baju gue berapa harganya kayak lebih dari 100.000 ya eh kurang dari 200.000 juga intinya ya ada perbedaan lah ya kalau misalnya orang miskin orang menengah orang kaya itu dalam membeli barang branded tapi kita bisa akui bahwa hampir semua orang di berbagai kelas sosial manapun itu Saya akan membeli barang branded dan ada data yang menarik ya orang kaya itu ternyata spendingnya bukan di barang-barang branded yang paling mahal tapi justru sebagian besar uang mereka tuh pertama jatuh kependidikan yang kedua adalah jatuh ke hari tua atau pensiun lalu ke kesehatan jadi justru buat barang-barang yang sifatnya pleasure atau Entertainment itu malah lebih sedikit persentasenya Nah Tapi menurut lo pribadi wajar nggak sih kalau semua orang beli barang branded itu menurut lo Make sense sih silahkan kolom komentar terbuka lah ya buat diskusi tapi kalau bisa yang sopan oke di part ketiga kita bakal jawab pertanyaan yang menarik sebetulnya beli barang mahal tuh bisa bikin bahagia nggak sih bisa jadi bisa jadi iya bisa jadi tidak sebetulnya tergantung sama tujuannya sih karena kalau yang namanya happiness kompleks dan kadang-kadang misalnya tujuan lo adalah flexing meningkatkan status sosial biar dipuji atau biar mirip sama seleb tertentu ya kebahagiaan lo jadi tergantung sama validasi orang lain ya kan kalau lu mau pamer ya harus ada orang yang melihat lu pamer dan memuji luwanya enggak sih Nah dan barang yang lu beli itu cuma jadi perantara dan flexing itu kan bukan hanya perihal barang flexing juga termasuk banyak gitu entah lu ngeliatin Badan lu gitu ya entah Lu ngapain gitu ya enggak tahu sih tapi intinya barang yang lu beli itu inget aja kalau misalnya tujuannya adalah eksternal tadi itu hanyalah sebuah perantara jadi Barang ini bisa aja membuat lo happy bisa juga enggak dan memang kalau pengalaman gue sih seringkali enggak ya enggak Happy atau happy-nya cuma sebentar doang dan bisa Jadi kalau orang enggak ngasih validasi malah orang-orang juga ngejekin lu ya barang-barang Mahal enggak berguna tergantung banyak lagi tapi menariknya adalah buat orang yang humble sekalipun yang gak flexing misalnya mereka beli barang branded ya barang juga nggak selalu bikin mereka bahagia jadi kayak Meskipun mereka nggak pamer dan nggak punya tujuan pamer juga nggak bikin jadi bahagia juga malah kadang kalau barang kita banyak yang branded gua pribadi sih malah jadi ke pressure gitu jadi kayak kadang-kadang muncul identitas baru juga misalnya ketika gua pakai MacBook jadi disangkanya gua orang kaya yang memang pengin flaxing dan lain sebagainya gitu padahal enggak bisa jadi ada orang desainer yang memang beli MacBook Pro yang paling mahal gitu ya yang M2 gitu ya memang karena dia hanya bisa di sana gitu atau karena memang kebutuhannya seperti itu ya gimana gitu Tapi sayangnya memang seringkali kalau di circle tertentu ya itu dianggap sebagai flexing atau sebuah kesombongan gitu Wih iPhone gitu ya tapi intinya sih Jangan terpaku sama validasi ya karena validasi itu bukan hal yang bisa lu control apalagi eksternal tuh ya bisa jadi malah bikin lo enggak Happy malah bisa jadi bikin sedih malah bikin gua ke pressure dan kalau dari penelitian ini mungkin sudah pernah Lo denger Justru lebih bagus kalau beli pengalaman dibandingkan barang untuk kebahagiaan yang long turn berarti kebahagiaan bisa dibeli dengan uang Ya betul itu makanya kurikulum satu persen juga Memang level 1 dan 2 itu ngomongin duit banget bahkan level 3 sampai level 4 juga emas sih ngomongin duit di kurikulum satu persen nah cara membeli Kebahagiaan adalah dengan louse pending dengan benar karena kalau misalnya uang nggak bikin lo bahagia Berarti lu spendingnya salah nah ini adalah salah satu judul penelitian yang meneliti tentang spending apa yang bisa lo lakuin buat mendapatkan kebahagiaan tadi udah gua kasih spoilernya beli pengalaman Kenapa karena kalau lo beli barang lo bakal gampang bosen tapi kalau lo beli pengalaman pengalaman itu akan ada di memori lu selamanya bahkan apalagi pengalamannya kalau sama orang-orang yang lo sayang gitu ya sama istri lu sama suami lu sama pasangan lo sama orang tua lu gitu itu tuh lu bakal bisa visit back itu pengalamannya baik ataupun buruk bahkan pengalaman buruk misalnya ya Meskipun gua enggak membenarkan ini misalnya kita dulu ada perpeloncoan gitu ya ketika ospek Tuh kan pengalaman buruk ya ngamen gitu dan makanya ditolak sekarang kan ospek tapi kalau lu reuni ya yang bakal Lu kenal adalah pengalaman buruk bareng teman-teman itu ya kan Nah itulah makanya event pengalaman buruk kalau misalnya lu spend dengan orang yang yang lu suka yang lo sayang gitu ya yang lu deket itu bakal jadi pengalaman yang baik daripada barang kalau barang kan lu kayak ya spend-nya sendiri gitu dan lain sebagainya Ya of course ada barang yang berbeda-beda juga kayak misalnya game bisa jadi experience bakal bikin bahagia tergantung risetnya tapi secara umum memang membeli xperience itu lebih baik daripada membeli barang nah gimana Menurut lo tentang ini ya tapi gua pribadi memang Pro ya ke beli xperience daripada beli barang karena bener sih memang itu ada di memori itu selamanya gitu dan lo bisa revisi itu dengan teman-teman lo ya makanya di kurikulum satu persen pun level 1 Tuh udah ada basic relationship level 3 itu meaning for relationship karena kalau lu enggak punya minifor relationship mau lulus kayak apapun bisa jadi hidup lu bakal juga pada akhirnya kita udah tahu ya Dari video ini bahwa beli barang mahal itu Sasa aja apapun Alasannya karena itu hak lu tapi kita udah tahu juga bahwa ada cara yang benar dalam membeli barang mahal dan ada cara yang mungkin bisa jadi bikin kita bakal bete Nah itu bisa jadi acuan lo untuk membeli barang branded atau tidak pada akhirnya ya jangan lupa evaluasi diri gitu Ya seperti yang gua bilang kalau lu memang belum aman dalam hal keuangan Lu lihat kurikulum satu persen lu cek level satu dan duanya kira-kira udah aman atau belum Kalau misalnya belum aman Ya sudah jangan beli dulu nabung dan ada darurat dulu itu kecuali memang lu bisa butuh dan bisa jadi aset produktif buat ke depannya yang penting kayak slow aman utang terkendali tabungan ada gitu ya kalau misalnya lu pengen tahu lo ada di level mana yang bagus dan yang jeleknya lu bisa ke satu persen.net ke tes psikologi dan juga nanti ada tes kurikulum satu persen ada juga tes keuangan pribadi juga tes personal Finance nanti Lu bisa tahu Oh ternyata keuangan gua baiknya di sini jeleknya di sini lu juga bisa ngisi worksheet kita gratis ini gua buat lo yang udah nonton video ini sampai habis ini worksheet soal financial planning lalu bisa isi supaya lo bisa evaluasi gitu kira-kira Gua udah cocok belum ya beli barang branded atau gua cocoknya beli barang apa nanti lo bisa Set financial goals lu nah kalau misalnya lo ngerasa Aduh gua high income gitu ya tapi gua bermasalah dan keuangan atau gua kayak misalnya pengen cobain investasi dan lain sebagainya takut salah nah lo bisa tonton playlist cycle job Finance dan juga playlist keuangan satu persen yang lain tapi kalau misalnya ngerasa butuh bantuan profesional kita juga menyediakan konsultasi bareng sertifight financial planner dan juga konsultasi bareng mentor atau psikolog itu buat yang keuangan kita ada spesialisasinya di CV itu dan buat kesehatan mental dan psikologi lu juga bisa ke mentor atau psikolog satu persen lu bisa langsung ke satu persen.net aja mulai dari 150.000 ya lu bisa dapetin konsultasi selama 75 menit + psikotes plus worksheet plus personal live treatment mantap banget sih ya udah intinya buat lu jangan lupa spending-nya diatur jangan lupa juga kesehatan mentalnya diatur karena kesehatan mental dan keuangan dan kesehatan fisik itu ketiganya saling berhubungan Akhir kata semoga series ini bermanfaat ini udah di episode ketiga nanti jangan lupa untuk nonton episode ke-4 Buat yang mau sponsorin juga boleh by the way Oke Akhir kata gue Evan dari satu persen well thanks [Musik]