Transcript
O37070Ez53Y • Semua Hal yang Perlu Lo Tau Tentang Filosofi Stoikisme | Satu Insight Episode 37
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0611_O37070Ez53Y.txt
Kind: captions Language: id aliran filsafat toikisme prinsip stoikisme stoikisme filosofi stoikisme di awal Tahun 2022 bahkan sebenarnya sejak tahun 2019 20 21 itu rame banget tentang yang namanya filosofi storiesm dan banyak banget orang termasuk juga lo yang merasa bahwa Oh ini adalah prinsip hidup gue termasuk gue juga sih dulu di tahun 2017-2018 meskipun sekarang sih udah nggak Nah pertanyaannya adalah bener nggak sih tapi praktik stoikisme ini bisa jadi solusi dari masalah hidup kita yang banyak gitu atau sebenarnya ajaran ini cuma bullshit belakang atau malah ternyata banyak orang yang mengklaim bahwa dirinya adalah stoide sebenarnya nggak bener-bener ngerti tentang poster doang well di segmen satu Insert kali ini gua bakal ngebahas soal Story system di sini gua nggak bakal bahas tentang definisinya doang tapi juga hal-hal negatif tentang Story system gitu supaya kita semua itu nggak keseruan mentah-mentah praktik stoikisme ini Oke stay tune di video ini sampai habis supaya lo bisa dapat keseluruhan Inside [Musik] Kalau ngomongin Story system ini tuh sebenernya udah sering banget dibahas selama satu persen bahkan video pertama kita tentang Story system Kalau nggak salah ada di tahun 2017 atau 2019 gua lupa nah Biar lo Paham konteks ya gua mau ngejelasin dikit tentang sejarah dari Story system Story system adalah ajaran filsafat Yunani kuno ya Jadi ini berawal dari Yunani yang mana Kalau tokoh-tokohnya lo pasti tahu Trio System yang paling terkenal yang pertama adalah Sayaka yang kedua adalah Epic Titus yang ketiga adalah Markus aurelius dan sebetulnya banyak lagi selain 3 itu tapi 3 Trio ini tuh yang paling terkenal memang tapi walaupun kuno walaupun sudah ribuan tahun sejak pertama kali stoik dicetuskan ajaran ini tetap eksis dan ini sebenarnya menunjukkan hal bagus Kenapa karena ya Berarti masih relevan dong Stories sistem itu ngajarin banyak banget hal baik dan praktis yang bisa terapin sehari-hari dan ada beberapa hal yang gua rangkum jadi 4 pertama yang diajarin sound system adalah untuk fokus ke hal yang bisa kita kendalikan jadi sesuai sistem itu membagi hal itu menjadi dua pertama adalah hal yang bisa kita kendalikan yang mana itu adalah hal internal tapi ada juga hal eksternal hal-hal di luar diri kita yang nggak bisa kita kendaliin ya nggak bisa kita ngandelin ya subsidi BBM dari pemerintah kan terus juga Resesi ekonomi itu kan jelas tidak bisa dikendalikan dan emosi juga sebetulnya Story system itu mungkin bisa dibilang juga percaya bahwa ini tuh tidak bisa dikendalikan juga termasuk salah satu impuls dalam diri manusia yang memang kadang-kadang otomatis juga cuman emosi dan hal-hal yang ada dalam diri kita ini bisa kita latih untuk kita kontrol karena memang ini sepenuhnya tubuh kita adalah hal yang bisa kita kontrol jadi storage itu mengajarkan kita untuk fokus pada Ya udah mau dunia se ambruk apa mau misalnya Apapun yang terjadi ya lu fokus ke hal yang bisa lo kontrol dan ini juga sebetulnya di reset juga oleh kaum-kaum psikologi gitu ya termasuk juga kalau dalam psikologi itu ini namanya locus of Control dan orang yang memang lebih bahagia Ya tentu adalah orang yang punya lokus of Control internal ya jadi orang yang memang menekankan pada kalau dia gagal kalau dia sukses ya Ini karena gua pribadi gitu dan memang fokus ke hal yang dia kontrol aja bukan malah nyalahin keadaan nyalahin pemerintah nyalahin guru nyalahin Tuhan gitu ya itu alasan yang pertama yang kedua adalah stoic juga mengajarkan bahwa hidup itu bukan hanya mengejar hal-hal yang duniawi saja jadi kan hal-hal duniawi itu cenderung tidak bisa dikontrol ya Kayak misalnya ya hal-hal sesimpel kekayaan aja bisa hilang besok atau bahkan kesehatan aja lu bisa tiba-tiba sakit besok jadi stoide itu mengajarkan juga untuk kita tidak fokus ke hal-hal yang duniawi banget materialistis banget Epic title saja kan sebetulnya dia adalah budak ya dan gua juga belajar dari Epic Titus bahwa mau lu dikerangkeng mau lu di penjara dan lain sebagainya ya lu tetap bisa berpikir gitu dan lo tetap bisa mengontrol apa yang lu pikirkan mengontrol emosi lu mengontrol Sikap lu gitu terhadap situasi si Epic Titus ini memang mau lu ngerantai dia mau lo nyiksa dia ya Dia mungkin akan jatuhnya bodo amat sih karena is not something that he can control gitu ya Dia hanya bisa mengontrol dirinya sendiri itu mengajarkan kita juga untuk lebih ikhlas lebih fokus ke hal-hal yang memang jadi prinsip kita gitu bukan hal-hal yang duniawi banget lah bukan yang materialistis banget yang ketiga sebetulnya Story system juga mengajarkan kita untuk fokus kepada ee berbuat baik ini yang enggak banyak orang tahu sebetulnya Stories system itu bukan berarti lu bodo amat sama eksternal terus ya udah gitu enggak ya kalau lu bodo amat sama semua orang atau sama hal di luar lu dan lu enggak melakukan sesuatu untuk itu ya Markus aurelius mungkin akan jadi orang jahat gitu jadi Stories sistem juga mengajarkan kita untuk yang mementingkan nilai-nilai baik bahkan Story sistem sendiri Memang percaya bahwa manusia itu harusnya menyatu dengan alam Jadi kita itu udah punya roll roll kita adalah sebagai makhluk yang rasional dan sebagai makhluk yang Ra terkenal Ya udah lu jangan emosional lu mesti melakukan hal baik meskipun di luar sana banyak orang yang melakukan hal buruk dan ini yang banyak orang gak tau juga nah yang keempat adalah istilah soal mementomori mementomori adalah hal yang diajarkan oleh stoik bahwa kita itu harus ingat sama kematian gitu ingat bahwa hal-hal materialistis bahkan seperti tubuh kita ini itu tidak akan last forever lu nggak bakal hidup selamanya kan Ya memang terkesan Dark tapi dengan menyadari bahwa One day lu bakal Mati lu bakal jadi lebih ikhlas lu bakal bisa memfokuskan diri ke ya memang hal-hal yang penting dalam hidup lu dan Dari keempat prinsip ini memang Ya ini yang bikin situation jadi keren banget termasuk juga yang terakhir yang kelima ee percaya sama takdir gitu bahwa ya Hidup ini memang Ya kadang-kadang memang sudah takdirnya seperti itu gitu dan Ya udah kita percaya aja sama takdir kita menerima bahwa yang memang hidup mah seperti ini tapi bukan berarti dengan adanya takdir kita jadi enggak usah nah dari kelima prinsip itu kira-kira yang menurut lo favorit yang mana Nah ini silahkan di komen section ya kalau misalnya kita bicara tentang produk stoikisme tentu hal yang bagus dan itu juga alasan kenapa mereka bertahan sampai sekian lama dan cukup ringan gitu prinsip-prinsip utamanya gue yakin banyak dari lo yang ngebantu banget sama prinsip ini bahkan salah satu penulis yang mengambil juga filosofi stoik buku filosofi teras gitu ya Om Henry mana piring dia juga menceritakan kan bahwa Kalau enggak salah dia tuh sempat kena gangguan mental Gue lupa gangguan mentalnya apa Kalau enggak salah enzayt gitu ya Lalu setelah dari sekian terus psikolog enggak sembuh-sembuh akhirnya mempelajari filosofi stoik dan akhirnya bisa jadi jauh lebih oke gitu Jadi itu adalah hal-hal bagusnya Tapi menurut gua Nah di sinilah letak masalahnya sebetulnya sistem itu sekarang populer banget dan ketika sesuatu itu sudah terlalu populer atau bahkan sudah bukan lagi merupakan ajaran filsafat yang murni filsafat tapi juga adalah sebuah industri yang memang digunakan juga oleh orang-orang di self health termasuk gua juga di sinilah sebetulnya akan muncul banyak kesalahan atau salah kaprah gitu tentang stoisystem filsafat itu kan sebetulnya bukan sebuah hal yang simpel ya Ya bisa aja simpel sih Tapi kalau kita mau mempelajari secara mendalam Ya kita harus baca banyak buku bahkan kadang baca buku dari buku yang membahas tentang buku itu paham nggak sih baca tentang kajian tentang kajian tentang kajian gitu tapi kita bisa setuju lah ya bahwa suatu hal yang mungkin terlalu simpel itu bisa jadi rentan salah kalau enggak setuju boleh komen juga sih tapi akhir-akhir ini ya kita bisa menikmati semua filsafat itu dengan mudah dan bahkan hanya cukup melihat video 5 sampai 7 menit dari satu persen atau dari channel lain kalau lose searching Stories system juga udah banyak banget lah gitu lo bisa menemukan banyak banget konten Nah itu blok video podcast atau sekedar quotes-quotes dari Trio tadi ya Marcus aurelius dan lain sebagainya karena memang ini sudah di simlifikasi gitu ya dengan mudah stoikisme jadi diikutin oleh semua orang dimodifikasi Tuh kan akhirnya jadi tips hidup di dalam banyak hal kalau lagi depresi Story season lagi stress Story sistem kalau bisnis toystem lagi berduka sistem yang gak ada salahnya sih sebetulnya tapi pertanyaannya Apakah hal yang jadi tips sederhana ini ya bener-bener Stories system Apakah ini adalah sistem yang terbaik gitu untuk menghadapi kehidupan dan ini juga diamini oleh salah satu penulis gue coba kutip kata-kata dari blognya ya dia bilang kayak gini stoik modern sekarang itu sering banget dipilah-pilah gitu ya dipilih-pilih ajarannya cuma diambil yang positifnya aja dan Story modern itu seringkali juga ngemodif ajaran-ajaran sistem yang lama enggak apa-apa sih sebetulnya tapi yang nyebelin adalah ketika orang sotoy gitu kan ini bukan stoisi sistem dan lain sebagainya atau ini stois season tuh yang seperti ini nah padahal kan mungkin realitanya tidak seperti itu ya Oke kita ambil salah satu contoh dari seneka itu Salah satu pencetus stoikisme itu dia pernah kehilangan sahabatnya dia pernah dihadapkan sama situasi Itu dan dia bilang Kalau kita tuh ya Enggak boleh sedih sedih itu haram gitu [Musik] Indonesia yang 100% rasional gitu tidak ada irasional atau faktor emosi dalam diri lu yang bisa lu pakai ya padahal sebenarnya kan tidak seperti itu dan beberapa pengajaran atau penganut stoik modern ya biasanya menutup-nutupi hal itu stori sistem yang lo percaya belum tentu benar dan solusi sistem yang lo percaya bener belum tentu pas juga buat diri lo belum tentu pas juga dengan segala situasi lo dan belum tentu pas juga dengan segala reset reset Psikologi yang ada di zaman sekarang belum lagi ada juga fenomena poster gitu ikut-ikutan bilangnya ahli filsafat tapi baru baca quotes-quos filsafat stoide doang dan itupun yang mungkin tidak mencerminkan Keseluruhan sistem Nah makanya gua bakal ngebahas kritik tentang Ajaran Story system di dunia di mana Memang sekarang semakin banyak orang yang menggunakan ya ajaran sosial ini untuk diajarkan ke orang lain juga sama seperti ajaran lainnya Story system juga bukan ajaran yang bebas kritik gua akan jelasin satu hal yang mungkin jadi kritik utama pertama Story system mungkin gak cocok buat manusia dalam semua konteks Kenapa Karena manusia itu bukan makhluk yang sepenuhnya rasional kita nggak bisa pungkiri bahwa manusia itu makhluk emosional juga makhluk irasional juga dan ini bukan sebuah hal yang lu bisa dinilai emosional Maksudnya gimana emosional Artinya kita punya perasaan jadi emosi itu bukan marah itu mungkin ada yang mikir bahwa Oh emosi lu marah gitu kan padahal enggak emosi itu banyak Ada Happy ada set ada kaget dan lain sebagainya emosi itu muncul biasanya ketika kita mendapatkan stimulus dari luar ya dari eksternal misalnya kita tiba-tiba digampar sama orang atau misalnya kita lagi ngantri di Indomaret di Alfamart tiba-tiba ada ibu-ibu gitu nyempil nyempil pengin nyusul lu gitu kan pengen nyala antrian lo Nah itu kan lu mungkin marah lu mungkin juga bete Nah itu adalah emosi dan ini kalau menurut stoisem sebisa mungkin kita jangan terpengaruh sama hal-hal eksternal ya inilah kritik utamanya ya Apakah kita ketika tidak terpengaruh itu tidak boleh merasakan emosi negatif Ya tentu Enggak apa-apa dong gitu Nah makanya muncul juga sekarang yang ngetren lagi adalah ajaran mindfulness main fullness tuh artinya Lu sadar nih Oh gua lagi marah Oh ya udah enggak apa-apa Nah itulah sebetulnya ajaran yang sekarang lagi ngetren juga jadi Dalam meditasi kan lu dilatih Oh enggak apa-apa nih gua marah gitu Oh enggak apa-apa gua sedih Nah itu mungkin yang menurut gua sejauh ini lebih tepat lebih relevan dengan keadaan sekarang jadi bukan dinaing emosinya justru kalau lu dinai emosinya emosinya bisa Wah masuk ke alam bawah sadar dan lain sebagainya terus bisa jadi lu jadi stres lah gitu kalau lu mencoba untuk nahan-nahan emosi ya Sama halnya kayak eee memang kita enggak bisa marah ya kalau misalnya ada orang ngejahatin anggota keluarga kita kalau ada misalnya orang yang kita suka karena kekerasan seksual gitu dan berbagai macam hal eksternal lainnya yang sebetulnya sangat wajar untuk kita marah sedih bete ya faktanya memang seperti itu ya enggak apa-apa gitu manusia itu makhluk yang emosional gue ulangi lagi gua mau ngasih tau satu statistik yang menarik ya tentang laki-laki dan perempuan kita semua Mungkin punya stereotipe ya bahwa perempuan itu makhluk yang lebih emosional katanya sih begitu kata banyak orang bukan kata riset ya dan laki-laki itu tidak emosional faktanya dalam percobaan bunuh diri sebetulnya yang lebih sukses melakukan percobaan bunuh diri adalah laki-laki nah Padahal kalau kita lihat laki-laki itu punya secara otomatis kulit dan maskulin dalam sains tradisional itu adalah enggak boleh nangis Enggak usah curhat di Pendem aja sendiri enggak masalah bebannya lu pikul sendiri gitu nah itu yang membuat memang membunuh diri itu lebih tinggi kesuksesannya laki-laki daripada di perempuan ada satu riset menarik juga yang melibatkan ribuan partisipan yang berasal dari 96 negara nah partisipan disuruh menilai nih Lu pernah patah hati nggak dan seberapa menyakitkan patah hati yang pernah lo alami ternyata rasa sakit itu lebih besar dirasakan oleh perempuan kalau menurut pada saat itu ketimbang laki-laki tapi si perempuan yang merasa bahwa Oh gue sakit hati banget mereka pulihnya lebih cepat daripada laki-laki apakah karena hormon karena apa gua nggak tahu tapi yang jelas bisa jadi salah satu faktornya adalah yaitu menahan emosi itu yang dianggap memang ini maskulin makanya muncul istilah toksik maskulinity dan lain sebagainya Ya gua sih enggak melabeli ini Toxic cuman gua melihat bahwa ini adalah konsekuensi dari serial type itu stereotyping yang memang bisa berpengaruh buruk lalu mau jadi maskulin ya enggak masalah lah menurut gua gitu Apa iya laki-laki harus jadi feminin enggak juga gitu loh cuman dalam konteks ini bisa jadi laki-laki memang perlu lebih mengeknollage emosinya lebih menerima apa yang mereka rasakan karena laki-laki itu kurang sama yang kayak gitu dan apalagi dengan ajaran stoide kayak gini mungkin akan semakin kurang apalagi yang poster gitu ya yang kagak ngerti Oh ya udah gua bodo amat padahal bukan gitu ya Coba yuk [Musik] nah yang jadi masalah dari poster juga adalah ini yang tadi gua mau bahas ya tentang miskonsepsi yang sebetulnya buruk tapi dianggap bahwa ini adalah part of Souls bahwa ini adalah alirannya memang seperti ini yang paling gue sering denger adalah yaitu jadi bodoh amat ya untuk bahagia lu pikirin aja hal yang ada dalam kendali Lu bodo amat sama opini orang sama hal eksternal gitu Padahal prinsip ini bisa dibilang sedikit banyak malah bertentangan gitu dengan Story yang tadi gua bilang kalau Marcus aurelius kaga peduli sama eksternal Dia mungkin tidak akan jadi kaisar yang baik gitu dia justru peduli sama external cuman dia mengambil tindakan yang memang masih ada dalam kendalinya dan dia memang Feel in difference alias dia ya memang sudah mengalami emosi buruk atau baik gitu tapi dia ya udah tidak menganggap itu sebagai hal yang eee apa relevan dalam pengambilan keputusannya dan itu menurut gua Oke sih gitu ya cuman kadang-kadang ya ini dijadikan di Translate gitu ya bahwa Oh lu bodo amat aja sama orang kebanyakan enggak gitu kalau lu mau jadi antrepreneur yang katanya sih kalau gua lihat ya dari video-video terkini tuh yang pakai stoik itu seringkali bilang Bodo Amat aja lu mulai aja tapi kan jadi antrepreneur juga lu mesti mengikuti kata-kata market kadang-kadang kadang mesti mengikuti kata-kata investor kadang masih mengikuti kata-kata orang jadi ya prinsip yang dijalankan secara ekstrem yang sampai mungkin maknanya jadi salah itu bisa jadi buruk meskipun itu adalah Story system nah di section selanjutnya kita bakal ngebahas gitu ya sebenarnya kita harus berhenti atau enggak sih untuk jadi story karena jujur kalau gue sendiri gua bisa dibilang berhenti sih melabeli diri gue sebagai apapun termasuk kalau lo nanya ke gua berhenti atau enggak ya gue sendiri berhenti Tapi pada dasarnya Mungkin gua bisa bilang bahwa Story system itu bukan untuk semua orang kalau misalnya frustrasi gitu ya karena lu nggak bisa jadi stoik entah karena lo memang orangnya misalnya secara kepribadian lo tuh neurotik atau lo tuh orangnya memang sangat peduli dengan berbagai macam kejadian di luar Lu gampang nangis dan lain sebagainya atau lu simply enggak setuju sama konsepnya Ya silakan keluar aja sih gitu dan bahkan Gua lebih setuju kalau kita udah enggak ada label-label apapun sih bahwa Oh ini si paling stoik si paling apa sih paling apa gitu Gua lebih setuju seperti itu memang ada banyak juga aliran yang bisa kita anut atau pelajari bahkan kita bisa aja bikin aliran sendiri dan di satu persen saja kan sebetulnya gue sendiri itu bikin kurikulum sendiri kan jadi kayak gua ngelihat Oh ini dunia seperti ini berdasarkan perkembangan teknologi kapitalisme akhirnya Ya udah gua bikin bahwa Wah ini terjadi kesenjangan nih makanya kurikulumnya di satu persen bentuknya segitiga terus juga Oh iya orang enggak terakhir setara makanya ada level-levelnya Oh ya gua lihat juga bahwa ini aliran bisa nih dipakai ke sini lu juga bisa melakukan itu juga meskipun lu bukan stoik tapi lu juga bisa menganut ya hal-hal yang memang baik dari aliran itu dan juga lu comot juga aliran lain itu sih gua pribadi juga merasa bahwa gua Mungkin ilmunya juga bisa jadi kurang cukup ya ketika membahas hal ini ke publik tapi ya udah daripada gak ada yang bahas mendingan kita bikin forum diskusi di sini nah buat lo yang pengin belajar aliran filsafat By the way kita juga udah punya playlist tersendiri yang sudah sempat ngebahas soal resistansialisme absurd Desem gitu ya nihism dan lain sebagainya gitu eh ada beberapa kritik juga dalam video kita gitu ya tapi ya it's oke gitu eee selama kritik itu membangun dan mengkoreksi bahwa ada yang salah ada yang benar Baguslah silahkan belajar pada akhirnya ya Jadi stoiki itu nggak salah dan gak jadi stoide juga nggak salah namanya juga ilmu pengetahuan dan namanya juga prinsip hidup bisa setuju bisa nggak setuju tapi ingat aja kalau lu percaya kepada hal yang salah dan lo tidak mengevaluasi itu dan lo tidak mau berubah lu bebal gitu ya bisa jadi bakal bahaya dan buat lo yang udah nonton sampai habis ya gua mau ngasih pesan aja buat lo bahwa filsafat itu bukan hanya stoide doang dan penting banget buat kita untuk belajar filsafat lebih dalam untuk mengevaluasi juga keseruan diri kita dan buat lo yang merasa sedang ada dalam kesusahan juga silahkanlah comot-comot berbagai macam aliran filsafat dan juga ajaran-ajarannya yang bisa lu praktekin sih termasuk juga ya salah satunya adalah ilmu psikologi yang meskipun ilmu psikologi bisa dibilang sepak terjangnya Tidak selama ilmu-ilmu fisika ekonomi dan lain sebagainya tapi ilmu psikologi juga bisa dijadikan acuan so gua mau ngasih lu worksheet gratis buat lo yang ngerasa ya lu ada masalah kesehatan mental ada masalah juga dalam Mi dan lain sebagainya lu bisa Coba akses worksheet gratis ini itu untuk lo mengevaluasi berbagai macam masalah dalam hidup lu baik itu mental maupun fisik lu bisa akses di description box bahkan kita juga ada worksheet finansial yang gua kasih juga kalau secara gratis dan terakhir juga kalau menurut gua sih kalau lu udah mencari tahu berbagai macam aliran berbagai macam tips dan trik untuk mengembangkan diri lu dan untuk menyelesaikan masa lalu tapi itu ternyata tidak berhasil saran gua sih lu bisa pergi ke profesional di bidang psikologi gitu ya eee dan satu persen menyediakan itu kami menyediakan layanan konsultasi pertama ada mentoring yang kedua ada konseling dan ada berbagai macam konsultasi lain termasuk konsultasi keuangan juga gitu buat lo yang merasa bermasalah dalam hal keuangan of course ini berbayar karena kita harus membayar konsultannya ya ya Akhir kata gua mau setting buat lo yang udah support dan Ya udah silakanlah untuk menganut apapun yang mau anut Oke Akhir kata gua Evan dari satu persen well Akhir kata gue Evan dari satu persen well [Musik]