Kind: captions Language: id pinjol paylater dan kartu kredit urusan pinjaman yang pasti ya Ada kami kalau kita melihat soal data banyak banget masyarakat yang terjebak sama hutang dan bukan hanya terjebak sama hutang tapi juga terjebak sama Utang yang bodong tidak diawasi oleh negara dan memang Bunganya juga gak sense gitu tinggi banget kayak akhirnya aku jadi dari lubang tutup lubang tapi hutang juga bukan hanya menjebak masyarakat miskin jadi kalau misalnya lo Mikir bahwa utang itu identik dengan masyarakat miskin ada benernya tapi nggak juga orang kaya juga sebetulnya berhutang kalau kita lihat laporan keuangan dari para menteri-menteri yang menjabat di Indonesia ini adalah data-data di tahun 2019 yang mana utangnya gede banget jadi kalau kita ngomongin soal korban hutang sebenarnya semua orang adalah korban dari hutang baik masyarakat biasa ataupun masyarakat kelas atas tapi apa sih hal yang membedakan hutangnya orang kaya dan utangnya orang miskin Kenapa orang miskin nggak bisa bayar utang Kenapa mereka sampai dikejar-kejar depkolektor bahkan sampai harus menjual rumah mobil atau semua hal yang dia miliki di segment kali ini kita bakal ngebahas soal utang dan yang paling penting adalah seni Gimana cara kita ngutang berdasarkan aspek-aspek psikologis dan gimana orang kaya bisa memanfaatkan utang yang Bahkan tidak membuat mereka terganggu sama sekali meskipun hutangnya sampai ratusan miliar atau bahkan triliunan Nah lo tonton sampai habis sirih cycle bio Finance yang kedua ini Biar lo bisa dapat keseluruhan insidenya utang utang utang kredit kredit kredit pinjol pinjol sebenarnya utang itu apa sih Oke hal yang pertama yang penting banget yang masih lo tau utang itu ditulisnya adalah utang nggak pakai h ya Meskipun gue juga Tadi spellingnya pronunciationnya pakai h sih Tapi kalau lo nyari di KBBI hutangnya itu sebetulnya adalah hutang ya jadi nggak pakai h tapi kalau kita ngomongin soal utang definisinya ya yang bener itu adalah utang itu ketika lu meminjam uang atau barang ke orang lain yang mana peminjam ini berkewajiban gitu untuk mengembalikannya sesuai dengan jangka waktu tertentu gitu ya yang disepakati oleh pengutang dan tukang hutang tapi yang jelas peminjam dan pemberi pinjaman ini harus punya kesepakatan Kapan mau dibalikin dan biasanya utang itu ada bunganya jadi bunganya itu kayak bayaran buat si peminjam gitulah Karena dia sudah meminjamkan uangnya kita bayar dengan uang utang juga sering disebut dengan sebutan lain Kayak misalnya kredit atau mungkin yang udah kita tahu juga adalah kasbon di warung gitu ya kadang ada tulisan menolak kasbon ada juga paylater bayar nanti ada juga KPR dan lain sebagainya gitu sekarang udah banyak lah mau 0% kek tapi ternyata ada biaya jasanya mau 2% kek tapi ternyata floating ada juga yang non floating Wah makin ribet dah ada juga yang peminjaman pakai akad juga nah itu biasanya yang dipakai sama Bang Syariah ya Tapi pada dasarnya yang utang adalah hutang sih sudah bisa mendapatkan itu ya mau nggak mau kayak akses kemudahan itu membuat saya jadi Ketergantungan dengan cuma paylater gitu ya pinjol dan kredit juga cukup digemari oleh masyarakat Indonesia kalau kita lihat data jumlah uang yang disalurkan melalui pinjol ke masyarakat itu ada di sekitar 45,72 Triliun Rupiah dan sudah ada sekitar 17,5 juta kartu kredit yang sudah tersebar di seluruh masyarakat Indonesia meskipun ini jumlah ya sebenarnya secara rasio masih dikit tapi angka ini masih sangat bisa growing sampai puluhan tahun ke depan tapi kalau dibandingin sama Amerika Serikat salah satu negara yang cukup kapitalis gitu ya USA itu pengguna kartu kreditnya ada sekitar 70% gitu jadi 7 dari 10 orang itu punya kartu kredit dengan rata-rata utang dari masing-masing orangnya itu sebesar Rp5.000 atau sekitar 81 juta per orang bahkan di tahun 2020 gua melihat data bahwa total pelunasan utang kartu kredit di Amerika itu mencapai angka 83 miliar banyak banget dan data-data itu itu sebenarnya menunjukkan kan bahwa masyarakat dengan kekuatan ekonomi nomor 1 atau 2 di dunia gitu ya itu hobing kutang Mungkin lo heran ngapain kayak ngapain sih kita ngutang gitu kenapa sih orang suka banget sama utang ya simpel karena utang memberikan kemudahan lu bisa dapat barang atau jasa atau apapun yang belum lo punya dengan lo langsung minjem aja gitu nanti dibalikin lagi bertambah bunga sedikit jadi utang itu menawarkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai tujuan entah itu untuk sewa rumah entah itu untuk bisnis dan lain sebagainya dan bisa dibilang kayak hampir semua orang di zaman kapitalisme sekarang ini ya pernah berhutang kaya maupun miskin muda ataupun tua beli motor ataupun bangun bisnis dan Beli rumah atau sesimpel beli barang-barang murah nah tapi semua ini menyimpan masalah masalahnya adalah gini nggak semua orang itu paham seni berhutang dan mungkin yang paling sakit banget yang paling kena batunya banget itu bukan para menteri yang tadi gua bilang hutang yang ratusan miliar tapi ada lah rakyat-rakyat kecil yang mungkin hutangnya cuma beberapa puluh juta atau berapa juta doang tapi itu mencekik mereka karena mereka enggak paham sebenarnya ngutang itu harusnya ngapain Memang sih ada orang miskin yang bisa jadi sukses gitu ya gara-gara meminjam uang buat bikin sesuatu tapi faktanya memang lebih banyak lagi yang setelah ngutang malah dikejar-kejar kolektor rumahnya disita motornya disita atau mungkin bahkan sampai dalam beberapa kasus ya yang oknum ada yang mukulin mereka karena mereka nggak bisa bayar utang gitu Nah kalau misalnya kita ngomong hutang itu buruk ya sebenarnya nggak juga tergantung cara make lu gimana karena orang kaya dan pintar seperti Nadim Makarim dan berbagai orang kaya lainnya juga berhutang bahkan banyak banget nah sekarang kita mau membedah sebetulnya memang Apa yang membedakan Hutang orang miskin dan utang orang kaya apa yang membedakan utang orang pintar dan utang orang yang enggak pinter gitu ya kita bahas di section Selanjutnya ya [Musik] jawabannya itu yang membuat saya awalnya Kenapa bisa mendaftar ke Pak herder dan sampai menggunakan untuk barang-barang yang dibeli barang-barang kebutuhan yang bisa dibilang primer kayak baju kayak sepatu kayak Indonesia memang orang yang gak pinter itu cenderung berpenghasilan rendah dan biasanya mereka juga berhutang untuk pemenuhan yang cukup konsumtif bukan kebutuhan yang produktif yang bisa menghasilkan lagi sesuatu di masa depan tapi bahkan biasanya untuk sesuatu yang langsung habis untuk makan ya bayar biaya kesehatan atau ya kalau yang buruk sih sebenarnya ya buat mabok-mabokan sih buat nongkrong mabuk-mabukan flexing di iPhone yaitu buruk sih mungkin kalau misalnya lo nggak butuh-butuh banget nah sementara itu kalau kita lihat orang kaya gitu ya Dan biasanya mereka juga sudah teredukasi soal utang dan profil resiko mereka juga cenderung mungkin lebih nyaman gitu karena mereka punya banyak duit juga mereka tuh biasanya ngutang dengan tujuan untuk malah lebih mengurangi resiko mereka biasanya mereka tuh berhutang untuk sesuatu yang produktif dengan berhutang mereka bisa meningkatkan penghasilannya lebih mantap lagi dan juga kualitas hidupnya bakal lebih mantap lagi ada yang merk-meron gitu dari WhatsApp lah ada yang spam-sepam gitu Terus ada yang sampai bikinin grup Terus kata aku di share di situ satu kerjaan pokoknya satu kontak Akulah semua lebih serem lagi gitu sampai foto-foto [Musik] 10 juta itu aku pakai buat tutupin sebagian aplikasi gitu dari video-video barusan itu sebenarnya bisa jadikan contoh gitu bahwa literasi yang rendah soal finansial dan juga ketika lu nggak pinter dalam melakukan hutang Ini bisa berpotensi untuk menghancurkan hidup lu Karena lu bisa keliling utang udah bertahun-tahun eh yang dibayar cuma bunganya doang apalagi kalau pinjol berutang buat lo yang enggak pinter itu pertama bisa nambah resiko gitu ya apalagi kalau penghasilannya pas-pasan rasionya enggak pas utang dengan penghasilan lu ngutang lebih dari penghasilan lu ya up Terus yang kedua yang tadi gue bilang rasio keuangan jadi enggak sehat hutang itu harusnya rasionya enggak lebih dari 30% penghasilan bulanan atau tahunan itu maksimal banget ya 50% lah tapi itu udah ngapa-ngapan sebetulnya dan yang ketiga masalah mental juga gitu kalau misalnya lu enggak siap berhutang dan lo ngerasa stress ya mendingan jangan berhutang dan hutang Ini buat orang yang enggak siap itu bahkan bisa bikin jadi cemas berlebih bahkan depresi bahkan juga sampai ke pemikiran buat mengakhiri hidup lo bisa lihat beritanya udah banyak lah dan yang terakhir adalah kalau kita nggak pinter berutang dan kita mencoba untuk berhutang akhirnya kita malah jadi gali lobang dan tutup lobang dan ini jadi lingkaran setan yang akhirnya bunganya tetap jadi makin banyak dan elu dicari-cari bahkan sampai nanti nyusahin temen lo juga keluarga lu juga Karena lu diteleponin depkolektor menariknya adalah banyak banget yang mikir kalau hutang konsumtif itu wajar Kayak misalnya untuk beli rumah gitu ya Kayak misalnya untuk beli mobil kita ambil contoh deh pendapatan orang indo yang gede itu berapa sih ya beda-beda Lah ya kita ambil yang cukup ya lumayan gede lah kayak misalnya pendapatan kita udah dua digit misal 15 juta kita single terus tinggalnya mungkin di kota kecil misalnya yang UMR yang rendah Yogyakarta deh ya kita tinggal di Jogja gaji 15 juta Make sense enggak buat beli mobil bisa dibilang enggak sih kalau lu beli mobil yang mahal ya Karena gini kita ambil contoh beli mobil guys ya beli mobil tuh harusnya memang kalau menurut gua itu 50% aja dari penghasilan tahunan dan Kalau gaji 15 juta ke semakin besar memang masih kredit gaji segitu mungkin susah untuk dikumpulin sampai lu bisa beli mobil cash anggap aja lu beli mobil yang lu nggak mau deh misalnya beli mobil-mobil yang kayak kecil kayak mobil tuh memang gambaran orang Indonesia kan mungkin wajib gede gitu ya kalau kecil gue sebut merk ya Agya Ayla mungkin enggak cocok lah buat gaji dua digit gengsi juga Ya enggak sih ya Minimal kita harus beli ya mobil Jepang lah yang harganya mungkin lebih dari 100 juta kalau beli bekas juga takut karena mungkin enggak ngerti mobil kalau lu beli mobil 180 juta aja belum tambah pajak belum tambah bunga dari kredit belum tambah lo maintenance ini aja udah sangat sesak buat bayar nah tapi sekarang kita shifting ya kita ngomongin bukan orang biasa bukan orang miskin tapi kita sekarang ngomongin orang kaya memang gimana sih orang kaya itu berhutang kenapa sih Fan orang kaya itu lebih punya previllage lebih punya leverage dalam berhutang dan Kenapa mereka bisa ngutang sampai ratusan miliar yang puluhan kali lipat atau ratusan kali lipat lebih besar daripada hutangnya orang miskin meskipun si orang kaya ini sebetulnya sudah punya penghasilan yang lebih dari cukup buat kebutuhan sehari-hari kalau ada yang bisa jawab mungkin boleh komen ya ada salah satu kata kunci yang membedakan orang kaya dan orang miskin dalam berhutang satu kata itu adalah leverage mereka punya uang yang banyak mereka biasanya punya bisnis yang Solid anggap aja orang kaya tuh punya duit 1 triliun terus dia misalnya pengen bikin bisnis restoran untuk bikin restoran fan anggap aja butuh sekitar 2 miliar di satu bulan pertama saja Coba kalau lo punya satu triliun lu mau bikin bisnis 2m modalnya kira-kira Mendingan Lo pakai duit sendiri atau mendingan lo minjem Oke coba lu Komen dulu ya mending lu beli langsung atau mending lu Minjem Kalau orang kaya ya minjem lah karena pasti duit satu triliun itu nggak ditaruh di bank Pasti orang kaya ini tidak bisa langsung Oh gua punya satu triliun gua ambil lah enggak juga seringkali orang kaya itu menaruh duit satu triliunnya di Reksadana saham deposito properti dan lain sebagainya Jadi biasanya memang yang dilakukan adalah minjem pakai aja jaminan nih jaminan saham atau jaminan apa yang memang tidak sampai 2 miliar misalnya jaminannya adalah 100 juta deh atau jaminan 500 juta karena gagal bayar itu sangat unlightly gitu buat orang kaya yang punya satu triliun minjem 2m dan minjem 2m itu masih sangat aman lah buat orang yang punya satu triliun bahkan lo minjem 300 m aja masih aman karena kan 30% bahkan lu minjem 500 miliar aja masih aman untuk lu bayar hutang Kenapa karena in case up ya tinggal bilang aja ke bank ini lo ambil rumah gua aja ambil aset gua nih yang ini karena rasio keuangannya jadi kecil juga jadi dampak dari orang kaya untuk minjem itu cenderung positif pertama resiko jadi berkurang karena yang dipakai Bukan duit lu yang kedua uang di dompet kita juga tidak berkurang masih bisa menghasilkan return yang sangat mantap di pasar saham atau apapun ya dan yang ketiga potensi pelipat gandahan uangnya juga jadi lebih tinggi ibaratnya lu kayak punya dompet tambahan nih dari hasil minjem jadi Makin mantep kan bayangin lu bisa ngancurin bisnis-bisnis yang ada di resto-resto yang cuma modelnya 500 juta lu taruh aja tuh 10 m lu gratisin makanannya ya restoran lain enggak bakal laku dong dan lu mungkin pasti punya pelayanan yang terbaik dengan lo bikin restoran dengan modal yang lebih besar daripada orang lain dan menariknya lagi adalah yang butuh duit kan sebenarnya rakyat miskin ya pertanyaannya adalah gini emang Bang yang sering minjemin duit Emang mereka nyari orang miskin untuk ditawar-tawarin gitu nih pinjem duit ke gua dong Nggak dong karena orang miskin ya cenderung mungkin lebih beresiko jadi ironisnya memang begitu bahkan kemarin juga ya pas gua ke bank itu di sebelah gua ada orang yang mungkin dari perawakannya ya cenderung memang ekonominya menengah ke bawah Dia sampai mohon-mohon gitu untuk minjem duit Yang bisa jadi nggak seberapa enggak sampai mm-an enggak sampai puluhan juta bahkan dan itu ditolak ya sebenarnya wajar juga sih ditolak Kenapa karena rasio keuangannya bisa jadi jelek Dan mungkin sangat beresiko buat Bang gitu enggak bisa nyalain bank juga dan sekalinya diterima pinjaman si miskin ini misalnya anggap aja diterima deh pinjem 10 juta 15 juta diterimanya pun bukan sama bank ternyata gitu diterimanya tuh sama pinjol yang enggak jelas yang memang sangat jauh lebih mudah untuk meminjam enggak diawasi sama OJK yang bunganya tuh enggak make sense yang bisa neror Elu teman-teman Lu bahkan nyebarin foto-foto Aib ini udah ada banyak kasusnya sebetulnya Terus gimana dong solusinya untuk menghadapi permasalahan seperti ini kita bahas di section berikutnya ya jadi gini kalau ngomongin soal data lagi sebenarnya kalau menurut OJK di bulan Juni 2022 jumlah kredit macet itu naik bulan April itu kredit macet sampai hampir 900 miliar sementara bulan Juni naik jadi 1,3 Triliun artinya naik sekitar 20-30 persenan nah solusinya adalah kita bukan mau ngasih solusi secara makro ya atau kita nyala-nyalahin bang atau misalnya sistem gitu meskipun kita tahu kapitalism is not perfect tapi ini yang bisa kita lakuin buat diri sendiri pertama lo harus sadar nggak ada salahnya untuk minjem ke bank atau paylater atau pinjol selama lo bisa melunasinya itu ya itu yang pertama yang harus lu sadari itu pilihan mau lo minjem mau lu enggak itu pilihan lo dan itu hak lu gitu ya itu yang pertama tapi yang jadi masalah adalah ketika lu tidak punya perhitungan yang matang makanya di sini gua mau share perhitungan yang matang tuh gimana dan perhitungan yang bermasalah tuh gimana kita bahas dari perhitungan yang bermasalah nah perhitungan yang bermasalah biasanya pertama terjadi karena rendahnya literasi finansial aku nggak mikirin masalah Bunganya berapa gitu Terus pokoknya aku harus dapat duit bayar kuliah gitu biar aku juga bisa buktiin sama mama jadi aku nggak ngerti bedanya ilegal itu apa gitu aku ngerti itu pas udah pulang gitu pas udah nggak bisa bayar terus aku cari tahu gimana caranya berhenti dari Indo eh dari situ aku baru tahu legal gitu Jadi aku sebelum campur campur aduk semuanya simple aku aku nggak peduli deh Jadi kalau bisa lo belajar Gimana caranya menggunakan utang dengan baik dan benar dan ini tidak dipelajari di sekolah so tonton satu persen ya saya kalau jauh Finance yang kedua jangan punya mindset instan gitu jangan mikir bahwa dengan berhutang lu jadi punya duit banyak nggak justru Ini adalah tanggung jawab yang lebih aku install aplikasi yang lain gitu video yang lain itu selain membuat kuliah mungkin karena ada rasa kecanduan segampang itu cuma mendapatkan jadi akhirnya aku juga konsumtif juga sih jadi aku tuh masih terjebak di gua itu yang ketiga adalah lu masih sadar bahwa sekarang itu minjem duit makin mudah tapi jangan mudah tergoda dengan kemudahan-kemudahan itu justru lo harus waspada kalau misalnya minjem duit itu sangat mudah nggak pakai asesment gitu Kenapa karena ini bisa jadi merugikan lo kedepannya itu biasanya sih surat elektronik buat tanda tangan gitu tapi kalau misalkan yang ilegal Biasanya sih setelah Isi data diri itu terus kan dia minta selfie juga ya kalau yang ilegal biasanya langsung aja ajukan gitu itu biasanya 10-15 menit sih langsung di ada notif di acc atau gimana Jadi saya pelajari semuanya saya timbang untung dan ruginya jadi Saya memutuskan untuk tetap menggunakan teleskop karena menurut saya sebanding apa yang mereka tawarkan dengan apa yang mereka harus ambil atau dari saya Kenapa bank butuh asesment Kenapa kredit motor mobil butuh asesment dan kenapa beberapa orang bisa ditolak karena itu untuk menjaga keamanan dari keuangan lo dan juga keuangan peminjam tersebut gitu jadi jangan mudah tergoda dengan segala hal yang instan makanya gua malah tidak merekomendasikan pinjol yang tidak legal apalagi yang cukup pakai KTP KK doang nah apa yang bisa kita lakuin biar memang kreditnya sehat cara pertama adalah dengan menghitung rasio utang terhadap aset lo atau ngitung rasio hutang terhadap penghasilan tahunan lo jadi kalau misalnya lo adalah fresh grade anggap aja penghasilan perbulan itu adalah 5 juta lo kali ini 12 5 * 12 adalah 60 juta Nah berarti lu hanya bisa berhutang sampai 30 juta per tahun udah simpel gitu Ya kurang lebih seperti itu jadi 50% dan itu sudah maksimal banget karena kalau 50% berarti kan lo harus bayarnya kan 50% dari gaji lu juga perbulan ya kan nah jadi itu adalah batas maksimal kalau bisa memang seminimal mungkin yang kedua perhatikan tujuan berutang udah atau belum Ini gua ngomongin kalau misalnya lagi ada keperluan gitu ya yang darurat banget ya silakan gitu Kalau misalnya darurat harus bayar rumah sakit dan lain sebagainya yang memang itu masalah hidup dan mati masalah sehat atau sakit konteks berbeda lah ya tapi kalau misalnya lo berhutang buat misalnya beli iPhone beli barang-barang keren gitu yang sebenarnya lu nggak perlu perlu amat lu nggak perlu iPhone itu buat keseharian lu gitu kalau buat influencer sih mungkin butuh kali ya buat rekan-rekan dan sebagainya kalau lu enggak perlu itu lu beli iPhone untuk faxing untuk Lu membangga-banggakan itu ke orang lain Mendingan jangan saran gua tunda dulu aja kalau misalnya memang itu untuk hal yang konsumtif kalau untuk produktif malah bagus dan produktif ini enggak selalu perihal bisnis ya Bahkan kadang bisnis aja bisa jadi rasio keuangannya kalau enggak sehat tetap buruk atau misalnya lu beli laptop canggih gitu ya kebetulan laptop Gua ada dua nih misalnya gua tuh punya satu laptop Asus yang kedua adalah MacBook misal gua kenapa beli MacBook terus kredit ya karena gua butuh mobile butuh kemana-mana butuh laptop yang ringan enggak bisa kalau gua bawa laptop gaming Nah itu itu masih Okelah jadi meskipun laptop itu sendiri bukan barang investasi Ya tapi kalau laptop ini bisa menghasilkan produktivitas yang sepadan dan dengan lu beli lu bisa balikin modalnya dengan lebih cepat itu malah direkomendasikan jadi nggak ada salahnya buat lu beli barang-barang yang mewah atau canggih selama nanti itu buat lu bisa makin produktif makin nyaman kerja dan lain sebagainya itu Okelah pada akhirnya memang hutang itu nggak selamanya buruk ya Bahkan hutang itu nggak baik dan enggak buruk hutang itu adalah alat sama kayak pisau gitu Ya baik atau buruknya pisau atau hutang itu tergantung dari gimana lu menggunakannya di tangan yang tepat utang itu bisa menambah penghasilan gitu ya dan meningkatkan kualitas hidup tapi di tangan yang kurang Smart di tangan yang salah hutang itu malah bisa merugikan diri sendiri dan bahkan orang-orang di sekitar lo tapi ya kalau lo mau hidup tenang lo ngerasa stress ngutang 10.000 50.000 100.000 gitu Ya udah jangan ngutang sih Apalagi ada juga mindset di dalam agama yang sebenarnya menolak berhutang gitu ya menolak riba dan lain sebagainya gitu ya silahkan untuk lo bisa hidup tenang tanpa hutang itu juga Biar rekomendasikan sih ya buat lu yang mudah stress buat yang punya prinsip yang enggak ada salahnya juga investasiin aja uang lo ke sesuatu yang lebih bermakna buat lo gitu daripada lu ngutang gara-gara gua bilang ngutang itu baik tapi melawan prinsip lu melawan idealisme Jangan gitu dan yang terpenting buat kita para medle class gitu ya jangan sampai hutang kita itu ya lebih dari pemasukan perbulan sih ya sesuaikan aja sama rasio keuangan ini juga kita udah sempat bahas di kurikulum satu persen kita juga bahkan pernah buka webinar juga dan kedepannya akan selalu buka webinar tentang personal Finance dan juga live skill gitu ya make sure aja level 1 low ini itu aman itu setidaknya Airlines cash flow lu tuh bisa positif jangan sampai negatif dan jadi merugikan orang lain dan setelah cashflow pun masih ada level 2 sebetulnya dalam hal keuangan menurut kurikulum satu persen Nah level 2 ini adalah jangan lupa dana darurat dan juga jangan lupa Soal kesehatan asuransi juga By the way kita udah punya BPJS juga jadi ya sudah Itu sih jangan lupa Dibayar aja gitu Jadi buat para middle class ya silakanlah perhitungan dengan baik keuangan lo belajar terus gitu ya dan jangan lupa kalau misalnya lu mau belajar lebih lanjut soal kurikulum satu persen yang memang kita gunakan untuk segala hal yang ada dalam konten kita gua saranin lu untuk baca kurikulum satu persen di blog satu persen kita juga udah ada worksheet gratis ini yang nonton sampai habis karena videonya cukup lama tentang gimana caranya biar sehat secara finansial yang bisa ngebantu keuangan lo sehari hari ini silahkan linknya udah gua taruh di description box kita juga bahkan ada psikotes yang bisa ngukur lu tuh di kurikulum satu persen ada di level mana yang jelek yang bagusnya dan kita juga ada tes psikologi persal Finance itu juga gratis tapi kalau misalnya memang lu merasa Aduh di website Masih kurang nih fan di blog masih kurang dan lain sebagainya ya memang segala hal yang gratis itu memang ya mungkin kualitasnya bisa jadi lebih rendah daripada yang berbayar soal saran gua buat lo yang memang bermasalah dalam keuangan kita juga menyediakan layanan konsultasi bareng servive financial planner jadi ini udah banyak banget yang datang ke kita untuk konsultasi keuangan lu bisa cek juga di satu persen.net jadi atau di deskripsi dan kita juga buka webinar berbayar ya soal personal Finance untuk pemula ya untuk pemula Jadi kalau udah udah hatam segala hal tadi enggak usah ikut webinar si saran gua langsung ke konsultannya aja gitu biar lebih priva kalau misalnya webinar ini buat pemula dan gua saranin juga lu untuk ikut webinar Life skills di satu persen eh silakan akses link-nya di deskripsi dan itu aja topik buat episode 2 kali ini semoga bisa bermanfaat ya dan kedepannya akan banyak lagi topik-topik seputar keuangan dan psikologi kalau punya saran silakan tulis di kolom komentar dan kalau lu setuju atau enggak setuju dengan video gua kali ini ya silakan di komen section aja gua suka banget komen section yang berbobot Kalau bisa sih jangan ngomong kata-kata kasar ya Ya pokoknya kita diskusi lah mau setuju atau enggak setuju Nanti gua juga akan balas lagi juga komennya Ya seperti di video-video sebelumnya yang asik juga sekarang komen section-nya ya oke Akhir kata gua Evan dari satu persen well thanks [Musik]