Transcript
qEjWscMZ6KI • Kenapa Orang Jahat Lebih Baik Daripada Orang Bodoh? | Satu Insight Episode 36
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0609_qEjWscMZ6KI.txt
Kind: captions Language: id gue punya pertanyaan buat lo kalau misalnya lo tiba-tiba nih ya terlahir kembali sebagai manusia dan lo cuma punya dua pilihan Lu lebih baik milih pertama menjadi orang baik tapi bodoh atau yang kedua lu jadi orang jahat tapi pinter itu adalah pertanyaan yang sebetulnya filosofis dan sebetulnya dilematis dan di segmen satu Insert Kali ini Gua pengen ngajak lo berdiskusi tentang sebetulnya mana yang lebih baik Apakah menjadi jahat atau menjadi bodoh simak satu Inside dari satu persen sampai habis supaya lo bisa dapat keseluruhan insidenya [Musik] Nah jadi kalau misalnya kita lihat opini salah satu profesor yang juga suka banget meneliti orang-orang yang stupid orang-orang yang bodoh gitu ya dan buku si Profesor ini sebetulnya yang jadi acuan buat video ini profesor itu tuh bilang bahwa ternyata orang stupid itu lebih berbahaya daripada orang jahat bahkan si Profesor ini tuh ngestate beberapa alasan pertama orang yang stupid itu seringkali mengambil keputusan yang nggak masuk akal Ya namanya juga bodoh gitu kan Ya pasti manggil keputusan yang memang kurang rasional dan yang kedua adalah orang stupid itu susah untuk diprediksi susah aja gitu bahkan untuk si orang bodoh ini memprediksi perilaku dirinya dia sendiri nah makanya karena dia susah diprediksi karena dia mengambil keputusan yang tidak masuk akal akhirnya ada alasan ketiga nih alasan ketiga adalah seorang bodoh ini seringkali Merugikan dirinya sendiri dan yang jadi masalah adalah yang keempat bukan hanya merugikan diri sendiri aja tapi juga memberikan orang lain orang-orang di sekitarnya orang-orang yang memang berhubungan dengan dia atau bahkan tidak berhubungan dengan dia sama sekali Nah masalahnya adalah poin kelima ini ini juga mengemplifie kebodohan si orang bodoh nah orang bodoh itu juga biasanya itu Nggak sadar kan bahwa dia itu bodoh dan biasanya orang bodoh juga susah diubah karena nggak nyadar bahwa dia juga bodoh apalagi kalau orang bodohnya Udah cenderung tua ya gitu ya makin susah diubahlah secara psikologis Kayak udah terpatri lah mungkin mindset dan pemikiran-pemikiran tertentu yang bisa jadi enggak make sense gitu buat kita makanya makin muda semakin cepat lo sadar bahwa lu bodoh semakin bagus sebetulnya nah yang keenam ada lah ini juga mengemply semua alasan-alasan tadi biasanya orang-orang di sekitar orang bodoh ini itu mengantri orang bodoh ini dan dampaknya juga Jadi buat kita-kita yang mungkin bisa jadi pinter kita tuh mikir kayak Oh ini orang bodoh nggak akan ngasih dampak ke kita padahal sebetulnya enggak Justru orang bodoh itu ngasih dampak yang gede banget karena kita bisa melihat lah gimana dampaknya ketika orang bodoh diberikan kekuasaan diberikan jabatan atau diberikan status nanti kita bahas ya di section selanjutnya Nah tadi kan gua udah ngasih sekitar 6 alasan gitu ya Kenapa orang bodoh itu lebih berbahaya daripada orang jahat nah kondisi ini sebetulnya bakal lebih parah lagi kalau misalnya Si orang bodoh ini diberikan kekuasaan diberikan status bayangin orang bodoh itu punya kekuasaan yang besar nah ini akan menghasilkan yang namanya adalah buyes udah si orang bodoh ini di under estimate sama orang-orang tambah lagi kalau orang bodoh ini punya jabatan atau punya status kayak misalnya gua mau nanya deh kalau sekarang benar enggak kalau semua sarjana itu pinter atau semua sarjana tuh lebih pintar daripada anak SMA ya belum tentu kan Iya nggak sih nggak usah S1 deh S2 Apakah benar S2 tuh lebih pinter daripada S1 yang enggak juga pertanyaan kedua juga ini sama bener enggak semua orang yang punya jabatan yang jadi CEO yang jadi menteri yang jadi presiden yang jadi Walikota yang megang titel forps thirty under 30 gitu Itu udah pasti pinter emang enggak juga cuy masalahnya adalah manusia itu punya buyes kalau seseorang itu punya status gitu ya Biasanya sih ada dua ya kekuasaan dan juga status tertentu biasanya dia akan cenderung dianggap pintar padahal belum tentu nah ini adalah bias yang dimiliki oleh manusia well status itu memang penting gitu ya tapi masalahnya adalah status tidak selalu menjamin kecerdasan seseorang nah di section kali ini mungkin gua udah ngebahas gitu gimana orang bodoh tuh bisa berbahaya dan bisa di amplifikasi juga kalau orang bodoh itu punya kekuasaan tapi apakah benar bahwa orang jahat itu lebih baik daripada orang bodoh jawabannya adalah benar tapi buat lo yang mau ngedebat juga boleh jujur kalau gua Kalau gua disuruh milih dan gue terlahir kembali di dunia mau milih jadi orang bodoh atau orang jahat Mungkin gua akan pilih yang orang jahat karena orang bodoh itu tadi merugikan diri sendiri dan orang lain seenggaknya kalau lu jadi orang jahat ya lu lu bisa lihat lah ya gambar ini gitu Kalau orang jahat tuh biasanya Benefits dan self juga jadi kayak setidaknya kalaupun mereka merugikan orang lain Mereka at least menguntungkan diri sendiri lah karena ya orang jahat akan lebih rasional dibandingkan orang bodoh nggak semua orang jahat pinter ya tapi Meskipun mungkin nggak pinter tapi setidaknya sih orang jahat ini akan selalu berusaha untuk memaksimalkan keuntungan buat diri mereka sendiri dan akhirnya jadilah untung meskipun ada juga yang masuk bareskrim ya kan so menjadi orang jahat itu ya lebih baik daripada menjadi orang bodoh meskipun ya kalau misalnya ditanya gitu kau menendang mending tuh bakal milih yang mana yang gak ada yang mending ya mending yang pinter dan baik ya Enggak sih gitu ya nanti kita bahas ya tentang yang mana yang paling mending tapi By the way mungkin sebelum kita ke section selanjutnya lu bisa taruh di komen Section kira-kira apa yang lo nggak setuju dari argumen Gua barusan dan apa yang lu setuju juga Karena di section selanjutnya kita bakal ngomongin soal mendingan yang mana dia tentu Mendingan jadi pinter dan baik dong kata kuncinya adalah pinternya dulu sih sebetulnya Kenapa pinter karena orang pinter Mungkin dia bisa berbuat jahat Mungkin dia bisa untuk nge-hack Website pemerintah nge-hack siapa ngehack siapa bisa aja kalau mau gitu tapi karena dia baik akhirnya dia menggunakan pengetahuannya itu untuk ya kebaikan gitu loh dan itu adalah sebaik-baiknya orang baik orang baik yang bisa melakukan kejahatan itu lebih baik daripada orang baik yang enggak bisa melakukan kejahatan kenapa coba ya karena dia bisa sabar dia bisa menahan diri dan dia juga strong kita bisa mengandalkan orang baik ini di segala situasi Coba kalau lu milih orang baik yang bisa berantem sama orang baik yang enggak bisa berantem Bagusan mana Ya bagusan yang bisa berantem dong kenapa Karena kalau dibully dia bisa ngelawan tentu kalau di bully saja kalau enggak dibully ya enggak akan mukul lah ini adalah sebaik-baiknya orang kalau kata spider-man with grade power comes grade responsibility artinya dia punya kekuatan yang besar tapi juga punya responsibility yang besar juga inilah yang harus kita kagumi ini adalah kebaikan yang sebenarnya Dan kalau kita paham caranya untuk jadi jahat caranya melakukan kekerasan dan lain sebagainya kita juga jadi paham gimana mindset orang yang melakukan kekerasan untuk menguntungkan dirinya sendiri jadi kayak kita bisa tahu dan mencegah kejahatan bahkan Kita juga bisa untuk melindungi diri dari kejahatan dan nggak jadi korban kejahatan juga jadi yang paling benar apa tentu menjadi baik tapi bukan cuma baik lu juga harus pinter dan bukan cuma pinter tapi juga lo harus bisa melakukan hal jahat meskipun pada akhirnya lu nggak melakukannya [Musik] ini juga Selaras sebetulnya sama apa yang diajarkan oleh banyak teknik bela diri bela diri itu kan sebenarnya bisa dibilang kekerasan atau bahkan kejahatan gitu ya karena ada pukul-pukulan ada tendang-tendangan ada ngebanting orang ada juga bahkan sampai debus dan lain sebagainya gitu semua teknik itu diciptakan bukan supaya orang bisa melakukan kekerasan kan pasti selalu kalau lu lihat kungfu Lu lihat pencak silat dan itu tuh sebetulnya Gimana caranya supaya kita bisa berhadapan dengan situasi yang mengancam diri kita kita bisa respon kita bisa membela diri makanya namanya juga kan bela diri kita tahu gimana caranya buat melindungi diri kita sendiri itu bahkan melindungi orang lain yang kita sayang nah tapi lagi-lagi menjadi baik pintar dan kuat bisa melakukan kejahatan itu juga belum cukup karena kalau misalnya lu hanya tiga hal itu lu bisa juga kehilangan yang namanya kesabaran ini juga sama kayak yang game yang lagi gua mainin Yakuza ada momennya gitu di mana jagoan gua namanya si kazumaki Ryu gitu ya itu mau mukulin orang sampai mati Padahal dia nggak pernah ngebunuh orang ada juga momennya ketika memang di film-film juga kan ketika orang baik kehilangan kesabaran gitu pengen balas dendam pengen ngebunuh orang sampai mati padahal itu nggak ngasih kepuasan Apapun kan si balas dendam itu Dan ini juga terbukti oleh riset so bukan cuma pintar baik dan kuat lu juga perlu yang namanya sabar dan Gimana cara melatih sabar jawabannya adalah dengan psikologi kita bahas yang selanjutnya ya Nah kalau berbicara soal psikologi kita nggak bisa lepas dari tokoh yang namanya adalah call Young si kaliung ini fanficnya adalah kalau Lu pernah ikut tes mbti yang ada di satu persen mbti ini adalah tes paling populer di dunia dan ini salah satu pencetusnya teori besarnya itu berasal dari call Young jadi sekeren itu si karium ini kalium ini adalah salah satu ilmuwan psikologi paling berdampak di dunia karium itu ngejelasin bahwa manusia itu memang memiliki sisi jahat dan Sisi baik jadi manusia itu bukan makhluk yang sempurna pasti ada dua sisi ada Dark Side ada light side dan ada juga filosofiin dan yang lah ya Mirip lah seperti itu kurang lebih ya kalau kalium menyebut ini sebagai satu Persona dan yang kedua adalah Shadow Persona adalah Sisi baik dan ideal dari diri kita yang memang sering kita tunjukkan kepada dunia gitu ini kayak personal brandingnya kita gitu lah gimana kita menunjukkan perilaku kita itu sebagaimana yang memang kita inginkan dan masyarakat inginkan Juga misalnya kita ingin dipandang baik hati gitu Ya udah kita akan menunjukkan yang baik yang ramah yang hangat tapi apakah semua orang seperti itu yang nggak juga orang baik juga pasti punya Sisi Gelap nah ini yang dinamakan sebagai Shadow nah Shadow ini adalah sisi buruk dan tidak ideal dari diri kita Sisi yang tidak mau kita tunjukkan ke dunia gitu ya dan cenderung disembunyikan juga oleh diri kita yang isinya adalah kejahatan keserakahan dan lain sebagainya gue Yakinlah Lu pasti pernah gitu ya berantem sama orang terus kayak lu pengen ngebunuh orang itu gitu atau Lo pengen misalnya mukul orang tua lu gitu atau mukul siapapun lah yang mungkin harusnya nggak lo pukul atau lu nafsu gitu lu ngelihat orang ganteng atau cewek cantik gitu ya padahal dia suami atau istri orang itu adalah Shadow gitu lo mungkin sekarang di Niel kali ya merasa enggak pernah seperti itu tapi percayalah semua orang pernah seperti itu pasti kalaupun enggak kalau kata Froid mungkin ya mungkin super egg dulu yang terlalu kuat mungkin kayak Society telah memberi usul segitunya maka lo telah kehilangan insting yang ada di dalam diri lo ya tapi ini bisa diperdebatkan banget ya karena ini salah satu teori doang terus gimana cara mengendalikan Shadow ini kalau katakarium kita harus bisa mengintegrasikan Shadow kita ke dalam diri kita lah bukannya Shadow itu kejahatan Betul tapi lu harus bisa mengintegrasikannya dengan diri lo sama lah kayak Naruto ketika ketemu sama Kyubi gitu kan Naruto pun kan Akhirnya bisa mengintegrasikan jadi Hokage yang mungkin bisa dibilang paling kuat sepanjang sejarah intinya Naruto itu dia kan punya Shadow dalam dirinya dan Shadow itu kuat banget Shadow itu adalah Kyuubi yang memang ada dalam dirinya dia memang itu harus diterima gitu bahwa gua mempunyai Kyuubi Coba aja kalau misalnya Naruto gitu Wah gua enggak mau ada lu dalam diri gua dia enggak bakal kuat dan mungkin kyubinya bakal keluar dan jadi menghancurkan dunia kan tapi Naruto berusaha untuk berteman dengan kyubi yang akhirnya dia bisa jadi sangat kuat [Musik] nah lu sebetulnya ya sekarang lu kan punya Sisi jahat Sisi itu harus lu terima bahwa lu punya ngisi sejahat ini dan nggak apa-apa asal tidak lu gunakan Nah itulah yang memang dipelopori oleh call Yung Artinya kita berusaha untuk menghadapi Sisi terburuk kita menghadapi trauma kita menghadapi berbagai macam masalah rasa takut enziety depresi cuman gini banyak dari kita yang akhirnya memilih buat menghindarinya yang akhirnya memilih buat dinayel yang akhirnya memilih untuk mengikuti standar sosial dan standar masyarakat tanpa kita tahu darkses dalam diri kita tanpa kita tahu insting yang ada dalam diri kita itu maunya apa Jadi orang-orang tuh makin stress dan makin mengikuti standar sosial dan standar sosial juga makin banyak pengen financial Freedom nomor 30 pengen nomor 25 udah beli rumah dan mobil dan lain sebagainya jadi cara yang harus dilakukan adalah apa adalah dengan sadar bahwa lo punya Dark Side dan sadar juga sama semua hal yang terjadi di dunia ini termasuk juga tuntutan sosial yang masuk ke lu gak usah semua diturutin nggak usah semua juga lu tolak juga ya pada akhirnya memang tidak ada pilihan yang lebih baik gitu ya daripada pertanyaan tadi antara jadi jahat atau bodoh gitu yang paling baik adalah memang untuk menjadi pintar baik kuat dan sabar dan ini terakhir buat lo gitu ya Gua cuma mau ngabarin bahwa semua prinsip semua teori yang ada di video ini yang ada di satu persen semua videonya juga gitu itu didasari oleh satu kurikulum yang kita bangun dari tahun 2017 itu adalah kurikulum satu persen Nah ini saran gua kalau memang Lo pengen menikmati hidup enjoy the good life pengen jadi kaya pengen jadi Oke dalam percintaan pertemanan dan lain sebagainya Saran gue lu pelajari deh kurikulum satu persen Kenapa karena ya ini adalah kurikulum kehidupan sih dan kurikulum ini tidak fix gitu ya bakal kita terus update Seiring berjalannya waktu jadi lu enggak usah khawatir gitu ya Apakah kurikulum ini akan menjadi tidak relevan tentu akan selalu relevan dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman dan perjalanan buat mengendalikan sisi buruk dalam diri memang tidak mudah bahkan kadang dalam beberapa konteks dibutuhkan terapi dan konsultasi dengan profesional so buat lo yang ngerasa lu banyak masalah stuck bingung harus gimana saran gua lu bisa konsultasi ke profesional di satu persen yang acuannya juga adalah kurikulum ini dan juga ilmu psikologi yang mumpuni gitu ya dan lu juga bisa kalau misalnya lu enggak ngerasa punya masalah dan Lo pengen belajar banget nih saran gua lu bisa ikut webinar dan kelas online satu persen di mana salah satunya gua pengisinya tapi ada juga mentor-mentor lain dan juga orang-orang lain yang akan mengisi dan saran gua lu bisa ikut 3 webinar ini webinar life skills introduction Biar lo tahu gimana cara dunia bekerja dan kita harus ngapain yang kedua adalah personal Finance biar lu tahu gimana cara ngelola duit dan yang ketiga adalah live planning kalau lu udah punya duit kalau lu udah ngerti cara gimana dunia bekerja tinggal ya training Life buat lu kayak gimana Habis itu nanti ya bisa bebaslah webinar di satu persen gitu ya sesuai dengan Kurikulum yang pengen lo kuasai Mungkin ada yang udah lo kuasai ada juga yang belum jadi Ya silahkan ditekuni aja dari bidang mana Apakah relationship Apakah pekerjaan atau apapun karena bebas kalau udah level 3 ke atas lo bisa yang menekuni passion lo di bidang apapun itulah that's all for now ya paling sebagai hadiah karena lo udah stay sampai akhir video ini gua mau ngasih lu worksheet gratis gitu ya Yang bisa ngebantu lo buat berkembang setiap harinya tentang kurikulum satu persen dan gua juga mau ngasih lu kode diskon 20% buat webinar dan juga buat mentoring di satu persen ya thank you banget udah support 1% sampai saat ini dan Sorry banget kalau ada perkataan gua yang salah-salah Ya silakan diskusi di bawah gitu ya Akhir kata gua Advan ini satu persen well thanks [Musik]