Kenapa Orang Miskin Akan Selalu Miskin? | Psychology of Finance #1
luIxdGs1aH8 • 2022-09-22
Transcript preview
Open
Kind: captions Language: id cukup percaya sih ya karena kita kan hidup di dunia dengan sistem kapitalisme karena masalah kalau dia mau sesuatu itu gampang nyari aksesnya sedangkan yang miskin ini yang mereka lebih susah aja gitu secara akses banyak orang bilang di zaman sekarang hidup itu makin lama makin enak makin nyaman makin banyak teknologi makin banyak inovasi tapi faktanya ini tuh enggak berlaku buat semua orang terutama orang-orang kalangan menengah ke bawah kalau kita lihat dari data dari tahun 1970 sampai dengan sekarang pendapatan orang miskin itu cenderung stuck dan enggak ada perubahan sementara pendapatan orang kaya cenderung naik sampai dengan 3 kali lipat lu bisa lihat datanya sekarang ya yang hijau itu orang kaya yang merah itu orang menengah ke bawah perkembangan teknologi dan inovasi di beberapa aspek itu cuma ilusi kalau berbicara soal kemiskinan kita kan enggak cuma ngomongin soal poinnya orang males Makanya miskin atau Orangnya kurang kerja keras atau Orangnya kurang akses dan lain sebagainya berbagai dalam alasan lah Entah dari internal maupun eksternal tapi faktor kompleks yang bisa bikin orang entah kaya atau miskin dan ada satu hal yang menurut gua nggak boleh dilewatkan yaitu adalah sejarah yang menarik nih Ada apa dengan sejarah Apakah kalau gua punya sejarah jadi orang miskin maka gua akan selalu miskin jawabannya adalah bisa jadi iya oke selamat datang di sini cychology of Finance Series terbaru dari satu persen yang akan ngajak lo untuk Menelusuri sisi psikologis dari keuangan suatu hal yang lekat banget di hidup kita gitu ya yang bisa bikin kita stress sampai dengan bahagia juga stay tune dan ikuti terus seriusnya sampai akhir oke [Musik] Nah gua mau tanya ya satu pertanyaan penting menurut lo kenapa orang kaya yang dari dulu kaya meskipun sekarang Anaknya goblok itu Kenapa mereka bisa tetap kaya sampai bawah sampai keturunan-keturunannya Meskipun mereka misalnya jelek dan lain sebagainya gitu karena kakeknya ayahnya yang sudah kaya yang menawarkan kekayaan yang sudah mereka miliki ke cucunya dan kekayaan itu sebenarnya dalam bentuk berbagai macam hal bukan cuma uang tapi juga ada saham ada perusahaan bahkan koneksi sampai pertemanan nah sejarah dan keturunan itu bisa dibilang punya peran yang cukup penting dalam menentukan nasib finansial seseorang gua bahkan nemu satu penelitian menarik di Inggris yang bilang kalau peran keturunan dan nama belakang lu misalnya nama belakang lo rahim gitu kayak gua itu bisa nentuin nasib seseorang sampai dengan 60%. Jadi lu miskin atau kaya itu ditentuin sama nama belakang lu alias keturunan pertanyaannya kalau nasib kita itu tergantung sama bapak kita Kakek kita atau tergantung sama sejarah dan keturunan pada akhirnya kita nggak akan bisa jadi kaya dong nggak akan pernah dong bisa jadi masyarakat elit well bisa dibilang betul-betul hampir betul Gitu ya dan sudah terjadi berulang kali seperti itu karena gini balik lagi orang kaya tidak hanya mewariskan uang atau koneksi gitu ya banyak banget yang diwariskan rumah dan lain sebagainya mereka juga mewariskan salah satu mindset salah satu aspek psikologi yang cenderung gak akan dimiliki oleh orang-orang kelas menengah ke bawah dan ini enggak dipelajari di sekolah juga Apa itu itu adalah money Script script adalah kepercayaan dan mindset terhadap uangnya yang lo pelajari dan diwariskan dari keluarga loh sadar ataupun enggak mindset ini itu ngaruh banget ke perilaku dan keputusan yang kita ambil terutama dalam hal keuangan lo nyadar ngasih kalau orang miskin itu cenderung Jarang beli barang yang sekali gede gitu Paling belinya sasetan padahal itu sebenarnya lebih mahal jadi memang mencari harga yang semurah-murahnya bodo amat sama kualitas kelas menengah biasanya nggak apa-apa bayar mahal yang penting kualitasnya tinggi apakah mereka akan beli Luxury brand kayak herme dan lain sebagainya mungkin akan beli buat pamer gitu tapi nggak akan beli yang sama hal itu makanya middle class mungkin cenderung Sering pakai baju-baju yang ada logo gedenya tapi upper class kalau lu lihat nggak kerbet Bill Gates dan lain sebagainya lu mungkin mikir bahwa mereka tuh bajunya cuma 200 ribuan Kelihatannya sih kayak brand-brand Giordano gitu kan padahal sebenarnya harga baju mereka itu bisa ratusan bahkan ribuan dollar tapi nggak kelihatan tapi pasti nyaman banget dan itu hasil dari brand designer beda ya mindsetnya yang satu mungkin sehemat-hematnya yang satu sumber kualitas mungkin Gimana caranya uangnya worth it dan biasanya kalau OKB kan memang sering pamer gitu ya middle class yang atau middle upper class kalau misalnya upper class Lu lihat itu biasanya silent tapi mewah lo bisa ngelihat di jidat mereka bahwa Oh ini orang upper class nah pada intinya Kenapa kita bisa mengkotak-kotakan generalisasi seperti itu meskipun Tentu nggak semua Ya seperti yang gue sering bilang psikologi nggak Nggak semua bisa di generalisasi tapi pada intinya Di mana lo tumbuh dalam situasi apa dan bersama siapa itu ngebentuk mindset lo dan ini tuh ada pengaruhnya keuangan lo sekarang dan masalah tentang keuangan yang sekarang lo hadapi itu bisa jadi dialami juga sama keluarga lu coba lihat deh kalau orang tua loh atau saudara-saudara loh kalau sering banget habis-habisin duit biasanya juga cenderung sering minjem biasanya juga cenderung sering nyusahin keluarga dan jadi membuat kita terjebak di sandwich Generation salah atau enggak kita bahas nanti ya Aku berusaha untuk menyisihkan buat dana darurat itu aja tuh kayak karena itu suka nggak masuk udah nggak masuk budget jujur yang susah itu adalah nabung misalkan aku bikin pos untuk makan itu 50% Tapi pada kenyataannya aku spend untuk makan itu di 60% dan aku masih sering banget mentoleransi itu jadi gue itu start investasi duluan sebelum tabungan dan dana darurat itu terkumpul ketika gua butuh yaitu gua nggak bisa buat tarik sedangkan pokoknya lagi merah kalau keluarga mungkin lebih ke hari tua kali ya mereka nggak saving atau invest mirip-mirip tapi beda sih ya keluarga gue tuh termasuk yang punya permainan set sebenarnya Emang basicnya middle tuh low aja jadi uangnya stuck di situ dan sebenarnya belum punya wireless buat Bagaimana pemutar uang itu kembali dan Ya udah bakal makeumer money lagi masalahnya sih ada di Manager uang pada saat itu kita belum bisa menghitung resiko yang akhirnya kita harus menanggung konsekuensinya itu sekarang Kalau lu tumbuh di keluarga atau lingkungan yang boros lu mungkin akan merasa bahwa buang-buang uang itu wajar pakai duit buat berbagai macam hal yang glamour penting atau enggak penting hal itu itu wajar atau mungkin Lo tunggu di keluarga miskin dan kesusahan Mungkin sekarang lo jadi super hemat udah punya duit juga super hemat bahkan seringkali ke restoran mahal juga insecure karena lo tahu susahnya cari uang susahnya nge-kip uang dan seringkali juga mungkin Emak atau bapak lo atau saudara-saudara lu juga minta uang dari lo meskipun bisa jadi itu bukan hak mereka tapi Ya namanya juga kebiasaan keluarga budaya cuman jadinya memang kalau lu lahir di middle atau lower class lo bakal lebih cenderung susah untuk berbisnis Kenapa Karena lo nggak punya Capital when you starting bisnis terlalu hati-hati nggak mau ngambil resiko jadinya Miss opportunity untuk bikin bisnis dan akhirnya nggak bisa tuh nggak jadi tuh naik mobilitas sosial ke kelas yang lebih tinggi kalaupun naik biasanya memang resikonya tinggi banget berbeda dengan para upper class yang memang punya modalnya banyak Mereka cenderung akan lebih mudah mengeluarkan uang mengambil resiko dan akhirnya resiko itu berbalik menjadi return yang besar seperti kata pepatah akhirnya bukan sesuatu yang gak bisa kita ubah bukan sesuatu yang gak bisa kita analisis ada 4 tipe money script ada money Worship ada monesta alias tipe menghindar orang yang punya tipe ini biasanya cenderung menganggap kalau uang itu jahat uang itu adalah hal yang negatif uang itu nggak penting yang bisa merusak hidup atau hubungan dan sebara ini nggak juga sih uang tuh mungkin bisa jadi seperti itu tapi nggak seperti itu juga orang dengan tipe ini biasanya memang cenderung gak ngerti cara menghasilkan uang yang banyak jadi dinael dan mungkin pura-pura enggak peduli realistis aja lah Semua hal butuh uang gitu kan Bahkan kurikulum satu persen aja didasari oleh sistem keuangan yang ada sekarang dan sistem kapitalisme setuju atau enggak bebas tapi kita hidup di sistem itu itu yang pertama Ya money points yang kedua adalah tipe money Worship atau tipe menghamba kepada uang orang yang punya tipe ini itu cenderung punya keyakinan kalau semakin banyak uang itu dia bakalan semakin bahagia benar enggak bisa jadi benar gitu ya at the same time tapi orang-orang tipe ini cenderung ngejar duit terus-terusan enggak pernah merasa cukup dan bahagia [Musik] Apakah jadi baik nggak juga sih malah mungkin jadi serakah ya kita lihat berbagai macam kasus korupsi padahal orang udah punya duit miliaran masih aja korupsi ya berarti kan merasa nggak pernah cukup yang ketiga adalah tipe money States alias pamer orang yang punya tipe ini biasanya ngerasa kalau status dan keberhargaan seorang itu Dinilai dari jumlah uangnya makanya Mereka cenderung suka pamer dan seleksi tapi ini udah sempat kita bahas di video influencer sebelumnya ya pamer atau fleksi enggak akan membawa lu ke mana-mana sih kecuali memang kerjaan lu di sana dan memang mau menipu orang di sana atau mau memper alat orang untuk ke sana bahkan biasanya orang yang super kaya malah cenderung tidak memamerkan cenderung silent makanya ada istilah silent fashion juga nah terakhir adalah tipe money fingers atau tipe waspada nah orang yang tipe ini biasanya cukup berhati-hati sama uang menganggap kalau uang itu mesti dijaga dan masih disimpan buat masa depan Which is good mereka juga punya konsep yang besar di ranah kesehatan finansial dan mungkin kalau ikut psikotes tes literasi finansi ya di satu persen ini ada by the way gratis mungkin skornya akan tinggi dan kalau tes kurikulum satu persen juga mungkin nggak ada yang bolong kurikulumnya ya beda lu bisa tes ini di satu persen.net 3 manisrem pertama itu memang cenderung buruk makanya money script yang buruk itu kalau lu merasa seperti itu itu perlu kita ubah apalagi kalau lo mau kaya dan sehat dan independent secara finansial ya Lo harus menganalisis dan mengubahnya sih segera sebelum kita masuk ke section selanjutnya Coba lu pause dulu terus lu komen kira-kira lo tipe yang mana habis itu kita lanjut ya tapi gini money script yang bagus aja itu nggak cukup aware dan sadar sama money script sama semua informasi tadi itu baru permulaan kita bukan hanya butuh mindset inget satu persen bukan channel motivasi ya kita ada beberapa video motivasi tapi kita bukan channel motivasi yang ngomongin mindset mindset mindset of course kita juga perlu action yang pragmatis action yang praktikal dan action ini bisa long lasting kalau misalnya dengan pendekatan psikologi Mungkin lo mengenali banyak influencer di luar sana yang ngomongin soal keuangan tapi satu persen bakal ngasih point Office yang berbeda karena kita memang bukan hanya punya experties di Finance kita punya konsultan keuangan juga By the way tapi kita juga adalah sejak dulu memang expertis di mental health dan juga cychology jadi simak sampai habis ya ngebahas tentang finansial itu kan ngomongin soal perilaku manusia dan ini nggak cuma ngebahas soal Ilmu investasi cara menabung atau cara berbisnis ala-ala influencer lo juga butuh yang namanya psikologi dalam psikologi pikiran perasaan dan perilaku itu berjalan berbarengan 3P ya ABC afektif biaya kognitif kalau lo punya masalah di perilaku finansial saya lo Suzan nabung itu karena apa ya karena tiga hal tadi lu mesti benerin secara paralel dari mulai ubah pikiran terus juga perasaan lalu perilaku kehadiran ilmu psikologi di ranah finansial dan ekonomi sekarang udah banyak diterapkan di luar negeri bahkan ada disiplin ilmu yang muncul dan gue juga dulu Ngambil kelasnya pas kuliah itu adalah behaverall ekonomis atau behel Finance gue juga dulu Ngambil psikologi ekonomi dan ilmu ini penting banget sebenarnya bahkan intervensi psikologi Kayak misalnya kognitif biola terapi ini tuh udah mulai dipraktekin di dunia Finance Dan ini juga ngebantu orang-orang yang punya masalah keuangan nah pertanyaannya cara praktis apa yang bisa kita lakuin selain mindset tadi gimana psikologi bisa ngebantu solusinya sederhana menurut gue yang pertama bisa dilakuin adalah War Which sekarang lo mungkin udah sedikit banyak aware aware sama money script sama cashflow lo where sama keinginan dan kebutuhan lo karena orang high income itu juga bisa balik miskin lagi kalau nggak aware sama spending dan behaviornya kita juga sempat beberapa kali menangani konsultasi keuangan yang memang orangnya high income Tapi boros juga dan akhirnya datang ke satu persen untuk gimana caranya biar nggak boros dan ini terjadi juga di video kita sebelumnya kita sempat bahas tentang atlet kita sempat bahas tentang influencer yang lagi-lagi kebanyakan juga nggak segelar yang kelihatannya kenapa ya karena money script kaga investasi boros kagak bikin aset yang sustain dan lain sebagainya kalau mau gampang ke wearness tentang spending ini juga bisa lo terapin lewat kurikulum satu persen lu bisa identifikasi sebenernya sekarang tuh lo lagi di level berapa lo bisa sesuai spending lu sama level lo sekarang misal ada di level 1 setelah gue yang sama kayak slow ya jangan mikir untuk beli iPhone dulu jangan mikir untuk kebutuhan dulu Kayak misalnya liburan dan lain sebagainya penuhi dulu level 1 dan 2 nya yang mulai dari dana darurat Asuransi bayar bpjs-nya ya minimal dan juga tingkatin incomenya Biar lu bisa high income Baru abis itu mikirin level 3 level 4 tapi lo masih mikir lebih banyak di level 1 dan 2 penjelasan lebih lengkap tentang kurikulum satu persen sebenernya udah gua taruh di description box silakan habis ini Lu bisa analisis lebih lanjut bahkan kita juga punya psikotes yang tadi gue bilang ya silakan ke satu persen.net Jadi pertanyaan 1 juta dolarnya adalah Apakah orang yang miskin akan selalu miskin bisa dibilang iya bahkan kebanyakan seperti itu apalagi kalau orangnya kagak berubah tapi di zaman informasi dan teknologi seperti sekarang meskipun tadi gua bilang bahwa di kapitalisme ini income to nggak naik ilusi gitu Buat 60% di bawah terutama tapi kita nggak bisa pungkiri bahwa kapitalisme Ini menghasilkan inovasi menghasilkan 1% seperti sekarang dan menghasilkan banyak hal yang bisa kita manfaatkan informasi bisa lebih mudah kita dapetin dan seenggaknya Kita bisa belajar hal-hal yang enggak kita pelajari di sekolah di satu persen ini salah satunya untuk mengubah money script dan perilaku karena mobilitas sosial itu bukan hal yang enggak mungkin jadi sejarah itu harusnya bisa didobrak sejak zaman ini lu bisa jadi pionir di keluarga ya lu bisa jadi generasi awal yang punya money script yang bagus dan lo bisa mewariskannya ke anak-anak lu biar maniskripnya bagus juga seperti orang kaya dan of the day jangan sampai lu start baik secara mindset ataupun perilaku lo bisa memulainya dengan belajar psikologi of challenge dan ya terapin ke kehidupan lo By the way buat lo yang mau belajar tentang personal Finance secara gratis gua udah nyediain juga worksheetnya jangan lupa juga kita udah punya psikotes tadi dan jangan lupa untuk simak terus serius ini karena kita bakal nyediain ini di playlist di youtube channel satu persen dan ini bakal muncul sampai bulan-bulan ke depan Oke jadi sebagai penutup di serial Finance episode pertama ini gue pengen nanya sih jadi setelah lo nonton ini apa nih rencana yang bakal lo lakuin silahkan mungkin bisa tulis action plan-nya biar orang bisa terinspirasi gue seneng banget sih sama komen section di video kemarin yang ngomongin soal hidup di Indonesia atau di luar negeri itu beneran komen section-nya udah kerasa kayak yang nonton video daging banget cuy dan gua harap itu bisa terulang di video kali ini Jadi silakan Eh lu punya action plan atau lu punya Upin yang berbeda atau yang sama tentang video ini langsung aja ke komen section-nya Akhir kata Semoga kita semua bisa mencapai financial independence atau mungkin bisa mencapai tujuan kita masing-masing ya seperti biasa gue Evan dan 100% thanks [Musik]
Resume
Categories