Transcript
6ftDunZepVY • Hidup Itu Kompetisi: Membandingkan Diri dengan Orang Lain | Satu Insight Episode 24
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0588_6ftDunZepVY.txt
Kind: captions Language: id Ayo kita semua pasti pernah ngerasa capek sama kehidupan kita ngerasa bahwa hidup kita itu adalah kompetisi dimana kita melihat orang lain udah maju ntar pas kuliah ntar pas kerja atau mungkin orang udah nikah duluan kita seolah dituntut untuk berkompetisi terus sama orang lain gue sempet baca salah satu tweet-nya Dokter Tirta tentang hal ini kita yang cukup kontroversial dan mungkin keras hidup itu sebenarnya kompetisi jadi jangan lembek Katanya sih gitu jadi jangan manja juga keras itu Tapi kalau dipikir-pikir ya bisa jadi HP yang diteliti tuh bener juga di sekolah kita harus dapat nilai bagus harus ngalahin Ribuan Orang ratusan orang untuk dapat ke sekolah favorit pas kuliah juga sama kalau misalnya nggak lulus SNMPTN jalur mesti masuk ke SBMPTN atau jalur mandiri yang notabene jauh lebih mahal pas kerja akhirnya juga harus ngalahin orang lain ketika rekrutmen dengan skill dan networking kita ya biar dapet kerja Kalo pengen dapet jodoh harus juga untuk berkompetisi dengan si gebetan gebetan yang lain yang dipunyai oleh gebetan kita Selain Kita ini memang yang good-looking atau mungkin yang lebih kayak yang menang ini semua yang tadi gue bilang itu dilakuin sama banyak orang bahkan dilakuin dengan cara curang bahkan sampai mengambil hak orang lain supaya mereka bisa santai di masa tua supaya mereka bisa hidup enak supaya mereka bisa dapet uang yang banyak mungkin itu juga ya Kenapa orang-orang selalu bilang Ya udah lu jangan manja gitu jadi orang tuh jangan lembek jangan kayak tahu tempe itu kan hidup keras lu nggak boleh kalah tapi disatu sisi capek enggak sih kita berkompetisi mulu selama hidup Emang bener ya Hidup itu adalah tentang kompetisi dan kalau misalnya Iya ataupun nggak Gimana sih caranya biar kita bisa menang nah di satu video kali ini gua bakal ngajak lo untuk menjawab pertanyaan itu bareng-bareng lewat eksplorasi tentang kehidupan yang penuh dengan kompetisi ini katanya sih begitu dan Gimana caranya supaya bisa menang lo tonton videonya sampai habis biro dapat keseluruhan yang sayapnya dan jangan lupa buat nonton satu video setiap hari di 1% OK kita hai [Musik] pertama kita harus paham dulu sebenarnya sistem di kehidupan kita saat ini sistem kehidupan kita saat ini sebenarnya didominasi oleh dua hal pertama kapitalisme dan meritocracy gue jelasin secara simple jadi untuk hidup di dunia ini dengan sukses basicly Lo harus punya Capital kenapa Lo harus punya Capital karena ya lu hidup di zaman kapitalisme kapitalisme apa sih kapitalis adalah aset nah menurut banyak orang ngasih itu sebenarnya uang tapi ada banyak juga kayak misalnya jabatan aset ganteng gitu kan atau cantik terus juga aset intelegensi aset orang dalam dan lain sebagainya jadi itu tuh banyak banget sebenarnya aset yang dibutuhkan Selama kita hidup yang menarik memang berbagai macam aset ini lu bisa lihat kurikulum 1% Kalau gua lihat itu gak diajarin di sekolah dan orang itu menyedihkannya ya ironisnya memang enggak terakhir sama gua Mungkin lahir yang langsung di level2 itu karena Gue nggak perlu khawatir bahwa gua nggak akan Besok mungkin ada juga yang lahir langsung level 3 atau level 4 langsung dikasih bisnis sama orang tuanya dikasih aset dikasih uang miliaran gitu ya kayak rafatar gitu kan punya 2m katanya bahkan lebih sampai dipinjam orang tuanya tapi ada juga yang hidup itu level 1 aja bahkan enggak bisa karena orang tuanya enggak punya cash flow atau mungkin nikah muda banget dan dia reckless mungkin ya ya jadinya terlahir dengan enggak terlalu baik nah masalahnya adalah aset yang diperebutkan itu itu enggak banyak ya inilah Kenapa muncul ilmu ekonomi karena adanya scarcity karena adanya kelangkaan karena adanya kelangkaan ini untuk dapat duit untuk dapat aset jalur harus kerja dan yang butuh kerjaan di dunia ini dan butuh aset Enggak cuma lu aja kan ada puluhan dan bahkan mungkin ratusan orang lain yang sama-sama butuh kerjaan kayak lo dan dengan level aset yang berbeda-beda ada yang udah punya kasetnya banyak ada yang juga sedikit sesuai buat dapetin kerja kita harus punya banyak aset sebenernya entah didapatkan dari pengalaman atau juga didapatkan dari orang tua atau privilege Hai tapi aktris Kita Harus tahulah kita harus outstanding kita harus punya skill kita harus rapi kita harus berprestasi kita harus pengalamannya banyak biar bisa direkrut perusahaan dilirik ya inilah memang ironisnya tapi disinilah sebenarnya ada juga hal yang sebenarnya jadi bisa dicapai oleh banyak orang nah disinilah sistem meritokrasi Siapa yang paling jago Siapa yang paling terampil Siapa yang punya paling banyak aset bukan cuma uangnya bukan cuma privilege dia adalah yang paling pantas buat ngedapetin sesuatu dan ini enggak peduli orang background nya dari mana Kalau dia jago jago dan dia pantes dapetin itu jadi at some point memang hidup itu Kompetisi Kita Harus bersaing dengan orang lain mungkin Secara tidak adil buat dapetin sebuah aset perebutan dan lain sebagainya tapi sebenarnya kalau ditanya Apakah semua hal dalam hidup itu adalah tentang kompetisi kita coba balikin dulu deh ke definisi sesungguhnya dari kompetisi kompetisi itu sebenarnya adalah ketika kita ngebandingin sesuatu atau ketiak kita dibandingkan dengan sesuatu terus kita pengen cari tahu sesuatu itu yang mana yang terbaik entah kita atau orang lain Nah kalau berdasarkan definisi ini gue bisa berargumen kalau hidup itu jam memang banyak hal dalam hidup adalah kompetisi tapi yang hidup bukan hanya tentang kompetisi Hidup bukan hanya tentang membandingkan antara satu dan yang lain karena Enggak semua hal dalam hidup harus dibandingin Apalagi kalo lu punya prinsip untuk enggak melakukan hal tertentu atau untuk melakukan hal tertentu yang mungkin gak ada pembandingnya gitu sama orang lain Kayak misalnya Apakah semua orang punya definisi kesuksesan yang sama sampai akhirnya semua orang harus berkompetisi kalau misalnya Apakah benar semua orang harus lulus kuliah harus kerja harus bikin bisnis harus mapan harus nikah ya kalau menurut satu persen sih menurut kurikulumnya memang dianjurkan Ya tapi kalau memang lowongan meja hidup yang lain yang nama salah gitu kan LED saya menurut kita sukses itu ketika kita udah bisa keliling dunia ya tapi mungkin ada orang yang bodo amat gitu tentang keliling dunia Kayak misalnya gua gitu ya gua Mungkin bodo amat tentang traveling kesana kemari gitu gua enggak menganggap itu sebagai kesuksesan hai tapi kalau menurut orang lain mungkin yaitu adalah sukses menjadikan nggak bisa dibandingin gua tidak bisa berkompetisi dengan orang yang punya prioritas yang berbeda mungkin menurut elu GT atau beberapa orang ya bisa hidup dan bisa makan enak aja udah tergolong sukses Nah jadi ketika orang-orang punya definisi kesuksesan yang beda punya tujuan hidup yang berbeda punya filosofi punya prinsip hidup yang berbeda entah itu filosofi hidup biasa aja yang dapat kita bahas atau filosofi hidup stoic atau filosofi hidup kami biskuit ya iya besok ke Hidup itu tidak bisa dibilang sebagai kompetisi karena bisa jadi enggak Apple to Apple cuy Nah gua mau ngejelasin salah satu konsep yang menurut gua menarik tentang bukunya science Inex yang berjudul The Infinite game hidup itu kalau menurut saya mesin itu bukan kayak permainan yang fix gitu loh kayak misalnya permainan sepak bola permainan catur yang basic Lia aturannya ada aturannya waktu permainannya pemainnya siapa udah jelas semua game DotA gitu kan otomen mobile genset Open game yang udah jelas ada Hai dan kalaupun ngecheat gitu ya Ya mungkin lu kalau ketahuan ya akan dikeluarin di permainannya ya tinggal Nasa skill gitu buat jadi yang terbaik di permainan itu nah hidup itu bukan seperti itu hidup kita itu bukan fined game tapi Infinite game aturannya tuh nggak baku gak ada yang tahu bakal punya umur berapa lama buat tetap hidup saingannya ganti-ganti player ganti-ganti asetnya juga bisa jadi ganti-ganti mungkin sekarang lu pengen belajar buat game GTA Digital marketing itu dan lain sebagainya yang lebih ramaikan bisa jadi lima tahun kedepan itu skill udah kayak kacang goreng itu semua orang udah bisa menguasainya kita mungkin bisa menang sekarang tapi belum tentu bisa menang di kemudian hari sama kayak 1% gitu kan sekarang kita punya 2,2 juta subscriber mungkin lima tahun lagi kita udah nggak relevan gitu kan udah banyak konten kreator dan kita nggak bisa bertahan jadi hidup itu seperti Infinite game tidak ada gitu peraturannya Terus gimana nih caranya biar kita bisa dalam tanda kutip menang Sebenarnya gua kurang suka sih kata menangkan kalau ada kata menang e-cash akan akan ada yang kalah gitu Which is true at some point tapi gue lebih suka mungkin Gimana cara kita bisa Survive Gimana cara kita bisa achieve goal kita di masa depan karena menurut gua hidup itu nggak selalu semuanya tentang kompetisi Nah terus gimana baiknya pertanyaan tadi gimana biar kita Survive ya biar kita bisa achieve well pertama lebih temuin dulu tujuan hidup sebenarnya cari tahu prinsip Hidup lu tuh kayak gimana definisi sukses setiap orang Tujuan orang itu beda-beda datwyler bisa temuin dulu definisi sukses menurut lo berdasarkan tujuan hidup loh dan gua rasa kalau lu ngomongin financial Freedom dari sebagai tentang uang mungkin ngerasa stres well tujuan hidupku bukan cuma tentang uang aja uang Lu sebenarnya memang main Point di satu persatu seringkali memang kita ngebahas uang tapi sebenarnya uang itu adalah alat kayak yang penting tuh sebenernya dah lu kalo udah dapet duit lu mau ngapain bukan Uangnya lu kumpulin terus Ya udah tapi lu udah dapet duit lu ngapain Nah disinilah Sas aja untuk lo menentukan tujuan hidup apapun yang uang adalah salah satu cara tapi yang lo pikirin bukan uangnya bukan gue pengen punya satu juta dollar nya sebagai tapi lu kalau udah punya uang Lo mau ngapain misalnya lu pengen traveling itu kan kayak tadi gue bilang atau lu pengen naikin Haji Mbak Bapak lu atau mungkin lu mau fokus ke hal yang duniawi banget gitu Kayak misalnya beli PC dan sebagainya Itu saja sih menurut gue buat semua orang ya selama lu nggak yang menyakiti orang lain atau mengambil hak orang lain bikin goals apapun sah-sah aja tinggal dibikin gue yang smart eh spesifik terus juga realistis dan ditentuin juga Kapan lu mau mencapai goals itu entah diumur 30450 bebas yang penting realistis nah ini sebenernya gua ada website gratis ya buat lu buat lu yang belum tahu tujuan hidup lu lu bisa pakai worth it kuatlah krisis ini gratis Baduy ini bisa lo dapetin di kolom comment section yang pertama jahe tentuin tujuan hidup tentuin prinsip hidup lu tentuin filosofi hidup look yang kedua ya isu lakuin adalah sama kayak nama channel YouTube ini ya nama channel YouTube ini kan satu persen gitu kan Ya sebenarnya simpel sih menurut gua untuk mencapai tujuanmu yang loe lakuin adalah hal yang sederhana enggak selalu mudah Tapi Sederhana itu adalah dengan lu ngebohongin diri lulusan gaknya satu persen lebih baik daripada hari sebelumnya jadi daripada lu mikir kompetisi dengan orang lain gimana caranya ngalahin orang ini gimana caranya ngalahin orang itu gimana caranya caplok sini caplok sana berkompetisi dengan orang lain Mungkin kita bisa mulai untuk berkompetisi dengan diri kita sendiri berkompetisi dengan diri kita sendiri tuh bikin kita makin semangat gak jadi julit korang juga enggak jadi iri dengki karena kita sebenarnya bersaing sama diri kita yang sebelumnya jadi kita kayak pengen jadi lebih baik Nah itulah sebenarnya yang menurut gua Oke jadi tiap hari lu bisa tanyain Aspek apa sih dari diri gue yang udah gua kembangin dari kemarin at least 1% aja lebih baik daripada hari kemarin Nah kalau misal lo bingung mulai dari mana tuh bisa mulai saya Dari aset paling berharga Kediri Loh apa itu kalau dari kurikulum satu persennya fisik dan mental dengan lu Oke fisik dan mentalnya lu bisa nyari duit lu masuk tuh level 1 kurikulum 1% punya cash flow lu nabung dana darurat terus kayak lu level 3 lu bisa fokus ke UAS virtualitas pasangan dan sebagainya lu bisa bikin bisnis habis itu untuk menyejahterakan diri dan orang lain dan juga konsumen loh dan juga karyawan loh Nah jadi mulai dari hal yang paling simpel yang tadi fisik dan mental dan lu bisa nih gua kasih hadiah yang kedua lu bisa akses website gratis dari satu persen yang judulnya adalah panduan sehat fisik dan hidup seutuhnya dan bisa explore di sana Ini mesinnya bisa mengakses di comment dan di deskripsi nah terakhir kalau misalnya lu ngerasa lu udah ngelakuin berbagai macam hal Terus lu ngerasa bahwa lu kok gagal terus terakhir gue sih mau bilang bahwa It's okay sih untuk gagal muslim yang nonton video ini adalah Genzi dan mau semudah apapun lu mau Setua apapun loh It's okay kalau misalnya lu masih ada dalam Di mana kau mengalami kegagalan yang paling penting adalah sebenarnya untuk menerima si kegagalan dan kesulitan yang terjadi karena juga hidup cuy kemungkinan besar akan ada fase sulitnya Gua pernah mengalami beberapa ya fase sulit juga sih dalam hidup tapi yang bisa membuat gua bangkit salah satunya ya adalah ketika gua melangkah kedepan sih enggak papa sebenarnya untuk kerasa kesulitan pastiin aja lu melangkah kedepan perubahan itu butuh proses dan kadang-kadang juga kita mesti di tempat sama cobaan yang berat terus sadar bahwa Oh Ternyata gua butuh bantuan dan itu juga yang gua Rasain sih ketika gua ada di Titik terendah dalam hidup buah kalau misalnya lu pengen support 1% dan lu misalkan pengen nyoba juga konsultasi gitu sama mentor atau psikologi 1% Siapa tahu yah lu bisa dapet pencerahan yang mungkin serupa kayak gua lu bisa cerita apapun tentang kehidupanmu tanpa takut bijaj karena mungkin gak semua temen-temen turrahmah gitu ya mungkin kadang kita butuh orang Stranger gitu yang memang udah siap buat dengerin cerita kita buat jadi safe place buy cerita tentang yang masa-masa kita dan kebetulan di akhir bulan juga ada diskon jadi pakai kode diskon ini udah ada di layar sebelum keabisan Oke Buatlah yang tertarik langsung klik link di bio atau deskripsi dan buat lain enggak ya keep watching 1% Man Thank you udah support 1% sampai sekarang dan Tangki juga udah nonton video ini sampai habis akhir kata guevenne 1% thanks [Musik]