3 HAL PENTING Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah! (Belajar Dari Maudy Ayunda)
3oL3Ci5rtHE • 2022-05-26
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
22 Mei 2022, kita semua dikejutkan
sama berita pernikahan Maudy Ayunda
dengan Jesse Choi. Correct me if I'm wrong gua
enggak tahu ini salah nyebutnya atau enggak,
tapi gua mau fokus ke berita mengejutkannya.
Kenapa sih bisa mengejutkan? Well karena Maudy
Ayunda ini sebelumnya enggak pernah ngeposting
apapun tentang hubungan asmaranya ini di medsos.
Kita pun gak dapet informasi atau clue apapun soal
ini dan sekalinya ngepost langsung foto doi yang
lagi pakai gaun pernikahan yang katanya sih mirip
Ridwan Kamil ya gitu. Nah bisa dibilang Maudy
Ayunda adalah definisi yang wall ya sat set sat
set tiba-tiba nikah gitu kan sat set sat set jadi
alias ya bagus diam-diam ya udah jadi aja gitu
kan, tapi disisi lain gak jarang gue juga lihat
banyak orang di Twitter, banyak orang di Instagram
yang malah baper pertama, kedua insecure,
ketiga jadi curhat di sosmed karena pernikahan
ini gitu ketrigger ibaratnya. Apalagi Gen Z yang
temen-temennya udah pada nikah juga entah
misalnya ada yang curhat karena Insecure,
atau misalnya karena dia tiba-tiba putus,
atau karena dia misalnya diselingkuhin lah,
atau malah ngebanding bandingin dirinya sendiri
itu sama Maudy Ayunda. Bisa nggak ya gua nikah
sama orang Korea? Buat lo nih yang para k-popers
mungkin lu bertanya-tanya kok bisa orang-orang
sat set sat set? Gimana sih caranya? Nah di video
ini gue bakal ngebahas caranya. Well that's why lo
harus nonton satu video sebelum tidur ini
supaya lo bisa dapet keseluruhan insightnya oke!
Nah pertama kalau kita perhatiin Maudy Ayunda
itu memilih pasangan yang bisa dibilang punya
banyak kesamaan. Sama-sama kuliah dan lulus di
Stanford University, which is mereka ini sudah
pasti pinter, enggak pasti sih ya. Ya gak semua
pinter sih tapi kaya ya at least knowledeable lah
gitu dan kompetitif lah itu jadi bisa dibilang
diatas standar orang-orang lah karena bisa
masuk dan berkuliah disana yang sebenarnya
gampang. Mereka juga sama-sama berprestasi,
dan bisa jadi juga punya standar high-class yang
sama, dan kemungkinan besar kedua keluarga mereka
pun cocok satu sama lain. Ibaratnya secara bibit,
bebet, bobot tuh udah cocok dan seimbang. Tapi ya
gue nggak kenal mereka sih ya, jadi gua sebenernya
gak bisa ngejudge juga cocok atau enggak,
tapi kalau dilihat secara kasat mata ya
dan dari tulisannya suami Maudy Ayunda
yang mereka cocoklah intinya gitu dan selevel.
Jadi buat lu nih yang mungkin punya pacar beda
agama dan sebagainya bisa jadi iri gitu kan sama
mereka. Dan kalau ngomongin soal bibit, bebet,
dan bobot ini juga bisa dibilang jadi faktor
penting sebenarnya sebelum menentukan pasangan dan
menikah ya kayak mungkin nggak sih Maudy Ayunda
nikah sama orang yang bibit, bebet, dan bobotnya
nggak balance sama dia? Well jawabannya adalah
mungkin aja, gitu kan jawabannya nggak mungkin
nggak gitu tiba-tiba. Ya mungkin aja, tapi yang
ngomong-ngomong tentang pernikahannya sebenarnya
banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari
kenyamanan, obrolannya nyambung atau enggak,
mungkin lu punya ketertarikan fisik atau
enggak, keluarganya nerima atau enggak,
bahkan sampai ke lingkungan tetangganya cocok atau
enggak. Itu juga kayaknya bakal jadi perhatian
orang-orang dan bakal jadi pertimbangan karena
kalau nggak dipikirin, ya rumah tangga itu bisa
terancam. Anggap aja gini deh, ada contoh kasus
itu kan ada pasangan saling cinta karena fisik,
eh tapi ternyata ngobrolnya nggak nyambung, sering
debat jadi berantem terus, terus keluarganya nggak
nyambung, akhirnya apa? ya cerai juganah bahkan
buat orang yang udah nikah dan ngerasa cocok,
yang udah oke gue cocok sama lu gitu kan, ada aja
tantangannya kalau dari hal besar. Mungkin masalah
finansial, yang kedua mungkin masa keluarga cocok
atau enggak, atau bahkan masalah agama. Ya itu
akan sebenarnya faktor yang ada di luar kecocokan
personal. Dan ada juga faktor-faktor yang bukan
hanya yang besar tadi financial, agama gitu.
Ada juga faktor teknis atau printilan contohnya,
misal perbedaan dalam merayakan sesuatu. Contohnya
lu keluarga A, terus ada lagi keluarga B pasangan
lu. Keluarga atau sukanya kalau ultah atau
acara nikah itu dirayain yang mewah. Semua
orang harus satu kostum dari sebagainya. Meanwhile
itu ya, sementara yang B sukanya sederhana. Enggak
usah pakai baju, nggak usah beli kue, dan lain
sebagainya. Nah ini kan sebenarnya printilan,
dan bisa jadi beda dalam hal ini doang sisanya
cocok. Tapi dengan bisa memicu pertengkaran.
Dan kalau misalnya lu protes, alah lu tahu
apa sih fun gitu, ya gue juga dah nikah cuy
dan gua udah ngerasain sendiri meskipun baru
beberapa bulan sih ya dari akad nikah. Tapi
dari pengalaman gua persiapan menuju pernikahan
itu ya cukup menantang, ya memang penuh banget
dengan tantangan. Dan jujur gue pribadi ngerasa ya
udah cocok lah gua, sangat cocok di level personal
sama istri gua. Cuma ya balik lagi tantangan
eksternalnya banyak, dan ketika tinggal bareng
juga ternyata ada lagi tantangan-tantangan baru.
So, gua kali ini bakal ngebahas tiga aspek penting
yang perlu perhatiin sebenarnya sebelum nikah
atau bahkan sebelum memutuskan buat pacaran.
Tiga ini gua bakal sebut dulu di awal nanti
gue jelasin. Pertama, faktor diri sendiri,
ini adalah faktor yang sepenuhnya bisa lo usahain
dan kontrol. Yang kedua adalah internal pasangan
nah ini adalah faktor yang sepenuhnya bukan hanya
lo tapi juga lo dan pasangan lo bisa kontrol,
jadi ini masalah kecocokan lah yang kedua. Yang
ketiga adalah faktor eksternal nah ini adalah
faktor di luar diri lo dan diluar kesepakatan
di luar perilaku pasangan. Oke kita bahas sedang
pertama aspek diri sendiri. Nah sebelum nikah,
sebelum pacaran bahkan, lo harus tahu sebenarnya
apa yang jadi kebutuhan di lu sendiri. Lu harus
tahu cara nge provide kebutuhan itu gimana,
lu harus tahu cara ngurus diri lo sendiri gimana.
Dan berdasarkan pengalaman gua ya dan juga ya
dari cerita-cerita klien, dari cerita-cerita ya
kan satu pesan ada layanan konsultasi juga ya.
Orang tuh cenderung biasanya bakal susah
ngejalanin hubungan kalau dianya sendiri
enggak tahu apa kebutuhannya sendiri, dan gak tau
gimana cara memenuhinya, dan ia masih belum mapan
lah buat diri sendiri gitu, sebenarnya simpel
sih kayak gimana lu mau ngebahagiain orang,
ngasih makan orang, kalau lo sendiri aja susah
buat makan gitu. sesimpel Itu sebenarnya kan. Dan
ini juga ada banyak aspek psikologisnya, jadi
kita juga masih selesai sama dirinya sendiri,
Contohnya gimana? Misal lu masih punya struggle
nggak sama kepercayaan diri lo, self-esteem lo, lu
sering insecure ga, misalnya ketika melihat orang
gitu kan, atau diri sendiri lu masih inscure,
atau misalnya lu masih ada luka enggak di masa
lalu yang ternyata ngeganggu keseharian lu luka
batin. Intinya sebenarnya sesimpel lo udah damai
belum sih sama diri lo sendiri? dan lu udah mapan
belum sih? mapan dalam hal finansial, dalam
hal mental, dalam hal fisik juga karena dari
riset yang gue baca dari pengalaman juga
kalau orang yang memandang dirinya rendah,
kalau orang yang belum siap gitu ya dengan dirinya
sendiri. Itu kemungkinan bisa jadi nanti akan
berpengaruh ke hubungan pasangan saran negatif.
Dan ini bakal berujung ke masalah relationship
yang ngeganggu ke kehidupan. Nah jadi saran gue
sih ya kalau misalnya lu ngerasa belum selesai
sama diri sendiri bukan berarti lu nggak bisa in
relationship. Tapi kalau gua boleh kasih saran,
kalau gua misalnya melihat dari pengalaman,
melihat dari klien, melihat dari riset,
saran gua dan ia juga gue lakuin. Sebelum nikah,
sebelum pacaran Selesaiin dulu masalah sama di
luar sendiri. Atau at last kalau lo nyoba pacaran
lo sambil nyelesain, sesimpel lu coba konsultasi
dulu deh sama mentor atau psikolog. Lo konsultasi,
apalagi mau nikah. Dan ini juga kalau nggak salah
udah diwajibin sih di DKI Jakarta dan ada
sertifikatnya kalau enggak salah karena gua
kebetulan di Bandung sih daerah nikahnya gitu. Nah
jadi ini juga memang udah jadi concern pemerintah,
seperti yang bisa kita lihat ya. That's why, saran
gue, gue memang sangat menyarankan lo untuk ikut
konsultasi. Sebenarnya Satu Persen menyediakan,
tapi kalau misalkan lo mau yang lain juga ya
nggak papa terserah. Yang jelas ya selesaiin
dulu masalah sama diri sendiri. Dan inget itu
baru aspek pertama, ada juga aspek yang lain, ada
aspek kedua kan. Setelah selesai sama diri sendiri
lo bisa mulai mikirin aspek setelahnya,
Apa itu? Yaitu hubungan sama pasangan,
internal pasangan. Nah jadi yang elu sama pasangan
lu bisa kontrol. It's okay kalau lu belum punya
pasangan sebenarnya, arah Ini berlaku buat
yang punya pasangan, tapi lu denger aja enggak
apa-apa. Jomblo dari lahir gapapa, it's okey
dengerin ini karena ini pelajaran yang mungkin
nggak dapet di sekolah. Oke jadi gini di zaman
sekarang itu lebih sulit buat nyari pasangan
karena sekarang ya meskipun kita banyak pilihan
di dating apps, seperti yang udah gua bahas di
video tinder sebelumnya ya kita bakal mungkin
jadi bingung, jadi parno, dan lain sebagainya.
Lo bisa lihat lah di video yang udah gue taruh
di card di pojok atas itu nanti aja lo kliknya
ya. Tapi gini kalau lu udah punya pasangan lu bisa
mau ngobrolin sebenernya banyak hal sama pasangan
obrolin kesepakatan lu kayak gimana, mulai
dari kebiasaan sehari-hari, apa yang lu suka,
apa yang lu ga suka, prioritas dan tujuan hidup lo
apa, ketika ada masa lalu biasanya ngapain, sisi
paling rentan lo itu kayak gimana, keluarga lo
kayak gimana. Itu memang enaknya kalau diobrolin
dan emang kalau kita terbuka jangan tiba-tiba
udah nikah oh ternyata saya punya hutang gitu kan,
jangan sampai seperti itu nantikan jadi masalah
kalau kita enggak terbuka. Apalagi bakal nikah.
Nah lu bisa mengukur kecocokan satu sama lain
karena jangan sampai nanti tadi ada ketidak
nyambungan ketika udah terlanjur nikah gitu yang
nggak bisa ditoleransi ternyata. Dan ngobrol
juga bermanfaat biar sama pasangan bisa saling
berkompromi jadi buat yang udah terlanjur pun ya
udah sebenarnya. Coba obrolin aja dan mungkin ya
konseling pasangan gitu lagi-lagi gitu ya balik
lagi ke konsultasi tadi. Mungkin salah satu
solusinya kalo memang nggak bisa diselesaikan
sendiri itu aspek kedua. Aspek diri sendiri
udah aman misalnya, aspek internal udah aman,
nah masuk aspek tiga. Ini yang sebenernya
gue cukup struggle nih di aspek yang ketiga.
Contohnya misal ngomongin soal pesta pernikahan,
biayanya kan enggak murah ya, terus kayak bisa
keluarga A pengen apa, keluarga B pengen apa.
Terus misalnya ada yang pengen di hotel, ada yang
pengen di rumah, dan apakah kedua keluarga bisa
menyepakati, apakah lu bisa menyamakan persepsi,
belum lagi kalau latar belakang budayanya
beda. Gimana caranya biar kedua belah pihak
bisa saling berkompromi. Nah ini yang mungkin
gua cukup struggle dulu, aspek eksternal ini
sebenarnya kalau gue sih jauh lebih mudah ya kalau
aspek satu, duanya udah tamat karena jalannya
bareng-bareng lebarannya sama calon istri atau
sama istri. Nah kalau menurut gua memang tantang
besarnya adalah di diri sendiri karena eksternal
tuh, ya maksudnya duit bisa dicari lah. Seperti
dikurikulum 1% ya kita juga akan ada kurikulum
nih ada level 1234. Kalau lu level 1 sama 2 masih
belum tamat, mau ke level ketiga mau nikah susah.
Sama lah kurikulum Satu Persen jadi emang levelnya
mesti naik satu persatu. Jadi memang kita sendiri
harus gerak cari solusinya. Mengingat kurikulum
ini tidak ada di sekolah formal sebenarnya. At
least belum ada lah. Caranya gimana? Ya simpel
ya kalian gratis dan nonton video Satu Persen,
banyak playlistnya kan. Kalau misalnya berbayar
bakal lebih enak juga ada mentoring, ada webinar,
dan lain sebagainya. Lu bisa belajar dan paham
gimana caranya nyelesain masalah lo. Nah gue juga
mau info kita sebentar lagi ada webinar dengan
topik innerchild, ini cocok banget sebenarnya
buat lo yang merasa kesulitan ketika mulai
hubungan. Kalau misalnya merasa ada beban batin.
Nah ini bisa jadi dirasakan oleh beberapa orang.
Buat lo yang penasaran ya silakan aja. Kalau
lo mau treatment yang lebih personal ya itu
cerita sih sama mentor-mentor kita atau sama
psikolog kita. Nanti karna bakal dapet psikotes,
personal statement, dan juga worksheet yang
disesuaikan sama masalah lo gitu. Ya jadi
ada banyak opsi yang bisa lu pilih, so jangan
ragu buat teks tab. Dan ngelihat Maudy Ayunda
ya insecure wajar dan lain sebagainya gitu ya,
tapi please ini jadiin motivasi aja sih, kalau
menurut gue ya. Gausah sakit hati itu kan dan
lain sebagainya ya jadiin aja ini motivasi buat
lu berkembang jauh lebih baik. At least ya Satu
Persen setiap harinya. Oke silahkan cek link di
description box gua udah nyiapin kode promo buat
lo gitu ya, khusus buat yang nonton video ini,
dan thank you buat teman-teman semua udah nonton
akhir kata gue Evan dari Satu Persen, well thanks.
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:57:04 UTC
Categories
Manage