Transcript
OViAMQQOAa8 • Apa Itu Childfree? (Menikah Tanpa Anak Itu Wajar Gak Sih?) | Satu Insight Episode 5
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0559_OViAMQQOAa8.txt
Kind: captions Language: id Hai Oke jadi ngomong-ngomong soal Jeffrey sebenarnya sebelum kita memutuskan buat bikin video ini kita juga ngedenger ya banyak masukkan banyak komentar juga dan kita juga kan sempet minta curhatan percaya ners di video sebelumnya tentang eyes dan gua mau saya Thanks biar Makasih ya buat lo semua yang udah ikut komentar dengan hashtag surat and presenters dan sekarang gua mau bacain beberapa komentar yang akhirnya ngedorong kita buat ngebahas icv Ini pertama dari swaziland dia memang basicly request gitu untuk pandangan janji terkait dengan Jeffrey ya ini bakal kita bahas sekarang dan semoga bisa menjawab rasa penasaran ya teman-teman semua sih ya Nah yang kedua adalah dari jin atau I thank you banget buat catatan yang cukup panjang jadi adem jelasin kalau wajar Buat beberapa orang memilih cat free karena ya mungkin ngerasa nggak sanggup buat self-healing ngerasa nggak sanggup juga buat ngurus anak.dan bertanggung jawab gue sama manusia disaat yang bersamaan zaman sekarang keperluan zaman dia lebih baik memang katanya sih Ya kita cv.aja terus keputusan hendaknya diserahkan ke generasi berikutnya aja ya kalau misalnya lu sujud Auliya silahkan gitu ya lu bisa ceritain pendapatmu juga di kolom komentar Eh pakai juga hashtag coretanku Sanders Oke mungkin buat sekarang itu dulu aja Yang pasti kayak kalau mau curhat silakan pakai hashtag Selatan presenter sih Nanti gua bakal coba bacain buat yang menarik dan terbaik sekarang kita langsung masuk ke video dalam beberapa tahun terakhir gua ngeliat ada satu bahasan hangat yang cukup sering dibahas oleh anak-anak muda zaman sekarang termasuk juga oleh satu persen sebenarnya ketika kemarin kita ngepost di IG terus banyak banget yang comment soal Jeffrey atau keinginan buat enggak punya anak mungkin kalo inget keinginannya juga sempet disampaikan oleh salah satu influencer namanya gitasav dia pernah bilang kalau misalnya dia sama suaminya itu ngambil pilihan buat sel free alias menjalani pernikahan tanpa kehadiran anak pernyataan dia seperti biasa ya di Indonesia bikin ribut Jagat media sosial ada yang bilang kalau orang yang Syahrini terlalu open-minded atau cuma cari sensasi atau bahkan ada yang bilang kalau dia nyalahin kodrat dan saudara cuma pengen senang-senang doang tapi ada juga yang ngebela ada yang bilang bahwa anak itu menghasilkan emisi anak itu menghasilkan global warming Anjay jahihi sebenarnya yang mana sih yang bener gitu wajar nggak sih ketika kita Jeffrey Kenapa ada orang yang membela dan Kenapa ada orang yang tidak setuju dengan cat free londen sampai habis Biar lo bisa dapat keseluruhan Insight nya oke gue bakal bahas dari awal banget sebenarnya server itu apa ya singkatnya Sebenarnya tadi gue bilang milih buat enggak punya anak Nah ini bisa beda sama Charles GTA dimana orang mau punya anak tapi ada halangan misalnya mandul penyakit atau alasan lain misalnya enggak bisa punya anak aja gitu beda ada juga yang saya lulus dan Jeffrey yang memang nggak mau dan gak bisa itu juga ada nah tapi kalau saya pergi itu intinya adalah orang yang memutuskan buat enggak punya keturunan dan putusan itu diambil secara sukarela volunteer woi buka terlalu punya penyakit bukan karena lu nggak bisa punya anak bukan karena berbagai macam hal lalu secara sukarela memilih gua nggak mau gitu kan untuk punya anak dan yang perlu tahu sebenarnya fenomena save ini ya Meskipun baru gitu ya sering banget denger di jagat sosmed ini sebenarnya terjadi sejak tahun 1500an jadi di tahun 1500-an itu banyak gadis-gadis muda yang nunda buat nikah di usia 20-an Jadi dibandingkan nikah mereka merah buat apa buat nyari duit cuy nah ternyata beberapa gadis gak cuman Unda pernikahan aja yang akhirnya banyak yang gak nikah sama sekali ini terjadi 1500-an karena berbagai macam faktor cinta karena udah enak sama hidup single faktor ekonomi terhadap jodoh jomblo aja gitu ya atau karena usianya memang sudah terlalu tua buat nikah nah fenomena ini sebenarnya mencapai puncaknya ketika tahun 1885 sampai dengan 1915 dimana satu diantara lima orang perempuan di Amerika itu enggak punya anak dan fenomenal syahfreadi negara barat ini terus berlanjut sampai sekarang dimana orang-orang disana bahkan dibayar buat punya anak karena udah sampai minus coy pertumbuhan populasinya terus pertanyaannya Kenapa orang sampai milih buat Sri mungkin di beberapa hal anak kecil itu ngeribetin usahain tapi kan sebenarnya banyak juga orang yang pengen punya anak yang mereka juga bisa bikin kita bahagia dan mungkin kalau mindset orang Indonesia Siapa sih yang ngurusin kita pas udah tua kalau bukan anak kita itu mindset Indonesia banget kalau di luar sih kayaknya enggak kayak gitu nah itu juga Mungkin sering denger pepatah yang sering diucapkan oleh orang zaman dulu kalau banyak anak banyak rezeki Meskipun mungkin pepatah ini udah bisa dibilang cukup usang gitu di generasi sekarang herlis karena ya punya banyak anak bisa diingetin juga nah kalian gua baca di penelitian dari Graham dan teman-temannya di Australia ada dua alasan yang sebenarnya bikin orang memutuskan buat Sjafri pertama emang gak pengen aja simpel kan emang gue kepengen itu ngebangun keluarga Ternyata bukan keinginan semua orang dan ada aja emang enggak Pengen dan Ya udah gitu kan sebenarnya banyak dari Mereka yang memilih untuk kayak gitu pasang Mbak punya insting untuk punya anak aja gitu sih Nah Selain itu dunia ini juga udah terlalu penuh sama manusia nah yang kedua beberapa orang milih buat fokus ke karir dan menjalani kehidupan sesuai yang mereka pengen aja jadi emang tujuannya beda ini juga sebenernya ada hubungannya dengan faktor ekonomi kalau dipikir-pikir biaya punya anak itu enggak bisa dibilang sedikit bahkan gue sempet baca salah satu infografis yang membesarkan anak tutur miliaran cuy butuh puluhan miliar Bahkan ya Gue lupa dimana sih lihatnya Ya jadi banyak orang yang meragukan mungkin bertanya kira-kira gak juga cukup banyak buat ngebiayain anak gue gitu Nah kalau dari fenomena yang tempo hari gua lihat juga sih di Twitter Instagram GT ada satu alasan yang menurut gue banyak ditemui juga itu adalah kesiapan mental atau kesehatan psikologis generasi sekarang itu mulai aware kalau misalnya orang tua kita semua GTA gue juga genset kebetulan ya Fatah juga gitu kan banyak yang faktap Raya banyak enggak belajar sampai penting Nah ada juga nih beberapa orang yang dibesarkan di keluarga yang mungkin kurang harmonis itu bisa jadi takut buat Mengulangi kesalahan keluarga mereka ke anaknya nanti ada juga satu lagi three ini mungkin agak jarang ya jadi cat itu karena Ia memang merasa dunia ini udah terlalu buruk dunia ini udah terlalu P dan sebenarnya punya anak itu juga akan menghasilkan emisi kalau dari data-data yang kita temui sekarang erlis porno GTA dan keputusan lo untuk gak punya anak sebenarnya itu lebih jauh jauh jauh berkali-kali lipat lebih baik daripada elu Enggak pakai sedotan ketika lo minum softdrink atau mungkin lu Minum Boba kesukaan lo gitu ya Katanya sih Gitu dari data yang gue baca sekarang dan memang benar sih kalau lu punya anak ada satu orang lagi kan hidup di dunia yang mana dia akan mengonsumsi menggunakan plastik dan sebagainya yang ya Islamnya menambah emisi lah Yang katanya sih kalau secara sustainability kehidupan di Bumi itu 2050 tuh bisa jadi kita udah claimed kertas trofik kalau misalnya kita enggak nginap Ana itu juga ada orang yang save karena alasan itu terus yang jadi masalah adalah emang gimana sih dampaknya terkait dengan selfie ini kehidupan orang-orang nah sebenarnya alasan bocor free itu kan bisa dibilang zona keputusan itu sebenarnya yang tadi gua bahas itu rata-rata diambil demi kebahagiaan mereka sendiri dan demi preferensi mereka sendiri tapi yang menarik sebenarnya tingkat kepuasan hidup orang yang car free itu ternyata enggak enggak bisa dibilang menyedihkan tak bisa dibilang lebih Happy juga sama aja Ternyata kalau dari hasil penelitian yang gue baca ya Dan ini sekaligus menepis keraguan orang-orang kalau orang yang Sjafri itu hidupnya kesepian ngomongin soal keraguan orang-orang segera mccsen sih Kenapa banyak orang yang sok atau mungkin ragu atau mungkin menentang orang Israel free karena punya anak itu udah kayak jadi insting aja buat manusia ya kan Ini gua enggak salah satu aspeknya aspek revolusioner di itu ibaratnya kalau makhluk hidup ya pastiin berkembangbiaknya enggak sih Apalagi kalau misalnya lu terlahir jadi perempuan GTA ibaratnya lu secara langsung atau gak langsung mungkin cenderung diekspektasikan untuk membentuk keluarga punya anak dan jadi ibu itu semacam insting ya karena udah ribuan tahun Lamanya kita menjalankan tradisi ini dachau ketika ada orang yang memutuskan buat chat free kita bakalan kaget simple karena itu beda aja sama kebiasaan manusia pada umumnya ini ternyata juga diperhatikannya dimana orang yang punya anak cenderung sinis gitu kok orangnya Cal Strange kenapa kalau menurut salah satu Profesor psikologi di Amerika kita tuh hidup ditengah ekspektasi masyarakat yang banyak sebagai manusia juga kita kan punya tugas perkembangan yang perlu kita selesaiin di fase tertentu misalnya lu diharapkan udah menikah sebelum usia 25 punya anak jadi orang sukses di usia 30 dan lain sebagainya di mana Kalau nggak mau noh itu ya bakal kena stigma bakal dicap aneh atau minimal jadi bahan gosip lah gitu Om sedih banget ya dia belum nikah gitu kan Terus baiknya kita masih gimana sih well kalau menurut Gua sebenarnya gini sih dikurikulum last call 1% relationship itu berada di poin yang cukup penting jadi kita membagi kurikulum kehidupan alias orangtua mesti ngapain sih dalam hidupnya kalau menurut 1% ya Dan ini sebenarnya adalah kajian yang kita lakuin dari berbagai macam teori dari berbagai macam pengalaman juga ngobrol sama banyak orang jadi kita ada beberapa level-level pertama lu mungkin kalau Survive Nah itu butuh relationship difaso Survival Lu butuh support system hanya untuk sekedar survei Ris temen Ceritalah RSU punya teman 1/2 atau Restu punya orang tualah yang menyayangi Loop nah ini penting segera untuk Survive karena kalau lu nggak ada di sini bisa di fakturnya bayangin orang gak punya temen yang kedua adalah Yaris mitigation ini ngomong soal resiko gabru kita bahas banyak-banyaklah nah ini level ketinggian yang penting disini sebenarnya itu gimana caranya Happy healthy dan produktif nah Sebenarnya ada banyak faktornya tapi Disini di level 3 ini menurut gua dari pengalaman dan gue juga ngobrol sama banyak orang-orang tuh sebenarnya milih lu mau fokus ke mana misalnya lu mau fokus ke mental health Ya udah lu mau fokus ke hobi Entertainment Ya udah lu mau fokus ke spiritualitas juga ya udah jadi disini tuh bisa memilihkan ada orang yang memang Fokusnya ke duit banget Widya personal Finance pekerjaan gitu karir ada juga yang fokus ke hobi ke Entertainment ada juga yang fokus ke relationship gitu nah orang yang Chelsea Gua rasa itu enggak fokus ke relationship dalam hal punya Hai dan enggak papa sih Jadi kalau di level 3 ini kalau dari kurikulum satu persen sebenernya lu bisa milih mau fokus ke mana Tapi kalau lu enggak punya banget salah satu aspek ini misalnya lu enggak punya hobi atau misalnya lu enggak punya pengetahuan personal Finance bisa jadi bakal fakabbir sih Jadi kayak sebenarnya bisa memilih Tapi orang yang Cal free juga bisa jadi tergantikan dengan yang lain kalau misalnya orang yang selfie miliknya punya peta Japri haraan atau yang Sjafri milihnya misalnya attachment dengan hal lain contohnya misal tsaubi Misalnya mobil gitu game dan lain sebagainya ya salah Enggak sih ya gue nggak bisa bilang salah sih kalau itu enggak ngerugiin dia sendiri atau orang lain dia akan pragmatis saja kalau misalnya itu menguntungkan diri lu enggak ngerugiin orang lain atau tidur sendiri ya udah jadi pada akhirnya ya jujur own happiness Inikah terus punya anak itu kan sebenarnya bukan sebuah kewajiban itu yang harus kita penuhi mungkin hidup kita bisa jadi nggak akan kerasa lengkap dari standar masyarakat tapi standar masyarakat juga beda-beda nah yang menurut Gua sebenarnya salah adalah ketika orang punya anak tapi nggak sanggup punya anak Nah itu mungkin berbisa ditimang-timang lebih Makanya satu sendok akan bikin beberapa waktu lalu bikin webinar tentang menikah webinar tentang gimana nyiapin relationship Dhani sebagai akaraya kalau nggak siap jadi bisa Jadi sebenarnya jadi orang tua ada pekerjaan besar gue juga udah sempet bahas di video-video sebelumnya tentang at percaya food experience bahkan ada pepatah hanya gitu it.exe Village tourism school Jadi bukan masalah orang tuanya aja tapi sedih saya gitu buat ngeres Cang tuh butuh teman-temannya juga butuh sekolah juga kendali sebagainya untuk ngebangun nih anak yang punya privilege yang nantinya bakal jadi sukses gitu mungkin jadi proses tender tertetu butuh butuh banyaklah netsuai gue juga salut sih buat loe yang memang mau mengambil keputusan header itu untuk punya anak atau enggak punya anak nama salah juga sih lu bisa berguna dan berkontribusi di masyarakat dengan cara apapun sebenarnya dan juga buat diri lu sih yang paling penting seberapa terus belajar aja sih Karena banyak hal-hal yang gue bahas Disini di satu persen kenapa nyebut diri kita sebagai level karena banyak yang nggak pernah dipelajari di sekolah Ada hal penting Berapa banyak sih anak yang kehidupannya hancur gara-gara orang tua banyak makanya mesti ngapain Nah inilah saat gua Promo gitu ya Nah buat lo yang Ngerasa lo ada masalah dan relationship pasangan dari sebagainya gtci lu bisa ikut konsultasi sih di 1% atau ikut gue binaries luxent sayangnya memang kalau yang pernikahan Kayaknya udah beres deh lu coba cek aja deh di website 1% baru bisa coba pakai dengan cara konsultasi kalau mau on lebih enak menurut gua atau juga kalau misal Lo pengen jas lebih lanjutnya bisa ikut webinar atau bootcamp kita lah nanti kita bakal bikin woodcamp Life skills gitu oke mungkin Sekian dari gue Akhir kata gue fanni 1% well says sampai jumpa di next video thanks [Musik]