Transcript
Om2HZlijahM • Luka Di Balik Stereotipe Gen Z (Kenapa Gen Z Manja?) | Satu Insight Episode 4
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0558_Om2HZlijahM.txt
Kind: captions
Language: id
ngomongin soal genzy milenial Boomer
kayaknya enggak ada habisnya sih kita
juga lagi sering ngpost soal ini ya 1%
Dan kalau lo termasuk orang yang aktif
di media sosial Mungkin lu sering banget
gitu nemuin komentar orang-orang yang
ngebawa tentang generasi
ngebanding-bandingin antar generasi atau
ngelawak tentang satu generasi gitu
kadang dikaitkan juga dengan daerahnya
Depok lah Jaksel Bandung gitu kan Bekasi
juga dan lain sebagainya dan kita
mungkin pernah dengar bahwa banyak
tuduhan-tuduhan ke Genzi generasi
sekarang tuh katanya generasi yang manja
gampang stres dikit-dikit healing ah itu
jompo juga lagi pakai koyo dan lain
sebagainya gitu Habis duduk Ini juga
udah sempat gua bahas By the way nah di
video Kali ini Gua mau fokus ke Salah
satu hal yaitu penyebabnya Kenapa sih
genzy itu kayak gini kalau dibilang ini
bener atau enggak Ya benar gitu ya
kadang-kadang benar diomongin jompo ya
benar gua pakai koyo gitu kan diomongin
healing ya benar juga banyak orang yang
healing gitu kan diaomongin gampang
stres manja juga bisa jadi benar juga
nah sekarang gua mau ngebahas soal
penyebabnya so lo tonton video ini
sampai habis Biar lo bisa dapat
kesuruhan
[Musik]
insight-nya ini bukan iklan tapi sebelum
masuk ke pembahasan gua mau ngasih tahu
dulu kalau sekarang lu punya kesempatan
buat kontribusi langsung di topik video
1% dan caranya simpel banget dan gratis
juga ya cukup lo tulis saran topik video
di kolom komentar dengan Hash
curhatanpeners topiknya bisa apa aja
personal Finance filsafat anime drakor
atau pengalaman pribadi lo gitu Yang
kayaknya keren kalau dibahas komentar
terbaik bakal kita jadiin topik bahasan
di video selanjutnya dan bakal Kita
masukin di awal video Oke so gua tunggu
cerita atau curhatan dari lu ya dan
jangan lupa harus pakai hashag
curhatanpeners Oke ya udah kita langsung
sikat ke video Nah jadi gini kalau
menurut gua dari bacaan-bacaan yang gua
baca yang cukup menarik ternyata genzy
itu kayak gini Karena apa coba karena
masa kecil kurang bahagia mkkb atau
kalau bahasa kerennya gua sebut ini
sebagai advers childhood experience ini
bahasa ilmiahnya ya kita singkat aja
jadi ace ya si advers childhood
experience ini terjadi ternyata di 60%
partisipan di penelitian di Amerika jadi
di Amerika tuh ada penelitian neliti
orang-orang di atas 18 tahun ternyata
orang-orang di atas 18 tahun itu
mengalami apa mengalami yang namanya
masa kecil kurang bahagia alias si Ace
tadi contohnya misal di abuse secara
emosional contohnya lu dikatain gitu pas
kecil alah Goblok lu jadi anak dan lain
sebagainya gitu Nah itu itu kan
kata-kata yang kasar ya Yang nyakitin
hati Nah itu sebenarnya adalah contoh
Ace alias masa kecil kurang bahagia Nah
yang kedua si Ace ini kan atau masa
kecil kurang bahagia ini ada jenisnya ya
Yang Kedua jenis kedua yang cukup banyak
adalah ketika orang tua berpisah atau
cerai ya gua juga termasuk dong ya Iya
gua juga ternyata mengalami Ace cuy gitu
orang tua gua berpisah alias broken home
Nah itu kan Di Amerika ya di Indonesia
gimana Mungkin ada yang berdebat kayak
gitu nah sebenarnya Ternyata Dari
penelitian yang gua baca ya Sama juga
Jadi ada anya gangguan mental ada salah
satu penelitian di Indonesia yang
ngebahas ketika orang mengalami depresi
salah satu penyebabnya adalah karena
masa kecil mkkb masa kecil kurang
bahagia si A tadi yang barusan gua
jelasin either karena lu mungkin
dikatain sama orang tua gitu ya sampai
kena mental gitu atau mungkin ya kita
berasal dari keluarga broken home gua
bilang kita karena ya gua juga dari
broken home dan bisa dibilang juga ya
gua mungkin ada juga beberapa mental
issue gitu ya Meskipun gak nyampe
gangguan sih kalau gue dan mungkin lu
juga ngerasain court Life Crisis dan
lain sebagainya Nah si mkkb ini adv
Child experience ini sebenarnya apa ya
Menurut gua bisa jadi penyebab karena
sebenarnya udah banyak banget risetnya
yang nyebutin bahwa ini bakal berdampak
ke kesehatan mental ke kesejahteraan
hidup ya anak-anak di masa depan Nah
sekarang mungkin lu udah kebayang ya
kenapa sih mental in banyak terjadi di
generasi kita salah satunya karena mkkb
tadi Nah sekarang berarti Mungkin banyak
dari lu mikir berarti salah orang tua
gua dong berarti salah si boomers ini
dong ya Menurut gua susah juga sih ya
kalau kita mau Nyalahin dan menurut gua
enggak bisa sih nyalahin orang tua
Kenapa karena ya orang tua kita juga
hidup dengan berbagai pengalaman
traumatis alias mkkb juga cuy gitu kayak
kalau lu lihat ya di Indonesia itu tahun
45 kita ada apa di dunia ada perang
dunia di Indonesia lagi Merdeka ada
banyak perang mungkin sama Jepang terus
juga ada sama Belanda juga agresi
militer dan lain sebagainya terus juga
ada krisis moneter ada juga gerakan 30S
PKI dan banyak lagi jadi orang tua kita
tuh kalau misalnya mereka lahir di tahun
let's say 40 50 60 70 itu juga
sebenarnya stressful cuy dan ketika
orang stressful apa yang akan terjadi ya
ketika ngasuh anak juga ya acuannya
adalah si stressful tadi gitu hal-hal
yang stressful itu udah jadi makanan
sehari-hari mungkin mungkin lu udah
ketika diomelin sama orang tua lu kayak
ya dulu ayah juga gini susah hidupnya
dan lain sebagainya gitu kan Ya dan
memang benar dan ingat zaman dulu itu
apa coba belum ada 1% belum ada 1% belum
ada Indonesian Life school gitu misalnya
ngajarin webinar pernikahan gitu Mana
ada gitu Dan mungkin enggak laku gitu ya
kalaupun ada 1% dulu bisa jadi ya bisa
jadi enggak laku mana ada gitu mental
health dulu mana ada pengembangan diri
zaman dulu gitu Mana ada ngomongin
relationship webinar gitu ya jadi kayak
berbagai macam topik kayak gitu Dulu
kayak ya ngapain lah dipelajarin dulu
mah orang-orang Ya tahunya adalah ya
Habis lulus kuliah lu masuk stan gitu lu
masuk PNS terus juga lu jadi dokter atau
lu Jadi pengacara gitu atau kayak kalau
mimpi yang tinggi dikit lu jadi
Astronaut gitu kan itu kan mimpi-mimpi
yang comen banget dulu pas kita lagi SD
sekarang sih anak SD mimpinya jadi apa
Jadi youtuber gitu misalnya pengen jadi
kayak bank Arab gitu ya main game atau
mungkin jadi musisi yang juga jadi
influencer dan lain sebagainya gitu ya
dan menariknya adalah ada istilahnya nih
di psikologi Jadi kalau tadi emang bener
F kalau misalnya dulu orang tua kita
kena mental misalnya ketika perang dunia
atau apa terus anaknya juga bakal kayak
gitu bisa Cuy ada namanya teorinya
adalah intergenerational transmission of
trauma Anjay Apaan tuh intinya trauma
yang dimiliki oleh nenek lu misalnya
belum sembuh nih itu akan menurun tuh ke
emak lu gitu ya dan terus dari emak lu
turun lagi ke El dan kalau misalnya El
sekarang punya trauma tertentu diturunin
lagi bisa Jadi kalau misalnya lu enggak
ngelakuin apa-apa sih ya Nah ini
singkatnya ngegambarin bahwa adanya
kesinambungan antar generasi yang di
dalamnya enggak hanya ngomongin
karakteristik dong doang tapi juga
ngomongin soal perilaku nah menariknya
ini tuh terjadi karena dua hal
sebenarnya pertama genetik DNA yang
sebenarnya masih bisa diperdebatkan ya
kalau genetik sama DNA tapi ada juga
bukti yang ngomongin soal itu pertama
genetik yang kedua adalah lingkungan
alias cara pengasuhan jadi itu juga
ngaruh sebenarnya pengasuhan ya Ini juga
yang disebutkan oleh teori-teori
psikoanalisis ya yang disebutin sama
Sigmund Freud Kung Karen hornike
ahli-ahli psikologi gitu ya zaman dulu
ya memang masa kecil itu sangat
berpengaruh tanya sih gitu ya dan
menariknya adalah ada riset juga yang
ngedukung di zaman sekarang jadi
anak-anak dari orang tua yang ngalamin
trauma karena kondisi yang diaalami itu
akan rentan lebih beresiko untuk
munculin sikap yang sama dari orang tua
itu jadinya ada faktor keturunan juga
tuh dan pengasuhan yang bisa terjadi
terus-menerus gambarannya gini sih ya
misal lu lahir dari keluarga yang keras
yang bikin lo hidup tuh engak ngerti
gitu keluarga yang harmonis tuh kayak
gimana lu enggak ngerti gitu lu enggak
relate sama misalnya keluarga yang let's
say makan malam gitu bareng-bareng tiap
hari lu enggak ngerti sama keluarga yang
foto keluarga gitu Nah kalau kita
relatetin sama zaman sekarang Pasti
sering lah kita dapat komentar gitu ya
dari para boomers dan lain sebagainya
gua tuh dulu dipukul kok pakai rotan
biasa aja gitu ya gua dijware juga biasa
aja gua juga digini-giniin biasa-biasa
aja Manja banget deh anak zaman sekarang
gitu dulu Gue digituin sih ya
nerima-nerima aja nah sebenarnya itu
adalah komentar yang enggak asing bisa
jadi ada benarnya dan engak salah juga
kalau orang-orang mau ngasih pendapat
soal threshold lah atau Ma mungkin
batasan gitu ya kayak dulu tuh
batasannya dijware masih oke kok dan
sekarang kalau mau dilakuin juga masih
oke tapi gua enggak Mau ngomongin soal
batasannya karena itu subjektif banget
ya yang mau gua highlight adalah bukan
standarnya gitu ya karena standar bisa
beda-beda standar pengasuhan orang tua
juga bisa beda-beda Bukan berarti gua
juga kontra banget sama fisik ya gitu
kayak Apakah ngejewer itu benar atau
enggak Apakah nampar itu benar atau
enggak Ya itu perdebatan lain lagi ya
tapi yang mau gua highlight adalah
normalisasinya sih gitu jadi k ya kadang
ada hal yang mungkin udah to far gitu ya
di zaman sekarang udah kejauhan atau di
zaman dulu juga bahkan kayaknya enggak
baik gitu yang kayak gitu tapi
dinormalisasi jadi kayak dianggap benar
Meskipun sekarang zaman tuh udah berubah
cuy ya kan kalau zaman udah berubah
perilakunya juga harus berubah Iya
enggak sih Nah sekarang jadi Mungkin lu
udah kebayang gitu ya kenapa sih mental
illness terjadi kenapa sih misalnya
genzy itu kayak gini sekarang bisa jadi
karena faktor sebelumnya juga dan karena
memang zaman udah berubah dan Kenapa
kita dikatain sama orang-orang di
generas i atas ya karena memang enggak
relate aja pertama kedua juga enggak
dapat edukasi yang sama ketiga juga
kebiasaannya udah beda dan ini
sebenarnya akhirnya ngaruh sih ke Genzi
gitu Ya baik secara positif ataupun
negatif kalau positif Ya jelas sekarang
jauh lebih aware jauh lebih terbuka sama
internet sama edukasi terus juga
pengasuhan positif juga udah tahu
Mungkin lu juga jadi Oke gua sebelum
nikah gua mau belajar dulu 1% gitu ya
mungkin ikut webinarnya Mungkin lu ikut
tentang kelas-kelas Parenting gitu-gitu
ya itu jadi bagus sih yang jelas
sekarang itu kita diberkahi sih
diberkahi dengan awareness ya diberkahi
dengan kesadaran bahwa banyak hal yang
sebenarnya sebelumnya kita lakukan itu
salah yang sebelumnya orang tua kita
lakukan itu salah dan yang paling
penting sebenarnya adalah untuk ngelatih
awareness itu sih supaya bisa jadi self
awareness bukan cuma awareness untuk
nyalah-nyalahin alah Boomer kayak gitu
gua bisa kayak gini tapi juga untuk
nyalahin diri sendiri juga sih kayak
kalau misalnya ada yang salah kalau
misalnya ngerasa Lu terlalu manja Kalau
misalnya lu ngerasa Lu terlalu positif
sampai toxik misalnya atau Lu terlalu
banyak healing-healing gitu kan itu juga
kan bisa jadi beneficial buat lu bisa
jadi berguna jadi kayak di zaman
sekarang kita diberkahi dengan itu
meskipun di satu sisi ketika misalnya
banyak informasi yang muncul kita juga
diberkahi dengan hal buruk juga sih Di
mana informasi yang muncul itu enggak
selalu benar enggak selalu bermanfaat
mungkin informasi ini juga bisa jadi
malah bikin kita misalnya self diagnosis
dan lain sebagainya nah terus caranya
gimana buat menghadapi tantangan di
zaman sekarang atau supaya El misalnya
ke depannya enggak jadi kayak ya orang
tua lu gitu Kalau misalnya orang tua lu
let's say negatif gitu ya caranya adalah
Banyakin belajar sih ilmu bisa kita
akses dengan mudah mau yang berbayar mau
enggak berbayar gitu ya kalau berbayar
ya bisa di webinar 1% kalau enggak
berbayar ya bisa di YouTube 1% juga gitu
atau mungkin di platform-platform lain
ya tapi kayak kalau di 1% sendiri Lu
bisa cek kita udah punya banyak playlist
dari personal Finance relationship
sampai dengan ke kesehatan mental
overthinking qu Life Crisis itu banyak
banget sih ya tinggal mau atau enggak
aja sih untuk nonton berbagai macam
video edukasi dan kayak mau atau enggak
untuk kritis terhadap diri sendiri sih
bukan hanya kepada generasi atas dan
catatan juga untuk generasi yang di atas
bukan hanya ke generasi yang bawah tapi
juga kita juga evaluasi diri sih siapa
tahu justru Ternyata bukan generasi Ini
masalahnya bukan generasi atas
masalahnya tapi masalahnya adalah
minimnya edukasi dan kita enggak mau
berubah mungkin gitu ya Dan kalau
misalnya lu tertarik buat belajar di 1%
lu juga bisa ikut komunitas gratis 1%
bisa cek link di deskripsi ada jug juga
video dan playlist yang sudahah gua
saranin di deskripsi Ya silakan mungkin
segitu penjelasan gua kali ini sekali
lagi gua mau bilang kalau kita sebagai
Genzi sebenarnya bisa jauh lebih keren
sih daripada generasi di atas kita yang
penting kita bisa manfaatin semua
fasilitas yang kita punya semua
privilege yang kita punya dan yang
paling penting adalah ya Jadi kritisnya
sama diri sendiri juga Biar bisa
evaluasi diri jadi nanti rantai
kejahatan atau rantai mkkb ini atau
bahasa gaulnya Ace tadi bisa terputus
Semoga kita sebagai Genzi bisa jadi
calon pemutus siklus trauma tadi dan
akhir kata gua evand 1% well thanks See
you on the next video
[Musik]