Transcript
b7svOlSn7Zo • Membahas Stereotype Skena Jaksel dan Generasi Z: Apakah Akurat?
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0548_b7svOlSn7Zo.txt
Kind: captions Language: id Hai pernah ngasih Lo denger tentang stereotip anak Jaksel well gue yakin lo pernah lah sekelebat ngedenger tentang culture nya yang paling Jaksel mulai dari ngomong literally Which is ya gue juga sih ya campur-campur antara Bahasa Indo dan Inggris fokus ngelakuin meditasi mindfulness C orang paling Welah sama mental help physical help hobinya flexing di gym flexing baca buku flexing kenaikan saham dan crypto meskipun ya tiap malam Jumat ya mabok-mabok aja sih mungkin hammerite mabok ya karena Emang lagi zaman itu kan si paling work-life Balance lah dan bisa jadi Paling toksik juga kantor Bos plus relationship nya juga pokoknya anak Jaksel itu selalu butuh yang namanya support system butuh yang namanya savelink dan tentunya were sama diri sendiri aware lewat apa ya lewat mbti dan love language menariknya adalah muncul sebuah quotes ada yang bilang bahwa fenomena kayak gini ini tuh bukan terjadi di Kita Jakarta Selatan doang tapi ternyata di berbagai macam kota besar ternyata Jaksel itu bukan masalah geografis tapi tentang mindset dan Lifestyle dan culture Nah ya pertanyaannya Ada nggak sih yang salah dengan culture anak Jaksel ini Apakah sebenarnya mentalitas ini terjadi di semua generasi terutama generasi Z bahkan ketika dulu gue bikin video tentang yay yang tamnel nya sih Agak nyindir generasi Z bukan Agassi mungkin nyindir ya menariknya ada juga yang ngomen Wah ini mah Jaksel kali bukan genset khasiat si paling ngebela genset deh well di satu video sebelum tidur ini kita bakal coba bahas ya tentang culture anak Jaksel dan silakan nonton video ini sampai habis Biar lo bisa dapet keseluruhan yang saatnya oke [Musik] nah kita mulai dari prosen konsep benernya culture Jaksel ini tuh ada yah menurut gue emang beneran ada dan yang pro kita tahu adalah culture ini sebenarnya baik gak sih atau malah buruk menghasilkan manfaat apa sih dan ada yang salah nggak dengan culture kayak gini dengan Lifestyle yang seperti ini itu well gua bakal coba mengkaji ini dari ya sudut pandang gue pribadi sih ya dan dari riset-riset yang gua udah baca dan tentunya dari diskusi gue juga sih sama tim 1% pertama culture anak Jaksel YouTube Katanya sih lebih mental health wear daripada orang yang non Jaksel agen Jaksel ini bukan masalah geografis ya temen-temen Ini masalah mindset dan gue sepakat sih sebenarnya ya kalau misalnya tadi dibilang lebih Menthol hardware anak-anak Jaksel itu bahkan bisa dibilang mungkin gue dan satu persen adalah salah satu penyebab ini juga sih kalau misalnya enggak tahu satu persatu mulai dari tahun 2017 dan video pertama yang kita pos Kalau enggak salah tentang Quraisy dan kita juga sering banget ngepost sih tentang cornetfish depresi Sejak saat itu Ya sampai dengan sekarang di 2017 gue sempet berhenti sampai akhirnya 2020 awal atau segitu gua akhirnya nglanjutin GT dan akhirnya alhamdulillahnya jadi sebesar sekarang gitu ya 1% jadi bisa dibilang kita juga adalah salah satu nih penyebab dari culture mental health ini dan gue sepakat sekarang gua orang-orang Mungkin sedikit lebih wilayah tentang mental health yaitu positifnya memang jadinya ya banyak yang sadar meditasi ke Psikologi dan sebagainya tapi ini enggak cuma berdampak positif Karena gini semakin banyak orang yang label dirinya sendiri jadi label ingini mulai muncul dengan berbagai macam jenis entah itu label soal introvert yang sebenarnya dari dulu saya tapi mulai munculnya gih label-label Kya kuatlah krisis terus juga label-label gua bipolar padahal mungkin bisa jadi label yang itu didasarkan dari informasi yang bisa jadi salah sih bisa Jadi bener ya dan menurut gua enggak masalah gitu dengan lu curiga bahwa Okenya gue bipolar Kayaknya gue depresi trek kalau misalnya udah save diagnosis tidak melakukan apa-apa habis itu Eh jadi negatif juga sih kayaknya sejak akhir 2018 deh gua ngerasanya atau 2011 gitu mulai muncul banyak label tertentu jadi kayak label-label Toxic label-label tentang love language dan lain sebagainya Itu airnya mulai muncul jadi sering banget di dunia kerja juga sekarang digaungkan soal work-life Balance Toxic workplace Toxic productivity Toxic positif PT dan lain sebagainya gitu masalahnya adalah gini karena banyaknya label yang terhadap diri sendiri ataupun juga orang lain bisa banget kejadian dan banyak juga yang tadi gue bilang ya akhirnya salah diagnosis psikolog aja GTA bisa salah diagnosis dokter juga akan bisa malpraktek biasalah diagnosis beberapa persen adalah malpraktek atau misdiagnosis apalagi enggak belajar well ga heran sih sekarang banyak orang ya dikit-dikit kaya otopsi klo gitu ya enggak spel gitu kan dikit-dikit speak up ada positif atau negatifnya sih ya masalahnya adalah gini bisa aja yang sebenarnya enggak Toxic di Toxic sebenarnya enggak bipolar menganggap dirinya bipolar karena misalnya mau dihitung sebenarnya insekyur dibilang bahwa itu konsekuensi atau sebab-akibat yang mutlak dari kepribadian introvert atau karena misalnya zodiak gitu karena Gua Leo maka gua gini itu udah sempat gua Bachsin Hindu sebelumnya juga ya Nah disinilah masalahnya sebenarnya label intensif diagnosis tadi segera saja kalau menurut gua sampai batas tertentu kayak tadi kalau kita menduga-duga bahwa kita memang salah episode pergi ke profesional contohnya mentor atau psikologi 1% yang gak masalah malah bagus kalau ada masalah lo software dan ya lu melakukan tindakan untuk nyari tahu ini gua ada masalah apa sih di tol tes kepribadian lah dari sebagainya GTA yang valid dan reliabel tapi kalau dasar diagnosis terus gak ngapa-ngapain atau lu malah ini juga dulu sering banget di Bachsin tentang romantis asyik gangguan mental GTA jadi kayak punya gangguan mental tuh bisa diflash ingin gitu nah susah juga sih nanti Penanganannya ini proses yang pertama jadi generasi sekarang lebih male Hai tapi banyak banget label link dan soft diagnosis dan misdiagnosis yang kedua anak Jaksel itu sebenarnya bisa dibilang lebih open minded sih Om gua sekarang ya alias Kalau bahasa lainnya sebenarnya lebih Open sama budaya baru Biasanya sih budaya barat ya Secara tainya itu makanya banyak dari anak-anak Jaksel ini itu jauh lebih modern jauh lebih kreatif dibandingkan mungkin melonjak segitu ini Sisi positifnya tapi negatif ya kadang dengan banyaknya trend banyaknya culture dari luar yang diambil GTA yang terjadi yang udah jadi kebiasaan gitu buat si anak Jaksel Ini bisa juga sih ini sebenernya jadi bikin lebih baik dia cuman tadi sih label yang tadi yang lebih banyak dia cuman ke orang-orang yang enggak sama kayak kita jadi kayak disatu sisi kita lebih toleran sama beberapa culture Tertentu bisa berempati sama berapa culture tertentu kebiasaan tertentu tapi kebiasaan yang lain bisa jadi sulit untuk kita lebih toleran terhadap kebiasaan itu jadi susah gitu buat empatinya jadi lebih jas mental dan contohnya misal tadi mental health wear lah ya sekarang tuh lagi zamannya work-life Balance misalnya ada temen yang lembur atau Kayak lu sendiri lembur sering kan biasanya sih sering terjadi ya Misalnya ada temen gue lembur terus kek Allah lu Toxic lu nggak mengutamakan mental health gitu ya dikatain gitu orang dengan pilihannya sendiri gitu Ya Allah lu ini lu gitu nah sebenarnya open-minded dan toleransi dan sebagai ini emang kayak pisau dengan dua mata pedang sih disatu sisi kita memang terbuka dengan tren baru lebih kreatif dan sebagainya tapi kadang ketika orang gak sesuai sama kita atau kita ngelihat hal yang kayaknya lu lu nggak ngikutin trend sekarang deh terkadang orang malah DJ situ atau bahkan ekstrimnya di cancel gitu kok lu nggak support gerakan ini sih Hai itu juga sering banget sih terjadi kok lu ngaku misalnya sebuah label GT kini tapi kalau ngganggu support gerakan ini jadi kayak seakan-akan kalau kita melabel diri kita sebagai hak gitu Itu semuanya harus dilakuin gitu ya Nah itu juga sering banget terjadi ya ketiga nah ini Hai kelebihan yang ketiga ya dan bukan hanya anak Jaksel Tapi menurut gue bisa digeneralisir sih ke genzet anaknya kesel gitu yaitu lebih-lebih autentik dan lebih terbuka maksudnya gini diri mereka yang ada di sosmed gitu kalau dulu Gue inget banget dulu gua main Twitter gitu ya jadi berasa tuanya pada gue juga nggak tua-tua banget tapi Dulu ketika gua main Twitter yang gue tampilin kayaknya di sosmed itu kayaknya bukan diri gue yang asli sih ketika gua main Facebook Twitter Kalau sekarang itu jujur ketika ngeliat orang di sosmed itu bisa jadi sama kayak diri live gitu kayak kemarin-kemarin kan baru aja yang berantem tuh awalnya saling katain di Twitter air berantem gitu kan salah satu artis Jadi sekarang itu memang yang terjadi adalah kalau berantem di sosmed berantem juga diri live dan kalau misalnya di sosmed ngepost sesuatu Emang itulah diri dia yang dia Tunjukkan itu yang real yang autentik negatifnya apa Ia memang jadi banyak flexing jadi banyak ngebanding bandingin dan sebagainya atau dikit-dikit semua 10 diposting di bawah diceritain di story in ada sisi bagusnya juga ya jadi memang banyak yang speak up ya kayak masalah-masalah yang dulunya Tabuk kekerasan seksual dan sebagainya Akhirnya sekarang banyak yang speak up gitu nah konsekuensi negatifnya lagi adalah bisa jadi nyambung tentang spicata dia jadi kayak kebiasaan yang point 1 dan 2 lebling sama aja cuman tadi jadi kayak ketika ada orang Nashville seseorang GTA misalnya Walah dia Toxic nih gitu ya pelaku hex itu pelaku kejahatan ini kejahatan Ini akhirnya orang itu yang belum tentu bersalah juga belum tentu bener juga sih Ya itu udah di cancel duluan udah kena dampaknya duluan gitu entah orang itu salah atau Bener udah di label duluan gitu Dan inilah yang namanya cancel culture ya jadi kalo misalnya ada orang nih diduga bersalah atau mungkin udah bersalah gitu orangnya di cancel di cancel alias artinya adalah lu nggak boleh lagi hidup cuih ditemukan gawe hidup situ Enggak boleh lagi kerja di bidang ini lu nggak boleh ngapa-ngapain dulu gitu klarus menghilang lo harus Wah pokoknya kalau orang udah di cancel bisa jadi dia dipecat dari mana-mana deh dipecat dari mana-mana enggak bisa kerja lagi enggak bisa ngapain lagi dan udah enggak bisa kerja nggak boleh kerja dan lain sebagainya enggak boleh ngapa-ngapain seringkali malah bisa jadi lebih buruk daripada perbuatannya Mungkin ga setimpal bisa jadi ya gitu Ini pendapat gua pribadi saya yang notabene memang termasuk kurang setuju sih kalo gue pribadi dengan cancel culture Kenapa karena semua orang berhak dapet kesempatan kedua dan sebelum dapat kesempatan kedua orang juga tentu berhak untuk membela diri ya kesempatan yang pertama juga apalagi kalau bahkan seorang enggak dikasih kesempatan pertama dan dampaknya ini bisa bikin orang jadi dalam tanda kutip kena mental gitu ya bukan cuma ngomongin soal pekerjaan uang dan sebagainya tapi juga secara mental juga bisa jadi berpengaruh ke sana bisa jadi lebih parah daripada kejahatan yang orang itu perbuat Itupun kalau beneran dilakuin kalo gak dilakuin kalo fitnah well ya bisa cek lah kalau sebelumnya ya Nah dengan culture Jaksel yang semakin meluas bisa dibilang ya sebenarnya banyak dampak positifnya ya tapi banyak juga dampak negatif ya banyak juga yang akhirnya kayak orang-orang yang mungkin lebih nyaman dengan culture yang oldies GTA yang kayak genset yang lebih nyaman dengan milenial atau milenial yang lebih nyaman dengan tanpa sosmed dan lain sebagainya Gede banyak yang akhirnya overwhelmed dengan banyaknya kejadian yang terjadi akhir-akhir ini dan akhirnya kena juga ini mungkin banyak dari kita gua pribadi juga sering kena mental sih kalau Buka Instagram kek Aduh Faisal dulu akhirnya gitu kan YouTube juga sama kalau lihat YouTube gue tuh pake plugin yang namanya ini gua enggak di sponsorin ya gua pakai plafon yang namanya rabbit-hole saking gua nggak mau nih dapat rekomendasi Gua maunya ngelihat dari subscribe sengaja Sampai sebegitunya gue juga sering banget ngerasa overwhelmed Dan ini juga mungkin terjadi pada Allah ya kalau adalah genset mungkin wadah anak Jaksel GTA terus lo ngerasa bahwa yang terjadi sekarang sekarang itu enggak sehat lho rasa bahwa mental udah kena gitu ya terus gimana sih kita menghadapi culture yang kayak gini itu meskipun ini enggak bisa dibilang negatif Ya emang terjadi aja Nah dengan plus-minus culture Jaksel yang lebih haid menurut gua ada hal yang bisa segera kita siapin dan ini gua ambil dari perspektif ya 1% Yahweh school Gimana caranya kita siap-siap biar kita nggak kena dampak negatifnya atau kalau udah ngerasa kena dampak negatifnya Gimana cara kita menanggulanginya pertama menurut gua lu yang genset atau generasi apapun sebenarnya atau anak Jaksel bahkan meski belajar yang namanya shaft manajemen Seven adalah alat supaya lu bisa lebih kuat mental Lu bisa nggak manja lu bisa nyelesain masalah secara mandiri sama seperti kata-kata itu sendiri saya self-management itu sendiri yang berarti adalah memenej sendiri jadi ketika ada masalah misalnya yang enggak serta-merta Lu kabur gitu misalnya hilink dan lain sebagainya gue sempet ngebahas ini sih di video sebelumnya yang membahas tentang yay ini juga kata yang lagi trend Bang ngarang tentang cara menghandle stres bahwa hilink itu sekarang identik dengan kabur gitu Tapi kalau udah belajar salah manajemen sebenernya di link itu nggak selalu harus kabur atau coping stres Kadang masalah tuh harus dihadapi itu loh mental hal itu bukan masalah kenyamanan gitu kadang-kadang lo harus confront seseorang atau sesuatu supaya bisa sembuh Kayak misalnya lu ada masalah dengan pasangan loh terus gak pernah diomongin gitu lu bertahan bertahun-tahun di hubungan yang toksik misalnya kadang mempertahankan mental health lo itu bukan berarti lu jadi kabur atau gimana gitu ya tapi kadang-kadang harus dikonfrontir Mungkin pacarnya yang sekarang karena Toxic ya confront kontrol bukan batil berantem atau gimana gede tapi lebih ke lu komunikasi Hin apa yang suka apa yang lo suka dari dia secara asertif gitu ya Nah itu juga salah satu bentuk segmen-segmen dan Swag gampangnya sih caranya sebenarnya sesimpel nonton YouTube satu persen sih promosi ya Tapi bener gua dengar banget banyak orang yang pertama kali job 1% terus Benz watching gitu ya Katanya sih enlightening tapi ketika lu nonton ya enggak persatu pernah diserap bisa YouTube yang lain juga yang ningkatin ke warna senang mental help yang ningkatin kemampuan untuk menghadapi stres kayak gitu-gitu yang ningkatin karir lu mungkin kemampuanmu investasi ini udah bagus sebenarnya dikit-dikit aja lu tahu tentang kopling saya sudah bagus jadi Saran gue yaitu sih belajar saat manajemen dari yang gratis saja dari YouTube belajar tuh gimana caranya Ministry sendiri gimana biar kita enggak ngerugiin orang lain atau merugikan diri sendiri juga kalau ada masalah enggak jadi kabur enggak dikit-dikit fight atau flight tapi gimana caranya dengan nyelesain masalah itu dengan baik itu sih Bukan juga nolak untuk tidak hilink misalnya ya kalo misalnya lu cover work silahkan istirahat jadi kayak balon seasky Sebenarnya ya keseimbanganbenda kuncinya tahu kapan Harus istirahat tahu kapan Harus cerita ke orang lain tahu kapan lu harus pergi ke profesional gimana caranya ya Banyak juga ya caranya gitu dengan ya tadi mental health awareness yang makin mantap Yang kedua juga misalnya dengan lu nonton 1% atau berbagai macam platform lu bisa aja nih pake tools tools yang tersedia secara gratis misalnya satu persen ada tes tingkat stres iseng-iseng aja gitu loh for fun gitu ya kayak lu buka website 1% terus kayak lu ikut TC berarti so ternyata tes lu tinggi Coba lihat lagi tes di Mungkin tempat lain terus kayak bisa juga lihat videonya 1% gitu di website pemerintah juga ada kok di Kemensos Setahu gua ya tentang tes skrining stres skrining depresi kayak gitu-gitu Coba aja deh ya kalau mau nyoba linknya ada dibawah silakan dan ada juga sepeda beberapa tetes lain bisa juga buat aplikasikan ada juga kok love language mbti dan sebagainya GT tapi ingat yang tadi dengan meningkatnya wernas Jangan lupa untuk tidak label link jadi tes-tes kayak gini emang bisa ngebantu tapi inget ngebantu ya konteksnya jadi hanya sebagai alat bantu tes psikologi itu fungsinya biasanya memang sebagai salah ngebantu ada banyak juga alat bantu lain Kayak misalnya dengan observasi dengan wawancara psikolog mengobservasi lumawan cara login dan biasanya memang jazmen yang diberikan oleh profesional itu ketika udah di laksanain banyak alat bantunya Makanya kalau lu ikut mentornya 1% memang psikologinya banyak dan bisa dilihat satu persatu gitu kondisi Ludi tidur lu kayak gimana gitu kan Terus juga pertemanan lu kayak gimana Terus nanti ditanya ini tesnya segini Ya terus gimana pertemanannya dari sebagainya bahkan sampai ke minat Ariel itu juga ada nggak sepenuhnya bener juga ya desain memang disarankan ke nasional tadi sih tergantung juga bener atau enggak cara ngisi lo kayak gimana Lu lagi mabok atau nggak harus tekan Siapa tahu lu misinya lagi misalnya nggak sadar ya Bisa ya psikotesnya Bisanya salah atau lagi laper gitu paling aman ya ke profesional tadi itu yang pertama yang kedua jangan lupa buat belajar terus-menerus tadi asah manajemen itu menurut gue gak bisa cuma sekali lu nonton terus udah gitu kadang perlu ditonton pulang ingat aja kalau lo stres itu sesuatu yang wajar sebenarnya dan stres dengan hal yang sama dengan masalah yang sama itu juga wajar dan slime belajar terus-terusan kebiasaan gue juga salah satunya adalah gue selalu Coba baca ulang buku yang menurut gua keren gue baca getir kubaca ulang legumes orang lagi sampai kalau misalnya adalah sampai di luar kepala itu sampai itu jadi sebuah mindset yang memang mengakar di otak lu itu Ya jadi kayak gitu sih menurut gua video-video YouTube 1% yang memang lucu kah nih lu kumpulin tuh D1 playlist kita juga udah ada playlistnya sih udah ngumpulin kalau overtime kesini kalau yang kesini silahkan cek playlistnya aja dan saran gua lu juga bikin playlist YouTube lu sendiri di mana kalau misalnya lu galau Oke gua nonton ini biar gue sadar gitu dan biar gua bisa punya mindset dan tools yang tepat untuk menanggapi problem itu Dan Terakhir ingin saja sih bahwa hal-hal kayak gini tuh ya sedikit banget atau bahkan enggak pernah kita pelajari di sekolah Jadi wajar banget kalau lo ngerasa zaman sekarang overweight memang kemunculan sosmed kemunculan internet kemunculan Wah banyaklah hal-hal yang positif tapi menimbulkan an intended consequences jadi orang flexing dan sebagainya ya Sampai akhirnya muncullah culture Jaksel ini tapi ya it's oke itu juga alasan kenapa gua dan tim 1% bikin video ini biar kita semua bisa belajar gitu skill-skill tentang kehidupan Life skills tricks satu persen saja setiap harinya mungkin sekian sih pembahasan gua tentang anak Jaksel kalau misalnya penasaran dan pengen belajar silakan join komunitas 1% gua udah taruh Link nya di deskripsi lu juga bisa nonton playlist playlist dan tes yang udah gue rekomendasiin di deskripsi juga silakan diekspor lah itu website satu persen itu Ada banyak hal yang bisa lu ekspor di sana gitu ya dan YouTube 1% juga karena kita juga sekarang udah gede Flop kurikulum edukasi kurikulum like school life skills dari level yang paling dasar sampai yang paling kompleks yang paling adalah Saya lagi belajar aja Ya seenggaknya setiap hari Oke air rata gue fanni 1% well thanks See you on the next video [Musik]