Transcript
vvNBoTP-rcI • 2 Solusi Buat Lo yang Lagi Insecure (Cara Merasa Nyaman dengan Diri Apa Adanya)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0547_vvNBoTP-rcI.txt
Kind: captions Language: id Hai gua mau nanya kalau terakhir kali lo ngaca di depan kaca ya tentunya apa sih lo pikirin soal dulu gitu loh fokus ke apa sih apakah yang lihat adalah wajah lo ketika lagi capek atau mungkin fokus ke perut lo yang Udah buncit gitu atau mungkin ngerasain segar dan overthinking nah negatif semua ya well kalau misalnya jawaban loh mostly adalah jawaban yang negatif di sini gua mau jelasin Gimana caranya lo bisa pelan-pelan ngerasa nyaman sama diri lo sendiri dan instruktur yang lo Rasain Bisa berkurang atau simak satu video sebelum tidur ini sampai habis Biar lo bisa dapet keseluruhan Insight nya [Musik] kalau udah sering nonton video-video 1% mungkin udah pernah denger kalau sebenarnya instruktur itu wajar banget dan bisa jadi bagus juga sebenarnya di beberapa waktu karena kadang dari perasaan yang secure juga ada perasaan ingin berkembang yang muncul misalnya lu mungkin iri gitu ya instruktur karena Temen Lu baru naik jabatan akhirnya Lo pakai ini sebagai dorongan motivasi untuk bekerja lebih keras dengan harapan bisa naik jabatan juga dan mungkin udah naik jabatan juga sedikit inskill memang diperlukan bisa jadi ya tapi seringkali memang insecurity malah ngebuat kita makin ngerasa buruk sama diri sendiri malah bikin kita Fokus sama kekurangan malah kita ngejek diri sendiri makin keras dan gak jarang juga malah bikin kita ngerasa nggak nyaman sama diri kita padahal yang sekarang Sehat ya sebenarnya harus didasari sama perasaan nyaman sama diri sendiri Nah terus gimana sih caranya biar kita bisa ngerasain nyaman sama diri sendiri well sebenarnya caranya ada banyak banget kalau kita lihat dari salah satu benchmark kita ya dari salah satu Life coach yang bisa kita lakuin adalah dengan mendengarkan apa yang tubuh kita butuhkan nah menurut gue ini salah satu saran yang ia bisa dibilang oke Kenapa karena seringkali kita akan mengejar sesuatu yang ngorbanin tubuh padahal sebenarnya gimana tubuh kita bereaksi terhadap sesuatu itu beda-beda jadi kita perlu banget buat ngenalin dengerin dan memahami gimana tubuh kita bekerja contohnya misal lu Emang kurang tidur lu butuh istirahat badan lagi capek banget misalnya ya tapi lu Ngerasa lo harus olahraga biar tetap konsisten Bro udah tahu badan utuh cape banget dan Lu pasti bakal misalnya ya enggak bakal produktif pun olahraganya dan nanti juga setelah olahraga mungkin gak bakal bisa ngejalanin hari-hari lo nah kalau misalnya lu enggak dengerin tuh bulu Ya sebenernya bisa aja sih buat olahraga tapi yang ringan-ringan dulu aja tapi ya kalau misalnya lu maksa untuk dengan derajat yang memang tinggi juga olahraganya high intensity itu bisa jadi badan kita malah jadi kecapean bisa jadi malah efeknya jadi buruk juga kita gitu nah itu tadi buat ngedengerin tubuh kalau versi fisik GTA olahraga ya simple tapi sebenarnya kita juga bisa menerapkannya dengan keadaan mental yaitu dengan mulai memperhatikan Gimana caranya kita ngobrol sama diri kita sendiri contohnya adalah salto karena gimana kita memandang diri kita itu ya bakal ngaruh ke gimana kita ngomong gimana kita mikir gimana kita berperilaku contohnya kalau misalnya kita ngerasa diri kita adalah orang yang males mungkin kita sendiri Kita nggak berguna direset atau Aceh menjadi kit wajar kalau misalnya akhirnya kita menggunakan perasaan kita terhadap diri kita jadi alasan buat kita nggak ngapa-ngapain dan akhirnya milih buat nggak ngapa-ngapain memilih untuk perubahan saudara slime ya Gue saranin sih untuk lu untuk mulai ngecek gimana cara buat kita ngobrol sama Dika sendiri kebanyakan negatifnya atau kebanyakan ngejatuhin nya atau Justru lebih banyak menghukum diri sendiri itu bukannya mengapresiasi diri nah ini sebenarnya adalah hal yang bisa dibilang bahaya gitu Dan bisa dibilang juga enggak Mudah buat mengubah salestock kita apa harus langsung jadi pede gitu atau super positif Ya nggak juga sih ya Atau mungkin kita jadi dinayel ngerasa bahwa diri kita enggak ada negatifnya yang nggak gitu juga sih tapi kita bisa pelan-pelan buat mengubah dari yang negatif ini jadi positif tapi tetap realistis misalnya caranya adalah dengan lu bisa cerita ke orang itu lalu mulai terbuka sama orang atau mungkin mulai pergi ke profesional misalnya mentor 1% Supaya apa supaya lebih paham gimana klo mandang diri sendiri gimana namun save Tok yang positif dan lain sebagainya nah idealnya gini ketika lo udah mulai bisa ngedengerin tubuh lo ngedengerin diri lo sendiri gitu ya sekarang tuh lagi kayak gimana sih lagi negatif atau enggak dan fokus Apa sih yang tubuh rasain kemungkinan besar insekyur dan overthinking kita bakal berkurang Kenapa karena ya Ini juga yang namanya konsep meditasi ya konsep mindfulness dimana kita sebenarnya hoer sama apa yang terjadi sama diri kita dan Enggak setiap hari kita memang harus kerja gua pribadi kerja ya paling sehari yang kerja kerasnya gua 2-3 jam serius banget abis itu sisanya ngapain Ya Sisanya istirahat sisanya kerja yang administratif sisanya kerja manajerial jadi kayak Memang gue coba bagi-bagi semua itu berdasarkan kebutuhan kebawa juga kalau memang gue lagi capek ya gua nggak berusaha untuk kerja itu kecuali memang urgent banget ya Atau memang dari lain banget tapi enggak setiap saat kita kayak gitu itu jadi memang kita harus mulai dengerin tubuh kita dan harus mulai paham kalau tubuh kita itu ya memang butuh didengerin dan biasanya bakal jadi n apa yang kita izin tapi kadang orang-orang juga salah nangkep sih ketika kita bilang dengerin tubuh kita gitu kayak banyak yang berpikir mendengarkan tubuh kita berarti ya kita bisa males-malesan terus karena tubuh kita merasa nyaman merasa enak dengan kita memang istirahat terus-terusan rebahan terus-terusan atau mungkin savelink Ditya buang-buang uang dan lain sebagainya sampai mungkin butuh waktu sekitar enam bulan misalnya sebelum bukan kayak gitu Nah nanti gua bakal jelas lebih lanjut Tapi sebelum gue jelasin gua mau ngebahas soal hal yang kayaknya penting buat lo dengerin Solo simak dulu nih Nah kalau suka ngedengerin berita mungkinlah denger kalo misalnya gue tuh atau PT gojek Tokopedia baru aja ngomongin bahwa mereka bakal melantai di BEI dalam waktu dekat ini perusahaan ini pasti udah ngga asing lagi karena kemungkinan besar elo Dah punya akunnya dan udah sering pakai aplikasi dan layanan mereka jadi berita aivio ini sebenarnya jadi berita yang cukup gede nah kalau udah ikutin channel 1% Mungkin lu Udah nggak asing sama yang namanya iPod dari indopremier sekarang Sebenarnya lo bisa beli saham Ipo yang mau akan lo buat punya saham perusahaan go public di iPod isi kayak gitu tadi dengan fitur Iip punya mereka Kenapa sih harus berusaha meivio di Indo Premier karena indopremier sekuritas itu udah punya banyak pengalaman dan prestasi sebagai Android er sampai bahkan tahun 2021 indopremier itu udah ngebantu mencatatkan 28 saham di Bursa Efek Indonesia balik lagi soal saham goto lu sekarang bisa jadi pemilik perusahaan goto dengan beli sahamnya dengan fitur Yi pot lo gak perlu daftar atau login ulang lagi dan sekarang iPod juga udah punya sistem yang terintegrasi sama Bi enggak sampai di sini aja kalau mau nambah atau ngurangin jumlah saham yang mau beli lo bebas editor the rekapan aja Gimana sih cara pesen sama itu well lo tinggal buka aplikasi ipot isi pilih menu IP o-dis ini gua bakal contohin ya pakai samgo tuh lu masukin harga dan jumlah lot yang lu mau terus lu ceklis syarat dan ketentuan habis itu Swag gitu ya lu juga enggak perlu takut order lodrop karena pesanan lo dibawah harga final di fitur ini punya ketentuan Strike price yang bakal nyatuin pemesanan saham di harga berapapun fitur ini bisa lo dapetin dengan hanya satu aplikasi dan satu rekening aja karena haydi potensi dijamin mempermudah seluruh transaksi look so tunggu apalagi pesan HP Adik iPod oke nah soal hilink tadi gitu sebenarnya kita bisa enggak sih ngelakuin berbagai macam hal GTA dengan dalih mengikuti tubuh kita gua ada prabahasa ya sebenarnya Kenapa hilink 6 bulan itu gua kurang Pro dengan itu GTA dan menurut gua meskipun itu bisa ngebuat kita lebih senang dan lebih baik yaitu enggak nyelesain masalah karena pada akhirnya ya masalahnya nggak selesai tapi kita malah kabur GTA untuk melakukan hal lain kita melepas tanggung jawab kita lah ibaratnya buat nyelesain masalah yang muncul dan sungai di sini gua mau ngenalin sebuah konsep yang namanya adalah personal accountability Konsep ini sebenarnya mirip sama Gimana caranya kita bertanggung jawab sama diri kita sendiri kita bertanggung jawab sama seluruh perkataan dan perilaku yang kita lakuin bisiklik konsep begitu personal accountability Disini Berarti lu perlu bertanggungjawab dengan lu menghukum diri sendiri ketika lo salah tapi balik lagi Sebenarnya ke alasan lu melakukannya itu kenapa dan buat siapa itu dan nanti hasilnya gimana sebenarnya setelah lungaku ini kita pakai salah satu contoh buat konsisten olahraga kita bisa sih tetap konsisten olahraga tanpa sebenarnya maksain dan terlalu keras sama diri sendiri Kita bisa mulai Misa dengan menyusun jadwal untuk diri kita sendiri dan nyesuain sama kebutuhan dan kemampuan kita saat ini dan sekarang kalau misalnya lu baru sanggup ia lari misalnya baru 2-3 kilo lah gitu Seminggu yang nama salah ketika kita lagi kecapean banget dan cuma sanggup Yoga 20 menit ya nggak papa juga yang penting nanti di tingkatin aja ya sedikit demi sedikit kalau misalnya memang Lo punya target nah personal accountability ini bisa ngebantu loh buat paham garis tengah dari segala hal yang lakuin lebih tetap konsisten tapi di saat bersamaan yang nggak maksain dan jadinya gak ngasih dampak negatif buat tidur sendiri bisa jadi ini butuh waktu dan progres ya untuk bisa nemuin Jalan Tengah karena kadang-kadang ya kita terjebak diantara entah kita jadi enggak produktif atau kita jadi yang namanya Toxic productivity tapi bukan berarti kita nggak bisa sama sekali atau berarti kita ngelewatin semua ini sendirian gitu ketika kita memang butuh bantuan balik lagi sih kalo ngerasa bolu butuh bantuan Kalau saran gue sih ya jangan sungkan untuk pergi ke layanan konsultasi bareng mentor 1% mulai dari Rp75.000 mental 1% bakal bisa ngebantu Lu buat pelan-pelan ngebangun mindset yang lebih sehat biar lebih ya kita bisa menjadi nyaman sih sama diri kita kalau misalnya tertarik lo bisa cek link di description buat baca lebih lanjut dan gua harap semoga video ini ngebantu lebih paham tentang Gimana caranya supaya kita bisa lebih nyaman sama diri kita sendiri dan disaat yang bersamaan bisa juga bertanggung jawab sama hal yang bakal kita lakuin air kata gue vanderstoep senwell thanks hai hai