Transcript
m2uBaqIAS1M • Kenapa Anak Muda Sekarang Manja Banget (Sebenernya Healing itu Baik Nggak Sih?)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0538_m2uBaqIAS1M.txt
Kind: captions
Language: id
Hai kalau misalnya lo ngikutin sosial
media beberapa waktu terakhir ini lo
pasti sering banget denger kata Ini dia
satu kata yang sering banget sekarang
digaungkan dimana-mana yaitu hilink
butuh self-healing karena capek savelink
karena klo ada di Toxic relationship
belum mungkin Bernard dikerjain lalu lo
ngerasa butuh selfie Ning dan berbagai
macam hilink di berbagai kalimat lainnya
sampai akhirnya muncul hal yang paling
menggegerkan di Twitter dan juga
Instagram sebenarnya salah satu akun
curhat manfes ke bagian kutipan dari
anak muda mahasiswa umurnya 21 tahun dia
baru kuliah dan dia ngerasa bahwa kuliah
itu ngurangin waktu dia untuk hilink dan
server-world Bahkan dia bilang kalau dia
itu perlu hilink enam bulan dan cuti
dari kuliah yang jadi pertanyaannya
adalah kau sekarang banyak banget ya
orang yang pengen self-healing Apakah
benar generasi Z itu generasi yang manja
Apakah perkataan mahasiswa umur 21 tahun
ini wajar dan apakah hilang itu
bener-bener diperluin atau indera cuma
jadi pelarian doang well jawaban
singkatnya Sebenernya gue juga nggak
tahu tapi semoga analisis yang gue coba
jabarin disini itu bisa ngejawab sedikit
banyak pertanyaan dari lo semua sih
terutama buat lo semua yang awam ya klo
tonton video ini sampai habis biar bisa
dapet keseluruhan Insight nya
[Musik]
Nah jawaban dari berbagai pertanyaan di
awal tadi akan ngejelasin lewat beberapa
sudut pandang dan ini bisa jadi salah
bisa sebenarnya pertama Kenapa sih
fenomena ini bisa terjadi well kita bisa
sebenarnya ngelihat fenomeni dari sudut
pandang salah satu buku yang dibuat sama
Prof not Kasali namanya adalah
strawberry Generation jadi gini kenapa
sih ada fenomena kayak gini di generasi
z GTA well bisa dibilang generasi Z
kalau kata Prof Rhenald adalah generasi
paling kreatif tapi di saat yang
bersamaan juga merupakan generasi yang
katanya sih mudah menyerah dan gampang
sakit hati kenapa ya salah satu
alasannya adalah ini kondisi
perekonomian sekarang itu bisa di jauh
lebih sejahtera daripada sebelumnya
dampaknya adalah ya orang tua sekarang
itu katanya sih cenderung buat ngasih
apapun kepada anaknya dan muncul juga
kebiasaan overprotective dan over
sharing di orang tua semuanya dikasih
dan banyak juga hal yang memang
diproteksi sama orang tua yang gak
dialami sama anak-anak yang bisa jadi
akhirnya bikin anak sekarang cenderung
ya dalam tanda kutip bisa dibilang yah
jadi lebih manja dan ya mungkin pengen
segala instan Selain itu karena memang
kondisi lebih sejahtera juga ya orangtua
juga akhirnya punya ekspektasi yang
tinggi ekonomi naik dan lain sebagainya
dan biasanya orang tua itu berharap agar
ekspektasi itu bisa dicapai Kalau enggak
ya adalah beberapa ortu mungkin juga
ortu lo ya yang mungkin cenderung
nyalahin elu gitu Nah inilah yang
katanya sih gak bikin anak jadi bebannya
berat jadi takut gagal mungkin juga jadi
pleaser dan mudah cemas ketika mereka
berhadapan sama hal yang gak pasti dan
ini cenderung Katanya sih kebawah sampai
gede nah adalah jawaban yang pertama nah
sudut pandang yang kedua Kenapa sih
generasi sekarang begini mulu well
katanya ada juga ini hubungannya sama
media sosial ini udah ditulis sama
banyak orang juga sih ya bahwa media
sosial itu banyak mengubah kehidupan
kita kalau perhatiin sebenarnya media
sosial ini banyak digunakan untuk
selebrasi keberhasilan untuk flexing
untuk pamer sesuatu dan untuk ngomongin
hal-hal yang positif sih maksudnya
tentang diri kita sendiri itu kan salah
atau enggak Ya nggak juga sih tapi ya
ini ngasih dampak tertentu yang akhirnya
ngebuat kita cenderung melihat orang
biasanya ya dari keberhasilan Mereka aja
prosesnya Biasanya enggak kelihatan jadi
kayak kita melihatnya tuh yang sukses
sukses aja tapi nggak ngelihat
susah-susah nya kayak gimana akhirnya
banyak dari kita yang bisa jadi sering
membanding-bandingkan diri ngerasa bahwa
kita enggak 11l itu atau mungkin kita
merasa bahwa kita tuh harus lebih oke
dari situasi yang sekarang terjadi pada
kita dampaknya adalah katanya ya banyak
orang digerasi ini pengen sukses dan
berhasil dalam waktu singkat ngasih
instan lah intinya pas gagal jadinya
daun banget dan ditambah lagi kita
ngebandingin diri kita sama orang lain
yang bisa jadi nggak realistis itu untuk
dibandingin atau bahkan Ternyata kita
ngebandingin sama orang yang bisa jadi
nipu juga gitu ya cuma brand doang cuma
image doang enggak tahu kan Dibilangnya
kayak gimana nah gitu kan kita juga
terpapar sosmed memang dari kecil Kalau
kita lihat dari sudut pandang Psikologi
perkembangan yang risetnya mungkin yang
enggak sebanyak itu juga sih sampai
sekarang karena biasa longitudinal kan
penelitiannya masa remaja tuh dan masa
kecil Sebenarnya transisinya ya adalah
masa dimana pengakuan orang lain dan
pencarian identitas sepenting banget dan
ketika kita enggak ngedapetin hal itu
atau ketika kita memang krisisnya kurang
tepat di fase itu begitu kita jadi lebih
gampang merasa daun beberapa pendapat
sih bilang kayak gitu nah belum lagi
memang kalau menurut gue juga ya ini gue
tambahin sekarang juga akan kita di masa
pandemi gimana kehidupan kita berubah
total ada yang akhirnya jadi es dari
sini jadi besar salah satunya mungkin
bisa dibilang 1% deh perusahaan yang
tumbuh di masa pandemi gitu akhirnya
mungkin kita juga ngeposting banyak di
sosmed dan sebagainya tapi banyak juga
kan yang mungkin gara-gara panennya jadi
gagal atau ngerasain dampak buruk dari
pandemi ini akhirnya jadi makin ngedown
Nah itu adalah alasan yang kedua yang
ketiga jawabannya adalah alasan yang
menurut Gua sebenarnya bisa kita lihat
semua sih ada juga Padangan kayak gini
Jadi ada yang bilang bahwa sekarang itu
sebenarnya Enggak beda-beda banget sama
dulu jadi sama-sama aja katanya sih gitu
bedanya adalah orang sekarang itu lebih
Humanis lebih mandang manusia lebih baik
daripada dulu dan lagi-lagi Ia memang
lebih melek soal kesehatan mental
jadinya ketika ada gejala yang dulu
dianggapnya sepele karena sekarang udah
were ya dicari tahu dong meskipun
dampaknya bisa jadi mungkin sekarang
banyak save diagnosis atau mungkin
banyak yang merasa bahwa dia butuh
penyelesaian atau dalam bahasa psikologi
butuh yang namanya stress coping nah
disini masalahnya distress ingini Nah
inilah Ying itu tuh sebenarnya stress
coping Nah emang gue bisa bilang nih gue
berpendapat ya generasi sekarang itu
lebih melek soal kesehatan mental tapi
nggak bisa kita pungkiri juga bahwa
pemahaman soal Gimana cara kita ngejaga
itu yang menjaga kesehatan mental kita
atau menghadapi stres itu sebenarnya
masih jarang banget dibahas gitu kita
nggak pernah kan belajar tentangnya di
sekolah kecuali ya memang anak-anak atau
orang-orang yang belajar renang
kesehatan mental yang notabene biasanya
belajar ini kuliah kita biasanya anak
psikologi Kesejahteraan Sosial dan
sebagainya di teater masuk gua juga gitu
sebagai orang yang belajar dan juga ya
kita juga dari satu persen kan
sedikit-sedikit seringlah dan mungkin
ngajarin juga sama banyak temen-temen ya
gue sebar seneng sih ada di kondisi ini
tapi di saat bersamaan kadang agak
gimana gitu karena ya yang dikatakan
oleh mahasiswa yang butuh Ying yang tadi
gua jabarin yang tadi gue tunjukin
gambar ya itu tadi valid juga gitu Jadi
kalau dia ngerasa capek ngerasa
breinholt merasa stres ya gak bisa
dibilang dia nggak ngerasain itu juga
bisa dibilang dia nggak butuhin juga toh
Tiap orang beda-beda sayangnya memang
cara stres koplingnya aja sih yang
mungkin bisa sedikit di improve gitu
yang bisa jadi juga nggak diterima sama
banyak orang dan mungkin bisa kita
bilang dalam tanda kutip mungkin manja
karena ya masa hilink 6 bulan Kalo kata
orang sih gitu ya Nah trus solusinya
gimana dong fun gitu well karena kita
nggak pernah belajar ini wajar yang
terbilang hal yang orang tahu ya kalau
stres harus hilink kalau Strike liburan
misalnya ke Bali atau kemanapun gitu
Harus refreshing enggak selesai salah
juga Tapi sebenernya cara untuk
menghadapi stres Enggak cuma kayak gitu
sih dan namanya stres solusinya tentu
ada banyak enggak semua bisa di handle
dengan yang sout hilink yang kita
ketahui sekarang dan gak semua stres
juga bisa kita hendel tanpa hilink jadi
kadang butuh ada nggak Terus gimana dong
harusnya gua harus ngapain Novan well
gua ada jawabannya sih yang jelas yang
pertama Lu harus tahu sebenarnya bawah
yang kita kenal sekarang
menjadi persepsi banyak orang Tangkiling
kayak liburan istirahat dan sebagainya
Itu hanya salah satu jenis penanganan
masalah cuman salah satu jenis
telescoping dan ini enggak cocok buat
semua bisa jadi kita butuh tapi nggak
cocok buat semua sebenarnya bisa jadi
nggak cocok nah hilink yang kita kenal
sekarang itu namanya itu ada strateginya
seberas secara saintifik namanya adalah
emotion-focused coping nah ini yang
perlu tahu emotion-focused coping tuh
apa sih emotion-focused coping adalah
penanganan stress atau masalah yang
fokus ke emosi jadi masnya apa di
strategi ini kita fokus buat ngurangin
stress atau nyelesain masalah dengan
mengalihkan perhatian kita dari sumber
masalah Maksudnya gimana Jadi gini kalau
ada masalah kita ngapain ya kita jurnal
yang kita meditasi kita praktek
mindfulness kita mungkin nangis curhat
ke temen atau bahkan mungkin ikut
mentoring 1% ikut konseling 1% untuk
membantu kita lebih baik itu Jadi
sebenarnya bukan cuma liburan cuti dari
sebagainya tapi balik lagi intinya
fokusnya adalah ngurangin stress
dengan menenangkan diri dengan kabur
sejenak lah mungkin bisa dibilang ya
dari masalah kita fokus ke emosi dulu
aja emosinya biar tenang dulu gitu nah
tapi yang jadi kelemahannya adalah
biasanya masalahnya nggak
selesai-selesai gimana Jadi gini kalau
misalnya lo ada mashadi kuliah anggap
aja lo males ya dan mulu kesultan
Belajarlah anggap aja mungkin salah
jurusan deh ketika loe masih swa telu
nyoba nih yang namanya emotion-focused
coping ketika lu nyoba ini misalnya
ngelakuin yang namanya relaksasi lu
dengerin musik lo tidur lu makan lu
nongkrong bareng temen gitu Ya intinya
lu ya Nyoba hilink lah dalam tanda kutip
lung lakuin itu mungkin akan menenangkan
diri lu nggak salah kadang kita butuh
itu tapi yang jadi pertanyaan adalah
Apakah masalah sulit belajar akan hilang
Salah jurusannya hilang atau nggak Nggak
juga sih karena lu hanya ngelakuin
sesuatu yang menenangkan diri uh kalau
misalnya lu ada masalah sama pacar lo
anggap aja lu sama pasangan ada masalah
nih terus lu kabur sejenak buat hiring
atau lu sama pacar kisahnya
beruntung enggak ngomongin masalah itu
terus liburan apakah masalahnya
tiba-tiba hilang enggak juga sama juga
dengan masalah yang misalnya ada masa di
kerjaan sama atas anu tuh memilih untuk
curhat sama temen apakah masa kerjanya
hilang enggak juga nah disinilah
emotion-focused coping itu enggak cukup
jadi ada berbagai macam masalah yang
enggak hanya butuh hilink kita juga
perlu untuk menghadapi masalahnya nah
ini strategi yang kedua namanya Adalah
problem-focused coping fokus penanganan
Masalahnya kalau yang tadi Fokusnya ke
emosi kalau sekarang Fokusnya ke problem
sesuai dengan namanya ya Jadi gini kalau
lostre sama sesuatu atau ada masalah ya
lo nyoba menghilangkan sumber stres itu
dengan cara lu menghadapi dan
menyelesaikan masalahnya contoh
ilustrasi banget kuliah ya sama
contohnya kuliah lu Stres banget UAS
atau Nosstress ngerjain kerjaan baru di
kantor solusinya ya kalau menurut
Problem focused coping apa ya selesai
bekerja Allah atau kalau UAS Ya belajar
gitu ya biar nilainya bagus dia lu nggak
stres lagi kalau misalnya lu ada masalah
sama pasangan Yahoo kasihin plus
selesaiin Masalahnya kalau enggak bisa
gimana ya identifikasi Emang apa sih
yang kurang kalau misalnya ternyata lalu
nggak bisa komunikasi sama pacar lu
gimana problem-focused coping Yahya
misalnya nih ikut webinar komunikasi
asertif yang dibikin sama satu persen
gitu ya misal lo males ya lu ikut
webinar melawan rasa males lu nonton
YouTube satu persen itu sebenarnya salah
satu cara untuk problem-focused coping
lalu Selesaiin masalah itu yaitu pelaku
fokus koping bedanya Adalah fokus ya
yang satu fokus menenangkan diri yang
satu fokus menyelesaikan masalahnya
langsung Terus yang lebih bagus yang
mana well sebenarnya kalau gua boleh
memihak meskipun sebenarnya enggak bisa
memihak saya ya tentu Bagusan problem
focused coping Kalau menurut gue ya
karena pertama masanya bisa keluar cepet
kedua lu nggak perlu Ili gak perlu
banyak waktu kebuang kerjaan lu bisa
keluar cara efektif kalau gua boleh
memihak gua akan memilih yang program
fokus Tapi sebenernya nggak bisa juga
kita ninggalin yang namanya
emotion-focused coping bisa dibilang
bahkan kita butuh keduanya setiap saat
bahkan ada juga kok
Hai yang problem-focused coping tuh
nggak bisa nyelesain itu kok ada sih
masalah nggak bisa design contohnya ya
gua kasih contoh amit-amit ya itu
wallahualam misalnya orang terdekatmu
meninggal belum sih Ngapain Tidak solusi
terbaik adalah hilink karena masalahnya
tentu gak bisa di selesaiin Emang apa
yang bisa desain dari orang terdekat
meninggal yang bisa di selesaiin ada
lalu dengan emosi lo itu Masalahnya kan
enggak bisa desain tapi kalau masalahnya
adalah kuliah ia bisa dipelajari kalau
masalah kuliah untuk di selesaiin tapi
kan nggak Semua orang punya kepribadian
dan ketenangan yang sama akan dalam
menghadapi masalah ada yang mungkin
butuh waktu sehari ada yang mungkin
butuh lima menit aja gitu karena
misalnya udah belajar dan latihan jadi
cuma butuh waktu semenit juga bisa
misalkan udah mentoring sama satu persen
bisa aja ada orang-orang semacam kayak
gitu yang udah punya ketenangan hati
kekuatan mental yang seperti itu tapi
kan banyak orang yang enggak juga Jadi
kalau ditanya Apakah si mahasiswa 21
tahun ini salah apakah generasi kita
manja menurut gua bisa dibilang gue
lebih condong ke enggak sih Kenapa
karena yap Kejaksaan banyak orang ini
yang juga butuh selfie link itu valid
juga kita nggak bisa tahu juga apa yang
dia rasain gitu tapi apakah gue setuju
bahwa hilink butuh enam bulan gitu dan
cuti kuliah misalnya ya Tergantung
situasi dan kondisi tentunya Tapi kalau
dalam kondisi normal kondisi yang
Everest rata-rata kalau kita di hadapan
dengan masa stres kuliah Ya menurut gue
sih nggak perlu 6 bulan ya bisa
disesuaikan dengan waktu lebih singkat
jadi kalau bisa sih lebih singkat kalau
gua boleh berpendapat ya dan kita juga
bisa ngelakuin strategi problem focused
coping sebenarnya kalau dengan masalah
yang minta dia yang udah kesebar di main
Facebook itu biar masalah kita dengan
kuliah bisa keluar lebih cepet misal
dengan ikut ya webinar manajemen waktu
webinar fashion mungkin kalau misalnya
dia ngerasa jurusan dan lain sebagainya
nah pertanyaannya sekarang terus kita
harus gimana dong well ada beberapa tips
singkat yang bisa ngelakuin karena kita
semua ada di generasi sekarang dengan
pertama pahami aja sih bahwa setiap
masalah itu adalah masalah yang bisa
jadi kompleks dan berbeda buat Tiap
orang di hanya dan solusinya orang kamu
mungkin butuhin orang B mungkin nggak
mungkin nggak butuh feeling tapi bukan
berarti orang lain gak butuh jadi kayak
disinilah kita Mungkin ia mesti untuk
hati-hati dalam ngejudge orang maupun
ngejek kita sendiri juga Siapa tahu kita
ngejus diri kita sendiri terlalu pede
atau terlalu manja juga sih sama diri
sendiri itu Masnya bisa desain tanpa
hilink tapi segera kita malah ngerasa
nggak bisa atau sebaliknya kita ngerasa
nggak butuh gua gitu nggak butuh
konsultasi pedal udah stres banget yaitu
juga bisa terjadi tapi ingat aja untuk
pahami bahwa setiap masalah itu
beda-beda Penanganannya yang kedua
solusi buat masalah juga beda dan gak
papa untuk hilink ketoprak emosi fokus
kopling tapi kalau Saran gue jangan
berlarut-larut dengan itu jangan
berlarut-larut dengan emosi coba latih
juga problem-focused coping supaya lebih
cepat selesainya udah banyak banget
riset yang nunjukin kalau orang yang
lebih banyak emotion-focused coping itu
cenderung lebih rentan kena gangguan
kesehatan mental jadi orang-orang itu
lebih banyak depresi karena menggunakan
emotion-focused coping menarik Hai So
kalau misalnya lu masih nyelesain
masalah dengan nenangin diri
terus-menerus gadis selesaiin masalahnya
atau kabur Coba deh dilatih untuk ga
terlalu berlarut-larut atau enggak
terlalu lama karena ini akan bikin lebih
kuat mental dan ngebuat lo bisa
mengatasi masalah apapun dengan makin
cepet ketiga fokus ke hal yang lo bisa
kontrol dibandingin nyalahin keadaan
lingkungan temen orang tua coba defocus
Kediri Keras sendiri apa sih yang bisa
kita lakuin kalo butuh hilink Ya nggak
papa hilang aja terus habis itu fokus
lagi ke diri sendiri abis ini gua mau
ngapain Habis lilin gua mau ngapain
strateginya Gimana cara biar kerja gue
lebih efektif yang keempat yang terakhir
ketahuilah tanda-tanda ketika lo memang
butuh bantuan Enggak semua orang nggak
butuh hilink belum mungkin butuhin
mungkin boleh curhat tuntutan ke
generasi kini nggak bisa dipungkiri Bisa
jadi lebih berat dan lebih kompleks
daripada generasi sebelumnya dan mungkin
orang tua kita gak ngerti itu kita hidup
di zaman sosmed pandemi dan berbagai
macam hal lainnya bahkan mau ada perang
dunia teman-teman sekarang itu katanya
sih Gitu ada suatu benchmark sederhana
yang menurut gue bisa ngebuka klo untuk
lebih peka sama di lo sendiri ini enggak
selalu bener ya benchmark nya karena ini
juga beberapa dari riset beberapa juga
enggak ini adalah hal yang bisa lo not
kira-kira Lo butuh konsultasi ke
profesional atau enggak pertama lu bisa
lihat masalah yang mengalami ini lebih
dari dua minggu enggak sebut lo ngerasa
daun ngerasa negatif atau terus-terusan
biasanya dua minggu ini adalah benchmark
untuk kita nentuin cut-off gangguan
kesehatan mental biasanya ya ada yang
dua bulan juga sih tapi kayak di SS2
minggu nah yang kedua ketika loe ngerasa
nggak bisa nyelesain masalah ini sendiri
dan bingung solusinya gimana mungkin
butuh yang namanya konsultasi ketiga lu
juga bisa pakai assessment tambahan
contohnya misalnya adalah lu ikut tes
tingkat stres ini gratis satu persennya
atau lu ikut tes layanan 1% ini juga ada
nih satu persen lu bisa ke website kita
cek aja link di deskripsi kita udah
ngebentuk tes yang bisa nge skrining
bukan mendiagnosis ya masker Ini
kira-kira lustre selagi tinggi atau
enggak dan lu butuh layanan apa di satu
persen itu lalu bisa cek aja di link
deskripsi dan di jumlah stress yang
tinggi enggak bikin loh butuh psycholog
nggak bikin Lo butuh psychiater gak
bikin Lo butuh pelayanan tertentu dan
gak bikin lo gangguan mental juga karena
ini butuh didiagnosis bisa jadi ada
orang stressed tinggi gue tuh hiring ya
bisa jadi ada yang butuh situ edukasi
dari YouTube bisa juga ada yang butuh
webinar atau dengerin curhatnya oleh
mentor atau oleh teman terdekat bebas
tapi coba cek aja kalau dari ketiga
aspek ini lu bilang iya iya bisa jadi lu
butuh konsultasi kalo menurut gue sih
kalau misalnya ragumu lain yang mana
Kalau di satu persen sih saran gua ke
mentor 1% aja Kenapa karena M 1% sarjana
psikologi bisa jadi tempat pertama lo
buat berkeluh kesah buat di dengerin
curhatnya dan nyari pemahaman buat
Gimana caranya sciences Allah nanti
habis dari mentor 1% biasanya Bakal
dapet personal statement jadi lueder
dirujuk misalnya ke psikolog yang
terspesialisasi di misalnya water Datau
ada masalah seksual nih kalau dirujuk ke
b saya namanya kasih beli atau lu
misalnya ada masalah pasang-pasangan no
dirujuk ke Kak Sabrina itu untuk
pasangan bisa juga kayak gitu Jadi kalau
misal ragu Saran gue akan mentor aja sih
Nah kalau misalnya tertarik silahkan
klik link read description boks atau
pergi aja ke satu sendok net dan akhir
kata kalau misalnya ada yang bilang anak
muda sekarang itu manja baik lagi sih
jawabannya bisa iya bisa enggak telur
gua wajar sih mengingat kejadian saat
ini kayak gini gitu ya plus edukasinya
memang belum cukup tapi gua harap video
ini meskipun ya gua bisa bilang iya juga
terhadap manja tadi ya semoga video ini
enggak bikinnya jadi makin daun sih itu
karena semuanya dimulai dari menerima
bahwa ada masalah kan inget aja ketika
ludon ketika lo ngerasa bahwa kok gue
kayak gini ya gitu Ada Harapan kok untuk
kita bisa bangkit dan kita juga ya kalau
Saran gue sih bisa terus-menerus
mengembangkan diri menguatkan mental
kita ia mulai aja sih sedikit-sedikit
sama kayak nama channel ini Ya
seenggaknya satu persen saja setiap
harinya nanti juga kita bakal jadi kuat
mental kok kalau misal kita belajar ya
terakhir kata kayak lagi ya gue fans 1%
well semoga video pembantu dan semoga
Elu sekarang bisa semangat menghadapi
masa lalu dan kalau misal lo ngerasa
gitu ya lo ngerasa butuh konsultasi Ya
silahkan ke satu persen klik link
deskripsi says thanks
[Musik]
hai hai
Hi Ho