Transcript
MLaDFi-wKgc • 2 Alasan Utama Kita Susah Fokus (Cara Ampuh Biar Fokus dan Tidak Mudah Terdistraksi)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0522_MLaDFi-wKgc.txt
Kind: captions
Language: id
Halo siapa nih yang lagi nonton video
ini karena suka kedistrak dari hal yang
harusnya dikerjain termasuk Mungkin lu
mau ngerjain sesuatu tapi kayak karena
ya lagi nonton YouTube Edy Sabli kerjaan
dan akhirnya menemukan video ini dimana
entah kita ngirim notifikasi atau ya
munculnya jadi home itu kan dan akhirnya
lu ngelupain nih hal yang mau lo kerjain
entah apa kalau misalnya kayak gitu
nggak apa-apa tenang aja lu tonton video
ini sampai habis karena gua bakal
jelasin Kenapa kita kok kayaknya susah
banget buat fokus dan gimana caranya
biar kita bisa sangganya lebih fokus
daripada sekarang so stay tune sampai
habis Biar lo bisa dapet keseluruhan
yang saatnya
[Musik]
kalau misal udah sering nonton video 1%
mungkinlah punya gambaran Kenapa kita
itu susah fokus biasanya memang
hubungannya sama diri kita sendiri ya
sama kondisi diri kita Nah ada
penelitian unik dari Harvard di tahun
2020 di Harvet Christian yang nemuin
kalau 40 tujuh persen dari waktu kita
itu kepake dengan pikiran kita yang ke
mana-mana di Teh jadi ada 50%
kemungkinan sebenarnya ketika kita lagi
ngerjain sesuatu setiap harinya 50% itu
kita lagi mikirin yang lain Jadi nggak
fokus sama sesuatu itu aja belum lagi
memang bukan cuma yang tadi kita mikirin
hal lainnya tapi ada juga distraksi dari
sekitar Kayak misalnya ya notif 1% gitu
yang orang rumah mungkin minta lo beliin
gas atau mungkin Aqua galon gitu ya
terus ada juga bisa jadi pasangan nelpon
jadi enggak heran Memang udah pada
dasarnya ya manusia tambah lagi Zaman
sekarang zaman sosmed ya adalah makhluk
yang susah fokus dan makin susah fokus
ketika ditambah distraksi dari eksternal
yaitu poin yang pertama poin yang kedua
itu datang dari penulis buku
Indestructible namanya adalah ni real
gua enggak tahu ini pronounciation bener
atau enggak ya yang bilang kalau alasan
kita kenapa suka banget buat kehilangan
fokus adalah karena kita berusaha
melarikan diri dari hal yang enggak
nyaman nggak nyaman ini bisa aja hal
yang kita lakuin sehari-hari kayak
kerjaan gitu ya dan lain sebagainya sih
ketika kita stres sama sesuatu kita kita
cemas kesepian atau bosen kita nggak
nyaman akhirnya kita jadi nyari
distraksi dan karena perasaan gak nyaman
Inilah kita bakal nyoba nyari cara buat
ngilanginnya sih seringkali dengan
Ngecek HP gitu ya ngecek Instagram
YouTube yang akhirnya jadi scrolling
sampai berjam-jam sampai ngabisin waktu
lama banget dan sebenarnya proses yang
gue jelasin itu ada namanya namanya
adalah nzt distraction feedback Loop deh
daripada kita bener-bener ngilangin hal
yang bikin kita bosen nih ya hal yang ya
kerjaan misalnya gitu kita mendestruksi
yang diri dari ngerjain hal itu Dan
kenapa jadi feedback Loop karena ya
ketika kita ngescroll sosmed misalnya
untuk menghilang dari kerjaan yang bikin
kita bosen kita tetap bosen juga
akhirnya Scroll terus jadinya Jadi ya
luping gitu aja gitu jadi lingkaran
setan Nah terus pertanyaannya adalah
gimana caranya biar kita nggak kedistrak
sekali nah kayak yang udah gue jelasin
di awal kita pada dasarnya memang
gampang ke distraksi buat 100% fokus tuh
bakal susah tapi kita bisa nyusun
beberapa strategi biar kita enggak
terlalu terlena sama distraksi strategi
yang bakal gue kasih ada dua Tapi
menurut gua strategi ini meskipun cuma
dua bisa banget loh Coba langsung kalau
mau lebih banyak strategi ya bisa
langsung nonton video kita sebelumnya
karena ada banyak sebenarnya atau bisa
ikut webinar kita juga dimana disana
bakal jelasin lengkap tapi di sini bakal
gue jelasin dua dulu yang pertama lo
mungkin bisa mulai sebenarnya dengan
misahin distraksi yang bagus buat lu dan
di-share aksi yang mungkin gak bagus
jadi inget distraksi itu enggak cuma
nggak bagus ya Tapi bisa juga jadi bagus
notif website dari HP itu sebenarnya
enggak bagus sebenarnya menurut gua
Kenapa karena Jadi ia buang-buang waktu
gitu kalau bisa di nonaktifin notifnya
di non aktifin aja GT apalagi dari
sosmed yang bisa jadi nggak ngasih
manfaat sama sekali itu dari YouTube
masih Okelah mungkin ya lu bisaan
subscribe dan lain sebagainya ya notif
satu persen adain aja Misalnya gitu ya
terserah lu sih tapi kalau misalnya
nggak berguna misalnya sosmednya cuma
bikin lu kayak jadi ngegosip atau gimana
gitu ya mendingan di matiin aja sih
dijauhin aja HPnya dimatiin
notifikasinya Dian instal aplikasinya
itu apapun aplikasinya ya event itu
YouTube nah tapi kalau misalnya kita
lagi kerja bareng nih bareng keluarga
atau temen gitu terus bisa diajak
ngobrol dan kita memang lagi penat gitu
butuh istirahat ya Bisa aja sebenernya
itu distraksi yang bagus karena kayak
kita jadi secara tidak langsung
istirahat kita memenuhi kebutuhan
kita-kita juga ngabisin waktu sama
orang-orang penting yang mungkin jadi
prioritas kita juga jadi misalnya lu
sama pasangan kerja bareng GTA lu lagi
penat di kerjaannya lupa us bentar itu
sebenarnya enggak masalah sih itu Kalau
menurut gue jadi kayak distraksi itu ada
yang sebenarnya oke juga untuk tetap
dilakuin Kenapa karena ya memang lu
butuh itu dan distraksi nya juga nggak
bikin lu jadi ngelakuin hal negatif itu
G yang pertama yang kedua lu bisa coba
untuk have fun sih sama apa yang lo
kerjain dan pahami progress kerjaan Loh
kenapa sih kita suka main game gitu Gua
juga kenapa sih sering banget main game
gitu Ya karena ya main game Itu ngasih
gambaran progress kita dan itu
menyenangkan gitu misalnya lu Main
Mobile Legend satu apalah gitu ya bensin
atau apapun yang lagi viral sekarang
ngelawan bosnya GTA lupa melihat
cachenya darah bosnya tuh nurun gitu
terus lu jadi paham serangan no
berfungsi Abis lu nyelesaiin gamenya
misalnya terus meningkat inreng gitu itu
kan sebenarnya jadi sebuah progress Nah
inilah yang mungkin banyak orang yang
nggak dapet ini di kerjaannya itu
pertama sense of progress kerjaan
dianggapnya jadi beban Jadinya apa
jadinya udah enggak Fan lu nggak
menganggap kerjaan itu sebagai sebuah
challenge yang bikin biru berkembang
Jadinya apa jadinya udah enggak fun
Enggak kerasa progress jadinya males nah
sebenarnya lu bisa siapin sistem key to
do list buat nunjukin progress jadi
ketika dicoret kan jadi UAS bisa juga
siapin sistem reward buat diri lo
sendiri bisa juga kini buat HR ya bisa
juga HR yang bikin sistem reward biar
anak-anaknya nggak males gitu kan ada
banyak cara sih lu bisa cek aja playlist
yang udah gua buat disini Biar lo bisa
lebih fokus dan Nyi sebenarnya itu dua
sarannya ya dan yang paling utama sih Ya
seperti biasa di akhir gitu Kalau
misalnya lu mau belajar langsung sama
ahlinya mau dapet tips yang lengkap mau
nanya-nanya sekalian gitu ya Saran gue
sih langsung aja ikut webinar sama
psikologi 1% Titi ah yang bakal
ngomongin soal mindfulness dan tips
mengelola fokus itu sama Kak Diah nanti
bakal dibahas banyak banget tentang
mindfulness dan mengola fokus itu ini
juga buat lo yang sering cemas bukan
cuma yang enggak fokus yang sering cemas
yang sering stres juga siapa tahu bisa
belajar yang main Fals ada juga riset
yang nyebutin mindfulness ini bisa
nurunin kecemasan orang-orang sampai 50%
GTA dan jelly fokus Silahkan aja
langsung keseluruhan Dotnet atau klik
link di description box Oke JD dan akhir
kata gua harap pemahaman tentang sudah
fokus ini dan di-share sini jadi ilmu
baru buat lo kalau video ini berguna
like dan komen biar video ini jadi
algoritmanya bagus ya makin kesebar yang
lain lo sabar Diwa dimanapun juga bisa
Akhir kata semoga lu bisa belajar
tentang ini ya Dan bisa menjadi lebih
baik sehingga satu persen setiap hari
dan jangan lupa ekor lebih nah oke gue
foundation well thanks
[Musik]