Filsafat Santuy: Hidup 'Biasa Aja'
ENKs9kC9U34 • 2021-11-09
Transcript preview
Open
Kind: captions
Language: id
Hai buat Hello yang tertarik buat nonton
video ini gue yakin kemungkinan besar lo
dan ngerasain banyak tuntutan di hidup
loh apalagi di zaman sekarang deh lulus
kuliah harus tepat waktu bahkan lebih
cepet kuliah harus tempat yang bagus
mungkin harus di luar negeri habis
kuliah enggak boleh lama-lama nganggur
harus langsung dapat kerja kalau bisa
dua digit lah gajinya dan kalau bisa
kerjanya di syaraf gede atau perusahaan
gede dan kalau bisa juga habis itu
langsung nikah we rumah beli mobil gitu
Dan kalau bisa juga sambil nyicil
kos-kosan see ya biar ada passive income
sama investasi juga banyak banget ya
yaitu udah banyak enggak jarang berat
juga belum lagi kalau misalnya kita
melirik kekanan kekiri enggak usah kanan
kiri sih ke atas itu kadang ada aja
temen kita atau mungkin ya orang-orang
kaya misalnya Maudy Ayunda Dadi Makarim
dari sebagai yang berhasil mencapai itu
semua dengan sangat amat perfect gitu
terus mulai deh lo ngerasa stres
overthinking dan kayak jadi susah aja
buat bahagia kita Abang nggak bisa ya
hidup biasa-biasa aja dan tetap bahagia
gitu atau emang lu harus punya startup
tuh harus jadi for standard lo harus
ranking 1 dulu se-indonesia baru bisa
bahagia nah di video Kali ini Gua mau
berargumen tentang cara hidup biasa aja
Jadi gimana cara biar lu nggak sukses
Gimana cara biar lu nggak extra Ordinary
tapi lebih tetep bahagia nah ini adalah
filosof yang dibahas amalan dubot gua
Sorry banget karena gua bukan orang
Eropa jadi pronounciationnya kalau salah
sorry banget ya gua bakal bilang dialon
aja dia adalah filsuf modern dan pendiri
sekolah of life dia ngejauh barin
tentang Gimana caranya buat hidup
bahagia meskipun kita menjalani hidup
yang biasa aja simak satu video sebelum
tidur ini sampai habis biar bisa dapat
keseluruhan Insight nya
[Musik]
Sebelum gua ngebahas tentang filosofinya
dia Mungkin gua mau ngenalin dulu apa
sih shihlindo Boni nih itu planet nih
dikenal sebagai filsuf modern namanya
susah eh ya buat orang Sunda susah sih
namanya dia adalah pendiri institusi
pendidikan sekolah vlife dia adalah
penulis 12 buku bestseller dan juga
pengisi berbagai macam acara di tetok's
dan ya dia bikin salju channel YouTube
yang juga menginspirasi 1% School of
life kontras dari pencapaian yang keren
banget sebenarnya Clan itu justru banyak
banget ngebahas Tuntas tentang Gimana
cara mencapai kebahagiaan meskipun kita
ngejalanin hidup yang biasa aja Ordinary
Life lah istilahnya gitu dan Gimana
caranya bahagia dengan Yaudah keseharian
yang biasa aja kenapa Karena kalau
menurut biasa dari yang gue baca ya
untuk bisa bahagia di zaman sekarang itu
susah Nah telan dubot nih nentuin kalau
misalnya ada tiga masa besar yang
terjadi di zaman sekarang itu di zaman
now ini pertama adalah snowberry atau
Congkak atau kayak sombong gitu ya
mungkin eh Pelandu bohong itu bilang
kalau salah satu masalah yang terjadi di
masyarakat dekat saat ini adalah
kecongkakan dan ini ada kaitannya sama
dunia modern yang makin materialistik
gitu nah jadi snowberry ini sebenarnya
susah ya didefinisikan di Bahasa
Indonesia itu karena ngomongin soal
kebiasaan gua pakai contoh aja ya Kayak
misalnya gini kalau misalnya ketemu
orang-orang baru di acara kumpul-kumpul
GTA atau ketika misalnya lo dateng ke
nikahan gede salah satu kenalan Oh terus
lo dikenalin sama orang baru Mungkin
pertanyaan yang paling umum didengar
adalah Jadi lo kerjanya apa lu sibuk
ngapain di ranah kalau kata clean the
board pertanyaan ini adalah salah satu
sifat Congkak gitu snowberry di dunia
modern Itu sebenarnya udah ada dari dulu
sih Tapi kalau dulu biasanya ya orang
melihatnya dari katanya sih Ya power
keluarga atau keturunan kita lalu
keturunan siapa kalau sekarang Lu
kerjanya apa Mungkin lu semua pernah
lihat atau ngerasain langsung Kalau
orang yang kerjanya bagus banyak orang
yang merasa kalau orang itu emang ya
berhak dapat perhatian dari mereka kalau
misalnya nggak ya udah ketika Oh gue
cuman gini doang ditinggalin ke kadang
kita suka munafik juga gitu ya kadang
kita bilang kita nggak suka suka banget
sama orang yang statusnya tinggi tapi
kalau ketemu ya tetep aja kita pengen
bikin mereka tuh suka sama kita atau
kayak kita pengen deket sama mereka anak
itu snowberry tapi hal yang sama dari
dulu dan sekarang masih ada Adalah Kita
sebagai manusia ya memang punya semacam
kebutuhan untuk ini karena kita memang
pengen punya status sosial yang tinggi
GTA meskipun cuma lebih tinggi sedikit
dibandingkan orang disekeliling kita
Makanya banyak orang yang mamerin status
mamereng kerjaan itu yang mamerin harta
dan benda itu kalau menurut Pelandu
bohong karena dia butuh pengakuan akan
status sosialnya nah menariknya adalah
sebenernya nggak jarang harta benda dan
status ini malah bikin kita semakin jauh
dari makna hidup yang sebenarnya bisa
jadi kita cari itu dan Ini akhirnya
nyambung ke masalah kedua yang dihadapi
sama dunia modern kebanyakan dari kita
mungkin bisa dibilang kurang rasa kasih
sayang Kata dia sih gitu kata Clancy
gitu ya rasa yang ini bukan kayak kita
jomblo atau gimana simple banyak dari
kita yang kekurangan sosok orang yang
nerima kita apa adanya kita mereka yang
nerima kita walaupun pekerjaan kita
enggak oke yang nerima kita atas diri
kita gitu atau status kita yang
sebenernya biasa aja kalau dibandingin
sama orang gitu nah landu Bohong tuh dia
bilangnya kayak gimana cara orang tua
atau ibu kita lah yang ideal
memperlakukan anaknya bahkan kadang ibu
kita aja ngebanding bandingin yang
ngasih Nah karena kurangnya rasa sayang
gitu yang enggak dikasih pada Psikologi
Perkembangan tuh butuh GTA kita akhirnya
nyoba buat bikin orang yang sebenarnya
pendapat mereka tuh nggak
penting-penting banget yang segera kita
nggak kenal banget tahu mereka dan
bahkan kita nggak suka suka banget sama
mereka kita pengen bikin mereka kagum
gitu nah ini juga yang bikin kita sering
banget ke banding bandingin diri kita
sama teman kita gitu ya yang kita rasa
lebih sukses dan airnya kita ngerasa
nggak berguna itu dan setiap kali kita
dapat penghargaan atau apa kita biasanya
segampang itu untuk langsung pos ke
media sosial biar kita ngerasa berharga
gitu biar kita diterima sama Hai atau
kayak Kenapa misalnya wedding sampai
sekarang mahal gitu ya terus kayak orang
beli mobil yang Wah mungkin enggak dia
butuhin tapi orang beli gitu mungkin
bisa jadi karena kurang kasih sayang 6
menariknya adalah orang yang terlalu
banyak ngabisin banyak waktu buat nyari
kekayaan pamor sama status biar bikin
orang lain kagum itu terjadi karena
mereka yang enggak nyaman sama diri
sendiri naik banget ya dan biasanya
kalau catalan dubon ya gitu Ini bisa
diperdebatkan di biasanya punya
kemungkinan untuk mengalami depresi dan
kesepian yang lebih tinggi dan
ngomong-ngomong soal depresi dan
kesepian ya silakan kalau misalnya lu
pengen tau lebih lanjut kita ngebalesnya
di YouTube membership lu bisa daftar
untuk belajar lebih lanjut atau kalau
misalnya lu butuh konsultasi lu misalnya
ngerasa ada gejala-gejalanya ya silahkan
Konsultasi sama mentor atau psycholog
aja di description boks silakan ya oke
lanjut nah masalah yang ketiga yang
berikutnya adalah meritocracy
meritocracy kalau lu tahu Kebanyakan
dari Mungkin ada yang sehingga tapi
intinya orang yang usaha lebih banyak
itu dia bakal dapet reward lebih banyak
Jadi intinya meritocracy itu dari kata
merit Ya intinya ya lu kalau bikin file
yang besar ya lu bakal dapet reward yang
besar itu sistem yang sebenernya
mendasari banyak sistem lain kek
kapitalisme gitu itu didasari dari ya
semakin lo kerja lebih oke semakin
mengasihi value lu bakal dapet duit
India kayak gitu sekarang tuh sistem
yang kita kira kita sedang anu telah
meritocracy bagus sih karena ya ngasih
gambaran bahwa ya kalau mau sukses
selalu kerja dengan bener gitu ya Smart
Work Hard Kayak lu mungkin denger cerita
orang kaya di luar sana kayak Jeff bezos
yang awal dari Garasi dari apa namanya
dari tempat kerja yang kecil sampai
akhirnya bisa punya kekayaan miliar aneh
itu bahkan triliunan ya bisa jadi karena
dia memang berhak buat sukses karena dia
memang udah usaha jadi ya gak gara-gara
usaha airnya hasil kayak gitu disisi
lain tapi itu sukses ya itu yang besoes
adailton massada Steve Jobs gitu tapi
sistem meritocracy ini juga ngasih
sebuah opini ngasih sebuah implikasi
bahwa kalau lu gagal berarti emang lu
berhak gagal karena Lu emang goblok itu
ibaratnya gitu kalau miskin ya karena
Emang lu berhaknya untuk menjadi miskin
gitu lu beratnya untuk ada di bawah dan
kalau usah enggak sukses itu karena
salah loh dan kalau gagal Ya karena
memang lu berhak nah ini yang sebenarnya
bikin kegagalan jadi Menyeramkan gitu
sih pandangan seperti ini padahal
sebenarnya kadang-kadang ada banyak
faktor lain meskipun gue setuju ya untuk
kita mengambil tanggungjawab GTA
maksudnya kalau miskin ya dibandingkan
ngeluh lebih baik kerja gue setuju
dengan pendapat itu tapi kaya
kadang-kadang kegagalan itu bisa jadi
banyak faktor bukan karena faktor kita
doang dan seringkali juga kita dapat
jazmen dari orang-orang ketika kita
gagal nah ketiga masalah ini yang
ngebuat banyak orang ngejar kesuksesan
selesai materialistis dan lain
sebagainya seringkali tanpa benar-benar
memikirkan makna dia melakukan semua ini
tuh buat apa emang lu buat apa sih kayak
kalau kita pertanyakan lagi atau mungkin
bisa tanya ke diri sendiri emang
ngelakuin semua hal ini buat apa Nah
terus gimana ini hidup biasa aja pada
akhirnya Ya kita harus menyadari ya
fakta bahwa mungkin cuma satu persen
orang di dunia ini yang bakal
bener-bener ngerasain sukses kaya Jeff
bezos pada akhirnya 90-an persen dari
populasi baik itu elu ataupun gua GTA
kita bakal jalani hidup yang biasa aja
atau catalan duboeuf gitu ya Ordinary
Life hidup yang ya biasa aja gitu Dan
kalau lo sadar Sebenarnya sekarang itu
adalah masa dimana hidup biasanya tuh
nyaman banget dibandingkan masa-masa
sebelumnya obat ada dimana-mana GTA Halo
kalau sakit tinggal ke dokter gitu kan
makanan ada dimana-mana gitu ya
informasi lu bisa cari di internet tapi
entah kenapa dengan banyaknya hal yang
dikasih ke kita kita malah di zaman
sekarang makin ngerasa kayak hal yang
gak cukup buat kita padahal kalau
menurut landu Bond gitu ya jalani hidup
biasa aja itu sebenarnya juga luar biasa
itu yang sebenarnya kita bisa happy
banget kok yang kadang kita gak sadar
risih Coba kalau kita ngelihat hidup
orang-orang zaman dulu gitu ya kalau
orang zaman dulu mungkin hidup biasa aja
adalah kerja di perusahaan selama 60
tahun misalnya terus kayak Nikah terus
punya anak selama puluhan tahun gitu
ngelahirin dan ngebesarin anak itu kan
biasa aja Apakah salah menjalani hidup
seperti itu kalau kita ngerasa begitu
bermakna well comment gua sih gaya dan
bukan berarti kalau kita punya Ambisi
itu jadi jelek nggak juga kalau misalnya
lu memang pengen hidup yang
Extraordinary Yaudah good Kayak lu
misalnya nyoba buat ngincer Univ yang
bagus GTA berusaha buat nyari fashion Lu
berusaha untuk lu punya uang banyak
misalnya tapi jangan lupa sih kalau
menurut gua lu coba Lihatlah di
Sebenarnya lo ngelakuin ini buat apa sih
kalau misalnya ini udah sampai merugiin
lo atau lu udah ngerasa kayak ini apaan
sih jangan-jangan memang harus
secukupnya aja Atau mungkin ini bukan
hal yang berbau pada akhirnya hidup
bermakna itu kalau menurut gua bukan
hanya datang dari uang GTA bukan hanya
datang dari barang bukan hanya datang
dari fashion style elu bukan ayah datang
dari pekerjaan lu tapi juga muncul dari
berbagai macam hal yang Kadang gak bisa
dibayar sama uang atau kesuksesan kayak
ngebangun relationship mengapresiasi hal
kecil sekitar kita bersantai itu atau
main game yaitu atau kebebasan buat
lakuin apapun sebenarnya tanpa perlu
takut dicat sama orang dan kalau emang
90% dari kita cuma bisa ngejar hidup
biasa yang banget gua nggak ada salahnya
juga sih untuk ngerendahin ekspektasi
mungkin dan Yaudah Happy ngejalanin
hidup yang biasa aja menurut gua yaitu
juga bisa jadi salah satu cara buat
hidup seutuhnya sih mungkin sekian ya
kalau misalnya lu ngerasa Lu butuh
konsultasi ke satu persen tentang hidup
lo misalnya lu merasa bingung dan lain
sebagainya silahkan lubis aku ke-gr-an
orang kita kalau misalnya lu ngerasa Lu
lebih cocok untuk nonton webinar ya
silakan ke webinar kita script atau bisa
join YouTube membership buat dapat
konten-konten eksklusif dari satu persen
oke Akhir kata gua Elevenia 1% well
thanks
[Musik]
Resume
Read
file updated 2026-02-12 01:56:50 UTC
Categories
Manage