Transcript
Rtr6fjg7hI0 • Alasan Lo Susah Move On dari Rasa Malu soal Masa Lalu (Cara Move On dan Melupakan Masa Lalu)
/home/itcorpmy/itcorp.my.id/harry/yt_channel/out/SatuPersenIndonesianLifeschool/.shards/text-0001.zst#text/0487_Rtr6fjg7hI0.txt
Kind: captions Language: id Hai guys ketemu lagi sama gue Rizki dan satu persen dan hari ini gue bakal bahas mengenai kesalahan-kesalahan kita lakukan di masa muda Ah masa remaja kita dan bagaimana kita melihatnya setelah kita menjadi dewasa banyak diantara kita yang rasa malu aja gitu kalau misalkan kita melihat masa lalu kita contoh gampangnya buat kalian sekarang yang udah dewasa nih cute 20 tahun keatas kita coba lihat postingan sosial media lu 56 tahun yang lalu Hasilnya kayak malu Gue jaga tekanan juga peduli begini dan sebaliknya kita buat kalian yang masih yang masih remaja mungkin kadang-kadang mikir kayak kenapa ya semua yang kulakukan itu susah banget dimengerti sama dunia apa dunia ngertiin gue Kenapa gue selalu salah dimata orang-orang dewasa sekitar Gue mungkin orangtua mungkin Kakak mungkin guru nah diabetes simpel Karena manusia itu Zaman dewasa sama zaman remaja sama jaman bocah gitu ya itu Totally beda sebetulnya Ada banyak hal yang berbeda dan Bedanya apa dan kenapa itu bikin kita punya pandangan yang berbeda di usia berbeda gua pakai dasi video ini so buat kalian yang sudah dewasa tapi masih kepikiran soal kelucuan kelucuan dan kebodohan kebodohan yang memalukan kalian lakukan dimasa remaja begini warnanya masih remaja terus ngerasa kayak Kenapa orang-orang yang ngertiin gue Kenapa gue tau salah simak video sampai habis ya supaya lebih ngerti kenapa jadi begini [Musik] Oke jadi gini pertama gua akan bahas dulu mengenai apa aja sih yang berbeda antara kita yang sekarang dengan kita yang nanti dengan kita yang dulu gitu ya jadi ada berapa perbedaan kicau yang pertama pemberian pertama adalah perbedaan pengetahuan Mungkin kalian zaman dulu zaman remaja itu pernah posting status ke Twitter atau Facebook itukan sosogan pakai Bahasa Inggris padahal pengetahuan game masih berantakan sekarang baca lagi kayak terus atau lu sosok beropini soal apa gitu soal sistem ekonomi atau politik tuh karena beleke tahi bingung kenapa gitu lah itu kan simpel ya masalahnya adalah karena dulu pengetahuannya belum cukup aja geh karena dulu tuh posting sesuatu the sekarang lu tahu bahwa uh Teteh dulu kita Ternyata dunia itu tidak cool gitu ya begitu sesuatu normal manusia akan belajar jamanlo SD loh ngerti kan panjang SMP anggota belajar zaman SMP lari banyak SMA dan begitu loh SMA enggak enggak tahu banyak banget Kalsel di luar sana yang orang dewasa udah tahu itu sesuatu yang normal dulu tidak tahu sekarang tahu itu normal malu akan hal itu enggak papa itu wajar tapi nambah pengetahuan dan sadar yang dulu pikir salah itu sesuai hai itu doang namanya lu kagak belajar jadi gitu guys kau rasa yang dulu lakukan itu sesuatu yang bodoh gitu kan artinya pengetahuan bertambah kalau sampai sekarang masih merasa semua lukanya merem aja itu super keren gitu ya like waktu bener semua tuh then gue yakin loe berkembang nyatanya kilo belajar sebagai manusia kita pertama pengetahuan yang kedua adalah karakter-karakter tuh macam-macam gitu loh bisa mulai ngomongin dari value hidup lo gitu apa yang gak penting bagaimana cara menyikapi sebuah hal ia misalnya dulu pas remaja keluar sukanya nongkrong sama orang-orang si game ini gitu ya atau sekarang karena pasti remaja toples mengingini karena merasa cocok asal mereka nih tapi seiring dengan waktu lalu kenakan belajar ya belajar tuh mulai dari tadi tuh belajar pengetahuan menjadi tahu hal-hal baru itu yang tadinya jong-il pikir banyak benernya gitu kan selalu tahu dikit kota Mereka banyak salahnya atau lebih personal tadi gue bahas mengenai arah tips rasa malu dan rasa bersalah itu sebenarnya mirip-mirip mirip-mirip dalam artian dua-duanya itu adalah emosi yang kita bentuk secara sadar beda sama emosi yang yang sedih atau senang gitu itu kan sesuatu yang udah kejadian aja gitu tapi rasa rasa malu rasa bersalah itu pada Lemos yang kita pelajari kita melawan sebuah hal di masa lalu kemudian kita mendapatkan efek buruk dari hal tersebut dari situ kita akan belajar boost sebaiknya ini tidak dilakukan lagi itu Natal enggak kita otak kita jadi belajar gua enggak boleh lavine lagi kalau gue lakuin lagi gua akan mendapatkan hal buruk lagi nah cara otak kita ngasih tahu kita supertin belokan lagi adalah dengan cara tadi memberikan kita emosi malu atau emosi bersalah ketika kita mau melakukannya lagi Jadi kalau lu sekarang rasa malu itu enggak papa artinya Apa artinya lu adalah orang yang sudah mengalami sebuah pengalaman yang mengajarkan sesuatu Oh yang dulu gue lakukan ternyata salah Jadi sekarang gue nggak mau aku lagi yang jadi masalah kadang-kadang orang belajar salah aja dalam artian sebuah kejadian nih dia lakukan contohnya pas lagi remaja pacaran nggak apa-apa countless patah hati + onkir Ternyata semua cowok brengsek Terus yang mempelajari dah gua nggak mau pacaran sama cowok lagi Oh yes itu adalah menurut gue contoh belajar yang salah kenapa karena solusinya adalah bukan Uje udah gua nggak mau pacaran sama cowok lagi gitu karena semua coba cek tapi harus belajar Gimana cara jadi cowok yang kayak gitu kan Nah pembelajaran pembelajaran salah kayak gitu itu tuh bisa panjang efeknya ke masa depan Kenapa kalau kita jadi batasi diri kita padahal sebetulnya itu kan kita lakukan salah aja gitu Oke kita tahu kita mengalami hal buruk kita enggak mau ngulang lagi Ya udah tapi cara kita tidak mengulang itu ekstrim aja so buat kalian yang punya preferensi berbeda dari zaman dulu ke sekarang simply gara-gara rasa malu itu oke banget yang jadi masalah jangan sampai rasa malu dan rasa takjub yang kalian alami itu manifestasinya terlalu ekstrim sampai pada itu membatasi diri kalian di masa depan oke nah yang ketiga kenapa itu bisa terjadi Salah satu alasan lainnya adalah karena memang secara biologi secara fisik eh manusia tuh beda Hai sejak zaman lahir sampai dia meninggal nanti pas udah tua Gampang sih kalau bandingin mengatakan kayak bayi sama anak kecil aja secara fisik itu bedakan bayi itu bisa jalan enggak enggak bayi itu mau diajak jalan ke apapun ga akan bisa jalan kenapa karena Emang otot-ototnya belum suportif buat dia bisa jalan itu baru kita ngomongin fisiknya yang kelihatannya tangan gitu kan pakai yang wujud lu bisa lihat antara bayi anak kecil remaja orang dewasa itu proporsi beda-beda remaja ini bisa pakai sadar banget nih ada kayak Kenapa muka gede banget ya kan kenapa Badan gue sop kaki gua gak proporsional yaitu karena Emang lagi mulai berubah ya transisi dari anak-anak dan orang dewasa tapi itu juga dari otak jadi memang ada bagian-bagian otak yang akhirnya atau tidak saat kita baru lahir contohnya adalah ketika lu dewasa ketika log masuk usia dewasa itu mulai punya yang namanya self control ketika Lurah jasad kontrol itu hampir ga ada gitu lho jadi sangat wajar Kenapa remaja tuh banyak melakukan hal-hal aneh gitu ya karena mereka tuh sudah mulai mengalami emosi-emosi udah mulai meluap-luap ditekan karena mulai perubahan hormon segala macam dalam tubuhnya Hai tapisah kontraknya belum ada makanya banyak hal-hal aneh yang mereka lakukan begitu dewasa orang harusnya sudah punya save kontrol makanya orang dewasa enggak remaja Kenapa dikit banget sih ya Simi gara-gara belum biasa kontrol aja remaja itu nah masalahnya adalah buat kalian yang sudah dewasa tapi belum punya Sponge troll masih meluap-luap emosinya kayak remaja ini dikit sedih jadi kesel nih deket pager ini dekat apa gitu kan Guys please kalau udah dewasa belajar mengontrol emosi kalian jangan mau terus-menerus dikontrol sama emosi kalian remaja kayak gitu tuh wajar karena mereka belum punya save kontrol di otaknya kalian sudah dewasa belajar ya dan buat kalian gua ngerti Mungkin kalian marah-marah gue sekarang gue cepet apa aku dibilang pesek kontrol Aku punya gitu Guys please agen Ini masalah pengetahuan Hello boleh Googling sendiri mengenai Executive function diotak gitu kan lu bisa tahu sendiri bahwa itu memang belum ada sekarang sepintar apapun kalian Gitu kan kalian tetap akan jauh lebih baik dalam mengontrol diri sendiri ketika kalian sudah dewasa itu biologi bukan masalah apapun Udah emang kayak gitu cetakannya Mbah karena itu karena sekalian seekor sekarang masih lemah kan selalu ada kemungkinan untuk melakukan sebuah tindakan yang aneh gitu ya mungkin berbahaya buat diri dan Masa depan kalian gua akan bilang Gua Totally memaklumi itu semua karena bisa jadi yang kalian lakukan salahnya lumayan gitu ya tapi gue cuma bakal bilang bahwa mungkin orang tua kalian melarangnya banyak hal tapi Ucapkan satu jangan lakukan kesalahan permanen itu aja sound permanen tuh apa misalkan meski nakalnya sampai di penjara gitu itu rekor sampai luas pecah toko dipenjara atau mau kan hal yang segitu resikonya terus kecelakaan tercacat gitu sampai tua atau berhubungan seks tapi kalau belum siap sampai tua itu akan terus terpasang di otak lo so buat kalian masih remaja itu pesan gua lu boleh berekspresi mencoba berbagai hal baru tapi jangan lakukan kesalahan efek-efek magnet mikir dikit aja nggak usah nggak usah feat ini pun atau enggak kita cuma simpel mikirnya itu aja ini kalau saya gua salah katanya permanen atau enggak karena besar kemungkinan 10-15 tahun dari sekarang kalian akan merasa apa yang kali Khan sekarang itu bukan sesuatu yang baik setelah MPV kontrol gitu ya jadi tolong jaga baik-baik Masa depan kalian paling ya buat kalian yang di masa depan Oke Nah itu tadi sebetulnya alasan-alasan Kenapa orang dewasa sama ortom aja gitu itu memandang sebuah peristiwa dari kacamata berbeda dan efeknya tadi orang dewasa kadang-kadang melihat Dunia di masa lalu terjadi kaya Aduh gue malu banget Aduh crackers banget sih gue dulu gap atau melihat remaja ke ini kenapa sih dia bocah ini banget bet oke itu bagian dari hidup dan buat kalian yang sudah dewasa tapi masih belum move on dari kayak Anjir gue malu banget dulu kayak gini gitu atau lu move on tapi belajarnya salah kata dia salahnya apa belajarnya apa menurut gue kalau bisa diberesin beresin secepat mungkin hal-hal kayak gitu suka atau nggak suka gitu menghambat perkembangan Kita sebagai orang dewasa jadi tolong di atas cepat mungkin nggak bisa ngatasi sendiri datang satu persen kita penilaian konsultasi yang lebih Banten puluhan ribu orang menyelesaikan berbagai masalahnya termasuk kejadian-kejadian aneh kesalahan-kesalahan di masa lalu yang pasti terkenal sampai sekarang Yaudah schedule dari gue gue sekitar satu persen bye bye [Musik]